Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
aryana...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 1,513
Default Bunda share pengalaman waktu bunda mengalami keguguran..

assalamualaikum bunda semua.. apa kabarnya.. maaf bunda bukannya aku mau mengingatkan bunda" yang pernah kehilangan buah hatinya.. tapi aku membuatkan thread ini supaya bunda yang lain tau bagaimana cara menjaga kehamilannya dengan baik sewaktu mengandung..

supaya kehamilan mereka tidak terjadi seperti apa yang kita alami..

kalau bunda berkenan kita sharing pengalaman masing" beserta domisili bunda yaa.. dan setelah itu sharing juga bagaimana cara bunda beserta promilnya supaya mendapatkan kehamilan kembali yang tentunya sehat dan lancar sampai tiba melahirkan..

ohh iya kalau bunda berkenan tolong ceritakan perbedaan kehamilan bunda yang pertama dengan kehamilan bunda yang kedua, ketiga dan setrusnya..

sekali lagi saya bermaksud baik membuat thread ini supaya bunda yang saat ini tengah mengandung maupun yang rencana akan hamil bisa membaca pengalaman kita semua..

makasih sebelumny atas partisipasi bunda semua..

Wassalam..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
asri46...
 
Posts: 69
 
Salam kenal bunda Aryana...saya jg mengalami keguguran saat kehamilan pertama..saya menikah tgl 02 Mei 2015..1x lewat masa haid Alhamdulillah Hamil wktu itu hpht 31 Mei 2015..saya dikuret tgl 03 sept 2015..awalnya flek coklat 2hari trs berubah jd darah merah seperti haid...wktu periksa di usg sdh ga keliatan jelas janinnya..yg keliatan cm sisa2 konsepsi yg harus dikuret...saya dikuret dgn dr Forry Fortuna di RS Grha Kedoya..seminggu setelah kuret kontrol diperiksa & di usg rahim sdh bersih..kata dr Forry boleh promil setelah lewat 1x masa haid diksh resep folavit & kalau misal hasilnya positif lsg datang periksa lg..tgl 08 okt 2015 haid pertama saya pasca kuret..pasca kuret saya minum habatussauda (katanya bagus utk pemulihan rahim), folavit , minum sari kacang hijau utk promil-nya..& saya bnr2 jadwalin HB dgn suami saat puncaknya ovulasi..Alhamdulillah bln Nov. Saya telat haid..di test pack muncul 2 garis Samar..Tgl 23 nov. periksa ke dokter..blm 100% jamin Hamil karena blm keliatan jelas..disuruh periksa 2 minggu lg & diksh resep dhupaston dosis 2x sehari..tgl 04 des kmren saya balik lg ke dr Forry..diusg & dinyatakan sudah pasti terjadi kehamilan karena sudah keliatan janinnya meski msh kecil..usia kehamilan berdasarkan USG 7week0d..trs diksh resep lbh byk lg..dhupaston msh diksh tapi dosis 1x sehari, Vit. Penambah darah, ossoral, folamil genio..2 minggu lg jadwal balik ke dokter lg hehehe..saya bersyukur bgt Alhamdulillah..Allah msh diksh kepercayaan & Rezeki kpd saya..utk bunda Aryana ttp semangat ya, ikhtiar trs & jgn lupa berdoa..percaya kpd Allah pasti ada yg lebih baik di setiap rencananya..Semoga bunda Aryana berhasil promil-nya & dpt tiket Hamil..Aamiin..doain saya jg ya bund kehamilan ini sehat2 trs Ibu & Dede bayinya..Aamiin
 
  #3  
Old
Sarasv...
 
Posts: 563
 
Wa'alaikumsalam wr wb, salam kenal juga, Bunda.

Nggak apa-apa, Bund berbagi cerita. Cuma kalau diminta sharing soal ini, cerita saya jadinya panjang banget lho, Bund. Hehehe. Mudah2an nggak kapok mbacanya yah.

