Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Martin...   TS 
 
Location: Pati-Kudus
Posts: 651
Default Aku dan kakak iparku

Assalamu'alaikun bunda semua..
Sebelumnya saya minta maaf karena thread saya ini tak ada hubungannya dengan kehamilan, dan mungkin akan banyak pula bunda² yg mencibir saya karena saya menyebarkan aib keluarga.
Tapi saya tak tahu lagi kemana harus bercerita sekadar meluapkan rasa sakit hati saya.

Ceritanya begini bund, saya adalah anak terakhir dari dua bersaudara. Kakak saya laki² dan sangat baik+sayang sama saya dan orangtua.
Tapi, semenjak dia menikah, kami merasa semua berubah, dia selalu mementingkan istrinya, semua permintaan istrinya dituruti.
Kami sebenarnya tidak masalah karena toh itu istrinya, cuma saya kasihan sama kakak saya karena dia cm sopir dan harus menuruti gaya hidup istrinya yg menghambur²kan uang hanya untuk nonton jalan² belanja² dll. Di awal pernikahan iparku selalu memaksa kakakku untuk membelikannya mobil (fyi: d rumah ada mobil tua punya ortu), dan karena gak keturutan sekarang dia minta dibuatkan rumah sendiri.

Sebenarnya kami masih tinggal di rumah orangtua. Dan kakak ipar kalo d depanku juga terlihat baik.

Sebenarnya ipar minta rumah udah dari tahun lalu, tapi karena tdk dituruti krn bikin rumah jg gak murah, dia selalu ngambek dan nangis² di depan kakakku. Dan tiap dia habis pergi, dia selalu pulang membawa brosur² perumahan dan sengaja ditaruh di tempat yg bisa orangtuaku lihat.
Orangtuaku jadi stres dan bingung bund, sementara iparku gak mau klo bikin rumahnya nyicil dikit² (udah ada tanah punya ortuku), maunya punya rumah langsung bagus bisa ditempati. Sementara ortu iparku gak ada sedikitpun mau bantu, padahal anaknya seperti itu.

Akhirnya ortuku pun meminjam 100juta dari koperasi dan harus membayar dengan seluruh gaji beliau. Saya kasihan bund dengan orangtua karena sudah tua msh harus nanggung utang sebanyak itu.

Sekarang proses pembangunan rumah kakakku sedang berlangsung.

Dan masalahku dengan ipar adalah, ternyata dia menjelek²kan aku+suami di tetangga² dan saudaraku. Aku baru tahu kemarin waktu tanteku cerita, iparku bilang gini ke tanteku "sebenarnya rumah itu kan buat suamiku, bahkan aku udah dilihatin sertifikat rumahnya. Tapi kok aku lihat dek eva (namaku bun) masih aja tinggal disini ya gak ada niat pindah atau bikin rumah. Ini malah suaminya ikut tinggal disini juga, kan makin rame makin sempit nantinya."
MasyaALLAH bund saya kaget dengernya. Tapi saya gak langsung percaya omongan tante karena takutnya tanteku bohong.
Saya pun crita ke sepupu dan ternyata sepupu juga diomongin persis kayak gitu sama iparku.
Malah sepupuku dimarahi iparku krn belain aku. Sepupuku bilang ke iparku "Lho itu kan rumah orangtua dek eva, y terserah dia lah mau tinggal sampe kapan. Kamu br dua taun disitu udah sok milikin rumah itu. Lagian wajar kali suaminya tinggal disitu, kan bentar lagi dek eva lahiran."
Tp malah sepupuku dimarahin dan iparku ungkit² masalah renovasi rumah yg notabene kakakku masih single dan belum kenal sama dia.

Sejak itu saya jadi yakin klo iparku ternyata bermuka dua bund d hadapanku.
Aku sakit hati bund dengernya, karena kok kayaknya aku seperti benalu di rumah ortuku sendiri, aku kayaknya ngemis tinggal di rumah ini bund. Aku juga kayaknya dimata dia serakah sama harta ortuku, yg padahal di adatku rumah ortu adalah hak anak paling kecil.

Aku memang blm mikir bikin rumah krn kurasa bkn kebutuhan mendesak dan butuh biaya besar.
Lagipula aku mikirnya ini rumah ortuku masa iya ortuku gak suka aku tingal disini.
Makanya aku sedih dan sakit hati bnget bund tau iparku bilang gitu.
Di kehamilanku yg masuk 36w ini justru aku dibuat gak nyaman drumahku sendiri.

