Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
acha r...   TS 
 
Location: pulang pisau
Posts: 16
Wink kurangnya info,,jadi salah pola makan diawal kehamilan

bunda-bunda mau curhat neh,,lg galau,,
gini bun,,sya dah hamil 19W,, nah karena kurangnya info saya kurang memperhatikan pola makan saya yang pada waktu itu usia kehamilan saya 1-3 bulan,, hanya makan mie instan dan bakso,,saya pikir dari pada tidak makan sama sekali,,susu pun kalo gak pas kepingin juga g bisa minum karena mabuk tidak doyan nasi sama sekali,,

sampai akhirnya saya kena magh bun,,padahal sebelum hamil gak punya magh,,

saya di forum ini baca2 ttg bahaya nya mie dan bakso karena MSG y,,saya jd takut bun karena pada masa1-3 bulan itu saya makan mie dan bakso,,

pertannyaan saya
1. apakah saya masih bisa mengejar dan memenuhi ketertinggalan gizi di awal kehamilan ??
2. seberapa bahaya dan pengaruh mie instan dan bakso d usia 1-3 bulan bagi baby ??


trimakasih atas share y yah bun
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Icha A...
 
Posts: 1,253
 
Jajanan yang Perlu Dipantang Saat Hamil - Kompas Female

KOMPAS.com - Bakso merupakan makanan favorit kebanyakan orang Indonesia, begitu pula siomay, sate, dan lalap-lalapan mentah. Sebetulnya, meskipun makanan-makanan tersebut mengandung protein dan vitamin, tetapi menurut dr Mariono Reksoprodjo, SpOG, dari Klinik Bersalin Seruni, Jakarta, ibu hamil perlu hati-hati kala menyantapnya. Ia mengingatkan, ada jenis-jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari atau setidaknya diwaspadai dengan berbagai alasan. Berikut beberapa di antaranya:

* Jajanan (bakso, siomay, bakwan malang, dan sejenisnya)
Bakso, mi ayam, bakwan malang, siomay, dan sejenisnya, yang mengandung zat-zat kimia yang diduga dapat menyumbang munculnya beberapa gangguan pertumbuhan saraf pada janin, seperti autisme, hiperaktif, cerebral palsy, dan lainnya. Bahan-bahan yang perlu diwaspadai ibu hamil pada jajanan ini adalah boraks yang biasanya terdapat pada bakso dan siomay, formalin pada mi dan MSG (monosodium glutamate) atau bumbu penyedap pada kuah bakso, bakmi atau bakwan malang.

* Olahan daging (sate, steak, burger)
Jika cara pengolahan daging yang digunakan untuk sate, steak, dan burger kurang matang, maka parasit dan mikroorganisme lain yang terkandung di dalamnya tidak akan mati. Termasuk parasit toksoplasma yang sangat berbahaya bagi pertumbuhan fisik janin. "Hampir dipastikan, janin akan tumbuh abnormal bila ibu menderita toksoplasma," tutur Mariono yang juga bekerja di Dinas Kesehatan TNI-AU Mabes TNI-AU Cilangkap, Jakarta Timur.

Perjalanan toksoplasma sendiri cukup unik. Awalnya parasit tersebut terkandung pada kotoran kucing yang kemudian terpapar ke tumbuh-tumbuhan dan rerumputan yang merupakan makanan hewan-hewan, seperti sapi, kambing, atau ayam. Dari situlah hewan-hewan ternak tersebut dapat terinfeksi toksoplasma.

Kalau ibu hamil mengonsumsi daging yang terinfeksi parasit ini, otomatis ia juga akan terjangkit toksoplasma. Parasit tersebut lalu berkembang biak hingga kemudian mengganggu pertumbuhan janin yang dikandungnya. "Selama hamil, pilihlah makanan yang benar-benar matang untuk menghindari berbagai kelainan, seperti bayi lahir tanpa kaki atau jari jemari yang tidak lengkap, tulang tengkorak yang tidak sempurna, hidrosefalus, bahkan menderita kelainan jantung bawaan."

