Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
Ichana...
 
Location: Tj.priok jakut
Posts: 1,504
 
Replying to: View Post
baru dikasih tau teman bund katanya klo qta kelas 1 ntr minta aj ke VIP kekurangannya bisa qta nambah,ya mudah2an bener betoll bisa kayak gitu kalo enggak bisa2 saya ngamuk lagi kyk kemaren pas saya nanya salah satu RS pemerintah disini buat rencana melahirkan pas saya blg BPJS ekh langsung di remehin bund,akhirnya jin saya naik juga di ubun saya sempat ngomong "saya sama suami juga kagak mau pake program kere kayak gitu kalo bukan karna diikutkan perusahaan suami,lagian saya bayar kuq di potong langsung dari gaji suami" akhrnya malu bund petugasnya,..mungkin karna saya kesana cuma pke daster bulukan yee jadi di anggap remeh si petugas
klo kata dokter gigi ak sie ,,klo qta bpjs nya yg klas 1 atau klas 2 insya allah gk akn terjadi kya gtu,,bund,,mknya pas ak bca thread nie ak kget,,ak pkirr tue smua klas dari klas 1 s/d klas 3,,!
Klo klas 3 mg playanannya kurang bgus soalnya dia dri pmerintah,,klo kya ak ma bunda kan qta byar sndri dri hasil gaji qta,,maknya ak bngung sndri,,kirain yg d thread nie buat smua klas,,!!
 
  #32  
Old
debbie...
 
Posts: 443
 
Replying to: View Post
klo kata dokter gigi ak sie ,,klo qta bpjs nya yg klas 1 atau klas 2 insya allah gk akn terjadi kya gtu,,bund,,mknya pas ak bca thread nie ak kget,,ak pkirr tue smua klas dari klas 1 s/d klas 3,,!
Klo klas 3 mg playanannya kurang bgus soalnya dia dri pmerintah,,klo kya ak ma bunda kan qta byar sndri dri hasil gaji qta,,maknya ak bngung sndri,,kirain yg d thread nie buat smua klas,,!!
gitu ya bun, aq pikir jg semua kelas pelayananx kyk gt. coz aq jg pngen ngurus bpjs, klo gak kls 1 ya kls 2.
semoga deh dpt pelayanan yg memuaskan...
 
  #33  
Old
Cresti...
 
Location: Pondok Gede, Bekasi
Posts: 1,352
 
hmmm aku mau coba komentar dari sisi lain deh .
kalo dari segi kemanusiaan jelas salah banget kalo sampe ada pihak RS yg menelantarkan pasien . apalagi udah disumpah .

1. penulisan berita kdg cuma diliat dari satu sisi jadi ga di crosscheck apakah benar pihak RS berkata seperti itu . pengalamanku kerja di bidang pelayanan, kdg ada aja nasabah yg entah kenapa kalo lapor ke media itu lebaynya kaya sinetron . padahal kejadiannya mungkin ga kaya gitu . kalopun kdg di crosscheck pun si pihak RS ga mengakui pernah ngmg kaya gitu sih, tp ga ada salahnya bikin berita yg berimbang kan ?

2. soal BPJS yg ditanggung biayanya sebagian dari pemerintah . kenapa dulu ada beberapa RS yg keluar dari RS yg terdaftar untuk KJS ? karena pemerintah sendiri juga lamban dlm hal pertanggungan biaya dan katanya prosesnya berbelit - belit .

3. sebagai pengguna BPJS pastinya pgnnya dilayani dgn cara yg sama, tapi ya mau gmn lagi, udah jd hal lumrah kalo yg beruang lebih pasti dpt pelayanan lebih . kalo ga, ga akan ada ruang VIP dan VVIP . hihihi . .

4. pengalamanku dulu pas pertama kali banget ke RS dgn menggunakan asuransi dr kantor, kok ya adminstrasinya berbelit2, bolak balik sana sini dan secara ga sadar aku kok ya malah memaklumi . harusnya aku bs protes dong, pake asuransi bukan berarti RS ga nerima bayaran kan ?

yang perlu dibenerin ya layanan publik di Indonesia sih . emang kerja di bidang layanan ga gampang, blm diamuk keluarga pasien, blm dituduh macem2, tp ya emang butuh orang2 yang iklas dan emang berjiwa melayani biar sama2 enak

mudah2an dgn begitu bnyk komplain yg beredar di masyarakat, pelayanan BPJS kedepannya bs lebih baik lagi .

