Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
ummu r...   TS 
 
Posts: 1,736
Default all about moment

Copas dr fb michele anugrah (https://m.facebook.com/story.php?sto...1&id=711482980)

Silakan bagi member moment buat memgajukan pembelaannya
Saya share supaya kita jd konsumen yg bijak

Yak, masih tentang Moment dan produk serta kelakuan para membernya.

Akhir-akhir ini banyak sekali di media sosial facebook, instagram, path bahkan BBM pun digunakan sebagai ajang promosi sebuah produk MLM yakni MOMENT yang di distribusikan oleh PT. MOMENT GLOBAL INTERNASIONAL. Dan beberapa hari lalu ada berita tentang produk MOMENT diberitakan di TEMPO.CO, Surabaya. Pembahasannya begitu cetar membahana. Apalagi pada paragraf terakhir cukup menimbulkan tandatanya besar. Pada paragraf akhir ditulis:
" Produk-produk yang mereka jual terdiri atas lima jenis, yakni Propolis, obat kekebalan tubuh yang mereka impor dari Malaysia; Slimmer, obat pelangsing yang diproduksi di Sidoarjo; Glucogen dan Teragen, obat pencegah berbagai macam penyakit yang diproduksi di Sidoarjo; dan kopi yang diproduksi oleh produsen di Sidoarjo. "
( Silahkan jika ingin membaca lebih lengkap klik linknya 404 error: page not found )

Sebelum saya jauh membahas tentang Moment terlebih dahulu kita pahami tentang Huruf di depan Nomer Seri BPOM.
TR = Obat tradisional produksi dalam Negeri
TI = Obat tradisional Impor
SD = Suplement produksi dalam Negeri
SI = Suplement Import
MD= Makanan produksi dalam Negeri
MI = Makanan Impor
CD = Kosmetik dalam Negeri
CL = Kosmetik Impor
CA = Kosmetik dengan tanda notifikasi

Daftar Nomer Seri produk moment yang terdaftar di BPOM
1. Propolis Brazilia terdaftar dengan Nomer seri TR. 133673951
2.Slimmer Moment terdaftar dengan Nomer seri MD 867028043341
3. Glucogen Moment terdaftar dengan Nomer seri MD 867013011850
4 Teragen Moment terdapat dua rasa Soya dan rasa Moka terdaftar dengan nomer seri MD 850528013229 dan MD 867028062341
5. Moment Coffee belum ditemukan terdaftar di BPOM
6. Moment ABG belum ditemukan terdaftar di BPOM
7. Moment Biocell belum ditemukan terdaftar di BPOM
8. Moment Natto belum ditemukan terdaftar di BPOM

Nomor 6 sampai 8 memang tidak disebutkan di berita tersebut, tetapi bisa dilihat ada di promo dan testi yang dipajang oleh member Moment.

Dari kutipan diatas terjadilah tanda tanya besar bagi saya. Dalam tulisan di tempo disebutkan bahwa propolis di impor dari malaysia. Kalau memang iya kenapa nomer serinya tidak didaftarkan sebagai TI jika benar produknya impor dari luar negeri. Dan setelah dicek di BPOMnya nomernya memang sesuai ada di BPOM. Tapi keterangan nama dan kemasannya antara data di BPOM dan dikemasan jauh berbeda. Di BPOM nama yang tertera Propolis Mint bukan Propolis Brazil. Dan dikemasannya pun berbeda di BPOM satu dus berisi 24botol dan satu botolnya berisi 6 ml sedangkan dikemasannya satu dus bersisi 5botol dan satu botolnya berisi 10ml. Pendaftar adalah CV Sumber Sari, yang berkedudukan di Jawa Barat (Anda bisa menyimpulkan sendiri kira-kira bagaimana pernyataan Iva Yuliani, ya)

Slimmer, obat pelangsing yang diproduksi di Sidoarjo; Glucogen dan Teragen, obat pencegah berbagai macam penyakit yang diproduksi di Sidoarjo. Bagaimana bisa Slimmer disebut obat pelangsing padahal Nomer serinya MD? Begitu juga dengan Glucogen dan Teragen disebut obat pencegah segala penyakit sedangkan hanya didaftarkan sebagai makanan produksi dalam negeri. Sudah jelas dalam peraturan bahwa produk makanan tidak boleh diklaim bisa menyembuhkan segala macam penyakit.

