Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
Default tahapan-tahapan persalinan

buat bunda2 yg lagi menunggu hari2 menjelang HPL-nya..ini aq bagi info tentang tahap2 persalinan, mulai dari pertama kali terasa kontraksi hingga selesai persalinan. semoga membantu..!

tahap pertama
bunda akan merasakan dan mengenali kontraksi persalinan yang sesungguhnya, biasanya terjadi setiap 15-20 menit sekali. Keluar lendir di celana dan ketuban bisa pecah atau rembes. Bersiaplah untuk pergi ke rumah sakit, tunggu dan tetap tenang.

Apa yang terjadi?
  • Kontraksi sesungguhnya. Kini bunda bisa merasakan dan mengenali kontraksi persalinan sesungguhnya. Rasanya mirip kejang saat haid. Awalnya kontraksi berlangsung 30 detik dengan jarak teratur, setiap 15-20 menit sekali. Seiring kian dekat proses persalinan, kontraksi berlangsung semakin lama, sering dan kuat. Setiap kali kontraksi, serabut otot rahim memendek. Akibatnya, leher rahim tertarik ke atas. Penarikan “memaksa” leher rahim membuka mulut makin lebar. Itulah yang disebut dilatasi leher rahim atau pembukaan. Tahap pertama persalinan adalah saat leher rahim meregang dan membuka, berlangsung rata-rata 8-10 jam, ada juga yang hingga 24 jam.
  • Ada lendir di celana. Lendir kemerahan atau kecokelatan keluar dari vagina mendahului atau bersamaan dengan kontraksi. Itulah lendir yang semula “menyumbat” leher rahim sejak awal kehamilan. Kini ia terdorong keluar oleh kontraksi.
  • Ketuban bisa pecah/rembes. Umumnya ketuban pecah pada akhir tahap pertama persalinan. Cairan ketuban berwarna putih keruh (mirip air kelapa muda) sebab bercampur lanugo (rambut halus pada janin) dan verniks caseosa (lemak kulit bayi). Berbeda dengan air seni, jumlah cairan banyak dan tidak bisa distop.
Lakukan ini:
  • Alihkan rasa sakit kontraksi dengan melakukan hal yang membuat relaks dan mengalihkan perhatian, misalnya menonton film, membaca buku atau mandi air hangat.
  • Pergi ke rumah sakit sekarang, apalagi bila ketuban sudah pecah dan jarak waktu antar kontraksi sudah 5 menit sekali. Dokter atau bidan akan memeriksa kondisi bunda dan bayi, dan memastikan apakah proses persalinan sudah dimulai dan berapa pembukaan.
  • Bahas rencana persalinan, termasuk pelaksanaan IMD (Inisiasi Menyusu Dini).
  • Tunggu dengan tenang. Berjalan-jalan di sekitar kamar, berbaring setengah duduk, miring ke kiri agar aliran darah ke rahim lebih baik, atau memraktikkan tehnik bernapas saat kontraksi semakin kuat... Ikuti saja insting dan apa yang “diperintahkan” tubuh. Minta obat pereda nyeri kepada dokter? Boleh!
peralihan ke tahap kedua:

Kontraksi kian menjadi berlangsung selama 60-90 detik dengan jarak 2-5 menit. Dokter akan melakukan pemeriksaan dalam. Patuhi saran dokter dan lakukan teknik bernapas panting (bernapas dg teknik: tarik napas pendek, keluarkan lewat mulut. ulangi berkali2 teknik ini). teknik bernapas ini juga bisa dicoba setiap kali dokter/bidan melakukan pemeriksaan dalam (karena pemeriksaan dalam ini dg memasukkan semua jari ke dalam miss V sehingga akan terasa nyeri/ngilu) atau ketika bunda disuntik. aq sempat praktekkan teknik bernapas panting n lumayan mengurangi rasa ngilu/sakit.

Apa yang Bunda alami?
  • Kontraksi kian menjadi. Pada masa peralihan - berakhirnya tahap pertama persalinan dan sebelum dimulainya tahap kedua - kontraksi berlangsung selama 60-90 detik dengan jarak antar kontraksi 2-5 menit.
  • Dokter atau bidan akan melakukan pemeriksaan dalam - colok vagina atau vaginatuse - untuk mengetahui perkembangan pembukaan. Tarik napas dan jangan tegang. Begitu dipastikan leher rahim bunda sudah membuka sempurna (sekitar 10 cm), bunda akan diperbolehkan mulai mengejan.
Bertahan, Bunda. Lakukan ini:
  • Patuhi dokter, yaitu, jangan mengejan sebelum dokter menyuruh bunda mengejan. Bila bunda mengejan sebelum pembukaan lengkap, terjadi pembengkakan atau edema pada mulut rahim yang bisa mempersulit proses persalinan.
  • Bernapas panting (pendek-pendek, napas ditiup dari mulut) saat terasa nyeri kontraksi dan ada dorongan kuat untuk mengejan.
tahap kedua:

Leher rahim telah membuka sempurna. Ada dorongan ingin mengejan dan kepala bayi berangsur-angsur mendekati ‘pintu keluar.’ Dan Bunda pun akan menjadi ibu!

