Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
umminy...   TS 
 
Location: Ciledug, Tangerang
Posts: 12
Default puser/udel my baby girl ko nongol y ?

Bismillaah...

Mau nanya lagi neh bun..mana tau ada yg pernah ngalami juga..
Puser Fatimah anak kami kenapa msh nongol keluar y bun? Padahal udah aq tempelin uang koin yg dilapis kain (kata ortu gitu).

Apalagi klo anak kami ini sering spt ngeden gitu mlhn jd nongol lg tuh puser, kira2 ada hubunganny nda ya rewel dgn puserny yg msh nongol?

Mksh bunda...
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
dwi150...
 
Location: somewhere on earth
Posts: 1,216
 
Waduh, jangan dikasih koin2an bund, takutnya ntar koinnya gak steril malah jadi kenapa2.
Anaknya bunda umur berapa? Dibiarin aja bunda, nanti juga masuk sendiri. Anak saya takbiarin aja pusarnya masuk2 sendiri kok.
Eh tapi nonjol doang kan? Gak berair atau merah2 gitu kan?
 

♡ ㅇㅅㅇ ♡
Let's make this world a better place to live
  #3  
Old
bocism...
 
Posts: 598
 
Saya waktu masih bayi pusernya nongol bund tp udah gede nggak kok. Kalau dr foto sy waktu kecil sampai umur 2 tahun puser sy begitu. Jadi malu nih
 
  #4  
Old
rakunz...
 
Posts: 367
 
Bener bun, kl msh bayi bgt emang nongol. InsyaAllah nanti jg masuk kok. Anak saya jg dl nongol pusernya, skrg umur 4bln ud msk. Betul kt bunda dwi, yg penting kering dan sehat. Gak usah pake koin2 bun, mitos itu. Ati2 sama mitos bun, byk yg dkt dg syirik
 
  #5  
Old
ibu ji...
 
Posts: 34
 
Assalamualaikum... salam kenal bunda.
Semoga artikel ini menmbah pengetahuan bunda tentang kesehatan purti cantik bunda ya...

Betapa senangnya saya ketika anakku lahir dengan selamat, namun kenapa pusarnya bodong? Bagaimana kalau sudah besar nanti?

Pusar bodong seringkali ditemukan pada bayi dan anak-anak. Namun, kondisi ini umumnya tidak mengkhawatirkan, karena bodong dapat rata dengan sendirinya. Istilah kedokteran untuk pusar bodong adalah hernia umbilikalis. Penyebab terjadinya bodong seperti hernia di selangkangan atau testis pada orang dewasa, bahkan di bibir vagina. Sedangkan umbilikalis adalah nama latin untuk pusar.

Pada hernia umbilikalis, dinding usus tidak menutup rapat. Akibatnya, sebagian usus terdorong ke luar masuk melalui lubang tersebut. Sebagian besar menutup sendiri dalam 2 tahun pertama. Namun, kalau sampai umur 4-5 tahun tidak menutup atau terjadi pada saat anak dewasa, sebaiknya dilakukan operasi.

Tanda dan Gejala
Bagaimana terjadinya bodong? Selama berada dalam kandungan, tali pusat melewati lubang kecil di lapisan otot dinding perut bayi. Lubang ini biasanya menutup sebelum bayi lahir. Bila otot tidak berkembang dengan baik, lubang tidak bisa tertutup sempurna. Akibatnya, dapat terjadi hernia baik saat bayi maupun dewasa.

Apakah bisa terjadi pada orang dewasa? Ya. Bakatnya memang sudah ada. Terlalu gemuk, mengangkat barang berat, sering hamil dan lain-lain dapat menyebabkan munculnya hernia pada orang dewasa.

Pada pusar bodong teraba benjolan yang lunak. Diameternya antara 1-5 cm. Semakin kuat anak menangis, pusarnya semakin bodong. Atau jika anak semakin gemuk, perutnya pun membesar sehingga menjadi semakin bodong. Selain itu juga, kalau anak mengedan mau BAB, tonjolannya juga akan semakin besar. Untungnya, hernia jenis ini tidak menyebabkan rasa sakit.

Hernia umbilikalis jarang sekali dioperasi karena sebagian besar dapat sembuh sendiri. Komplikasi bisa terjadi pada 1 persen anak, yaitu keadaan usus terjepit. Bila usus terjepit, benjolan tidak bisa mengempis lagi. Akibatnya, aliran darah terhenti dan usus yang terjepit menjadi rusak. Bayi kelihatan kesakitan, muntah biasanya berwarna hijau, benjolan semakin besar, nyeri, dan berubah warna menjadi pucat atau merah meradang.

Operasi pada beberapa anak perlu dipertimbangkan jika:

Bodong besar sekali
Terjepit, tidak bisa mengecil, nyeri
Menjadi makin besar setelah berumur 1-2 tahun
Tidak hilang sampai umur 4-5 tahun
Omfalokel dan Gastroskisis, jenis benjolan di pusar yang benar-benar berbahaya
Sebenarnya, hampir semua janin berumur 6 minggu mengalami hernia yang besar, dimana usus ke luar melalu cincin umbilikus. Pada umur 10 minggu, usus masuk lagi ke dalam perut bayi dengan posisi yang benar. Kalau seluruh dinding perut tidak menutup, usus akan tampak berada di luar dinding perut. Berbeda dengan hernia umbilikalis yang terbungkus kulit normal, dinding dari benjolan yang berisi usus sangat tipis. Pada separuh kasus, bahkan hati, limpa, testis dapat ikut ke luar. Perut bayi menjadi sangat kecil, karena sebagian besar ususnya ada di luar dinding perut.

Omfalokel adalah kedaan dimana ukuran lubang antara 4-12 cm. Lokasinya dapat tepat di pusar, di atas, atau di bawahnya. Pada 10-20% kasus, omfalokel dapat pecah dalam kandungan atau saat lahir.

Pada gastroskisis, lubang perut berbentuk vertikal sepanjang 5 cm di sebelah kiri pusar, berbeda dengan hernia dan omfalokel yang berada di tengah. Benjolan sering terinfeksi, bengkak dan meradang, tak jarang disertai kelainan usus yang cukup berat. Bayi dengan gastroskisis mudah mengalami kedinginan, dehidrasi, infeksi dan kekurangan gula. Selain itu, berbagai kelainan pada dinding dada, ginjal dan organ lain, kelainan kromosom, dan lain-lain juga sering menyertainya. Kematian terjadi pada 10% kasus karena komplikasi ini. Kedua keadaan ini harus ditolong dengan operasi.

Beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan gastroskisis
Hamil berisiko tinggi, misalnya ibu mengalami infeksi, menggunakan obat-obatan, merokok, dan kelainan genetik. Faktor ini menyebabkan gangguan ari-ari dan lahirnya bayi prematur. Kurang asam folat, kuran
 
  #6  
Old
Dias A...
 
Posts: 2
 
Dear Bunda,

Sy ingin shearing disini, saya sedang hamil dan mengalami omfalokel, apakah ada yg pernah mengalami atau mungkin saudara/teman yg mengalaminya. Mohon shearing ya bund, saya butuh pandangan soal omfalokel ini, sebab kata dokter usus debay mpe keluar.

Terimakasih.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
puser / udel timbul -- Diskusi Umum 21
baby girl qu nongol juga....:) -- Diskusi Umum 20
h2c nunggu calon baby nongol d usg -- Diskusi Umum 2
bunndaaaa sharenya dong soal puser baby... -- Ngobrol Apa Saja 17
infonya bund..bunda2 ƴğ hamil baby girl ataupun ƴğ punya baby girl.. -- Diskusi Umum 16


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com