Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
Ami De...
 
Posts: 3
 
Halo bunda2 ... salam kenal...
Bund,aku pernah hamil 4x. Tp ke 4 nya gagal semua(keguguran) dan akhirnya diketahui kalo D Dimer aku tinggi 😢😢

Nah 2 hari yg lalu aku coba test peck dan hasilnya 2 garis, walaupun yg 1 nya rada bebayang ( Alhamdulillah).
Mau periksa ke dokter dapetnya lusa. Huff
Kira2 , aku harus bedrest total atau bagaimana ya sampai periksa ke dokter.karna ga mau hal buruk terjadi lagi 😢😢😢 . Sharing ya bunda....
 
  #32  
Old
Thina ...
 
Posts: 23
 
Bunda ami@ haii , salam kenal juga bun ..
Selamat yah atas kehamilan'a ..
Iya mending bedrest ajja bun .. Biar bunda sama calon debay'a baik ..
 
  #33  
Old
elsapu...
 
Posts: 2
 
hai.. aku mau sedikit berbagi...
kehamilan pertamaku keguguran di usia 7 minggu... kata dokter janin ku tidak berkembang..
sekarang aku lagi hamil di usia 18 minggu,, aku periksa ke dr yena limijati.. di awal kehamilan 5 minggu aku disuruh cek lab.. lumayan hampir kena biaya 5 jt.. alhamdulilah dr bbrp yg di cek aku negatif dan normal..
tapi aku sangat sedih disaat dr suruh cek lab kedua aku di diagnoga punya kekentalan darah .. d-dimer 1500..
semenjak usia 9 minggu aku sudah harus suntik inviclot 2 x sehari ditambah ascardia di siang hari... dr yena menyarankan aku utk lanjut terus suntik..
perut dan paha ku sudah banyak membiru.. sedih dan aku harus jalanin...
tapi yang menguatku adalah dr hasil usg..
kemaren di usia 18 minggu hasil usg janin sehat.. ukuran/berat sesuai.. tidak ada masalah.. hanya aku mengalami keputihan..
oh iya.. dr yena sudah menginfokan klo aku harus caesar..

aku mohon sharingnya... apa suntikan ini harus aku lanjutkan sampai 9 bulan nanti?? atau aku cari dokter spog lain?? atau aku lanjutkan saja di dr yena..
lalu apa tidak ada pilihan lain selain aku harus caesar.. aku ingin normal... mohon sharing nya bindaaaaaa
 
  #34  
Old
Caroli...
 
Posts: 1
 
Halo bunda semua..
Aku juga pengguna lovenox. Diawal kehamilan pakai 0,4 dan 0,6 setiap hari. Tp skr sudah pkai 0,6 saja dan minum ascardia. Ddimer saya paling tinggi mencapai 6900 di khmilan 5wk.
Sekarang ddimer nya 1000 diusia kehamilan 16wk.
Info aja bunda klo lovenox itu dicover sama BPJS jd utk biaya mungkin bunda sekalian yg menggunakan tdk perlu khawatir lagi.
Saya nyuntik jarang sekali biru bunda krn habis suntik saya kompres pkai es batu selama 5-10 menit..
Semoga baby kita sehat dan sempurna ya bunda..
Saya konsul ke prof.karmel tp di rs. Cikini tdk mengcover lovenox (inilah yg saya herankan) pdhal petugas bpjs center di rs cikini mengatakan itu obat suntik dicover sama bpjs..
Tetap semangat ya bunda dan berdoa kepada Tuhan semoga bunda semua sehat smpai lahiran.
 
  #35  
Old
helda ...
 
Posts: 1
 
Salam kenal bunda carolinesh....
Saya mau tanya,klo di rscm lovenox bisa di cover oleh bpjs gak? Rencana nya awal thn sy mau ke rscm untuk memeriksa kan darah sy,sy udh 6 thn menikah,mengalami ke guguran sdh 3x,terakhir thn 2012 bln januari saat itu usia kandung sy 25 minggu,,sy jg sm mengalami pengentalan darah,,dulu jg sy di tangani oleh prof.carmel rscm kencana. Mohon info nya ya bunda...
 