Aku harus gimana bund? Apa aku pura² tidak terjadi apa² atau aku langsung ngomongin masalah ini ke iparku? Aku blm crita ke ortuku bund, aku takut mereka makin tambah pikiran.

Sebelumnya terimakasih ya bunda yg mau baca curhatku dan kasih saran. Maaf kalo terlalu berbelit² ceritaku.
Tapi gimanapun juga aku harus tetap semangat dan bahagia seperti bunda² disini.
SEMANGAAAT..!!
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Ulin H...
 
Location: Semarang
Posts: 277
 
insomnia ya bun??? sama kalo gt OOT

Yang pasti bunda jangan cerita ke orangtua atopun mertua soal masalah ini. apalagi orangtua bunda sudah cukup pusing dengan permintaan kakak ipar yang mau rumah itu. cukup bunda dan suami aja yang tau. kalo kakak ipar, cuekin aja bun. toh selama bunda tinggal bareng ma bapak ibu, beliau-beliau tidak keberatan kan. apalagi bunda sekarang sudah hamil tua. kalo tinggal dengan orangtua kan ntar ada yang bantu ngurusin. saya juga anak terakhir dari 2 bersaudara bun dan adat ditempat saya sama kayak ditempatnya bunda, kalo anak terakhir tinggalnya sama orangtua. kakak saya cowok dan belum menikah (malah curhat)

perkataan kakak ipar jangan dimasukin hati bun. toh sodara-sodara bunda juga tahu apa yang bunda lakuin (maksudnya dengan masih tinggal 1 rumah dengan orangtua) gak salah. yg penting sekarang bunda fokus ke debay dulu ja. apalagi dah mau mendekati hpl kan. jangan pikirin hal-hal lain macam kakak ipar bunda itu. bumil itu harus happy gak bole stres
semoga membantu ya bun
 
love si gembil Ibrahim
  #3  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Sebelumnya sy turut bersimpati atas apa yg bunda alami..
Cukup pelik jg ya bun duduk perkaranya, karena sy lihat sudah melibatkan banyak pihak (kakak anda, kakak ipar, ortu anda, n keluarga lain di luar keluarga inti). Apalagi bunda skrg sedang hamil tua, dimana seharusnya bunda n suami hanya memfokuskan perhatian pada kelahiran calon buah hati. Namun skrg malah harus dipusingkan oleh perilaku kakak ipar yg kurang terpuji.
Kalau misalnya sy yg berada di posisi bunda, sy akan keluar dr rumah ortu n hidup bersama keluarga kecil sy. Sy yakin bunda pun mempunyai pikiran yg serupa dg sy. Namun sayangnya hal tsb tidak bisa bunda lakukan karena satu dan lain hal yg membuat bunda "terpaksa" mengurungkan niat bunda tsb.
Karena opsi itu sudah tidak mungkin diambil, maka hanya ada opsi terakhir yg mau ga mau harus bunda jalani. Berupa apakah opsi tsb? Tak lain tak bukan adalah dg "BERTAHAN" bun.. Kuatkan hati, teguhkan pikiran, tabahkan perasaan.. Perluas lg samudra kesabaran bunda supaya bisa menampung n menetralisir "limbah2" yg digelontorkan oleh kakak ipar bunda ke dalam hati bunda..
Jika hati qt hanya sebesar gelas, maka garam sejumput saja akan membuatnya mjd asin.. Namun jika hati qt seluas samudra, maka berjuta2 garam pun tidak akan mampu menjadikannya asin.. Karena dalam hati yg luas akan selalu ada penawar yg mampu meredam timbulnya gelombang emosi yg hanya akan merugikan diri sendiri.. Ingat, ada seorang malaikat mungil yg jauuh lebih berhak mendapatkan perhatian bunda daripada seseorang yg tidak seharusnya bunda pikirkan.. Kemarahan hanya akan menebarkan energi negatif serta menggerogoti diri sendiri.. Jangan buang energi bunda untuk sesuatu yg bahkan tidak penting..
Tetaplah berlaku santun n rendah hati, karena itu yg akan dilihat n dinilai oleh orang lain, bukan dari omongan kakak ipar yg bernada menghasut..
Tetap sabar n semangat ya bunda Eva sayang..
Semoga Allah mengaruniakan samudra kesabaran itu kepada bunda dan segenap keluarga bunda, amin..
 