Kalau saya dulu awal nikah Alhamdulillah langsung hamil anak pertama, kehamilan yg kuat banget, usia juga baru awal 20an (menikah segera setelah lulus kuliah karena Suami 8 tahun lebih tua, nggak mau nunggu lama-lama). Lahirannya normal di sebuah RS swasta di Yogya.
Setelah itu saya KB IUD untuk 4 tahun lalu setelah dilepas, langsung promil lagi. Ternyata hingga pindah ikut Suami ke Makassar, dihitung-hitung, sudah 7 tahunan lebih promilnya belum berhasil juga, padahal si kakak udah 13 tahun usianya.
Promil yg dijalani beragam. Gonta-ganti dokter dengan obat-obatan yg diresepkan spt Santa E, Folavit, Profertil, dll. Saya menjalani HSG dan SIS & meskipun tidak ada masalah dengan urusan ranjang, Suami tetep minta analisa sp*rma. Alhamdulillah semua normal saja, kecuali hasil HSG saya yg pernah dinyatakan salah satu tuba non patent.
Promil lainnya; kami pernah konsumsi Fertilaid untuk pasutri, berbagai jenis suplemen pendukung promil, serbuk kurma, macam-macam produk madu & royal jelly, R2 nya Nu Skin, saya pijat sampai ke minum ramuan telur bebek-merica hitam-bir racikan bapak-bapak tua yg mijat Suami. Banyak cerita lucu dan sedih yg kami lalui bersama selama menjalani masa-masa itu. Yg pasti, saya dan Suami jadi makin dekat, makin menyayangi dan makin saling memahami. Sama-sama pandai menguatkan satu sama lain.
Tahun lalu, ada yg nyaranin minum pil KB Di*ne tapi jgn dihabiskan, utk mancing hormon kehamilan, katanya. Saya coba lalu bulan berikutnya, haid telat datangnya sampai hampir 3 minggu. Tanda2 awal kehamilan jg mulai terasa, tapi setiap di TP, negatif terus. Ternyata haidnya datang jg.
Awal tahun ini, kami disibukkan dgn renc pindahan sekolah anak ke kota tempat Suami ditugaskan di Jawa, saya tidak terlalu mikir soal promil. Nggak konsumsi vitamin dan suplemen apapun, Suami aja yg tetep saya belikan madu dan Optima dari Nature's Health krn ritme kerjanya yg melelahkan.
Pada Agustus 2015, haid nggak kunjung datang. Saya nyantai aja krn selama ini memang jadwal haid amburadul sejak konsumsi Di*ne. Makan sekenanya krn dirumah apa2 dikerjakan sendiri, sibuk dgn bisnis travelling online dan blog film saya. Kadang juga ada aja yg pesen rendang. Nganter jemput anak sekolah, ketemu lubang di Jalanan juga saya nyetirnya cuek aja. Sama skl nggak terfikir bakalan hamil, sampai ketika telat haid masuk minggu ketiga; jadi sering pusing dan mual2 seharian. Dikit-dikit demam dan ngilu2 di perut. Saya iseng beli TP dengan 3 merk berbeda. Hasil testnya positif semua, Subhanallah. Sempet gemetar lengan waktu megang stick, sekian lama nggak lihat dua garis jelas seperti itu. Suami sedang kerja diluar kota dan anak masih di sekolah, jadinya seharian itu tenggelam sendiri dlm fikiran. Antara sedih, senang, gak percaya, dst. Ada rasa cemas jg karena saya sama sekali nggak promil.
Besoknya saya langsung nyetir sendirian ke RS utk USG di SPOG. Diluar dugaan, dokter tampak kurang senang dgn apa yg dia lihat di layar monitor USG. Katanya bakal janin saya usianya 7 weeks, sudah ada detak jantung tapi lemah & posisinya dekat dgn jalan lahir. Beliau langsung ngasih penguat kandungan Utrogestan 200 mg dan minta saya bedrest total, dilarang turun dari tempat tidur selain mau ke KM. Saya kaget krn selama ini ngurus apa2 selalu nyetir sendiri kemana-mana, termasuk nganter jemput anak sekolah dan les. Suami membesarkan hati saya lewat telepon.
Saat uk 10 weeks, saya perlahan berhenti merasakan mual muntah. Saat Suami pulang weekend, kami ke dua SPOG yg berbeda untuk USG dan keduanya menyatakan detak jantung janin sudah nggak ada. Besoknya, atas rekomendasi adik yg DSOG, kami ke 1 dokter lagi, salah satu SPOG terbaik di Makassar. Hasilnya tetep sama, saya diminta meluruhkan dgn Gastrul yg dimasukkan melalui v. Hari itu, kami beli Gastrulnya, tapi spt biasa, saat adzan, mampir masjid sholat, mohon ampun sama Allah dan minta kekuatan mengikhlaskan bila mmg Ia akan Mengambil titipanNYA kembali. Dlm mobil, kami berpelukan saling menguatkan, saya nangis sesenggukan dan akhirnya kami mantap memutuskan. Malam itu jg Gastrul dimasukkan. Subuhnya, saya mules-mules, ke KM lalu keluarlah kantung plasenta berikut darah segar yg banyak banget. Saya manggil Suami dan mnt tolong diambilin nasi 1 sendok makan. Suami jg sempat buatin susu Milo. Saya pake pembalut lalu duduk nyender di dada Suami yg ngelus2 rambut saya sambil minumin Milo dikit-dikit. Tiba-tiba saya pengen ke KM lagi krn pembalutnya udah basah kuyup. Saat buka celana, darah dgn daging kecil-kecil yg banyak banget keluar lagi. Suami sedang ke dapur ngambil plastik mau mungutin daging2 kecil2 itu saat saya merasakan pandangan berkunang-kunang dan pusing yg hebat. Tahu-tahu saya terbangun dgn posisi