Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
ratna6...   TS 
 
Posts: 36
Default ijin curhat

Halo bunda semua..ada ga bunda disini yang tinggal sama mertua?bagaimana menghadapi masalah dengan mertua?
saya salah satu yg tinggal dengan mertua sejak awal menikah,usia pernikahan saya sudah 1 tahun lebih..awalnya hubungan cukup harmonis..tp sekarang saya agak sebel dan mengurangi komunikasi dengan mertua..mertua saya tinggal mertua perempuan,suami saya 2 bersaudara dia anak laki2 satu2nya..dulunya mertua saya cukup perhatian dan kalau diingat2 cukup baik dengan saya,beliau tidak mengijinkan saya bekerja berat di rumah karena saya pernah keguguran 2x..namun akhir2 ini saya merasa iri (mungkin sudah lama sebal tp masih bisa dipendam,kalau sekarang sudah meledak) karena mertua saya setiap kakak ipar saya memiliki pacar pasti dia sikapnya berlebihan dan mencurahkan seluruh kasih sayangnya ke pacar kakak ipar saya..kakak ipar saya belum menikah,sebenarnya mereka berencana menikah tahun depan tapi didesak mertua saya agar secepatnya pdhl mereka baru kenal januari dan februari baru pacaran..mertua suruh menikah maret tp akhirnya kesepakatan september..yg saya sebal mertua pilih kasih sekali contohnya ketika itu saya membelikan kalung emas karena mertua ultah tp mertua malah lupa siapa yang memberi (pernah tanya didepan saya ini kalung dr mana ya kok lupa,kayaknya dulu dari papa) pdhl saya belikan dengan menabung tapi malah dilupakan dan tidak pernah dipake sedangkan pacar mantan pacar kakak ipar saya memberi kalung mutiara imitasi beliau malah senang dan dipake dan dicerita2kan didepan teman2nya dan didepan saya..
kalau ada makanan atau barang juga selalu diberi ke pacar kakak ipar saya,saya tidak diberi pdhl serumah..
Sekarang malah tiap hari membawakan rantang berisi masakan beliau untuk pacar kakak ipar saya padahal suami saya kadang sampai ga makan siang karena kehabisan makanan..kan logikanya kalau mau memasakan ya dibanyakin aja porsinya , ini malah mengurangi porsi anaknya unuk diberikan ke pacar kakak ipar..sebenarnya dulu saya masak untuk suami dan seisi rumah tp saya ke pasar cm 1 x untuk seminggu sama mertua setiap dipasar ga diijinin beli ini itu alasannya di rumah sudah ada pdhl nanti sampe rumah dicariin ga ada,trs kalo saya yg masak mertua mesti blg ga cocok..akhirnya saya jengkel dan urusan masak saya serahin ke mertua..yg paling saya sebal tiap pagi mertua bikinin kakak ipar jus buah sdgkan suami engga,trs saya beli obat penyubur untuk suami malah diminumin ke pacar kakak iparnya (maksudnya apaan?) Pdhl saya kan beli untuk suami saya karena dia teratozoospermia dia lebih butuh dong (mertua ga tau suami kena teratozoospermia)..dr awal nikah jg ga pernah mertua masakin kecambah ato yg sehat2 yg bagus buat promil meski mertua tau,sedangkan pacar kakak ipar sering dibikinin jamu..huff..saya jadi merasa mertua ingin kakak ipar mendahului saya memiliki anak..
Sering saya mengeluarkan unek2 ke suami tp ujung2nya malah bertengkar karena suami terlalu bela mamanya meskipun dia blg lebih cinta saya..saya pernah ngajak dia pindah tp suami tipe anak berbakti dia mau ngerawat mamanya dan tinggal bareng sm mamanya seumur hidup,sampai2 saya dan dia ga pernah pergi kalo mertua di rumah sendirian (saya sudah stgh tahun tidak dapat PRT yg kerasan jd udah lama ga pergi keluar sama suami),bahkan kalau kakak ipar saya belum plg pdhl mertua mau tidur beliau nginap di kamar saya dengan alasan takut padahal saya lg masa subur waktu itu akhirnya gagal lg..
Suami selalu blg pada saya untuk mengalah dan cuek seperti dia karena dia dr kecil meskipun tidak terlalu disayang mamanya tp tidak pernah iri dengan kakaknya..suami selalu blg saya harus kasihan dengan kakak ipar karena dia belum menikah..tp saya malah stres..dia selalu bertanya 'apakah aku aja yg sayang kamu ga cukup?' Menurut bunda bagaimana solusinya ya karena suami saya ga mau diajak pindah pdhl km sudah beli rumah sendiri..apa saya yg terlalu negthink terhadap mertua?apa saya yg terlalu egois?
Maaf kalau kepanjangan dan maaf kalau ada yg tidak berkenan membaca saya hanya ingin curhat tp tidak tau ke siapa lg
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
aishar...
 