Sedangkan di Facebook mbak Iva Yuliani disana disebutkan bahwa produk moment bukan obat melainkan makanan sehat. (Silahkan lihat SS yang diberikan kotak biru)
Iva Yuliani
" Ini sudah menjadi topik metting di bali kemaren bahwa Moment akan mengeluarkan buku macam-macam penyakit dan menggunakan produk yang tepat apa.
Yang langsung dikeluarkan Moment dan ada tanggung jawab medis, sabar sampai buku keluar."

Coba perhatikan bagian ini: "Buku macam-macam penyakit dan menggunakan produk yang tepat apa yang langsung dikeluarkan MOment dan ada tanggung jawab medis." Apakah ini maksudnya produk Moment bisa menyembuhkan penyakit? Dimana tanggung jawab medisnya? Apakah ini berarti member punya pertanggung jawaban medis atas rekomendasi produk yang mereka sarankan? Apakah ini berarti hanya dengan modal sebuah buku yang ditulis oleh sebuah perusahaan distributor makanan olahan maka seseorang mendadak bisa memberikan rekomendasi medis?

Mari kita lihat deh, pernyataan dari pihak Moment tentang masalah penyakit yang bisa diatasi oleh produk Moment. Saya pakai kata diatasi bukan disembuhkan, supaya saya nggak disebut memfitnah.

"Saya pribadi melihat suatu penyakit dari gejala yang diderita.
1. Stroke
Walau stroke aja ada macam-macam strok dan tingkatannya juga beda-beda dan otomatis juga beda-beda pemberian produk moment ( INGAT SEKALI LAGI MOMENT BUKAN OBAT TAPI MAKANAN SEHAT ). Yang bisa stroke sendiri berawal dari kekentalan darah / diabet dan kolesterol tinggi). Kalau belum parah masih bisa dibantu dengan propolis dan Biocell. Tapi kalau sudah parah harus ditambah Moment ABG + Biocell + Propolis."

Terjadi perbedaan antara berita di tempo.co ,surabaya yang menyebutkan bahwa produk moment adalah obat sedangkan di facebooknya mbak Iva Yuliani menyebutkan moment bukan obat melainkan makanan sehat. Bagaimana bisa yang jelas-jelas terdaftar sebagai makanan produksi dalam negeri di BPOM diklaim dapat menyembuhkan penyakit sudah melanggar peraturan KA BPOM No.HK.03.1.23.11 TAHUN 2011 Tentang Pengawasan klaim dalam label dan Iklan Pangan Olahan.

Sebagian isi peraturannya adalah
" Sejalan dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan peran pangan dan pola konsumsi dalam memelihara dan menjaga kesehatan diharapkan setiap informasi yang terkait dengan gizi dan kesehatan yang tercantum pada label pangan olahan turut membantu pencapaian terwujudnya kesehatan masyarakat yang diinginkan.
Komponen baru atau klaim sebagai salah satu komponen dapat dicantumkan pada label dan iklan, terlebih dahulu harus pengkajian oleh para ahli yang relevan dan tidak memihak serta atas bukti ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga memenuhi keteria dibawah ini:
a. Sejalan dengan kebijakan gizi dan kesehatan nasional.
b. Tidak dihubungkan dengan pengobatan dan pencegahan penyakit pada individu
c. Tidak mendorong pada pola komsumsi yang salah
d. Berdasarkan diet total khusus klaim kesehatan
e. Benar dan tidak menyesatkan.

Dan dapat disimpulkan bawah produk yang huruf nomer serinya MD (makanan produksi dalam negeri) tidak dihubungkan dengan pengobatan dan pencegahan penyakit pada individu)

Pasti akan ada pembelaan dari member moment. Kan yang menggolongkan produk moment masuk dimana itu ya BPOM.

Member moment yang terhormat, BPOM itu memproses sesuai apa yang diisikan oleh perusahaan yang membuat. Contoh saja perusahaan A Mendaftarkan produk suplement dalam formulirnya yang keluar pun akan sama dengan huruf nomer seri SD jika itu suplement produksi dalam negeri. Dan apabila produsen produk itu hanya mengantongi ijin produksi bahan pangan olahan dan bukan produksi obat atau farmasi, baik obat tradisional atau modern, maka tidak bisa mengajukan ijin edar sebagai suplement. Sudah paham sejauh ini, kan?

