Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Guardi...   TS 
 
Location: denpasar bali
Posts: 67
Default Camer dan godaan sebelum nikah. Ada yg alami gak bund?..

Halooo bundaaa... udah lama gak nulis pertanyaan nih...
Bunda, ada gak diantara bunda2 sekalian yg dulu pas menjelang nikah, ada aja ngalamin godaan??... share donk bund...

Soalnya sya sendiri menjelang mau nikah/saat udah ke tahap bener2 serius sama pasangan, sptnya ada aja halangannya bund...kalo dulu hal sepele bisa jadi ngambul bund, skrang udah lewat yg begitu, lbh ekstrim cobaannya. Dari kondisi ekonomi laki yg skrang tiba2 alami penurunan drastis, sempet stress juga sih bund, kan kawin itu ngabisin biaya bund.. sekalipun kita gak minta kawinan yg "waooww", after kawin emang lbh penting sih..
Yg lbh parah, skrang calon mertua jd agak2 buat sya ilfill bund.. Selama ini camer baik sih ke sya bund.. sya bersyukur diterima dlm keluarga besar laki sya, cuma belakangan mulai kebaca sifat aslinya camer gitu..bhkan laki sya jd kurang respect sama ibunya sendiri.
Camer lagi kena sindrom puber ke-2 kali ya, apa mungkin krn janda beliau begitu, sya jg gak ngerti. Sejak dia bisa FB suka selfie2 dan posting foto genit2 gt trus sama tmn2 FB nya dibales gombal2 gt, pdhal camer gak kenal mrka. Usut punya usut laki sya akhirnya cerita klo ibunya pernah jadi omongan warga perumahannya krn dulu pernah dilihat tetangga klo jalan sama suami org, otomatis laki sya dan adiknya kesal, sempet negur ibunya, cuma dijawabnya, "gmn namanya org butuh hiburan." ntar ujung2nya mrka ribut sendiri deh...
Yg lbh mengesalkan laki sya cerita klo si ibu ngeluh rumahnya udah jelek, minta dibangun ulang spy anak2nya bisa tinggal bareng (baca thread sebelumnya), dan parahnya bilang, "kalo di jawa anak mau nganten, itu ortunya dibuatin rumah dulu."
Lha sya ketawa bund, pikir kami kan bukannya ortu yg bekalin anak ya, kok malah ortu yg minta bekal dluan, pdhal statusnya anaknya blm nganten loh..
Sya jadi ilfill langsung bund pas dengernya.. tapi memang sya ngerasa ya..dulu pas camer belum jual rumahnya di jawa (ibu dulu dpt warisan dr ortunya berupa tanah, lalu bpak yg bangun. pas kemarin dijual krn ibu lagi butuh uang buat kawinan adik laki sya), selalu ngeluh soal uang nelpon ke sya, apa2 curhat sama sya. Eh, begitu rumah sudah kejual dan dpt uang, udah gak pernah tlp sya lagi bund..spt hilang ditelan bumi. nanya kabar aja gak pernah. sya sampe mbatin, ibu sehat apa gak, dll kan kepikiran ya secara dulu sering telponan. tapi skrang jd mikir apa ibu memang begitu sifat aslinya, inget sya pas lagi susah doank.
Sya jadi takut bund, klo kawin dan punya anak nanti diasuh sama nenek yg spt itu, ntar ajaran apa yg ditransfer ke anak sya nanti, scra kami sibuk cari uang.

Ya memang sih org bilang, kalo udah jodoh gak kemana, pasti ada jalan. Iya sih sya juga alami setiap ada kesulitan, selalu dikasih jalan keluar. Tapi namanya moment pernikahan kan kita harapkan sekali seumur hidup ya bund..

sekian dan terimakasih.. monggo share nya bund klo ada yg alami godaan sblm kawin dulu...
 
  #2  
Old
itoel...
 
Location: Slamet, Tumpang, Malang
Posts: 1,331
 
Makin dekat dengan hari penikahan biasanya godaan akan semakin banyak. Kalau saya dulu masalahnya dengan adat daerah saya dengan suami yg berbeda, banyak perbedaan antara keluarga saya dengan keluarga calon suami, ibu saya dengan calon bapak mertua juga sering bersitegang, saya dengan calon suami juga sering salah paham. Sampai rasanya waktu itu ingin saya batalkan saja rencana pernikahan saya. Tapi saya tahan emosi saya karena yakin dengan hasil istikharoh keluarga, dan saya anggap bahwa semua itu adalah cobaan sebelum nikah.
Kakak saya sebelum nikah juga banyak cobaan baik dari calon istri dan keluarganya maupun dari dirinya sendiri. Tapi saya sarankan untuk banyak2 berdoa & mohon petunjuk untuk memantapkan hatinya.