sudah telungkup deket kloset, tutup kloset KM terbongkar (mungkin tangan saya nyamber kloset waktu jatuh pingsan). Saya denger sayup2 suara Suami gemeter neriakin "Laa Illaha Illallah!" berkali-kali dan suara anak kami yg terbangun dan nangis, "Mama... Mama..." Suami ngangkat saya dan membopong saya untuk rebahan di karpet ruang keluarga, sambil minta anak kami nelepon orangtua saya yg kebetulan sekomplek. Sebelum Mama Papa datang, saya pingsan lagi. Melihat keadaan saya, Papa yg kebetulan dokter langsung memutuskan saya harus dibawa ke RS saat itu juga. Saya masih mencoba bertahan, "kata dokternya, kalau pendarahan itu normal aja, nanti diminum obatnya dan datang periksa lagi." Tapi Suami dan orangtua berkeras saya harus ke RS. Sayapun setuju tapi sebelumnya ingin ke KM lagi krn berasa (maaf) BAB. Suami nungguin duduk di depan saya dan saat masih diatas kloset, saya pingsan lagi. Bangun2 sudah diatas mobil orgtua, Suami berbisik sambil ngecup dahi saya yg mulai lemes, kalau dia akan nyusul dgn anak sambil bawa semua keperluan saya.
Di depan UGD, yang saya ingat adalah saat menapakkan kaki turun dari mobil dipapah dua suster, setelah itu saya nggak sadar apa-apa lagi (kata Mama, pingsan yg terakhir ini cukup lama). Saat sadar, pandangan putih dulu, hening; trus tiba-tiba makin jelas terdengar teriakan2 panik dari Mama dan suster2, wajah-wajah mereka lama-lama makin jelas. Mereka gantian manggil-manggil nama saya. Karena bala bantuan untuk ngangkat saya ke atas brankar tidak kunjung datang, Mama Papa akhirnya ikut membantu ngangkat. Lengan2 mereka dan paving sekitar UGD itu penuh dgn darah saya.
Saya udah lemes banget, nggak punya tenaga lagi utk buka mata, apalagi bicara. Sesekali ada yg nepuk-nepuk pipi saya manggil2 nama saya. Setiap saya buang nafas, terasa darah ngocor banyak sekali. Setelah dapat penanganan medis, saat dalam kamar hanya Mama dan Papa, sayup2 saya dengar Mama nanya, "Pap, kalau kita tidak cepat bawa dia ke RS, kira-kira tadi bisa meninggal?"
"Bisa..." kata Papa, "karena kehabisan banyak darah." Suami datang dan ngecup ngebisikin saya sabar dan ikhlas, bahwa dia selalu sayang dan bangga sama saya. Saya hanya meneteskan airmata dgn mata tertutup karena lemeees luarbiasa. Dari hasil pemeriksaan darah, HB normal dan tek darah 85/70 (Orangtua saya sama2 tekanan darah rendah dan menurun ke saya dan adik-adik). Anak saya masih nangis shocked di pelukan Papanya. Lengan kanan dijejali jarum infus, lengan kiri bertengger alat ukur tensi yg dibiarin disitu. Duh, momen yg menyedihkan sekali.
Dokter akhirnya datang dan USG perut lalu memutuskan saya harus kuret untuk menghentikan pendarahan yg terus mengalir kyk sungai. Saya menjalani tes alergi, test darah dan 2x pemeriksaan dalam yg menyakitkan sekali.
Alhamdulillah proses kuret berjalan lancar, Suami dan keluarga perhatian banget dan meskipun HB drop di 7,8; saya boleh pulang sore itu dgn catatan harus bedrest total dan kontrol 2 minggu lagi. Suami ijin nggak masuk kantor untuk nemenin saya. Dirumah, Suami yg ngambil alih tugas ngurus anak dan ngurus makan minum sampai ke obat2an yg harus saya konsumsi. Atas saran orangtua, kakak2 ipar dan keluarga besar; kami sama-sama memakamkan sisa-sisa keguguran di halaman rumah, termasuk bonggol-bonggol bakal jari yg diserahkan dokter ke Suami setelah kuret. Menurut dokter, kalau bukan karena kelainan kromosom, beliau menduga kuat janin meninggal di dalam krn saya anemia dan telat ketahuannya. Beliau menyarankan utk lainkali harus waspada dgn perubahan tubuh sekecil apapun saat haid telat datang.
Dua minggu pasca kuret, saya berusaha menata hati, Alhamdulillah berhasil melewatinya dgn kasih sayang Suami dan anak. Salah satu yang membuat sedih selain krn ini kehamilan yg sudah dinanti-nanti adalah saat ketahuan hamil di Bulan Agustus itu kado ulangtahun buat saya, sedang kalau calon baby itu selamat sampai lahiran, bulan kelahirannya juga di bulan ulangtahun Suami saya, jadi kehadirannya bakal jadi kado bagi Suami. Tapi Allah Berkehendak lain, kami harus ikhlas. Saya lalu bergabung di forum ini dan Subhanallah bertemu banyak Bunda hebat dgn bermacam-macam cerita dan pengalamannya, saling mendo'akan dan nambah byk temen baru.
Oya, berkat browsing di forum ini jg, saya konsumsi kunir asem di hari 1-3 pasca kuret; spirulina, vit E dan sari kurma (masih konsumsi sampai sekarang). Sekarang saya sudah di tahap ikhlas, mencoba promil lagi; kali ini nyoba produk herbal seperti Spirulina tadi, Gamat, Kopi Radix dan madu. Saya jaga asupan nutrisi, banyak makan buah-buahan dan sayuran segar. Ihktiar, do'a dan tawakkal.
Mudah2an kita semua yg pernah kehilangan calon baby segera diberi ganti yang lebih sehat dan kuat ya Bunda-Bunda.

