Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Pichan...   TS 
 
Posts: 489
Default Tdk diterima sbg "anak" oleh mertua..

Hi bunda2,

Saya lagi mau curcol ajah.. saya lagi berantem sama suami..

Satu hari saya muak banget sama gimana mertua selalu ngobrol nya sama suami. Saya pikir, saya emangnya apaan, apapun loh. Apapun dibicarain sama suami, mertua selalu pakai bahasa daerah.
Awal2 mungkin saya bs tahan dan saya selalu bilang saya sayang sama mertua. Saya jg apresiasi ke suami utk sebisa mgkn balas pakai bahasa indo, jd seengganya saya bisa tau mertua lagi obrolin apa gt jd sy ga kesepian.

Ya, kesepian. Satu x, dua x, lama2 suami lupa sy pernah omong bgitu, dan dengan asiknya mreka berdua ngobrol bahasa daerah berduaan. Saya pun chengo, duduk termenung ngelamun gt aja. Saya muak. Saya cape. Saya pun tegur suami. Saya bilang, mau sampai kapan km begituin saya? Enak yah berada dirumah, ngobrol sama keluarga. Lah saya?

Lalu dy blg, lah kan ada aku, km kan selalu ngobrol sama ak? Lah, dkira sama yah., ini punya "mama" tapi ga berasa kayak "mama", melainkan org asing, rasanya gimana sih? mau bkin saya betah drumah / ga sih sbnernya?

Saya selalu bilang, sy sayang sm mama. Saya sayang. Saya tidak henti2nya ingat apa yg dikatakan mama saya, bahwa saya harus bisa menganggap mama mertua sebagai mama saya sendiri. Itu perkataan diucapkan saat sy menikah, dan itu sudah menjadi panutan sy dalam berkeluarga. Apa jadinya ketika mertua justru malah menutup pintu rapat2 utk saya?

Mertua baik, yes, baik. Dy sering memasak, saya tidak diperbolehkan ikutan memasak, dy sering beliin sy buah walau kdng kebanyakan jdnya dy sk keliatan kecewa sy ga smpet makan, dy sering masak, namun masakannya ga cocok sm saya, jdnya sy memilih makanan2 yg bs sy makan. Itu sudah sy coba semua, sy coba mendekati mertua. Sy suka bilang saya sukanya makan apa yg dy masak (tertentu), sudah sering spt itu, sy mencoba ngobrol sebisa saya

Namun tidak, mertua tidak mencoba membuka hatinya utk saya. Dy nyaman dg suami sy yg anak laki satu2nya drumah. Dy nyaman ngobrol apa saja sm dy, namun sm saya? suami seringkali beralasan dy cm takut nyakitin hati / ga tau bahasa nya apa.

Ga bisa bahasa indonesia? tidak. mertua saya suka kok ngegossip dan ngobrol sama pembantu harian yg datang. Mertua pendiam? Tidak. Mertua suka ngobrol jg sama yg lain.

Baru kemarin ini saya, suami, mertua dan cici2 nya suami pergi bareng lalu mertua disana ngobrooool banyak sekali sama cici2nya dan suami saya. Cici2nya mgkn berasa tidak enak ngobrol asik sekali dg bahasa daerah, sesekali saya diberi tahu artinya apa dan saya pun merespon.

Selain itu? saya diam saja sepanjang perjalanan. Saya pendiam? tidak. Saya lahir di keluarga yg ramai, yg seringkali sy rindukan keramaiannya. Saya jadi pendiam ketika semua ngobrol dan tertawa, seringkali saya termenung, saya berasa sendirian.

Suami seringkali artiin utk sy. Namun kali ini saya marah. Marah besar. Saya kecewa dg suami yg sampai skrg tdk bisa ajak obrol mamanya utk memulai buka hati utk sy. Saya jg anak mama kan? bagaimana rasanya tdk dianggap mama oleh mama sendiri? Saya dsana hanya dianggap sbg "istrinya anak". Notabene beberapa x dlm waktu sy hamil sampai saya hamil besar begini, sy pun tdk enak meminta bantuan sm mertua. Bahkan ada beberapa x sy mengalami kejadian2, namun mertua tidak sesigap mama saya sendiri... kalau kata suami karena mama nya dy pun shock dll jd tdk sigap.. sy pun tdk begitu mempersoalkan, toh sy jg pny suami sy.

Ya, suami sy. Sy sedang kecewa sm dy. Sy tipe org yg memendam sesuatu. Saya memendam rasa sakit hati ini sudah berhari2, suami mencoba membujuk sy, sy selalu diam. Saya sudah diamin suami 2 hari. Suami selalu ajak obrol dede, sy persilahkan namun sy tdk mau menatap / ngobrol sm suami.

Sampai td pagi, suami mgkn sudah mulai begah sm sikap saya, sy ad blg kalau sy mau makan nasi uduk sblm ke kantor jd mending cpetan jalan. djalan, dy emosi dan kebut2an lalu mobilnya terlalu dekat dg mobil depan beberapa x. Perut saya pun kontraksi dan dede ga bs tenang krn sy nya khawatir. Sepanjang jalan sy menutup mata utk menenangkan pikiran.

Saat sampai d tmpt nasi uduk, saya tdk lg lapar, sy cm terpikir utk cpet2 sampai kantor. Saya takut. Namun suami bersikeras membelikan bubur dan membanting pintu mobil. Saat itu sy menangis lagi. Menangis krn takut. Dalam kurun wktu saya marah kemarin ini sy sudah mulai melunak, sy pun memikirkan janin d dalam saya, saya harus bs tenang.. namun setelah kejadian ini, Saya tdk mau dipegang sm skali. sampai d kantor saya gemeteran. Saya tdk mau dipegang sm sekali sm suami dan hanya bs menangis. I told him to please leave. please leave. saya takut.

Saya tdk berani melihat muka suami dan saya tdk berhenti gemeteran. Suami pun akhirnya pergi ke kantor sendiri.

Saya lg sedih bun.. Saya butuh waktu utk menenangkan diri.. ingin rasanya tdk plng dlu ke rumah mertua.. sy pgn plg k rumah sy dlu.. tapi adik sy kemarin ini baru kena campak rubella dan sy ga mau membahayakan janin sy.. sy pun lg ga dbolehin krumah mama sy.. ingin rasanya nginep dlu dmn gt..

Minggu depan suami mau ke malaysia utk nemenin papa dan mama mertua berobat, sekalian dy jg mau cek kolesterol dll. Sy tdnya mau ditaruh d rumah mama kan, tp ga jd krn adik lg sakit. Lalu suami mau taruh sy drumah cici nya, sy ga mau krn dy aja ada anak 2.. lalu sy bilang sy mending drumah sendirian.. saya takut sih, tapi dg kejadian spt ini, mgkn itu hal yg terbaik utk sy menenangkan diri...

maaf yah panjang bgt bunda2.. saya lg sedih banget dan sy tulis ini utk meluapkan sedih sy ajah krn sy sayang sm suami sy dan mertua, namun saya jg pny limit sometimes, dan saat ini limitnya saya dan apalagi dg perut sudah membuncit. I can't be sad for the sake of the baby but it's hard to keep my emotions away..
 
