Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
putri ...   TS 
 
Location: Lembang Bandung
Posts: 63
Default Minum air kelapa muda saat hamil muda,Luruhkan Darah (keguguran) ???

Kok ada yg bilang minum air kelapa muda dilarang saat hamil muda,katanya bisa luruhkan darah ??? Haaah,kaget saya
Setau sya,mineral dalam air kelapa muda/ijo sangat bermanfaat untuk tubuh ?
Mohon infonya bunda bunda
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
sebrin...
 
Posts: 711
 
Air kelapa muda baik utk ibu hamil, mngkn info ini bermanfaat :

Banyaknya Manfaat Minum Air Kelapa Muda Saat Hamil
Mitos di masyarakat minum air kelapa muda dari kelapa hijau ketika hamil, dapat membuat air ketuban menjadi bersih, bayi yang lahir juga akan bersih kulitnya, putih kulitnya, rambutnya lebat serta bening matanya. Walau belum ada penelitian tentang hal tersebut, namun ternyata banyak sekali manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Karena air kelapa adalah air yang sudah steril (bersih) secara alami.

Berikut beberapa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil.
1. Elektrolit alami
Ibu hamil membutuhkan banyak air agar terhindar dari dehidrasi, karena itu meminum air kelapa dapat langsung menggantikan cairan tubuh yang hilang. Air kelapa muda adalah minuman yang kaya akan kandungan elektrolit, seperti klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin yang dapat menjaga stamina tubuh. Selain itu, kalium berperan penting dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Terjadinya kehilangan garam alami juga dapat diisi ulang dengan air kelapa. Karena air kelapa merupakan minuman isotonik alami dan kaya mineral yang memiliki keseimbangan level yang sama dengan darah kita.

2. Diuretik alami
Infeksi saluran kemih sering terjadi pada Ibu yang sedang hamil. Untuk mengatasinya, mengonsumsi air kelapa muda berfungsi sebagai diuretik natural. Karena air kelapa bermanfaat membersihkan saluran kemih dan melancarkan air seni sehingga dapat mengeluarkan zat-zat toksin (racun) dari tubuh melalui kencing.

3. Menjaga kekebalan tubuh
Air kelapa muda juga mengandung protein, serat, mangan, dan vitamin C, yang semua itu sangat berperan untuk meningkatkan metabolisme Ibu selama hamil. Selain itu air kelapa muda bermanfaat untuk menjaga kesehatan Ibu dan bayi dari virus, bakteri dan jamur. Sebab di dalam air kelapa muda mengandung asam lauric yang membantu melawan berbagai macam penyakit seperti HIV, herpes dan flu yang mungkin terjadi selama masa kehamilan. Kandungan asam lauric yang ada pada air kelapa setara dengan yang terdapat pada air susu Ibu. Sebagai penawar racun, air kelapa muda sangat steril dan murni secara alami sehingga selain dapat meningkatkan sistem imun air kelapa muda juga dapat mengurangi resiko diabetes dan kanker.

4. Membantu sistem pencernaan
Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang dapat memperlambat kontraksi otot lambung, sehingga membuat pencernaan menjadi lambat. Meminum air kelapa dapat memperlancar pencernaan karena mengandung nutrisi dan oksigen yang mudah diserap sel tubuh. Selain itu, air kelapa juga dapat meningkatkan fungsi usus, membersihkan cacing usus dan dapat membantu meringankan konstipasi, sembelit, mulas serta gangguan pencernaan lainnya yang sering dialami oleh Ibu hamil.

5. Meningkatkan HDL (kolesterol baik)
Meminum air kelapa dapat meningkatkan kolestrol baik (HDL) di dalam tubuh karena air kelapa bebas lemak dan kolesterol jahat. Jadi Ibu hamil tidak perlu takut untuk meminum air kelapa karena air kelapa dapat membantu menjaga kadar kolesterol dibawah kontrol sehingga tidak membuat badan menjadi lebih gemuk selama masa kehamilan.

6. Mencegah Kaki Kram
Seiring usia kehamilan yang bertambah, sebagian Ibu akan merasakan kram pada kaki. Kaki yang kram disebabkan oleh kurangnya kalium. Meminum air kelapa bisa menjadi solusi tapat untuk mengatasinya. Karena air kelapa mengandung pasokan kalium dimana selama kehamilan ibu dianjurkan untuk mengonsumsi 4.700 mg kalium. Sedangkan dalam segelas besar (330 ml) air kelapa, terkandung 670 mg kalium. Jadi, minum air kelapa selama hamil dapat membantu menjaga pasokan kalium yang dibutuhkan wanita hamil.

