Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
MommyK...   TS 
 
Posts: 37
Default Sudah Menyiapkan Jawaban Untuk Pertanyaan-Pertanyaan Ini?

Hampir setiap orang dewasa yang telah menikah pastinya mengharap hadirnya anak di kehidupannya. Dan ketika hal itu terjadi, sudah menjadi hal yang wajib bagi orangtua untuk mendidik dan menyayanginya seumur hidup. Begitu pula ketika si anak sudah beranjak mampu berbicara dan mulai kerap menanyakan hal-hal yang baru diketahui. Dari yang sebelumnya hanya sesosok manusia yang kebutuhan utamanya hanya susu, lambat laun menjadi anak yang butuh untuk diajak berbicara.

Bagi orangtua, justru saat itulah masa-masa emas perkembangan anak dalam mencerna informasi. Oleh karena itu, jangan sesekali mengabaikan pertanyaan anak selugu apapun itu. Agar anda yang masih menjadi calon orangtua menjadi lebih siap dengan pertanyaan-pertanyaan ajaib anak, di bawah ini disediakan daftar pertanyaan ajaib yang mungkin akan ditanyakan si anak kepada anda.

1. “Kalau hujan-hujan ‘kan bikin sakit. Tapi mandi di kamar mandi kok nggak?”

Saat hujan turun, ini jadi sebuah momen yang paling ditunggu anak-anak. Basah-basahan bersama teman sebayanya sambil mencipratkan air saja sudah bikin mereka sumringah. Tapi sebagai orang dewasa, anda sudah was-was, cerewet, dan nggak sabar meminta mereka untuk pulang.

“Dek, jangan hujan-hujan. Nanti kamu sakit!”
“Kenapa hujan-hujan bikin sakit? Tapi kalo main air di kamar mandi nggak. ‘Kan sama-sama main air?”

Nah, anda perlu menyiapkan jawaban yang mudah dicerna anak-anak ya tentang bedanya air hujan dan air yang sudah sampai di kamar mandi.

2. Mereka akan bertanya, kira-kira kemana ya matahari pergi saat malam tiba

“Ma, kalau malam matahari jalan-jalan kemana sih? Tiba-tiba diganti sama bulan aja gitu.”
Mereka akan menanyakan hal ini saat senja tiba. Ketika matahari sudah tenggelam dan hari jadi gelap. Nah, kalau ditanya begini, kira-kira kita harus jawab apa nih?

3. Saat naik mobil dan kereta, mereka akan amazed dan bertanya kenapa pohonnya ikut jalan

Bepergian dengan kendaraan seperti mobil dan kereta api, selalu jadi hal seru buat anak kecil. Apalagi saat dia melihat pohon-pohon yang dilewati seakan ikut berjalan dan mengikuti mereka.

“Ma, kok pohonnya bisa ikutan jalan ngikutin kita?”
Dalam hati anda menjawab, “Kamu akan tahu saat dapet pelajaran IPA ya, Nak. Hehehe.”

4. Cepat atau lambat, anak kecil akan bertanya “Caranya biar bisa masuk ke TV gimana ya?”

Layar TV dan layar gadget yang ramping, sekarang ini nggak pernah lepas dari jangkauan anak-anak. Yakin deh, mereka pasti bertanya-tanya tentang caranya biar bisa masuk TV itu bagaimana. Tinggal tunggu waktu saja, dan siapkan jawabannya. Hehehehe.

5. Saat dia bertanya “Ikan kok nggak pernah tidur ya, Ma?”

Keingintahuan anak itu luar biasa besarnya. Saat anda dan anak anda ke pasar dan nggak sengaja melewati penjual ikan, siap-siap diberondong pertanyaan tentang kenapa ikan nggak pernah tidur.

6. Kenapa sekarang sudah nggak ada dinosaurus?

Ngaku deh, anda yang pernah jadi anak kecil pastinya merasa bahwa dinosaurus adalah hewan reptil yang keren. Ukurannya yang besar, makannya rumput, dan bisa memangsa hewan lain membuat dinosaurus menjadi hal yang diimajinasikan oleh anak-anak. Begitu pula dengan anak-anak anda kelak. Sedikit banyak akan ada pertanyaan kenapa hewan purba itu nggak bisa ditemui di era modern ini. Anda sebagai orangtua, sudah siap dengan jawabanny?

7. Kenapa orang dewasa harus bekerja? Kenapa adek nggak bisa punya waktu banyak sama Ayah dan Ibu?

Anak yang ingin lebih banyak menghabiskan waktu bersama orangtuanya pasti kerap mengeluh kenapa mereka jarang di rumah. Terutama bagi yang kedua orangtuanya bekerja. Untuk itulah sebagai orangtua, anda harus pintar-pintar memberi pengertian kenapa harus bekerja, dan manusia butuh uang untuk melakukan banyak kegiatan misalnya untuk sekolah anak, beli mainan, uang saku hingga masa depan si anak. Biar bagaimanapun juga, orangtua bekerja untuk anak ‘kan?

8. Kalau hewan disembelih, nyawanya masuk surga nggak?

Ketika si anak sudah mulai makan daging, misalnya daging ayam, sapi dan sebagainya, bisa jadi si anak penasaran bagaimana nasib si ayam tersebut. Apakah si ayam akan masuk surga? Atau apakah ayam akan merasa sakit ketika disembelih? Apakah ayam punya perasaan? Apakah induk si ayam akan mencari anaknya?

9. "Kenapa perut mama buncit?" / "Darimana datangnya adik?"

Ketika melihat perut ibu mereka membuncit karena sedang mengandung, anak pasti akan penasaran akan apa yang terjadi dan mulai bertanya-tanya. Begitu pula jika tiba-tiba anda mengatakan bahwa si anak akan segera memiliki adik, mereka akan bertanya darimana adiknya datang dan bagaimana sang adik bisa berada di dalam perut ibu. Sudah siap dengan jawabannya?

Begitulah contoh-contoh pertanyaan ajaib anak kecil yang kadang bikin orangtua bingung sendiri. Tapi tenang saja, itulah tanda bahwa si anak tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Tak perlu khawatir kok.
 
The end will be okay. If it's not okay, its not the end.
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
jawaban pertanyaan untuk bunda2 yg sedang h2c & kapan baiknya testpack.. -- Diskusi Umum 42
Pertanyaan yang blm ada jawaban nya.. -- Ngobrol Apa Saja 7
beribu pertanyaan, mohon jawaban bunda2 yang udah senior -- Diskusi Umum 3
JAWABAN pertanyaan "KAPAN HAMIL" -- Ngobrol Apa Saja 130
Dan akhirnya Alloh berikan jawaban atas pertanyaan selama 15 hari ini. -- Diskusi Umum 50


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 22:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com