Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
twoton...   TS 
 
Location: Lithuania
Posts: 181
Default keluhan kebas dan kesemutan pada tangan disaat hamil

Keluhan Kebas Dan Kesemutan Pada Tangan Di Saat Hamil

Sindrom lorong karpal biasanya ditandai dengan rasa kesemutan dan kebas pada bagian tangan. Kadang kondisi ini terjadi pada orang yang pekerjaannya membutuhkan gerakan yang sama berulang-ulang seperti computer programmer dan data processor. Keluhan ini juga sangat umum dialami wanita di masa kehamilannya.

Lorong karpal adalan kanal tulang yang dibentuk oleh tulang pergelangan tangan pada tiga sisinya dan ligamen yang melintasi pergelangan ke sisi lain. Retensi cairan dan pembengkakan yang umum pada masa kehamilan dapat meningkatkan tekanan pada ruang yang relatif sempit dan tidak lentur ini, lalu menekan saraf tengah yang melintasinya.

Saraf median memberi sensasi pada ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah jari manis. Serta berperan penuh dalam pergerakan otot pada bawah ibu jari. Tekanan pada saraf inilah yang menyebabkan gejala sindrom lorong karpal.

Keluhan lain yang dirasakan meliputi rasa sakit dan mati rasa di bagian jari, tangan, atau pergelangan tangan. Gejala seperti ini datang dan pergi berulang kali. Terkadang keluhan bertambah parah di malam hari. Malah rasa sakit akan semakin menjalar ke lengan dan bahu. Pada kondisi yang kronis, tangan Anda akan terasa kaku dan lemah.

Gejala yang Anda alami dapat terjadi pada kedua tangan dan bisa muncul kapan saja. Tapi biasanya sindrom ini muncul dan bertambah parah pada fase kehamilan pertengahan kedua dimana wanita mengalami penumpukan cairan di tubuh. Gejala ini perlahan akan hilang setelah melahirkan seiring dengan hilangnya bengkak karena kehamilan.

Coba Bunda cari tahu aktifitas apa yang bisa memicu dan memperburuk kondisi Anda. Hindari semua aktifitas tersebut sebisa mungkin. Anda bisa melakukan beberapa hal untuk melindungi tangan Anda.

Misalnya, jika Anda bekerja menggunakan komputer, sesuaikan tinggi kursi agar pergelangan tangan Anda tidak pada posisi bengkok saat Anda mengetik. Coba juga penggunaan pelindung tangan atau keyboard ergonomis untuk dapat mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan. Gunakan waktu istirahat untuk menggerak-gerakkan lengan dan merentangkan tangan.

Jika gejala ini mengganggu Anda di malam hari, coba stabilkan pergelangan tangan Anda pada posisi netral. Gunakan penahan agar pergelangan tangan tidak melengkung. Posisi yang netral membuat lorong karpal menjadi sedikit lebih luas. Jangan tindih tangan Anda saat tidur. Ganti posisi tidur Anda dan topang lengan dengan menggunakan satu atau dua bantal saat Anda merasakan sakit.

Jika Anda terbangun dengan rasa sakit, goyangkan kedua tangan hingga rasa sakti dan kebas menghilang. Berlatih yoga juga dapat menambah kekuatan tangan dan menyembuhkan rasa sakit di tangan Anda.

Sebelum mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit, konsultasikan dulu ke dokter pribadi Anda saat rasa sakit dan kebas mengganggu tidur dan kegiatan keseharian Anda. Kemungkinan dokter akan menyarankan penggunaan penyangga tangan, perawatan ini telah terbukti banyak membantu para penderita sindrom lorong karpal. Bila keluhan Anda berlaku konstan atau bahkan bertambah buruk, seperti terus-menerus merasa kebas, otot melemah, atau mati rasa, Anda akan dianjurkan bertemu dokter spesialis.

Sekali lagi perlu diingat, Bunda, sindrom lorong karpal ini akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Tapi bila gejalanya tetap sama setelah Anda melahirkan, pastikan Anda memberitahu dokter saat kunjungan pertama setelah melahirkan. Hal ini bertujuan agar dokter Anda dapat memberi rujukan ke dokter spesialis tulang bila diperlukan.