  #36  
Old
gr4c39...
 
Posts: 2
 
sy juga pernah keguguran, hamil dengan d dmer tinggi, hamil ke 3 dgn protein s, jadi bkn kekentalan darah lg tp pembekuan darah. saya suntik fraxiparine 0.4ml dan ascardia. saya masi ada stock fraxiparine 0.4ml 10 ampul, mau dijual seharga 1jt. expired 09/2017. bagi yg berminat bs email sy di gr4c399@yahoo.com
krn anak saya lahir di minggu ke 35. thanks
 
  #37  
Old
Ruth M...
 
Posts: 4
 
Saya hamil dr usia kandungan awal sampe 7 bulan baik2 saja, semua normal dr sisi berat badan, panjang badan maupun lingkar kepala janin. Begitu memasukiuk 7 bulan dokter usg mempertanyakan bb janin aq yg naiknya tdk sesuai dg seharusnya. Lalu aq disuruh cek lab dan ternyata aq dinyatakan hyperagregasi(kekentalan darah) sehingga pasokan nutrisi ke janin berkurang meskipun aq sdh makan banyak dan hamilku sampe besar banget perut aq, tapi sedikit sekali yg masuk ke janin. Sampai uk 38w Puji Tuhan selalu ada dlm lindungan-Nya. Tapi memang utk Bubun2 yg akan menuju persalinan dg ACA, harap perhatikan tekanan darah yg bs drastis skali naiknya. Saya senam hamil hari sabtu selama hamil normal terus tensi aq, begitu priksa sabtu pas senam hamil masih normal, seninnya kontrol lgsg tensi aq 150/100. Saya kaget sekaligus takut, krn sebelumnya normal saja, dan dokter blg klo tensi udh 160 ga mgkn bs lahir normaL. Karena saya memang mengutarakan ingin mencoba persalinan normal dulu ke obsgin saya akhirnya dirujuk besoknya lgsg mondok dan dipacu, aq mikir krn uk sdh 38w amanlah..bb terakhir 2,85 aman jugalah, akhirnya saya putuskan utk pacu.

Puji Tuhan bisa lahiran normal tapi ternyata usg bisa keliru, terakhir bb adek di usg 2,85 dan setelah lahir hanya 2,4 dan harus di inku sehari krn tergolong BBLR (Bayi Berat LAhir Rendah <2,5kg). Baby aq sekarang Puji Tuhan sehat selalu, hampir ndk pernah sakit, dan sekarang sdh usia 8,5bulan.

Tapi dari pengalam aq ini aq sama suami jadi mikir utk punya baby satu aja dah, melihat resiko yg cukup besar dr ACA ini saya lgsg pasang IUD + suami pakai balon saat berhubungan. Karena masih takut utk hamil lagi.
 
  #38  
Old
Debby2...
 
Posts: 1
 
Replying to: View Post
Alow Bunda Eva Isarawati, salam kenal ya...

Saya juga hamil dengan kondisi pengentalan darah. saat ini saya suntik Lovenox 2x sehari 0,2ml. Klu bunda suntik apa?
Btw, koq bisa di week 32 baru ada pengentalannya ya?? Sebelumnya ga ada ya bunda?

Setahu saya seh, baca2 di Thread lain, suntik di Paha itu gpp, apalagi dktrnya kan yang udah kasih pilihan, kalau saya seh karna masih wk 14 masih di Perut, secara perut di lemak masih tebal..

Keep in touch ya Bunda.. sampai lahirannya di Update trus...
Halo salam kenal bunda2...
Mau sharing...
Saya hamil anak pertama lancar jaya.. Sampai bulan ke 8, ditensi tiba2 tinggi darah nya.. Trus divonis preeklamsia.. Week 39, pas kontrol, air ketuban sudah kering dan bb baby malah turun hampir 1 kilo dari 1 mgg yg lalu, jd hrs segera ceasar. Syukur anak saya sehat skrng sudah hampir 6 thn..

