Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Indy M...   TS 
 
Posts: 449
Default Jenis- Jenis Kontraksi yang perlu bunda tau ;)

Bagi bunda- bunda yg belum tau tentang kontraksi, yuk dibaca

Kontraksi tetania uteri atau takisistol

Tidak ada relaksasi optimal (relaksasi tidak sampai 1 menit, jadi baru ˝ menit sudah kontraksi lagi) dimana kontraksi sebenarnya ada tetapi terlalu sering dan timbul lagi sebelum waktunya. Biasanya kontraksi seperti ini terjadi karena ada ari-ari yang terlepas dan menyebabkan kontraksi terus menerus tiada henti. Bisa juga diakibatkan karena pemberian stimulasi yang berlebihan, hal ini justru sangat berbahaya, dapat mengancam ibu dan bayi yang dikandungnya dan tidak dapat mempercepat pembukaan jalan lahir.

Kontraksi incoordinate uterin action

Kontraksi ini merupakan kontraksi yang memiliki kekuatan/intensitas yang baik, relaksasi optimal 2-3 menit tapi tidak ada fundal dominasi (tidak dimulai pada bagian atas rahim) bisa juga diartikan kontraksi yang tidak menyeluruh. Artinya, hanya bagian rahim tertentu saja yang mengalami kontraksi sedangkan bagian rahim lainnya tidak mengalami kontraksi, sehingga persalinan tidak mengalami kemajuan. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya tumor rahim (mioma uteri) atau ketuban pecah dini atau ketuban pecah sebelum waktunya.

Kontraksi palsu (Braxton Hicks)

Kontraksi palsu atau biasa disebut Braxton-Hicks terjadi saat usia kehamilan berjalan 32-34 minggu. Waktunya tidak bisa ditentukan namun biasanya terjadi setiap 30 menit sekali atau bisa muncul tiba-tiba dengan lama kontraksi atau durasi kontraksi yang tidak teratur.

*Untuk yg satu ini saya tambahkan sedikit, konpal sebenarnya sudah terjadi saat kehamilan memasuki usia 6 minggu, tapi bunda belum bisa merasakannya. bunda akan mulai merasakannya di pertengahan kehamilan. sumber : Braxton Hicks contractions | BabyCenter

Bumil mungkin mengalami sensasi ini satu atau dua kali dalam satu jam atau pada masa-masa tertentu dalam sehari. Saat kontraksi akan mengalami seperti kram saat haid. Jika BuMil meletakkan tangan pada perut sewaktu kontraksi berlangsung, maka dapat merasakan betapa kerasnya uterus atau rahim pada saat itu. Bila kontraksi tidak berlanjut atau tidak menjadi lama, kemudian intervalnya tidak memendek dan kekuatannya melemah atau tidak bertambah kuat, maka persalinan tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Tapi, bila kontraksi makin kuat dan interval makin pendek maka bisa menjadi petunjuk bahwa persalinan akan segera berlangsung karena kontraksi tersebut berubah menjadi kontraksi yang sesungguhnya.

Kontraksi Braxton Hicks dianggap sebagai ‘kontraksi latihan’, bukan saja bagi uterus atau rahim, tetapi juga bagi bumill agar mulai berlatih menggunakan latihan pernapasan yang diperoleh pada senam hamil ataupun yoga untuk kehamilan. Kadang kontraksi palsu akan datang lebih sering bila, bumil melakukan aktivitas berlebih, baik ringan maupun berat. Kontraksi palsu bisa terjadi karena bumil kelelahan.

Cirinya:
• Biasanya tidak melebihi satu atau dua kali dalam satu jam.
• Biasanya akan menghilang atau berkurang bila bumil melakukan perubahan posisi. Dianjurkan untuk berjalan-jalan bila bumil banyak melakukan aktivitas duduk, demikian juga sebaliknya.
• Waktu timbulnya tidak teratur dan tiba-tiba.
• Durasi kontraksi tidak bertahan lama, biasanya kurang dari satu menit.
• Adakalanya kontraksi palsu akan hilang dengan sendirinya.

