Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
elin k...
 
Location: KP. DIY
Posts: 2,563
 
Wkwkkwkwk.. bunda pinter bgt jwbnya..
Kalo kita jwb ngeyel dg bahasa yg sebenarnya pasti malah di bilang rempong dan sok pintar.. (pengalaman)

Bawa aja bund babynya. Udah 8m enak ngasuhnya.. udah bisa d alihkan perhatianya kl nangis..
 
***** namanya juga manusia hidup pasti ada masalahnya...
Wong yang udah gak hidup aja kadang masalahnya belum selesai kok..***** ^_^
iyo to lur...
  #32  
Old
dhevez...
 
Posts: 286
 
Hai semua slmt sore..sya ibu muda usia 21 mau tnya nih bun...usia khmilan sya 32 minggu bubid blg ukuran fundus sy kurang 2 cm mk ny sy d saran in mkan es krim bnyak agar debay ny gak kcil...bhya gak sih bun ukuran fundus yg kurang pda kshtan debay ny??mhon share pnglaman nya..hehe
 
  #33  
Old
Widya8...
 
Posts: 236
 
Replying to: View Post
Haloo bund apa kabar ?
Udah lama bgt ga ngthread dan ngpost karena sibuk ngurus baby cuma berdua suami..


Saya jarang bgt bund keluar rumah buat nongkrong sama ibu" di lingkungan kontrakan kami karena baby saya walau udah 4m tapi waktu tidurnya kembali lagi berantakan seperti newborn.. kalau malam dia begadang begitu pagi setelah mandi tidur sampai sore jadi memang ga ada waktu buat sosialisasi karena begitu baby tidur saya juga ikut tidur biar malamnya ga keteteran begadang bareng baby..
Nah beberapa hari ini saya mulai tegur-teguran dengan tetangga sekitar dan tetangga depan rumah juga punya baby girl yg usianya lebih tua 3 minggu dari baby saya..

Saat itu yg gendong baby tetangga saya itu neneknya si baby yg juga sesepuh di daerah sini..
Orangnya baik bund dan nanya anak saya mkn apa.. saya bilang belum makan nunggu umur 6m aja.. lalu dia cerita cucunya udah makan dari umur 4m.. makan bubur instan dan ngmil biskuit reg*l.. tapi cucunya ga mau buah-buahan.. dari umur 40hari ga mau nen sama ibunya (asumsi saya babynya bingung puting) dan akhirnya full sufor.. nenek itu coba menyuruh saya beri makan baby tapi saya alasan baby saya ga mau makan mulutnya masih ga mau mangap kalau pura" di sodorin sendok (alasan biar ga di bilang sok tau klo saya ngoceh" soal bahaya mpasi dini)..

Lalu besoknya percakapan ini terulang lagi dengan ibunya si baby depan rumah.. ibu baby itu juga nanya soal mpasi anak saya yg saya bilang belum mpasi nunggu 6m dan belum mau mangap kalau di kasih sendok.. ibu itu bilang paksain aja kasih makan nanti juga mau kaya anak saya.. jleb langsung gimana gitu bund saya dengernya.. saya sih bodo amat cuma mikir iki orang pernah cari info ga sih soal mpasi dan bahaya mpasi dini.. terus dia nyuruh saya coba kasih sufor babynya ke baby saya soalnya dia mau lihat baby saya doyan sufor apa ga.. what ???????? Saya berjuang mati-matian kasih ASIX sampe PD saya gede sebelah karena nyusuin pakai 1PD biar anak saya maksimal dpt foremilk dan hindmilk dan bb-nya sesuai kms eh seenaknya dia mau nyuruh nyoba sufor.. sepertinya dia ngajak saya buat ikut sesat kaya dia bund saya langsung alasan baby saya ga doyan sufor.. ini aja mau di perahin ASI belum tau dia mau apa ga karena dari lahir biasa minum dari gentongnya langsung sampai saya resign kerja..

Lalu ibu itu juga komentarin PD saya yg kecil sebelah dan dengan sok taunya dia bilang klo ASI itu harus minum dari 2PD karena kata orang dulu 1PD isinya makanan dan 1PD isinya minuman.. dalam hati saya ketawa ngakak bund.. ada untungnya juga saya bergaul dengan mbah google buat ngubek" artikel dan join di forum" seperti ini untuk nambah wawasan.. dari pada nongkrong di luar tapi ga dpt ilmu apa" dan bisa dpt informasi yg menyesatkan kaya ibu itu.. alhamdulillah berkat menyusi dari 1 PD bb baby saya bagus bund.. sekarang 4m 15d udah 7kg.. soalnya baby saya klo nyusu 2PD sebentar" dan maujya ganti" bund jadi cuma dpt ASI awal aja yg encer.. ga dpt lemaknya..

Parahnya lagi dia ga tau soal imunisasi anaknya apa aja.. dia memang kerja dan selama ini anaknya di titipin ke kakak ipar dan ibu mertuanya jadi yg mengurus imunisasi cuma kakak iparnya dan dia ga ngerti sama sekali.. menurut saya masa iya dia ga mau nyari tau soal imunisasi anaknya malah saya ragu anaknya ga imunisasi soalnya pas baby saya demam setelah imunisasi DPT 3 nenek baby itu bilang ke baby saya gini "kenapa de rewel? Badannya anget ya.. habis di imunisasi ya sama mamanya.. di suntikin penyakit ya sama mama.." saya cuma senyum aja bund dengernya.. saya yakin sudah berusaha memberikan yg terbaik untuk anak saya hingga detik ini..

Yg buat saya tambah galau.. bulan oktober nanti saya ada acara keluarga dan rencana mau titip baby saya ke tetangga di sini karena saya ga bisa bawa baby.. oktober nanti usia baby saya 8m dan sudah MPASI.. rencana saya dan suami mau kasih MPASI homemade tanpa gulgar sampai 1y.. kalau saya titip baby ke tetangga nanti saya akan buatkan makanan buat baby saya plus stok ASIP buat baby.. saya juga cuma titip dede dari siang sampai malam karena ada acara di gedung.. tapi saya takut bund kalau anak saya di coba" di beri bubur instan dan sufor kaya baby depan rumah saya.. karena saya rencananya nitip baby ke kakak iparnya tetangga saya itu yg biasa jaga babynya tetangga saya..
Takutnya MPASI dan ASIP yg nanti saya titupin ga di kasih ke baby saya dan malah di ganti bubur instan dan sufor punya tetangga saya itu ta pa sepengetahuan saya..
Minta sarannya bund saya harus gimana..
Saya bukan anti bubur instan dan sufor tapi saya takut anak saya jadi picky dan ga mau ASI lagi
Sebenarny bunda masih lebih baik dari saya, karna bunda masih bisa "menjauhi" bunda dan bayi bunda dark org2 yang ngotot atau maksain mpasi dini dengan perangkat2 nya... Lah saya d sini, ndak orang lain atau org jauh2 bund... Orang tua saya sendiri teruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus bilang "coba d tambah pakai sufor yaa, biar makin gemuk jadi lebih sehat" atau "4 bln nanti dah bisa maam pisang yaa" dan seperti yang bunda alamin, bayi saya d banding2 in sama bayi lain yang umur mereka seumuran tapi badannya lebih gemuk. Saya ndak pengen jadi anak durhaka, sok tau atau membangkang sama orang tua. Meski geram tapi saya cuma bisa bilang "GEMUK BELUM TENTU SEHAT, KURUS JUGA BELUM TENTU PENYAKITAN." cukup lihat perkembngannya tiap bulan d tambah dengan aktifitas si bayi tiap harinya.
Sumpah deh bund, saya paling geram lihat orang2 yang gendong bayi nya yang gemuk berisi dan memandang2 dengan bangga sambil tersenyum ke bayi saya, seolah2 bilang, "anak gw lebih sehat dari anak loh" bullsh*t -__-

Maaf bund jadi curcol d sini habisnya saya kesel tiap hari makan omelan ortu bilang anak saya kurus lah, anak s anu udah gemuk lah, anak si itu masih kecil tapi dah gendut lah.
Kalo saran saya buat bunda, diskusi in lagi sama Suami bund. Komunikasikan terus sama Suami, kita butuh supportnya sebagai ayahnya. Masak sama anak sendiri ndak betahan sih. -..- bilang aja quality time sama ayahnya, biar makin deket ma ayahnya sendiri. Kalo bosen, kan bisa cari kreatifitas lain d ajak main kemana gitu, 8m udah cukup besar lah bund.