* Lalapan
Seperti halnya daging mentah atau setengah matang, sayuran mentah yang dijadikan lalapan dapat pula mengandung parasit toksoplasma. Namun bukan berarti ibu hamil dilarang mengonsumsinya. Boleh-boleh saja, tapi perhatikan kebersihannya dengan saksama. Cuci sayuran dengan air mengalir. Cairan khusus untuk mencuci makanan yang bisa membunuh kuman atau parasit bisa juga digunakan.

Menurut Mariono, mencuci dengan air bersih terkadang tidak bisa membasmi tuntas kuman atau parasit yang menempel pada sayuran. "Apalagi kalau mencucinya asal-asalan, sangat mungkin parasit toksoplasma masuk ke dalam tubuh," ujarnya.

Efek dari penyemprotan pestisida pada sayuran juga patut dikhawatirkan. Pestisida yang merupakan bahan kimia pembasmi hama dapat menempel di kulit sayuran dan sulit hilang meski sudah dicuci bersih. Zat kimia pestisida diduga menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit gangguan saraf seperti autisme, cerebral palsy, gangguan pemusatan perhatian, dan sebagainya.

Sarannya, ibu hamil lebih baik mengonsumsi sayuran atau buah yang bebas dari bahan-bahan kimia atau ditanam secara organik. Sayuran jenis ini sudah banyak ditemukan di beberapa tempat di kota-kota besar. Atau kalau tidak, pilih sayuran hidroponik yang relatif lebih bersih dari bahan kimia.

* Makanan dalam kemasan (sosis, nugget, kornet dan sejenisnya)
Makanan dalam kemasan umumnya mengandung bahan pengawet yang dikhawatirkan dapat mengganggu pencernaan ibu hamil sehingga zat gizi yang tersalurkan ke tubuh janin akan berkurang. Zat pengawet juga diduga dapat mengganggu pertumbuhan saraf-saraf otak janin, padahal masa kehamilan adalah masa paling pesat pertumbuhan otak.

Jadi, semasa hamil tidak ada ruginya ibu menghindari makanan dalam kemasan. Lebih baik pilih makanan segar tanpa bahan pengawet. "Umumnya daging kornet yang berada dalam kemasan mengandung bahan pengawet. Daging sapi segar relatif tidak terkontaminasi zat kimia sehingga lebih baik untuk dikonsumsi, tapi dengan catatan sudah diproses atau dimasak dengan cara yang benar dan matang."

* Minuman ringan dalam kemasan
Minuman ringan dalam kemasan, walaupun dipromosikan tanpa bahan pengawet tetapi pada kenyataannya ada yang mengandung bahan pengawet. Oleh karena itu, Mariono menganjurkan ibu hamil untuk berhati-hati dalam mengonsumsinya. "Mana mungkin minuman tersebut kuat dalam jangka waktu lama kalau tidak diberi bahan pengawet," ujar Mariono. Jadi, saat ibu hamil ingin menikmati teh di sore hari misalnya, lebih baik minum teh seduhan sendiri dan bukan air teh dalam kemasan.

Namun demikian, tidak semua minuman ringan dalam kemasan pasti mengandung bahan pengawet. Seperti beberapa produk susu dan jus buah alami misalnya, produsen memang sengaja membuatnya tidak memakai bahan pengawet. Ciri dari kemasan tersebut adalah tidak tahan lama. "Umumnya, minuman kemasan ini hanya awet hingga tiga hari saja," ungkapnya.

Akan halnya minuman bersoda, selama tidak menimbulkan rasa mual boleh saja dinikmati selama hamil. Masalahnya, banyak ibu bertambah mual karena minuman bersoda memicu bertambahnya gas dalam lambung. Kasus ini banyak terjadi terutama di trimester awal kehamilan. Saat itu asam lambung dan enzim pencernaan lain sedang begitu berlimpah sehingga mengganggu sistem pencernaan ibu hamil. Jadi tak heran kalau minuman bersoda bisa menambah kembung perut.