Kontraksi sebenarnya

Terjadi menjelang persalinan, yakni saat memasuki kehamilan 36 minggu ke atas, dimana saat bayi atau bagian terbawah bayi mulai turun ke tulang panggul lebih dalam. Akibatnya, timbul desakan di kandung kemih, panggul, vagina dan saraf – saraf yang ada di sekitar situ. Saat inilah muncul kontraksi sungguhan, dimana BuMil sudah waktunya untuk melahirkan.

Kontraksi yang sebenarnya/efisien ini biasanya berlangsung 3 kali dalam 10 menit (2-3 menit sekali) dengan lamanya tiap kontraksi 40-50 detik. Kontraksi biasanya dimulai dari bagian atas rahim (fundal dominasi) kemudian kontraksi simetris (rata menyeluruh pada semua bagian rahim), dan di antara kontraksi ada waktu relaksasi dimana rahim tidak berkontraksi.

Hal ini disertai pula dengan keluarnya lendir bercampur darah, pecahnya ketuban, serta dorongan ingin mengejan. Kontraksi sebenarnya akan diikuti oleh pembukaan mulut rahim.

Salah satu cara untuk memastikan apakah kontraksi sungguhan atau kontraksi palsu, berendamlah dalam air hangat. Kontraksi sungguhan akan menguat saat bumil berada dalam air hangat. Atau bisa segera melakukan pemeriksaan ke bidan/dokter untuk memastikan apakah kontraksi yang dirasakan saat itu kontraksi sesungguhnya atau bukan. Dokter/bidan akan mengevaluasi kontraksi yang dirasakan ataupun dengan menggunakan alat perekam kontraksi (CTG atau cardiotokografi) dan juga untuk menilai apakah sudah terjadi pembukaan pada jalan lahir, sehingga bisa mengetahui kapan dimulainya suatu proses persalinan.

Semoga bermanfaat bund
 
Thread lain yang berhubungan:
Mom and Dad love you, Chloe!
  #2  
Old
dhanyS...
 
Posts: 34
 
makasih infonya bun,,,
itu untuk yg dh mo lahiran y bun...
dl wkt uk 3 bln perut sy mules ato nyeri,,kata bidannya itu kontraksi. kl itu g msk ke jenis2 kontraksi yg diatas y bun...
 
  #3  
Old
Indy M...   TS 
 
Posts: 449
 
Replying to: View Post
makasih infonya bun,,,
itu untuk yg dh mo lahiran y bun...
dl wkt uk 3 bln perut sy mules ato nyeri,,kata bidannya itu kontraksi. kl itu g msk ke jenis2 kontraksi yg diatas y bun...
Iya itu termasuk konpal bun, di itung aja waktunya, kalo beraturan dan interval makin pendek, bunda cek ke dokter
 
Mom and Dad love you, Chloe!
  #4  
Old
bunda ...
 
Location: bogor
Posts: 95
 
makasih bunda buat infonya.bermanft bgt bwt q...dah 3hri in q ngrasain skt d perut bawah&nyeru d tulang kemaluan.kta doktr it kontraksi palsu gtu...
cz skrg q dah hamil 8bln...jdi kl capek skrg prut jdi kran kl g nyeri d perut sebelah kanan/kiri....

mksih ya...bwt infony skali lg.
 
  #5  
Old
Indy M...   TS 
 
Posts: 449
 
Replying to: View Post
makasih bunda buat infonya.bermanft bgt bwt q...dah 3hri in q ngrasain skt d perut bawah&nyeru d tulang kemaluan.kta doktr it kontraksi palsu gtu...
cz skrg q dah hamil 8bln...jdi kl capek skrg prut jdi kran kl g nyeri d perut sebelah kanan/kiri....

mksih ya...bwt infony skali lg.
sama2 bunda agnizer seneng bisa berbagi info..
 
Mom and Dad love you, Chloe!
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
jenis ikan apa yang baik dikonsumsi -- Diskusi Umum 2
Jenis Kosmetik Yang Harus Dihindari Saat Hamil -- Ngobrol Apa Saja 0
mengenali jenis kontraksi yg sesungguhnya,bunda share dunk.. -- Diskusi Umum 2
Makanan yang dapat berpengaruh dalam pembentukan Jenis Kelamin janin -- Diskusi Umum 2
Berbagai Jenis Kegiatan Yang Bisa Mendekatkan Anak Dan Orang Tua -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:53.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com