Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Cynthi...   TS 
 
Location: kuta,badung
Posts: 348
Default bahaya ikan ber mekuri tinggi bagi janin..

Sebagian besar masyarakat tahu bahwa ikan mengandung protein berkualitas tinggi, sedikit lemak jenuh dan kaya akan omega 3 yang bermanfaat untuk tubuh. Namun sayangnya hampir semua ikan mengandung jejak merkuri yang bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan. Beberapa ikan diketahui mengandung kadar merkuri tinggi yang sangat berbahaya bagi ibu hamil dan anak-anak. Untuk itu masyarakat sebaiknya mengetahui jenis ikan apa saja yang mengandung kadar merkuri tertinggi dan juga terendah, seperti dikutip dari NRDC.org, yaitu: Ikan dengan kadar merkuri paling sedikit (mengandung merkuri kurang dari 0,09 ppm) Jenis ikan ini masih bisa dinikmati kapan saja karena mengandung merkuri dalam jumlah kecil, seperti ikan teri, ikan lele, udang, ikan salmon baik yang kalengan maupun yang fresh, ikan nila, ikan putih, ikan trout air tawar, ikan whiting dan ikan makerel dari atlantik utara. Ikan dengan kadar merkuri sedang (mengandung merkuri 0,09-0,29 ppm) Jenis ikan ini masih boleh dikonsumsi 6 kali atau kurang dalam waktu 1 bulan. Jenis ikannya adalah ikan cod dari alaska, ikan halibut dari atlantik dan pasifik, lobster, tuna kalengan, ikan cakalang dan ikan trout laut (weakfish). Ikan dengan kadar merkuri tinggi (mengandung merkuri 0,3-0,49 ppm) Jenis ikan ini masih bisa dikonsumsi tapi maksimal 3 kali atau kurang dalam waktu 1 bulan. Jenis ikannya adalah ikan kerapu, ikan makarel dari spanyol, ikan tuna kuning, ikan sea bass dan bluefish. Ikan dengan kadar merkuri tertinggi (mengandung merkuri lebih dari 0,5 ppm) Masyarakat sebaiknya menghindari jenis ikan ini karena mengandung kadar merkuri yang sangat tinggi, seperti ikan makarel raja, ikan marlin, ikan hiu, ikan todak, tilefish, dan ikan orange roughy. Efek dari merkuri ini bisa menyebabkan gangguan perkembangan saraf (neurologis) pada janin, bayi dan anak-anak. Sedangkan dampak lainnya adalah mengganggu kemampuan kognitif, memori, perhatian, bahasa, motorik halus dan kemampuan visual spasial. Umumnya sistem saraf janin lebih rentan terhadap paparan merkuri dibanding saraf orang dewasa, karenanya ibu hamil sangat dianjurkan memilih konsumsi ikan yang tepat.

---------- Post added at 15:35 ---------- Previous post was at 15:33 ----------

tadi gak tau eehh.. makan ikan tuna banyak banget bund... huhuhu... mudah2an janinnya gapapa... Aamiinn... sehat2 kamu disana nak..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Diyani...
 
Location: Sukoharjo
Posts: 35
 
.yg penting ikan tuna nya bukan dari teluk jakarta bund, he.he.he.
.karena air lautnya dah tercemar...
.tambhan bund, kerang hijau hidup dalam perairan dangkal dan mampu hidup bertahan dalam air tercemar, jd sbaiknya hati2 mengkonsumsinya, paling tdk kita tau dr perairan mana dia berasal...
 
  #3  
Old
Cynthi...   TS 
 
Location: kuta,badung
Posts: 348
 
Oohh.. Kebanyakkan yg bermekuri tuh dari teluk jakarta ya bund? Gak sii,, ikannya dari bali,,aahh mudah2an gak ada pa2 ya bund,, Aamiin ,,,
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Jual minyak ikan salmon u/pertumbuhan otak janin,kesehatan,dsb -- Area Promosi 1
Jual ikan Salmon yang bermanfaat bagi ibu hamil & janin -- Area Promosi 0
Bahaya Meroko Bagi Ibu Hamil -- Diskusi Umum 0
Bahaya Meroko Bagi Ibu Hamil -- Kenalan Yuk! 0
Bahaya Meroko Bagi Ibu Hamil -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:46.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com