Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
ocak...   TS 
 
Posts: 10
 
Replying to: View Post
Maaf ya dik saya komentar lagi...

1) soal cuma buruh dan lulusan smp, bagaimanapun si anak skg bisa hidup krn merka kasih sandang pangan papan buat si anak. Kalo ga ada susu, baju dan atap anak manapun akan mati.

2) nanti saya lulus... ketika adik lulus dan dpt kerjaan, siapa yg jaga si anak sementara adik kerja? Gaji pengasuh+ biaya hidup adik + anak, cukup ga gaji adik? Yg kuliah aja skg berat.

Kata kuncinya ... nanti. Memang kalo adik ikut aturan yg benar lulus dulu, kerja, nikah dan punya anak, itu ga akan ada masalah ini.

3) soal tante.. saya ga membenarkan dia kasih anak adik yah. cuma saya pikir kenapa dia ambil ambil anak lagi krn dia merasa adik ga akan berbakti sama dia. Makanya dia mau ambil anak yg dia harap bisa jagain dia wkt dia tua. Sekali lagi saya ga tegasin ini bukan tanda saya setuju ama tindakan tante. Cuma mencoba memahami jalan pikirannya.

Kalo si ibu angkat yg skg balik blg kenapa ga adik sayang anak yg diangkat tante, bagaimana pun itu seorang anak yg ga berdosa dan butuh kasih sayang. Sudah dipisahkan dari ortu juga.

Maaf saya juga ga punya solusi soal anak adik. Cuma mau memperluas cara berpikir adik aja ga hanya dari sisi adik saja.
gmna saya mau sayang yg ada mlah benci. .krna dia tlah mnggantikn posisis saya & anak saya. .wlau bgaimnapun saya lbih berhak drpd anak tsb krna saya udh dri kecil tinggal dg nenek saya. .saudara saya jg bilang sperti itu. .saya akui memang saya khilaf bund. .saya jg gk prnah mngulanginy lg saya jg tdak prnah pcran lg dg siapapun. .emg gk ksempatan lg buat saya yaa bund buat jd yg lbig baik. .saya gk yakin jg anak itu bkal ngrawat tante saya pas tua. .namany jg anak jaman skrng tau sndiri apa lg tante saya tsb jd wp. .bisa jd klo tmen"ny tau jg d bully sperti saya dulu. .skrng d rumah nenek saya jg anak tante saya J yaitu kakak dari tante saya K/adk bpak saya. .dia pnya anak 2 sering bngett bntak" nenek saya mana tante J tsb diam ajaa. .dia pro sama tante saya K yg adopsi anak tsb krna tante J dan anakny d biayai olh tante saya & gaji 500,an/bln. .pdahal dia masih pnya suami & blum cerai bund. .gk d nafkahi jg. .itu kn jg bkan tanggung jwab tante saya K kn msih ada suami. .tp dia tinggal dg nenek saya. .suaminy d lampung. .yg lainny gk stuju sbenernya bund. .bsok klo sampe nyuruh saya ngrawat dia pas tua mau gmanapun saya bersumpah gk bkalan mau

---------- Post added at 14:02 ---------- Previous post was at 13:53 ----------

Replying to: View Post
Bunda ocak..

Dengan posisi bunda sekarang sebagai seorang ibu, saya tau pasti sedih sekali.
Bunda merasa memiliki hak untuk mengasuh dan mendidik anak bunda sendiri, betul?

Saya memang belum menjadi seorang ibu, tapi beberapa kali saya ikut membantu mengasuh anak dari sepupu saya..
Saya sangat menyayanginya.. Kebetulan anaknya sangat lucu dan menggemaskan. Ibunya seorang wanita karir yg harus merelakan anaknya di asuh oleh orang lain sementara dirinya bekerja. Dan saya pada saat itu hanya membantu pengasuh saja kebetulan saya sedang berada di rumah ortu saya.