Thread lain yang berhubungan:
There is no better feeling than the movement of life inside you
  #2  
Old
Regina...
 
Posts: 330
 
hadeuh mertuanya ampyun2 ya bund hehe , mertua saya juga pake bahasa daerah bun tapi kebalikannya dy sering pake bahasa daerah sya kan ga ngerti y saya iya2in aja , knp bunda gak belajar bahasa daerahnya suami ? saya dikit2 bs bahasa daerah suami , ityung2 lah bun klo dy ngobrolin kita kita ngerti hehe
semangat ya bun gausah dipikirin lah hal2 yg kaya gt dbawa sanntai aja kasian loh debaynyaaaa , semangat ya bunddd
 
  #3  
Old
devian...
 
Posts: 262
 
Bunda sabar ya..
Wajar aja qt merasa gak di hargai atau merasa di cuekin kalau begitu
Q gak bisa kasih solusi apa2.cuma q pesen aja bunda kan lagi hamil besar jangan suka sedih Bun.nanti kebawa sama janin nya
Strees gak baik untuk bumil bun.tenang Bun lakuin hal yg bisa bikin ketegangan berkurang.coba tlfn mama bunda atau telfon temen bunda.. bercanda​ canda biar strees nya sedikit hilang bunda
Atau makan makanan yg bunda suka
Bisa sedikit menghilangkan mood yg buruk Bun
Jangan sedih bunda semangat demi debay ya
 
  #4  
Old
Maybel...
 
Posts: 660
 
sangat tidak nyaman sepertinya ya bu. selama ini apakah ibu sudah sering membuka obrolan duluan dengan mertua? coba sering2 buka obrolan duluan. yg ringan2 aja. tpi intens. kl dirasa mertua udah diem (stop pembicaraan) ya ibu diem juga. ntar2 ulangin lagi. kalo mertua udah mulai ngomong bhasa daerah sama orang ibu tinggal aja. anggap aja beri kesan "gak mau nguping walo sebenernya g ngerti."

atau seperti kata bu regina, ibu belajar bahasa mereka biar lbh mudah berbaurnya. atau kl mereka ramai2 udah berbicara begitu ibu sibukkan diri aja dgn begitu hati dan pikiran ibu bisa teralihkan dr rasa tersisih.

bentar lagi kan ada debay. ntar ibu bakal sibuk urus debay kok.jd sepertinya hal ini tidak akan terlalu mengganggu lagi. saya rasa alasan suami yg bilang mertua takut menyakiti ibu ada benarnya. walopun sebenernya apa yg beliau lakukan tanpa disadarinya telah menyakiti ibu

ibu sendiri sudah pernah sampaikan ke ibu mertua blm? atau hanya rasa2 ibu saja? saya kalo mertua ngobrol pake bahasa jawa kdg saya tanya aja "artinya apa sih pak?" ya udah deh trus dijelasin.

sudahi dulu pertikaian sm suami ya bu. ya kl g bisa disudahi dipending dulu aja. ibukan udah hamil gede ya. ibu butuh ketenangan dan kenyamanan. sebentar lagi ibu akan berjuang melahirkan debay. jika diperlukan ibu bisa ikut kelas senam ibu hamil agar bisa mendapat afirmasi positif (selain itu saya g tau) dan pikiran yg tenang.
 
👪 Princessa Hara 👪
  #5  
Old
Bella9...
 
Posts: 477
 
Waktu awal sy nikah sy juga gtu.. bingung knp mertua gak pernah negor sy,sy mau mulai dluan tp ga tau bahas apa,mertua negor kalo nawarin makan doang... maklum wkt pacaran sy gak kpikiran bakal nikah sama suami sy ini,jd saya gak pdkt ke calon mertua cuma ke adik ipar aja karna adik iparnya sering minta beli ini itu sm sy... blm lg emng sedari pacaran sy gak suka dgn tingkah mertua yg sok sosialita,eh... ga tau nya ya jodoh sy sama anaknya... dari awal nikah sy udh kuat kuatin batin sih untuk apa yg terjadi antara saya dan mertua,dan ya bener kan hubungan kami ga mulus mulus amat
Sabar aja ya bu,mungkin ada waktunya untuk pisah rumah dgn mertua dikemudian hari... ga munafik sampai hari ini sy berharap bli rumah yg jauh dari mertua biar jarang ketemu... karna kalo tiap hari ketemu kaya skarang ada aja yg bikin hati kesel,bikkn dosa saya sndiri krn mengumpat di dalem hati sy.... sabar ya bu.. i know what u feel,suami sy juga gt sampe skrg blm bisa jadi penengah antara sy dan mertua
 
Jangan suka baper,ini forum umum kalo tidak bisa menerima kritik jangan ngomong
  #6  
Old
Pichan...   TS 
 
Posts: 489
 
Replying to: View Post
hadeuh mertuanya ampyun2 ya bund hehe , mertua saya juga pake bahasa daerah bun tapi kebalikannya dy sering pake bahasa daerah sya kan ga ngerti y saya iya2in aja , knp bunda gak belajar bahasa daerahnya suami ? saya dikit2 bs bahasa daerah suami , ityung2 lah bun klo dy ngobrolin kita kita ngerti hehe
semangat ya bun gausah dipikirin lah hal2 yg kaya gt dbawa sanntai aja kasian loh debaynyaaaa , semangat ya bunddd
Yah bgitu bun.. namanya sih org daerah yah mgkn jd lebih orthodok bngt itu gaya hidupnya.. belum lg trnyata sekitaran rumah mertua semua bs bahasa daerah yg sama.., yasudah sy sih tdnya bodo amat bun.. tp lama2 gerah jg, knapa suami kok ga bs bantu kasih tau mertua utk bs lebih terbuka sama saya.. ga kasian apa saya sendirian trs.. mw negur mertua bs saya bun, tp kata suami tkt bkin mertua sakit hati apalagi masih numpang sm dy.. sy kan jd nya mnt dy yg jd penengah yah bun.. tp bgini hasilnya..

Awal2 saya udah minta bun diajarin.. namanya baru jd menantu, pastinya kan mau yah dket2 sm mertua, ambil hati gt.. masak bareng kek atau ke mana kek.. tp trnyata mertua kolot bngt ga mw apa2 dbantu, trs suami jg sbuk jd ujung2nya saya ga diajarin lg.. jah elah capede.. makanya saya ud guve up sm konsep "diajarin bahasa daerah" nya.. krn toh mreka fine2 terus melihat sy diem2 an aja dipojok ga pernah ikt percakapan keluarga..
iyah bun.. ini sy ud mulai tenang.. sy akan coba pikir positif, toh lg kerja jg jd ga ktemu sm suami bkin sy sdikit tenang bun.. mohon bantu doa yah bun spy cpet slesai masalahnya

---------- Post added at 11:39 ---------- Previous post was at 11:36 ----------

Replying to: View Post
Bunda sabar ya..
Wajar aja qt merasa gak di hargai atau merasa di cuekin kalau begitu
Q gak bisa kasih solusi apa2.cuma q pesen aja bunda kan lagi hamil besar jangan suka sedih Bun.nanti kebawa sama janin nya
Strees gak baik untuk bumil bun.tenang Bun lakuin hal yg bisa bikin ketegangan berkurang.coba tlfn mama bunda atau telfon temen bunda.. bercanda​ canda biar strees nya sedikit hilang bunda
Atau makan makanan yg bunda suka
Bisa sedikit menghilangkan mood yg buruk Bun
Jangan sedih bunda semangat demi debay ya
iyah bun.. lg hamil gede nih yah namanya.. lg 29 minggu sih.., sy jg jdnya kae tertekan dan sedih bun, udah perut berat, emosi naik turun, ga bs tidur.. saya sedih terus.. suami jg ga bs kasih solusi, cm bs ngebujukkin saya doank.. ini masalah sudah berlarut2 soalnya bun makanya sy rada desperate ini mw gmn kdepannya apa sy emang ga bkl dterima sm mertua gt...

Sy td ada obrol sdikit ama tmen bun, dan sy kebantu jg krn sibuk d kantor.., tmen nyaranin nonton d velvet sambil tidur utk nenangin kepala.. cm saya nya blm mau krn liat kerjaan numpuk jg hahaha,, smoga masalah sy bs slesai yah bun.. mohon bantu doa.. sbnrnya sy ad kepikir, kalau aja suami bawain sy bunga dan baikkin sy, blg akan cb obrol ama mamanya / gmn gt, mgkn sy akan langsung luluh bun..

---------- Post added at 11:53 ---------- Previous post was at 11:39 ----------

Saya orgnya penasaran bund amaybelline.. jadi segala cara pernah sy coba.. dari ajak mertua ke mall, nawarin masak bareng, nanya mau beli apa, mau nonton gak gtgt.., ga jarang sy ga djawab..,

Pernah satu x saya ga bs lupa.. sy mau masak,, sy tanya sm mama mertua "ma, ini bisa pakai alat masak yg mana yah?" sambil sy hadapin 2 alat masak ddepan beliau.

Mama cm diam, trs panggil suami saya, jd mreka ddepan sy berduaan, terus omong pake bahasa daerah k suami saya trs suami terjemahin. Saya shock dsitu bun.. ga pernah bs lupa saya. Apa sih susahnya bilang, "oh pichan, pake yg ini ajah soalnya yg itu mama mau pake." DONE kan?? selesai kan? but No... mertua lebih prefer cara yg aneh..

Saya sangat super duper bingung dsana.. mau tersinggung iya, mau sedih iya.. sy coba cari tau alasan2 logis kenapa mertua bgitu amat ke sy...

Sy pun wktu itu berantem sm suami.. sy taya alasan selogis apa coba sampai merua spt itu??? alasan suami masih sama, mama ga enak mau bilang yg itu mau dipakai bla bla bla... saya pun kecewa dsitu...

Saya udah coba diemin bun, sy pergi tiap x mertua omong sm sodara / siapapun pakai bahasa daerah.. sy memilih bahagia, itu pikiran sy. Sampai2 saya sudah budekkin kuping, diam dsitu senyum kosong ajah pun sering bun., krn sy pikir ini salah satu cara sy membuktikan kalau sy bs sopan.

Namun memang, sy akui, semua ada limitnya... dan saya pun bs lelah.. sy butuh org utk berinteraksi dirumah selain suami sy.. belum lg mertua seringkali tdk menjawab kalau sy tanya..

Sy hidup dr dlu sbg anak pertama dr 3 bersaudara. Saya punya mama papa yg cerewet dan 2 anjing yg selalu nemenin drumah. Ketika drumah mertua, hanya ada mertua dan suami (papa mertua kerja merantau, pulang bs 3 bulan sekali... makanya suami sy sering sekali diandalkan drumah).. bisa dibayangkan perubahan signifikan yg harus sy hadapi tiap hari drumah mertua... sy pun setiap sabtu main kerumah mama saya utk bs "bernapas" setap minggu nya..

sy quote bunda maybelline yah :: "saya rasa alasan suami yg bilang mertua takut menyakiti ibu ada benarnya. walopun sebenernya apa yg beliau lakukan tanpa disadarinya telah menyakiti ibu"

Ini udah pernah sy bahas bunda sama suami.. makanya sm minta suami kasih pengertian ke mama mertua, kasian gt sm saya.. tp suami takut, takut mertua kesinggung.. sy pun jd bingung.. takut mertua kesinggung tp ga takut istri sakit hati bgini trs...?

Utk sampaikan ke ibu mertua sy seringkali berpikir bgitu bu.. tp sy tau klo sy yg sampaikan, pasti mertua tersinggung.. makanya sy minta anaknya yg dsayang kasih pengertian ke mertua.. sy ga mgkn terang2an blg k mertua bun, sy tau jelas mertua pasti diem ajah dan suasana rumah bakal jd ga enak.. and that's the last thing i'll ever want.. Pertamanya sy pikir sy bs kuat kok, sy ga mau dibeginiin sm anak sy nantinya.. tapi lama2 sy jg pny limit.. doa sy ga putus2 buat mnt mertua bs dekat sm sy...

Sy akan coba menyudahi pertengakaran dg suami bu.. memang berasa banget emosian nya dan lemahnya lg hamil gede bgini.. sy berasa sedih banget dan kae ketutup semua jalan keluar... mgkn pengaruh hormon jg.. semoga sy bs cpet memaafkan suami yah.. sy jg lg ikt senam hamil bun tiap minggu.. semoga bs menenangkan kepala sy.. krn sy pun butuh bgt kaenya..

so far sy ga ad masalah / takut sm persalinan... tp sy stress krn hal bgini malah jdnya takut efeknya ke debay haahha.. #miris
 
There is no better feeling than the movement of life inside you
  #7  
Old
Mommyz...
 
Posts: 621
 
Replying to: View Post
Hi bunda2,

Saya lagi mau curcol ajah.. saya lagi berantem sama suami..

Satu hari saya muak banget sama gimana mertua selalu ngobrol nya sama suami. Saya pikir, saya emangnya apaan, apapun loh. Apapun dibicarain sama suami, mertua selalu pakai bahasa daerah.
Awal2 mungkin saya bs tahan dan saya selalu bilang saya sayang sama mertua. Saya jg apresiasi ke suami utk sebisa mgkn balas pakai bahasa indo, jd seengganya saya bisa tau mertua lagi obrolin apa gt jd sy ga kesepian.

Ya, kesepian. Satu x, dua x, lama2 suami lupa sy pernah omong bgitu, dan dengan asiknya mreka berdua ngobrol bahasa daerah berduaan. Saya pun chengo, duduk termenung ngelamun gt aja. Saya muak. Saya cape. Saya pun tegur suami. Saya bilang, mau sampai kapan km begituin saya? Enak yah berada dirumah, ngobrol sama keluarga. Lah saya?

Lalu dy blg, lah kan ada aku, km kan selalu ngobrol sama ak? Lah, dkira sama yah., ini punya "mama" tapi ga berasa kayak "mama", melainkan org asing, rasanya gimana sih? mau bkin saya betah drumah / ga sih sbnernya?

Saya selalu bilang, sy sayang sm mama. Saya sayang. Saya tidak henti2nya ingat apa yg dikatakan mama saya, bahwa saya harus bisa menganggap mama mertua sebagai mama saya sendiri. Itu perkataan diucapkan saat sy menikah, dan itu sudah menjadi panutan sy dalam berkeluarga. Apa jadinya ketika mertua justru malah menutup pintu rapat2 utk saya?

Mertua baik, yes, baik. Dy sering memasak, saya tidak diperbolehkan ikutan memasak, dy sering beliin sy buah walau kdng kebanyakan jdnya dy sk keliatan kecewa sy ga smpet makan, dy sering masak, namun masakannya ga cocok sm saya, jdnya sy memilih makanan2 yg bs sy makan. Itu sudah sy coba semua, sy coba mendekati mertua. Sy suka bilang saya sukanya makan apa yg dy masak (tertentu), sudah sering spt itu, sy mencoba ngobrol sebisa saya

Namun tidak, mertua tidak mencoba membuka hatinya utk saya. Dy nyaman dg suami sy yg anak laki satu2nya drumah. Dy nyaman ngobrol apa saja sm dy, namun sm saya? suami seringkali beralasan dy cm takut nyakitin hati / ga tau bahasa nya apa.

Ga bisa bahasa indonesia? tidak. mertua saya suka kok ngegossip dan ngobrol sama pembantu harian yg datang. Mertua pendiam? Tidak. Mertua suka ngobrol jg sama yg lain.

Baru kemarin ini saya, suami, mertua dan cici2 nya suami pergi bareng lalu mertua disana ngobrooool banyak sekali sama cici2nya dan suami saya. Cici2nya mgkn berasa tidak enak ngobrol asik sekali dg bahasa daerah, sesekali saya diberi tahu artinya apa dan saya pun merespon.

Selain itu? saya diam saja sepanjang perjalanan. Saya pendiam? tidak. Saya lahir di keluarga yg ramai, yg seringkali sy rindukan keramaiannya. Saya jadi pendiam ketika semua ngobrol dan tertawa, seringkali saya termenung, saya berasa sendirian.

Suami seringkali artiin utk sy. Namun kali ini saya marah. Marah besar. Saya kecewa dg suami yg sampai skrg tdk bisa ajak obrol mamanya utk memulai buka hati utk sy. Saya jg anak mama kan? bagaimana rasanya tdk dianggap mama oleh mama sendiri? Saya dsana hanya dianggap sbg "istrinya anak". Notabene beberapa x dlm waktu sy hamil sampai saya hamil besar begini, sy pun tdk enak meminta bantuan sm mertua. Bahkan ada beberapa x sy mengalami kejadian2, namun mertua tidak sesigap mama saya sendiri... kalau kata suami karena mama nya dy pun shock dll jd tdk sigap.. sy pun tdk begitu mempersoalkan, toh sy jg pny suami sy.

Ya, suami sy. Sy sedang kecewa sm dy. Sy tipe org yg memendam sesuatu. Saya memendam rasa sakit hati ini sudah berhari2, suami mencoba membujuk sy, sy selalu diam. Saya sudah diamin suami 2 hari. Suami selalu ajak obrol dede, sy persilahkan namun sy tdk mau menatap / ngobrol sm suami.

Sampai td pagi, suami mgkn sudah mulai begah sm sikap saya, sy ad blg kalau sy mau makan nasi uduk sblm ke kantor jd mending cpetan jalan. djalan, dy emosi dan kebut2an lalu mobilnya terlalu dekat dg mobil depan beberapa x. Perut saya pun kontraksi dan dede ga bs tenang krn sy nya khawatir. Sepanjang jalan sy menutup mata utk menenangkan pikiran.

Saat sampai d tmpt nasi uduk, saya tdk lg lapar, sy cm terpikir utk cpet2 sampai kantor. Saya takut. Namun suami bersikeras membelikan bubur dan membanting pintu mobil. Saat itu sy menangis lagi. Menangis krn takut. Dalam kurun wktu saya marah kemarin ini sy sudah mulai melunak, sy pun memikirkan janin d dalam saya, saya harus bs tenang.. namun setelah kejadian ini, Saya tdk mau dipegang sm skali. sampai d kantor saya gemeteran. Saya tdk mau dipegang sm sekali sm suami dan hanya bs menangis. I told him to please leave. please leave. saya takut.

Saya tdk berani melihat muka suami dan saya tdk berhenti gemeteran. Suami pun akhirnya pergi ke kantor sendiri.

Saya lg sedih bun.. Saya butuh waktu utk menenangkan diri.. ingin rasanya tdk plng dlu ke rumah mertua.. sy pgn plg k rumah sy dlu.. tapi adik sy kemarin ini baru kena campak rubella dan sy ga mau membahayakan janin sy.. sy pun lg ga dbolehin krumah mama sy.. ingin rasanya nginep dlu dmn gt..

Minggu depan suami mau ke malaysia utk nemenin papa dan mama mertua berobat, sekalian dy jg mau cek kolesterol dll. Sy tdnya mau ditaruh d rumah mama kan, tp ga jd krn adik lg sakit. Lalu suami mau taruh sy drumah cici nya, sy ga mau krn dy aja ada anak 2.. lalu sy bilang sy mending drumah sendirian.. saya takut sih, tapi dg kejadian spt ini, mgkn itu hal yg terbaik utk sy menenangkan diri...

maaf yah panjang bgt bunda2.. saya lg sedih banget dan sy tulis ini utk meluapkan sedih sy ajah krn sy sayang sm suami sy dan mertua, namun saya jg pny limit sometimes, dan saat ini limitnya saya dan apalagi dg perut sudah membuncit. I can't be sad for the sake of the baby but it's hard to keep my emotions away..
Boleh ya bun ksh masukkan mungkin bs membantu. Pengalaman sy sama suami ketika suami sdh mulai ngerayu malah didiemin dia bakalan balik marah bun mau dia salah atupun ngga. Dan laki laki itu ga sama kayak kita perempuan yg dibilang sekali atau dua kali langsunv lg iya dan ngerjain tp harus berkali kali dan telaten ngasih taunya bun. Memang cape, apalagi bunda lg hamil emosi naik turun ga karuan tp ya memang begitu jalannya dan semua laki laki memang begitu sifatnya. Suami saya sendiri pernah seperti suami bunda dengan berjalannya waktu sekali dua kali diingetin sampe akhirnya kejadian baru deh ngeh dan sadar kalo apa yg saya bilangin itu bener. Baru deh ngerti dan paham dan semua balik normal. Kalau soal mama mertua saya doakan supaya ceoat menemukan solusi yg baik biat kedua belah pihak, kadang kita harus mengalah untuk menang bukan berarti kita kalah tp menunggu momentum yg tepat untuk menangin hati mertua
Udah coba ngobrol berdua blum sama mamer? Mungkin lebih baik bunda jangan ngomong lewat suami lbh baik ngobrol berdua ☺
 
We're 5 now
  #8  
Old
ingrid...
 
Location: Yogyakarta
Posts: 265
 
Replying to: View Post
Hi bunda2,

Saya lagi mau curcol ajah.. saya lagi berantem sama suami..

Satu hari saya muak banget sama gimana mertua selalu ngobrol nya sama suami. Saya pikir, saya emangnya apaan, apapun loh. Apapun dibicarain sama suami, mertua selalu pakai bahasa daerah.
Awal2 mungkin saya bs tahan dan saya selalu bilang saya sayang sama mertua. Saya jg apresiasi ke suami utk sebisa mgkn balas pakai bahasa indo, jd seengganya saya bisa tau mertua lagi obrolin apa gt jd sy ga kesepian.

Ya, kesepian. Satu x, dua x, lama2 suami lupa sy pernah omong bgitu, dan dengan asiknya mreka berdua ngobrol bahasa daerah berduaan. Saya pun chengo, duduk termenung ngelamun gt aja. Saya muak. Saya cape. Saya pun tegur suami. Saya bilang, mau sampai kapan km begituin saya? Enak yah berada dirumah, ngobrol sama keluarga. Lah saya?

Lalu dy blg, lah kan ada aku, km kan selalu ngobrol sama ak? Lah, dkira sama yah., ini punya "mama" tapi ga berasa kayak "mama", melainkan org asing, rasanya gimana sih? mau bkin saya betah drumah / ga sih sbnernya?

Saya selalu bilang, sy sayang sm mama. Saya sayang. Saya tidak henti2nya ingat apa yg dikatakan mama saya, bahwa saya harus bisa menganggap mama mertua sebagai mama saya sendiri. Itu perkataan diucapkan saat sy menikah, dan itu sudah menjadi panutan sy dalam berkeluarga. Apa jadinya ketika mertua justru malah menutup pintu rapat2 utk saya?

Mertua baik, yes, baik. Dy sering memasak, saya tidak diperbolehkan ikutan memasak, dy sering beliin sy buah walau kdng kebanyakan jdnya dy sk keliatan kecewa sy ga smpet makan, dy sering masak, namun masakannya ga cocok sm saya, jdnya sy memilih makanan2 yg bs sy makan. Itu sudah sy coba semua, sy coba mendekati mertua. Sy suka bilang saya sukanya makan apa yg dy masak (tertentu), sudah sering spt itu, sy mencoba ngobrol sebisa saya

Namun tidak, mertua tidak mencoba membuka hatinya utk saya. Dy nyaman dg suami sy yg anak laki satu2nya drumah. Dy nyaman ngobrol apa saja sm dy, namun sm saya? suami seringkali beralasan dy cm takut nyakitin hati / ga tau bahasa nya apa.

Ga bisa bahasa indonesia? tidak. mertua saya suka kok ngegossip dan ngobrol sama pembantu harian yg datang. Mertua pendiam? Tidak. Mertua suka ngobrol jg sama yg lain.

Baru kemarin ini saya, suami, mertua dan cici2 nya suami pergi bareng lalu mertua disana ngobrooool banyak sekali sama cici2nya dan suami saya. Cici2nya mgkn berasa tidak enak ngobrol asik sekali dg bahasa daerah, sesekali saya diberi tahu artinya apa dan saya pun merespon.

Selain itu? saya diam saja sepanjang perjalanan. Saya pendiam? tidak. Saya lahir di keluarga yg ramai, yg seringkali sy rindukan keramaiannya. Saya jadi pendiam ketika semua ngobrol dan tertawa, seringkali saya termenung, saya berasa sendirian.

Suami seringkali artiin utk sy. Namun kali ini saya marah. Marah besar. Saya kecewa dg suami yg sampai skrg tdk bisa ajak obrol mamanya utk memulai buka hati utk sy. Saya jg anak mama kan? bagaimana rasanya tdk dianggap mama oleh mama sendiri? Saya dsana hanya dianggap sbg "istrinya anak". Notabene beberapa x dlm waktu sy hamil sampai saya hamil besar begini, sy pun tdk enak meminta bantuan sm mertua. Bahkan ada beberapa x sy mengalami kejadian2, namun mertua tidak sesigap mama saya sendiri... kalau kata suami karena mama nya dy pun shock dll jd tdk sigap.. sy pun tdk begitu mempersoalkan, toh sy jg pny suami sy.

Ya, suami sy. Sy sedang kecewa sm dy. Sy tipe org yg memendam sesuatu. Saya memendam rasa sakit hati ini sudah berhari2, suami mencoba membujuk sy, sy selalu diam. Saya sudah diamin suami 2 hari. Suami selalu ajak obrol dede, sy persilahkan namun sy tdk mau menatap / ngobrol sm suami.

Sampai td pagi, suami mgkn sudah mulai begah sm sikap saya, sy ad blg kalau sy mau makan nasi uduk sblm ke kantor jd mending cpetan jalan. djalan, dy emosi dan kebut2an lalu mobilnya terlalu dekat dg mobil depan beberapa x. Perut saya pun kontraksi dan dede ga bs tenang krn sy nya khawatir. Sepanjang jalan sy menutup mata utk menenangkan pikiran.

Saat sampai d tmpt nasi uduk, saya tdk lg lapar, sy cm terpikir utk cpet2 sampai kantor. Saya takut. Namun suami bersikeras membelikan bubur dan membanting pintu mobil. Saat itu sy menangis lagi. Menangis krn takut. Dalam kurun wktu saya marah kemarin ini sy sudah mulai melunak, sy pun memikirkan janin d dalam saya, saya harus bs tenang.. namun setelah kejadian ini, Saya tdk mau dipegang sm skali. sampai d kantor saya gemeteran. Saya tdk mau dipegang sm sekali sm suami dan hanya bs menangis. I told him to please leave. please leave. saya takut.

Saya tdk berani melihat muka suami dan saya tdk berhenti gemeteran. Suami pun akhirnya pergi ke kantor sendiri.

Saya lg sedih bun.. Saya butuh waktu utk menenangkan diri.. ingin rasanya tdk plng dlu ke rumah mertua.. sy pgn plg k rumah sy dlu.. tapi adik sy kemarin ini baru kena campak rubella dan sy ga mau membahayakan janin sy.. sy pun lg ga dbolehin krumah mama sy.. ingin rasanya nginep dlu dmn gt..

Minggu depan suami mau ke malaysia utk nemenin papa dan mama mertua berobat, sekalian dy jg mau cek kolesterol dll. Sy tdnya mau ditaruh d rumah mama kan, tp ga jd krn adik lg sakit. Lalu suami mau taruh sy drumah cici nya, sy ga mau krn dy aja ada anak 2.. lalu sy bilang sy mending drumah sendirian.. saya takut sih, tapi dg kejadian spt ini, mgkn itu hal yg terbaik utk sy menenangkan diri...

maaf yah panjang bgt bunda2.. saya lg sedih banget dan sy tulis ini utk meluapkan sedih sy ajah krn sy sayang sm suami sy dan mertua, namun saya jg pny limit sometimes, dan saat ini limitnya saya dan apalagi dg perut sudah membuncit. I can't be sad for the sake of the baby but it's hard to keep my emotions away..
Yg kuat ya bun.. Mmg kalo bumer sllu dgn anak laki-lakinya apalagi 1-1nya. Sy pun kdg ngrasain jealous kalo2 mrka berdua asik bisik2 pdhl ad sy ddpnnya. Tp yg pasti cb deketin bumer trlbh dulu ajak ngbrol basa basi dikit & intens. Kdg ada bumer yg tipikalnya gengsi buat buka obrolan dluan ama mantunya.
Tp kalo emg kitanya udh usaha buat deketin & baik tp dianya msh gt yaa mgkn watak kali yaa bun. Agak kurang bs trbuka ama mantu.

Jgn trllu dipikirin bun, ada bayi dlm kandungan. Kasian kalo ibunya sedih2 tar dia jd sedih, yg kuat ya bun...
 
  #9  
Old
Lindaq...
 
Posts: 3
 
Maaf, mba udah berapa lama nikah? Kalo saya, saya yg etnis tionghoa, suami saya pribumi, saya cuma 2 bersaudara adik saya perempuan, suaminya juga etnis tionghoa. Alhamdulillah mertua saya malah sayang banget sama saya melebihi sayangnya ibu kandung saya sendiri, tanpa bermaksud membandingkan ya. Saran saya sih, kita tetap berbuat baik aja sama mama mertua, setulus hati kita, saya yakin mama mertua nanti juga bisa melihat kebaikan tulus kita dan akhlak kita. Saya sendiri sudah membuktikan, mama saya yang dulunya ga suka sama suami saya, sekarang malah kalo ngomong sama orang lain selalu bilang suami saya yang baik dibandingkan adik ipar saya. So keep being good heart, biarkan waktu yang bicara, kan lagian kita udah nikah sama anaknya, so its our destiny. Semangat Bunda!!!
 
  #10  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Sabar ya bunda pichan... utg bunda inget ama anak.

Soal mertua, kalo sudah sampai begini, lebih baik bunda yg action. Kalo mama mertua sama suami lg asyik bahasa daerah, bunda jangan diem. Potong aja bilang: kalian seru sekali, tapi saya ga ngerti. Terjemahin dong. Trus aja gitu adu2an ama mereka siapa yg bosen duluan diinterupt.

Kadang ya mertua jaman dulu mikirnya bunda pichan yg hrs belajar bhs daerah. Jd dia "memaksa" dgn hrs belajar bhs daerah. Dulu saya kecil kalo ngomong pake bhs indonesia suka dimarahin terutama oleh nenek yg lebih orthodok.

Kalo emang bunda berkenam belajar bhs daerah suami, suruh mereka ajarim jd bunda bisa min mendengar walau menjawab dlm bhs indo.

Atau k bunda suntuk bgt pas mereka asyik sendiri, telp mama/keluarga bunda telp2 ngobrol aja di depan mereka. Show kalo bunda juga masih py yg lain buat diajak ngobrol.

Soal suami, saya tdk blg tindakam dia benar kebut2an saat istri hamil. Saya pikir dia seperti itu krn frustasi krn bingung bunda marah dengan diem. Kadang laki suka ga tahan dibegituin. Di satu sisi dia mgkn uda bilang mamanya berkali2 tp mamanya ga bisa berubah. Makanya saran saya bunda yg cut mamanya utk terjemahin (kalo seru ngobrol dipotong trus lama2 bosen juga) biarlah dianggap ga sopan drpd anda berantem sampe begini. Tunjukin eksistensi anda.

Sabar ya.. nanti anak lahir akan ada perbedaan antara cara didik anda dan mertua. Itu bisa konflik juga tp selalu inget semua demi kebaikan sih anak.

Soal mama dan anak sendiri
Saya setuju selalu beda antara anak sendiri dan menantu sama kaya mama sendiri dan mertua. Tp diusahakan aja get along.

Satu lagi kalo saya kadang ksh wkt suami dan mertua berdua yah saya ttemenin anak bobo. Nanti suami yg rekap apa yg dibahs.
 
  #11  
Old
Pichan...   TS 
 
Posts: 489
 
@bunda ingrida_nadia

Makasih yah doa nya bun.. sy jg ga pgn stress bgini.. sy cape mata bengkak nangis trs.. malah td nangis terahir pas mau masuk kantor.. jdnya kasian ama debay.. mohon bantu doa spy cpet slesai yah bun..


@bunda bella

Kalau sy beda bu.. saya pgn bs dket sm mertua krn sy tau suami sy sayang sm mertua (dan sy percaya kalau sy baik sm mertua, niscaya menantu sy akan baik sm saya jg nnt nya)., makanya dr awal pacaran sy cb pedekate..,

Yg saya shock, pas baru merid, mertua pake bahasa daerah trs dan condong ga mw ngobrol sm saya... well, itu bner2 kaget sih.. apalagi sy biasanya ramai, skrg sepi bgt drumah.. makanya sy jd stress bgini hahahha

Saya awalnya ud siapin batin bu.. tapi memang ad saat2nya saya lelah.. capek.. makanya sy ga kuat ngadepinnya, butuh dorongan lagi hahhaa..