Location: serang
Posts: 16
 
apa yg mba ratna rasain sama seperti yg aku alamin mba.. aku sempat tinggal dirumah mertuaku dr awal pernikahan, tp aku ga kuat mba krna mertuaku terlalu ngatur2 kehidupan aku sm suamiku, setiap aku dan suamiku berantem pasti gara2 mertuaku, suamiku ga pernah mau untuk pisah rumah sm ibunya, alasannya mau jagain ibunya, pdhal drmh mertuaku itu banyak orang mba, keluarga yg lain pun rumahnya bersebelahan dengan rumah ibu mertuaku. akhirnya aku sampe nekat mba buat cari kontrakan sendiri dan pindah, alhasil suami ikutin aku pindah ke kontrakan itu, dan skrg aku dan suamiku jarang berantem lg. tp tetep aja dia masih mengunjungi rumah ibunya tanpa sepengetahuanku..
 
  #3  
Old
ratna6...   TS 
 
Posts: 36
 
Iya mbak saya juga sbnrnya jarang bertengkar sm suami,kalau bertengkar 80% alasannya karena mertua..sebenarnya saya tertekan kalau harus begini terus dan kalau bertengkar kasihan jg suami kepikiran sampai kami ga bisa tidur..
Bulan lalu mertua saya marah ke suami karena menganggap suami saya merupakan penghalang bagi kakaknya mendapatkan jodoh dan menganggap suami saya ingin menguasai harta padahal suami saya justru yg membelikan rumah untuk kakaknya dan membelikan mobil untuk kakaknya atas nama kakaknya untuk persiapan menikah nanti,sedangkan rumah yg kami beli maupun yg rumah mertua atas nama ber3 bukan atas nama suami saya..masa suami dituduh begitu bahkan dia blg merasa ga cocok hidup sama suami saya (mertua kalo ngomong suka ceplas ceplos) saya sampai sangat sedih karena saya tahu suami saya anak yg sangat baik dan selalu berusaha menjadi yg terbaik untuk mamanya,dia selalu kuatir akan mamanya bahkan tidak bs meninggalkan mamanya sendiri,tp justru mamanya blg ga cocok hidup sama dia..waktu itu saya sedang masa subur akhirnya gagal lg karena saya kasihan suami banyak pikiran jd kita tunda..saya merasa tiap masa subur selalu bertengkar karena mertua..
Tp saya tidak berani seperti mbak,sebenarnya saya ingin plg ke rumah ortu saya tp ortu saya melarang katanya 'jangan sekali2 pulang ke rumah pama karena bertengkar nanti akan tambah memperparah masalah dan dipikir minta cerai'
Suami sudah cerita ke mertua agar adil tadi pagi tp mertua sama saya sekarang lg tidak saling menyapa..
Kalau mbak sih enak udah berdua aja dan suami terbukti sangat mencintai mbak hingga rela pindah saat mbak pindah..kalau saya masih galau
 
  #4  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
menurut aku idealnya kalo dah nikah itu ya tinggal serumah hanya dg suami isyri dan anak.....wes pihak ke dua. tiga . empat dstnya cuman bikin pusing. titik
 
  #5  
Old
bakul ...
 
Posts: 50
 
Replying to: View Post
menurut aku idealnya kalo dah nikah itu ya tinggal serumah hanya dg suami isyri dan anak.....wes pihak ke dua. tiga . empat dstnya cuman bikin pusing. titik
kan idealnya, tapi nyatanya gk semua kluarga baru bisa langsung mandiri kyak situu..
gk semua pihak lain dlm satu rumah bikin pusing sih.. tergantung penerimaan kita aja bunsay..
 