---------- Post added at 01:01 ---------- Previous post was at 00:47 ----------

Replying to: View Post
Hai semua slmt sore..sya ibu muda usia 21 mau tnya nih bun...usia khmilan sya 32 minggu bubid blg ukuran fundus sy kurang 2 cm mk ny sy d saran in mkan es krim bnyak agar debay ny gak kcil...bhya gak sih bun ukuran fundus yg kurang pda kshtan debay ny??mhon share pnglaman nya..hehe
Bawa k dokter ajah bund, biar d usg biar bisa dapat gambaran debay kecil atau kegedean di dalam. Wktu Hamil bidan bilang fundus saya tinggi perkiraan berat debay udah 4kilo ternyata d cek/ usg berat debay cuma 2.9 Wktu lahir genap 3kilo ajah.
 
  #34  
Old
Mama B...   TS 
 
Posts: 316
 
Replying to: View Post
Sy ga ikt komentar soal bw anak krn uda dikomentarin bunda2 laen
Yg jd prtanyaan soal mnyusui 1 PD
Ini anak sy blm lahir sih bun jd ga ada pengalaman yah
Tp kl cr2 info bknnya oke2 aja nyusui 2 PD ya bun
Kl soal hindmilk dll, yg penting pas nyusuin fokus 1 PD dl smp kosong br gantian yg satunya. Yg ga bagus bknnya kl stgh2 gt
Kl ga gt,yg satunya bakal sakit donk ya krn ga dikeluarin asinya ?
Butu info jg krn bakal nyusul jd ibu2 hehehe
Alhamdulillah saya termasuk salah satu ibu yg beruntung karena di berkahi asi yg melimpah bund..
PD saya gampang penuhnya sampai netes,anak saya kalau nen walaupun lama dapetnya cuma foremilknya aja bund saking penuhnya,udah saya coba perah juga sebelum minum tapi yg netes ya si foremilk itu bund ga bisa kosong PD saya..
Anak saya juga kurang suka sama posisi nen di sebelah kanan,entah karena saya yg ga bisa pas posisinya atau gimana dan banyak alasan lainnya bund setelah saya observasi lebih lanjut..
Dan jadilah anak saya cuma mau nen 1 PD yg kiri aja,kalau sekarang walaupun udah di perah yg kanan tapi begitu saya kasih langsung pasti langsung hoek ky mau muntah bund..
Kalau saya sih ga sakit/bengkak bund,soalnya asi itu kan on demand jadi karena ga di nyot sama baby saya ya otomatis berkurang isinya dan malah jadi lembek,kalau yg kiri karena sering di hisap malah penuh mulu bund dan masih netes sampe sekarang..

---------- Post added at 04:12 ---------- Previous post was at 03:52 ----------

Replying to: View Post
Sy terlewatkan bahasan tntg ini
Dulu anak sy jg cuma mau disusui PD yg kanan saja, tiap kali dikasih PD yg kiri selalu nolak n kayak mau muntah. Kemudian sy paksa minum asi dr PD kiri, tapi trus anak sy gumoh banyak banget, seperti muntah, jd asi dr PD kiri keluar semua. Sy ga tau kenapa sebabnya. Akhirnya sy lebih sering menyusui dg sebelah PD. Dan asi dr PD yg kiri terpaksa sy perah n buang (walau dikasih pake sendok, anak sy tetap menolak minum asi dr PD kiri). Hal itu berlangsung selama kurang lebih 5 bulan. Sy kuatir jika berlangsung lebih lama lg anak sy kekurangan asupan asi, dari situ sy mulai mencoba memberikan asi dr PD kiri. Sy siasati dg cara menyusui dg PD kiri saat anak sy ngantuk sekali, jd dia tidak sadar bahwa yg dia minum adalah asi dr PD kiri. Dan ternyata kadang msh gumoh juga, tp tetap sy paksakan. Alhamdulillah lama2 dia mau menyusu dr PD kiri (walau sebenarnya sy sungguh tidak tega melihat anak sy gumoh banyak sekali)
Sy pernah baca, memang terkadang anak punya "belahan favorit", dimana dia hanya mau menyusu dr satu PD saja. Bisa yg kanan saja maupun yg kiri saja. Nah, hal ini menyebabkan puting PD yg tidak dia sukai mjd tidak se"lembut" puting PD yg dia suka (karena lebih sering dihisap). Usaha memaksakan untuk menyusukan belahan yg tidak dia suka itu bs membantu melembutkan puting yg jarang dia hisap.
Nah hampir sama kaya bunda rikha,bedanya anak saya cuma mau yg kiri,kayanya pelekatan dia lebih enak yg kiri bund,puting kiri saya semenjak sembuh dari lecet dulu langsung nongol dan lebih keras jadi baby saya suka walaupun saya tau nen itu di areola bukan di puting,tapi entah kenapa dia ga mau sama puting yg mendem dan lembek di PD kanan,saya sering coba dari mulai tiduran,duduk,sampai berdiri pakai gendongan saya susuin dari PD kanan tapi hasilnya dia tetep mau muntah bund dan di lepas" mulu..
Saya bingung pakai cara apa lagi bund biar dia mau nen dari PD kanan

---------- Post added at 04:13 ---------- Previous post was at 04:12 ----------

Replying to: View Post
Sy terlewatkan bahasan tntg ini
Dulu anak sy jg cuma mau disusui PD yg kanan saja, tiap kali dikasih PD yg kiri selalu nolak n kayak mau muntah. Kemudian sy paksa minum asi dr PD kiri, tapi trus anak sy gumoh banyak banget, seperti muntah, jd asi dr PD kiri keluar semua. Sy ga tau kenapa sebabnya. Akhirnya sy lebih sering menyusui dg sebelah PD. Dan asi dr PD yg kiri terpaksa sy perah n buang (walau dikasih pake sendok, anak sy tetap menolak minum asi dr PD kiri). Hal itu berlangsung selama kurang lebih 5 bulan. Sy kuatir jika berlangsung lebih lama lg anak sy kekurangan asupan asi, dari situ sy mulai mencoba memberikan asi dr PD kiri. Sy siasati dg cara menyusui dg PD kiri saat anak sy ngantuk sekali, jd dia tidak sadar bahwa yg dia minum adalah asi dr PD kiri. Dan ternyata kadang msh gumoh juga, tp tetap sy paksakan. Alhamdulillah lama2 dia mau menyusu dr PD kiri (walau sebenarnya sy sungguh tidak tega melihat anak sy gumoh banyak sekali)
Sy pernah baca, memang terkadang anak punya "belahan favorit", dimana dia hanya mau menyusu dr satu PD saja. Bisa yg kanan saja maupun yg kiri saja. Nah, hal ini menyebabkan puting PD yg tidak dia sukai mjd tidak se"lembut" puting PD yg dia suka (karena lebih sering dihisap). Usaha memaksakan untuk menyusukan belahan yg tidak dia suka itu bs membantu melembutkan puting yg jarang dia hisap.
Nah hampir sama kaya bunda rikha,bedanya anak saya cuma mau yg kiri,kayanya pelekatan dia lebih enak yg kiri bund,puting kiri saya semenjak sembuh dari lecet dulu langsung nongol dan lebih keras jadi baby saya suka walaupun saya tau nen itu di areola bukan di puting,tapi entah kenapa dia ga mau sama puting yg mendem dan lembek di PD kanan,saya sering coba dari mulai tiduran,duduk,sampai berdiri pakai gendongan saya susuin dari PD kanan tapi hasilnya dia tetep mau muntah bund dan di lepas" mulu..
Saya bingung pakai cara apa lagi bund biar dia mau nen dari PD kanan

---------- Post added at 04:25 ---------- Previous post was at 04:13 ----------

Replying to: View Post
Menurut pengalaman aq setiap aq bawa boski ke kondangan selalu dg stroller dan gendongan jd klo boski ud bosen d stroler aq gendong biasanya sambil liat2 cari makanan.

