Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Regina...   TS 
 
Posts: 330
Default Sayangilah ibu mertuamu (curhatanku setelah melahirkan anak laki2)

hi bunda bunda semua , apa kabar ? semoga bunda semua dsni sll sehat ya ...


saya mau berbagi cerita ini karna juga kebetulan banyak sekali saya melihat diforum sini thread tentang mertua dan baru2 ini saya melahirkan anak laki2.
saya sangat senang setelah anak pertama saya perempuan dan kedua ini dapat anak laki2.

bunda yang punya anak laki2 gimana rasanya ? pernah mikir gak nanti anaknya besar gimana , dsekolahin dsayangin sampai besar , drawat , sampai jadi orang hebat trs anaknya diambil perempuan lain (istri anak) .
saya gak bisa ngebayangin bun kalau istri anak nanti gak bisa sayang sama kita ?

mungkin karna itu knp kebanyakan mertua yang sering berselisih paham sama menantu , dkarenakan karna mungkin istri nganngap ibunya suami manjain banget suaminya , padahal gmn kalau kita dposisi sebagai mertua .

alhamdulilah selama ini mertua saya baik , sangat baik , knp ?
krn saya memperlakukan mertua saya seperti org tua saya sendiri , gada jarak gada rasa iri cemburu pokonya saya sayangi tulus dan kebalikannya mertua saya sangat sayang sekali sma saya .


bunda2 kalau mmg ada masalah sm mertua cb deh dkomunikasiin baik2 dan jangan pernah anggap orang tua suami itu org lain dan coba memposisikan kita sbg mertua nanti insyaallah klo kita baik sama mertua nanti kita juga dbalas kebaikann dikedepannya :*
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Astrri...
 
Posts: 1
 
Alhamdulillah ya bunda kalo punya mertua baik n pengertian...
Ngomongin soal mertua,aku lg galau nih bunda, setelah menikah sampai sekarang aku lg hamil 7 Bulan aku tinggal di rumah mertua,nah yg bikin galau ibu q pengen kalo aku lahiran ntar di rawat di rumah ibu q aja, namanya jg orang tua pasti ada rasa gk tega ya bunda sama anaknya walaupun anaknya ini udh nikah, apa lagi ini kehamilan pertamaku, jarak rumah ibu q sama rumah mertua gak terlalu jauh sih bunda, cuma sekitar 6km aja, tapi mertua jg keberatan kalo aku harus pulang ke rumah ibu q, mertuaku baik banget sih bunda sama aku, tapi tetep kan ntar kalo udh lahiran aku ngrasa sungkan kalo harus minta tlg sama mertua,aku sama suami jg bingung harus gmn,maklum masih belajar berumah tangga bunda...
Maaf ya agak melenceng dr topik, tp minta sarannya ya bundaa...
 
  #3  
Old
fareen...
 
Posts: 85
 
Replying to: View Post
Alhamdulillah ya bunda kalo punya mertua baik n pengertian...
Ngomongin soal mertua,aku lg galau nih bunda, setelah menikah sampai sekarang aku lg hamil 7 Bulan aku tinggal di rumah mertua,nah yg bikin galau ibu q pengen kalo aku lahiran ntar di rawat di rumah ibu q aja, namanya jg orang tua pasti ada rasa gk tega ya bunda sama anaknya walaupun anaknya ini udh nikah, apa lagi ini kehamilan pertamaku, jarak rumah ibu q sama rumah mertua gak terlalu jauh sih bunda, cuma sekitar 6km aja, tapi mertua jg keberatan kalo aku harus pulang ke rumah ibu q, mertuaku baik banget sih bunda sama aku, tapi tetep kan ntar kalo udh lahiran aku ngrasa sungkan kalo harus minta tlg sama mertua,aku sama suami jg bingung harus gmn,maklum masih belajar berumah tangga bunda...
Maaf ya agak melenceng dr topik, tp minta sarannya ya bundaa...
Hai bun, kita samaan nih aku jg di posisi sama kyak bunda. Kalo aku minta saran sama suami ya bun, dan suami mmg sreg nya aku lahiran d rumah ibunya dia (mertuaku). Aku kasih pengertian ke ortuku sndiri bun, kalo skrang aku sdh jd tanggung jwab suami dan minta do'anya biar semua lancar. Namanya ibu kita y pasti ga tega ya bun, soalnya dirawat mertua ma dirawat ibu sendiri pasti beda perlakuannya tp aku yakinin ke ortuku kalo mertuaku udah mau rawat aku pas lahiran berati siap dong sama konsekwensinya yaitu direpotkan olehku. Aku udah sjak 7bulan stay d rumah bumer dan skrang sudah mendekati HPL, tinggal beberapa hari lagi ini ... Semoga bunda jg bisa mantepin hati buat ambil keputusan lahiran di mana ya, jgan sampe stress cuma krna masalah sperti ini bun.
 
