Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Bunda ...   TS 
 
Posts: 48
Post Anakku lupa mamanya

Pagi Bunda semua,

Saya curhat disini karena ga tau musti curhat dimana lagi, mungkin bunda disini ada yang punya pengalaman yang sama dengan saya, mohon masukan & sarannya.

Saya baru saja melahirkan anak ke-2 ( laki2), masuk RS kurang lebih seminggu baru boleh pulang ke rumah, krn caesar. Sekarang bayi saya umur 14 hari.

Anak ke-1 saya juga laki2, umurnya 1 tahun 7 bulan, awalnya dia sangat dekat dengan saya.

Sampai saat mau lahiran, dia terpaksa diasuh mertua ( laki & perempuan ) ( tidur malam, juga dengan mrk di kamar mrk, seharian dijaga mereka, krn saya tidak ada)
Mrk tinggal di lantai 1, sedangkan saya di lantai 2.

Suami menemani saya di RS setiap malam , paginya pulang ke rumah ambil baju, mandi dll, lalu kembali lagi ke RS, orang tua kandung saya tidak bisa datang karena mrk juga ada keperluan mendadak.

Sampai saat saya diperbolehkan pulang, saya bertemu dengan anak saya, dia tidak mengenali saya lagi, sikapnya dingin, cuek waktu melihat saya.
Sudah tidak lagi mencari saya, tidak lagi bermanja2 & minta gendong dengan saya.

Suami pun tau perubahan sikap anak saya terhadap saya.
Mertua juga melarang saya dekat2 dengan anak saya dengan alasan: luka bekas ceasar belum sembuh.

Saya sangat sedih Bunda, anak yg saya kandung, lahirkan , rawat & besarkan selama ini tidak lagi mengingat saya sebagai mamanya.
Sikapnya dingin, cuek, tidak peduli lagi.
Dia kini lebih dekat dengan kakek neneknya, sudah tidak lagi mencari saya mamanya.

Bahkan mertua saya bilang dengan bangganya di depan semua orang, " ini anak nya udah ga nyari mamanya lagi nih"

Ya ampun Bunda, saya dengarnya nyesek & sakit rasanya, cuman bisa menahan air mata supaya tidak jatuh di dpn mereka smw. Bagaimana mungkin bisa begitu ??
Hubungan ibu dan anak dipisahkan dengan hadirnya mereka.
Anak saya tidak mengenali saya sebagai mamanya lagi.

Mertua juga sebenarnya baik terhadap saya, cuman mereka terlalu over posesif terhadap cucu nya ini & ingin menguasai anak saya ( dirawat sndiri oleh mereka ), karena cucu pertama laki2 yg sangat diharapkan oleh mereka. Dia diberi berbagai macam mainan, makanan, sepatu, baju dll, dimanja oleh kakek neneknya.

Sebenarnya saya tidak masalah dia dijaga mereka, asal jangan melupakan saya sebagai mamanya, rasanya sakit sekali, hanya dalam waktu seminggu, bukan sebulan atau setahun tidak bertemu, bisa berubah drastis.

Saya hanya bisa diam & melihat nya dari kejauhan saja, ingin rasanya memeluknya, menciumnya, menggendongnya kembali spt waktu dulu.

Saya skrg fokus menjaga si kecil & masih menjalani masa nifas.

Adakah bunda-bunda disini mempunyai pengalaman yang sama seperti saya?

Terima kasih sudah mendengarkan curhatan saya.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
fdHiLa...
 
Location: Depok
Posts: 2,904
 
Mungkin anaknya cemburu krn selama bunda di RS, pikiran dia kan bunda lbh perhatian sama adekbya drpd sama dia.
Hal yg umun kya gt klo anak masi kecil trus pnya adek lg.
Jgnkan kakak adek gitu, ponakan saya jg gitu, begitu saya lahiran, dia cemburu krn merasa saya ud g sayang lg ma dia jd tingkahnya mcm2 sampe ke nakalin anak saya
Trus mgkn jg krn mertua pgn nguasain itu, ada sedikit "kompor" ke anak laki2 bunda, jd udah mah cemburu, tambah jauh lagi.
Coba di deketin pelan2, tunjukin klo bunda bkn cm peduli sama adeknya tp sama dia juga.
Misal klo bunda lg ganti popok atau mandiin si adek, libatkan kk nya jg, jd dia merasa dibutuhkan, dipeduliin. Dibutuhkan bkn brarti kita nyuruh2 dia.
Misal klo saya lg gnti popok atau makein baju si adek, ponakan saya ajak ke kamar jg sambil ngobrol "popok/baju dedek mana ya mas? Liat gak? Ayo pinter bisa cari gak?" Pdhl tu baju atau popok ada dpn mata udah kita siapin. Tp lama2 malah klo saya ngmg adek pipis/pup/mau mandi, mereka sibuk nyiapin baju dan segala macemnya tanpa disuruh