*ciyeeee curhat panjang bgt nih yg kerjanya di bidang layanan
 
hey, kiddo . . stay safe, awkay ? mommy's waiting for you, to hold you in my arms . LOVED YOU ALREADY, KIDDO
  #34  
Old
jeljel...
 
Posts: 35
 
Kebetulan sy kerja bagian HRD dan urus2 BPJS dari jaman masih jamsostek. Nah klo pengalaman karyawan sy melahirkan pake BPJS sih blom ada. Tapi waktu masih Jamsostek, udah berkali2 karyawan yang melahirkan pake program JPK Jamsostek. Dari yang melahirkan di klinik, di RS Pemerintah maupun di RS Swasta yg cukup terkenal (selama bekerjasama dgn Jamsostek) pokoknya pake JPK Jamsostek pelayanannya baik. Memang sih ada tambah bayar buat yg SC tp ga sampe 500rb itu pun krn bayinya perlu penanganan khusus. Bahkan yang melahirkan pake JPK Jamsostek oleh rumah sakit lgsg diurus pembuatan kartu JPKnya untuk si bayi.

Nah seharusnya BPJS pelayanannya ga jauh beda ya, kan RSnya juga sama yang itu2 juga. Tapi mungkin kita sbg pasien yang harus lebih mngerti hak kita dan bisa lgsg mendebat paramedis yg nyeleneh. Dan kita harus ikut prosedur yg berlaku. Insya Allah klo smuanya sesuai prosedur, kita ttp bisa dapet hak kita koq.
 
  #35  
Old
yanti0...
 
Posts: 10
 
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan | Kaskus - The Largest Indonesian Community

Yg mau tanya2 ke link itu aja bunda.... lumayankan jd nambah pengetahuan biar ga galau klo mau pakai bpjs
 
  #36  
Old
iragus...
 
Posts: 9
 
Bund pilihnya di RS mana kmrn lahirannya? SC yah?
 
  #37  
Old
Ichana...
 
Location: Tj.priok jakut
Posts: 1,504
 
Replying to: View Post
baru dikasih tau teman bund katanya klo qta kelas 1 ntr minta aj ke VIP kekurangannya bisa qta nambah,ya mudah2an bener+betoll bisa kayak gitu kalo enggak bisa2 saya ngamuk lagi kyk kemaren pas saya nanya salah satu RS pemerintah disini buat rencana melahirkan pas saya blg BPJS ekh langsung di remehin bund,akhirnya jin saya naik juga di ubun saya sempat ngomong "saya sama suami juga kagak mau pake program kere kayak gitu kalo bukan karna diikutkan perusahaan suami,lagian saya bayar kuq di potong langsung dari gaji suami" akhrnya malu bund petugasnya,..mungkin karna saya kesana cuma pke daster bulukan yee jadi di anggap remeh si petugas
wkwkwkkw mg hrus d gituin bund biar malu,,!
Lgian mg qta mke bpjs dri pemerrintah pa,,! Tkutan mat gk d bayarr,,!
mak klo bkin bpjs tue kan qta mlih rrumah sakit yg d tuju,,mg bunda gk mlih rrumah sakit yg mau d dafftarrin d bpjsnya,,???
 
  #38  
Old
nura d...
 
Posts: 280
 
Yahh allah rasanya pengen kluar air mata inii.. dimana hati nurani nya org" itu.
 
  #39  
Old
neng a...
 
Posts: 859
 
Ya Allah udah ga mampu dizhalimin pula. Kasian
Maaf oot dari topik bumil. Papah dan kakak ku ikut bpjs kelas 1. Papah ku udah sakit komplikasi karena faktor U. Jantung, darah tinggi, diabetes, asam urat. Kakak ku tunarungu. Aku, mamah, dan adik ku udah ikut asuransi pru***tial. Karena uang kita terbatas akhrinya papah dan kakak ku ikut bpjs aja yang lumayan murah. Dan lagi karena papah ku udah sakit-sakitan jadi ga bisa ikut asuransi swasta.
Sekarang yang penting kekuarga ku udah ditanggung asuransi semuanya. Mudah-mudahan papah dan kakak ku ga mengalami pelayanan buruk bpjs seperti yang diceritakan orang-orang. Aamiin
 
La Tahzan Innallaha Ma'ana
Jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita
  #40  
Old
agusti...
 
