Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
gheza...   TS 
 
Posts: 8
Post mau bunuh diri kasihan debay :'(

Bun, minta saran yg baik ya ?
Sya pacaran sudah 6thn . memang hubungan sya dimulai dari kesalahan. Waktu pertama kenal sya tidak tau kalau pcr sya sudah pnya anak dan istri (hamil diluar nikah) karna wktu itu umurnya masih 20 thn dn sya masih sekolah. Sgkt cerita sya akhirnya tau dia pnya istri, dia blg dia sdh cerai skrg . krna sy msh sekolah sy percaya2 sja . saat kencan wktu itu hujan sya mampir kerumahnya, trnyata dirumahnya ada istrinya bun , sya perang smpe jambak2an di depan rumahnya dn di lihat org kampung. Saya syok . sya memutuskan hubungan ini meskipun sya mulai cinta sama dia . akhirnya kami break sekitar 3 bulan. Tb2 dia dtg dan menceritakan bahwa dia lebih memilih sya , skrg istrinya sudah tdk dirumah itu lg . mereka sudah cerai. Saya mau lagi bun balikan sma dia, karna sy rasa sya memang cinta sma dia .
Setelah sya pacaran 6 bln ,sy mulai di rayu untuk berbuat zina dgn dia untuk pertama kalinya . saya mulai merasa dia harus jodoh saya karna dia sudah mengambil sesuatu yg berharga dr sya.
Sya lulus sekolah smpai sya kerja banyak banget perjuangan sy buat dia . mulai di benci mamanya kakaknya iparnya neneknya sampai mereka bisa nrima sya . sya tahan tahan. Apa lagi waktu sya kerumahnya. Anak sama istrinya berkunjung silaturahmi , rasanya sesak banget bunda .
Setelah pacaran 3tahun dia mulai berubah , dia minta izin kos di kota karna dia gadaiin motor buat liburan tahun baru sma saya . saya bilang iya keluarganya pun tahunya dia kos untuk kerja . kalau plg dia selalu pakai motor saya spya gak ketahuan kalau di gadaikan .
Lama lama feeling sya mulai gak enak , hpnya sering mati . hubungin sya cm malem aja . sya cari cari bukti. Ternyata benar dia selingkuh disana . dia kos sma pacar barunya , uang gadai motor bukan dipakai untuk liburan dgn sya tapi untuk senang2 dengan pacarnya.
Setelah ketahuan bukannya minta maaf tpi dia menyepelehkan , saya yg meminta minta kedia supaya jangan ditinggalkan . uang motor semua sya kasih ke dia spy dia kembali sma sya .
Akhirnya dia mau kembali sma sya , sya pindah kerja dan saya hidup satu kosan dgn dia . dia cm makan tidur sya kerja banting tulang . motor sya yg sediain. Uang sya dipakai foya2 smpe saya bertengkar sma mama saya karna sya tdk pernah pnya uang .
Biaya hidup kami tdk cukup akhirnya diputuskan untuk pulang kerumah pacar saya, sya tinggal satu atap tnpa ada ikatan pernikahan . tpi mamanya mensuport sya entah karna sya mau kerja untuk biayain hidup dan rokok anaknya atau apa .
Pacaran 4thn sya hamil , sya menunjukan hasil tes positif. Tpi alangkah terkejutnya , dia memaki-maki saya dan tidk mau mengakui . dia blg ini hasil perbuatan sya dgn org. Saya dipukuli , diseret , ditendang smpe sya kabur pulang kerumah sya sendiri dan menceritakan kepada mama .
Mama marah besar, dia tidak terima saya digitukan. Dia jg marah sya hamil diluar nikah . sya menyesal sudah ngecewain mama. Sya memutuskan untuk aborsi ,pcr sya dtg dan minta maaf karna takut sya lapor polisi . dia menyediakan uang 3jt untuk aborsi sya krna dia blg dia jg belum siap untuj mnjdi ayah.
Masalah tdk selesai smpai situ. Sya resign kerja sdgkan pcr sya selama 5tahun pacaran tdk pernah kerja sma sekali . dia semakin arogan. Sya sering di pukul sat dia marah . dia kasar sekali dgn sya. Tp sya bertahan krna dia adalah calon suami saya(setelah aborsi org tuanya melamar sya kerumah)
Sy memutuskan untuk bkrja lagi , bnting tulang mengumpulkan uang untuj kehidupan km berdua . smpe skrg sya hamil lagi sudah 5 bulan bun ,dan saya akan menikah 2bulan lg. tpi baru kemarin sya mengetahui kalau dia selingkuh lagi . hancur hati saya kenapa dia tidak berubah . padahl di perut sya ada anaknya , wktu sya tanya knp km tega dia bilang dia gk bs ninggalin pacar nya karna satu hal , setelah sya nangis smpe mata kering dia baru cerita kalau trnyata pacrnya jg lg hamil 1 bulan. Beribukecewa bertubi tubi , sya tdk kuat lgi saya pukul perut saya ,saya ingin bunuh diri. sya marah saya sedih tidsk tahan dgn kenyataan ini bun. Dia menghalangi sya dia bilang "kasih kesempatan sya , dia sudah mau menggugurkan kandungangnnya". Sya tidak bisa menerima itu . kenapa calon suami saya sebajingan ini .
Apa yg harus saya lakukan bun ? Apa sya harus bertahan sampai anak ini lahir?
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
4briza...
 