Nah skrg walaupun masi cemburu tp ud g separah dulu lagi krn dia merasa masi dibutuhkan, dipeduliin ma kita
Fyi, ponakan ini skrg ud jd 3 anak saya jg krn ibunya meninggal juli kmrn sblm saya lahiran.
Jd pastinya dia ngerasa sblm ada si adek, saya perhatian full ke mrk tp stlh ada si adek kok malah beda
 
  #3  
Old
ErsyaP...
 
Posts: 554
 
Ambil yang positifnya aja bunda, mungkin aja anak pertama bunda punya naluri peduli terhadap bundanya dan adek kecilnya. Jadi dia ga mau ngerepotin bunda dulu biar bundanya ga double capeknya karena harus ngurusin si kakak dan adeknya sekaligus..
Trus kalo anak seumuran anak pertama bunda ditinggal beberapa hari emang anak kadang lupa bahkan cenderung lebih akrab sama yang ngerawat dia tiap hari.
Kaya temen kerjaku dulu, jadi ceritanya dia LDRan sama istrinya, biasanya baru bisa cuti per 2 bulan sekali.
Jadi tiap kali cuti kalo pertama ketemu anaknya pasti anaknya takut dan ga berani deket2 sama temenku itu trus tu anak manggil dia om
Nah pas anaknya udah umur 3,5 tahun lebih dia udah ngerti, jadi tiap kali temenku cuti tu anak udah manja2an deh sama temenku itu...
 
  #4  
Old
Chii A...
 
Posts: 663
 
Bun..
Ada emg anak yg bgtu,bgtu dy ud dksh apa yg dy mw,dy ud merasa nyaman+dimanjain gt yy dy bkL cuek sm org skLLg nya bhkn mma nya sndr,wjr jg anak bnd msh kcL+bLm ngrt..nt kL dy sdh gede jg bkL nempeL trs sm bunda..
ApaLagi mertua bunda baik,gmn* jg nt bkLn jd miLik bnd seutuhnya,ambL hikmahnya aja,mgkn skrg bnd emg bnr* hrs dfokuskan sm si keciL.
 
  #5  
Old
Juwita...
 
Location: Medan
Posts: 395
 
bunda jgn sedih ya, kan baru melahirkan... nanti lama pulihnya loh karena kepikiran itu...
aku ada pengalaman bund, tpi bukan aku mamanya, tapi aku yg jagain anaknya kakak ipar

selama dia sama saya, dia jadi lupa sama mama bahkan sama papa yg sebenarnya menemuinya tiap sore...
ada beberapa kemungkinan kenapa si anak begitu
1. bentuk protes karena merasa tidak diperhatikan, so ketika kita mendekat, dia agak jual2 mahal supaya si ayah dan ibu juga merasakan apa yg dia rasakan ketika dia gak bersama mereka
2. sudah biasa tanpa ayah dan ibu, dia pasti sudah berusaha keras untuk tidak tergantung kepada ayah dan ibunya, so ketika dia berhasil, dia akan menikmatinya dulu


tapi bunda jangan khawatir, itu hanya bersifat sementara saja... gak akan selamanya... karena ikatan batin antara ibu dan anak itu sangat kuat, suamiku yg kenal ibu dan ayah kandungnya setelah 17 tahun aja bisa benar2 dekat sama ayah dan ibunya bahkan sejak kecil dia sudah sadar kalau nalurinya mengatakan bahwa dia bukanlah anak org tua yg merawatnya selama ini...


soal kata2 mertua bahwa si kakak gak nyari2 ibunya lagi, coba ambil positifnya bund...
untuk sementara gpp si kakak gak nyari2 bunda karena emang bunda butuh istrahat total pasca melahirkan... kalau dia manja2 sama bunda.. minta2 gendong, dll, yg ada nantinya bunda yg kerepotan, kan bekas jahitan msh basah.. ditambah lagi bunda bisa fokus urus si dedek dulu...


so, keep positive thinking ya bund...
dia akan kembali lagi ke pelukan bunda... gak lama lagi...

ok...
kiss kiss buat dua malaikat bunda
 
I am the best wife
and I will be the best mom, too
  #6  
Old
nur ha...
 