* Mi instan dan camilan ringan
Mi instan dan camilan ringan, umumnya selain mengandung bahan pengawet juga mengandung MSG yang cukup besar. Mariono mewanti-wanti agar ibu hamil menghindari MSG karena dampaknya bisa langsung terjadi. "Pada beberapa orang, efek dari MSG bisa menimbulkan pusing, jantung berdebar-debar, bahkan sesak napas," jelasnya.

PENYEDAP:
* * *Apa sih tujuan pedagang menambahkan penyebab rasa? Agar makanan lebih enak bukan? Tetapi penyebab makanan tidak dibutuhkan oleh tubuh. Contoh yang terbaik adalah MSG (Monosodium Glutamat), sejak ditemukan pada tahun 1940, MSG telah digunakan berbagai makanan. Produk makanan cepat saji, makanan instant, makanan kaleng, makanan proses, makanan cemilan biasanya mengandung MSG dalam jumlah yang cukup banyak. Efek dari MSG adalah sakit kepala, gatal, mual, masalah sistim saraf dan reproduksi, tekanan darah tinggi, migrant, asma bahkan depresi. Chinese Restaurant Syndrome: umumnya terjadi pada orang-orang seusai mengkomsumsi masakan Chinese yang dikenal mengandung kadar MSG tinggi. Makanan yang sering kali sekali menimbulkan sindrom ini adalah sup. Mengapa? Karena sup dihidangkan paling awal sehingga akan memasuki saluran pencernaan dalam kondisi perut kosong, akibat MSG dapat dengan mudah terserap dalam darah sehingga menimbulkan efek yang disebutkan tadi, 20-30 menit setelah seseorang komsumsi MSG. Meski pembuktiannya menjadi perdebatan banyak pihak, ada baiknya jika sebagai konsumen kita harus berhati-hati.

PEMANIS:
* * Korban terbesar BTM pemanis makanan adalah anak-anak. Hampir semua makanan manis untuk anak-anak mengandung pemanis buatan seperti sakarin, siklamat, aspartame. Sakarin (200700 kali manis gula/sukrosa) sering digunakan pada soft drink, selai, permen, jajanan pasar. Siklamat (30x) sering digunakan pada makanan kaleng atau makanan proses lain karena tahan panas. Pada hewan percobaan pemanis ini menyebabkan kanker kandungan kemih. Aspartam (160-220x) banyak digunakan sebagai pemanis buatan pada berbagai jenis makanan dan minuman terutama makanan dn minuman rendah kalori (makanan penderita diabetes, nol kalori, salat dressing, snack,soft drink). Aspartam pada saat ini masih merupakan gula buatan yang masih dianggap aman dibanding dengan sakarin dan siklamat. Perhatikan label makanan, sekarang banyak makanan yang menggunakan aspartame sebagai pemanis. Terlalu banyak komsumsi makanan yang mengandung aspartame dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko kerusakan system saraf, menstruasi yang sulit, dapat mempengaruh perkembangan otak janin, Alzheimer, lupus, multiple sclerosis maupun kanker otak. Wanita hamil sebaikanya menghindari produk yang mengandung aspartame (agar bayi yang lahir terhindar dari retardasi mental). Walaupun masih dianggap aman tetapi sebaiknya hindarilah ketiga jenis pemanis buatan tersebut apabila anda ingin sehat.

PEWARNA:
* * *Banyak ditemukan pada makanan buatan industri kecil dan jajanan pasar dan juga industri besar. Rhodamin B dan Metanil Yellow sering dipakai untuk mewarnai kerupuk, makanan ringan, terasi, kembang gula, sirup manisan, tahu kuning. Rhodamin B dan Metanil Yellow adalah pewarna tekstil bukan food grade. Sebenarnya kemajuan teknologi, pewarna sintetis digunakan. Karena kelebihannya praktis menggunakannya dan lebih murah harganya. Penelitian menunjukkan bahwa pewarna buatan dapat menyebabkan hiperaktif pada anak-anak, infertilitas, cacat bayi, kerusakan liver dan ginjal, kanker, mengganggu fungsi otak dan kemampuan belajar dan kerusakan kromosom.