  #6  
Old
Ananda...
 
Location: Surabaya
Posts: 1,127
 
Enak rumah sendiri dr sudut pandang manapun
 
  #7  
Old
bakul ...
 
Posts: 50
 
bunsay ratna ud pernah ngajak ngomong mertua baik2 atas semua yg bunsay rasain??
ato gk, coba deh bunsay posisiin diri sbg mertua dg keadaan yg begituu
 
  #8  
Old
prince...
 
Posts: 513
 
Replying to: View Post
Enak rumah sendiri dr sudut pandang manapun
Ya betul bunda...enak rumah sndr dr sudut pandang manapun.
Kalo punya duit buat beli rumah sendiri ya emang enak banget bunda.
Seandainya semua rumah tangga bs sprt bunda
 
  #9  
Old
nenek ...
 
Location: di rumah LO
Posts: 64
 
Replying to: View Post
Ya betul bunda...enak rumah sndr dr sudut pandang manapun.
Kalo punya duit buat beli rumah sendiri ya emang enak banget bunda.
Seandainya semua rumah tangga bs sprt bunda
kalau gak punya uang , buat beli rumah ..

kan bisa ngontrak , ngekos atau buat pondok kecil2lan bun
 
  #10  
Old
Ananda...
 
Location: Surabaya
Posts: 1,127
 
Replying to: View Post
Ya betul bunda...enak rumah sndr dr sudut pandang manapun.
Kalo punya duit buat beli rumah sendiri ya emang enak banget bunda.
Seandainya semua rumah tangga bs sprt bunda
Amiiiiiiinnnnnnnn

---------- Post added at 21:50 ---------- Previous post was at 21:48 ----------

Replying to: View Post
kalau gak punya uang , buat beli rumah ..

kan bisa ngontrak , ngekos atau buat pondok kecil2lan bun
Asal ada niat..
 
  #11  
Old
elilia...
 
Posts: 73
 
Aq tiga bulan yg lalu juga tinggal di rmh mertua sudah kurang lebih 4tahunan, tp ga serumah si bun, aq tinggal di kontrakan mertua tepatnya sebelah rumah mertua. Untuk masalah kerjaan rumah Allhamdulillah udah di kerjakan asisten rmh tangga. Tp untuk memasak aq paling cuma bantuin mertua aja (masak berdua). Mertua qu itu baik bgt bun, tp biarpun baik juga aq suka merasa ga enak numpang di kontrakan mertua, karna aq lebih seneng mandiri. Dari segi tempat tinggal sampe makan juga jajan anak qu semua di tanggung mertua n adik ipar juga sering ngasih uang jajan ke anak qu. Sebaik apapun mereka aq tetep ga enak malah aq tetep ingin misah dri mertua dan akhirnya aq juga suami qu nekat ngambil KPR di pinggiran jakarta spy rumah tangga kita bisa mandiri dan ga ketergantungan lg sama mertua...
 
  #12  
Old
ratna6...   TS 
 
Posts: 36
 
@bundahappy75 iya sudah banyak yg bilangin suami saya bahwa kalau orang sudah menikah harus tinggal dengan istri tp suami menolak..lagian kami bingung nanti ibunya sama siapa kalau ditinggalin?sebenarnya kami sudah punya rumah sendiri tp suami tidak mau pindah..
Bagaimana ya supaya suami mau pindah?bunda tinggal berdua dengan suami kah?apakah pernah bertengkar dengan mertua?

---------- Post added at 07:33 ---------- Previous post was at 07:28 ----------

@bakul dodol menurut bunda apakah wajar saya marah atau saya yg terlalu negthink terhadap mertua?
Apakah saya kurang menerima ya bund?saya hanya merasa kecewa setelah semua yg saya lakukan untuk beliau beliau lebih menyayangi setiap pacar kakak ipar..
Suami saya yg bicara kepada ibunya bun saya tidak mengutarakan langsung ke ibunya..