Posts: 13
 
pelakor di pelakorin....
taubat nasuha ya sis...jgn mkir bnuh diri...hidup qt udah susah jgn dbkin susah lg di akhirat....
biasanya org yg udah pernah selingkuh akan trus mengulangi kesalahan yg sama..krn emg udah jd sifat n kebiasaan dia..kalo jd anda jg ga akan sanggup pastinya.tp utk apa pertahanin org yg tukang selingkuh,numpang hidup,dan suka tebar benih dmna2,KDRT pula...maaf dr segi medis pun dkhawatirkan timbul penyakit aids kalo dia ganti2 psangan kan.sebelumnya jg udah pny anak...gliran hamilin kamu bilangnya ga siap pnya anak..udah fix lelaki bajingan...
kalo sy mending mlih single parent n bisa bahagiain anak drpd hrus nikah sm org kek gt.makan atinya seumur hidup....
semoga cpt menemukan jalan keluar.krn bwt sy lelaki sprti itu tdk pntas mjd seorg suami atau ayah...
 
  #3  
Old
n0rita...
 
Posts: 497
 
Mba.. sy juga pernah diposisi mba pacaran 6 tahun tp sy pacaran sehat hanya saja mantan dulu suka selingkuh.. sy tau mengapa mba ga bisa lepas dari pacar mba dan bertahan walau negatifnya lebih banyak daripada positifnya..
Mba, banyak laki2 yang lebih baik dan bertanggungjawab dibandingkan pacar mba yg sekarang.. pertahankan kehamilan yang sekarang. Jangan menikah dengan seseorang Krn status anak nanti bagaimana.. insyaAllah akan ditunjukkan jalannya mba..
Kalau memang pacar mba mau berubah, seharusnya yang berubah bukan sikapnya yang tidak akan selingkuh lagi..
Pacar mba sekarang masih bersikukuh mau balik lagi sama mba, karena mungkin mba satu2 wanita yang mau disuruh kerja untuk membiayai kehidupan dia.. dan dia ga bisa membayangkan kl mba ga ada, siapa yg mau menghidupi dia..
Kalau memang pacarnya mau berubah, seharusnya dia mulai cari pekerjaan, mulai mau bertanggungjawab ( bukan hanya bertanggung jawab untuk mengakui anak mba ya.. tp bertanggungjawab untuk menghidupi mba dan anak mba kelak).

Buka mata, buka hati ya mba. Jangan sampai ada penyesalan yg lebih besar nantinya.. sudah begitu banyak mba diberi teguran, tp mba seakan2 tutup mata atas semuanya...

Semoga mba bisa memilih jalan yg lebih baik...
 
  #4  
Old
itoel...
 