  #4  
Old
Hera86...
 
Location: Banjarbaru
Posts: 397
 
Menyanyangi mertua layaknya ibu kita itu bener banget dan saya setuju..sebelum saya dikasih cobaan pun..alhamdulillah hubungan kami berdua terjalin baik..meskipun awalnya saling sungkan..maklum lah..perkenalan dengan suami hanya 1tahun dan itu pun di luar pulau waktu kami sama2 kerja merantau..pulang2 dikenalin bumer, dilamar dan menikah.ketemu cuma 3x aja.
Tapi saya alhamdulillah cukup agresif dan pengertuan ma bumer..suami sbagai tulang punggung kluarga pun saya dukung klo berbagi penghasilan untuk kebutuhan kluarga mertua.
Apalagi bumer ga perhitungan dengan saya, saya hamil usia 7bulan balik ke rumah mertua di surabaya untuk lebih terjamin perawatan saya daripada saya merantau berdua dengan suami..endingnya LDM ma suami..kebetulan ibu kandung juga sudah meninggal jadi ga bs klo semisal nanti bantu persalinan.
Lebih menghargai bumer karna saya sempat di TM 3 opname terkena infeksi saluran kencing dan ga boleh naik turun tempat tidur rs dikarenakan kenceng2 konpal juga waktu itu.
Terpaksa karena ldm dengan suami dan adanya bumer yg bisa menjaga di rs..bumer lah yang nadahin air urine saya pake pispot..
Saya sungkan pastinya..tapi bumer ga problem atau jijik..
Saya cuma bs berdoa..Ya Allah..jikalau saya diberi umur panjang..smoga nikmat sehat selalu menyertai kami berdua..tapi bila di masa tuanya bumer sakit saya akan gantian merawat beliau sekuat kemampuan saya dan setulus hati saya...
 
  #5  
Old
zzidri...
 
Posts: 139
 
iya bund,
aku agak ga cocok ama mertua , tp g bs cerita disini.
yg penting aku dh berusha jadi mantu yang baik
 
  #6  
Old
Kinan2...
 
Posts: 159
 
Kebetulan aja ya bu ts dpt mertua yg baik . Dan waras. Dalam arti . Kita hormati kitakasi pengertian dia sadar. Nah ada juga yg ga waras bumer e. klu bu ts bisa buat thread kayak begini karna ga ngalamin punya bumer yg ga ketulungan tingkah sikap dan mulutnya .
Klu ditanya gimana klu kita nanti ygjadi bumer punya menantu ga syg Ke kita. Karna saya tau rasanya ngebatin ma bumer. Uda pasti nanti sy klu jd mertua ga mau kayak mertua sy perlakukan menantunya. sebisa mungkin sy bareng menantu kompak e kayak temen. bukan dimusuhin
 
  #7  
Old
Musyaf...
 
Posts: 304
 
Alhamdulillah yaa dianugerahi ibu mertua yang pengertian. Saya juga alhamdulillah begitu bunda.. ibu mertua pengertian sekali. Kalau inget ibu mertua itu sudah seperti ibu sendiri walau masih agak sungkan soalnya pernikahan baru berjalan 1 tahun bund dan juga selama hamil saya berada di rumah orang tua saya sendiri. Hehehe.. karena beberapa pertimbangan sih bund tentunya, bukan bermaksud ambil nyamannya sendiri.

