Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
Default penyebab sulitnya kehamilan dari faktor suami

Bunda2 yang mungkin sedang menantikan buah hati atau sedang merancang program kehamilan bersama pasangan...aq mo berbagi info tentang penyebab sulitnya terjadi kehamilan yang disebabkan oleh faktor suami. kenapa aq bikin thread ini? Karena selama ini aq banyak mendengar keluhan para wanita yang sudah menikah selama berbulan atau bahkan bertahun2 dan belum dikaruniai kehamilan, menjadi sasaran cemoohan keluarga bahkan lingkungannya. wanita yang tidak dapat 'dihamili' dituduh dan dituding mandul.
Namun, benarkah kehamilan yang tidak terjadi itu penyebabnya hanya karena wanita? apa para istri yakin bahwa suami2 mereka 100% subur? ini saatnya para istri juga mempertanyakan penyebab sulitnya kehamilan terjadi bukan hanya dari sisinya saja tapi juga dari sisi suami. jika suami dan istri mau dan 'rela' menyingkirkan segala ego dan mengakui: "ternyata memang saya yang kurang subur" lalu mengambil langkah2 tepat lewat bimbingan medis, aq yakin segala ikhtiar akan segera membuahkan hasil. tinggal memasrahkan segala ketentuan dan keputusan akhir dari ikhtiar itu pada Yang Maha Kuasa.
*ini merupakan refleksi kekecewaanku pada salah seorang teman yang sudah bertahun2 menikah dan belum dikaruniai keturunan. ia sangat ingin menjalani program kehamilan melalui jalur medis namun sang suami tidak pernah mau diajak berkonsultasi ke dokter. akhirnya, sang istri hanya dapat memendam kekecewaan bertahun2....*

sperma akan sukses membuahi jika memenuhi syarat berikut:

1. Jumlah Sperma
Cairan yang dikeluarkan pria pada saat ejakulasi sewaktu senggama disebut cairan semen. Volume normal cairan semen sekitar 2-5 ml. Cairan semen ini berwarna putih mutiara dan berbau khas langu dengan pH 7-8. volume cairan semen dianggap rendah secara abnormal jika kurang dari 1,5 ml. Volume semen melebihi 5 ml juga dianggap abnormal.
sperm-countDalam cairan semen inilah jumlah spermatozoa merupakan penentu keberhasilan memperoleh keturunan. Yang normal, jumlah spermatozoanya sekitar 20 juta/ml. Pada pria ditemukan kasus spermatozoa yang kurang (oligozoospermia) atau bahkan tak ditemukan sel sperma sama sekali (azoospermia).
Kecuali sel-sel spermatozoa, dalam cairan semen ini terdapat zat-zat lain yang berasal dari kelenjar-kelenjar sekitar reproduksi pria. Zat-zat itu berfungsi menyuplai makanan dan mempertahankan kualitas spermatozoa sehingga bisa bertahan hidup sampai masuk ke dalam saluran reproduksi wanita.
2. Kelainan Bentuk (Morfologi)
Sperma yang normal berbentuk seperti kecebong. Terdiri dari kepala, tubuh, dan ekor. Kelainan seperti kepala kecil atau tak memiliki ekor akan mempengaruhi pergerakan sperma. Ini tentu saja akan mempersulit sel sperma mencapai sel telur.
3. Pergerakan Lemah
Untuk mencapai sel telur, sel sperma harus mampu melakukan perjalanan panjang. Ini pun menjadi penentu terjadinya pembuahan. Jumlah sel sperma yang cukup, jika tak dibarengi pergerakan yang normal, membuat sel sperma tak akan mencapai sel telur. Sebaliknya, kendati jumlahnya sedikit namun pergerakannya cepat, bisa mencapai sel telur.
Kasus lemahnya pergerakan sperma (asthenozoospermia) kerap dijumpai. Adakalanya malah spermatozoa mati (necrozoospermia). Gerakan spermatozoa dibagi dalam 4 kategori:
a. Bergerak cepat dan maju lurus
b. Bergerak lambat dan sulit maju lurus
c. Tak bergerak maju (bergerak di tempat)
d. Tak bergerak.
Sperma dikatakan normal bila memiliki gerakan normal dengan kategori a lebih besar atau sama dengan 25% atau kategori b lebih besar atau sama dengan 50%.
Spermatozoa yang normal satu sama lain terpisah dan bergerak sesuai arahnya masing-masing. Dalam keadaan tertentu, spermatozoa abnormal bergerombol, berikatan satu sama lain, dan tak bergerak. Keadaan tersebut dikatakan terjadi aglutinasi. Aglutinasi dapat terjadi karena terjadi kelainan imunologis di mana sel telur menolak sel sperma.
4. Cairan Semen Terlalu Kental
Cairan semen yang terlalu kental mengakibatkan sel sperma sulit bergerak. Pembuahan pun jadi sulit karena sel sperma tak berhasil mencapai sel telur. Pada kasus normal, saat diejakulasikan, cairan semen dalam bentuk yang kental akan mencair (liquifaksi) antara 15-60 menit.
5. Saluran Tersumbat
Saat ejakulasi, sperma keluar dari testis menuju penis melalui saluran yang sangat halus. Jika saluran-saluran itu tersumbat, maka sperma tak bisa keluar. Umumnya hal ini disebabkan trauma pada benturan. Bisa juga karena kurang menjaga kebersihan alat kelamin sehingga menyuburkan kehidupan virus atau bakteri.
6. Kerusakan Testis
Testis dapat rusak karena virus dan berbagai infeksi, seperti gondongan, gonorrhea, sifilis, dan sebagainya. Untuk diketahui, testis merupakan pabrik sperma. Dengan demikian kesehatannya harus dijaga. Soalnya, testis yang sehat akan menghasilkan sperma yang baik secara kualitas dan kuantitas.
Testis ini sangat sensitif. Mudah sekali dipengaruhi oleh faktor-faktor luar. Jika testis terganggu, produksi sperma bisa terganggu. Mungkin saat berhubungan, pria tetap mengeluarkan sperma. Hanya saja tanpa sel sperma (azoospermia).
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
dewi a...
 
Posts: 806
 
Bunda tanya donk .... suami ku cek sperma
noral : 64%
lepto : 26%
terato: 6%
normal ga itu bunda ???

pergerakanya juga
aktif : 48 %
ditempat : 26%
diam : 20 %

apakah pergerakan itu bisa disebut lemah or kuat ??
mohon infonya ya bunda
 
  #3  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
Ho..ho..ho..bunda dewi, maaf aq ga bisa membantu kayaknya! aq bukan ahli kandungan atau seksual..hehe..jadi ga ngerti apa itu istilah noral, lepto dll.
coba tanya ma dokter kandungannya aja..
atau mungkin ada bunda2 disini yg suaminya pernah tes lab (tes sperma) gitu n bisa kasih masukan ke bunda dewi..?
 
  #4  
Old
dewi a...
 
Posts: 806
 
dokter cuma blg "normal sich cma jlhnya z krg " gitu bun trus dikasih vitamin gitu ... udh 2 kali dikasih vitamin ... dokternya ga jelasin dg rinci ... dsni dokter kandungan cuma 1 jdi g punya plihan lain lagi ...
 
  #5  
Old
uswahi...
 
Posts: 47
Default penyebab sulitnya kehamilan dari faktor suami

saya setuju dengan pendapat bunda kucik2. kesulitan hamil tidak hanya dialami pihak wanita saja,namun juga bisa dari suami. sekedar sharing, saya hamil anak pertama ketika usia pernikahan 6 bulan.tapi ketika hamil 6 bulan bayi saya meninggal dalam kandungan (iufd). sebulan kemudian saya dan suami ikut terapi pijat refleksi dari situlah kami tahu penyebab kenapa bayi saya meninggal.
1. karena posisi rahim saya terbalik dan ada endometriosisx
2. kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan suami kurang bagus. karena suami mengalami varikokel syndrom.
alhamdulillah 3x ikut terapi, saya dan suami sudah dinyatakan sembuh dan boleh program hamil lagi.
mohon doax dari bunda2 semua agar saya bisa segera hamil lagi.
 