Si anak hanya beberapa hari dititipkan dengan saya.. Tapi diluar dugaan anak tersebut jauh lebih menyayangi saya ketimbang ibunya.. Bahkan ketika saya pulang ke jogja anak tersebut terus mencari saya hingga orang2 disekitar heran sekaligus trenyuh. Si anak acuh sekali terhadap ibunya tapi begitu begitu tau saya datang si anak menyambut ceria kemudian memeluk saya dengan mata berbinar2.

Bunda..
Saya menangis ketika terpaksa meninggalkannya.. Saya sadar ia bukan anak saya meski anak tersebut lebih mennyayangi saya ketimbang ibunya sendiri.

Tapi di sisi lain, ternyata sang ibu justru lebih dlu menangis.. Iya mengatakan bahwa, anaknya memang terlahir dari rahimnya.. Tapi karna keegoisannya, si anak malah merasakan begitu dicintai dan disayangi oleh orang lain..

Bunda ocak..
Saya ingin bunda tau..
Saya yg hanya beberapa hari merawat saja rasanya sangat sedih ketika harus berpisah dengan anak tersebut.. Apalagi yg sudah tahunan?

Kemudian.. Siapkah bunda merasa sakit karna anak lebih menyayangi orang lain ketimbang bunda sendiri?
Dan siapkah bunda melihat anak tertekan karna harus berpisah dari orang yang selama ini merawatnya dan ia kasihi layaknya ibunya sendiri??

Usia bunda masih sangat muda.. Untuk sekarang coba bunda fokus selesaikan sekolah dulu.. Setelah itu cari kerja..

Jangan lupa terus berdo'a semoga suatu ketika bunda di pertemukan kembali dan dimudahkan jalannya untuk bisa berkumpul dengan anak bunda ..

Jangan terlalu memaksakan kehendak bunda..
Masalahnya kompleks, maka selesaikanlah 1 per 1.

Kita hanya manusia biasa, tapi ada Yang Maha Kuasa..
Tetap jadi manusia yg baik..
Berusahalah lebih tenang dan berfikir jernih..
Apalagi meskipun masih muda.. Bunda sudah jadi seorang ibu, HARUS lebih dewasa dan bijak dalam berfikir dan bertindak.

Rasa sakit hati dan emosi hanya akan membuat bunda semakin gelisah dan salah arah..

Bagaimanapun bunda harus mempertimbangkan kenapa tante mengambil anak orang lain daripada mengasuh anak bunda.
Jangan hanya berfikir dari sudut pandang bahwa bunda adalah "korban" dalam masalah ini.

Maaf jika kurang berkenan.. Saya hanya berharap yg terbaik untuk bunda..
anak saya tsb yg ngasuh jg bkan ortuny bund. .tp neneknya. .ortunya seharian kerja

---------- Post added at 14:15 ---------- Previous post was at 14:02 ----------

Replying to: View Post
Setelah berpikir, saran saya adalah, adik teruskan bersekolah, ambil hikmah dari sini. Jangan seks sbm nikah. Carilah laki baik2 dan menikah dan punya anak sesuai urutan yg benar.

Biarkan si anak bahagia sama ortu angkatnya. Kalo memang nanti ekonomi adik lebih baik dari ortu, adik bisa selalu membiayai sekolah sih anak. Kalo sakit, adik bisa bantu biayai rs/dokter. Tetap jaga hub baik dengan kedua ortu.

Jujur saya pikir adik merasa perlu menyalahkan tante tp kalo dipikir2 kenapa adik ga berjuang lebih keras wkt itu. Keluar dari sekolah, jadi buruh pabrik, dagang nasi depan rumah dsbnya demi menafkahi anak. Nasi sudah jadi bubur, ga mungkin minta kembali. Adik bisa selalu mendoakan terbaik buat si anak.

Waktu itu adik sudah memutuskan tak mau nikah dan kasih anak itu demi masa depan kalian yg lebih baik. Yah jalanin walau saya juga ga kebayang susahnya kehilangan anak. Tapi setidaknya adik bisa melihat dia dari jauh.