Ikutin kata hati aja bun lebih baik bunda bawa drpd hati g tennag
Hai bunda adisti apa kabar ?
Lama tak bersua..
Iya bund ga tenang ninggalin baby apa lagi sama orang yg ga terlalu di kenal kaya tetangga itu,saya mau nglobby papanya supaya mau jagain si baby bund,soalnya papanya tuh paling ga bisa diemin si baby kalau udah rewel bosen..
Pernah saya tinggal sebentar aja udah nangis kejer sama papanya..
Ujung"nya saya lagi saya lagi bund..

---------- Post added at 04:33 ---------- Previous post was at 04:25 ----------

Replying to: View Post
thx for sharing bun
Kira2 slaen belahan favorit itu kenapa ya bun
Apa posisi gendongnya dirasa baby lbh nyaman wkt digendong kyk apa jd dia lbh suka ngedot di salah satu PD aja?
Kl misal dia ttp ga suka, diakali asip gt aja mngkin y?
Jd satunya diperah trs di dot in
Syg jg kl dibuang
Tp brarti mmg musti lbh baik gantian kanan kiri ya hehe
Lebih bagus memang kanan kiri bund biar asi produksi terus dan PD ga besar sebelah..
Tapi di usahakan jangan sebentar" ganti PD bund,setahu saya selama 4 jam susui bayi dari PD yang sama agar foremilk dan hindmilknya seimbang..
Jangan gunakan botol dot bund saat memberikan ASIP,takut baby bingung puting laten" yg bisa bikin produksi asi berkurang..

---------- Post added at 04:47 ---------- Previous post was at 04:33 ----------

Replying to: View Post
Suami saya sih gak pernah protes klo disuruh gendong anak. Malah dia yang inisiatif, "ayo nak sini gendong bapak"
Masalahnya kita ketemu cuma sebulan sekali.
Gak tau klo ketemunya tiap hari gitu juga apa nggak




Klo saudaranya bunda yang gak jadi panitia apa gak ada? Biasanya kan ada saudara yang suka sama anak kecil, jadi mungkin bisa nitip bentar pas anaknya agak rewel.
Intinya sih, klo bisa anaknya tetep dibawa aja. Klo pun emang harus dititipin, titiplah ke tempat saudara yang bisa dipercaya, jangan ke tetangga bunda.
Wah suami bunda dwi efek kangen karena jarang ketemu tuh,jadi sekalinya ketemu sangat bermanfaat buat jagain dede
Suami saya sih mau bund gantian gendong atau jagain,tapi dia orangnya ga bisa ngalem anak,ga bisa nyanyiin,godain atau ngalihin perhatian anak kalau mulai rewel bosen,jadi anak saya cepet bosen kalau di gendong papanya,soalnya ga komunikatif kaya saya yg suka ngajak ngbrol,nyanyi atau bercandain baby..
Iya bund pengennya juga sama yg udah di kenal atau kalau bisa saudara,tapi belum kebayang siapa kandidatnya bund..

---------- Post added at 04:57 ---------- Previous post was at 04:47 ----------

Replying to: View Post
awal jg saya mikir gitu kok. saya takut radiv gk kooperatif diajak nemenin jd bridesmaid. tp saya yakinin aja klo bs. yaudh bismillah aja deh. untungny sangat kooperatif. bahkan trkadang dia bs tidur tnpa ribet kyk dirumah. klo doi ngantuk yaudh tinggal tidur deh. mau suara band gmn aja .
sbnerny sih ya bun. dr pd sewa org mending gantian sm suami. klo ak sll gtu. kadang malah ayahny yg lbh mau megang anakny jd ibuny bs gk terlalu ribet. hahahaha. klo mmg ini acra nikahan sodara kn bs jg mnta tlg gantian megangin sm sodara bun. dr pd ditinggal yg kita gtau gmn kondisiny. apa lg dlm wktu yg nggk bntr
Radiv pinter ya bund,padahal masih kecil ya waktu di bawa..
Sekarang umur berapa bund ?
Papanya mau megang sih bund,tapi papanya ga komunikatif bund sama anak jadi bikin anak bosen lama" sama dia,saya aja lama" bosen sama dia (becanda bund)
Anak saya maunya di becandain,di ajak ngobrol,di nyanyiin dan di tunjukin apa aja yiang bisa ngalihin perhatian dia,kalau papanya ga kreatif bund jadi kalau pegang baby ya monoton aja makanya baby saya suka kesel kalau di pegang papanya..
Iya bund sempet kefikiran juga kalau anak saya di pukul atau di bentak tanpa sepengetahuan saya giman ya,sedih kalau bayangin yg jelek" bund,namanya di pegang orang lain pasti beda sama pegang anak sendiri walaupun saya bayar..
Ini saya mau ngancem papanya supaya dia mau pegang dede selama saya sibuk bund,kalau dia mau syukur bgt,tapi kalau ga sanggup terpaksa tetep sewa orang tapi ikut ke gedung dan jagain bareng papanya..

---------- Post added at 05:05 ---------- Previous post was at 04:57 ----------

Replying to: View Post
Wkwkkwkwk.. bunda pinter bgt jwbnya..
Kalo kita jwb ngeyel dg bahasa yg sebenarnya pasti malah di bilang rempong dan sok pintar.. (pengalaman)

Bawa aja bund babynya. Udah 8m enak ngasuhnya.. udah bisa d alihkan perhatianya kl nangis..
Bunda elin ngerasai juga ya kaya saya ?
Iya bund saya bukannya pelit informasi atau ga mau bagi ilmu,tapi saya liat" dulu orang kaya gimana yg saya hadapi,kalau dari awal ketauan kolotnya dan ga bisa open minded mending saya ngalah pura" bego bund dan ngeluarin jurus 1001 alasan buat nangkis secara baik" ajaran sesat mereka

Iya ya bund 8 bulan itu udah kooperatif ?
Soalnya saya belum dpt gambaran tingkah pola baby 8m bund,kalau memang nanti lebih kalem dan ga secengeng sekarang mungkin lebih enak bawa sendiri bund..

---------- Post added at 05:14 ---------- Previous post was at 05:05 ----------

Replying to: View Post
Hai semua slmt sore..sya ibu muda usia 21 mau tnya nih bun...usia khmilan sya 32 minggu bubid blg ukuran fundus sy kurang 2 cm mk ny sy d saran in mkan es krim bnyak agar debay ny gak kcil...bhya gak sih bun ukuran fundus yg kurang pda kshtan debay ny??mhon share pnglaman nya..hehe
Coba USG 2D aja bund untuk lebih pastinya,karena kadang bidan juga kurang akurat bund,saya rasa kalau soal fundus ga ada hubungannya sama kesehatan janin,fundus itu kaitannya sama posisi bayi dan jalan lahir kalau ga salah ya bund,kalau masalah bb bayi setelah bunda USG dan bbj-nya kurang lebih bagus makan doubel karbo dan alpukat bund,itu bisa bikin bbj melesat bund dari pada ice cream yg mengandung pemanis,yg ada kalau kebanyakan makan ice cream bukannya bbj naik malah memicu obesitas dan diabetes bund..