Mohon maaf kalau diminta sharing soal promil dan pengalaman keguguran, ceritanya kayak cerpen begini. Boleh skip aja kalau kepanjangan:-)
 
Pengen punya travel online dengan modal kecil atau mau booking/reservasi tiket pesawat? SMS rute ke 08114443464. Praktis & Terpercaya!
  #4  
Old
aryana...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 1,513
 
Replying to: View Post
Salam kenal bunda Aryana...saya jg mengalami keguguran saat kehamilan pertama..saya menikah tgl 02 Mei 2015..1x lewat masa haid Alhamdulillah Hamil wktu itu hpht 31 Mei 2015..saya dikuret tgl 03 sept 2015..awalnya flek coklat 2hari trs berubah jd darah merah seperti haid...wktu periksa di usg sdh ga keliatan jelas janinnya..yg keliatan cm sisa2 konsepsi yg harus dikuret...saya dikuret dgn dr Forry Fortuna di RS Grha Kedoya..seminggu setelah kuret kontrol diperiksa & di usg rahim sdh bersih..kata dr Forry boleh promil setelah lewat 1x masa haid diksh resep folavit & kalau misal hasilnya positif lsg datang periksa lg..tgl 08 okt 2015 haid pertama saya pasca kuret..pasca kuret saya minum habatussauda (katanya bagus utk pemulihan rahim), folavit , minum sari kacang hijau utk promil-nya..& saya bnr2 jadwalin HB dgn suami saat puncaknya ovulasi..Alhamdulillah bln Nov. Saya telat haid..di test pack muncul 2 garis Samar..Tgl 23 nov. periksa ke dokter..blm 100% jamin Hamil karena blm keliatan jelas..disuruh periksa 2 minggu lg & diksh resep dhupaston dosis 2x sehari..tgl 04 des kmren saya balik lg ke dr Forry..diusg & dinyatakan sudah pasti terjadi kehamilan karena sudah keliatan janinnya meski msh kecil..usia kehamilan berdasarkan USG 7week0d..trs diksh resep lbh byk lg..dhupaston msh diksh tapi dosis 1x sehari, Vit. Penambah darah, ossoral, folamil genio..2 minggu lg jadwal balik ke dokter lg hehehe..saya bersyukur bgt Alhamdulillah..Allah msh diksh kepercayaan & Rezeki kpd saya..utk bunda Aryana ttp semangat ya, ikhtiar trs & jgn lupa berdoa..percaya kpd Allah pasti ada yg lebih baik di setiap rencananya..Semoga bunda Aryana berhasil promil-nya & dpt tiket Hamil..Aamiin..doain saya jg ya bund kehamilan ini sehat2 trs Ibu & Dede bayinya..Aamiin
amin bunda... makasih atas doanya.. semoga aku bisa kayak bunda hamil lagi setelah keguguran kemarin.. dan terima kasih atas pengalaman bunda yang udah bunda share ke thread aku.. buat bunda semoga lancar kehamilan yang kedua ini ya bun sehat sampai lahiran aminn..

---------- Post added at 14:21 ---------- Previous post was at 14:07 ----------

Replying to: View Post
Wa'alaikumsalam wr wb, salam kenal juga, Bunda.

Nggak apa-apa, Bund berbagi cerita. Cuma kalau diminta sharing soal ini, cerita saya jadinya panjang banget lho, Bund. Hehehe. Mudah2an nggak kapok mbacanya yah.