Ibu mertua saya itu gak neko2 bunda, beliau sangat apa adanya. Yah, meskipun terkadang geregetan sama saya karena ada beberapa kebiasaan kami yang berbeda. Wkwkwk.. saya sih cuman ketawa2 aja kalau sudah begitu. Tapi salutnya itu adalah beliau betul2 baik hatinya bund. Sama tetangga aja perhatian banget, apalagi sama anak2nya. Bahasa gahulnya penuh tatih tayang..
Dan nanti kalau sudah melahirkan rencananya ibu mertua langsung cuss ke tempat saya bund. Paling enggak semingguan lah sampai dedek aqiqah-an. Maklum, si dedek insy jadi cucu sekaligus buyut pertama di keluarga saya dan keluarga suami. Jadi setiap telepon saya diwanti2 betul, gak boleh naik motor lah, piring bekas makan harus dicuci sendiri lah, gak boleh ini lah, itu lah.. hehehe
Saya makluk, itu semua juga demi kebaikan saya dan dedek..

Semenjak pernikahan kami, suami yang kerja di luar kota jadi sering jarang pulang ke rumah orang tuanya bund. Padahal dulu sebelum menikah memang suami rutin pulang ke rumah orang tuanya. Meskipun begitu alhamdulillah ibu mertua tidak merasa iri ataupun berpikiran negatif terhadap saya. Saya pun juga tidak melarang suami apabila ingin pulang ke rumah orang tuanya bund. Bahkan saya anjurkan untuk pulang ke rumah orang tuanya seperti biasa supaya mengobati rasa rindunya terhadap orangtua, karena saya paham sekali dengan suami saya yang sangat sayang keluarganya. Dulu pas masih hamil muda pun saya tawari pulang bersama2 kesana untuk mengobati kerinduannya, tapi apa daya saya sendiri tidak diperbolehkan ibu mertua perjalanan jauh dengan alasan supaya dedek kuat dulu di dalam perut (biar gak keguguran, tapi ya sama saja, pas TM 2 maupun TM3 rencana mau pulang ke rumah orang tua suami tetap tidak diperbolehkan dengan alasan yang sama ).

Suami sendiri yang menolak pulang bund, katanya nanti saja kalau sudah dekat dengan waktu pernikahan adik sepupunya (menjelang Ramadhan). Mungkin suami sedang senang2nya menanti kelahiran dedek jadinya kalau rindu ingin pulang ke rumah orang tua cukup telepon atau video call saja, teleponnya pun seringkali saat duduk di sebelah saya sembari mengabarkan keadaan saya dan dedek baik2 saja..

Semoga nanti apabila saya jadi ibu mertua bisa menjadi ibu mertua yang baik bagi menantu saya. Asal menantu saya juga baik dan menghargai saya yah bund, kalau enggak ya saya jitak.. wkwkwk.. becanda bund

Saya sih yang heran malah sama adik ipar bund, cewek. Kalau ngomong kayak naik mobil yang remnya blong. Wkwkwk.. pernah sih saya dibikin jengkel. Masak waktu telepon trus ditanyain udah hamil apa belum trus dijawab sama suami kalau saya belum hamil trus saya dibilang kalau saya "kopyor" bund? (Kalau ibarat telur itu telur busuk bund, gak bagus kualitasnya). Kebetulan pas dia bilang gitu di telepon itu dia gak tau kalau lagi di loudspeaker sama suami saya. Jengkel dong bund. Dia sekarang lagi program hamil bund, udah hampir 9 bulan usia pernikahannya.. saya sih cuma bisa ngasih saran dan bantuan semampu saya aja. Kayak roti hamil susu hamil atau madu hamil yang masih ada dan layak beri yaa saya berikan bund. Siapa tau ketularan. Saya pun gak pengen memendam kejengkelan saya bund, biar dedek juga nanti jadi pribadi yang lembut hatinya.. aaamin
 
  #8  
Old
Regina...   TS 
 
Posts: 330
 
@ Bunda Asri : bicara aja lagi sama bumernya bun , kasi pengertian kalau bunda pengen lahiran tempat mamanya bunda , klau bumer masi kekeuh minta tolong sm misua aja untuk ngomongin tapi ttep harus baik2


@Bunda Hera : alhamdulilah bun dkasi bumer yang baik ya


@bunda zz : iya bun yg penting kita terus berusaha baik aja , dbalas baik apa gaknya biar tuhan yang tau


@bunda kinan : wahhh iya bun harus itu nanti kompak sama menantu , biar nnt menantu kita sayang ama kita


@bunda musyafa : alhamdulialah ya bunnn
 
  #9  
Old
Pichan...
 