Semoga bermanfaat...
 
  #3  
Old
JuliaH...
 
Posts: 14
 
g sempat kuatir juga bun, sbnrnya udah diperingatkan sama kakak yg boleh di makan n ga boleh.
g udah kurangin spt namanya bakso, sate, sosis, mie instan n junk food.
tp g kan krj, trus jarang masak, mau ga mau sering jajan di luar.
pasti makanannya yg itu" bun apalgi wkt nginjak 6 bulan, apa aja g makan cuman porsinya lebih kecil aja.
pas nginjak 7 bulan g dah mulai kuatir bun si baby knapa" ga ya smp mikirin 2 malam ga bisa tdr, ngarasa bersalah bgt (
tp menurut g apa yg udah terlanjur ya udah kita pasrahkan aja...toh ga bisa diulang kembali. mulai skr perbaiki aja pola makan bunda.
skr g dah jaga pola makan, sebisa mungkin lakukan yg terbaiklah buat baby. jgn di bawa stress bun, tetap pikir positif n jalanin. jgn lupa berdoa smg baby tetap sehat"
 
  #4  
Old
acha r...   TS 
 
Location: pulang pisau
Posts: 16
 
iyah bun makasih byk yah bunda icha atas infoy yang sangat bermanfaat,,mudah2an info ini bs saya jadikan acuan dan bs memperhatikn perkembnagn calon baby q lebih hati2 lg,,

---------- Post added at 11:50 ---------- Previous post was at 11:48 ----------

iyah bunda julia,,kalo saya jauh dr keluarga dan suami karena pejerjaan,,jd di saat mabuk g bs masak santaplah mie hehehe,, jd sekrg dah lebih berhati2 karena berdampak buruk,,maksih atas info y yah bun,,
 
  #5  
Old
novari...
 
Posts: 91
 
pola makan yang salah jga bisa ganggu kesuburan loh bunda. kalau semisal bunda sering konsumsi kafein sebiknya sih hentikan, ga hanya kopi sih teh atau minuman yang ada kandungan kafeinnya itu lebih baik dihindari bunda. ada info soal kafein yang gak baik untuk pembuluh darah loh

Replying to:
kafein dapat menyempitkan pembuluh darah, memperlambat aliran darah ke rahim sehingga berpotensi menyulitkan sel telur untuk bertahan hidup. Bagi Anda pecandu kafein, menghilangkan konsumsi kafein secara langsung dapat menyebabkan sakit kepala hebat. Jadi jika Anda memutuskan untuk menghilangkan kebiasaan konsumsi kafein secara penuh, lakukanlah secara bertahap. Setiap hari, cobalah ganti sedikit demi sedikit kopi berkafein dengan yang bebas kafein, hingga Anda merasa terbiasa. Setelah Anda terbiasa mengkonsumsi sedikit atau tanpa kafein, Anda akan merasa susu atau sirup sebagai pengganti kopi yang baik dan tubuh Anda mendapatkan kalsium yang cukup.
sumber info
 
  #6  
Old
fitriy...
 
Posts: 91
 
Lebih baik stok telur bund sama buah, atau roti aku aja gitu waktu TM 1 gak bisa makan nasi sama sekali, akhirnya makan roti, pisang, buah yang lain. Pernah makan mie instan itu juga jarang banget makannya paling ngerecokin suami aja minta sesendok doang.
 
Semoga Dedenya sehat selama 9 bulan dan sampai lahiran. Aamiin.
  #7  
Old
ANNHYI...
 
Location: PALEMBANG
Posts: 34
 
gimana dgn aspartame yg ada di cdr, cdr kan buat tulang dan ada bacaanya blh dikonsumsi untuk ibu hamil????
 
  #8  
Old
madali...
 
Location: Gandul,depok
Posts: 61
 
salam kenal bunda semua, ikutan ya bahas makanan bumilnya. saya lg di TM1 nah td kepengen bgt mkn baso ikan. akhirnya saya beli merk Fiesta. apakah itu aman? saya udh cari digoogle ga nemu yg bahas spesifik baso ikan ini. saya blm mkn karna rencananya mo dimasak bsk. ada ga bunda yg pernah konsumsi baso ikan ini wkt hamil? mohon sharenya. trimakasih.
 