Saya juga ingin mengomentari tentang mbak Iva Yuliani yang melihat penyakit dari gejalanya dan mampu menyarankan produk moment apa saja yang harus digunakan.

Hal yang menjadi penyebab penyakit stroke
Secara umum ada dua faktor yang menyebabkan penyakit stroke, faktor tersebut antara lain :
1. Faktor Resiko Medis, penyebab stroke semakin parah dengan adanya hipertensi atau tekanan darah tinggi, kolesterol,arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah, gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga atau faktor keturunan dan migren atau sakit kepala sebelah. Menurut statistik yang dihasilkan oleh para ahli, pemicu utama penyakit stroke adalah hipertensi dan arterioklerosis.
2. Faktor Resiko Perilaku dan Kebiasaan, disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan individu tersebut kurang sehat, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan bersoda dan gemar memakan makanan cepat saji atau junk food. Faktor resiko perilaku yang lainnya yaitu kurangnya aktifitas gerak atau olah raga dan obesitas. Salah satu pemicu lainnya yang sering kita jumpai yaitu suasana hati yang tidak nyaman seperti sering marah tanpa ada penyebab yang jelas.

Kenali Gejala-Gejala Penyakit Stroke Sejak Dini
Pada tahap awal, semua orang wajib memperoleh pengetahuan dan informasi tentang stroke dan meyakinkan kepada mereka bahwa penyakit stroke merupakan serangan otak yang secara sederhana mempunyai lima gejala utama yang harus diketahui dan dipahami. Sehingga semua orang akan mengerti dan waspada tentang bahayanya serangan penyakit stroke ini.

Gejala utama penyakit stroke :
* Rasa kebal atau mati mandadak atau kehilangan rasa dan lemas pada tangan,kaki,muka terutama pada satu bagian tubuh saja.
*Perasaan bingung yang mendadak sehingga sulit berbicara dan sulit untuk mengerti akan suatu hal.
* Salah satu atau kedua mata mendadak terasa kabur
* Mendadak kehilangan keseimbangan dan sulit berjalan dan terhuyung
*Merasa pusing secara mendadak dan sakit kepala tanpa adanya sebab yang jelas
Tanda-tanda yang mengikuti gejala di atas tadi meliputi :
*Rasa mual dan muntah-muntah di ikuti dengan panas.
*Pingsan mendadak dan kehilangan kesadaran
( sumber: http://www.doktergaul.net/…/Gejala-P...egahan-…). Jika ada dokter mohon koreksinya

Jadi gejala stroke bukan hanya berawal dari kekentalan darah / diabet dan kolesterol tinggi saja. Tapi masih ada gejala lainnya. (Tolong informasinya apakah ada istikah kekentalan darah ya? mohon penjelasannya dokter)

Dan penegakan bahwa seseorang menderita stroke harus dengan dianogsa dan pemeriksaan klinis yang tepat (mohon dikoreksi). Diagnosis stroke adalah secara klinis beserta pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan antara lain CT scan kepala, MRI. Untuk menilai kesadaran penderita stroke dapat digunakan Skala Koma Glasgow. Untuk membedakan jenis stroke dapat digunakan berbagai sistem skor, seperti Skor Stroke Siriraj, Algoritma Stroke Gajah Mada, atau Algoritma Junaedi.
(sumber: Stroke - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas )

Nah sebagai dokter yang benar maka akan dilakukan pemeriksaan dan wawancara secara langsung kepada pasiennya (dokter yang mengerti kode etik). Bukan dengan konsultasi di dokter menjawab. Bagaimana bisa dokter menjawab tanpa melakukan pemeriksaan langsung menyarankan obat eeeh bukan obat tapi makanan sehat kepada membernya. (Sudah lupa kali tentang kode etik kedokteran nih sang dokter menjawab)

Nah kakek, nenek, bapak,ibu, pakde, budhe, paklek, bulek, mas, mbak dan Adik apa iya kalian akan mempertaruhkan kesehatan anda kepada produk yang tidak jelas kegunaannya, komposisinya. Dan masih samar produk ini sebenarnya obat atau makanan sehat. Tapi di BPOM sudah jelas MD ( Makanan produksi dalam negeri) bagaimana bisaa diklaim menyembuhkan kalau hanya termasuk makanan biasa. Dan ada beberapa produk yang belum ter daftar di BPOM contoh moment coffe, Biocell, Moment ABG ( Ini mau digolongkan apa obatkah? Makanankah (masak iya mau diklaim menyembuhkan, menyalahi aturan lho ya) atau suplement? Anda-anda masih yakin akan mempertaruhkan kesehatan anda kepada produk yang tidak jelas makanaan bukan obat tapi menyembuhkan penyakit kronis. Apakah iya anda yakin menyerahkan keselamatan nyawa anda hanya dengan dimenjabarkan gejalanya kepada yang bukan Ahlinya dalam bidang kesehatan. YAKIN?