Apa yang terjadi?
  • Pembukaan lengkap. Tahap ini dimulai saat leher rahim membuka sempurna (pembukaan 10) sampai bayi lahir. Lamanya kurang dari satu setengah jam.
  • Ingin Mengejan. Saat pembukaan sempurna, kepala janin turun sampai ke dasar panggul atau masuk jalan lahir. Bunda akan merasakan dorongan kuat untuk mengejan –seperti rasa ingin buang air besar tapi melalui vagina.
  • Kepalanya muncul! Pada setiap kontraksi rahim, dibantu oleh gerakan mendorong dari Bunda, kepala bayi berangsur-angsur bergeser hingga ke dekat “pintu keluar”. Akhirnya, kepalanya tampak menonjol dan meregangkan kulit di daerah perineum (daerah antara vagina dan anus). Keadaan itu disebut crowning. Bunda mungkin akan merasa sensasi rasa terbakar atau tersengat di sana. Bila perlu, dokter akan menyuntikkan obat bius lokal - bila sebelumnya belum diberikan.
  • Dan, dia pun lahir. Seluruh kepala bayi keluar - dia akan segera memalingkan kepalanya ke arah paha Bunda. Kebanyakan wajahnya menghadap ke bawah sehingga bahunya berputar dan mudah lahir. Dengan dorongan Bunda berikutnya, sisa tubuhnya yang lain akan meluncur keluar diikuti keluarnya cairan ketuban. Lega! Inilah momen terindah: bayi lahir dan rasa sakit hilang tidak berbekas!
Bunda sebaiknya:
  • Bersiap dalam posisi mengejan, yaitu berbaring dengan menekuk lutut dan membuka kedua kaki (litotomi). Kedua tangan dapat memeluk paha dengan cara melingkarkannya ke bawah paha sampai siku, kemudian menariknya ke arah dada. Mengejan juga dapat dilakukan dengan berbaring miring, baik pada sisi kiri atau kanan, serta jongkok (squatting atau semi squatting position).
  • Kerahkan tenaga untuk membantu mendorong bayi keluar melalui lintasan yang terbentuk oleh rahim dan saluran kemaluan.
  • Ikuti panduan dokter, mengejan dilakukan saat kontraksi mencapai puncak. Bila Bunda tidak bisa merasakan sakit saat kontraksi, misalnya karena pengaruh obat analgesi (mati rasa), ikuti petunjuk dokter. Dia akan meminta Bunda menarik napas dalam, menahan dengan mulut tertutup, lalu mengejan ke arah bawah dengan panggul tetap menempel di atas ranjang. Saat mengejan, letakkan dagu di dada, agar Bunda bisa melihat perut.
  • Perlambat atau hentikan mengejan saat kepala bayi menonjol untuk mencegah atau meminimalkan robekan perineum. Dokter akan meminta Bunda bernapas panting.
  • Hemat tenaga untuk mengejan, karena biasanya dilakukan lebih dari satu kali. Misalnya dengan tidak berteriak-teriak.
  • Siap-siap IMD. Segera setelah bayi lahir, dokter akan memeriksa dan mempersiapkannya melakukan IMD.
tahap ketiga:

Plasenta dan kantung ketuban kosong akan keluar dengan sendirinya. Lakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) karena semakin cepat ASI diberikan pada bayi, semakin lancar proses menyusui selanjutnya.