Saya jg ga sabar mw pindah bu.. memang skrg mertua masih masak utk suami, tp sy yakin kalau sy ud pindah rumah, sy pun bs kok masak sendiri, namanya dapur sendiri yah.. apalagi sy akan punya anak nantinya, kudu bs masak donk yah?

Skrg jg sy sering masak bun, tp sy sukanya bawa bahan nya ke rumah mama saya (sy bner2 beruntung rumah mama sy dket sm rumah mertua)., dan dsana bru sy enak bs masak.. tp keadaan sy bgini lg ga bs kmana2 dan rumah mama lg ga bs dkunjungi.. jdlah sy pusing ahhaha...

Makasih yah bunda obrolannya.., sy seneng ga brasa sendiri

---------- Post added at 12:48 ---------- Previous post was at 12:37 ----------

Replying to: View Post
......Mungkin lebih baik bunda jangan ngomong lewat suami lbh baik ngobrol berdua ☺
Iyah bun, saya jg masih tahap ngasih tahu sedikit demi sedikit ke suami.. ingetin lg ingetin lg.. cm lg tahap cape nya ajah bun.. apalagi suami jg ud "terbiasa" terus tiap x ga diingetin jd yah sy jg bngung mw kasih tw gmn lg..

Saya mah ga masalah kalah / menang.. sy cm pgn bs ngobrol drumah, itu ajah.. sy cm pgn bs ngegossipin org bareng, ketawa bareng, bs bantu mama tiap x ad yg dy ga ngarti.. cm itu ajah.. tapi yah memang ga semua bs dket sm "mertua" jadi yah mgkn kasus sy salah satunya... dan in this case, mertua tidak menganggap sy sebagai anak hahhaha

Saya blm pernah cb obrol berdua sm mamer.. sy ajah klo obrol sk didiemin / dy panggil suami sy lalu obrol ke suami lalu diterjemahin sm suami, ga kebayang sm obrol hati ke hati sm dy.., baru kemarin mama obrol biasa sm suami, pas sy lg marah sm suami krn hal ini, suami nyeletuk k sy, "ney tuh mama bilang ga nemu sabun cuci nya, ga ada d carrefour.."
lalu mamanya nyeletuk jg "iyah ga nemu."
Ampir ajah sy mw bales, "oh, mama ga bilang2 ke aku mau nyari? gimana caranya aku bs tau?" tp ga, ak diem ajah ak pikir... diem ajah lah, toh mama ngobrol nya kasih tau nya ke suami, ak ga perlu bales toh? jdnya bginilah sikap ak 2 hari belakangan bun..

Tapi kalau lg ga ad suami dan cm ak dan mama, ak masih ngebalas dy, seperti misal dy bilang, "tuh air udah matang"
ak: "oh iya ma.."
mama: "mau dituang kemana?"
ak: "ke ember yg kecil.. udah gapapa ma aku aja yg tuang"
mama pun lgsg ngeloyor pergi ga ngejawab obrolan ak lgsg bawa teko nya pergi utk dtuang

Yes, mama baik, ak pun blg bgitu., tp ak ga bs jd stranger drumah sendiri kan?

---------- Post added at 12:52 ---------- Previous post was at 12:48 ----------

@bunda lindaqhusnul
Saya etnis tionghoa semua bun.., cici ipar sy ad nikah sm pribumi dan ikut kesana.. tp sy ga ngeliat apa hubungannya sm masalah sy hahhaa..

Saya sudah mencoba berbuat baik bun, saya menikah sudah hampir 2 tahun., dlm kurun wktu 2 tahun, sy kosong setahun selama drumah.. ketauan trnyata sy mgkn stress drumah trs dg keadaan rumah bgitu.., krn pas sy dpt kerjaan, sy malah lgsg hamil..

Sy ga perlu dibanding2kan bun, sy cm pgn bs dket sm mama mertua sedekat sm mama sy sendiri, thats all. krn sy mau menghargai beliau sama sprti beliau menghargai suami sy.., dan sy jg pgn bs sayang sm beliau krn beliau sayang sm suami sy, sy ingin membalas kebaikan beliau, intinya sih gt bun.. tp ga dikasih jalan sm skali, malah etrkesan dipinggirkan.. it's like mamer dan suami punya bubbles sendiri dan saya ga dbolehin masuk sm skali ke bubbles mreka, gt

---------- Post added at 13:04 ---------- Previous post was at 12:52 ----------

Replying to: View Post
.......Satu lagi kalo saya kadang ksh wkt suami dan mertua berdua yah saya ttemenin anak bobo. Nanti suami yg rekap apa yg dibahs.
Saya bakal coba sarannya bunda trigal deh.. saya ga kepikir sih gmn caranya bs "se-casual" itu dg mertua saat dy lg obrol sm suami, tp sy akan coba.. karena sampe skrg sudah terbentuk doktrin "sperti sama org asing" saat berbicara sama mertua, makanya stiap x sy coba casual, mertua malah diem / nyari suami...

Saya dipaksa belajar bahasa daerah jg mau bun, ud dr dulu.. tp sampe sekarang didiemin dan jujur, ini bkin sy jd benci. benci bgt sm bahasa daerah itu. ampun2 an dah. baru semalam saya nangis lg dan sampai murka ke suami, sy blg sy bkn ga suka lg sm bahasa khe. saya benci. dan ketika sy blg benci, sy bner2 benci bun... jd malah menolak gt krn saking capeknya saya dbginiin trs..

saya tiap sabtu ke rumah mama saya bun, dan dr situ bs jd udah kasi signal ke mertua kalau sy ga betah drumah.. apalagi mertua orgnya tuh suka drumah bgt bun.., ngendoook gt.. saya malah ga betah., dan itulah salah satu ketidak cocokan kita.., dy suka masak drumah, sy suka makan dluar jg.. makanya sy sering main krumah mama saya, sy butuh wktu bs ngobrol sm org lain

Saya jg shock bunda trigal saat suami kebut2an tadi.. saya selalu takut kalau dy udah marah.. tp saya kalau lg ngambek / marah pun ga bs ngoceh2 gt bun.. saya tipe yg mendam.. saya ga bs ngoceh2 gt krn yg ad keluar tangisan meraung2 dan itu uda pasti ga menyelesaikan masalah krn sy kalap..,

utk motong2 pembicaraan kaenya dlu pernah tuh sy lakuin.. saya nyeletuk, "apa sih ney?" apa sih apa sih apa sih, berapa ratus x apa sih dan saya pun cape... sampai sekarang suami ud nyaman ngobrol bahasa daerah dan sy pun termenung lg sendirian senyum kosong... hahaha

Sy udah wanti2 sm diri saya tuh bun, pasti akan bentrok lg dg mertua dl, cara didik anak.. tp sy orgnya jg keras bun.., sy akan terima usul mertua tp ttp sy akan provide argumen apabila itu ga nyambung ke logika saya., so far sih okeh tp kan anaknya blm kluar jd yah blm tau hahaha..