7. Menjaga berat badan
Banyak ibu hamil yang takut gemuk setelah melahirkan. Dengan meminum air kelapa dapat membantu dalam penurunan berat badan karena dalam secangkir air kelapa hanya mengandung 46 kalori dan sekitar 95 persen adalah air. Selain itu air kelapa adalah minuman non kolesterol yang sangat tepat untuk menjaga bentuk tubuh.

8. Mencegah dan mengatasi keluhan “heartburn” (panas dalam)
Keluhan heartburn merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Rasa seperti terbakar dan panas di dada (panas dalam) tentu sangat mengganggu. Heartburn dapat dicegah dan diatasi dengan minum air kelapa muda. Karena rasa dan kemurnian air kelapa muda sangat menyegarkan ketika diteguk dan merupakan elektrolit alami.

9. Membantu mengatasi keluhan pusing, mual dan muntah di awal kehamilan (morning sickness)
Morning sickness adalah gejala mual dan muntah yang umum terjadi di masa awal ibu hamil karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Di banyak negara, air kelapa dipercaya dapat berperan sebagai antidote (anti) muntah terhadap penyakit-penyakit serius seperti malaria, demam berdarah dan tifus. Karena khasiatnya itu, air kelapa juga dapat membantu ibu hamil mengatasi keluhan seperti pusing, mual dan muntah yang biasa dialami saat “morning sickness”.

10. Membantu menjaga suhu tubuh
Merasa kepanasan adalah salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Meminum air kelapa dapat membantu mendinginkan dan menjaga suhu tubuh karena air kelapa akan membantu mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh. Sehingga dapat menyeimbangkan pH dan menjaga temperatur tubuh agar tetap stabil.
Walaupun begitu, mengkonsumsi sesuatu dengan berlebihan tidak akan baik untuk kesehatan tubuh. Alangkah baiknya anda mengonsumsi sesuatu dengan seimbang terutama ketika masa kehamilan. Karena kesehatan ibu dan janin sama-sama penting untuk diperhatikan.
 
  #3  
Old
MrsJoe...
 
Posts: 330
 
Setau sy gtu bund,,krna dl teman pernah d infokan sm ortunya,tp terlmbt..(mgkin krna wktu hamil muda dy tdk d mapingi ortunya,ato memang blm rzkinya)..
b'hubung sy blm tanya mba google,,jd sy ambil ksmpulan,,air kelapa muda itu kan bs sbgai antibiotik,jg sbgai penawar racun,,nah janin pada awal masa kehamilan mgkin masih d anggap benda asing sm tubuh,bisa jd pada kondisi bunda tertentu (kedaan/kondisi tubuh setuap org kan beda2)hal itu malah melemahkan janin.beda lagi klo usia d atas 7 bln dmna kondisi janin bunda sdh lebih stabil...nah itu mgkin wallohu alam
 
  #4  
Old
sebrin...
 
Posts: 711
 
Mmng bnyk skali hal2 yg kita dngr mnjadi pantangan aplgi dlm kondisi hamil muda, jgn mkn ini jgn mkn itu, nnti bs keguguran. Ad yg blng ga boleh mkn pepaya muda, nenas, durian, wkt hamil muda aq mkn nenas ato jus nanas, kdng ktka hbs sarapan, uk 31w skrg alhmdulillah baik2 aj, dan kbetulan tdk ad pantangan mkn apapun dri dokterku, dy hanya mengingatkan asal jgn berlebihan, mmng sgala ssuatu yg brlebihan tdk baik.
 
  #5  
Old
putri ...   TS 
 
Location: Lembang Bandung
Posts: 63
 
Bun sebrina
Makasih infonya,salam kenal sri sya
Sya bru hamil 4w jd sya takut,sedang sya suka minum air klapa muda
Harus lebih seimbang ya demi kebaikan

---------- Post added at 07:24 ---------- Previous post was at 07:19 ----------

Mrsjoeph
Iya mungkin bun,air klapa muda bsa jg ditanggapi sbg antigen oleh janin,shg janin melemah
Kl menurut sya,selama tidak ad keluhan sah2 aj minum air klapa muda,gmn menurut bunda2 ?

