Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Delshi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 463
Thumbs up Beberapa Kesalahan Calon Ibu Saat Mengejan

Hai, bun. Gimana kabar bunda? Oh ya aku mau sedikit berbagi khususnya buat calon bunda atau calon ibu yang sudah mendekati HPL nih. Faktor yang menentukan saat bersalin adalah mengejan. Tapi faktor ini terkadang masih ada saja calon bunda yang melakukan beberapa kesalahan.

Coba cek buat yang sudah punya baby apa pernah melakukan ini? Buat yang sedang persiapan jadikan panduan yah dan jangan sampai dilakukan bun.

• Teriak-teriak
Mungkin bunda pengen ekspresikan rasa sakit dan emosi. Paling sebel yang ini apalagi kalau pas nonton film gitu ada adegan bersalin. Tapi teriak-teriak gitu justru gak efektif, bun. Selain buang-buang tenaga, tenggorokan juga jadi kering, batuk, serak, suasana di ruang bersalin juga jadi panik dan tegang. Yang lebih parah bunda jadi gak jelas dengar instruksi dokter. Kalau bunda merasa sakitnya gak nahan pas kontraksi, lemasin otot dulu biar relaks, tarik napas panjang, dan embuskan perlahan. Simpan tenaga bunda untuk mengejan.

• Tutup mata
Dengan menutup mata mengakibatkan tekanan pada mata, sehingga pembuluh darah di selaput bola mata pecah. Mata jadi merah, biarpun bisa sembuh sih beberapa hari setelahnya. Tapi lebih baik buka mata dan arahkan pandangan ke perut bunda.

• Angkat pantat dan panggul
Membuat robekan perineum lebih lebar sehingga perlu lebih banyak jahitan. Jadi lemaskan panggul saat bunda mengejan.

• Serabutan saat bernafas
Gak bermanfaat saat proses mengejan. Justru yang paling baik itu menarik napas yang benar, karena ini justru dapat mengurangi rasa sakit dan dapat menjadi sumber tenaga mengejan. Pelajari teknik bernafas pada saat bunda ikut kelas senam hamil atau persiapan persalinan.

• Mengejan sebelum diperintah dokter
Nah ini juga gak boleh bunda. Akan membuat pola mengejan tidak teratur, tenaga yang terbuang juga percuma, dan jalan lahir membengkak karena saat mengejan ada cairan yang keluar di jalan lahir. Akibatnya vagina bengkak dan sulit dijahit. Kalau bunda memang sudah gak tahan ingin mengejan, sementara pembukaannya belum lengkap dan belum ada instruksi dokter, lakukan saja pernapasan penting (pendek-pendek dan cepat). Teknik napas ini juga bisa bunda lakukan di sela atau jeda mengejan, dan untuk menghilangkan lelah sesudah mengejan.

• Mengejan Ditahan
Nah ini kebalikan dari mengejan lebih dulu. Banyak dari para bunda justru menahan mengejan karena takut feses ikut keluar dari anus. Supaya feses gak ikut keluar kosongkan usus 24 jam sebelum bersalin, baik secara alamiah atau anema.

Nah itu beberapa kesalahan saat mengejan, buat bunda yang sedang menanti HPL ingat jangan dilakukan yah.

sumber
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Bunda ...
 
Posts: 835
 
makasih banget bunda delshinta, artikelnya sangat bagus. meski ini kehamilan anak kedua, rasanya udah lupa gmn dl. hahahha... nanti tek ingat2 kl pas lahiran neh. aku msh 22w bun. semoga sehat smp lahiran
 
  #3  
Old
vinny1...
 
Posts: 197
 
makasih bunda info'a sangat bermanfaat

dpet pencerahan buat aq yg hpl maret n anak pertama.. mdah2n lancar
 
  #4  
Old
leyley...
 
Location: Bontang
Posts: 90
 
Semoga saya bisa bunda..
Makasih bunda
 
  #5  
Old
dwi su...
 
Posts: 264
 
haha...baca threat bunda ...jadi ikut atur nafas juga...trus membayangkan lahiran...
hehe.....nice info bunda...tengkiuuuu..
 