Seandainya benar moment akan mengeluarkan buku saya berminat membelinya. Saya ingin melihat bagaimana yang notabene bukan dokter mulai diajarkan dokter-dokteran. Dan tidak perlu lagi untuk menjadi dokter dengan sekolah tinggi dan cukup membeli buku yang diterbitkan oleh PT MOMENT GLOBAL INTERNASIONAL. Jika benar produk ini bisa menyembuhkan, wah pasti dunia kesehatan,kedokter dan penelitian akan pensiun dini karena buku Moment sudah melahirkan dokter moment dengan bukunya. Sudah tidak diperlukan lagi uji klinis dan uji lab lagi jika buku dan dokter moment diterbitkan. Cukup mendeteksi penyakit dengan gejala-gejala penyakitnya. Yang dikeluarkan moment akan ada pertanggung jawaban secara medis?Benerkah bagaimana dengan mereka yang ternyata tidak mendapatkan hasil apapun atau malah memperparah keadaan pengguna?
Pasti saya akan dicap HATERS Oleh para member moment. Tapi tidak apa karena saya menyampakan kebenaran dalam kebohongan para pelaku MLM produk MOMENT.

Ini tambahan dari teman saya yg Muslim, saya percaya saja tulisan beliau karena saya bukan Muslim sedangkan beliau adalah Muslim yg terpelajar dan memang belajar tentang hadis dan fiqh.