Posts: 249
 
bner kata bunda2 disini bunda yaya. ambil positif nya aja. mertua bilang blum boleh dket2 si kaka krna memang luka scar kan emng agak lama sembuhnya.jadi biar bner2 kering dulu baru boleh gendong kaka.

manfaatkan aj skarang buat fokus k pemulihan bunda sama buat si ade yg masih butuh perhatian extra dari bunda.

si kaka juga pelan2 nanti dket lagi ko sama bundanya.
 
  #7  
Old
Bunda ...   TS 
 
Posts: 48
 
Maaf bunda tidak bisa dibalas satu persatu,

Terima kasih bunda-bunda untuk smw comment, saran, nasihat, perhatian, sharing pengalamannya, benar2 membuka mata saya, iyaa saya sadar , saya akan lebih fokus dalam mengurus si kecil & pemulihan luka bekas operasi ini dulu.

Terima kasih bunda-bunda smw yang sudah berkenan memberi saya masukan.
 
  #8  
Old
nur ha...
 
Posts: 249
 
sama2 bunda. salam kenal yaaa...
smoga smua sgera membaik ya bunda
 
  #9  
Old
Martin...
 
Location: Pati-Kudus
Posts: 651
 
Ambil positifnya aja bund..
Justru bund jd bisa lbh fokus ke si kecil dan pemulihan kondisi bunda pasca sc..
Mungkin si kakak ngerasa dia udh gede dah punya adek jd berusaha buat mandiri..
Lagian jg ada kakek neneknya..
Nanti lama² jg si kakak seperti biasa bund..
Main² sm adeknya..
Justru bunda bisa tenang karena mertua benar² membantu bunda merawat si kakak..
 
  #10  
Old
bundan...
 
Posts: 468
 
anak pertama sy sm anak kedua sy selisih 18bln&lahir caesar dua2nya, wkt sy mlahirkan si adek sy titipkan dirumah ibu sy (cm bkn ibu sy yg asuh krn beliau pd saat itu skt *skrg sdh almarhum*), pas sy plg dr RS dia kaget, ga trllu dkt juga dg sy, dktnya dg abuyyahnya (ayahnya), mertua sy sdh meninggal&ibu sy sndr sprt yg sy blg beliau skt, jd sy sgt kerepotan skali, wlopun dibantu suami ttp aja repot (ngurus 2 anak&ibu yg skt, sdr2 sy tgglnya jauh2 smua bunda), trlebih abis caesar sy yg kedua sy sering skt2an&sy iri melihat org2 yg msh pny mertua&ibu yg sht, jd bunda disyukuri aja pny mertua yg mau ngurusi si kk', mertua 'pamer kdkatan dg cucu' mgkn saking bangganya (dr pd ga syg sm cucunya, kdg kan ada tuh yg curhat "mertua lbh syg sm anaknya ipar dr pd anakku"), berpikir positif aja klo soal mertua, bunda fokus ngerawat lukanya dlu smntara, klo si kk' mnrt sy nnt juga akan terbiasa lg, anak sy juga bgitu kok dlu bunda, cm bth wkt aja (nmnya juga anak2, klo udh trlanjur dkt mmg sulit dipisah tp nnt juga lengket lg ke bundanya, tggl qt rayu2 aja hehe)
maaf klo komennya ga mutu ya bunda, sy cm pgn bunda relaks aja, bersyukur bgt pkknya mertua syg cucunya, &yakin si kk' nnt bakalan balik lg lengket sm bundanya..
 
yaa kariiman yaa rohiiman jud wa'ajjil bilmathoolib
  #11  
Old
susy c...
 
Posts: 351
 
Bund maaf klo saran saya kurang masuk akal...
Dulu kakak saya jg gtu bund...
Jarak anak pertama dgn kedua dekat.
Trus sejak anak kedua lahir, si abangan nangis mulu... Gak mau liat mama nya.
Disuruh cium adiknya dia pukul pdhal masih merah...
Gara gara tidur sm neneknya..(mertua)
Kakak saya gak pernah lagi liat si abangan...
Kakak saya sampe nangisss.Trus diblg mertuanya " udah ngapain nangis, kalian sih dekat bgt jarak anaknya"...