Sekarang fokus menata masa depan adik supaya jangan seperti tante yg salah jalan (dari sisi mata pencaharian). Syukur2 adik punya kesempatan membiayai si anak dan dikaruniai kesempatan punya keluarga dan anak lagi.
gk mngkin dong bund saya jd buruh pabrik. .kerjany capek & gaji yg gk sberapa dg umur. .klo d pabrik kn slrmg cuma kontrak. .& gk ada jenjang karirny jg. .saya yg waktu itu msih 15 th. .wajah saya masih anak" bnget bund. .bude saya nyuruh saya lnjut sklh lg biar dpet krja yg lbih baik dia brpkiran krna saya trgolong lumayan pntar,lah sayang klo gk sklh lg. .dia jg nyuruh saya untuk kuliah bund. .bude saya ini jg mengadopsi anak bund cow skrng udh SMP. .mngkin dia jg brpikiran biar nnti klo anakny suatu saat tau klo dia anak adopsi pstii marah soalny dulu dia jg prnah nanyain hal itu k bude saya. .
 
  #17  
Old
Pichan...
 
Posts: 489
 
Halo bunda Ocak., saya bantu ngobrol ya siapa tau bisa membantu pikiran Bunda jd bisa lebih terbuka

Kalau masalah Bunda yg sakit hati dg tante Bunda, itu sebenarnya masalah pribadi., Bunda tdk bijak kalau melampiaskannya ke anak Bunda., apalagi kalau Bunda sampai bilang kalau anak yg diadopsi sm tante Bunda itu ga bakal tahan sm tante Bunda dll, bagaimanapun juga tante itu kan sudah membantu pengeluaran Bunda sampai Bunda dilepas "secara mendadak" sama dy dan mengadopsi anak yg bkn anak Bunda.

Jujur ya Bun, menurut saya, Bunda itu sakit hati. Benar-benar terluka dan sakitnya sampai bisa bilang anak yg diadopsi ga bakal ngerawat tante Bunda sampai tua., tapi apakah Bunda bisa yakin kalau memang anak Bunda yg drawat tante Bunda bakal bisa ngerawat tante sampai tua?

Saya disini tidak membela tante, namun melihat seberapa sakit hatinya Bunda, coba dilihat lagi, semua adalah resiko dr apa yg sudah Bunda ambil: berhubungan dluar nikah, tdk menyerahkan anak ke suami, menyakiti tante Bunda, merelakan anak dg perjanjian diatas materai, sekolah lagi dan sebagainya.

Mau bagaimanapun juga, dengan / tanpa tekanan dr luar, Bunda sudah secara sadar mengambil semua keputusan yg mengakibatkan hasil yg sekarang.

Saran saya, drpd berkutat dengan bagaimana "membahagiakan / merebut" anak Bunda dr ortu asuhnya yg mungkin bisa lebih merawat dy secara finansial, Bunda coba fokus menata hidup Bunda dulu.

Buktikan ke ortu asuh anak Bunda bahwa Bunda bisa menata hidup, secara dewasa dan bekerja secara benar. Mungkin suatu saat nanti Bunda akan diperbolehkan menemui / mengungkapkan identitas Bunda ke anak Bunda.
Namun Bunda harus bijak. Anak Bunda sudah diserahkan, dan Bunda juga harus bisa siap secara mental dan finansial untuk mendukung pertumbuhan anak Bunda apabila memang nantinya dikasih utk merawat anak Bunda.

Maaf ya kepanjangan banget, dsni saya pikir Bunda perlu coba melihat lebih dalam lagi ke kepentingan anak, bukan kepentingan yg Bunda pikir "membahagiakan anak" pdhl Bunda pun masih harus menata hidup dan belum siap menopang hidup anak Bunda.

Semoga Bunda bisa lebih bijaksana ya all the best!
 
