Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Hanny ...   TS 
 
Posts: 1,166
Default Berapa lama pemulihan pasca operasi SC

Pagi bun...share donk yg udh pernah lahiran scra SC,brp lama pemulihannya?Soale aku kemungkinan bsr lhrn scra SC krna ada wasir mana smkin hari kayake uk nya bertambah aplgi kalo lg pup pst bengkak keliling l***ng a**s .
Bener ga sih kalo operasi SC it kta hrs bedrest slma sblnan.. ga blh ngpa2in?soale aku lhrn di rmh suami ,ortu juga ga bisa bantu2.Mertua ada sihh kbtln rmhnya dkt tapi aku ga enak aja hrus ngerepotin dan ga berharap jga dr ortu atau mertua mau bantuin krna ga mau repotin krna mrka jga pnya aktifitas dn kesibukan masing2.Apalgi bumer banyak banget kegiatannya,jd besok apa2 sendiri.Bagi2 tips donk bun gmn caranya supaya luka bekas SC nya cepat sembuh.tq
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
feroni...
 
Posts: 964
 
biasanya beda2 bund pemulihannya...

dl anak pertma sc, tp meninggal...

aku c seminggu sc udh bs mandi,,
yg penting jgn maksain diri buat ngerjain semua2nya sendiri,,

kalopun memang perlu bantuan ya gpp minta tolong, sambil qt pemulihan diri,,

soalnya kan bunda jg nanti fokus sm baby, nyusuin, begadang., itu aja kadang bs bikin bekas sc nyut2an apalagi kalo maksain kerja yg berat2,,

banyak2 makan sayur, buah sm yg berprotein biar luka dalam jg cpt pulih,,klo yg pernah aku baca c banyak2 makan ikan gabus bund,,telor ayam kampung jg bagus,,

aku skrng lg hamil ke 2, rencana sc lg krn jaraknya belum ada 1th..
 
Give thanks to Jesus&Mother Maria..
I will safe you in my womb till you born in the world, baby..
mom, dad,ur sister"Grace" always love u..
  #3  
Old
fdHiLa...
 
Location: Depok
Posts: 2,904
 
Kalo saya pas sc lgs dikasi obat anti nyeri jd gda rasa sakit sama skali.
Paling kleyengan krn kelamaan tiduran, kn abis sc 24 jam g blh bangun, pas bgn krn ud kelamaan tiduran jg puyeng, efek bius jg x ya.
Tp utk jalan2 biasa aja.
Di rmh saya sama mama si tp ttp mulai dr begadang, mandiin, nyuci baju, gendong2, ngejemur dd tiap pagi naik ke atas ya sndran.
Smgg stlh sc ud bolak balik lg ke rs pke motor sndr krn dd kuning.

2mgg stlh sc kontrol jaitan luar ud bagus.
Yg waspada jaitan dlm, katanya bru kering 6bln.
 
  #4  
Old
pinkch...
 
Location: DKI Jakarta
Posts: 1,515
 
dilaaa fadhlan lucuk banget nyengirnya..

aku loh masih suka nyeri smp skrg.. normal ga yah
 
Life is better at the beach
  #5  
Old
Alessa...
 
Location: yogyakarta
Posts: 125
 
halo bunda,
saya dulu juga melahirkan SC. biasanya perawat akan meminta kita untuk belajar berjalan setelah 24 jam pasca SC. tapi seharusnya kita sudah latihan berguling sebelumnya ya bu untuk menyusui.

jujur, saya sendiri tidak merasakan sakit yg berlebihan pasca SC. 3 hari pasca SC saat pulang ke rumah pun saya sudah mengurus bayi saya sendiri tanpa bantuan siapapun termasuk memandikan, menjemur bayi, dll. karena ortu dan bumer hny menunggu selama di RS. seminggu pasca SC sudah jalan2 ke mall slesai kontrol hehehe.

yang paling kita khawatirkan sebenarnya bukan rasa sakit tidak bs beraktifitas bu, tapi kelancaran menyusuinya. untuk itu ada beberapa hal yg perlu dipelajari sebelum SC :

Persiapan teknis menjelang kelahiran

Ada berbagai persiapan teknis yang harus diperhatikan oleh semua pasangan agar dapat berhasil menyusui.

  1. Mencari dokter atau bidan pro-ASI dan klinik atau rumah sakit bersalin yang pro-ASI. Kedua hal ini penting agar Ibu bisa memperoleh semua dukungan agar dapat menyusui sejak hari pertama kelahiran. Untuk proses kelahiran lewat C-section proses pencarian Ibu untuk mendapatkan semua dukungan agar sukses menyusui menjadi lebih krusial karena tidak semua rumah sakit atau klinik melahirkan sudah memiliki protokol yang jelas untuk melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) setelah kelahiran C-section. Banyak RS di Indonesia yang masih menerapkan IMD hanya untuk proses kelahiran normal. Konsultasikan semua dengan dokter Ibu bahwa Ibu ingin IMD, terlepas dari apapun proses melahirkan yang akan Ibu jalani, tentu saja dengan catatan selama kondisi Ibu dan bayi sama-sama stabil. Konsultasikan dengan detail di mana IMD akan dilaksanakan, siapa yang akan ada di sana untuk mendampingi, dan sebagainya.
  2. Jika Ibu menjalankan proses kelahiran C-Section yang direncanakan, pastikan Ibu berkonsultasi juga mengenai pilihan anastesi yang akan diambil. IMD dapat dijalankan segera setelah kelahiran apabila anastesinya bersifat lokal atau spinal. Sementara untuk anastesi yang sifatnya total, maka IMD harus menunggu hingga ibu kembali kesadarannya.
  3. Beberapa RS masih menjalankan praktek observasi bayi di kamar bayi pada periode 24 jam setelah kelahiran dengan C-section. Jika kondisi bayi stabil, diskusikan dengan dokter Ibu apabila memungkinkan untuk melakukan rooming-in segera setelah Ibu kembali ke bangsal perawatan. Jika setelah C-section ternyata bayi memerlukan intervensi medis, maka ibu harus tetap memerah ASI segera setelah melahirkan dan melakukannya secara rutin. Hasil perahannya bisa diberikan kepada bayi dengan pipet atau cup feeder. Memerah sejak awal selain untuk memastikan bayi tetap
  4. mendapatkan kolostrum yang diperlukan, juga membantu ibu untuk tetap menstimulasi produksi ASI, dan mencegah bengkak pada payudara.
  5. Pastikan bahwa bayi tidak mendapatkan susu formula, botol dot dan empeng selama hari-hari awal setelah kelahiran. Jika dalam kasus-kasus medis tertentu dimana dokter menyarankan suplementasi susu formula, lakukan tanpa menggunakan botol dot agar bayi terhindar dari bingung puting.

Manfaat IMD pada ibu yang melahirkan dengan proses kelahiran melalui C-section pada dasarnya sama saja dengan ibu yang melahirkan normal. Manfaatnya antara lain adalah:

  1. