Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
agysta...   TS 
 
Posts: 7
Question baru mau nikah usia 27, gaya hidup buruk padahal pengen cepet hamil :(

Salam kenal Bund, maaf kalau thread saya panjang.

Saya Agy (27 tahun), baru mau rencanakan nikah taun depan dgn pacar sebaya, kami dah 8 tahun bersama (5 tahun LDR). Jd sy akan nikah di usia 28 -an, insya Allah....

Latarbelakang nulis thread-->
Saya baru 2x ketemu camer, dan....yang dibahas straight to the point : kehamilan. Saya dibilang sudah 'berumur', tidak bijak kalau besok menunda kehamilan karena menurut beliau nunda nikah=nunda hamil. Saya diminta nyicil apapun yg bisa dipersiapkan sekarang. Calon suami adalah anak sulung sehingga cabumer dah ngarep2 cucu.

Alasan penundaan nikah karena sy lanjutin pendidikan tapi masa studi meleset dari target 2 tahun ke 3 tahun. Ini lagi fokus tesis berusaha lulus sampai cuti kerja, diomongin gitu kayak mak jleb rasanya, huhuhu. Kalau saya sekarang masih 24 tahun mungkin fine2 saja ya, tapi saya 27 tahun menurut org Indonesia dah dianggap tua untuk nikah. Sy kan jd insecure, Bund. ortu sy sj gak pushy gitu (sy anak kedua, kakak dah nikah punya anak soalnya).

Permasalahan -->
Gaya hidup saya telanjur engga sehat. Ditambah lg 3 taun sekolah nyambi kerja merasa kurang waktu untuk olahraga, suka makan fast food, gorengan,minuman kemasan (bukan softdrink, tetep aja kadar gulanya banyak, Bund), kurang makan sayur dan buah, banyak begadangan (saya dibilang workaholic sm temen2 pdhl merasa biasa aja). Saya tidak merokok, tidak minum alkohol, ataupun narkoba. Th 2011 dulu sy pernah keputihan terus2an dan diberi doxycycline, sempet berhenti tapi muncul lagi smp skrg kalau stress. Manajemen stress sy emang kurang baik Bund, maag sering datang akhir2 ini.

Saya pelan2 memperbaiki pola makan, memperbanyak sayuran tauge, dan berencana minum vitamin E secara rutin (sy sempet baca ada promil sblm nikah minum susu prenagen, efektifkah?)

Yang ingin saya tanyakan,

1. Promil sblm nikah mulainya kapan ya Bund? Kurang dari setahun untuk memperbaiki gaya hidup, gizi, dan minum vitamin2 gitu sebelum nikah apakah sudah ideal?

2. Kapan waktu ideal untuk test kesuburan sebelum nikah? Test kesuburan bagi perawan dengan melihat hormon dan usg abdomen kah?

3. Gimana cara menghadapi camer yang sepertinya ngarep cucu bgt. Saya bs mengatakan demikian karena belum nikah dah mbahas kehamilan. Saya jadi was2 Bund. Adakah bunda2 di sini yang dulu didesak punya anak cepet2, gimana sikap bunda? (Padahal mertua benernya sesungguhnya tau ya,kalau menantunya jg pengen cepet2 punya anak).

Saya berencana premarital checkup setelah lulus (semoga 3 bulan lgi), bunda2 di sini pernahkah mengalami hasil test premarital yang tidak baik? Kemudian apakah bunda menunda menikah untuk pengobatan?

Atas jawaban dan pengalaman bunda2 sekalian, saya ucapkan makasih

Semoga bunda2 di sini yang lagi ngarepin hamil secepetnya hamil, yg sedang hamil dilancarkan smp proses persalinan, yang sudah punya baby smoga sholeh dan sholehah. Aaaamiiin aamiiin aaamiiin.

 
  #2  
Old
derick...
 
Posts: 5,797
 
sebenernya minum Vit E, Asam Folat, dan susu persiapan kehamilan itu hanya mempersiapkan nutrisi aja utk kebutuhan calon janin
saya ga pernah memasukkan minum2an tsb masuk dlm kategori program hamil

masalah kesuburan sebaiknya mba dr skrg konsul ke Obgyn gimana baiknya utk program kehamilan. Jangan lupa ajak calon suaminya juga biar dicek sama2
karna kalo mba nya subur tp calon suami mba bermasalah kan sama aja zonk
yaaa yg penting usaha, masalah cepet/ngga nya kan tetep Tuhan yg atur
saya dulu ga pake premarital check up sih mba. Jadi utk pertanyaan ini saya ga bs jawab

masalah gaya hidup, lebih baik dr skrg aja diperbaiki
kurang2in fast food
trus jangan sampe stress, tertekan, karna itu salah satu yg menghambat cepet/ngga nya hamil
jgn lupa jg banyak2 sedekah hehehe
semoga lancar pernikahannya dan segera dikasih momongan ya
 
Budayakan menggunakan kolom SEARCH
  #3  
Old
Pichan...
 
Posts: 489
 
Salam kenal bunndaaa~ selamat yaah udah mw menikaaah!

1. Seru liat threadnya bunda, keliatan bngt bunda orgnya terorganisir bngt smpe ada masalah, pertanyaan dan detail awal hahhaa,, okeh, saya jg menikah umur 27 bun, jd sekilas banyak saya tau yg dialami bunda, tp bedanya sy ga workaholic dan apabila org bilang menikah umur2 kita itu ketelatan, jujur sy krng setuju..,

Masih mending nikah telat drpd telat ketemu jodoh kan? hahhaha

Okeh, utk promil sebelum nikah, sebenarnya diperbaiki dr pola hidup dulu bun., saat sy belum hamil (setelah menikah), saya mencoba ke sinshe utk tusuk jarum dan memakai katering diet mayonaisse. Pola hidup saya juga ga bisa dibilang bersih, saya suka banget makan bakmi, makan indomie, makan sambel suka banyak bngtt (saya ampe dtegur suami katanya suka pedes bkin susah hamil), ga ad diet2 an apapun, sy ga merokok, mnum alkohol jg cm kadang2 banget, dan saya makan yg saya suka ajah (otomatis kolesterol selalu tinggi hahaha)., tp permasalahan sy ternyata ga cuma di pola hidup, tapi di pola pikir., saya selalu stress bun, setahun sy ga diberkahi anak, akhirnya bulan2 sblm sy hamil, sy dterima kerja en bebas stress, sebulan kmudian puji Tuhan hamil



2.Waktu ideal utk test kesuburan sebelum nikah sbnrnya ga ad bun, tp pada rekomen premarital check up utk tau kadar TORCH, dan apakah kita ada masalah di rahim gt kan., waktu aku sih ada ambil premarital check up setelah menikah (baru ada uang nya), dan ketika mau cek analisa sperma suami, saya udah hamil dluan., dan untungnya ga ad apa2 dg tes lab saya., Test kesuburan saya sih krng tau yah, tp premarital check up yg sy lakukan itu tes darah, urin dan poop gt, serta dg jantung gt., keseluruhan lah ya.., kalau bunda mau cek apakah ad kista / miom jd bs diatasi dulu jg bs, d dokter kandungan gt


3. Utk nomor 3 ini, aku ga menghadapi ini sih bun, kondisi mertua ak udah dpt 3 cucu soalnya (suami anak terakhir), tp aku anak pertama d keluarga dan cucu pertama d keluarga bear jd tekanan terbesar aku dateng dr keluarga besar ak sendiri (dan aku selalu menanganinya dg bodo amat krn ini idup ak dan ak slalu ingetin diri klo ga bole stress biar ga tambah susah pny anak jd ak mendekatkan diri sama suami dan meromantiskan hubungan ajah drpd stress sm tekanan pertanyaan)


Demikian semoga bs membantu bunda sebanyak / sedikit apapun yahh
 
There is no better feeling than the movement of life inside you
  #4  
Old
Hamida...
 
Location: bandar lampung
Posts: 146
 
Jgn tkt mbak. Sy aja br mnikah diusia 25 hampir 26. Gaya hidup sy sm ky smpean.

saya jg dulu takut skli klw lmbt/sampai tdk bs punya anak. Krna dulu sy pernah jtuh dan mngkibtkn luka d orgn intim.

Apalagi dri garis keturunan ayah selalu ada saja tiap kturunan yg tdk d prcya mmliki kturunan. Smpt worry dulu sy.

Mknya sblm nikah sy konsumsi susu PE,madu suwuk dan ever e. Tp ga sampai tahap medical check up. Ga mau ngoyo lah istilahnya.

Alhamdulillah sbuln hbs nikah positif.
kadang justru rasa tkut itu mlah bikin stress. Nyantai saja mbak. Pasrah sama yg Maha Kuasa.

bibi saya nikah di usia 39 tahun. tp Alhamdulillah di karuniai anak yg bnyak. Mbridil bhsa jawanya. Hhhe
 
Berkah sholawat
  #5  
Old
Windaw...
 
Posts: 6
 
Seru baca threadnya, kl menurut sya jngan terlalu khawatir masalah umur 27 br mau menikah, sya menikah saat usia 29 tahun dan selisih umur dengan suami 5thun. Sya menunggu 2 tahun lebih baru hamil, sya sblm menikah tidak melakukan check dl (jangan ditiru) heheheh sya jg tidak melakukan promil khusus karena baik sya dan suami tidak ad beban untuk segera memberikan cucu karena dr masing masing pihak jg sudah punya bnyk cucu. Saran saya di jalani saja dan jangan stress krn stress membuat kita susah hamil dan memang perlu merubah pola hidup menjadi lbih sehat
 
  #6  
Old
damira...
 
Posts: 53
 
Halo mbaa agysta..

Mba keinginan punya momongan cepat sebaiknya jgn sampe buat stress. Krn kalo pikiran udah stress, ntar mba nya mau program apapun susah berhasil. Mba coba ikhlas dan rileks mba, kalo udah rezeki pasti gak akan kemana.

Saya punya Gaya hdp yg lbh buruk lagi (merokok,junk food, begadang, ada kista, polip rahim, kurang makan sayur, buah, gak pernah olahraga), alhamdullilah dikasih rezeki. tp kalau mba mau rubah Pola hidup pasti lbh bagus mba, setidaknya untuk diri mba sendiri dulu, biar ntar baby nya punya "rumah" yg sehat.

Kalo utk program, bisa minum vitamin asam folat, sama vit E mba, jgn lupa berhubungan di masa subur, dan PERBANYAK SEDEKAH. Berkeinginan boleh tp jgn sampe jd stress ya mba, biar cepat isi nanti. Amin.

Semoga lancar untuk persiapan nikahnya ya mbaaa
 
  #7  
Old
Ctrwid...
 
Posts: 39
 
Bunda setiap perempuan kesuburan nya beda2. Umur saya dibawah bunda sudah menikah blm juga dpt momongan. Dari sebelum nikah suami juga sudah to the point ingin cepat dapat momongan (karna saya menikah dengan duda anak 1 dan anaknya dibawa oleh mantan istri) dan saya sedang mencoba pola hidup sehat dan berdoa kepada Allah. Jangan stress, dibawa santai aja karna rezeki ada ditangan allah swt, anak juga rezeki dari Allah.
 
  #8  
Old
annies...
 
Posts: 139
 
ikut nimbrung ya bunda... seru ni soal umur.. aq juga umur nya ud tua pas nikah... dulunya kejar target nyelesain study dan kerja.. makanan jauh dr sehat,, keputihan parah.. sblm nikah juga was was bisa punya ank ap gak.. sampe ada yg blg nantinya aku susah punya momongan.. lha, blm sebulan nikah lgsung positif.. Alhamdulillah....
Bismillah aja bunda, segera lah menikah Allah akan ringankan sgl masalah setelah menikah,, jgn cemas dg hal2 yg blm dijalani,,,
tetap smgt bun....
 
  #9  
Old
agysta...   TS 
 
Posts: 7
 
Replying to: View Post
sebenernya minum Vit E, Asam Folat, dan susu persiapan kehamilan itu hanya mempersiapkan nutrisi aja utk kebutuhan calon janin
saya ga pernah memasukkan minum2an tsb masuk dlm kategori program hamil

masalah kesuburan sebaiknya mba dr skrg konsul ke Obgyn gimana baiknya utk program kehamilan. Jangan lupa ajak calon suaminya juga biar dicek sama2
karna kalo mba nya subur tp calon suami mba bermasalah kan sama aja zonk
yaaa yg penting usaha, masalah cepet/ngga nya kan tetep Tuhan yg atur
saya dulu ga pake premarital check up sih mba. Jadi utk pertanyaan ini saya ga bs jawab

masalah gaya hidup, lebih baik dr skrg aja diperbaiki
kurang2in fast food
trus jangan sampe stress, tertekan, karna itu salah satu yg menghambat cepet/ngga nya hamil
jgn lupa jg banyak2 sedekah hehehe
semoga lancar pernikahannya dan segera dikasih momongan ya
Makasih banyak Bund Derick untuk masukannya, waktu premarital check bsk saya akan ajak mas untuk tes kesuburan juga.. iyaya bund, semua itu untuk nutrisi janin. sy baru sadar ttg gaya hidup sy gak sehat setelah ketemu sm camer ingetin ttg kehamilan.. untuk manajemen stress.. bismillah...
 
  #10  
Old
Alin u...
 
Posts: 2,250
 
Bismillah aja bund ts....
Fikiran positif itu faktor penunjang....
Ikhtiar jangan putus.. tapi serah kan semua ke Allah..
Oh yaaa banyakin sedekah....

Soal umur aku gk ikut ikut deh...
Aku married umur 17 thn wkwkkwkk...
Skarang baru 25 thn... baru 8 thn married...

Semoga pas sudah sah nikah.. halal... segera hamil... amiinn allah huma aaminnn
 
  #11  
Old
agysta...   TS 
 
Posts: 7
 
Replying to: View Post
ikut nimbrung ya bunda... seru ni soal umur.. aq juga umur nya ud tua pas nikah... dulunya kejar target nyelesain study dan kerja.. makanan jauh dr sehat,, keputihan parah.. sblm nikah juga was was bisa punya ank ap gak.. sampe ada yg blg nantinya aku susah punya momongan.. lha, blm sebulan nikah lgsung positif.. Alhamdulillah....
Bismillah aja bunda, segera lah menikah Allah akan ringankan sgl masalah setelah menikah,, jgn cemas dg hal2 yg blm dijalani,,,
tetap smgt bun....
Kemudian keputihannya sudah sembuhkah Bund?

Bismillahirahmanirrahim.. makasih Bunda annies21.. Mat menjalankan ibadah tarawih Bun smoga dilancarkan semuanya, aamiin...

---------- Post added at 19:17 ---------- Previous post was at 19:13 ----------

Replying to: View Post
Bunda setiap perempuan kesuburan nya beda2. Umur saya dibawah bunda sudah menikah blm juga dpt momongan. Dari sebelum nikah suami juga sudah to the point ingin cepat dapat momongan (karna saya menikah dengan duda anak 1 dan anaknya dibawa oleh mantan istri) dan saya sedang mencoba pola hidup sehat dan berdoa kepada Allah. Jangan stress, dibawa santai aja karna rezeki ada ditangan allah swt, anak juga rezeki dari Allah.
Makasih Bund Ctrwidyawati, moga2 dilancarkan rencana kehamilannya ya Bund.. aamiin ..aamiin aaamiiinnnnn.. iya saya jg baru menyadari ttg gaya hidup : kebiasaan, pola makan, sm manajemen stress..

---------- Post added at 19:24 ---------- Previous post was at 19:17 ----------

Replying to: View Post
Halo mbaa agysta..

Mba keinginan punya momongan cepat sebaiknya jgn sampe buat stress. Krn kalo pikiran udah stress, ntar mba nya mau program apapun susah berhasil. Mba coba ikhlas dan rileks mba, kalo udah rezeki pasti gak akan kemana.

Saya punya Gaya hdp yg lbh buruk lagi (merokok,junk food, begadang, ada kista, polip rahim, kurang makan sayur, buah, gak pernah olahraga), alhamdullilah dikasih rezeki. tp kalau mba mau rubah Pola hidup pasti lbh bagus mba, setidaknya untuk diri mba sendiri dulu, biar ntar baby nya punya "rumah" yg sehat.

Kalo utk program, bisa minum vitamin asam folat, sama vit E mba, jgn lupa berhubungan di masa subur, dan PERBANYAK SEDEKAH. Berkeinginan boleh tp jgn sampe jd stress ya mba, biar cepat isi nanti. Amin.

Semoga lancar untuk persiapan nikahnya ya mbaaa
Bismillah, makasih Bun Damirasue karena juga mengingatkan pentingnya perbanyak sedekah. Untuk polip dan kista rahim dah sembuh blm bund? Kandungan dah berapa week? Semoga lancar2 semuanya ya Bund..aaamiin aaamiiinn

---------- Post added at 19:33 ---------- Previous post was at 19:24 ----------

Replying to: View Post
Jgn tkt mbak. Sy aja br mnikah diusia 25 hampir 26. Gaya hidup sy sm ky smpean.

saya jg dulu takut skli klw lmbt/sampai tdk bs punya anak. Krna dulu sy pernah jtuh dan mngkibtkn luka d orgn intim.

Apalagi dri garis keturunan ayah selalu ada saja tiap kturunan yg tdk d prcya mmliki kturunan. Smpt worry dulu sy.

Mknya sblm nikah sy konsumsi susu PE,madu suwuk dan ever e. Tp ga sampai tahap medical check up. Ga mau ngoyo lah istilahnya.

Alhamdulillah sbuln hbs nikah positif.
kadang justru rasa tkut itu mlah bikin stress. Nyantai saja mbak. Pasrah sama yg Maha Kuasa.

bibi saya nikah di usia 39 tahun. tp Alhamdulillah di karuniai anak yg bnyak. Mbridil bhsa jawanya. Hhhe
Baik mbak saya akan mencoba tenangin diri.. madu suwuk sy blm pernah denger, habis googling2 belinya di sekitar Jawa Tengah ya. Nanti saya nanya Ibu, soalnya beliau suka minum madu, alhamdulillah seger dan sehat.. maturnuwun masukannya mbak [COLOR="#69F"]

---------- Post added at 19:51 ---------- Previous post was at 19:35 ----------

Replying to: View Post
Seru baca threadnya, kl menurut sya jngan terlalu khawatir masalah umur 27 br mau menikah, sya menikah saat usia 29 tahun dan selisih umur dengan suami 5thun. Sya menunggu 2 tahun lebih baru hamil, sya sblm menikah tidak melakukan check dl (jangan ditiru) heheheh sya jg tidak melakukan promil khusus karena baik sya dan suami tidak ad beban untuk segera memberikan cucu karena dr masing masing pihak jg sudah punya bnyk cucu. Saran saya di jalani saja dan jangan stress krn stress membuat kita susah hamil dan memang perlu merubah pola hidup menjadi lbih sehat
Makasih banyak mbak masukannya
 
  #12  
Old
novi07...
 
Posts: 50
 
aq gk punya pnglmn tes sblum nikah. Mungkin di kolom search ada.... klo ada dana emang better klo tes kyk gitu. calon suami juga..

woles mbAk,, biar kputihannya setelah diobati gk kmbuh lagi..

aq juga mnikah diusia 26 yg sdh termsuk tua di Indonesia bagian sini. Aq nunggu hidayah dulu buat nikah.... hahaha( aq fangirl sblm knal suami)

Percaya sama kuasaNya...ngn lupa bahagia dan brsyukur ya mba...
 
  #13  
Old
Tami05...
 
Posts: 453
 
Replying to: View Post
Salam kenal Bund, maaf kalau thread saya panjang.

Saya Agy (27 tahun), baru mau rencanakan nikah taun depan dgn pacar sebaya, kami dah 8 tahun bersama (5 tahun LDR). Jd sy akan nikah di usia 28 -an, insya Allah....

Latarbelakang nulis thread-->
Saya baru 2x ketemu camer, dan....yang dibahas straight to the point : kehamilan. Saya dibilang sudah 'berumur', tidak bijak kalau besok menunda kehamilan karena menurut beliau nunda nikah=nunda hamil. Saya diminta nyicil apapun yg bisa dipersiapkan sekarang. Calon suami adalah anak sulung sehingga cabumer dah ngarep2 cucu.

Alasan penundaan nikah karena sy lanjutin pendidikan tapi masa studi meleset dari target 2 tahun ke 3 tahun. Ini lagi fokus tesis berusaha lulus sampai cuti kerja, diomongin gitu kayak mak jleb rasanya, huhuhu. Kalau saya sekarang masih 24 tahun mungkin fine2 saja ya, tapi saya 27 tahun menurut org Indonesia dah dianggap tua untuk nikah. Sy kan jd insecure, Bund. ortu sy sj gak pushy gitu (sy anak kedua, kakak dah nikah punya anak soalnya).

Permasalahan -->
Gaya hidup saya telanjur engga sehat. Ditambah lg 3 taun sekolah nyambi kerja merasa kurang waktu untuk olahraga, suka makan fast food, gorengan,minuman kemasan (bukan softdrink, tetep aja kadar gulanya banyak, Bund), kurang makan sayur dan buah, banyak begadangan (saya dibilang workaholic sm temen2 pdhl merasa biasa aja). Saya tidak merokok, tidak minum alkohol, ataupun narkoba. Th 2011 dulu sy pernah keputihan terus2an dan diberi doxycycline, sempet berhenti tapi muncul lagi smp skrg kalau stress. Manajemen stress sy emang kurang baik Bund, maag sering datang akhir2 ini.

Saya pelan2 memperbaiki pola makan, memperbanyak sayuran tauge, dan berencana minum vitamin E secara rutin (sy sempet baca ada promil sblm nikah minum susu prenagen, efektifkah?)

Yang ingin saya tanyakan,

1. Promil sblm nikah mulainya kapan ya Bund? Kurang dari setahun untuk memperbaiki gaya hidup, gizi, dan minum vitamin2 gitu sebelum nikah apakah sudah ideal?

2. Kapan waktu ideal untuk test kesuburan sebelum nikah? Test kesuburan bagi perawan dengan melihat hormon dan usg abdomen kah?

3. Gimana cara menghadapi camer yang sepertinya ngarep cucu bgt. Saya bs mengatakan demikian karena belum nikah dah mbahas kehamilan. Saya jadi was2 Bund. Adakah bunda2 di sini yang dulu didesak punya anak cepet2, gimana sikap bunda? (Padahal mertua benernya sesungguhnya tau ya,kalau menantunya jg pengen cepet2 punya anak).

Saya berencana premarital checkup setelah lulus (semoga 3 bulan lgi), bunda2 di sini pernahkah mengalami hasil test premarital yang tidak baik? Kemudian apakah bunda menunda menikah untuk pengobatan?

Atas jawaban dan pengalaman bunda2 sekalian, saya ucapkan makasih

Semoga bunda2 di sini yang lagi ngarepin hamil secepetnya hamil, yg sedang hamil dilancarkan smp proses persalinan, yang sudah punya baby smoga sholeh dan sholehah. Aaaamiiin aamiiin aaamiiin.

Banyak berdo'a aja bun kan setiap wanita sudah dikodratkan untuk menjadi seorang ibu ☺
Gaya hidup sy lbh parah dr bunda ,sy alkoholic dan nggak pernah olahraga
Tp Alhamdulillah Allah sudah kasih kepercayaan untuk sy jd calon ibu ��☺
 
  #14  
Old
damira...
 
Posts: 53
 
Belum bun.. kmrn saya cm mau fokus pengobatan utk polip rahim, tp tanpa disangka dikasih rezeki sama Allah. Skrg alhamdullilah masuk 18w bun.. Amin, makasih ya bun buat doanya
 
  #15  
Old
annies...
 
Posts: 139
 
Alhamdulillah... setelah nikah sembuh keputihannya bun.....
aamiin... buat bunda semangat ya... smg smua nya lancar dan klo dh merid ntar cpt jd bumil.. rejeki memang sudah ada bisa cepat bisa lama bun yg pntg jalani dg sabar, ikhlas dan byk2 bersyukur...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
promil, usia nikah telat


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Cuci Tangan Pakai Sabun Jadi Gaya Hidup Modern -- Ngobrol Apa Saja 0
Baru 4bulan meried tapi q dah pengen cepet hamil...mohon share ea bunda -- Diskusi Umum 0
Hamil Lagi padahal usia anak baru 5bulan -- Diskusi Umum 19
NUTRISHAKE pelengkap nutrisi untuk gaya hidup sehat -- Area Promosi 0
Pengantin baru pengen tau cara cepet hamil n ciri2 hamil muda hee.. -- Kenalan Yuk! 68


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:53.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com