---------- Post added at 05:37 ---------- Previous post was at 05:14 ----------

Replying to: View Post
Sebenarny bunda masih lebih baik dari saya, karna bunda masih bisa "menjauhi" bunda dan bayi bunda dark org2 yang ngotot atau maksain mpasi dini dengan perangkat2 nya... Lah saya d sini, ndak orang lain atau org jauh2 bund... Orang tua saya sendiri teruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus bilang "coba d tambah pakai sufor yaa, biar makin gemuk jadi lebih sehat" atau "4 bln nanti dah bisa maam pisang yaa" dan seperti yang bunda alamin, bayi saya d banding2 in sama bayi lain yang umur mereka seumuran tapi badannya lebih gemuk. Saya ndak pengen jadi anak durhaka, sok tau atau membangkang sama orang tua. Meski geram tapi saya cuma bisa bilang "GEMUK BELUM TENTU SEHAT, KURUS JUGA BELUM TENTU PENYAKITAN." cukup lihat perkembngannya tiap bulan d tambah dengan aktifitas si bayi tiap harinya.
Sumpah deh bund, saya paling geram lihat orang2 yang gendong bayi nya yang gemuk berisi dan memandang2 dengan bangga sambil tersenyum ke bayi saya, seolah2 bilang, "anak gw lebih sehat dari anak loh" bullsh*t -__-

Maaf bund jadi curcol d sini habisnya saya kesel tiap hari makan omelan ortu bilang anak saya kurus lah, anak s anu udah gemuk lah, anak si itu masih kecil tapi dah gendut lah.
Kalo saran saya buat bunda, diskusi in lagi sama Suami bund. Komunikasikan terus sama Suami, kita butuh supportnya sebagai ayahnya. Masak sama anak sendiri ndak betahan sih. -..- bilang aja quality time sama ayahnya, biar makin deket ma ayahnya sendiri. Kalo bosen, kan bisa cari kreatifitas lain d ajak main kemana gitu, 8m udah cukup besar lah bund.

---------- Post added at 01:01 ---------- Previous post was at 00:47 ----------



Bawa k dokter ajah bund, biar d usg biar bisa dapat gambaran debay kecil atau kegedean di dalam. Wktu Hamil bidan bilang fundus saya tinggi perkiraan berat debay udah 4kilo ternyata d cek/ usg berat debay cuma 2.9 Wktu lahir genap 3kilo ajah.
Iya bund untungnya tetangga yg ngomong jadi bisa saya tangkis dan kabur ngumpet lagi di dalem rumah ga mau bawa baby saya keluar lagi biar perdebatan ga semakin tajam..
Saya ga tau apa jadinya kalau berada di posisi bunda,ibu sendiri yg nyuruh pula,alhamdulillah ibu saya anggota posyandu yg memang pro asi dan mengerti all about mpasi,tapi bumer saya nih yg biasanya gerecokin,makanya dari hamil saya kabur ngontrak sama suami biar lebih bebas ngurus semua sesuai keinginan saya bund..
Baby saya juga lahirnya kecil bund 2,9,padahal 5 hari sebelum lahiran saya USG dan perkiraan bbj-nya 2,9 eh lahirnya juga 2,9 bund..
Umur 3 hari saya keluarin buat jemur matahari,terus di banding-bandingin sama anak tetangga saya yg lebih tua 3 minggu bund,emang anaknya endud dan lahirnya lebih besar 3,5kg..
Saya sih santai aja bund ga ngoyo buat gendutin anak,fikiran saya selama ASInya cukup,bak min 6x sehari dan kms-nya di garis aman saya rasa ga ada yg perlu di kuatirkan,kalaupun anak saya kurus yg penting sehat,aktif dan lincah,masalah kurus atau gemuk itu kan bisa juga dari faktor keturunan,saya ini langsing bund walaupun pas bayi saya montok bgt,suami saya sekarang besar tapi pas bayi ideal aja beratnya karena kembar jadi bb lahirnya juga emang ga besar di bawah 2,5..
Lah anak tetangga saya yg beda 3 minggu itu bumd yg dulu di bangga-banggain lebih endud dari anak saya,sekarang malah kurusan bund semenjak MPASI dini,anak saya yg mendem aja di rumah dan cuma ngASI malah chubby sampai 7kg padahal baru 4 bulan lebih,sampai ibunya bayi depan rumah saya bilang kalau anak saya ASI aja tapi badannya kenceng (padahal saya liatnya anak saya biasa aja ga gendut,apa karena saya ngliat tiap hari ya jadi kaya ga ada bedanya)
Dalam hati saya cuma mikir kita liat aja lebih sehat mana anak saya atau anak kamu yg MPASI duluan,karena dampaknya baru kelihatan nanti" bund..
Tapi anak bunda jadi di MPASI dini ga bund sama ibu bunda ?
Terus babynya umur berapa sekarang bund ?
Kalau bunda memang bisa kasih pengertian mungkin lama" kalah juga bund ibunya,kalau saya lebih berani nasehatin ibu saya dari pada orang lain,ibu saya orangnya open minded sih bund sama ilmu" yg lebih inovatif di banding jaman dia dulu,tapi ya watak orang kan beda" ya bund,mungkin niatnya ibu bunda baik pengen cucunya gendut biar kelihatan sehat,padahal bener kata bunda gendut bukan berarti sehat,kurus juga bukan berarti penyakitan,I like this..

Papanya mau bund gantian gendong,tapi monoton orangnya (efek pendiamnya belum hilang walau sama anak sendiri)
Jadi anak saya bosenan di gendong papanya,ujung"nya kalau nangis kasih ke saya baru diem,jadi ada ga ada papanya ya sama aja bund,saya juga yg repot
 
  #35  
Old
adisti...
 
Location: Yg ptg Happy
Posts: 1,946
 
Replying to: View Post
Alhamdulillah saya termasuk salah satu ibu yg beruntung karena di berkahi asi yg melimpah bund..
PD saya gampang penuhnya sampai netes,anak saya kalau nen walaupun lama dapetnya cuma foremilknya aja bund saking penuhnya,udah saya coba perah juga sebelum minum tapi yg netes ya si foremilk itu bund ga bisa kosong PD saya..
Anak saya juga kurang suka sama posisi nen di sebelah kanan,entah karena saya yg ga bisa pas posisinya atau gimana dan banyak alasan lainnya bund setelah saya observasi lebih lanjut..
Dan jadilah anak saya cuma mau nen 1 PD yg kiri aja,kalau sekarang walaupun udah di perah yg kanan tapi begitu saya kasih langsung pasti langsung hoek ky mau muntah bund..
Kalau saya sih ga sakit/bengkak bund,soalnya asi itu kan on demand jadi karena ga di nyot sama baby saya ya otomatis berkurang isinya dan malah jadi lembek,kalau yg kiri karena sering di hisap malah penuh mulu bund dan masih netes sampe sekarang..

---------- Post added at 04:12 ---------- Previous post was at 03:52 ----------



Nah hampir sama kaya bunda rikha,bedanya anak saya cuma mau yg kiri,kayanya pelekatan dia lebih enak yg kiri bund,puting kiri saya semenjak sembuh dari lecet dulu langsung nongol dan lebih keras jadi baby saya suka walaupun saya tau nen itu di areola bukan di puting,tapi entah kenapa dia ga mau sama puting yg mendem dan lembek di PD kanan,saya sering coba dari mulai tiduran,duduk,sampai berdiri pakai gendongan saya susuin dari PD kanan tapi hasilnya dia tetep mau muntah bund dan di lepas" mulu..
Saya bingung pakai cara apa lagi bund biar dia mau nen dari PD kanan

---------- Post added at 04:13 ---------- Previous post was at 04:12 ----------



Nah hampir sama kaya bunda rikha,bedanya anak saya cuma mau yg kiri,kayanya pelekatan dia lebih enak yg kiri bund,puting kiri saya semenjak sembuh dari lecet dulu langsung nongol dan lebih keras jadi baby saya suka walaupun saya tau nen itu di areola bukan di puting,tapi entah kenapa dia ga mau sama puting yg mendem dan lembek di PD kanan,saya sering coba dari mulai tiduran,duduk,sampai berdiri pakai gendongan saya susuin dari PD kanan tapi hasilnya dia tetep mau muntah bund dan di lepas" mulu..
Saya bingung pakai cara apa lagi bund biar dia mau nen dari PD kanan

---------- Post added at 04:25 ---------- Previous post was at 04:13 ----------



Hai bunda adisti apa kabar ?
Lama tak bersua..
Iya bund ga tenang ninggalin baby apa lagi sama orang yg ga terlalu di kenal kaya tetangga itu,saya mau nglobby papanya supaya mau jagain si baby bund,soalnya papanya tuh paling ga bisa diemin si baby kalau udah rewel bosen..
Pernah saya tinggal sebentar aja udah nangis kejer sama papanya..
Ujung"nya saya lagi saya lagi bund..