Nasehat untuk member moment yang muslim dalam Islam mengajarkan anda berbagai syari’at luhur dan suci dalam segala aspek kehidupan anda, termasuk dalam urusan perniagaan.
Syari’at Islam mengajarkan anda untuk selalu berbuat jujur dalam segala keadaan, walaupun secara lahir kejujuran tersebut dapat menimbulkan kerugian pada diri anda sendiri.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُونُواْ قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاء لِلّهِ وَلَوْ عَلَى أَنفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالأَقْرَبِينَ إِن يَكُنْ غَنِيّاً أَوْ فَقَيراً فَاللّهُ أَوْلَى بِهِمَا فَلاَ تَتَّبِعُواْ الْهَوَى أَن تَعْدِلُواْ وَإِن تَلْوُواْ أَوْ تُعْرِضُواْ فَإِنَّ اللّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيراً. النساء : 135.
“Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.” (Qs. An Nisa’: 135)
Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada banyak hadits menegaskan akan hal ini, diantaranya pada hadits berikut:
عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: عليكم بالصدق فإن الصدق يهدي إلى البر وإن البر يهدي إلى الجنة، وما يزال الرجل يصدق ويتحرى الصدق حتى يكتب عند الله صديقا. وإياكم والكذب فإن الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار وما يزال الرجل يكذب ويتحرى الكذب حتى يكتب عند الله كذابا. متفق عليه
Dari sahabat Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu ia menturkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Hendaknya kalian senantiasa berbuat jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan membimbing kepada kebaikan, dan sesungguhnya kebaikan akan membimbing kepada surga, dan senantiasa seseorang itu berbuat kejujuran dan senantiasa berusaha berbuat jujur, hingga akhirnya ditulis disisi Allah sebagai orang yang (shiddiq) jujur. Dan berhati-hatilah kalian dari perbuatan, karena sesungguhnya kedustaan akan membimbing kepada kejahatan, dan sesungguhnya kejahatan akan membimbing kepada neraka. Dan senantiasa seseorang berbuat dusta dan berupaya untuk berdusta hingga akhirnya ditulis di sisi Allah sebagai pendusta.” (Muttafaqun ‘alaih)
Sehingga tidak heran bila syari’at Islam menjadikan hal ini sebagai salah satu prinsip hidup umat manusia, tanpa terkecuali dalam perniagaan. Pada suatu hari, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan para sahabatnya yang sedang menjalankan perniagaan di pasar:
يا معشر التجار! فاستجابوا لرسول الله صلى الله عليه و سلم ورفعوا أعناقهم وأبصارهم إليه، فقال: إن التجار يبعثون يوم القيامة فجارا، إلا من اتقى الله وبر وصدق. رواه الترمذي وابن حبان والحاكم وصححه الألباني
“Wahai para pedagang!" Maka mereka memperhatikan seruan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mereka menengadahkan leher dan pandangan mereka kepada beliau. Lalu beliau bersabda: “Sesungguhnya para pedagang akan dibangkitkan kelak pada hari qiyamat sebagai orang-orang fajir (jahat) kecuali pedagang yang bertaqwa kepada Allah, berbuat baik dan berlaku jujur.” (Riwayat At Timizy, Ibnu Hibban, Al Hakim dan dishahihkan oleh Al Albany)
Al Qadhi ‘Iyadh menjelaskan hadits ini dengan berkata: “Karena kebiasaan para pedagang adalah menipu dalam perniagaan, dan amat berambisi untuk menjual barang dagangannya dengan segala cara yang dapat mereka lakukan diantaranya dengan sumpah palsu dan yang serupa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memvonis mereka sebagai orang-orang jahat (fajir), dan beliau mengecualikan dari vonis ini para pedagang yang senantiasa menghindari hal-hal yang diharamkan, senantiasa memenuhi sumpahnya dan senantiasa jujur dalam setiap ucapannya.” (Dinukilkan oleh Al Mubarakfuri dalam kitabnya Tuhfatul Ahwazy 4/336)
Bila demikian adanya, maka sudah sepantasnya bagi anda, untuk senantiasa mengindahkan prinsip ini dalam perniagaan anda, dan bahkan dalam segala aspek kehidupan anda. Hanya dengan cara inilah, kehidupan anda akan diberkahi.
عن حكيم بن حزام رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم قال: البيعان بالخيار ما لم يتفرقا، فإن صدقا وبينا بورك لهما في بيعهما، وإن كذبا وكتما محقت بركة بيعهما. متفق عليه
“Dari sahabat Hakim bin Hizam radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Kedua orang penjual dan pembeli masing-masing memiliki hak pilih selama keduanya belum berpisah, bila keduanya berlaku jujur dan menjelaskan, maka akan diberkahi untuk mereka penjualannya, dan bila mereka berlaku dusta dan saling menutup-nutupi, niscaya akan dihapuskan keberkahan penjualannya.” (Muttafaqun ‘alaih)
( Sumber: http://pengusahamuslim.com/di-balik-...#8230;/… )
Pesan untuk saudaraku muslim dan non muslim. Pelajarilah semua hal tentang produk yang akan anda pasarkan. Dari segala aspek. Baik kandungannya, komposisinya, kandunganya, jelas terdaftar sesuai peraturan yang berlaku. Dan yang paling penting berniagalah dengan kejujuran. Katakan apa sesungguhnya yang anda jual. Tanpa testimoni belakang.
NB: JIKA TULISAN SAYA HILANG HANYA ADA DUA KEMUNGKINAN
1. DILAPORKAN KE OM MARK SECARA BERJAMAAH OLEH MEMBER MOMENT (BISA ANDA ARTIKAN SENDIRI)
2. DIHACK OLEH SALAH SATU ORANG PENTING DIMOMENT
Ajining dhiri dumunung ing kedhaling lathi

Terima kasih kepada Mbak Ermasari Susanti atas bantuan tentang hadits dan juga ulasannya yg saya sadur di atas