---------- Post added at 07:25 ---------- Previous post was at 07:24 ----------

Mrsjoeph
Iya mungkin bun,air klapa muda bsa jg ditanggapi sbg antigen oleh janin,shg janin melemah
Kl menurut sya,selama tidak ad keluhan sah2 aj minum air klapa muda,gmn menurut bunda2 ?
 
  #6  
Old
sebrin...
 
Posts: 711
 
Salam kenal jg bunda sri, iy yg pnting tdk berlebihan aj mengkonsumsiny .
 
  #7  
Old
joyspa...
 
Location: Medan
Posts: 105
 
makasih buat info nya para bunda..sy dikit tdk nya jd tau.....
 
  #8  
Old
MrsJoe...
 
Posts: 330
 
Betul bund,,kembali k kondisi bunda masing2,,krna setiap org mempunyai kondisi yg berbeda2
 
  #9  
Old
putri ...   TS 
 
Location: Lembang Bandung
Posts: 63
 
Oya bunda2. . .
Skrg sya minum prolacta nih,trus ad tmn yg menganjurkan folavit
Bagus mana ya antara folavit dengan prolacta for mother ?
 
  #10  
Old
deasyf...
 
Posts: 43
 
kemarin sore sy baru mnm air kelapa ijo segelas besar, rasanya emg kurang enak tp stlh itu sy ngerasa perut jd lbh ringan, nyaman & badan lbh segar, krn biasanya perut sy sering terasa kenceng, sering terasa ga nyaman gt. skrg sy uk 23 w. Rencananya besok mau beli lagi ah hehe
 
  #11  
Old
fdHiLa...
 
Location: Depok
Posts: 2,904
 
Stau saya boleh bun,,krn itu trmsk 1 yg dianjurkan utk bumil.
Tp tetep harus dlm porsinya,g boleh berlebih.

Pernah baca itu di artikel kesehatan,tp lupa dmn

Btw,bunda uk 4w ud keliatan positif dr cek apa? TP/USG/darah?
 
  #12  
Old
putri ...   TS 
 
Location: Lembang Bandung
Posts: 63
 
Replying to: View Post
kemarin sore sy baru mnm air kelapa ijo segelas besar, rasanya emg kurang enak tp stlh itu sy ngerasa perut jd lbh ringan, nyaman & badan lbh segar, krn biasanya perut sy sering terasa kenceng, sering terasa ga nyaman gt. skrg sy uk 23 w. Rencananya besok mau beli lagi ah hehe
Iya bun kl sya minum tu,hilang sudah dahaga + dpt manfaatnya
Tp hrs ingat2,porsi g boleh lebih

---------- Post added at 07:28 ---------- Previous post was at 07:19 ----------

Replying to: View Post
Stau saya boleh bun,,krn itu trmsk 1 yg dianjurkan utk bumil.
Tp tetep harus dlm porsinya,g boleh berlebih.

Pernah baca itu di artikel kesehatan,tp lupa dmn

Btw,bunda uk 4w ud keliatan positif dr cek apa? TP/USG/darah?

By TP bun,kl USG jarang kliatan kl uk 4w,dlu punya si kk uk 4w di USG g kliatan,jd buang2 uang deh
Iya bun,sya jg browsing dianjurkan buat bumil krn kaya akan manfaat
 
  #13  
Old
Siti B...
 
Posts: 3
 
hay bunda, aq hamil 7 minggu, tp aku gk bisa makan, dan skrg maag dan msuk angin. Sebaiknya aku gmna ya bunda,?
 
  #14  
Old
Delshi...
Non-aktif
 
Posts: 463
 
Hamil muda memang harus hati-hati bun.
 
  #15  
Old
ida d ...
 
Posts: 2
 
hai bun salam kenall .
saat ini sya lg hamill skitar 7week td sy minum air klpa ijoo bun ,, apa iya bsa bkin k gguran ..moga sjaa janin yg ada di dlm rahim.sy kuatt ...aminnn

soal ny sya sdah 1 thn nunggu khmilan ini
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
ibu hamil bole kah minum air kelapa muda? -- Diskusi Umum 18
Boleh gga Sih Minum Air Kelapa Muda Setiap hari saat Hamil 16 Minggu -- Diskusi Umum 10
Minum Pocarisweet, Kelapa muda saat hamil 3bln. -- Diskusi Umum 5
bun,bolehkah minum air kelapa saat janin usia msii muda? -- Ngobrol Apa Saja 10
Apa pengaruh minum air kelapa saat hamil muda.? -- Diskusi Umum 8


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 14:10.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com