  #9  
Old
phuji...
 
Posts: 90
 
salam kenal bunda...duuhhh q dh 2 hari ini konsumsi tahu bakso beli ditukang sayur...trs sate jg iya...hmmm semoga debay ttp sehat ya bunda2 smua
 
  #10  
Old
Pika j...
 
Location: Denhaag,netherland
Posts: 11
 
Bunda disini,,mohon bantu saya,,,saya tinggal dibelanda,tadi malam saya iseng buat siomay pakai ayam n ikan salmon,,yang saya tanyakan,,apakah aman buat kehamilan saya 23minggu,dan saya kukus selama 30 menit,,mohon bantu bunda,,saya takut ada apa apa dengan janin,,terima kasih,,,salam dari den haag,belanda
 
  #11  
Old
Angell...
 
Posts: 569
 
Replying to: View Post
Bunda disini,,mohon bantu saya,,,saya tinggal dibelanda,tadi malam saya iseng buat siomay pakai ayam n ikan salmon,,yang saya tanyakan,,apakah aman buat kehamilan saya 23minggu,dan saya kukus selama 30 menit,,mohon bantu bunda,,saya takut ada apa apa dengan janin,,terima kasih,,,salam dari den haag,belanda
Kayaknya gpp dhe bun apalagi bunda bikin sendiri lebih aman.
mungkin artikel ini bsa sedikit menjelaskan

Tp ikan salmon berbahaya bisa bermanfaat buatbuat bumil
http://www.ibu-hamil.web.id/2015/02/ikan-salmon-untuk-ibu-hamil-manfaat-bahaya.html?m=1[/URL]
 
  #12  
Old
kamila...
 
Posts: 995
 
Meding coba puasa seperti aq pas hamil,puasa mie instan smp 9bln,puasa jajan smp 9bulan ( kalo ini kdng 1bulan sekali jajan itupun t4 yg bersih) puasa msg smp 9bulan... puasa sate itu pantangan bgt.... nah mulai deh dr skrng
 
  #13  
Old
Pika j...
 
Location: Denhaag,netherland
Posts: 11
 
Replying to: View Post
Kayaknya gpp dhe bun apalagi bunda bikin sendiri lebih aman.
mungkin artikel ini bsa sedikit menjelaskan

Tp ikan salmon berbahaya bisa bermanfaat buatbuat bumil
http://www.ibu-hamil.web.id/2015/02/ikan-salmon-untuk-ibu-hamil-manfaat-bahaya.html?m=1[/URL]
Tapi apakah dikukus itu selama 30 menit,,ikan en daging dalam adonan sudah cukup masak??disini dokternya ga terlalu banyak aturan,mereka cuma bilang asal makanan itu jangan mentah en setengah masak,,,maka saya takut bund,,,
Makasih direspon ya bund,,,kepikiran mulu😓Dan saya baru di group ini jd belom mengerti bagaimana ngepost

---------- Post added at 09:11 ---------- Previous post was at 09:04 ----------

Replying to: View Post
Jajanan yang Perlu Dipantang Saat Hamil - Kompas Female

KOMPAS.com - Bakso merupakan makanan favorit kebanyakan orang Indonesia, begitu pula siomay, sate, dan lalap-lalapan mentah. Sebetulnya, meskipun makanan-makanan tersebut mengandung protein dan vitamin, tetapi menurut dr Mariono Reksoprodjo, SpOG, dari Klinik Bersalin Seruni, Jakarta, ibu hamil perlu hati-hati kala menyantapnya. Ia mengingatkan, ada jenis-jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari atau setidaknya diwaspadai dengan berbagai alasan. Berikut beberapa di antaranya:

* Jajanan (bakso, siomay, bakwan malang, dan sejenisnya)
Bakso, mi ayam, bakwan malang, siomay, dan sejenisnya, yang mengandung zat-zat kimia yang diduga dapat menyumbang munculnya beberapa gangguan pertumbuhan saraf pada janin, seperti autisme, hiperaktif, cerebral palsy, dan lainnya. Bahan-bahan yang perlu diwaspadai ibu hamil pada jajanan ini adalah boraks yang biasanya terdapat pada bakso dan siomay, formalin pada mi dan MSG (monosodium glutamate) atau bumbu penyedap pada kuah bakso, bakmi atau bakwan malang.