  #4  
Old
ekaviv...
 
Posts: 919
 
Sabar bunda Eva.
Kalo saya ada di posisi bunda Eva saya diem dulu.
seenggaknya nunggu smpe anak saya lahir dan liat itu sikap ipar berubah gak.
baru setelah itu saya tegur kakak ipar di dpan kakak kandung saya.
maksudnya apa coba udah minta rumah dan dikasih tp msh cumel aja mulutnya.
maaf ya bun. saya bukan tipe penyabar kayak bunda soalnya
kasihan ortu dan kakak bunda dgn kelakuan ipar kayak gitu
dan klo saya jadi bunda, mungkin saya g akan buru2 hidup mandiri dgn suami dan lebih memilih ttp tinggal dgn ortu krn ya kasihan ortu bun. biar ada yg merawat dan menemani mereka.
 
Nothing to do~
  #5  
Old
Juwita...
 
Location: Medan
Posts: 395
 
numpang nyimak ya bund...
kasus bunda hampir sama dengan kasusku, tpi ini berkaitan dengan mertua dan kakak iparku (kandung)....
untungnya kami tidak tinggal sekota apalagi serumah...
saya emang agak mudah menyelesaikan masalah ini krna kami gak ketemu, beda dengan bunda yg tiap hari harus ketemu....


saya hanya bisa bilang SABAR bund...
fokus aja ke dedek bayi ya bund...
kasihan si dedeknya klo bundanya sedih


keep smiling....
 
I am the best wife
and I will be the best mom, too
  #6  
Old
noenap...
 
Posts: 2,108
 
Replying to: View Post
Sabar bunda Eva.
Kalo saya ada di posisi bunda Eva saya diem dulu.
seenggaknya nunggu smpe anak saya lahir dan liat itu sikap ipar berubah gak.
baru setelah itu saya tegur kakak ipar di dpan kakak kandung saya.
maksudnya apa coba udah minta rumah dan dikasih tp msh cumel aja mulutnya.
maaf ya bun. saya bukan tipe penyabar kayak bunda soalnya
kasihan ortu dan kakak bunda dgn kelakuan ipar kayak gitu
dan klo saya jadi bunda, mungkin saya g akan buru2 hidup mandiri dgn suami dan lebih memilih ttp tinggal dgn ortu krn ya kasihan ortu bun. biar ada yg merawat dan menemani mereka.
Mirip2 sama saya. Kl sy dlm posisi itu, saya tunggu sampai lahiran. Kl masih juga seperti itu saya labrak aja. Hmmm sy memposisikan diri sy juga sbg seorang istri, jd kayaknya ipar bunda uda tll melebar kemana2 yg sbnrnya bukan kapasitas dia. Gerammm. Apalagi meninggalkan ortu untuk hidup dgn menantu seperti itu?kasihan ortu saya.
Tapi, kl bunda mw bersabar tentu lebih baik drpd jd seperti saya
 
"Robbi Hablii Minash Shoolihiin" (QS: Asy Syafaat 100)
"Rabbi La Tadzarni Fardan Wa Anta Khairul Waaritsin" (QS: Al-Anbiya 89)
"Rabbi Habli Minladunka Dzurriyatan Thayyibah Innaka Sami'ud du'a 'i" (QS: Ali Imran 38)

  #7  
Old
unacha...
 
Posts: 409
 
Yang aneh tuh kakaknya bunda. Harusnya bisa tegas ngedidik istri.
Kalo aku mah tak suruh aja tante n sepupu tuk diam2 rekam pas dia ngomongin aku. Kalo makin ngelunjak bilangin aja ke orang2. Ada buktinya ini. Aku bukan orang baik hati yg penyabar sih
 
  #8  
Old
ekaviv...
 
Posts: 919
 
Replying to: View Post
Mirip2 sama saya. Kl sy dlm posisi itu, saya tunggu sampai lahiran. Kl masih juga seperti itu saya labrak aja. Hmmm sy memposisikan diri sy juga sbg seorang istri, jd kayaknya ipar bunda uda tll melebar kemana2 yg sbnrnya bukan kapasitas dia. Gerammm. Apalagi meninggalkan ortu untuk hidup dgn menantu seperti itu?kasihan ortu saya.
Tapi, kl bunda mw bersabar tentu lebih baik drpd jd seperti saya
Iya bun saya geregetan sendiri denger cerita bunda Eva
Kasihan orang tua dan kakak kandung krn ulah ipar kayak gitu.
tapi bun Eva bersabar lebih baik
semangat bun.
 
Nothing to do~
  #9  
Old
miatob...
 
Location: Medan
Posts: 258
 
Bund rumah kakak kan lagi dibangun nih, jadi sebentar lagi mereka bakalan pindah ke rumah baru mereka dong?
Yaudah bunda tinggal di rumah orangtua bunda aja.
Lagian wajar dong tinggal di rumah ortu.... kan bunda lagi hamil tua??
Biarkan aja kakak ipar mau gimana.
Itu udah karakter ga bisa diubah. Capek kita meladenin orang seperti itu.
Nikmatin aja hidup bunda dgn sebaik2nya.
 
Keluargaku, surgaku
  #10  
Old
moetzi...
 
Posts: 590
 
kl aku tipe yg suka maen labrak bund, apalagi kl udh jelas masalahnya dan kita bener. Biar sm2 lega, g enak tgl brg tp ngganjel. jd masalahnya bs cpt slsai
 
  #11  
Old
Martin...   TS 
 
Location: Pati-Kudus
Posts: 651
 
@ bunda ulin: bkn insomnia bund, si dedek tiap jam segitu memang ngajakin bangun. Heheeee..
Iya bund, saya akan berusaha menutupi ini dari orangtua.
Saya gak mau orangtua jadi kepikiran.
Saya juga gak mau dedek yg di perut ikut sedih, measki sulit untuk gak sedih. Terimakasih bunda..


@ bunda rikha: astaghfirullah.. Bunda rikha benar, saya harus lbh sabar lagi. Jangan terpancing emosi dan rasa sakit hati.
Ada mlaikat di perutku yg harusnya tak buatnya sedih.
Saya harus bisa bertahan setidaknya sampai rumah yg ipar inginkan jadi, dan dia pindah dr rumah ini.
Terimakasih bunda rikha, telah membuka mata hati saya..


@ bunda eka: saya maunya juga menegur bund, tp saya gak mau nyakitin kakak saya, dan menambah pikiran ortu.
Saya akan bertahan sampai dia pindah bund.
Doakan saya sabar ya bund..


@ bunda juwita: iya bund tiap hari hrs ketemu, meski cm ketmu tiap malam karena klo pagi dia bangunnya jam 8an dan saya sudah berangkat kerja. Selebihnya saya bisa di kamar terus aja bunda biar gak sering ketemu.

@ bunda noena: saya akan bertahan bund, saya gak mau ninggalin ortu, biar dia mau bilang apa lagi ke tetangga dan saudara. Yg penting saya gak seperti yg dia bilang.


@ bunda unachan: saya jg gak tau knp kakak jd berubah bund. Padahal dulu dia sayang bgt sm ortu+saya.
Tp semenjak menikah mlah selalu menambah beban pikiran ortu krn permintaan² istrinya.
Keluarga jg heran dgn perubahan sikapnya.
Mungkin krn kakakku orangnya gak tegaan jadi selalu nurutin istrinya kalo lagi ngambek/nangis.


Bunda semua terimakasih ya, untuk saran² yg diberikan.
Rasanya saya jd sedikit lega krn ada keluarga di forum ini yg mau mendengar keluh kesah saya.
Sekali lagi terimakasih bunda.

---------- Post added at 12:12 ---------- Previous post was at 12:07 ----------

Replying to: View Post
Bund rumah kakak kan lagi dibangun nih, jadi sebentar lagi mereka bakalan pindah ke rumah baru mereka dong?
Yaudah bunda tinggal di rumah orangtua bunda aja.
Lagian wajar dong tinggal di rumah ortu.... kan bunda lagi hamil tua??
Biarkan aja kakak ipar mau gimana.
Itu udah karakter ga bisa diubah. Capek kita meladenin orang seperti itu.
Nikmatin aja hidup bunda dgn sebaik2nya.
Iya bunda.. Untuk itu saya bertahan bunda..
Saya gak mau ninggalin ortu bund siapa yg rawat orangtua nanti.
Saya gak percaya sm ipar, ini ortu msh sehat aja dia gitu.
Meski mertua jg nawarin bikin rumah tp di kota lain krn mertua di kota lain, tp saya lbh ingin sama ortu bund, karena mertua jg udah ada temennya yaitu adiknya suami.
Muli sekarang saya akan mensugesti diri sendiri dengan selalu tersenyum bund.
Biar dedek gak sedih..