Kalau saya dulu awal nikah Alhamdulillah langsung hamil anak pertama, kehamilan yg kuat banget, usia juga baru awal 20an (menikah segera setelah lulus kuliah karena Suami 8 tahun lebih tua, nggak mau nunggu lama-lama). Lahirannya normal di sebuah RS swasta di Yogya.
Setelah itu saya KB IUD untuk 4 tahun lalu setelah dilepas, langsung promil lagi. Ternyata hingga pindah ikut Suami ke Makassar, dihitung-hitung, sudah 7 tahunan lebih promilnya belum berhasil juga, padahal si kakak udah 13 tahun usianya.
Promil yg dijalani beragam. Gonta-ganti dokter dengan obat-obatan yg diresepkan spt Santa E, Folavit, Profertil, dll. Saya menjalani HSG dan SIS & meskipun tidak ada masalah dengan urusan ranjang, Suami tetep minta analisa sp*rma. Alhamdulillah semua normal saja, kecuali hasil HSG saya yg pernah dinyatakan salah satu tuba non patent.
Promil lainnya; kami pernah konsumsi Fertilaid untuk pasutri, berbagai jenis suplemen pendukung promil, serbuk kurma, macam-macam produk madu & royal jelly, R2 nya Nu Skin, saya pijat sampai ke minum ramuan telur bebek-merica hitam-bir racikan bapak-bapak tua yg mijat Suami. Banyak cerita lucu dan sedih yg kami lalui bersama selama menjalani masa-masa itu. Yg pasti, saya dan Suami jadi makin dekat, makin menyayangi dan makin saling memahami. Sama-sama pandai menguatkan satu sama lain.
Tahun lalu, ada yg nyaranin minum pil KB Di*ne tapi jgn dihabiskan, utk mancing hormon kehamilan, katanya. Saya coba lalu bulan berikutnya, haid telat datangnya sampai hampir 3 minggu. Tanda2 awal kehamilan jg mulai terasa, tapi setiap di TP, negatif terus. Ternyata haidnya datang jg.
Awal tahun ini, kami disibukkan dgn renc pindahan sekolah anak ke kota tempat Suami ditugaskan di Jawa, saya tidak terlalu mikir soal promil. Nggak konsumsi vitamin dan suplemen apapun, Suami aja yg tetep saya belikan madu dan Optima dari Nature's Health krn ritme kerjanya yg melelahkan.
Pada Agustus 2015, haid nggak kunjung datang. Saya nyantai aja krn selama ini memang jadwal haid amburadul sejak konsumsi Di*ne. Makan sekenanya krn dirumah apa2 dikerjakan sendiri, sibuk dgn bisnis travelling online dan blog film saya. Kadang juga ada aja yg pesen rendang. Nganter jemput anak sekolah, ketemu lubang di Jalanan juga saya nyetirnya cuek aja. Sama skl nggak terfikir bakalan hamil, sampai ketika telat haid masuk minggu ketiga; jadi sering pusing dan mual2 seharian. Dikit-dikit demam dan ngilu2 di perut. Saya iseng beli TP dengan 3 merk berbeda. Hasil testnya positif semua, Subhanallah. Sempet gemetar lengan waktu megang stick, sekian lama nggak lihat dua garis jelas seperti itu. Suami sedang kerja diluar kota dan anak masih di sekolah, jadinya seharian itu tenggelam sendiri dlm fikiran. Antara sedih, senang, gak percaya, dst. Ada rasa cemas jg karena saya sama sekali nggak promil.
Besoknya saya langsung nyetir sendirian ke RS utk USG di SPOG. Diluar dugaan, dokter tampak kurang senang dgn apa yg dia lihat di layar monitor USG. Katanya bakal janin saya usianya 7 weeks, sudah ada detak jantung tapi lemah & posisinya dekat dgn jalan lahir. Beliau langsung ngasih penguat kandungan Utrogestan 200 mg dan minta saya bedrest total, dilarang turun dari tempat tidur selain mau ke KM. Saya kaget krn selama ini ngurus apa2 selalu nyetir sendiri kemana-mana, termasuk nganter jemput anak sekolah dan les. Suami membesarkan hati saya lewat telepon.