Location: Slamet, Tumpang, Malang
Posts: 1,331
 
Jangan teruskan hubungan anda dengan pacar meskipun anda sedang hamil 5 bln, & 2 bln lagi mau nikah. Pacar anda memang tukang selingkuh, nggak bakal tobat sebelum jadi impoten total. Dulu dia selingkuh dengan anda, kemudian anda diselingkuhi, minta biaya terus pula. Dia minta satu kesempatan sekali lagi itu maksudnya cuma kesempatan untuk anda biayai lagi. Pada selingkuhannya pun mungkin dia akan mengatakan hal yg sama seperti yg sudah dikatakan pada anda. Kalaupun anda tetap menikah dengannya, ujung2nya ceritanya bakal sama seperti dengan istri sebelumnya.
Mending anda jadi single parent aja. Putuskan semua komunikasi dengan pacar anda. Bertobatlah, dan dekatkan diri dengan Allah supaya anda lebih kuat menghadapi masalah anda. Dukungan orang tua kepada anda juga perlu, jadi perkuat hubungan anda dengan orang tua. Semoga setelah anak anda lahir, anda menikah dengan pria baik2 yg bisa menjadi suami yg baik dan ayah tiri yg baik.
 
  #5  
Old
Laibun...
 
Posts: 85
 
Semua orang pernah melakukan kesalahan, tidak ada yang sempurna. Hanya saja, dalam agama saya, Allah selalu memberikan kesempatan untuk hambanya yang ingin berubah. Saya akui keputusan bunda mengencani pria yang menceraikan istri, memberikan keperawanan, dan rela memberikan apa saja bukan keputusan yang tepat. Tapi, anda masih orang baik yang memikirkan calon anak tak berdosa dalam kandungan. Gunakan musibah bertubi-tubi ini sebagai ajang untuk koreksi diri. Ajang untuk berubah. Ajang untuk membuka lembaran yang baru. Saya rasa anda harusnya sadar kalau tidak ada satu alasan layak untuk tinggal bersama pria arogan itu. @gheza

Jangan gunakan alasan kalau dia telah melamar anda. Dia adalah cinta anda. Percayalah jauh lebih baik anda keluar sekarang dibanding harus membawa calon anak menderita. Pesan saya, jauhi dulu pria yang mungkin tertarik dengan anda. Tunggulah sampai ada pria yang benar-benar menerima anda apa adanya. Jual mahal boleh saja. Dikata orang matre cuek saja, dibanding jatuh ke tangan pria bermulut manis yang hanya mau memperalat anda untuk uang dan fisik. Memperlakukan anda bagaikan sampah.
 
  #6  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Bunda...saran saya turuti semua saran bunda di atas....kita2 ini udah berpengalaman dlm cinta dan memilih pasangan hidup.

Nikah itu bukan akhir perjuangan cinta bunda....tapi awal! Jgn harap setelah nikah disatukan scr resmi hidup bunda akan bahagia berdua. Klo laki2nya kaya calon bunda mah itu namanya cari neraka dlm kehidupan. Bunda ga usah malu ga jadi nikah! Lebih baik malu sebentar sama undangan2...drpd hidup lebih lama tersiksaaa sama laki2 yang ga menghargai wanita!

Saya harap bunda cukup berani utk berani memperjuangkan nasib bunda dan anak bunda.
 
  #7  
Old
Lailaf...
 
Posts: 37
 
Astaghfirullah.
Bun, langkah utamanya lebih baik taubat karna dr awal hubungan bunda sama lakilaki itu sdh salah dan diluar batas.
Saran saya; Tinggalin lakilaki yang tdk baik itu bun, udah banyak juga yang hubungannya kayak gini tapi ujung2nya juga bercerai. Lebih baik jatuh diawal drpd bunda harus merasakan sakit lebih dalam lagi nantinya. Pacaran diselingkuhin sakit hati apalagi kalau sdh menikah nanti. Pikirin matang2 untuk bertahan bun, dr awal lakilaki itu sdh jelas tdk ada kebaikan dlm dirinya. Dia cuma numpang hidup enak dgn segala fasilitas yg bunda kasih. Bunda hrs bisa bersikap tegas untuk masadepan bunda dan debay. Jangan mau dimanfaatin bun, saya yakin bunda masih bisa cari suami dan ayah yang baik untuk bunda dan debay.
Saya sebenernya bukan miris sm nasib bunda. Tapi kasian sama debay nya.
 