Kalau yg ini jawa bagian mana ya? "kalo di jawa anak mau nganten, itu ortunya dibuatin rumah dulu." Di tempat saya (malang & blitar), maupun kerabat yg di jawa tengah gak ada yg pernah bilang seperti itu.
 
  #3  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Di jawa ga ada ortu minta mahar dibuatin rumah.
Ya kita nikahkan tujuannya berumah tangga scr mandiri. Toh mertua ga bakal selamanya ada ndampingi kita, bgtu juga ortu ya...klo bunda sudah tahu dr awal sifat mertua ya berarti nanti udah ga kaget lagi.
Klo nanti punya anak itu masalah lain lagi....bikin anaknya aja belom ngapain dipusingin skrg. Lgp solusinya paling ya itu2 aja....pindah rumah yg jauh dr mertua, cari babysitter, atau bunda yg jd full IRT.

Klo saya sndiri sih ga ada kendala aneh2. Paling cuma biaya. Jd ngundang temen2 deket aja.
 
  #4  
Old
sinta ...
 
Posts: 4
 
Saran saya sh lebih baik mertua suruh nikah lagi aja bun ,tapi cariin suami yg baik yang bisa membimbing dia.. Jadi dari segi finansial jg dia gk ngrepotin bunda lagi... Kan udah dinafkahin sama suaminya..
Mungkin klo udah nikah jg mertua gk genit2 lg ma laki orang...

Aku juga dari jawa ,tepatnya jawa tengah..
Tp gk ada tuh tradisi anak mau nikah suruh bangunin rumah orang tuanya dulu..
Yg ada malah waktu aku nikah kebanyakan ditanggung orangtua & mertua... Aku sama suamiku cuma bantu2 dikit semampu kita
 
  #5  
Old
novita...
 
Posts: 66
 
Setau saya gak ada adat jawa yang ortu minta d buatin rumah. Yg ada ortu jawa itu punya prinsip jangan sampe nyusahin nyadong (bergantung) sm anak.. jawa d kenal gigih soal uang. Hidup nrimo dan sederhana dan mengutamakan menabung. Sy pribadi justru tekat setelah nikah selain mandiri juga tekad bs merenovasi rumah mertua sebelum kami punya rumah... waktu nikah juga kami usaha berdua gk berharap ortu bantu. Kami akan sangat malu justru klo krn pernikahan kami ortu terbengkalai.
 
  #6  
Old
Guardi...   TS 
 
Location: denpasar bali
Posts: 67
 
camer dr daerah jateng bund... dan setau sya juga daerah situ orangnya halus2 gitu..

sya juga heran kok beliau bisa ngomong begitu ke laki sya, sekalipun ibu janda, cuma lucu aja sya dengernya. beliau itu inginnya rumah yg skrang kan cuma ada 1 kamar, nampung 3 KK mana muat, pengennya dia anak2nya suruh urunan dan bangun ditingkat/dilebarin di sisa tanah yg ada gitu.. jd smua anaknya ngumpul jd 1. adik laki sya yg udah rumah tangga duluan kan keberatan, laki sya juga. secara bahan bangunan juga lumayan mahal & smua butuh privasi masing2, blm kalo sama2 punya anak nanti mau taruh dimana.
ibu gak mau pindah2 gitu, sya sudah suruh ibu 3 hari di tmp laki sya, 3 hari ngempu cucu di rumah adik laki sya, beliau gak mau. dijawabnya, "org tua kok disuruh kesana kesini." kan jd serba salah ya bund.. pdhal maksudnya biar beliau gak sendirian di rmh. ngeluh kesepian plus klo sakit/jatuh anak2nya gak ada yg tau gmn coba?! tapi sptnya aak tersinggung camer sya kasih solusi begitu... pdhal smua anaknya kan lagi tahap merintis bund..

itu yg buat sya agak ilfill kok camer jd begitu... dia memang sempet bilang, anak udah pd kawin, orgtua sendirian, apa gini emang siklusnya ya?...
mungkin ratapan krn janda kali ya... sya diemin aja sih...