---------- Post added at 04:33 ---------- Previous post was at 04:25 ----------



Lebih bagus memang kanan kiri bund biar asi produksi terus dan PD ga besar sebelah..
Tapi di usahakan jangan sebentar" ganti PD bund,setahu saya selama 4 jam susui bayi dari PD yang sama agar foremilk dan hindmilknya seimbang..
Jangan gunakan botol dot bund saat memberikan ASIP,takut baby bingung puting laten" yg bisa bikin produksi asi berkurang..

---------- Post added at 04:47 ---------- Previous post was at 04:33 ----------



Wah suami bunda dwi efek kangen karena jarang ketemu tuh,jadi sekalinya ketemu sangat bermanfaat buat jagain dede
Suami saya sih mau bund gantian gendong atau jagain,tapi dia orangnya ga bisa ngalem anak,ga bisa nyanyiin,godain atau ngalihin perhatian anak kalau mulai rewel bosen,jadi anak saya cepet bosen kalau di gendong papanya,soalnya ga komunikatif kaya saya yg suka ngajak ngbrol,nyanyi atau bercandain baby..
Iya bund pengennya juga sama yg udah di kenal atau kalau bisa saudara,tapi belum kebayang siapa kandidatnya bund..

---------- Post added at 04:57 ---------- Previous post was at 04:47 ----------



Radiv pinter ya bund,padahal masih kecil ya waktu di bawa..
Sekarang umur berapa bund ?
Papanya mau megang sih bund,tapi papanya ga komunikatif bund sama anak jadi bikin anak bosen lama" sama dia,saya aja lama" bosen sama dia (becanda bund)
Anak saya maunya di becandain,di ajak ngobrol,di nyanyiin dan di tunjukin apa aja yiang bisa ngalihin perhatian dia,kalau papanya ga kreatif bund jadi kalau pegang baby ya monoton aja makanya baby saya suka kesel kalau di pegang papanya..
Iya bund sempet kefikiran juga kalau anak saya di pukul atau di bentak tanpa sepengetahuan saya giman ya,sedih kalau bayangin yg jelek" bund,namanya di pegang orang lain pasti beda sama pegang anak sendiri walaupun saya bayar..
Ini saya mau ngancem papanya supaya dia mau pegang dede selama saya sibuk bund,kalau dia mau syukur bgt,tapi kalau ga sanggup terpaksa tetep sewa orang tapi ikut ke gedung dan jagain bareng papanya..

---------- Post added at 05:05 ---------- Previous post was at 04:57 ----------



Bunda elin ngerasai juga ya kaya saya ?
Iya bund saya bukannya pelit informasi atau ga mau bagi ilmu,tapi saya liat" dulu orang kaya gimana yg saya hadapi,kalau dari awal ketauan kolotnya dan ga bisa open minded mending saya ngalah pura" bego bund dan ngeluarin jurus 1001 alasan buat nangkis secara baik" ajaran sesat mereka

Iya ya bund 8 bulan itu udah kooperatif ?
Soalnya saya belum dpt gambaran tingkah pola baby 8m bund,kalau memang nanti lebih kalem dan ga secengeng sekarang mungkin lebih enak bawa sendiri bund..

---------- Post added at 05:14 ---------- Previous post was at 05:05 ----------



Coba USG 2D aja bund untuk lebih pastinya,karena kadang bidan juga kurang akurat bund,saya rasa kalau soal fundus ga ada hubungannya sama kesehatan janin,fundus itu kaitannya sama posisi bayi dan jalan lahir kalau ga salah ya bund,kalau masalah bb bayi setelah bunda USG dan bbj-nya kurang lebih bagus makan doubel karbo dan alpukat bund,itu bisa bikin bbj melesat bund dari pada ice cream yg mengandung pemanis,yg ada kalau kebanyakan makan ice cream bukannya bbj naik malah memicu obesitas dan diabetes bund..

---------- Post added at 05:37 ---------- Previous post was at 05:14 ----------



Iya bund untungnya tetangga yg ngomong jadi bisa saya tangkis dan kabur ngumpet lagi di dalem rumah ga mau bawa baby saya keluar lagi biar perdebatan ga semakin tajam..
Saya ga tau apa jadinya kalau berada di posisi bunda,ibu sendiri yg nyuruh pula,alhamdulillah ibu saya anggota posyandu yg memang pro asi dan mengerti all about mpasi,tapi bumer saya nih yg biasanya gerecokin,makanya dari hamil saya kabur ngontrak sama suami biar lebih bebas ngurus semua sesuai keinginan saya bund..
Baby saya juga lahirnya kecil bund 2,9,padahal 5 hari sebelum lahiran saya USG dan perkiraan bbj-nya 2,9 eh lahirnya juga 2,9 bund..
Umur 3 hari saya keluarin buat jemur matahari,terus di banding-bandingin sama anak tetangga saya yg lebih tua 3 minggu bund,emang anaknya endud dan lahirnya lebih besar 3,5kg..
Saya sih santai aja bund ga ngoyo buat gendutin anak,fikiran saya selama ASInya cukup,bak min 6x sehari dan kms-nya di garis aman saya rasa ga ada yg perlu di kuatirkan,kalaupun anak saya kurus yg penting sehat,aktif dan lincah,masalah kurus atau gemuk itu kan bisa juga dari faktor keturunan,saya ini langsing bund walaupun pas bayi saya montok bgt,suami saya sekarang besar tapi pas bayi ideal aja beratnya karena kembar jadi bb lahirnya juga emang ga besar di bawah 2,5..
Lah anak tetangga saya yg beda 3 minggu itu bumd yg dulu di bangga-banggain lebih endud dari anak saya,sekarang malah kurusan bund semenjak MPASI dini,anak saya yg mendem aja di rumah dan cuma ngASI malah chubby sampai 7kg padahal baru 4 bulan lebih,sampai ibunya bayi depan rumah saya bilang kalau anak saya ASI aja tapi badannya kenceng (padahal saya liatnya anak saya biasa aja ga gendut,apa karena saya ngliat tiap hari ya jadi kaya ga ada bedanya)
Dalam hati saya cuma mikir kita liat aja lebih sehat mana anak saya atau anak kamu yg MPASI duluan,karena dampaknya baru kelihatan nanti" bund..
Tapi anak bunda jadi di MPASI dini ga bund sama ibu bunda ?
Terus babynya umur berapa sekarang bund ?
Kalau bunda memang bisa kasih pengertian mungkin lama" kalah juga bund ibunya,kalau saya lebih berani nasehatin ibu saya dari pada orang lain,ibu saya orangnya open minded sih bund sama ilmu" yg lebih inovatif di banding jaman dia dulu,tapi ya watak orang kan beda" ya bund,mungkin niatnya ibu bunda baik pengen cucunya gendut biar kelihatan sehat,padahal bener kata bunda gendut bukan berarti sehat,kurus juga bukan berarti penyakitan,I like this..

Papanya mau bund gantian gendong,tapi monoton orangnya (efek pendiamnya belum hilang walau sama anak sendiri)
Jadi anak saya bosenan di gendong papanya,ujung"nya kalau nangis kasih ke saya baru diem,jadi ada ga ada papanya ya sama aja bund,saya juga yg repot
Allhamdullilah kabarku baik bun.wah lg nikmat2nya ngurus si kecil yaa?tenang koq bun saya pun pernah ngalamin apa yg bunda rasakan bahkan sampai skrg pun anakku msh d blg kurus ma mertua dan ortuku sendiri.untung ibuku msh bs dkasih tw baik2 jd mw ngertiib apa yg anaknya mau.nah klo mertuaku mah yaa begitulah istilahnya msh ikutin adat kampung lah.mesti makan nasi tiap hari pdhl anakku habis makan pisang 1 tetep harus makan nasi habis itu.g tw mesti gmn ngasih twnya.

Klk ma tetangga mah udah kebal soalnya mereka rata2 anaknya mpasi pd umur 2bln jd banding2in m Boski krn lbh kurus dan anak asi sedangkan mereka anaknya sufor.alasannya pun sama laperan jd dkasih sun aja biar kenyang pas tdrnya.mending tutup kuping aja kebal ma cibiran mereka ksh tw jg percuma krn mereka merasa lbh pintar ngurus anak


Jd curcol deh
 
“Lihatlah orang yang dibawahmu dan jangan lihat orang yang diatasmu, hal itu lebih baik sehingga engkau tidak menyepelekan nikmat Allah.” (HR Muslim)
  #36  
Old
dhevez...
 