Posts: 489
 
Replying to: View Post
hi bunda bunda semua , apa kabar ? semoga bunda semua dsni sll sehat ya ...


saya mau berbagi cerita ini karna juga kebetulan banyak sekali saya melihat diforum sini thread tentang mertua dan baru2 ini saya melahirkan anak laki2.
saya sangat senang setelah anak pertama saya perempuan dan kedua ini dapat anak laki2.

bunda yang punya anak laki2 gimana rasanya ? pernah mikir gak nanti anaknya besar gimana , dsekolahin dsayangin sampai besar , drawat , sampai jadi orang hebat trs anaknya diambil perempuan lain (istri anak) .
saya gak bisa ngebayangin bun kalau istri anak nanti gak bisa sayang sama kita ?

mungkin karna itu knp kebanyakan mertua yang sering berselisih paham sama menantu , dkarenakan karna mungkin istri nganngap ibunya suami manjain banget suaminya , padahal gmn kalau kita dposisi sebagai mertua .

alhamdulilah selama ini mertua saya baik , sangat baik , knp ?
krn saya memperlakukan mertua saya seperti org tua saya sendiri , gada jarak gada rasa iri cemburu pokonya saya sayangi tulus dan kebalikannya mertua saya sangat sayang sekali sma saya .


bunda2 kalau mmg ada masalah sm mertua cb deh dkomunikasiin baik2 dan jangan pernah anggap orang tua suami itu org lain dan coba memposisikan kita sbg mertua nanti insyaallah klo kita baik sama mertua nanti kita juga dbalas kebaikann dikedepannya :*

Well, saya jujur ya bun., saat saya baru merid itu, saya bener2 ngerasa mertua sbg ibu saya sendiri., krn mama saya jg omong pas sy pamit mau merid,

"itu mama km jg tuh sekarang, kamu harus hargain dy dan hormatin dy jg"

Perkataan itu terngiang2 d kepala saya., dan saya menghargai bener2 ibu yg membesarkan suami saya krn ia lah suami sy bs jd org yg berguna dan bs pantas jd suami saya smpe skrg kan?

Awalnya begitu, tapi bulan2 awal saya merid, mertua saya ngomong pakai bahasa daerah terus.., awalnya saya ajak obrol pakai bahasa indo donk, krn sy ga mengerti bahasa daerah gt kan (kebetulan mertua asal dr pontianak dan memang org daerah)

Tapi makin kesini makin bikin kesel bun jujur

Bayangkan: saya yg punya adik 2 drumah, lengkap dg ortu saya dan 2 anjing, dirumah saya selalu ramai, kita bs gossipin banyak hal, dr politik, artis, sampai hal2 ga penting.

Tapi drumah mertua saya, saya cm bisa obrol film india, itupun sedikit sekali obrolannya dan kalau suami pulang, mertua selalu ajak obrol dg bahasa daerah.., jujur sy sakit hati bun2.,, saya bingung, apakah mertua memang ga suka sm saya (secara sy menantu perempuan satu2nya dan masih tinggal sama beliau, mertua lelaki saya tinggal jauh d daerah, kadang baru balik kerumah itupun cuma beberapa hari), atau emang dy ga bs bahasa indo?

Ga bs bahasa indo? Gak. Dy bs bahasa indo kok. Dy bs obgol banyak sama pembantu, bahkan bergossip, tapi sama saya?

Satu yg saya paling ga bs lupa: saya pernah mau masak drumah, saya liat ada panci dan cooking utensils gt lah ya, saya tanya,
"Mama, ini yg bisa dipakai yg mana yak?"
Kebetulan suami lg drumah, mertua saya panggil suami, ngomong pakai bahasa daerah dan suami translate ke sy.,

Saya ga ngarti lg perasaan saya kae gmn itu., saya ddepan beliau, beliau omong ke suami, suami jelasin ke saya., laaaaaah bukannya lebih enak klo lgsg omong yak????
Ini jg bknnya blg mertua sy jahat, mertua sy baik bngt, baik dan memikirkan saya, tapi drumah dan dmn2 yah omong pake bahasa indo tohhh yaaaa jgn bkin menantu tersingkir gt (soalnya mereka 1 keluarga bs bahasa daerah itu, cici2 nya suami sy jg pd bs, tp mreka dan papa mertua slalu bicara pakai bhs indo klo ada saya)

Saya udah beribu2 kali nangis dan confront suami mengenai ini, suami tentunya pastinya ngebela mamanya., saya pun berkali2 bilang, saya sayang sama mama juga, tapi saya ga abis pikir knapa bgini., suami bilang krn masih ga enakan sama saya., tapi kan kae bgini bkin sy ga bs betah drumah yak???