Saat uk 10 weeks, saya perlahan berhenti merasakan mual muntah. Saat Suami pulang weekend, kami ke dua SPOG yg berbeda untuk USG dan keduanya menyatakan detak jantung janin sudah nggak ada. Besoknya, atas rekomendasi adik yg DSOG, kami ke 1 dokter lagi, salah satu SPOG terbaik di Makassar. Hasilnya tetep sama, saya diminta meluruhkan dgn Gastrul yg dimasukkan melalui v. Hari itu, kami beli Gastrulnya, tapi spt biasa, saat adzan, mampir masjid sholat, mohon ampun sama Allah dan minta kekuatan mengikhlaskan bila mmg Ia akan Mengambil titipanNYA kembali. Dlm mobil, kami berpelukan saling menguatkan, saya nangis sesenggukan dan akhirnya kami mantap memutuskan. Malam itu jg Gastrul dimasukkan. Subuhnya, saya mules-mules, ke KM lalu keluarlah kantung plasenta berikut darah segar yg banyak banget. Saya manggil Suami dan mnt tolong diambilin nasi 1 sendok makan. Suami jg sempat buatin susu Milo. Saya pake pembalut lalu duduk nyender di dada Suami yg ngelus2 rambut saya sambil minumin Milo dikit-dikit. Tiba-tiba saya pengen ke KM lagi krn pembalutnya udah basah kuyup. Saat buka celana, darah dgn daging kecil-kecil yg banyak banget keluar lagi. Suami sedang ke dapur ngambil plastik mau mungutin daging2 kecil2 itu saat saya merasakan pandangan berkunang-kunang dan pusing yg hebat. Tahu-tahu saya terbangun dgn posisi sudah telungkup deket kloset, tutup kloset KM terbongkar (mungkin tangan saya nyamber kloset waktu jatuh pingsan). Saya denger sayup2 suara Suami gemeter neriakin "Laa Illaha Illallah!" berkali-kali dan suara anak kami yg terbangun dan nangis, "Mama... Mama..." Suami ngangkat saya dan membopong saya untuk rebahan di karpet ruang keluarga, sambil minta anak kami nelepon orangtua saya yg kebetulan sekomplek. Sebelum Mama Papa datang, saya pingsan lagi. Melihat keadaan saya, Papa yg kebetulan dokter langsung memutuskan saya harus dibawa ke RS saat itu juga. Saya masih mencoba bertahan, "kata dokternya, kalau pendarahan itu normal aja, nanti diminum obatnya dan datang periksa lagi." Tapi Suami dan orangtua berkeras saya harus ke RS. Sayapun setuju tapi sebelumnya ingin ke KM lagi krn berasa (maaf) BAB. Suami nungguin duduk di depan saya dan saat masih diatas kloset, saya pingsan lagi. Bangun2 sudah diatas mobil orgtua, Suami berbisik sambil ngecup dahi saya yg mulai lemes, kalau dia akan nyusul dgn anak sambil bawa semua keperluan saya.
Di depan UGD, yang saya ingat adalah saat menapakkan kaki turun dari mobil dipapah dua suster, setelah itu saya nggak sadar apa-apa lagi (kata Mama, pingsan yg terakhir ini cukup lama). Saat sadar, pandangan putih dulu, hening; trus tiba-tiba makin jelas terdengar teriakan2 panik dari Mama dan suster2, wajah-wajah mereka lama-lama makin jelas. Mereka gantian manggil-manggil nama saya. Karena bala bantuan untuk ngangkat saya ke atas brankar tidak kunjung datang, Mama Papa akhirnya ikut membantu ngangkat. Lengan2 mereka dan paving sekitar UGD itu penuh dgn darah saya.