Posts: 286
 
Replying to: View Post
Sebenarny bunda masih lebih baik dari saya, karna bunda masih bisa "menjauhi" bunda dan bayi bunda dark org2 yang ngotot atau maksain mpasi dini dengan perangkat2 nya... Lah saya d sini, ndak orang lain atau org jauh2 bund... Orang tua saya sendiri teruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus bilang "coba d tambah pakai sufor yaa, biar makin gemuk jadi lebih sehat" atau "4 bln nanti dah bisa maam pisang yaa" dan seperti yang bunda alamin, bayi saya d banding2 in sama bayi lain yang umur mereka seumuran tapi badannya lebih gemuk. Saya ndak pengen jadi anak durhaka, sok tau atau membangkang sama orang tua. Meski geram tapi saya cuma bisa bilang "GEMUK BELUM TENTU SEHAT, KURUS JUGA BELUM TENTU PENYAKITAN." cukup lihat perkembngannya tiap bulan d tambah dengan aktifitas si bayi tiap harinya.
Sumpah deh bund, saya paling geram lihat orang2 yang gendong bayi nya yang gemuk berisi dan memandang2 dengan bangga sambil tersenyum ke bayi saya, seolah2 bilang, "anak gw lebih sehat dari anak loh" bullsh*t -__-

Maaf bund jadi curcol d sini habisnya saya kesel tiap hari makan omelan ortu bilang anak saya kurus lah, anak s anu udah gemuk lah, anak si itu masih kecil tapi dah gendut lah.
Kalo saran saya buat bunda, diskusi in lagi sama Suami bund. Komunikasikan terus sama Suami, kita butuh supportnya sebagai ayahnya. Masak sama anak sendiri ndak betahan sih. -..- bilang aja quality time sama ayahnya, biar makin deket ma ayahnya sendiri. Kalo bosen, kan bisa cari kreatifitas lain d ajak main kemana gitu, 8m udah cukup besar lah bund.

---------- Post added at 01:01 ---------- Previous post was at 00:47 ----------



Bawa k dokter ajah bund, biar d usg biar bisa dapat gambaran debay kecil atau kegedean di dalam. Wktu Hamil bidan bilang fundus saya tinggi perkiraan berat debay udah 4kilo ternyata d cek/ usg berat debay cuma 2.9 Wktu lahir genap 3kilo ajah.
Oh gt y bun..y bun bubid ny jg nyruh usg d jdwal brikutnya..ak mpe google bun tkt ngruh k kshtan debay ny..hehe mklum bun ibu baru

---------- Post added at 23:40 ---------- Previous post was at 23:35 ----------

Replying to: View Post
Alhamdulillah saya termasuk salah satu ibu yg beruntung karena di berkahi asi yg melimpah bund..
PD saya gampang penuhnya sampai netes,anak saya kalau nen walaupun lama dapetnya cuma foremilknya aja bund saking penuhnya,udah saya coba perah juga sebelum minum tapi yg netes ya si foremilk itu bund ga bisa kosong PD saya..
Anak saya juga kurang suka sama posisi nen di sebelah kanan,entah karena saya yg ga bisa pas posisinya atau gimana dan banyak alasan lainnya bund setelah saya observasi lebih lanjut..
Dan jadilah anak saya cuma mau nen 1 PD yg kiri aja,kalau sekarang walaupun udah di perah yg kanan tapi begitu saya kasih langsung pasti langsung hoek ky mau muntah bund..
Kalau saya sih ga sakit/bengkak bund,soalnya asi itu kan on demand jadi karena ga di nyot sama baby saya ya otomatis berkurang isinya dan malah jadi lembek,kalau yg kiri karena sering di hisap malah penuh mulu bund dan masih netes sampe sekarang..

---------- Post added at 04:12 ---------- Previous post was at 03:52 ----------



Nah hampir sama kaya bunda rikha,bedanya anak saya cuma mau yg kiri,kayanya pelekatan dia lebih enak yg kiri bund,puting kiri saya semenjak sembuh dari lecet dulu langsung nongol dan lebih keras jadi baby saya suka walaupun saya tau nen itu di areola bukan di puting,tapi entah kenapa dia ga mau sama puting yg mendem dan lembek di PD kanan,saya sering coba dari mulai tiduran,duduk,sampai berdiri pakai gendongan saya susuin dari PD kanan tapi hasilnya dia tetep mau muntah bund dan di lepas" mulu..
Saya bingung pakai cara apa lagi bund biar dia mau nen dari PD kanan

---------- Post added at 04:13 ---------- Previous post was at 04:12 ----------



Nah hampir sama kaya bunda rikha,bedanya anak saya cuma mau yg kiri,kayanya pelekatan dia lebih enak yg kiri bund,puting kiri saya semenjak sembuh dari lecet dulu langsung nongol dan lebih keras jadi baby saya suka walaupun saya tau nen itu di areola bukan di puting,tapi entah kenapa dia ga mau sama puting yg mendem dan lembek di PD kanan,saya sering coba dari mulai tiduran,duduk,sampai berdiri pakai gendongan saya susuin dari PD kanan tapi hasilnya dia tetep mau muntah bund dan di lepas" mulu..
Saya bingung pakai cara apa lagi bund biar dia mau nen dari PD kanan

---------- Post added at 04:25 ---------- Previous post was at 04:13 ----------



Hai bunda adisti apa kabar ?
Lama tak bersua..
Iya bund ga tenang ninggalin baby apa lagi sama orang yg ga terlalu di kenal kaya tetangga itu,saya mau nglobby papanya supaya mau jagain si baby bund,soalnya papanya tuh paling ga bisa diemin si baby kalau udah rewel bosen..
Pernah saya tinggal sebentar aja udah nangis kejer sama papanya..
Ujung"nya saya lagi saya lagi bund..

---------- Post added at 04:33 ---------- Previous post was at 04:25 ----------



Lebih bagus memang kanan kiri bund biar asi produksi terus dan PD ga besar sebelah..
Tapi di usahakan jangan sebentar" ganti PD bund,setahu saya selama 4 jam susui bayi dari PD yang sama agar foremilk dan hindmilknya seimbang..
Jangan gunakan botol dot bund saat memberikan ASIP,takut baby bingung puting laten" yg bisa bikin produksi asi berkurang..

---------- Post added at 04:47 ---------- Previous post was at 04:33 ----------



Wah suami bunda dwi efek kangen karena jarang ketemu tuh,jadi sekalinya ketemu sangat bermanfaat buat jagain dede
Suami saya sih mau bund gantian gendong atau jagain,tapi dia orangnya ga bisa ngalem anak,ga bisa nyanyiin,godain atau ngalihin perhatian anak kalau mulai rewel bosen,jadi anak saya cepet bosen kalau di gendong papanya,soalnya ga komunikatif kaya saya yg suka ngajak ngbrol,nyanyi atau bercandain baby..
Iya bund pengennya juga sama yg udah di kenal atau kalau bisa saudara,tapi belum kebayang siapa kandidatnya bund..

---------- Post added at 04:57 ---------- Previous post was at 04:47 ----------



Radiv pinter ya bund,padahal masih kecil ya waktu di bawa..
Sekarang umur berapa bund ?
Papanya mau megang sih bund,tapi papanya ga komunikatif bund sama anak jadi bikin anak bosen lama" sama dia,saya aja lama" bosen sama dia (becanda bund)
Anak saya maunya di becandain,di ajak ngobrol,di nyanyiin dan di tunjukin apa aja yiang bisa ngalihin perhatian dia,kalau papanya ga kreatif bund jadi kalau pegang baby ya monoton aja makanya baby saya suka kesel kalau di pegang papanya..
Iya bund sempet kefikiran juga kalau anak saya di pukul atau di bentak tanpa sepengetahuan saya giman ya,sedih kalau bayangin yg jelek" bund,namanya di pegang orang lain pasti beda sama pegang anak sendiri walaupun saya bayar..
Ini saya mau ngancem papanya supaya dia mau pegang dede selama saya sibuk bund,kalau dia mau syukur bgt,tapi kalau ga sanggup terpaksa tetep sewa orang tapi ikut ke gedung dan jagain bareng papanya..