There is no better feeling than the movement of life inside you
  #18  
Old
ocak...   TS 
 
Posts: 10
 
Replying to: View Post
Halo bunda Ocak., saya bantu ngobrol ya siapa tau bisa membantu pikiran Bunda jd bisa lebih terbuka

Kalau masalah Bunda yg sakit hati dg tante Bunda, itu sebenarnya masalah pribadi., Bunda tdk bijak kalau melampiaskannya ke anak Bunda., apalagi kalau Bunda sampai bilang kalau anak yg diadopsi sm tante Bunda itu ga bakal tahan sm tante Bunda dll, bagaimanapun juga tante itu kan sudah membantu pengeluaran Bunda sampai Bunda dilepas "secara mendadak" sama dy dan mengadopsi anak yg bkn anak Bunda.

Jujur ya Bun, menurut saya, Bunda itu sakit hati. Benar-benar terluka dan sakitnya sampai bisa bilang anak yg diadopsi ga bakal ngerawat tante Bunda sampai tua., tapi apakah Bunda bisa yakin kalau memang anak Bunda yg drawat tante Bunda bakal bisa ngerawat tante sampai tua?

Saya disini tidak membela tante, namun melihat seberapa sakit hatinya Bunda, coba dilihat lagi, semua adalah resiko dr apa yg sudah Bunda ambil: berhubungan dluar nikah, tdk menyerahkan anak ke suami, menyakiti tante Bunda, merelakan anak dg perjanjian diatas materai, sekolah lagi dan sebagainya.

Mau bagaimanapun juga, dengan / tanpa tekanan dr luar, Bunda sudah secara sadar mengambil semua keputusan yg mengakibatkan hasil yg sekarang.

Saran saya, drpd berkutat dengan bagaimana "membahagiakan / merebut" anak Bunda dr ortu asuhnya yg mungkin bisa lebih merawat dy secara finansial, Bunda coba fokus menata hidup Bunda dulu.

Buktikan ke ortu asuh anak Bunda bahwa Bunda bisa menata hidup, secara dewasa dan bekerja secara benar. Mungkin suatu saat nanti Bunda akan diperbolehkan menemui / mengungkapkan identitas Bunda ke anak Bunda.
Namun Bunda harus bijak. Anak Bunda sudah diserahkan, dan Bunda juga harus bisa siap secara mental dan finansial untuk mendukung pertumbuhan anak Bunda apabila memang nantinya dikasih utk merawat anak Bunda.

Maaf ya kepanjangan banget, dsni saya pikir Bunda perlu coba melihat lebih dalam lagi ke kepentingan anak, bukan kepentingan yg Bunda pikir "membahagiakan anak" pdhl Bunda pun masih harus menata hidup dan belum siap menopang hidup anak Bunda.

Semoga Bunda bisa lebih bijaksana ya all the best!
klo emg dia mau ambil anak yaa udh anak saya gk usah d kasih orng lain mngkin saya lbih bisa nrima bund. .dia mau anak prempuan tp pas lahir laki". .apa bedany dg anak saya jg laki". .saya merasa klo Allah gk ngijinin dia buat ambil anak tsb. .krna tante saya pngeny prempuan pas d USG jg prempuan tp pas lahir cowok. .saya jg gk minta tante saya buat adopsi anak saya. .anak saya biar urusan saya gk perlu d adopsi sama dia jg gk msalah toh d kasih mkan duit haram jg. .msalah yg ngrawat pas dia tua yaa ttap saya bkan anak saya klopun dia mengadopsi anak saya. .dulu kn sering bngett ktmu 1 mgu skali. .mau gmna pun saya ttep gk bisa ikhlas bund dg cara dia yg sperti itu
 
  #19  
Old
anah23...
 
Posts: 34
 
Sekarang bunda mau fokusnya gimana?
Cari saran dan pengin anak bunda balik?
Flash back bun... Kenapa semua ini bisa terjadi? (Tanpa ada maksud menyalahkan lho ya.. Cba dipikir dengan tenang!)

Bunda2 dsini sudah memberikan saran dan pandangan yang bagus banget.
Hanya saja Bunda sendiri mau ga mencoba melihat dari SUDUT PANDANG YG LAIN?
try to think out of the box.