Akhirnya sampai sekarang saya sudah mw 2 tahun menikah, masih saja begitu bun.., krn sy lg hamil, saya ga mau banyak memikirkan itu, takut anak saya nanti malah jd pro ke mertua apalagi pas mertua tau saya hamil tuh seneng jg, tapi biasa ajah gt bun reaksinya krn emang ud punya 3 cucu lengkap (cewe & cowo), jd wajar lah ya reaksinya biasa ajah atau emang beliau susah buat kasih reaksi jujur

Saya sih ga banyak mikir lagi, cuma keluarin unek2 dsni ajah, bahwa mencintai mertua memang ga mudah, apalagi dg kondisi saya, dimana suami jg ga enak mw omong sm mertua utk bicara bahasa indo., tapi memang, yah mau gmn lg.., toh jg mertua memang sudah tua, kalau dibandingkan dg mertua org lain yg lebih extreme, mertua sy masih lebih mendingan lah ya....

Sekarang kondisi saya hamil jg hamil diperkirakan anak cowo., saya perbolehkan dy dekat sm mertua kok, emang normal.., tp dy ga boleh dipaksa diajarin bahasa daerah itu KECUALI dy yg mau sendiri hahaha,, jdnya sy somse bngt sm spesifik bahasa daerah itu ajah.., dan skrg toh sy kerja juga, jd banyak ga drumah,, well, so far itu bkin saya jaaaaauh lebih bahagia, walau perut makin besar dan makin berat jalanin kerja, masih mending drpd drumah terus dan diem2an sm mertua hahahhaha

Jd begitulah bun cerita saya.., mohon maaf klo kepanjangan soalnya sekalian keluarin unek2
 
There is no better feeling than the movement of life inside you
  #10  
Old
Hamida...
 
Location: bandar lampung
Posts: 146
 
Jujur saja saya menantu yg ndablek, malesan.

Untungnya mertua sabar. Sabarrr bgt. Gak pernah marah. Paling nasehatin alus. Atau klw lg capek pasang muka ksel lgsg sy ajak ngbrol. Dan pijit2..

Dia mklum kndisi sy yg lg hmil muda. masakan pun mamak mertua yg masak. Sy anggp emak sndri.

Beliau contoh ibu yg baik. Seorang guru ngaji sederhana, baik dgn smua orang. Saya sgt mnghormati beliau. Tp sy berusaha mengakrabkn diri.

Pokok e i love you full mamak saurip mamak mertuaku ..

terima kasih sudah menerimaku sbgai mnantu, mnyayangi ku, mengurusi aku tatkala aku sakit, mengajari aku ngaji, mengajakku pngajian dan semua hal baik yg kau ajarkan. Dan terima kasih atas doamu kepada ku dan suami. Nasehat mu akan daku ingat &aku lakukan.
 
  #11  
Old
Ayukd...
 
Posts: 796
 
Haha jadi keinget mama mertua nan jauh disana.. jujur aja saya itu awalnya takut sama mama mertua.. tp ya ditutup2in haha..
Takut pas hamil trus diajakin kerumah mertua nanti aku kalo gini2 gimanaaa .. soalnya mertua ku di bandung bunda ada kerjaan disana.. sedangkan aslinya di desa wonogiri jawa tengah.. aku sendiri orang solo.. beliau pulang kedesa cuma kalo ada kepentingan ajaa. Sebulan sekali atau 2minggu sekali.. trus sekali pulang aku sama suami pasti kesana juga.. jadi gapernah yg namanya seminggu sama mertua gitu paling sehari 2 hari aja.. tlfon2 ajaa gitu bunda hehe.. kalo ketemu ya baikk sering cerita bercandaan gitu..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
melahirkan normal anak ke-2 setelah anak pertama lahir secara sectio -- Kenalan Yuk! 16
Hamil anak perempuan, anak laki2 atau anak kembar -- Diskusi Umum 0
anak ke 2 laki2 lagi?! -- Diskusi Umum 7
antara cucu anak perempuan dan anak laki2 -- Ngobrol Apa Saja 0
Anak laki2 kebih berharga daripada anak perempuan??? -- Ngobrol Apa Saja 23


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:22.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com