---------- Post added at 05:05 ---------- Previous post was at 04:57 ----------



Bunda elin ngerasai juga ya kaya saya ?
Iya bund saya bukannya pelit informasi atau ga mau bagi ilmu,tapi saya liat" dulu orang kaya gimana yg saya hadapi,kalau dari awal ketauan kolotnya dan ga bisa open minded mending saya ngalah pura" bego bund dan ngeluarin jurus 1001 alasan buat nangkis secara baik" ajaran sesat mereka

Iya ya bund 8 bulan itu udah kooperatif ?
Soalnya saya belum dpt gambaran tingkah pola baby 8m bund,kalau memang nanti lebih kalem dan ga secengeng sekarang mungkin lebih enak bawa sendiri bund..

---------- Post added at 05:14 ---------- Previous post was at 05:05 ----------



Coba USG 2D aja bund untuk lebih pastinya,karena kadang bidan juga kurang akurat bund,saya rasa kalau soal fundus ga ada hubungannya sama kesehatan janin,fundus itu kaitannya sama posisi bayi dan jalan lahir kalau ga salah ya bund,kalau masalah bb bayi setelah bunda USG dan bbj-nya kurang lebih bagus makan doubel karbo dan alpukat bund,itu bisa bikin bbj melesat bund dari pada ice cream yg mengandung pemanis,yg ada kalau kebanyakan makan ice cream bukannya bbj naik malah memicu obesitas dan diabetes bund..

---------- Post added at 05:37 ---------- Previous post was at 05:14 ----------



Iya bund untungnya tetangga yg ngomong jadi bisa saya tangkis dan kabur ngumpet lagi di dalem rumah ga mau bawa baby saya keluar lagi biar perdebatan ga semakin tajam..
Saya ga tau apa jadinya kalau berada di posisi bunda,ibu sendiri yg nyuruh pula,alhamdulillah ibu saya anggota posyandu yg memang pro asi dan mengerti all about mpasi,tapi bumer saya nih yg biasanya gerecokin,makanya dari hamil saya kabur ngontrak sama suami biar lebih bebas ngurus semua sesuai keinginan saya bund..
Baby saya juga lahirnya kecil bund 2,9,padahal 5 hari sebelum lahiran saya USG dan perkiraan bbj-nya 2,9 eh lahirnya juga 2,9 bund..
Umur 3 hari saya keluarin buat jemur matahari,terus di banding-bandingin sama anak tetangga saya yg lebih tua 3 minggu bund,emang anaknya endud dan lahirnya lebih besar 3,5kg..
Saya sih santai aja bund ga ngoyo buat gendutin anak,fikiran saya selama ASInya cukup,bak min 6x sehari dan kms-nya di garis aman saya rasa ga ada yg perlu di kuatirkan,kalaupun anak saya kurus yg penting sehat,aktif dan lincah,masalah kurus atau gemuk itu kan bisa juga dari faktor keturunan,saya ini langsing bund walaupun pas bayi saya montok bgt,suami saya sekarang besar tapi pas bayi ideal aja beratnya karena kembar jadi bb lahirnya juga emang ga besar di bawah 2,5..
Lah anak tetangga saya yg beda 3 minggu itu bumd yg dulu di bangga-banggain lebih endud dari anak saya,sekarang malah kurusan bund semenjak MPASI dini,anak saya yg mendem aja di rumah dan cuma ngASI malah chubby sampai 7kg padahal baru 4 bulan lebih,sampai ibunya bayi depan rumah saya bilang kalau anak saya ASI aja tapi badannya kenceng (padahal saya liatnya anak saya biasa aja ga gendut,apa karena saya ngliat tiap hari ya jadi kaya ga ada bedanya)
Dalam hati saya cuma mikir kita liat aja lebih sehat mana anak saya atau anak kamu yg MPASI duluan,karena dampaknya baru kelihatan nanti" bund..
Tapi anak bunda jadi di MPASI dini ga bund sama ibu bunda ?
Terus babynya umur berapa sekarang bund ?
Kalau bunda memang bisa kasih pengertian mungkin lama" kalah juga bund ibunya,kalau saya lebih berani nasehatin ibu saya dari pada orang lain,ibu saya orangnya open minded sih bund sama ilmu" yg lebih inovatif di banding jaman dia dulu,tapi ya watak orang kan beda" ya bund,mungkin niatnya ibu bunda baik pengen cucunya gendut biar kelihatan sehat,padahal bener kata bunda gendut bukan berarti sehat,kurus juga bukan berarti penyakitan,I like this..

Papanya mau bund gantian gendong,tapi monoton orangnya (efek pendiamnya belum hilang walau sama anak sendiri)
Jadi anak saya bosenan di gendong papanya,ujung"nya kalau nangis kasih ke saya baru diem,jadi ada ga ada papanya ya sama aja bund,saya juga yg repot
Y bun ak was2 tkt ngruh k kshatan debay ny bun...
Bubid blg debay ny kcil gt bun d liat dr prhitungan fundus ny d sruh usg d prtmuan brkut ny...
Bhya k kshatan gak sh bun klu debay ny kcil bun?
 
  #37  
Old
nrabiu...
 
Location: Medan
Posts: 180
 
Replying to: View Post
Radiv pinter ya bund,padahal masih kecil ya waktu di bawa..
Sekarang umur berapa bund ?
Papanya mau megang sih bund,tapi papanya ga komunikatif bund sama anak jadi bikin anak bosen lama" sama dia,saya aja lama" bosen sama dia (becanda bund)
Anak saya maunya di becandain,di ajak ngobrol,di nyanyiin dan di tunjukin apa aja yiang bisa ngalihin perhatian dia,kalau papanya ga kreatif bund jadi kalau pegang baby ya monoton aja makanya baby saya suka kesel kalau di pegang papanya..
Iya bund sempet kefikiran juga kalau anak saya di pukul atau di bentak tanpa sepengetahuan saya giman ya,sedih kalau bayangin yg jelek" bund,namanya di pegang orang lain pasti beda sama pegang anak sendiri walaupun saya bayar..
Ini saya mau ngancem papanya supaya dia mau pegang dede selama saya sibuk bund,kalau dia mau syukur bgt,tapi kalau ga sanggup terpaksa tetep sewa orang tapi ikut ke gedung dan jagain bareng papanya..
Radiv mah emang hobby aja kluyuran gk di rmh (yg ngajarin emaknya) skr umurny 5bulan bun. hahahaha. yg paling menyenangkan dalam hidupnya klo diajak jalan2. yg kaya ngerti aja deh. hahahhaa. bosen sih dia kykny senin smpe jumat ditinggal kerja ayah ibunya. jd sabtu minggu sm libur kpn aja wajib bawa dia jalan. hahaha
iy deh dicoba bun. lbh enak sih klo sm bpkny lgsg. tp klo emang ankny gk betahan ya gpp deh mnta bantuan org tp yg penting jgn dititip dirmh bunn
 
  #38  
Old
Mama B...   TS 
 
Posts: 316
 
Replying to: View Post
Allhamdullilah kabarku baik bun.wah lg nikmat2nya ngurus si kecil yaa?tenang koq bun saya pun pernah ngalamin apa yg bunda rasakan bahkan sampai skrg pun anakku msh d blg kurus ma mertua dan ortuku sendiri.untung ibuku msh bs dkasih tw baik2 jd mw ngertiib apa yg anaknya mau.nah klo mertuaku mah yaa begitulah istilahnya msh ikutin adat kampung lah.mesti makan nasi tiap hari pdhl anakku habis makan pisang 1 tetep harus makan nasi habis itu.g tw mesti gmn ngasih twnya.