Last year, saya hamil dgn kondisi aneh. Baru 4 weeks, tp.perut besar seperti 4 bulan. Ke spog, usg transv, janin sudah meninggal... Darah kental kata spog nya...

Skrng perut saya rasa gak enak...berat...besok mau test pack
Kalo positif, saya malah takut setengah mati bunda... Takut ke spog ternyata kematian janin lagi... HuhuhuHu....

---------- Post added at 22:23 ---------- Previous post was at 22:11 ----------

Replying to: View Post
Halo bunda semua..
Aku juga pengguna lovenox. Diawal kehamilan pakai 0,4 dan 0,6 setiap hari. Tp skr sudah pkai 0,6 saja dan minum ascardia. Ddimer saya paling tinggi mencapai 6900 di khmilan 5wk.
Sekarang ddimer nya 1000 diusia kehamilan 16wk.
Info aja bunda klo lovenox itu dicover sama BPJS jd utk biaya mungkin bunda sekalian yg menggunakan tdk perlu khawatir lagi.
Saya nyuntik jarang sekali biru bunda krn habis suntik saya kompres pkai es batu selama 5-10 menit..
Semoga baby kita sehat dan sempurna ya bunda..
Saya konsul ke prof.karmel tp di rs. Cikini tdk mengcover lovenox (inilah yg saya herankan) pdhal petugas bpjs center di rs cikini mengatakan itu obat suntik dicover sama bpjs..
Tetap semangat ya bunda dan berdoa kepada Tuhan semoga bunda semua sehat smpai lahiran.

bunda salam kenal ya... Mau tanya bunda, kalo bpjs sudah mati 2 tahun, kena denda gak ya? Kehamilan saya disertai darah kental, jd terpikir pakai bpjs saja
 
  #39  
Old
ang su...
 
Location: Klender, Jakarta Timur
Posts: 387
 
Replying to: View Post
hai bunda fitri, aq mo share tentang penyakit ACA ini. mudah2n bermanfaat juga utk bunda2 lainnya...

Sampai saat ini nama penyakit ACA memang masih asing di telinga masyarakat awam seperti kita. Akibatnya kepedulian terhadap sindrom ACA pun masih amat rendah. Padahal penyakit ini amat membahayakan terutama jika terjadi pada ibu hamil.

Menurut dokter ahli hematology, ACA (Anti Cardiolipin Syndrome) adalah penyakit kekentalan darah yang biSA menyerang siapa saja, pria, wanita dan juga ibu hamil, dan penderitanya kini tidak hanya kalangan manula.

ACA atau juga disebut sindrom anticardiolipin terjadi karena darah lebih cepat membeku dibandingkan dengan kondisi normal pada umumnya. Mengentalnya darah yang terlalu cepat ini akan menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh dan dapat menyebabkan gagal jantung ataupun stroke. Bahkan akibat ACA yang tidak terpantau akan berujung pada kematian karena peredaran darah yang tidak lancar atau tidak tersuplai ke seluruh tubuh sebagaimana mestinya.
Gejala ACA yang paling menonjol : sering merasa pusing, mual dan kesemutan.

Sampai sekarang penyebab ACA belum diketahui secara pasti bahkan ACA bukanlah penyakit keturunan dan juga tidak menular. Namun menurut ahli hematology, ACA diduga kuat akibat pola hidup yang tidak sehat : terlalu banyak mengkonsumsi makanan instant, kolesterol, makanan berlemak, merokok dan juga akibat polusi.

Beberapa decade silam, penyakit ini umumnya menyerang kalangan lansia, namun belakangan sudah muncul pada mereka yang usianya masih relative muda, usia 30-an dan banyak diderita ibu yang sedang hamil.

Bagaimana jika ibu hamil terserang sindrom ACA?