Posts: 69
 
@bubda risda: oh normal bisa ya jeng pkai bpjs klu gt lahiran nanti aku pkai bpjs aja soale lumayan bpjs ku kelas 1 jd kmngkinan pelayanan lebih baik gt...aku juga uda siap surat rujukan kok dari faskes stempat gt jd ne nunggu debayny launching aja gt...mkasih ya atas infony bund
 
  #41  
Old
ana zo...
 
Posts: 731
 
Replying to: View Post
Kalo boleh sharing pengalaman saya melahirkan 3 hari lalu di RS SWASTA Surabaya :
Bukan niat menjelekkan dan SARA (maaf) tapi kenyataan yg saya lihat sendiri:

3hari lalu saya melahirkan via operasi caesar, awalnya jujur, dokter, suster, bidan, perawat semuanya baik baik ke saya, bahkan saya diawal masuk daftar pun sudah dipanggil "ibu Annanda ya? Jadwal caesar dengan dokter xxxx yg matanya minus tinggi ya? Silahkan masuk bu ikut saya ya, keluarganya juga"

Dalem hati "waaaaah, uda ga sia sia milih RS nih"

Singkat cerita, saya di R. Operasi, lg dalam proses penjahitan, walau bius tapi saya masih bisa dengar suara dokternya bicara, bahkan salah satu dokter pun curhat2an sama saya..
Tiba" ada perawat masuk, bilang :
Suster: Ini ada pasien komplikasi, ga ada dokternya, gimana iini suaminya ngotot minta tolong disini, malese dok, madura, nggilani (males dok, madura, menjijikan)
Dokter: haduh jangan aku, tanyao dokter andi (lupa namanya, ini nama asal), telfonen
Suster: gatau dok, mbohwes

Saya denger jelas, walau lg dalam pengaruh bius tapi saya masih sadar bugar di ruang operasi..
Setelah operasi, saya ditaruh di ruang pemulihan (kalo ga salah ruang resutasi) disitu saya jejer sama satu a'i a'i hbs operasi, dia tidur pulesssss banget..

Sekitar 1 jam, obat bius saya hilang, bekas jahitan kerasa, tapi ga sakit, jujur, cuman ngilu, dan ga panas kek kata orang".. Lalu keluarlah ibu2 madura yang "digosipin" dokter tadi dr ruang operasi, hihi, oh ini toh yg td di gosipin pikirku..

Lalu, keluarga si ibu siti ini (sebut aja gtu, gaenak bilang ras) dateng berbondong2 dan dihadang sama suster, maaf ya, keluarganya cuma boleh masuk 1 aja, dan kecewalah mereka karena omongan suster nadanya ga enak,sedikit tinggi dan membentak. Padahal, saya di ruang pemulihan ditemani suami dan mertua, gapapa tuh, big question kan.
Sekitar 1 jam setelah itu, belum berakhir penderitaan bu Siti. Doi mulai mengeluh kesakitan, bahkan sampai teriak2. yaAllah, ampun yaAllah, panas, panas , maaf ya menurut saya memang sangat mengganggu teriakan bu Siti ini, sampe suster pun dateng nengokin.
Suster: kenapa bu?
Siti: loro sus, panas (sakit sus, panas)
Suster: ga tahan sakit ya, itu lo liat bu Ananda, daritadi diem, padahal operasinya duluan dia. (Gue nyengir dan noleh, batin aja "ini juga sakit setan")
Siti: ampun sus, ga kuat, yaAllah, Astaghfirullah
Suster: jangan ngeluh, operasi yo ngono, loro buk, lek ga gelem yo ojok melahirkan, lek enak kabeh yo anake akeh. (Jangan ngeluh, operasi itu gitu, sakit bu, kalo gamau jgn melahirkan, kalo enak ya semua anaknya banyak).
Siti: gakuat sus, ampun yaAllah
Suster: mau dikasih obat ta? Bu, tolong urus administrasi dulu di bawah,ntr bawa notanya kesini, baru saya kasih anti nyeri/antibiotik (lupa) (ini suster ngomong sama penjaganya bu siti)
Saya: jeng jeeeeeeenggggggggggg

Itu sy liat sendiri diskriminasi di RS saya melahirkan, kasian lihatnya, ga bisa bayangin kondisi bu siti sekarang kek gimana. Dan setelah saya tanya, bu Siti ikut bpjs, dan kabar trkhir dia gabisa keluar ..
Bundaaa ananda congratss yaaa,.. moga ibu n baby nya sehat wal afiat sllu. Aamiin...
 