---------- Post added at 16:53 ---------- Previous post was at 16:51 ----------

Komentar mohon tidak quote ya.. artikelnya panjang

---------- Post added at 17:04 ---------- Previous post was at 16:53 ----------

Berikut adalah email yang saya kirimkan kepada BPOM terkait dengan kelima produk Moment: Propolis, Glucogen, Teragen, Slimmer dan Coffee.
Saya mempertanyakan tentang:
1. Kepatutan meneteskan propolis ke mata dengan menyebutkan klaim yang digaungkan oleh pihak Moment bahwa: karena propolis mereka bebas alkohol dan lilin/wax; maka boleh/aman diteteskan ke mata.
Jawaban BPOM: TIDAK BOLEH.
2. Klaim bahwa Glucogen, Teragen yang dinyatakan dapat mencerahkan hingga memberi efek kulit menjadi putih.
Jawaban BPOM: TIDAK BENAR DAN TIDAK BOLEH DINYATAKAN DEMIKIAN.
3. Klaim Slimmer dapat menguruskan tubuh yang justru dikatakan tidak boleh dinyatakan demikian.
Jawaban BPOM: TIDAK BOLEH DINYATAKAN DAPAT MELANGSINGKAN.
4. Keberadaan produk Coffee yang sudah beredar luas.
Jawaban BPOM: BELUM MEMILIKI IZIN BPOM.
Ini fakta ya..
Bukan sok tahu, asal bunyi, negative thinking, dan bukan sok ahli. Yang mementahkan semua klaim Moment adalah badan pengawas kepanjangan tangan pemerintah.
Enjoy.
Selamat menikmati

Sumber: https://m.facebook.com/groups/157834...86873648230907
 
Thread lain yang berhubungan:
Rabbi Habli Minassholihiin..Sehatkan, Kuatkan dan Lindungilah Kami ya Alloh.. Jadikanlah Kami Golongan Orang yang Bersyukur..Aamiin
  #2  
Old
miatob...
 
Location: Medan
Posts: 258
 
UP
UP
UP

Semoga info ini membuka mata kita supaya jangan asal percaya pada suatu produk yg kita sendiri belum tau pasti.
Apalagi sampai ikut menyebarluaskannya tanpa cek dulu ijin resmi nya, hanya percaya kata2 agen.

Soalnya tetangga saya ibunya ikut MLM obat herbal tien* pas anaknya sakit dia ga bawa berobat malah minumkan anaknya obat herbal.
Lalu anaknya meninggal.
Ternyata anaknya sakit gejala tifus. Bayangkan. Yg seharusnya bisa disembuhkan seandainya dibawa ke dokter.

Jadi jangan sampai kelemahan kita, penyakit kita, dan promil kita dijadikan santapan sama pihak2 yg tidak bertanggung jawab.
Be smart Mom...
 
Keluargaku, surgaku
  #3  
Old
bocism...
 
Posts: 598
 
Up
Up
Thx bunda

*nyimak
 
  #4  
Old
SarahN...
 
Posts: 312
 
Ikutan nyimak ya bunda
 
  #5  
Old
nita f...
 
Location: Salatiga
Posts: 1,248
 
Nyimak dan bantu sundul ya bunda....
"be a smart mommy"
 
there is no greater blessing
than being called MOM
  #6  
Old
ErsyaP...
 
Posts: 554
 
Ikut nyimak bund...
 
  #7  
Old
Chii A...
 
Posts: 663
 


*nyimakkk + up ..

 
((>ˆ▽ˆ)
anna .. 11.10.14
  #8  
Old
prince...
 
Posts: 513
 
sundul bundaa
Up
Up
Up
 
  #9  
Old
Devi R...
 
Posts: 1
 
Bermanfaat sekali bun infonya..
 
  #10  
Old
Nuboya...
 
Location: Salatiga,Jawa Tengah
Posts: 403
 
Up,up,up..

Buat plajaran jg utk diri ndri..
 
Sehat trs dan tmbah pinter y dek Athar..
jgn mles utk trs belajar..
Ayah ma Mamah syg dek Athar.dek Athar smngat Ayah dan Mamah..
  #11  
Old
Martin...
 
Location: Pati-Kudus
Posts: 651
 
U yea.. Up up up..
 
  #12  
Old
madya1...
 
Posts: 176
 
Super sekali...
Up
Up
Up
 
  #13  
Old
ekaviv...
 
Posts: 919
 
up
up
up
 
Nothing to do~
  #14  
Old
calon ...
 
Posts: 7
 
Moment,,,.
namanya ga menjual....
 
  #15  
Old
Ananda...
 
Location: Surabaya
Posts: 1,127
 
Ini produk mlm paling rese abisss..
Membernya kalo ngajakin kata2nya pada kasar..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
moment ROMANTIS -- Ngobrol Apa Saja 28
MOMENT Indonesia -- Area Promosi 0
Moment glucogen -- Ngobrol Apa Saja 8
PROMIL pke produk moment GLUCOGEN n COFFEE MOMENT yuk bun -- Area Promosi 0
promil ala moment -- Kenalan Yuk! 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:59.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com