Saya udah lemes banget, nggak punya tenaga lagi utk buka mata, apalagi bicara. Sesekali ada yg nepuk-nepuk pipi saya manggil2 nama saya. Setiap saya buang nafas, terasa darah ngocor banyak sekali. Setelah dapat penanganan medis, saat dalam kamar hanya Mama dan Papa, sayup2 saya dengar Mama nanya, "Pap, kalau kita tidak cepat bawa dia ke RS, kira-kira tadi bisa meninggal?"
"Bisa..." kata Papa, "karena kehabisan banyak darah." Suami datang dan ngecup ngebisikin saya sabar dan ikhlas, bahwa dia selalu sayang dan bangga sama saya. Saya hanya meneteskan airmata dgn mata tertutup karena lemeees luarbiasa. Dari hasil pemeriksaan darah, HB normal dan tek darah 85/70 (Orangtua saya sama2 tekanan darah rendah dan menurun ke saya dan adik-adik). Anak saya masih nangis shocked di pelukan Papanya. Lengan kanan dijejali jarum infus, lengan kiri bertengger alat ukur tensi yg dibiarin disitu. Duh, momen yg menyedihkan sekali.
Dokter akhirnya datang dan USG perut lalu memutuskan saya harus kuret untuk menghentikan pendarahan yg terus mengalir kyk sungai. Saya menjalani tes alergi, test darah dan 2x pemeriksaan dalam yg menyakitkan sekali.
Alhamdulillah proses kuret berjalan lancar, Suami dan keluarga perhatian banget dan meskipun HB drop di 7,8; saya boleh pulang sore itu dgn catatan harus bedrest total dan kontrol 2 minggu lagi. Suami ijin nggak masuk kantor untuk nemenin saya. Dirumah, Suami yg ngambil alih tugas ngurus anak dan ngurus makan minum sampai ke obat2an yg harus saya konsumsi. Atas saran orangtua, kakak2 ipar dan keluarga besar; kami sama-sama memakamkan sisa-sisa keguguran di halaman rumah, termasuk bonggol-bonggol bakal jari yg diserahkan dokter ke Suami setelah kuret. Menurut dokter, kalau bukan karena kelainan kromosom, beliau menduga kuat janin meninggal di dalam krn saya anemia dan telat ketahuannya. Beliau menyarankan utk lainkali harus waspada dgn perubahan tubuh sekecil apapun saat haid telat datang.
Dua minggu pasca kuret, saya berusaha menata hati, Alhamdulillah berhasil melewatinya dgn kasih sayang Suami dan anak. Salah satu yang membuat sedih selain krn ini kehamilan yg sudah dinanti-nanti adalah saat ketahuan hamil di Bulan Agustus itu kado ulangtahun buat saya, sedang kalau calon baby itu selamat sampai lahiran, bulan kelahirannya juga di bulan ulangtahun Suami saya, jadi kehadirannya bakal jadi kado bagi Suami. Tapi Allah Berkehendak lain, kami harus ikhlas. Saya lalu bergabung di forum ini dan Subhanallah bertemu banyak Bunda hebat dgn bermacam-macam cerita dan pengalamannya, saling mendo'akan dan nambah byk temen baru.
Oya, berkat browsing di forum ini jg, saya konsumsi kunir asem di hari 1-3 pasca kuret; spirulina, vit E dan sari kurma (masih konsumsi sampai sekarang). Sekarang saya sudah di tahap ikhlas, mencoba promil lagi; kali ini nyoba produk herbal seperti Spirulina tadi, Gamat, Kopi Radix dan madu. Saya jaga asupan nutrisi, banyak makan buah-buahan dan sayuran segar. Ihktiar, do'a dan tawakkal.
Mudah2an kita semua yg pernah kehilangan calon baby segera diberi ganti yang lebih sehat dan kuat ya Bunda-Bunda.

