Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
rebecc...   TS 
 
Posts: 61
Default Tau ga sih buund... share manfaat buah2an

Sumber dari Mbah Google :

Kita pasti sudah tau mengenai manfaat buah pada umumnya.Buah mengandung banyak nutrisi. Selain vitamin dan mineral untuk tubuh, buah juga mengandung fitokimia dan serat. Seperti vitamin C yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan mulut dan gusi. Vitamin B membuat tubuh kita lebih berenergi, karena vitamin B mampu merubah nasi yang kita makan menjadi energi dan menjaga fungsi syaraf, dan masih banyak fungsi vitamin yang lainnya. Kita harus makan buah setiap hari karena buah adalah salah satu diantara makanan yang sangat berguna untuk tubuh kita. Berbagai kandungan vitamin ada di setiap buah. Misal, buah tomat mengandung vitamin A, B1 dan C yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat dan payudara. Buah pepaya mengandung vitamin C dan A yang bermanfaat untuk menghilangkan infeksi dan luka.


Ada juga buah pisang yang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C baik untuk mengatasi gangguan lambung dan stroke maupun stres. Buah mangga yang mengandung vitamin A, E dan C baik untuk menurunkan demam. Buah strawberi mengandung vitamin A, B1, B dan C baik untuk mengobati gangguan kandung kemih dan sebagai anti virus. Buah apel mengandung vitamin A, B dan C sebagai anti kanker.


Jeruk yang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C membantu mengurangi resiko kanker dan katarak. Buah pear mengandung vitamin C dan provitamin A yang membantu menurunkan demam dan mengencerkan dahak. Buah jambu merah mengandung vitamin C yang sangat banyak yang baik untuk mengobati sariawan dan mengobati infeksi dan melancarkan pencernaan.


Buah semangka banyak mengandung vitamin C dan A untuk mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Khasiatnya juga sama seperti buah melon. Wortel yang kaya akan vitamin A, baik untuk mata dan menjaga daya tahan tubuh. Buah belimbing mengandung vitamin C dan A yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Begitu juga buah nanas yang mengandung vitamin B dan C baik untuk menyembuhkan infeksi pada saluran pencernaan.


Naah, itu tadi manfaat buah. Tapi, kita perlu menata kandungan buah yang harus dikonsumsi setiap hari loh. Jumlah yang harus dikonsumsi adalah secukupnya. Yang penting, tiap hari harus makan buah. Dianjurkan neh, kalo makan buah, saat pagi hari pukul 09.00, pada waktu setelah makan siang dan sebelum makan malam ato tepatnya sore hari.


buahMenata Konsumsi Buah per Hari

Eh, ternyata, makan buah tiap hari tuh nggak hanya asal makan buah ini dan itu loh. Namun kita dianjurkan untuk memilih buah yang tepat setiap harinya, agar nutrisi kita tercukupi pada hari itu. Karna setiap warna buah terdapat kandungan likopen yang bermanfaat untuk mencegah penyakit. Kenapa harus direncanakan/ ditata? Agar kita bisa mendapatkan manfaatnya yang lengkap. Misal, kalo makan siang pakai sayur bayam, buahnya jangan yang warna hijau, pilih aja strawberi atau jeruk untuk dimakan pada hari tersebut, agar kita bisa mendapat proteksi penuh.


Kandungan Likopen yang terdapat dalam Warna Buah :

Merah : likopen untuk mencegah kanker prostat dan payudara

Kuning : zeaxanthin dan lutein untuk kesehatan usus besar dan kesehatan mata

Hijau : indole 3 karbinol dan asam folat untuk kesehatan darah dan syaraf

Ungu : antosiani untuk kesehatan jantung

Putih : pectin ajone, sulfat untuk kolestrol anda dan lain-lain.


buahBahaya Buah


Buah memang banyak manfaat dan vitaminnya. Namun jika buah dikonsumsi secara berlebih saat malam hari, itu ternyata tidak baik. Sebelum tidur malam, bukan tidak boleh makan buah, tetapi tidak disarankan.


Karena gula pada buah adalah fruktosa. Itu memang baik untuk tidak meningkatkan gula darah saat itu, tapi jangan lupa, fruktosa berarti time realize (dilepas berkala) kurang lebih 4 jam kemudian dilepas seluruhnya.


Karena itu, lebih baik kalo buah dianjurkan dikonsumsi pada saran jam-jam di atas (yang sudah dijelaskan tadi). Karena pada jam-jam di atas, kita masih bekerja atau beraktivitas. Tapi kalo makan buah sebelum tidur malam, maka gula yang disajikan kalo tidak dipakai, akan dirubah menjadi cadangan lemak. Atau pada beberapa orang bisa meningkatkan trigliserid (lemak).
 
Thread lain yang berhubungan:
Ada dua hal yang tak bisa kembali dalam hidup: WAKTU & PERKATAAN. Pergunakanlah keduanya secara bijaksana agar bermanfaat
  #2  
Old
Dhira0...
 
Posts: 398
 
nice share buuund.... heheee,,, jd tauuu skrg,, tp tetep bund,makan buah asal aja..heheeee
 
  #3  
Old
ndagun...
 
Location: Jakarta
Posts: 394
 
Thanks infonya bunda...
hmmm, jadi makin banyak tahu deh tentang manfaat buah..
 
Ya Rabb, sehatkanlah anakqu dan bantu aq membimbingnya di jalanMu...
  #4  
Old
Fitri ...
 
Posts: 24
 
good share....bkin tmbah pngetahuan tentang buah..
 
  #5  
Old
oktia...
 
Location: yogyakarta
Posts: 51
 
makasih infonya bunda...
 
  #6  
Old
fanny ...
 
Posts: 56
 
Thx infony bunda...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Malam ini keluar flek coklat, buund.. :'( -- Diskusi Umum 18
manfaat vit e -- Diskusi Umum 30
Keputihan,,pengaruh sama janin?? share buund -- Diskusi Umum 21
Dah mau puasa..mohon maaf lahir batin ya buund.. -- Ngobrol Apa Saja 11
Mau share manfaat kunyit asam untuk promil -- Diskusi Umum 32


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:22.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com