QS. Asy-Syura (49-50)
  #8  
Old
hestyn...
 
Posts: 27
 
Bun..aku syediiih mbaca ceritamu...kok begitu banget ya (pasti dalam hati begitu ya?.)
Klo menurut aku ya bun, bunuh diri itu gak baik loh, tidak diajarkan dalam agama apapun dan pelajaran apapun di dunia ini. Karena gak ada kebaikannya, seolah kita gak bersyukur atas nikmat kehidupan yang diberikan Tuhan. Mungkin dalam pikiran bunda bunuh diri adalah jalan terakhir, tapi itu bukan akhir loh bun, malah kasihan debay yang dikandungan juga
Dan mending jangan diteruskan klo memang merasa tidak bahagia dengan laki-laki seperti itu. Mulai perbaiki diri, dan masih banyak laki-laki baik di luar sana yang siap menerima kondisi bunda seperti apa. Laki-laki yang demikian kayaknya aku gak setuju kalau nantinya jadi pemimpin keluarga, memimpin dirinya saja dia kurang bisa kontrol, iya kan bun?
Tapi semua balik lagi ke bunda seperti apa. Pasti bisa memberikan keputusan yang terbaik untuk masa depan bunda dan debay tersayang
Semangat dan You Never alone Bundaaa..
 
  #9  
Old
maulid...
 
Location: pontianak
Posts: 217
 
Astagfirullah...gak tau mo blg apa bun, apa yg di tanam itu yg di tuai, awalnya mrebut suami org skrg pcarnya di rebut juga kn? brzina brkali2, tdk seatap tnpa ikatan, aborsi, pcar main tangan, gak krja, uang bunda dihabisin, apa yg hrus diprtahankn coba? segera taubat & keluar dr zona itu klo tdk akan sprti itulah sterusnya. Lahirnya ank bunda didik dia jd ank yg sholeh, calon bpknya bkanlh contoh yg baik, menanam benih dimana2 tp tdk brtanggung jawab! Jgn mikir bunuh diri, di dunia mngkin msalahnya selesai tp di akhirat? mati jgn di didahului, gak mnta aja klo ud ajal tiba pst akn mati juga.
 
  #10  
Old
Maripo...
 
Posts: 399
 
Bunda.. Kalau bunda muslim, bunda taubat nasuha ya. Karena zina itu dosa besar. Di dunia saja bunda sudah merasa menderita, apalagi di akhirat nanti kalau nggak bertaubat. Apalagi kalau bunda sampai mau bunuh diri. Lebih berat siksaannya, bunda. Bunda tau, hukuman utk org yg melakukan zina? Ini saya kutip bund

Imam al-Dzahabi dalam Al-Kabair menjelaskan siksaan hina bagi pelaku zina di akhirat dengan mengutip QS. Al-Hijr: 44:

لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَابٍ لِكُلِّ بَابٍ مِنْهُمْ جُزْءٌ مَقْسُومٌ

“Jahanam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.”

Atha’ berkata, “pintu yang paling hebat panas dan sengatannya dan yang paling busuk baunya adalah pintu yang diperuntukkan bagi para pezina yang berzina setelah mereka tahu akan keharamannya.”

Makhul al-Dimasyqi berkata, “para penghuni neraka mencium bau busuk dan berkata, ‘kami belum pernah mencium bau yang lebih busuk dari bau ini’ dijelaskan kepada mereka, ‘itulah bau kemaluan para pezina’.”

Ibnu Zaid, salah seorang imam dalam bidang tafsir berkata, “sesungguhnya bau kemaluan para pezina itu benar-benar menyiksa para penghuni neraka.”

Imam al-Dzahabi juga menghadirkan keterangan di kitabnya itu, bahwa dari kemaluan para pezina akan keluar nanah dan darah yang busuk dan itu dijadikan minuman bagi pecandu minuman keras sebagai siksaan bagi mereka.

Belum lagi kalau bunda bunuh diri. Nanti di neraka, bunda akan terus bunuh diri sampai waktu yg ditentukan Allah. Bisa beribu2 tahun, bisa puluhan ribu tahun. Kalau bunda bunuh diri dengan cara gantung diri, di neraka nanti bunda akan gantung diri berulang ulang kali. Kalau bunda minum racun, bunda akan minum racun berulang2 kali.

