Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Coccin...   TS 
 
Posts: 6
Default Sharing Pengalaman Melahirkan dan Merawat Bayi Prematur

Halo Bunda2 semua,
Sebelumnya salam kenal ya,
Ini thread pertama saya,
Udah cukup lama jadi silent reader di forum ini hehe dan ini first thread saya.

Saya mau share bun, mudah2an bisa bermanfaat.
Pengalaman saya melahirkan dan merawat bayi prematur.
Waktu itu usia kandungan saya sudah 31 minggu, tapi tiba2 saat setelah sholat maghrib perut saya sakit sekali dan sama sekali ga bisa berdiri, pas dipaksakan berdiri, saya shock tiba2 ada cairan keluar dr jalan lahir yg ternyata itu adalah ketuban.

Saya menangis dan hanya bisa berdoa semoga Allah SWT memberikan keselamatan dan kesehatan untuk janin yang saya kandung walaupun belum cukup bulan.
Singkat cerita saya pun ke rumah sakit swasta di kota saya, dan saya di tangani oleh dokter SPOG saya yg sebelumnya memang periksa rutin bulanan di beliau, beliau membiarkan saya selama 2 hari untuk melihat perkembangan kandungan saya, apakah bisa dipertahankan atau tidak, selama 2 hari tsb saya bedrest dan diberi suntikan pematangan paru lengkap serta obat anti kontraksi. Namun di hari ketiga dokter menyatakan bahwa kehamilan saya harus dilahirkan karena air ketuban sudah hampir habis.

Saya menangis karena saat itu BB janin saya hanya 1,5 kg bahkan berkurang menjadi 1.4 selama 2 hari tsb, saya khawatir apakah anak saya sanggup bertahan atau tidak? akhirnya saya hanya pasrah kpd Allah SWT dan berdoa agar anak saya bisa selamat.

Saya pun dirujuk ke RSUD karena di RS Sebelumnya inkubator sdh tidak tersedia. Akhirnya di RSUD pun perawatnya mengatakan kepada saya harus siap menerima resiko apapun karena ruang NICU utk bayi prematur jg penuh dan tidak ada tempat utk bayi saya. Saya makin sedih dan menangis kembali. Memikirkan bagaimana nasib anak saya nanti, tp mengingat saya harus ttd surat persetujuan tsb sebelum ditangani, akhirnya saya ttd lah surat tsb.

Saya pun melahirkan dihari ke 3 pasca ketuban saya pecah, saya melahirkan secara normal induksi. kelahiran anak saya alhamdulillah sangat mudah sekali. Dan tibalah anak saya dilahirkan dan dia lgsg menangis keras. Saya menangis terharu. BB anak saya saat itu hanya 1.3 Kg, dan anak saya dibawa ke ruang bayi dgn inkubator.

Alhamdulillah anak saya sehat walaupun kecil, dia bisa bernafas dgn paru2 nya, smua sehat hanya saja karna asi saya baru keluar di hari ketiga, dia kuning dan harus disinar biru.

Akhirnya selama kurleb 2 minggu anak saya di RS, saya diperbolehkan pulang ke rumah,saat itu BB anak saya hanya 1.1 kg saat pulang dan saya lakukan perawatan di rumah dengan metode kangguru (bayi harus menempel skin to skin di dada ibu selama 24 jam). Selama perawatan di rumah saya jg tetap harus kontrol seminggu sekali ke RS utk melihat perkembangan anak saya. Terkadang sedih bun, tiap saya kontrol orang2 komentar thd anak saya, dibilangin kecil lah, secuil lah..tp saya harus kuat.

Alhamdulillah dengan metode perawatan kangguru dan ASI exclusive, anak saya semakin meningkat berat badannya, dan skrg anak saya sudah umur 13 bulan sedang belajar jalan dengan BB nya 10 Kg. Anak saya perempuan, lucu, putih, lincah dan menggemas kan bun hehe.

Kalo inget dulu rasanya sedih melihat dia berjuang hidup dengan BBLR, tapi sekarang rasanya saya bahagia dan bersyukur banget saya diberikan anugerah oleh Allah SWT..

Sekian pengalaman dari saya bunda-bunda..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Mama A...
 
Posts: 185
 
Alhamdulillah.. saya terharu bunda sama perjuangannya.. dan skrg beratnya normal bahkan lebih untuk anak perempuan 13bulan.. anak saya laki2 lahir 3,5 kg, umur 12 bulan berat 9,5 kg.. hehe
Hebat bunda dan si kecil perjuangan dan semangatnya, Masya Allah.. sehat2 selalu ya..
 
  #3  
Old
bunda ...
 
Posts: 293
 
Alhamdulillah yah bunda , setelah perjuangan yg berat akhirnya sekarang dedeknya sehat. Kalau boleh tahu kenapa waktu itu bisa prematur.
 
  #4  
Old
Coccin...   TS 
 
Posts: 6
 
Replying to: View Post
Alhamdulillah.. saya terharu bunda sama perjuangannya.. dan skrg beratnya normal bahkan lebih untuk anak perempuan 13bulan.. anak saya laki2 lahir 3,5 kg, umur 12 bulan berat 9,5 kg.. hehe
Hebat bunda dan si kecil perjuangan dan semangatnya, Masya Allah.. sehat2 selalu ya..
Hehe iya bun alhamdulillah, saya pun jg terharu ingetnya. wah anaknya hampir seumuran ya bun..sehat2 selalu ya buat anak bunda.

---------- Post added at 16:24 ---------- Previous post was at 16:23 ----------

Replying to: View Post
Alhamdulillah yah bunda , setelah perjuangan yg berat akhirnya sekarang dedeknya sehat. Kalau boleh tahu kenapa waktu itu bisa prematur.
Alhamdulillah bun.. nah itu saya ga tau bun, tiba2 aja perut sakit bgt terus pecah ketuban, ada indikasi ISK sih bun sepertinya..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
pengalaman melahirkan prematur..... -- Diskusi Umum 19
Tips Merawat Bayi Prematur -- Diskusi Umum 2
Aq melahirkan bayi prematur. -- Ngobrol Apa Saja 11
Sharing cara merawat bayi dong bunda :D -- Diskusi Umum 4
MElahirkan prematur. Sharing dong bunda. -- Diskusi Umum 7


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:03.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com