Apa yang terjadi?
  • Plasenta dan kantung ketuban kosong akan lahir sendiri. Plasenta keluar lebih dulu, lengkap dengan bagian sisi yang terikat ke tali pusat. Bila perlu, dokter mempercepat dengan suntikan perangsang kontraksi rahim. Proses kelahiran plasenta secara alami terjadi 20-60 menit setelah bayi lahir, sedangkan yang dibantu obat antara 5-10 menit. Upaya merangsang kontraksi rahim dengan obat, dapat mengurangi pendarahan, sebab suntikan membuat rahim berkontraksi lebih kuat sehingga pembuluh darah akan terjepit di antara serabut otot-ototnya.
  • Bunda takjub pada bayi. Tahap ketiga persalinan mungkin tidak bunda sadari, sebab terfokus pada si kecil dan diliputi rasa bahagia, bangga dan lega. Selain itu, tahap ini tidak sakit.
Bunda sebaiknya:
  • Pilih cara melahirkan plasenta, apakah alami atau dibantu obat - beritahukan pilihan Bunda pada dokter sedini mungkin.
  • Lakukan IMD, karena semakin cepat ASI diberikan pada bayi, semakin lancar proses menyusui selanjutnya.
  • Jalani rawat inap (kalo bisa, sebelum memutuskan bersalin dimana, bunda tanya2 apakah klinik bersalin/RS menyediakan fasilitas rawat gabung ibu dan bayi. tapi kalopun ga ada, jangan berkecil hati juga. ga rawat gabung pun bunda bisa menyusui bayi sepuas hati n kapanpun bunda mau dg 'rela' berjalan sedikit ke kamar bayi. itung2 olahraga kaki setelah bersalin..) Setelah persalinan selesai, Bunda dibawa ke ruang pemulihan, lalu dipindahkan ke ruang rawat inap. Lama tinggal di rumah sakit tergantung kondisi kesehatan Bunda.
  • Bunda telah menyelesaikan tugas unik dan menakjubkan!
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
trisuc...
 
Posts: 19
 
nice info bun ^_^
 
  #3  
Old
Lovedi...
 
Posts: 33
 
Trims infonya bunda. . .
 
  #4  
Old
cutezr...
 
Posts: 3
 
Wowwwww....
 
  #5  
Old
sof1na...
 
Location: Batam
Posts: 130
 
Nice info bunda...
Walaupun saya baru menjalani uk 16w, tp udh penasaran dengan tahapan2 melahirkan normal.
Tq ya bundaaa....
 
  #6  
Old
cinint...
 
Location: jakarta selatan
Posts: 85
 
info yang cukup lengkap dan membantu persiapan mental saya bun, yg baru 23w.
sundul..UP!
 
menjadi istri sekaligus ibu yang selalu belajar lebih baik dan mencintai setiap hal yang dikerjakan
  #7  
Old
mimi i...
 
Posts: 911
 
nice inpoooooooooo bund........hufth..hufth...sambil belajar napasnya....ijin copas bund....buat catatan , biar gak lupa.....sundul..dul...dul.......
 
menanti kehadiranmu adalah kebahagiaan...my baby..
  #8  
Old
eva150...
 
Location: cikarang
Posts: 553
 
mksh infonya bun ....
aduh aku jadi melow neh,,
ngebacanya jadii nangis sendiri. hhiieee*

ga karuan ngebayaginnya bun.

mudah2an pas ntii persalinan ku normal. aminnnn
 
  #9  
Old
iiis...
 
Posts: 694
 
mkasih infony, baca sambil sesenggukan n pikiran melayang mbayangin aku lahiran normal, mudah2an bisa lancar n sehat smuany....amiiin
 
  #10  
Old
ratiha...
 
Location: Surabaya
Posts: 388
 
Saya suka nih thread yang kaya gini, 4 thumbs up bunda. Berguna sekali buat persiapan saya melahirkan nanti.
 
  #11  
Old
Nedta...
 
Posts: 28
 
makasih infonya bunda kucik2....
 
  #12  
Old
Natali...
 
Posts: 5
 
Hehe.... akhirnya setelah browsing2 ketemu juga, info yang aku butuh, seneng bisa tau gambaran proses melahirkan nanti seperti apa. Semoga lancar dan aku bisa melaluinya dengan tenang dan sabar.
Nice info, Bun. Thread yang akan selalu berguna, Bun. Pasti dibuka terus
 
  #13  
Old
Rizka ...
 
Location: Singapore
Posts: 620
 
Nice info bunda kucik" , aku jadi ngebayangin
 
  #14  
Old
Dira93...
 
Posts: 331
 
Good info
 
  #15  
Old
Yuanit...
 
Posts: 443
 
Dibantu sundul bund..
Uk q msh 11w2d tp Jd g sabar mau ngerasain momentnya..
 
Suara detak jantungmu adl lagu terindah buat bunda, Sehat trs ya Nak & tumbuhlah dgn sempurna, bunda akn trs menjagamu sebaik2nya dgn nyawa bunda sendiri..
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Persalinan normal dg plasenta(ari-ari) dibawah -- Diskusi Umum 8
biaya persalinan -- Diskusi Umum 8
resiko persalinan caesar -- Diskusi Umum 30
Persiapan persalinan -- Diskusi Umum 2
tanda dimulai persalinan? -- Diskusi Umum 6


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:47.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com