---------- Post added at 12:15 ---------- Previous post was at 12:12 ----------

Replying to: View Post
kl aku tipe yg suka maen labrak bund, apalagi kl udh jelas masalahnya dan kita bener. Biar sm2 lega, g enak tgl brg tp ngganjel. jd masalahnya bs cpt slsai
Dalam hati sih pingiiiin bgt marah² bund, krn saya bkn nabi yg kesabarannya ekstra mesti udah diludahin.
Tp balik lg saya gak ingin nyakitin kakak dan nambah pikiran orangtua bund.
Yg penting tetangga dan saudara tahu mana yg benar.
 
  #12  
Old
ekaviv...
 
Posts: 919
 
Salut bgt sm kesabaran bunda.
Biarin aja bun.
Doakan semoga dia sadar dan tau diri.
Yang penting bunda dan debay sehat, selamat.
Bunda curhat di forum gini jadi pelajaran tersendiri buat saya.
Saya ga punya kakak ipar sih. krn suami saya anak pertama. saya jg anak pertama.
kalau adik ipar ada. adik suami cowok tp blm menikah
jadi belajar gmn caranya ngadepin orang dgn karakter gitu.
Semangat ya bunda. Sehat terus sm debaynya!
nanti share ya klo udah launching
 
Nothing to do~
  #13  
Old
Martin...   TS 
 
Location: Pati-Kudus
Posts: 651
 
Replying to: View Post
Salut bgt sm kesabaran bunda.
Biarin aja bun.
Doakan semoga dia sadar dan tau diri.
Yang penting bunda dan debay sehat, selamat.
Bunda curhat di forum gini jadi pelajaran tersendiri buat saya.
Saya ga punya kakak ipar sih. krn suami saya anak pertama. saya jg anak pertama.
kalau adik ipar ada. adik suami cowok tp blm menikah
jadi belajar gmn caranya ngadepin orang dgn karakter gitu.
Semangat ya bunda. Sehat terus sm debaynya!
nanti share ya klo udah launching
Wah.. Saya manusia biasa bund.. Masih jauh dr sabaaarrr.. Heheee..
Iya bunda aku slalu doain kakak+ipar klo abis sholat..
Gimana jg kan kakak+ipar satu²nya, aku pinginnya rukun..
Gpp klo misal di belakang gak suka sama aku yg penting d depan msh bersikap baik.
Aku aja yg harus lbh ngerti dan pura² gak ada apa².
Mudah²an setelah dapet rumah baru yg dia impikan, ipar jadi berubah dan betul² baik sm ortu, aku, suami, dan anakku.. Aamiin..
Makaih y bunda buat supportnya..
Minta doanya mudah²an persalinanku lancar, aku+dedek sehat selamat tanpa kurang suatu apa. Aamiin..
Terimakasih bunda eka..
 
  #14  
Old
Bundan...
 
Posts: 17
 
Itukan rumah ortu bunda jadi hak bunda dong tinggal disitu...selama ortu bunda ga keberatan ya cuekin aja...kok saya yg jadi greget...lagian dia kan udh dibikinin rumah ya sudah donkk...
 
  #15  
Old
Martin...   TS 
 
Location: Pati-Kudus
Posts: 651
 
Replying to: View Post
Itukan rumah ortu bunda jadi hak bunda dong tinggal disitu...selama ortu bunda ga keberatan ya cuekin aja...kok saya yg jadi greget...lagian dia kan udh dibikinin rumah ya sudah donkk...
Iya bunda.. Ipar masih tinggal d rumah ortuku sampai rumah barunya jadi..
Jadi selama itu saya kan bertahan bunda..
Mudah²an kuat.. Aamiin..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
kaka iparku beLum hamiL ?? -- Diskusi Umum 5
Kakak ipar 4 bulan , kakak kandung 7 bulan -- Ngobrol Apa Saja 17
Apakah ini janin adik iparku???????????? -- Ngobrol Apa Saja 101
adik iparku kok gini.. -- Ngobrol Apa Saja 8
kakak iparku yg belum beruntung -- Ngobrol Apa Saja 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 14:19.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com