Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
boyy...   TS 
 
Posts: 302
Default ASI Membuat Sikap dan Perilaku Anak Lebih Baik

Vemale.com - Tidak ada habis-habisnya pembahasan manfaat ASI bagi ibu dan anak. Selain dari segi kesehatan, pemberian ASI bisa membuat perilaku anak lebih baik di kemudian hari. Anak yang diberi ASI cenderung lebih penurut dan terhindar dari berbagai perilaku negatif seperti berbohong dan mencuri.
Beberapa manfaat ASI antara lain membuat anak memiliki IQ yang lebih tinggi, lebih jarang terkena infeksi dan terhindar dari kegemukan. Bagi ibu, pemberian ASI menurunkan risiko kanker payudara. Selain itu, ASI akan membuat anak memiliki sikap dan perilaku yang lebih baik. Mereka akan terhindar dari gelisah, hiperaktif dan perilaku yang buruk, demikian hasil penelitian yang ditulis dalam Archives of Disease in Childhood, dilansir Readers Digest.
Penelitian yang dilakukan Oxford Universitymenemukan bahwa anak yang mendapat ASI selama 4 bulan atau lebih memiliki perilaku yang baik. Penelitian yang dilakukan pada 10.000 bayi yang lahir pada tahun 2000 dan 2001 memperlihatkan bahwa saat berusia 5 tahun, 16 persen anak yang diberi susu formula memiliki perilaku hiperaktif, berbohong bahkan mencuri. Sedangkan masalah yang sama hanya terjadi sebanyak 6 persen pada anak yang diberi ASI.
Fakta tersebut kemungkinan besar terjadi karena ibu yang menyusui cenderung lebih berpendidikan, lebih mampu mengajarkan perilaku baik dan berasal dari latar belakang sosial ekonomi yang lebih tinggi. Saat penelitian dilanjutkan setelah anak berusia lebih dari 5 tahun, perilaku mereka yang diberi ASI jauh lebih baik dan memiliki risiko berperilaku buruk lebih rendah 30 persen dibanding anak yang minum susu formula.
Para ahli meyakini bahwa selain ASI, ikatan ibu dan anak, serta metode mendidik anak berkaitan dengan perilaku baik anak di masa yang akan datang. Ayo bunda, beri ASI untuk buah hati tercinta.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
bunda ...
 
Posts: 154
 
setuju banget itu
 
  #3  
Old
indaha...
 
Posts: 101
 
wawwww infonya cakep bgt,. aku harus asi eksklusif ah smpai 6 ulan lngsung nyedian lovamil mnyusui ntr pas lahiran ah...
 
  #4  
Old
nisa m...
 
Location: sidoarjo
Posts: 305
 
setujuuuuu,,,


up up up,,,

heeemmmm ada lovamil lg,, tak kira udha gak ada dipasaran ibuhamil.com piiiiss
 
vania maulidah husna

baby iloveu
  #5  
Old
Silvi ...
 
Location: Medan, sumatera utara
Posts: 457
 
mmg asi yg terbaik.. tp hrs diperhatikan jg cara org tua mendidik anknya bgmna.. ank sufor jg gak sebegitu amat, smpe mencuri dan berbohong segala. semuanya tergantung cara org tua mendidiknya... org jahat di penjara apa harus di tanyain satu persatu dulu maknya ngasi asix apa nggak..
 
  #6  
Old
noenap...
 
Posts: 2,108
 
Waduuhhh kl soal mencuri atw berbohong memangnya sebegitu ngaruhnya dr asi kah? Ilmu parenting dan lingkungan gak ambil bagian?
Kl dipikir2 dipenjara skrg banyak yg usianya dah tua, jaman dl sufor jg g booming kayak skrg, mereka2 mesti juga ASI. Haduhhh mesti jadi rame deh nih thread
Aq pro asi sih, tp g etis jg kl mendiskreditkan yg sufor -_-
 
"Robbi Hablii Minash Shoolihiin" (QS: Asy Syafaat 100)
"Rabbi La Tadzarni Fardan Wa Anta Khairul Waaritsin" (QS: Al-Anbiya 89)
"Rabbi Habli Minladunka Dzurriyatan Thayyibah Innaka Sami'ud du'a 'i" (QS: Ali Imran 38)

  #7  
Old
BabyN...
 
Location: Jakarta Utara
Posts: 2,188
 
Hmmm... thread lama yah ini.
Tp saya krg setuju dgn isi artikelnya...
Terutama bagian ini...
"Fakta tersebut kemungkinan besar terjadi karena ibu yang menyusui cenderung lebih berpendidikan, lebih mampu mengajarkan perilaku baik dan berasal dari latar belakang sosial ekonomi yang lebih tinggi."

Mungkin ini penelitian dilakukan di LN yah, kalau di Indonesia sepertinya tdk begitu.
Banyak ibu2 di kampung & daerah pedalaman yg memberikan ASI lho.
ART saya pernah bercerita kalau dl dia memberi ASI ke anaknya cm sampai 1 tahun, lalu disapih. Org2 di sekitarnya (di kampungnya) malah mencibir lho, knp br 1 tahun sdh di stop? Biasanya anak2 di kampung dia nenen ASI bahkan sampai TK...
Nahhh.. gimana tuh??
Dan menurut saya tdk ada hubungannya antara konsumsi ASI/sufor dgn "kelak akan menjadi seperti apa anak tsb". Percuma kalau dikasi ASI full sampai 2 tahun, tp tdk dididik dgn benar, ya nanti besarnya bs jd pencuri & pembunuh juga. Walaupun anak dikasi sufor dr brojol, tp kalau dididik dgn benar, ya besarnya dia akan jd org berguna..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Jual Majalah Ibu & Anak, DISKON 50% LEBIH..!!! -- Area Promosi 0
lebih baik kuret atau obat peluruh siih bund?? -- Diskusi Umum 19
Punya Peliharaan Bisa Membuat Anak Hidup Lebih Sehat -- Ngobrol Apa Saja 0
Semoga janinku baik-baik saja... -- Diskusi Umum 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:01.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com