Dan sy setuju sama bunda2 disini spy jgn nikahin laki2 playboy itu bund. Saya lihat orang2 menikah dgn laki2 yg menghamilinya di luar nikah, bukannya bahagia malah sengsara bund. Bahkan sampai cerai. Sesuatu yg dimulai dengan hal yg tdk baik, nggak akan berakhir bahagia.

Dan jadikan pelajaran di masa depan bunda supaya jangan asal pilih2 pacar. Pastiin dulu bibit bobot bebetnya.
Jaga terus dedeknya ya bunda.. Jangan bunuh diri, jangan aborsi, jangan aneh2. Taubat, dekatkan diri sama Allah, semoga Allah memberikan jalan keluarnya..
 
Setiap cobaan yang diberikan oleh-Nya, pasti ada solusinya. Sabar, tawakkal, dijalani saja
  #11  
Old
adevel...
 
Location: Surabaya
Posts: 13
 
maaf ya bunda.. bunda memulainya dulu sudah salah. jadi skrg spti karma yg balik ke bunda..

saran ku, jgn bunuh diri. segera minta ampun kpd Tuhan. lalu tenangkan diri, kasian debay nya ikut merasakan apa yg bunda rasakan. soal pcr bunda, jgn berharap byk. bunda besarkan sendiri debay nya.. insyaallah bila bunda bner2 bertaubat & bertanggung jawab tanpa ayahnya rejeki akan dtng sndr. rejeki yg di bawa oleh anak bunda nanti.. sabar ya bunda & ttp semangat.. bunuh diri bukan menyelesaikan masalah
 
  #12  
Old
Delima...
 
Posts: 40
 
Harusnya pas udah tau klo dia punya anak istri ya cepat2 putusin, sekalipun seandainya waktu itu kamu udah nggak gadis lg tetep lbh baik putus. Mulai dari awal sperti org patah hati biasa, yg pntg lbh waspada dlm mengenal org.. jgn sampe terjerumus 2x kesalahan yg sama, tp skrgpun blm terlambat utk perbaiki diri...
punya suami yg nggak kerja nggak syg anak istri itu deritanya panjang mbak... Tinggalin saja laki2 macam itu. Yakin suatu hari akan ada jodoh yg baik buat mbk. Amiin
 
  #13  
Old
pinkay...
 
Posts: 370
 
Hai Bun, semoga Bunda & calon baby dlm keadaan sehat selalu ya.. ��

Bersyukur sekali Bun msh bisa merasakan mengandung.. Bunda & calon baby sangat berhak untk hidup lebih bajk.. Bunuh diri memang seperti jalan pintas untk menyelsaikan masalah.. Tp bagaimana dengan orang tua & keluarga yg mencintai Bunda & calon baby apa ada ny, sekali pun Bunda ada kesalahan.. Kehilangan dua kehidupan yg berarti buat mereka pasti sangat menyedihkan..

Bunda berhak hidup lebih baik dr sebelum ny.. Bunda bisa mewujudkan hidup yg bahagia.. Hanya perlu melangkah sedikit dr zona nyaman.. Tinggalkan yg buruk, mulailah dengan lembaran baru.. Menikah tidak sekedar mempunyai sosok "ayah" untk anak, tp lebih besar dr itu.. Laki2 yg biasa berselingkuh, berperilaku kasar, akan sangat susah untk berubah.. Jika saya membayangkan, bukanlah sosok "ayah" yg diharapkan oleh anak2, bukanlah sosok "suami" yg diidamkan oleh istri.. Saya tidak bisa membayangkan kebahagiaan jika Bunda tetap bersama laki2 itu..

Tp jika Bunda berani meninggalkan laki2 itu, Insha Allah Bunda lbh bahagia & hidup lbh baik.. Mungkin awal ny sulit, tp tidak mustahil.. Banyak wanita single mother yg sukses membesarkan anak sendiri, banyak pula yg mendapatkan jodoh lbh baik, semua tidak mustahil selama Bunda tidak berhenti di sini & terus berjuang..