Analoginya : kita sekarang sedang bermain dalam sebuah labirin. Kita mencari jalan keluar kesana kemari dan hanya ketemu di tempat yg sama.
sedangkan orang yg diluar labirin , dan melihat keseluruhan pola labirin pasti lebih mudah menemukan jalan keluar.

Sama seperti dalam sebuah masalah.
Orang2 yg terlibat dalam sebuah masalah akan sulit mencari solusi JIKA ia hanya berfokus pada masalah Bukan FOKUS MENCARI SOLUSI.

----.

Umur bunda seumuran dengan adik saya, itu mengapa saya care dengan masalah bunda. That's all
 
  #20  
Old
Bella9...
 
Posts: 477
 
Sudah berapa lama gak ketemu dgn anak?
Apa pacarmu tau kalo anak kalian diadopsi orang?
Bersyukurlah,anakmu diadopsi orang walau cuma buruh... tapi uangnya halal.
Anak yg dikasih makan uang halal aja kadang ada yg tingkahnya nyeleneh,apa lg dikasih makan uang haram mungkin jd bajingan
 
Jangan suka baper,ini forum umum kalo tidak bisa menerima kritik jangan ngomong
  #21  
Old
sasyaa...
 
Posts: 50
 
Haduh bocah kok dikasih tau malah ngeyel, malah ngerasa bener. Ngapain nyalahin tante lu. Pake jengkel sm anak yg di adopsi, itu anak kan gakada dosa sama lu. Dr awal udh salah lu semua mau dipaksa jg kl emg sayang anak gkbkl tanda tangan surat perjanjian, skg mau lu proses ke pengadilan jg tetep menang itu yang adopsi. Skg dengerin tuh saran saran bunda2 yng lain diatas. Sorry kl kasar, kesel baca jawaban lo ngeyel dan merasa bener.
 
  #22  
Old
Hamida...
 
Location: bandar lampung
Posts: 146
 
Complicated bgt ya mslahnya.

Saya menyesalkan yg terjadi pd adinda
tp SEMUA NASIHAT patut diterima.

Nasihat semua bunda itu bagus. & kalau di pengadilanpun adinda akan kalah.

Kebetulan suami sy setiap hari menangani mslh tentang keluarga di Pengadilan Agama

Adinda.. adinda sebaiknya benahi hidup, perbaiki akhlak, sekolah, siapkan diri sebaik mungkin.

Kalau sdh ada rzky .. pakai jasa pengacara berbasis syariah di daerah adinda (APSI) jelaskan posisi adinda dan minta bntuan hukum. Insya Allah biaya tdk mahal.
 
  #23  
Old
Bunda ...
 
Posts: 2,215
 
Jadi jadi jadi....dari sekian banyak solusi mana yg akan ibu TS jalani?
Dijalani aja dlu solusi dr ibu2 sini, baru liat deh perkembgan kedepannya kyk gmn.

Klo ada keinginan pasti ada jalan.
 
"Be grateful for whoever comes"
  #24  
Old
Aidan...
 
Posts: 380
 
eh lo pnyusup... lu ngomng masalh agama lo nya aja g ber agama.. jng sebarin fto vulgar d sni forum ibu" lo mau jadi ibu"... apa lo udh jadi ibu abal"...
 
  #25  
Old
Alin u...
 
Posts: 2,250
 
Streeeesssss tu penyusup.. fhoto nya sungguh tidak baik..
 
  #26  
Old
zia994...
 
Posts: 17
 
Yg di kasih nasihat malah ngeyel hehe.. Jd bngung mw nya apa?? 😕
 
  #27  
Old
Aisa12...
 
Posts: 56
 
Admin, tlg hilangin gambr vulgar tsb & blokir id tsb. Risih lihatny.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Bunda...minta sarannya -- Diskusi Umum 7
Minta sarannya dong Bunda" -- Diskusi Umum 1
minta sarannya bunda ! -- Ngobrol Apa Saja 9
minta sarannya ya bunda.... -- Diskusi Umum 22
minta sarannya bunda -- Diskusi Umum 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:51.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com