* Olahan daging (sate, steak, burger)
Jika cara pengolahan daging yang digunakan untuk sate, steak, dan burger kurang matang, maka parasit dan mikroorganisme lain yang terkandung di dalamnya tidak akan mati. Termasuk parasit toksoplasma yang sangat berbahaya bagi pertumbuhan fisik janin. "Hampir dipastikan, janin akan tumbuh abnormal bila ibu menderita toksoplasma," tutur Mariono yang juga bekerja di Dinas Kesehatan TNI-AU Mabes TNI-AU Cilangkap, Jakarta Timur.

Perjalanan toksoplasma sendiri cukup unik. Awalnya parasit tersebut terkandung pada kotoran kucing yang kemudian terpapar ke tumbuh-tumbuhan dan rerumputan yang merupakan makanan hewan-hewan, seperti sapi, kambing, atau ayam. Dari situlah hewan-hewan ternak tersebut dapat terinfeksi toksoplasma.

Kalau ibu hamil mengonsumsi daging yang terinfeksi parasit ini, otomatis ia juga akan terjangkit toksoplasma. Parasit tersebut lalu berkembang biak hingga kemudian mengganggu pertumbuhan janin yang dikandungnya. "Selama hamil, pilihlah makanan yang benar-benar matang untuk menghindari berbagai kelainan, seperti bayi lahir tanpa kaki atau jari jemari yang tidak lengkap, tulang tengkorak yang tidak sempurna, hidrosefalus, bahkan menderita kelainan jantung bawaan."

* Lalapan
Seperti halnya daging mentah atau setengah matang, sayuran mentah yang dijadikan lalapan dapat pula mengandung parasit toksoplasma. Namun bukan berarti ibu hamil dilarang mengonsumsinya. Boleh-boleh saja, tapi perhatikan kebersihannya dengan saksama. Cuci sayuran dengan air mengalir. Cairan khusus untuk mencuci makanan yang bisa membunuh kuman atau parasit bisa juga digunakan.

Menurut Mariono, mencuci dengan air bersih terkadang tidak bisa membasmi tuntas kuman atau parasit yang menempel pada sayuran. "Apalagi kalau mencucinya asal-asalan, sangat mungkin parasit toksoplasma masuk ke dalam tubuh," ujarnya.

Efek dari penyemprotan pestisida pada sayuran juga patut dikhawatirkan. Pestisida yang merupakan bahan kimia pembasmi hama dapat menempel di kulit sayuran dan sulit hilang meski sudah dicuci bersih. Zat kimia pestisida diduga menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit gangguan saraf seperti autisme, cerebral palsy, gangguan pemusatan perhatian, dan sebagainya.

Sarannya, ibu hamil lebih baik mengonsumsi sayuran atau buah yang bebas dari bahan-bahan kimia atau ditanam secara organik. Sayuran jenis ini sudah banyak ditemukan di beberapa tempat di kota-kota besar. Atau kalau tidak, pilih sayuran hidroponik yang relatif lebih bersih dari bahan kimia.

* Makanan dalam kemasan (sosis, nugget, kornet dan sejenisnya)
Makanan dalam kemasan umumnya mengandung bahan pengawet yang dikhawatirkan dapat mengganggu pencernaan ibu hamil sehingga zat gizi yang tersalurkan ke tubuh janin akan berkurang. Zat pengawet juga diduga dapat mengganggu pertumbuhan saraf-saraf otak janin, padahal masa kehamilan adalah masa paling pesat pertumbuhan otak.

