Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Diann...   TS 
 
Posts: 11
Default (Hampir) Trauma hamil

Dear Bunda semua, mungkin ini sekedar curhatan karena saya tahu gimanapun harus tetap dijalanin

Saya sudah positif kemarin awal bulan, dokter bilang sudah sekitar 1 bulan. Tapi yg tidak dibayangkan, perubahan di fisik saya lumayan drastis. Badan saya lemasnya berlebihan dan perut sering sakit sekali, tidak tahu itu kram normal atau apa. Waktu pipis ada flek pink sudah 1 minggu lebih meskipun tidak sakit.

Saking sakit dan lemasnya, saya sama sekali tidak bisa beraktivitas. Bergerak pun rasanya tidak ada tenaga. Dengan surat dokter, kerja sudah absen 1 minggu dan masih ada 1 minggu lagi. Saya sungkan banget karena rencana masih mau mempertahankan pekerjaan saya dan tahun kemarin juga sering absen karena orang tua meninggal, tapi saya tidak tahu apakah keadaan saya ini akan seterusnya selama hamil atau hanya karena awal hamil.

Nafsu makan menurun drastis. Tidak bisa makan nasi putih. Suami sudah sering ketus karena kesal setiap hari pergi kerja dan tahu saya di rumah setiap pagi-sore hanya makan sangat sedikit dan sederhana seperti buah atau biskuit. Malam pun susah makan banyak dan jadi sering argumen karena suami khawatir saya tidak makan banyak gizi setiap hari.

Di rumah, suami mengurus semua kegiatan rumah tangga, dari beres2 rumah, cuci baju, siap2 makanan, dll. Suami pun mulai kesal karena sehari-hari pulang kerja kelihatannya saya hanya mengeluh sakit dan sama sekali tidak melakukan apa-apa di rumah dan harus suami yg mengurus semua kegiatan rumah tangga.

Sekarang saya lagi rutin obat dan vitamin dari dokter; folamil genio (asam folat), cygest & duphaston (penguat janin), ventol (pengurang sakit kram?). Dokter juga umumnya tidak berkata banyak selain "itu normal awal hamil", "banyak istirahat", "minum obat".

Saya prihatin banget dengan keadaan sendiri, mungkin juga saya yg terlalu manja. Tadinya rencana mau ada 2 momongan, tapi rasanya jadi trauma sendiri
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
fitria...
 
Posts: 300
 
bunda udah berapa lama nikahnya?
kok cepat x traumanya?
semangat bun kalau mau punya anak ya harus siap ngerasakan sakit, ini itu..
ini baru awal , belum lagi nanti perut besar susah gerak sana sini, melahirkan lagi sakitnya mnta ampun, dah lahir anak suka nangis rewel jadi ga bisa istrahat, dsb..

istighfar bun,,
kalau saran saya ya bunda resign aja klw ga enak minta izin terus n kasian suami juga kalau dia pulang kerja harus beberes rumah terus..tp kalau gaji bunda besar mnurut bunda kasian klw resign ya cari art tuk beberes rumah, nyuci, nyetrika, masak , dsb..
 
  #3  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Awal hamil memang wajar kaya ga ada tenaga. Saat ini tenaga ibu sedang diarahkan buat membentuk komponen janin di perut. Oleh krn itu ibu mesti fokus makan. Kalo ga bisa makan nasi bisa makan kentang, ubi atau lainnya.coba cari makanan yg bisa masuk. Cari jam2 makan yg lebih ga mual (kalo saya dulu malah pagi, sore ke malam makanan keluar lagi).

Soal malas, nanti kalo da 3 bulan baru paksain aktivitas. Saat itu tenaga juga pelan2 da pulih lagi. nanti k da tm2 ancaman keguguran da berkurang banyak baru banyakin aktivitas biar badan ga sakit2
 
  #4  
Old
Desy C...
 
Location: Pandaan
Posts: 322
 
Di luar sana banyak sekali pasangan yang ingin segera diberi momongan bun. Ikhtiarnya luar biasa. Teman saya sendiri saja sudah habis modal ratusan juta hanya untuk bisa merasakan yang bunda rasakan sekarang. Saya sendiri saat hamil muda sering pingsan dan beberapa kali masuk rumah sakit karena HG. Muntah, ga bisa makan apapun, dan banyak lg. Tapi saya tetap bersyukur bun. Saya nikmati. Saya anggap mual yang saya rasakan seperti sinyal cinta dari debaynya. Saya malah bahagia sekali dan merasa bersyukur. Saya juga bekerja dan tinggal hanya berdua dg suami jadi mual saya rasakan sendiri. Janganlah mudah mengeluh saat hamil bun, ga baik. Percaya deh, tm 2 bakal jadi lebih baik. Bukan cuma bunda yang morning sick parah, banyak bumil diluar sana yang mungkin kondisinya lebih parah dari bunda. Semoga tidak trauma hamil lagi ya bun
 
  #5  
Old
ifsa...
 