Semangat terus ya Bunda.. Saya mohon jgn menyerah.. Peluk hangat saya untuk Bunda.. ������

*maafkan jika ada yg tidak berkenan dihati Bunda.. Semoga Bunda bisa memahami yg saya maksud kn.. ��
 
  #14  
Old
Mamany...
 
Posts: 3
 
Inalillahi,

Astaghfirullah aládzim, taubat nasuha, minta ampun sama Allah.

Saya terkaget baca thread ini. Kamu bukan cinta, tapi nafsu ( yg membawa petaka ).
Jangan menambah dosa dengan menggurkan anakmu. Kamu sudah berbuat dosa yg fatal. Jaga Anak yg sekarang ada dikandungan. Apa yg kamu takutkan?


"Anak membawa rizkinya sendiri ", Jangan takut untuk menjadi baik meskipun itu diakhir.

Jika sudah lahir, saran saya pisah lah dengan suami.
Maaf, cerai dibenci Allah, tapi jika menikah tidak membawa kamu ke surge, Apa yg kamu harapkan?


Kamu tobat nasuha kepada Allah, rawat anak, ikuti ajaran Rassul, InshaAllah kamu kelak menjadi Ibu yg hebat ( meskipun kamu berjuang sendiri )
 
  #15  
Old
pink f...
 
Posts: 1
 
Hii... salam kenal,
aku baru aja daftar member di forum ini dan ini adalah postinganku yg pertama.

pas bgt judulnya dg kondisi yg ku alami saat ini.
numpang curhat yaa bunda2.. :')

aku hamil 3 bln, tp perutku kecil yah emg sih aku orgnya jg kecil dan kurus. tp yg jd masalah adalah krn suami ga prnh perhatian dan sllu bikin stress. setiap hari kami berantem, tak jarang kekerasan fisik pun trjadi sprti tangan dipukul memar, baju basah di banjur air dan saat ini bln ramadhan aku jg ga kuat utk puasa tp dia malah nyiruh puasa. aku tetep gamau krn bnr2 gakuat. dia ga pernah perdulikan saya bahkan saya pun tidak di bayarkan fiqyah. alhasil saya hrs berfikir sendiri gmn caranya biar bisa bayar fidyah krn dia masa bodoh bahkan dia bilg gausah fidyah kejaammm...

oiya ini kehamilan aku yg pertama. aku jg jarang mkn. sekalinya makan sedikit paling 3 suap. aku hawatir dg debayku oz blm prnh usg.

minta saran ke bunda2 yg senior disini gmn menyikapi suami yg seperti ini? krn saya sllu dibikin stress dan sedih hingga sering menangis pdhl efek sedih stress sangat ga bagus utk janin ngaruh ke psikolog janin. saya udah coba bnyk mengalah tp tetep aja dia keras kepala bgt. tiap habis berantem perutku sakit.
tolong minta sarannya bunda2???

saya gtw harus cerita ke siapa lagi :'(

---------- Post added at 21:58 ---------- Previous post was at 21:56 ----------

oiya ada yg lupa.
dia juga sering mengancam utk menceraikan. prnh juga dia nyruh saya utk gugurin tp saya tidak mau. sepertinya khmilan saya memang tdk diharapkan pdhl kami pasangan suami istri yg sah.

---------- Post added at 22:00 ---------- Previous post was at 21:58 ----------

sempet juga saya berfikiran untuk bunuh diri karena saya fikir utk apa saya hidup smntara saya hrs menanggung kesedihan sndri.

tidak ada motivasi ataupun perhatian dr suami. kerjaan dia hanya sibuk main hp , games dan tdr mkn.

saat ini saya tdk bisa berbuat apa2 krn fisik saya sndri lemah saat hamil.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
suami bunuh istri yang lgi hmil 7bulan!! -- Ngobrol Apa Saja 21
kasihan suami ku udah pengen banget punya debay ... maafkan aku suamiku -- Ngobrol Apa Saja 22
Lagi hamil gak boleh bunuh binatang -- Diskusi Umum 23
Kasihan banget debay Q.. :( -- Diskusi Umum 0
kasihan debay dlm kandungan,,, :'( gak tega :'( -- Diskusi Umum 18


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:32.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com