Ibu hamil harus mendapat pengawasan yang ketat dari dokter obgyn dan dokter ahli hematology. Sebab hamil dengan sindroma ACA termasuk kehamilan berisiko tinggi, yang membuat ibu harus ekstra hati-hati.

Apa yang harus dilakukan ?

* ibu harus cukup istirahat

* sedikitnya tidur delapan jam sehari

* hindari stress

* makan teratur dengan nutrisi yang baik dari sisi kualitas maupun jumlahnya

* banyak minum air putih minimal dua liter sehari

* hindari makanan dan minuman yang mengandung pengawet termasuk junk food dan yang memakai penyedap rasa

* bebas beraktivitas namun harus dibatasi tidak terlalu melelahkan


Jika selama ini ibu hamil menderita kolesterol tinggi atau menderita diabetes maka ancaman ACA akan lebih mudah menyerang. Dengan terjadinya kekentalan darah yang tidak normal, akan berakibat pada terhambatnya pasokan oksigen sekaligus nutrisi yang dibutuhkan janin untuk kelangsungan hidupnya. Seringkali menyebabkan keguguran yang tidak diharapkan. Pasalnya semakin kental darah maka pasokan oksigen dan suplai makanan ke janin makin minim dan itulah yang menyebabkan kematian pada janin.

Bukan hanya janin saja yang terancam jiwanya, ibu hamil itu sendiri pun bias bernasib sama.
Itu pula sebabnya, pada ibu yang sudah telanjur hamil, maka pengawasan ketat dari dokter hematology mutlak harus dilakukan. Selain obat yang diminum, jika kasusnya cukup berat biasanya obat diberikan bukan dengan oral melainkan dengan suntikan.

Nah suntikan itu sendiri dilakukan di sekitar pusar ibu yang gunanya untuk mengencerkan darah. Sebab jika tidak dilakukan pengobatan yang tepat, ibu bisa kehilangan pendengaran, penglihatan berkurang atau mengalami stroke. Meski demikian, ibu hamil dengan sindroma ACA tidak akan menyebabkan bayi lahir cacat.

Karena penyuntikan ini harus dilakukan setiap hari, maka perlu bantuan pihak suami atau calon ibu harus bisa menyuntikkan sendiri cairan obat di sekitar pusar. Obat ini diharapkan dapat mengencerkan darah dan membuat ibu tetap sehat selama menjalani kehamilannya.

Calon ibu dapat melahirkan dengan normal jika tidak ada keluhan lain. Namun tim medis harus tetap mewaspadai terhadap kemungkinan terjadinya pembekuan darah saat proses persalinan sedang berlangsung. Sehingga dengan cepat bias dilakukan tindakan bedah Caesar sebagai pertimbangan alas an keselamatan nyawa ibu dan bayinya. Apalagi kalau proses persalinan berjalan lebih dari delapan jam.

Pada ibu penderita ACA, tubuh mengeluarkan antibody yang digubnakan untuk menyerang anticardiolipin yang dianggap musuh. Padahal sebenarnya dia merupakan bagian membrane. Timbulnya antibody anticarduiolipin inilah yang menjadikan darah lebih kental. Antobodi ACA juga memicu timbulnya trombosis yaitu pembekuan darah didalam pembuluh darah.

Jadi kalau teertimpa ACA, maka organ penting : pembuluh darah arteri, pembuuh vena atau pun jantung bias terganggu. Pada ibu hamil, jika pembekuan ini terjadinya di bagian plasenta, maka pasokan makanan dan oksigen untuk janin otomatis terganggu yang dapat menyebabkan keguguran atau mati janin.

Gejala yang dirasa ibu hamil memang layaknya ikeluhan ibu hamil biasanya : mengantuk, mudah lelah, pusing, sulit konsentrasi.

Gejala lain yang cukup menonjol : tekanan darah meningkat tanpa penyebab yang jelas. Gejala ini patut dicurigai jika selama ini tensi ibu selalu dalam batas normal.

Apa yang Perlu dilakukan ?