---------- Post added at 07:40 ---------- Previous post was at 07:33 ----------

@ananda010212 iya bund tp suami engga niat sama sekali ninggalin ibunya,saya yg disuruh mengalah,hiksss

@princess eleo percuma bund punya rumah sendiri tp suami engga mau pindah,lagian rumah kami dan rumah mertua atas nama bertiga ibunya,kakak suami dan suami saya gitu aja suami dituduh mau menguasai harta,huff heran saya ibunya kok engga bisa melihat suami saya jauh lebih menyayangi ibunya dibanding kakaknya..kecewa saya karena suami selalu dikambinghitamkan mertua didepan orang lain..

@nenekgayung saya juga pernah bilang sama suami bahwa saya siap hidup ngontrak atau memulai dari 0 dengan dia karena saya mencintai dia dan saya tidak terima dia dikambinghitamkan ibunya..tapi suami bilang 'biar saya digitukan tapi saya harus merawat dia karena itu ibu saya,ayah saya sudah meninggal km harus mengerti' sedangkan kakaknya dibelikan rumah karena takut kumpul calon mertua,engga adil banget kan bun
 
  #13  
Old
Devina...
 
Posts: 449
 
Mungkin mertua bkn mw pilih kasih bun.. Dia khawatir ama anak sulungnya karna blm nikah2. Jadi bgt ada pacar, mertua lgsg senang luar biasa. Jadi di baik2in, dikasih ini itu, biar calon nya seneng. Mungkin mertua tkt anaknya ga jadi nikah. Nanti mgkn stlh mereka nikah, sikap mertua bs berubah lg. Kalau bunda ada rumah sendiri, nanti pasti ada saatnya suami mau pindah. Pelan2 dibicarakan. Dulu aku jg ga cocok tgl sm mertua, tiap x berantem ama suami soal mertua, pelan2 aku ksh pengertian sm suami. Kan rumah udh ada, pasti nanti utk kita tgli juga kn. Yang sabar ya bun.
 
  #14  
Old
zidni...
 
Location: Kp. Jembatan, Penggilingan, Jakarta
Posts: 170
 
sejak awal menikah saya juga tinggal ama mertua hampir 2 tahun,,,,suami 2 bersaudara dy anak kedua dan kakaknya tinggal ama suaminya jd dirumah cuman q, suami dan mertua tp alhamdulillah mertua baik tau kalo q capek kerja berangkat pagi pulang malam masak dan cuci baju juga kadang mertua yang kerjain sampe2 q merasa g enak,,,,,sejauh ini sich q lum pernah sama sekali berantem ama mertua ( amit2 jangan sampe deh bun berantem ama mertua) saran q sich bunda ratna omongin dari hati ke hati ke mertua semoga mertua terketuk hatinya dan tdk pilih kasih antara kakak ipar bunda dgn bunda ratna, btw kakak ipar bunda cowok apa cewek
 
  #15  
Old
Pivie...
 
Posts: 407
 
Bunda devina ada benernya bun, coba positif thinking aja. Saya tinggal sm mertua, kadang mertua sering diceritain sm tetangga kl menantunya begini begitu, bumerku bilang kl mertua itu sudah tua, jadi nggak usah melawan, apa apa di iya'in saja, toh mertua usianya nggak sepanjang kita lagi, jadi selama masih ada ya ngalah. Itu nasehat mertua saya hehe.
Kalau bisa bunda bikin teritorial sendiri, contohnya untuk obat2an pribadi disimpan saja di kamar, kl beli makanan ya separuh ditaruh di dapur separuh di kamar kita. Pokoknya kamar itu rumah kecil kita. Kalau bumer takut tidur sendiri mending bunda ajak tidur di kamar beliau, kl beliau sudah tidur bunda balik kamar.
Semoga setelah ini kehidupan bunda dipenuhi kebahagiaan dan keharmonisan, aamiin.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Tok...tok...permisi...ijin gabung ya... -- Kenalan Yuk! 1
ijin kenalan yaa -- Kenalan Yuk! 20
Minta ijin gabung -- Kenalan Yuk! 0
ijin bergabung -- Kenalan Yuk! 5
ijin kenalan ya bunda -- Kenalan Yuk! 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 04:39.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com