yg gak ngenakin bund, sejak beliau jual 1 rumahnya, diungkit2 terus bund..ke anak2nya slalu bilang, "uang gak jadi apa, ibu udah kasih smuanya buat anak, ibu cuma punya itu satu2nya udah ibu kasih smua. blablablaaa.." kok ujung2nya kyk gak ikhlas kasihnya. pdhal harga rumah kejual 300an juta, dibagi bertiga, masing2 100juta (ibu, laki sya dan adiknya). katanya uang ibu di deposito. nah beliau itu harapin dr 100juta yg dikasih ke anak2nya itu anak2nya langsung beli rumah baru gitu..
lha secara kredit KPR juga perlu dp dan gak murah, 100juta dibilang byk ya banyak, tapi dikit ya dikit.. pengennya smua punya rumah langsung gt.. kan lucu ya...

emang camer sya antik ya bund.. wkwkwk... takut miskin kali ya...
 
  #7  
Old
Mama P...
 
Posts: 24
 
Kl mbak dan suami sibuk cari uang anak jgn dititip orang tua apa lagi mertua gak enakkkkkkkkkk.enakkan ngupah orang buat jagain bisa tiap jam kontrol via telf atau nanti kl dah punya rumah pasang cctv kontrol lewat hp. Bneran deh gak enak nitipin ke mertua walaupun gratis.
 
  #8  
Old
Prames...
 
Posts: 889
 
Replying to: View Post
Kl mbak dan suami sibuk cari uang anak jgn dititip orang tua apa lagi mertua gak enakkkkkkkkkk.enakkan ngupah orang buat jagain bisa tiap jam kontrol via telf atau nanti kl dah punya rumah pasang cctv kontrol lewat hp. Bneran deh gak enak nitipin ke mertua walaupun gratis.

saya titip ke orgtua saya bun..saya sdh pernah coba cr opsi pakai pengasuh tp mama saya nangis dan blg "jgn nanti anak mu gk d suapin makan,nanti anak mu d kasih obat tidur dll bla bla bla" jd saya titip k mama (saya masih 1 rmh sama mama dan papa saya)
kadang memang ada rasa tdk enak,tp mama keras sekali gak boleh kami pakai pengasuh....
jd saya sepulang kerja cepat2 pulang k rmh d ajakin pergi main sama temen kantor saya lebih memilih pulang buat nemenin anak...
yah klo ke mertua memang saya gak mau titip k mertua selain jauh,mertua jg pernah bilang "mama gak mau ngasuh cucu" gt katanya..jd saya gak mau nitip anak saya k mertua....bikin nyeri hate
 
  #9  
Old
Guardi...   TS 
 
Location: denpasar bali
Posts: 67
 
Replying to: View Post
saya titip ke orgtua saya bun..saya sdh pernah coba cr opsi pakai pengasuh tp mama saya nangis dan blg "jgn nanti anak mu gk d suapin makan,nanti anak mu d kasih obat tidur dll bla bla bla" jd saya titip k mama (saya masih 1 rmh sama mama dan papa saya)
kadang memang ada rasa tdk enak,tp mama keras sekali gak boleh kami pakai pengasuh....
jd saya sepulang kerja cepat2 pulang k rmh d ajakin pergi main sama temen kantor saya lebih memilih pulang buat nemenin anak...
yah klo ke mertua memang saya gak mau titip k mertua selain jauh,mertua jg pernah bilang "mama gak mau ngasuh cucu" gt katanya..jd saya gak mau nitip anak saya k mertua....bikin nyeri hate
waah..kalo ini mertua udah langsung pasang pager duluan ya, gak mau dititipin cucu... ekstrim sih kalo mertua2 yg spt itu..
 
  #10  
Old
Prames...
 
Posts: 889
 
Replying to: View Post
waah..kalo ini mertua udah langsung pasang pager duluan ya, gak mau dititipin cucu... ekstrim sih kalo mertua2 yg spt itu..