Ibu sebaiknya melakukan Tes ACA untuk mengetahui kadar IgG dan IgM. Penderita ACA ada tiga kategori :

* dibilang sedang jika IgG antara 15 – 20

* dibilang cukup berat jika antara 20 – 80

* tergolong berisiko tinggi jika di atas 80


Umumnya darah membeku normalnya pada ukuran waktu 25-40 detik, sedangkan pada penderita ACA bias kurang dari 25 detik.

Calonibu yang positif menderita ACA harus duka kali lebih sering memeriksakan kandungannya ke dokter. Tes laboratorium pun harus dijalani enam minggu sekali. Dengan begitu dokter akan mengetahui kadar antibody anticardiolipin si calon ibu yang berkaitan dengan pemberian obat.
Kalau antibody anticardiolipin masih dalam batas sedang, pengobatan cukup dengan tablet oral yang mampu mempertahankan kehidupan janin sampai 40%. Pemberian obat oral dan suntikan juga ditujukan menjaga agar antibody tidak menyebabkan trombosis. Suntikan termasuk aman karena tidak akan sampai menembus plasenta, sehingga tak akan terserap oleh janin. Suntkan pun biasanya diberikan sampai setelah melahirkan agar kekentalan darah ibu tetap terjaga dengan baik.

Dari hasil penelitian yang dikutip dari jurnal Kesehatan, terapi obat dan suntik di Indonesia sudah mampu meningkatkan peluang kesembuhan ACA sampai 74%-96% dan terbukti 97% ibu hamil dengan sindroma ACA mampu melahirkan bayi secara normal.
Up up up

Thx info nya ya bun.

Smoga hasil dari tes lab ACA ku baik negatif smua. Amin

Agak worry krn LED ku tinggi sekali
 
"Rabbi habli minash shalihin"
  #40  
Old
Anita0...
 
Posts: 2
 
Lab KF tuh di mana yah? Aku mau cek aca sm torch mungkin ada yang tau lab dengan harga terjangkau.
 
  #41  
Old
ang su...
 
Location: Klender, Jakarta Timur
Posts: 387
 
Replying to: View Post
Lab KF tuh di mana yah? Aku mau cek aca sm torch mungkin ada yang tau lab dengan harga terjangkau.
Hai bun

Saran ku k rscm kencana aja. Ak smua tes dsna. Lbih murmer drpd lab swasta ky prodia kimia farma dll.

Btw bund ud kehamilan k brp... prnh kguguran kah?
 
"Rabbi habli minash shalihin"
  #42  
Old
Indie0...
 
Posts: 1
 
Malam bunda,

Mau tanya2, saya sudah suntik lenovox 5x tapi baru hari ini memberanikan diri suntik sendiri. Nah, pas suntik..ada keluar darah gitu. Bahaya ga ya?

Trus, adakah dari bunda bunda yang punya contact distributor lenovox?

Sebab kl beli di apotik, mihiilll banget yaaa harganya. Hiks
 
  #43  
Old
Oktavi...
 
Posts: 3
 
Bunda2... Saya masih punya sisa stok Lovenox 6000 anti-XaIU/0.6 ml.
Masih segel Bunda
Area Sby
Saya jual kembali dibawah harga pasar
Kalo bunda2 ada yang membutuhkan bisa PM saya.

Sumber: https://ibuhamil.com/ngobrol-apa-saj...n-darah-2.html
Like us: IbuHamil.com on Facebook - @infoibuhamil on Twitter
 
  #44  
Old
Ncay...
 
Posts: 4
 
Malam ibu ibu apakah ada yang mengalami kekentalan darah saat hamil dan dirawat di pgi cikini
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bercak darah saat kehamilan 5 minggu -- Diskusi Umum 27
Positif Hamil tp hsl ACA IgM + juga -- Diskusi Umum 12
rubella dan CMV igg positif -- Diskusi Umum 81
bingung positif tapi haid -- Ngobrol Apa Saja 74
positif atau negatif ?? -- Diskusi Umum 8


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:36.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com