Mohon maaf kalau diminta sharing soal promil dan pengalaman keguguran, ceritanya kayak cerpen begini. Boleh skip aja kalau kepanjangan:-)
lebih cocok pengalaman bunda ini jadi cerpen.. ya Allah bun.. saya sampai nangis baca cerita pengalaman bunda.. begitu hebat bunda bertahan.. dan lebih panik waktu aku baca cerita bunda yang bunda kondisinya pingsan berkali" dan pendarahan.. ya Allah saya aja shock bacanuya apalagi keluarga bunda.. trus juga baca yang bagian sisa jaringan baby bunda yang disatuin.. haduhhh.. bikin kejer bacanya.. kalau saya keguguranny janin utuh dan udah lengkap bun.. tanpa kuret alhamdulillah keluar semua.. cuma saat ini lagi di bikin H2C bun.. semoga kita cepart dapat gantinya ya bun.. aminn..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Obat Sabar bagi Bunda yg Mengalami Keguguran/Bayi IUFD.. -- Ngobrol Apa Saja 25
bantu info dong bunda..saya baru mengalami keguguran -- Ngobrol Apa Saja 0
didedikasikan kepada para bunda yg mengalami keguguran.. -- Diskusi Umum 16
saran bagi bunda yg mengalami keguguran berulang atau janin tak berkembang -- Diskusi Umum 24
hy bunda, share yuk waktu hamil bunda ngidam apa aja? :)) -- Ngobrol Apa Saja 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:07.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com