  #6  
Old
Delshi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 463
 
pas mengejan inget kelas senam hamil, bunda. hehehehe
 
  #7  
Old
chyqui...
 
Posts: 371
 
Aku sebelum melahirkan juga sering baca2 teknik melahirkan, pas melahirkan mau aku praktekin ternyata susah. Pantat aku angkat, pas ngejan tutup mata jadi dapet jaitan dah tapi kayaknya mataqu sehat, aku dengar intruksi dari bubid tpi mungkin reflek kali ea tapi gpp lah yang penting pas lahiran prosesnya lancar jaya n cepet banget.
 
  #8  
Old
iny pu...
 
Posts: 334
 
Aq pas lahiran kmrn,awl'y jg salah tehnik mengejan.. Krna sblm'y ga di ajarin..stlh tehnik mengejan bnr,cm 2x mengejan baby dah keluar.
Nah kl mslh mengejan sblm waktu'y itu agak susah, krna reflek ngejen sendiri wlwpun ud tarik nafas panjang dan buang sudah sya coba ttp aja mw ngejan,akhr'y sedikit ada pembengkakan..
 
  #9  
Old
itakku...
 
Posts: 101
 
Thank's bund infonya, bermanfaat sekali. Aku HPL pertengahan atau akhir januari ini...
 
  #10  
Old
Albahi...
 
Posts: 119
 
q jd takut nda bza ngikutin saran Bidan saat lahiran nanti....
 
  #11  
Old
kesyan...
 
Posts: 7
 
makasih bunda infonyaa
jd gak sabar pgn ngejan ..
 
  #12  
Old
triana...
 
Posts: 338
 
Replying to: View Post
Aku sebelum melahirkan juga sering baca2 teknik melahirkan, pas melahirkan mau aku praktekin ternyata susah. Pantat aku angkat, pas ngejan tutup mata jadi dapet jaitan dah tapi kayaknya mataqu sehat, aku dengar intruksi dari bubid tpi mungkin reflek kali ea tapi gpp lah yang penting pas lahiran prosesnya lancar jaya n cepet banget.
sama kaya aku hahaha pas hamil dah latihan teknik melahirkan yg baik eeehh pas melahirkan ternyata susah praktekinnya. Kalo aku ngejan duluan pas bukaan 7 smpe dimarahin bidannya
 
My little hero, Araska Al Ghifary...semangat hidup bunda❤
  #13  
Old
chyqui...
 
Posts: 371
 
Replying to: View Post
sama kaya aku hahaha pas hamil dah latihan teknik melahirkan yg baik eeehh pas melahirkan ternyata susah praktekinnya. Kalo aku ngejan duluan pas bukaan 7 smpe dimarahin bidannya
Reflek ea bund, kalo aku bis bukaan 5 langsung bukaan lengkap trus pengen ngejan tapi masih aku tahan, bubid si udha nyuruh ngejan karna udha bukaan lengkap karna akunya takut kluar puff jadi aku tahan tapi kata bubid gpp kalo emang kluar katanya malah bagus, eh ternyata nggak yang kluar debaynya... Hihihi seneng deh... maklum ru pertama melahirkan jadi gak ngerti bunda dapet jaitan gak?? Kalo aku dapet rasanya sakit banget lebih sakit di jait dari pada melahirkan tapi alhamdulillah 3hari langsung sembuh
 
  #14  
Old
fitrie...
 
Posts: 59
 
makisi info x, jd tmbh g sbar buat praktek,, aku tnggl nunggu hri bun uk udah 40w1d
 
  #15  
Old
MrsGee...
 
Posts: 4
 
Bermanfaat skali bunda infonya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Bahayakah terlalu mengejan (mengedan) saat BAB? -- Diskusi Umum 27
semalam saat tidur sempat kaget seperti kejang beberapa kali.. -- Diskusi Umum 4
Bahayakah mengejan saat BAB diusia kehamilan 12w -- Diskusi Umum 0
Bagaimana Cara Mengejan Yang Baik saat melahirkan? (Share Artikel) -- Diskusi Umum 36
Muntah-muntah setiap kali mengejan pada saat melahirkan -- Diskusi Umum 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:12.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com