Sehat terus ya dedek, mama n ayah loves U...
  #42  
Old
veefa...
 
Posts: 609
 
Jdi mikir muter2 lgi buat pake bpjsnya
Dpt klsnya sih kls 1..
Cm bener... Gmna2 jg yg pake asuransi pemerintah kyk bgnian pasti dipandang sebelah mata..padahal gak gratusan juga,,, orang preminya tiap bulan dibayarr..
Ini malah mikir klo bisa keluar ya keluar dah dr bpjs... Ribeettt...

Untuk melahirkan normal katanya harus dipuskesmas yaa bunda-bunda?
Dirujuk ke rumah sakit klo tiba2 ada komplikasi2 tertentu#naudzubillah..
Lah klo kita maunya lahiran di rumah sakit gmna dong?
Biar juga katanya nakesnya sama mumpuninya tapi nyamannya pasti beda dong..
Orang lahiran mah yg pntg kenyamanannya dlu kan,,,,

---------- Post added at 09:41 ---------- Previous post was at 09:40 ----------

Bunda nanda: selamaatttt yaa,, baby boynya udh lahirr...
Semoga jdi anak yg pinter dan sholeh...
Bundanya jg cpt pulih..
Welcome to the world babyyyyy :*
 
  #43  
Old
winda ...   TS 
 
Posts: 223
 
Alhamdulillah deh, sedikit lega kalo ada bunda2 disini yg lairan pake BPJS tpi pelayannnya bagus ..

BUnda tanya dong, klo misalnya buat kartu BPJS itu memang untuk 1 keluarga yah ? jdi kalo misalnya suamiku yg buat & bayar iuran tiap bulan .. aq dan ankku sudah dicover juga yah ?? atau harus sendiri2 ?
 
  #44  
Old
iis an...
 
Posts: 8
 
salam kenal y bunda2....

Aq mau bagi pengalaman ni, aq tinggal dkota Madiun.
Aq baru ja pulang dari nginep dRS 2mggu yg lalu, gara2 hiperemesis yang akhirnya lambung aku infeksi. Dasarnya aq punya maag kronis trus selama ngidam tiap kali makan n minum pasti muntah. Bahkan vit n obat dokter tuk mual n maag aku pun gk bisa kminum.

Karna liat keadaan aq yang udah lemes bgt n menghawatirkan, suamiku bawa aku kRS n harus opnam. Walau kata dokternya gk papa itu bawaan orang ngidam. Tp suamiku gk mau ambil resiko takut knapa2 ma debay n aqnya.

Kbetulan aku juga ikut bpjs yang klas 2 n waktu kmarin itu aq kRS swasta yg udah krja sama ma bpjs. Karna kamar klas 2 n klas1 pnuh tinggal yg klas 3 ma vip, ma suami aku naik klas ja kvip.

Alhamdulillah slama 3 hari aku disana pelayanan bagus n suster jg ramah. Pas pulangnya bayar dkasir karena aku naik klas n resep dokter jg ada yg dluar bpjs ma pihak RS suami suruh bayar sparuh dari total ksluruhan dulu krn blum ditung mana yang bpjs mana yang mandiri. Waktu itu totalnya 3jt jd kami cm bayar 1,5 jt ja. Trus kata kasirnya nanti dhubungi paling lambat 1bln stlah perhitungan slsai.

Alhamdulillah bpjs yang aku ikuti bantu banget. Walau harus bayar dlu tp itu kan cz aq naik klas n obat jg ada yg dluar bpjs. Mungkin kalo klasnya sama katanya yg udah pernah emang gk bayar sama skali.

Jd mnurut aq y bund, itu sih tergantung RS nya aja. jd saran aku pinter2 ja milih RS yg pelayanan nya bagus. Wktu masuk pertama pun gk bertele2 lgsg daftar ja gk pke ribet. Kata suami jg gk bayar wktu daftarnya cz bpjs.

Dmadiun jg da yg RS pemeritah 2 yg satu milik propinsi yg satu milik daerah. Katanya sih yg propinsi pelayanan nya jelek suka beda2 in kaya RS fatmawati gt. Tp klo yg daerah itu pelayanan nya bagus cz kalo pelayanan nya jelek bisa dlaporin kwalikotanya. N katanya sih udah da yg pernah dpecat gara2 driskiminasi kpasien.

Itu pengalaman aku bund, maaf y kalo kepanjangan....
 
  #45  
Old
winda ...   TS 
 
Posts: 223
 
Replying to: View Post
salam kenal y bunda2....

Aq mau bagi pengalaman ni, aq tinggal dkota Madiun.
Aq baru ja pulang dari nginep dRS 2mggu yg lalu, gara2 hiperemesis yang akhirnya lambung aku infeksi. Dasarnya aq punya maag kronis trus selama ngidam tiap kali makan n minum pasti muntah. Bahkan vit n obat dokter tuk mual n maag aku pun gk bisa kminum.

Karna liat keadaan aq yang udah lemes bgt n menghawatirkan, suamiku bawa aku kRS n harus opnam. Walau kata dokternya gk papa itu bawaan orang ngidam. Tp suamiku gk mau ambil resiko takut knapa2 ma debay n aqnya.

Kbetulan aku juga ikut bpjs yang klas 2 n waktu kmarin itu aq kRS swasta yg udah krja sama ma bpjs. Karna kamar klas 2 n klas1 pnuh tinggal yg klas 3 ma vip, ma suami aku naik klas ja kvip.

Alhamdulillah slama 3 hari aku disana pelayanan bagus n suster jg ramah. Pas pulangnya bayar dkasir karena aku naik klas n resep dokter jg ada yg dluar bpjs ma pihak RS suami suruh bayar sparuh dari total ksluruhan dulu krn blum ditung mana yang bpjs mana yang mandiri. Waktu itu totalnya 3jt jd kami cm bayar 1,5 jt ja. Trus kata kasirnya nanti dhubungi paling lambat 1bln stlah perhitungan slsai.

Alhamdulillah bpjs yang aku ikuti bantu banget. Walau harus bayar dlu tp itu kan cz aq naik klas n obat jg ada yg dluar bpjs. Mungkin kalo klasnya sama katanya yg udah pernah emang gk bayar sama skali.

Jd mnurut aq y bund, itu sih tergantung RS nya aja. jd saran aku pinter2 ja milih RS yg pelayanan nya bagus. Wktu masuk pertama pun gk bertele2 lgsg daftar ja gk pke ribet. Kata suami jg gk bayar wktu daftarnya cz bpjs.

Dmadiun jg da yg RS pemeritah 2 yg satu milik propinsi yg satu milik daerah. Katanya sih yg propinsi pelayanan nya jelek suka beda2 in kaya RS fatmawati gt. Tp klo yg daerah itu pelayanan nya bagus cz kalo pelayanan nya jelek bisa dlaporin kwalikotanya. N katanya sih udah da yg pernah dpecat gara2 driskiminasi kpasien.

Itu pengalaman aku bund, maaf y kalo kepanjangan....
Bunda iis, salam kenal bund.. bunda skrng hamil usia berpa week ?
kebetulan aq juga di madiun bunda , senangnyaaaa ada temen yg sekota .
jadi ngga galau lagi deh ikutan BPJS , kalo pelayanannya RS nya sprti itu. kalo boleh tau bunda di RS mana bund ? biar ngga salah pilih RS nantinya ...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Pelayanan suster suster di RSIA Bunda Jakarta (Menteng) yang sangat buruk -- Diskusi Umum 15
sedih dapat berita buruk dari sahabat ku -- Ngobrol Apa Saja 20
First USG Berita Baik=Hamil & Berita Buruk=Kista -- Diskusi Umum 6
sedih n kecewa dgn pelayanan BPJS yg baru -- Diskusi Umum 45
Ruwetnya BPJS untuk pelayanan persalinan -- Diskusi Umum 80


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:01.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com