Jadi, semasa hamil tidak ada ruginya ibu menghindari makanan dalam kemasan. Lebih baik pilih makanan segar tanpa bahan pengawet. "Umumnya daging kornet yang berada dalam kemasan mengandung bahan pengawet. Daging sapi segar relatif tidak terkontaminasi zat kimia sehingga lebih baik untuk dikonsumsi, tapi dengan catatan sudah diproses atau dimasak dengan cara yang benar dan matang."

* Minuman ringan dalam kemasan
Minuman ringan dalam kemasan, walaupun dipromosikan tanpa bahan pengawet tetapi pada kenyataannya ada yang mengandung bahan pengawet. Oleh karena itu, Mariono menganjurkan ibu hamil untuk berhati-hati dalam mengonsumsinya. "Mana mungkin minuman tersebut kuat dalam jangka waktu lama kalau tidak diberi bahan pengawet," ujar Mariono. Jadi, saat ibu hamil ingin menikmati teh di sore hari misalnya, lebih baik minum teh seduhan sendiri dan bukan air teh dalam kemasan.

Namun demikian, tidak semua minuman ringan dalam kemasan pasti mengandung bahan pengawet. Seperti beberapa produk susu dan jus buah alami misalnya, produsen memang sengaja membuatnya tidak memakai bahan pengawet. Ciri dari kemasan tersebut adalah tidak tahan lama. "Umumnya, minuman kemasan ini hanya awet hingga tiga hari saja," ungkapnya.

Akan halnya minuman bersoda, selama tidak menimbulkan rasa mual boleh saja dinikmati selama hamil. Masalahnya, banyak ibu bertambah mual karena minuman bersoda memicu bertambahnya gas dalam lambung. Kasus ini banyak terjadi terutama di trimester awal kehamilan. Saat itu asam lambung dan enzim pencernaan lain sedang begitu berlimpah sehingga mengganggu sistem pencernaan ibu hamil. Jadi tak heran kalau minuman bersoda bisa menambah kembung perut.

* Mi instan dan camilan ringan
Mi instan dan camilan ringan, umumnya selain mengandung bahan pengawet juga mengandung MSG yang cukup besar. Mariono mewanti-wanti agar ibu hamil menghindari MSG karena dampaknya bisa langsung terjadi. "Pada beberapa orang, efek dari MSG bisa menimbulkan pusing, jantung berdebar-debar, bahkan sesak napas," jelasnya.

PENYEDAP:
* * *Apa sih tujuan pedagang menambahkan penyebab rasa? Agar makanan lebih enak bukan? Tetapi penyebab makanan tidak dibutuhkan oleh tubuh. Contoh yang terbaik adalah MSG (Monosodium Glutamat), sejak ditemukan pada tahun 1940, MSG telah digunakan berbagai makanan. Produk makanan cepat saji, makanan instant, makanan kaleng, makanan proses, makanan cemilan biasanya mengandung MSG dalam jumlah yang cukup banyak. Efek dari MSG adalah sakit kepala, gatal, mual, masalah sistim saraf dan reproduksi, tekanan darah tinggi, migrant, asma bahkan depresi. Chinese Restaurant Syndrome: umumnya terjadi pada orang-orang seusai mengkomsumsi masakan Chinese yang dikenal mengandung kadar MSG tinggi. Makanan yang sering kali sekali menimbulkan sindrom ini adalah sup. Mengapa? Karena sup dihidangkan paling awal sehingga akan memasuki saluran pencernaan dalam kondisi perut kosong, akibat MSG dapat dengan mudah terserap dalam darah sehingga menimbulkan efek yang disebutkan tadi, 20-30 menit setelah seseorang komsumsi MSG. Meski pembuktiannya menjadi perdebatan banyak pihak, ada baiknya jika sebagai konsumen kita harus berhati-hati.