Soal mama dan anak sendiri memang beda yah bun... sy dsni pdhl hanya mencoba menganggap nya sbg mama sy sendiri loh.. tp emang mgkn saya ga bakal dianggap sbg anak.. yah bgitulah...
 
There is no better feeling than the movement of life inside you
  #12  
Old
Mommyz...
 
Posts: 621
 
Coba deh bun kalo ada apa apa jgn di pendem, bunda ini tipe yg kyk suami aku kalo ada apa apa dipndem tiba tiba tepar aja sakit gegara pikiran sampe aku mohon nangis nangis supaya dia jgn gitu lg ga enak tau bun. Coba ada masalah diomongin bin ya gpp berantem tp clear dr pd ga mau cr ribut tp skalinya ribut kyk bom waktu. Soal mertua di coba aja dl bun, bunda enak msh ada mertua perempuan, aku ga ada bun. Mau tny tny soal rumah tangga bingung ke siapa, ibu ku jauh di aceh. Tinggal mertua lelaki yg kdg aku sendiri ga enakan walaupun kita sering ngobrol atau gimana ttp ada gap. Mertua laki laki saya juga tipe yg ngendep aja gitu dikamar sekalinya keluar buat makan doang. Kadang saya masak dia ttp mau jajan diluar ya saya ga ambil pusing yg penting sy sdh laksanakan kejawiban saya sbg mantu. Emang aku ga tau rasanya ony mertu perempuan tp ya bunda coba pahami aja bun, mungkin dia msh merasa aneh ada org lain tinggal sama dia atau anaknya yg tdnya cuma punya dia skrg harus berbagi kasihnya dgn bunda. Dr pengalaman aku emang butuh waktu lama. Bunda udh brp lama married? Semua harus diliat secara positif sih menurut aku sisa nya ya biar Tuhan tentukan jalan. Mmang bagi sebagian org persoalan mertua menantu ini ga ada habisnya sih bun ujung ujungnya ngaruh kerumah tangga kita sama suami.
Sekarang mungkin bunda masih emosi blm bs menerima masukan, coba deh berdoa curhat sama Tuhan minta dikasih solusi yg terbaik. Namanya berumah tangga ujian beragam macam bun ini salah satunya
Apalagi bentar lagi mau ada dede insya Allah semuanya nanti berubah kok semua bahagia nyambut kelahiran si dede. Bunda juga harus pikirkan juga si dede okee jgn terlalu sering stress
 
We're 5 now
  #13  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
@ bunda pi. Satu lagi cara yg saya kepikiran. Kalo pas moment cuma berdua sama mertua coba bunda tanya soal suami kecil gimana trus yg plg penting dulu mertua wkt jd menantu gimana...

Tujuannya biar mertua inget dulu wkt jadi mantu seperti apa. Kalo ga mau jawab coba bunda tanya suaranya kerasan. Apa jangan2 mertua ga denger. Maklum kadang ortu tuh pendengaran suka berkurang.

Kalo bunda pi deket ama adik/kakak mertua bisa ditanya mertua tuh kaya apa sih jgn2 dia py didikan/pikiran kalo ama menantu ga boleh terlalu deket nanti dikurangajarin.

Soal mertua suka di rumah kita suka keluar kayanya emang byk gitu. Mgkn emang masanya..

Setidaknya bunda pi masih kerja jd ga kekungkung di rumah mertua. Tp k mtar lahiran gimana yg jaga anak siapa. K komunikasi ama mertua ga lancar mending dr awal titip ama mama bunda pi. Tp kalo da lahiran kan bunda sibuk tuh ama anak jd lebih enak sih ga gitu keganggu sama mertua & suami ngobrol berdua. Ga sepi krn kita bisa urus/main ama anak.
 
  #14  
Old
fziah...
 
Location: djambi selatan, thehok
Posts: 145
 
kl saya c dmana2 bukan gk d anggap/ dcuekn...kluarga/mertua. smua ud paham kl sy orangy cuek pendiam agak tuli juga...jd tbiasa dgn suasana bengong'hikss
 
duo anak..cewwk cwook
  #15  
Old
unacha...
 
Posts: 409
 
Coba bunda belajar bahasa daerahnya suami bunda dr buku/internet/youtube/sumber lain.
Kalo aku lahir di jkt jd bisanya bahasa Indonesia doang. Tp ortu Jawa, suami jg orang Jawa otomatis mertua Jawa. Mereka pada fasih bahasa Jawa, saya cuma ngerti sebagian kalo dengerin n kalo ngomong jawa bisa dikit2 tp aksenny jd aneh.
Kalo pulang kampung malah akunya jd kebawa sendiri bun buat ngomong Jawa. Diri ini pengen ngomong Jawa cuma malu krn ada yg pernah bilang aku ngomong Jawa aneh/lucu. Padahal kalo beli pecel pengen mesen sama penjualnya pk bahasa Jawa tp malu takut aksenny aneh. Mau ke pasar jg gitu dilema pake b.Ind malu ketauan bukan orang situ, mau pake b. Jawa takut aksenny aneh/salah ngomong.
Tapi kalo misalkan aku tinggal permanen di rumah mertua (aku pulkam pas lebaran/tahun baru aja) pasti lama kelamaan aku ya pakai n bisa menguasai b.Jawa walau ga tau berapa lama sampai fasih krn ada 3 tingkatan kasar-normal-sopan.
Ya kalo menurut aku gitu sih bund, misalkan kita pindah ke Jepang, mau ga mau kita harus bisa bahasa Jepang kan, kalo ga bisa gimana bisa aktifitas sehari2 n bersosialisasi.
Oya kalo bisa kalo udah hamil tua jangan stress bunda, jgn dipendem klo lg ada masalah. Takutnya dedenya ikut stress. Banyak yg bilang kalo bayi stress bisa pup duluan yg menyebabkan ketuban jd ijo. Semoga masalahny cepet selesai ya n baikan sm suami.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Cm bisanya bertanya "udh isi blm..????"..."kpn isinya"...."program donk.." -- Diskusi Umum 88
Mengenal "Shēng huà tāng" ("生化湯") atau "Tim ayam obat ibu hamil -- Ngobrol Apa Saja 4
"Ayam arak" atau "Máyóu jī " ("麻油雞") boleh tidak ya? -- Diskusi Umum 31
ditanya ayah mertua "udah isi atau telat blom??" -- Ngobrol Apa Saja 67
kenapa selalu "mertua" yg bikin sebel ya bund ? -- Ngobrol Apa Saja 20


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:14.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com