Iya bun..mama mertua saya baik sbnernya ntah becanda ntah apa dy sampe berucap seperti itu sama saya langsung saya masukin ke hati.tp klo 1x hr minggu aja kami gak dtg k rmh nya mama mertua tlp2 terus nyuruh kami main k rmh nya katanya kangen sama cucu,klo apa sibuk mnt kami tdr dan nginep d rmh nya biar bs maen sm cucu.dl dia ngmng gak mau ngasuh cucu ketika anak saya masih rewel masih gak mau d gendong siapa2 selain saya,mama saya,papa saya dan suami.klo sama org lain gak mau...skrg anak saya sdh lucu,sdh pintar, sdh bs d ajakin main dy kangen terus.tp menantunya ini udah terlanjur sakit hati nya....jd yaaahh kami k sana hanya saat hr minggu aja itu jg klo kami pas gak ada kegiatan lain
 
  #11  
Old
lisa31...
 
Posts: 403
 
wajarlah bun... ad kuk emang orang tua yg ogah urus cucu, mungkin karena mereka tau capenya. mereka kan uda tua pastiny ud saatny hepi2 dunk... jangan dimasukkin ke hati, tapi cba mengerti. jangan bandingkan ibumu dengan mertua karena beda prinsip satu sama lain

kalau rintangan saya dulu sebelum nikah adalah menyatukan dua keluarga dalam persiapan nikah...keluarga suami mau begini begitu, sedang ibu saya mau lain lagi. walau sering nangis tapi saya berusaha bujuk suami untuk nurut dan rayu ibu utk ngalah
 
  #12  
Old
Prames...
 
Posts: 889
 
Replying to: View Post
wajarlah bun... ad kuk emang orang tua yg ogah urus cucu, mungkin karena mereka tau capenya. mereka kan uda tua pastiny ud saatny hepi2 dunk... jangan dimasukkin ke hati, tapi cba mengerti. jangan bandingkan ibumu dengan mertua karena beda prinsip satu sama lain

kalau rintangan saya dulu sebelum nikah adalah menyatukan dua keluarga dalam persiapan nikah...keluarga suami mau begini begitu, sedang ibu saya mau lain lagi. walau sering nangis tapi saya berusaha bujuk suami untuk nurut dan rayu ibu utk ngalah

saya tidak membandingkan saya hanya gak nitip k beliau saja sesuai request nya...dan saya juga gak yg cemberut atau apa d depan mertua.saya baik2 saja kok ttp k sana setiap weekend...klo emang lg capek bgt aja baru absen k rmh mertua...
 
  #13  
Old
fitria...
 
Posts: 300
 
camer dan godaan sebelum nikah?

ya pasti ada warna warninya,,
intinya setelah pernikahan itulah gambaran yg akan kamu alami..
malah setelah nikah bisa lbh parah..
jadi ya fikir matang2 atau istikharah jangan ngeluh2 di kemudian hari karena dah dikasi gambaran sama tuhan kamu bakal hadapi hari2 seperti ini..

mau cari yg sempurna kagak ada masalah?
MUSTAHIL..
 
  #14  
Old
Guardi...   TS 
 
Location: denpasar bali
Posts: 67
 
Replying to: View Post
camer dan godaan sebelum nikah?

ya pasti ada warna warninya,,
intinya setelah pernikahan itulah gambaran yg akan kamu alami..
malah setelah nikah bisa lbh parah..
jadi ya fikir matang2 atau istikharah jangan ngeluh2 di kemudian hari karena dah dikasi gambaran sama tuhan kamu bakal hadapi hari2 seperti ini..

mau cari yg sempurna kagak ada masalah?
MUSTAHIL..
iyaa doakan ya bunda spy lancar dan kedepannya lbh baik lagi..
 
  #15  
Old
fitria...
 
Posts: 300
 
Replying to: View Post
iyaa doakan ya bunda spy lancar dan kedepannya lbh baik lagi..
aamin..
yg penting buat benang merah atau semacam kesepakatn yg kalo itu d langgar maka itu kesalahan.mis: selingkuh, investasi diam2, dsb.

kalau masalah mertua, dan segala macamnya itu hal teknis yangg semoga ga mengurangi tujuan awal dr pernikahan..

#mengingatkandirisendiri
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Target usia nikah dan akhirnya nikah diusia berapa nih bund? -- Ngobrol Apa Saja 228
Sebelum ke dokter PROMIL ALAMI yg bagus apa ya Bund?? -- Diskusi Umum 54
TT untuk bumil & lanjutan yang sebelum nikah sama ga si bund? -- Diskusi Umum 1
Hamil sebelum nikah -- Kenalan Yuk! 28
sebelum nikah TP positif -- Ngobrol Apa Saja 20


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:05.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com