Pada umumnya dokter spesialis pertama kali akan menyarankan Anda menggunakan penyangga dan meminum obat anti peradangan sejenis ibuprofen. Jika perawatan konservatif ini juga tidak membantu, langkah selanjutnya adalah melakukan injeksi kortison. Pada kasus yang sangat parah, perlu dilakukan pembedahan kecil untuk menghilangkan tekanan pada saraf median.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
qairee...
 
Posts: 433
 
nice infonya bun..pas bget tgnq k2nya kram dan kebas mau ngapain..sdh 2 bln gini gk ada solusinya kcuali stop saat kram
 
  #3  
Old
twoton...   TS 
 
Location: Lithuania
Posts: 181
 
hai bunda qaireen,

salam kenal yah bun, iya bun aku juga pas hamil tangan ku kebas gt bun, kalo ku tanya dokterku dia blg karna berat badan melonjak naik banyak bun, trus ku tanya solusinya apa? dokterku bilang nanti juga hilang sendiri. tapi bener bu setelah melahirkan ilang itu kebasnya.. hehehehe
 
  #4  
Old
qairee...
 
Posts: 433
 
wah hrs nunggu lhrn ya..mdhn deh kramnya bikin gk enk bgt buat ngpa2in..tpi gk apa2 deh demi buah hatiq trsyg..
 
  #5  
Old
icabel...
 
Posts: 620
 
kalo aku kaki yang sering kesemutan sampe gak bisa digerakin lumayan lama buat nunggu pulih lagi
 
Princess Rain Calista Isabelle

Prince Marshall Al Aqsha
  #6  
Old
mommy ...
 
Posts: 165
 
Nice info bun.
Trit begini yg dibutuhin disini

---------- Post added at 05:41 ---------- Previous post was at 05:39 ----------

Replying to: View Post
kalo aku kaki yang sering kesemutan sampe gak bisa digerakin lumayan lama buat nunggu pulih lagi
Mungkin bunda lelah
Rileksin aja bun kalo mulai kesemutan.
Jgn dipaksa utk aktivitas lg
 
  #7  
Old
buNda ...
 
Location: medan
Posts: 154
 
Pagi bundas.. Nice inpo..
Klo aku kmaren wkt hamil jempol tangan ku yng kbes bun.. Risih bgt deh dr trismstr ke 2 tu kyk na tapi sjak lahiran ilang deh hehehe
 
  #8  
Old
nyonya...
 
Posts: 233
 
pagi bunda semua
salam kenal ya
nice info
up
up
up
up
up
up
 
  #9  
Old
twoton...   TS 
 
Location: Lithuania
Posts: 181
 
semoga bermanfaat ya ibu2.. semoga yang butuh info terbantu ya...
 
  #10  
Old
icabel...
 
Posts: 620
 
Replying to: View Post
Nice info bun.
Trit begini yg dibutuhin disini

---------- Post added at 05:41 ---------- Previous post was at 05:39 ----------



Mungkin bunda lelah
Rileksin aja bun kalo mulai kesemutan.
Jgn dipaksa utk aktivitas lg
dibilang lelah juga engga bun, mungkin kalo dari farises ngaruh gak yah?
 
Princess Rain Calista Isabelle

Prince Marshall Al Aqsha
  #11  
Old
mommy ...
 
Posts: 165
 
Replying to: View Post
dibilang lelah juga engga bun, mungkin kalo dari farises ngaruh gak yah?
Saya g ngerti byk ttg farises bun.
Coba tny spog bunda aja keluhannya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
tangan kanan kebas terus .. -- Ngobrol Apa Saja 6
sakit pinggang dan sering kesemutan disaat hamil -- Ngobrol Apa Saja 0
Tangan Sering Kebas/Kesemutan knp ya bun,,,,,,? -- Diskusi Umum 3
Jari-Jari Tangan Kesemutan dan Kebas -- Diskusi Umum 3
tangan kesemutan dan sering kebas hamil 13w + -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:39.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com