Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Carlis...   TS 
 
Location: Bali
Posts: 117
Default Berbagai Jenis Kegiatan Yang Bisa Mendekatkan Anak Dan Orang Tua

Hi Bunda... mau share info dikit nih. Semoga bermanfaat. Kalau sekarang anak bunda masih bayi, artikel ini suatu saat semoga bisa membantu kalau debay udah besar. Bunda kalo punya ide atau pengalaman lain juga boleh di share yaaa...



Berbagai Jenis Kegiatan Yang Bisa Mendekatkan Anak Dan Orang Tua

Secara alamiah, orang tua dan anak memiliki ikatan emosional. Kendati demikian, komunikasi tetaplah penting agar ikatan tersebut menjadi semakin kuat. Untuk mewujudkannya, ada beberapa jenis kegiatan diluar rutinitas sehari-hari yang layak direkomendasikan dimana anak dan orang tua terlibat di dalamnya.

Pola komunikasi yang baik antara orang tua dan anak punya peranan yang sangat penting dalam proses perkembangan psikologis sang anak. Tak jarang kurangnya atau terputusnya komunikasi karena kesibukan orang tua akhirnya menimbulkan berbagai masalah bagi anak, mulai dari aspek kehidupan bersosial hingga aspek akademis.

Jalan Santai

Kegiatan ini mungkin terdengar sepele bagi sebagian orang. Nyatanya, jalan santai bisa jadi alternatif yang cukup baik. Selain mudah, cara ini juga tergolong murah, bahkan gratis. Ayah dan bunda bisa mengajak buah hati tersayang untuk jalan-jalan di sekitar komplek atau taman bermain. Paling enak dilakukan sore hari. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk mengobrol dan memperkenalkan si kecil dengan lingkungan.

Outbond

Berbeda dengan jalan santai yang hanya bisa dilakukan lebih sering, outbond hanya memungkinkan saat anak-anak liburan sekolah. Selain seru dan menantang, aktivitas semacam ini juga memungkinkan anak dan orang tua untuk menikmati quality time bersama-sama. Jenisnya bisa beragam, mulai dari berjalan di area sekitar persawahan, mengunjungi peternakan, perkebunan, mencoba wahana-wahana edukatif, dsb.

Selain bisa menjadi lebih akrab dan mengenal karakter masing-masing, outbond juga bisa dijadikan sarana pembelajaran yang efektif. Anak-anak mungkin bisa bosan saat membaca buku, namun mereka akan selalu antusias dengan kegiatan seperti ini.

Berenang

Umumnya, anak kecil sangat senang bermain air. Berenang salah satunya. Walaupun misalnya anda punya kolam renang di rumah, tak ada salahnya mengajak mereka berenang di tempat umum. Selain bisa lebih dekat dengan mereka, anda bisa sekalian mengajari anak cara berkomunikasi dengan orang lain atau teman baru yang mereka dapatkan disana.

Berkebun

Bila anda suka berkebun, manfaatkan hobi ini untuk lebih mendekatkan diri dengan anak. Menghabiskan waktu bersama mereka untuk menyiram, mencabut rumput, menanam bunga dan membersihkan kebun dari ranting-ranting yang kering pasti akan sangat mengasyikkan. Seminggu sekali merupakan frekuensi yang ideal untuk berkebun.

Jika Bunda diminta memilih, kira-kira aktivitas manakah yang paling Bunda sukai?

Sumber: Berbagai Jenis Kegiatan Yang Bisa Mendekatkan Anak dan Orang Tua | Perhiasan Carlis
 
Thread lain yang berhubungan:
Jual Teether Untuk Bayi Tumbuh Gigi Dengan Desain Unik Berupa Gelang, Kalung dan Pendant Untuk Dipakai Bunda
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
anak orang tua, berenang, berkebun, jalan santai, outbond


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Mitos Anak bakal mirip sama orang yang kita ga suka -- Ngobrol Apa Saja 12
menjadi IRT, kegiatan apa yang bunda lakukan ?? -- Ngobrol Apa Saja 23
Jual Lingerie & Sleepwear dgn berbagai jenis model yg seksi dan imut -- Area Promosi 2
Jual berbagai tas anak-anak -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:55.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com