PEMANIS:
* * Korban terbesar BTM pemanis makanan adalah anak-anak. Hampir semua makanan manis untuk anak-anak mengandung pemanis buatan seperti sakarin, siklamat, aspartame. Sakarin (200700 kali manis gula/sukrosa) sering digunakan pada soft drink, selai, permen, jajanan pasar. Siklamat (30x) sering digunakan pada makanan kaleng atau makanan proses lain karena tahan panas. Pada hewan percobaan pemanis ini menyebabkan kanker kandungan kemih. Aspartam (160-220x) banyak digunakan sebagai pemanis buatan pada berbagai jenis makanan dan minuman terutama makanan dn minuman rendah kalori (makanan penderita diabetes, nol kalori, salat dressing, snack,soft drink). Aspartam pada saat ini masih merupakan gula buatan yang masih dianggap aman dibanding dengan sakarin dan siklamat. Perhatikan label makanan, sekarang banyak makanan yang menggunakan aspartame sebagai pemanis. Terlalu banyak komsumsi makanan yang mengandung aspartame dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko kerusakan system saraf, menstruasi yang sulit, dapat mempengaruh perkembangan otak janin, Alzheimer, lupus, multiple sclerosis maupun kanker otak. Wanita hamil sebaikanya menghindari produk yang mengandung aspartame (agar bayi yang lahir terhindar dari retardasi mental). Walaupun masih dianggap aman tetapi sebaiknya hindarilah ketiga jenis pemanis buatan tersebut apabila anda ingin sehat.

PEWARNA:
* * *Banyak ditemukan pada makanan buatan industri kecil dan jajanan pasar dan juga industri besar. Rhodamin B dan Metanil Yellow sering dipakai untuk mewarnai kerupuk, makanan ringan, terasi, kembang gula, sirup manisan, tahu kuning. Rhodamin B dan Metanil Yellow adalah pewarna tekstil bukan food grade. Sebenarnya kemajuan teknologi, pewarna sintetis digunakan. Karena kelebihannya praktis menggunakannya dan lebih murah harganya. Penelitian menunjukkan bahwa pewarna buatan dapat menyebabkan hiperaktif pada anak-anak, infertilitas, cacat bayi, kerusakan liver dan ginjal, kanker, mengganggu fungsi otak dan kemampuan belajar dan kerusakan kromosom.


Semoga bermanfaat...
Bisa tanya bunda,,jika buat siomay sndiri en ngekukusnya selama 30 menit apkah itu daging en ikan sudah masak??
Terima kasih
 
Lindungi bayiku ya Tuhan🙏🏼🙏🏼semoga sehat,kuat,n tidak kekurangan juga dilancarkan persalinan nanti
  #14  
Old
rahma2...
 
Posts: 251
 
bunda pika
menurutku udah mateng itu bund
coba siomainya dibelah
kalau bagian tengahnya udah engga lembek,adonan brarti mateng dan ikan& dagingnya brarti udah mateng juga
bumil emg ga boleh makan makanan mentah atau setengah matang..harus mateng tp juga jangan terlalu matang deh. krn menurunkan kadar gizi dlm makanan kan..
itu pendapatku bund

kl ak agak susah nih bund..kalau masak kebiasaan pake Royco..
kl ga pake royco ngrasa ada yg kurang rasanya..
 
  #15  
Old
Ansya...
 
Posts: 7
 
Salam kenal yaa para bunda, aku baru join dan kepingin ikutan bahas soal makanan nih bun. Aku hamil 10week dan dari awal hamil makanku ga teratur bun karna aku mual parah dan nafsu makannya bener bener ga ada. Kadang kalau mau makan pun kepinginnya yg aneh aneh, kaya mie instans gitu bun. Dan selama hamil ini juga aku kurang makan buah sama sayur apalagi minum susu. Soalnya dari awal hamil lagi ada masalah sama ibuku. Mohon sarannya juga bun, gimana yaa cara ngejar gizi buat debaynya? Makasih bunda bunda
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
merinding diawal kehamilan -- Diskusi Umum 1
hamil n punya mag kadang kalo salah makan perut jadi mulas bner g ya?????? -- Diskusi Umum 5
Tips Mengatur Pola Makan Saat Hamil -- Diskusi Umum 0
jadi serba salah .... -- Diskusi Umum 6
Keluhan diawal kehamilan -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 10:24.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com