Akhirnya sm mama saya dikasih telur ayam kampung setengah masak. Satu butir dibagi 3, sama kakak saya, anak pertamanya, dan anak keduanya yg baru lahir... Setlah itu gak lama si abang dekat bgt sm siadek, trus sm mama nya dia jd tambah dekat.... Bgitu bund..ua
 
  #12  
Old
Bunda ...   TS 
 
Posts: 48
 
Maaf bunda tidak bisa dibalas satu persatu comentnya,

Untuk Bunda semua, terima kasih saran, masukan, nasihat & sharingnya.
Saya akan coba saran & nasihatnya.

Terima kasih Bunda smw untuk kepedulian & perhatiannya.
 
  #13  
Old
derick...
 
Posts: 5,797
 
Replying to: View Post
Bund maaf klo saran saya kurang masuk akal...
Dulu kakak saya jg gtu bund...
Jarak anak pertama dgn kedua dekat.
Trus sejak anak kedua lahir, si abangan nangis mulu... Gak mau liat mama nya.
Disuruh cium adiknya dia pukul pdhal masih merah...
Gara gara tidur sm neneknya..(mertua)
Kakak saya gak pernah lagi liat si abangan...
Kakak saya sampe nangisss.Trus diblg mertuanya " udah ngapain nangis, kalian sih dekat bgt jarak anaknya"...

Akhirnya sm mama saya dikasih telur ayam kampung setengah masak. Satu butir dibagi 3, sama kakak saya, anak pertamanya, dan anak keduanya yg baru lahir... Setlah itu gak lama si abang dekat bgt sm siadek, trus sm mama nya dia jd tambah dekat.... Bgitu bund..ua
maaf ya, saya ikutan di trit bunda yaya
ini mksdnya gmn bun ?
telur ayam kampung biasa ato telur ayam kampung yg udah didoa2 gitu ?
 
Budayakan menggunakan kolom SEARCH
  #14  
Old
susy c...
 
Posts: 351
 
Telur ayam kampung biasa bund....
aku jg kurang tau knp bisa manjur.
Krn aku yg kasih tau kakak aku, sblumnya aku tau dari teman kantor ku....
Aku cerita sama dia.
Trus dia blg coba kasih telur ayam kampung stgah matang dibagi 3 smmereka. Aku dulu juga gtu dikasih tau sm mamaku.
Trus wktu aku bilang ke kakak ku, ada saudara yg pas lg berkunjung dengarin aku ngomong gtu..
Lgsg diblg " iya iya kasih gtu, biar dekat abang sm adek nya sm mamanya juga".

Gtu bund...
 
  #15  
Old
derick...
 
Posts: 5,797
 
Replying to: View Post
Telur ayam kampung biasa bund....
aku jg kurang tau knp bisa manjur.
Krn aku yg kasih tau kakak aku, sblumnya aku tau dari teman kantor ku....
Aku cerita sama dia.
Trus dia blg coba kasih telur ayam kampung stgah matang dibagi 3 smmereka. Aku dulu juga gtu dikasih tau sm mamaku.
Trus wktu aku bilang ke kakak ku, ada saudara yg pas lg berkunjung dengarin aku ngomong gtu..
Lgsg diblg " iya iya kasih gtu, biar dekat abang sm adek nya sm mamanya juga".

Gtu bund...
oke #noted
soalnya saya jg termasuk ibu2 yg lahirin jaraknya dekat
anak saya yg pertama umur 13bulan . skrg saya hamil 7bulan
jd ya kira2 nanti selisihnya ga ada 2th sm kakaknya
dan yg saya takutkan seperti kejadian Bunda Yaya, si kakak cemburu sm adeknya
jd ga pake doa2 gitu ya ?
telur ayam kampung biasa dimasak stgh matang trus dibagi 3
makasi banyak infonya bunda
 
Budayakan menggunakan kolom SEARCH
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
ini bawaan hamil ap emg mamanya yg cegeng... -- Diskusi Umum 10
anak itu mengikuti mamanya saat hamil -- Ngobrol Apa Saja 0
kenapa debay 4m klo digendong mamanya tambah nangis..hikz -- Ngobrol Apa Saja 3
lupa rasanya tidur nyenyak , lupa rasanya makan enak :( -- Ngobrol Apa Saja 47
Baby lahir karena mamanya batuk... -- Ngobrol Apa Saja 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:32.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com