Location: Kebumen
Posts: 1,491
 
kayaknya gak cuma bunda TS yg hamilnya begitu deh
yg bolak balik masuk RS harus opname jg byk,,yg hrs bedrest 9 bln jg gak dikit...
 
  #6  
Old
dini10...
 
Posts: 546
 
Sabar bun. nikmati aja. lakuin apa yg mau bunda lakuin. tapi jgn dibawa stress. namanya jg TM1 emang ada yg begitu. malah banyak yg lebih parah. nikmati aja. bawa seneng aja krna bunda skrg sdang mengandung. ada janin di perut bunda yg bakal jd anak bunda. yg 8 bln lagi bakal hadir nemenin bunda dan suami.
 
  #7  
Old
Mama A...
 
Location: bekasi jawa barat
Posts: 142
 
Ya ampun sabar lah bu. Memang klo wanita hamil begitu. Dl saya jg ngerasain mual dan muntah cm tm 1 doang. Tp Alhamdulillah msh mau makan kecuali nasi ya. saya ganti pakai cemilan. Biar ga mual coba makan permen or cemilan sdkt2 tp sering. jgn makan trlalu bnyk. itu bikin muntah. ntr pas msk tm 2 br doyan makan. Brsyukur ga sampai opname ya bun. dl kaka ipar saya hamil anak pertama hampir 7bln kena mual muntah. msk rmh skt jg krn ga bs msk apa2. Dinikmati aja bu. sabarrrrrr
 
Marilah Kita Lihat....
Bahwasanya Diatas Langit....
Ternyata Masih Ada Langit....
  #8  
Old
Aprian...
 
Posts: 24
 
hai bun salam kenal.. udh berapa kali hamil bun? kalo menurut aku jgn mudah bilang 'trauma' yah.. soalnya banyak banget bunda² yg kepengen hamil n belum d kasih. hhehe
hamil itu rejeki dr Allah, berikut gejala kehamilannya.
 
  #9  
Old
fakhir...
 
Posts: 1,006
 
Bunda ga sendiri mengalami ini, malah banyak yg lebih parah. Mensugesti diri aja bunda, sugesti utk kuat, melawan malas, dan bahagiakan diri sendiri. Ga mau makan, usahain apa aja yg bisa masuk, keluar lg / muntah lg gpp, makan lg sedkit demi sedikit.

Aktivitas rumah tangga alhamdulillah dibantu suami ya bund, harus sangat disyukuri, bunda lakukan aja aktivitas sedikit demi sedikit, udh merasa ga kuat istirahat lg, klo udh ada sedikit tenaga aktivitas lg. Aktivitas bukan berarti ngerjain kerjaan rumah aja tp bisa jg, pagi2 mandi yg nyaman biar seger, jangan diturutin males ditempat tidur aja (kecuali klo emang kondisinya harus bedrest), klo udh ga kuat, tiduran lg, gitu2 aja jangan dipaksain tp jg jangan dibiarin terus terusan malesnya, krn akan malah tmbah stress klo melelulu nurutin rasa sakit dan malas di tempat tidur. Happy pregnant ya...tahan rasa sakitnya, sabar, nikmati, positif thinking dan bahagia ya bu.
 
  #10  
Old
tutial...
 
Posts: 416
 
semangat bunda, aku awal hamil begitu kok. lemeeeeees lunglai hehe
nyeri2 perut kayak yg mau haid, payudara juga sakiiit bgt kalo kesentuh, ngeflek beberapa kali mungkin karna kecapean
mual, muntah sampe masak pun aku harus pake masker dan ganti baju
ga masuk kerja ada semingguan, di kerjaan pun mual muntah kadang-kadang
tuh sama kan bun?

kalo aku lagi ngrasain sakit begitu, aku mah mikirin senyumnya anakku nanti bun pas udah lahir, jadi aku tahan2in deh rasa sakitnya.

semangat ya bunda, moga sehat selalu sama bayinya
 
  #11  
Old
Mydidi...
 