Klk ma tetangga mah udah kebal soalnya mereka rata2 anaknya mpasi pd umur 2bln jd banding2in m Boski krn lbh kurus dan anak asi sedangkan mereka anaknya sufor.alasannya pun sama laperan jd dkasih sun aja biar kenyang pas tdrnya.mending tutup kuping aja kebal ma cibiran mereka ksh tw jg percuma krn mereka merasa lbh pintar ngurus anak


Jd curcol deh
Balada jadi ibu muda memang ga enak ya bund,serba salah kesannya ilmu kita sedikit di banding pengalaman mereka yg segudang ngurus anak..
Iya waktu newborn bb anak saya memang ga besar bund,eh malah di bandingin sama anak tetangga yg lebih besar 3 minggu,ya iya lah lebih besar dia,makanya semua saya makan bund biar asi saya bagus dan alhamdulillah bb sekarang bagus,tapi ga tau nih setelah mpasi nanti bund,makin naik atau gimana soalnya makin aktif bund dan belum tau nafsu makannya nanti bagaimana,semoga makannya lahap dan bb nya naik terus
Bunda adisti mpasinya homemade kah? Pakai tambahan lemak ga kaya santan,minyak atau butter buat gempur bb nya?

---------- Post added at 20:20 ---------- Previous post was at 20:17 ----------

Replying to: View Post
Oh gt y bun..y bun bubid ny jg nyruh usg d jdwal brikutnya..ak mpe google bun tkt ngruh k kshtan debay ny..hehe mklum bun ibu baru

---------- Post added at 23:40 ---------- Previous post was at 23:35 ----------


Y bun ak was2 tkt ngruh k kshatan debay ny bun...
Bubid blg debay ny kcil gt bun d liat dr prhitungan fundus ny d sruh usg d prtmuan brkut ny...
Bhya k kshatan gak sh bun klu debay ny kcil bun?
Bagusnya sih bb saat lahir nanti 2500gram ke atas bund,bb ideal bayi lahir cukup bulan,gempur pakai alpukat aja bund buat bb janinnya,kurang ga bagus lebih juga ga bagus bund,yg sedang" aja bund

---------- Post added at 20:27 ---------- Previous post was at 20:20 ----------

Replying to: View Post
Radiv mah emang hobby aja kluyuran gk di rmh (yg ngajarin emaknya) skr umurny 5bulan bun. hahahaha. yg paling menyenangkan dalam hidupnya klo diajak jalan2. yg kaya ngerti aja deh. hahahhaa. bosen sih dia kykny senin smpe jumat ditinggal kerja ayah ibunya. jd sabtu minggu sm libur kpn aja wajib bawa dia jalan. hahaha
iy deh dicoba bun. lbh enak sih klo sm bpkny lgsg. tp klo emang ankny gk betahan ya gpp deh mnta bantuan org tp yg penting jgn dititip dirmh bunn
Berarti radiv umurnya ga jauh beda sma anak saya ya bund? Radiv lahir tgl dan bulan berapa bund? Anak saya juga sebentar lagi 5 bulan tgl 26 nanti,ternyata anak umur segitu memang lagi seneng"nya jalan" ya bund,ini anak saya juga mulai banyak tingkahnya bund,ga betah lama" di mobil,lebih seneng naik motor kena angin" gitu bund,haduh sekarang mau tidur aja keliling dulu naik motor bund,begitu pules baru pulang..
Ternyata sama aja kaya radiv
Iya nih bund mau bawa orang aja biar jaganya bisa sekalian bareng papanya..
 
  #39  
Old
adisti...
 
Location: Yg ptg Happy
Posts: 1,946
 
Replying to: View Post
Balada jadi ibu muda memang ga enak ya bund,serba salah kesannya ilmu kita sedikit di banding pengalaman mereka yg segudang ngurus anak..
Iya waktu newborn bb anak saya memang ga besar bund,eh malah di bandingin sama anak tetangga yg lebih besar 3 minggu,ya iya lah lebih besar dia,makanya semua saya makan bund biar asi saya bagus dan alhamdulillah bb sekarang bagus,tapi ga tau nih setelah mpasi nanti bund,makin naik atau gimana soalnya makin aktif bund dan belum tau nafsu makannya nanti bagaimana,semoga makannya lahap dan bb nya naik terus
Bunda adisti mpasinya homemade kah? Pakai tambahan lemak ga kaya santan,minyak atau butter buat gempur bb nya?

---------- Post added at 20:20 ---------- Previous post was at 20:17 ----------



Bagusnya sih bb saat lahir nanti 2500gram ke atas bund,bb ideal bayi lahir cukup bulan,gempur pakai alpukat aja bund buat bb janinnya,kurang ga bagus lebih juga ga bagus bund,yg sedang" aja bund

---------- Post added at 20:27 ---------- Previous post was at 20:20 ----------



Berarti radiv umurnya ga jauh beda sma anak saya ya bund? Radiv lahir tgl dan bulan berapa bund? Anak saya juga sebentar lagi 5 bulan tgl 26 nanti,ternyata anak umur segitu memang lagi seneng"nya jalan" ya bund,ini anak saya juga mulai banyak tingkahnya bund,ga betah lama" di mobil,lebih seneng naik motor kena angin" gitu bund,haduh sekarang mau tidur aja keliling dulu naik motor bund,begitu pules baru pulang..
Ternyata sama aja kaya radiv
Iya nih bund mau bawa orang aja biar jaganya bisa sekalian bareng papanya..
Mpasi home made bun no gulgar ampe setahun make booster berat make butter olive oil klo g make jus alpukat.tetep aja klo emang doyan makan pasti naik bb nya.tp ada bln beratnya naiknya irit bgt tp lari ke tinggi.make tambahan keju bwt ksh cita rasa asin sekalian bwt nambahin kalsium ke dlm makanannya.

Tetap inget bayi dbawah 1 thn asi tetap 70% dr nutrisi hariannya.
 
“Lihatlah orang yang dibawahmu dan jangan lihat orang yang diatasmu, hal itu lebih baik sehingga engkau tidak menyepelekan nikmat Allah.” (HR Muslim)
  #40  
Old
Yessy2...
 
Location: Bekasi
Posts: 391
 
Agak bingung sih aku
1. Belum oernah lepas dr babynya, tp mau aja nitipin anak ke tetangga. Klo rrwel gimana, siang-malam itu bukan wkt sebentar. Belum rasa was2 yg dipikiran bunda.
2. Ayahnya takut baby rewel ngelinat ibunya mondar mandir. Lah bapaknya aja ga berani megang anak klo rewel, ini malah dititipin ke tetangga, emg klo anaknya rewel yakin tetangga bisa "tenang" pikirannya. Wong ayahnya aja takut.
3. Ga betah di mobil? Coba disulap mobilnya jd kamar. Aku krn biasa bawa anak jalan jauh, jd bagian belakang aku jadiin kamar. Row 2 3 dilipat, dimasukin kasur. Utk city car, pakai matras yg lbh kecil. Ganjel bantal sana sini. Bawa deh mimik anaknya klo udh rewel, klo ngantuk ya bakal tidur.
Logikanya tetangga udh begitu, ada oerasaan was2 ninggalin, ngajak anakpun takut rewel, jd alasan pembenaran apa utk ninggalin anak sama tetangga?

 
  #41  
Old
Maryal...
 
Posts: 39
 
Maklumin aja bun, kan sperti bunda bilang mreka gtau apa apa dan salah info sok tau. Mgkn mreka ga familiar dgn pengetahuan di google. Kalo merasa was2 anaknya di titip ya bawa aja bun, jgn membebankan hati. Tetangga niat mau bantu bunda, tapi karna kurangnya pengetahuan mrk buat bunda takut mending gak usah.

---------- Post added at 02:57 ---------- Previous post was at 01:10 ----------

Bawa aja bun drpd was2
 
  #42  
Old
bu nen...
 
Posts: 20
 
Menyimak...
Hehehe.........
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
curhatan temenku -- Ngobrol Apa Saja 5
Curhatan qu !! -- Ngobrol Apa Saja 0
curhatan hati -- Ngobrol Apa Saja 17
Curhatan ku -- Ngobrol Apa Saja 16
curhatan seorang IBU -- Ngobrol Apa Saja 135


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:22.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com