  #6  
Old
dewi a...
 
Posts: 806
 
gimana tu varikokel syndrom bunda ???
 
  #7  
Old
nopbai...
 
Posts: 2
 
kmi doakan smga bunda uswahid sukses program hamil nya(amin ya robbalamin)
 
  #8  
Old
mifta ...
 
Posts: 77
 
Replying to: View Post
Bunda tanya donk .... suami ku cek sperma
noral : 64%
lepto : 26%
terato: 6%
normal ga itu bunda ???

pergerakanya juga
aktif : 48 %
ditempat : 26%
diam : 20 %

apakah pergerakan itu bisa disebut lemah or kuat ??
mohon infonya ya bunda
hey bunda dewi,,,
mnrutq hasilnya msih bagus lho bund,,,msih bruntung teratozoospermia cm 6% gerak cepat/aktif'y jg lebih bnyk dr 25%...mudh2n stelah dksih vit.bs cpet dewh...amin
 
  #9  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
Replying to: View Post
... dokternya ga jelasin dg rinci ... dsni dokter kandungan cuma 1 jdi g punya plihan lain lagi ...
waah..payah tuh dokternya..
 
  #10  
Old
dewi a...
 
Posts: 806
 
ya bunda ... pngen lariskan obat aza ... obatnya mhal bgt lgi tpi ga tau pasti fungsinya apa ... jalani aza dlo dech .. mudah2an bisa nyusul para bunda yang lagi hamil : )
 
  #11  
Old
didi s...
 
Posts: 8
 
alhamdulilah ada forum beginian, sayangnya baru sekarang taunya
coba dari dulu aku ga akan ngrasa sendiri heee... melo ya..
iya bun, suamiku dulunnya oligostenos,trus setelah konsumsi
herbal dari produk yang katanya manjur dan terkenal,kok malah jadi azoospremia
kita shock banget waktu itu,padahal dah abis uang banyak tp tanpa hasil.
sekarang kita dah nikah 9th n belum ada little angel di keluarga kami
apa masih bisa diperbaiki ya kl sperma suamiku begitu?ada ga bunda yg punya pengalaman
sama n berhasil hamil?thanks infonya...
 
  #12  
Old
renia...
 
Posts: 1
 
aduh saya juga sering menangis sendiri bunda,10 thun menikah,belum dikaruniai buah hati,gara2 azospermia,
 
  #13  
Old
iiet...
 
Posts: 1
 
sabar ya bunda....aku jg jalan 7thn.krn azoo
 
  #14  
Old
Veroni...
 
Posts: 172
 
sama bundaa aku jga jalan 9 thn nech,,kami ber2 normal2 ja..tp kog sy belom hamil2 jga yach...stres nech bun...tp mulai bulan ini semangat promil bun..
 
  #15  
Old
miasus...
 
Location: jakarta dan bandung
Posts: 10
 
Hello all..
Sama nih swamiku jg bermasalah.. dan terakhir ada bermasalah jg di hati.. disuruh tes lab lg (hati, kolesterol, hepatitis). Swami ku lg pngobatan dg dokter spesialis andrologi. Klo di bandung cuman ada 1 dokter sebandung raya di rs.limijati. mudah2an bs bantu para swami bunda ya...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
sering meludah dari awal kehamilan -- Diskusi Umum 17
keputihan penyebab sulit hamil? -- Diskusi Umum 27
apakah kegemukan penyebab blm hamil -- Diskusi Umum 4
flek di usia kehamilan lbh dari 3 bulan -- Diskusi Umum 17
Faktor-faktor saat kehamilan -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:34.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com