Posts: 134
 
Bunda jangan mengeluh, nikmati bun.. Memang begitu proses nya. Diluar sana banyak bunda bunda yang merasakan lebih parah. Temen deket saya nih bun sampe harus bedrest selama 9 bulan demi janin yang dikandungnya. Kalo masalah lemes, mual muntah saya juga ngerasain cukup parah.. Bahkan saya muntah di depan kantor.. Pasar.. Di jalan..dikamar mandi (udah gak kehitung berapankali). Tapi saya gak pernah kepikiran untuk trauma hamil.. Karena saya juga bekerja.. Mau gak mau saya harus mensugesti diri harus kuat.. Kuat..kuat..
Positif thinking bun... Masa itu akan terlewati.. Kasian juga kalo debay sampe ngerasa.. Inget loh emosi ibu itu bisa tersalurkan sama debay...
Semangat ya bunnn... Nikmati perjalanan menjadi seorang ibu
 
  #12  
Old
mamapu...
 
Posts: 148
 
Bunda sabar ya
Perubahan2 bakalan terus berlangsung sampai hamil 9bln sampai melahirkan
Semangay bun ini bunda dpt amanah debay berarti optimis bunda bisa
Tm1 lemes mual muntah
Berikutnya sesak napas, nyeri punggung, kaki bengkak, dedek mendang2 di dlm, strechmark, perut gatal, dll bakalan bnyk perubahan bun
Dibawa enjoy aja dinikmati masa2 hamil ini. Besok klo dh lahiran ank dah gede malah kangen masa perjuangan hamil
 
Enjoying my strom like it's a game 😉
  #13  
Old
Diann...   TS 
 
Posts: 11
 
Makasih banyak bunda semua atas komen dan dukungannya. Sangat betul2 memberi semangat batin buat saya. Mungkin memang saya lagi galau aja ya bun, maklum baru hamil pertama kali nih bun jadi ga nyangka ternyata perjuangannya akan sangat berat.

Memang betul harus saya syukuri atas debaynya dan juga suami yg selalu bantu rumah tangga dan masih sabar dalam segala hal, meskipun kadang kesel kalo saya terlalu banyak mengeluh karena terlalu khawatir keadaan saya dan debay. Mertua juga jadi overprotective sering antar masakan2 sehat meskipun saya sering susah makan malah jadinya dimakan suami semua.

Mohon doanya supaya saya kuat dan debay sehat selalu ya bun. Saya doakan juga buat bunda semua, terutama bunda yg lagi menunggu debay
 
  #14  
Old
Yuli55...
 
Posts: 293
 
Sabar bun... Aku hamil anak pertama, mual muntah parah sampai opname di rumah sakit, baru keluar seminggu, pendarahan, masuk rs lagi... Habis itu bedrest sampai uk 5 bulan. Urusan melahirkan jangan ditanya deh ya sakitnya macam apa...
Sekaranh hamil anak kedua, sama juga, mual muntah parah sampai opname, sekarang uk. 10w masih tiduran aja kerjanya soalnya kalo berdiri lama bawaannya pusing dan lemes. Anak pertama dijagain sama mama dulu, sambil sesekali aku bantu juga kalo pas lagi fit.
Trauma? Waktu hamil anak pertama sih ga trauma bun, cuma pas anak kedua, agak dikit trauma soalnya ternyata ditiap kehamilan aku ngalamin hal ini. Udah sepakat sama suami yang liat aku menderita banget kalau 2 anak aja cukup. Soalnya suami juga ga tega liat istrinya saban hamil bukannya timbangan naik, malah turun sampai 5 kilo lagi bun. Skrg timbanganku 44 kg dari normalnya 48-49kg dan masih terus menurun bun walaupun cek debay beratnya masih bagus. Artinya ibunya yang kurang gizi.
 
  #15  
Old
vergia...
 
Posts: 1,036
 
Kalo orang hamil ngga mengeluh itu jadi surganya bu katanya...
Bilang gni aja un saa diri sendiri: alhamduillah nikmatnyaaaaaa heeee

Beginilah perjuangannya bun sabar ya.....
Aku aja 2x kegguran bu alhamd ini hamil lagi dan sempet opnme bun apa ngga kuatirnya kaya apa...

Alhamd skg dh enakn bun...dede juga sehat

Btw bunda hamil brp week??
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Agak trauma hamil nih... -- Diskusi Umum 29
Trauma hamil -- Diskusi Umum 1
hamil 15w msh trauma dng toksoplasma.. -- Ngobrol Apa Saja 6
Trauma hamiL malah hasil (+) -- Diskusi Umum 14
Trauma hamil ektopik -- Diskusi Umum 34


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:23.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com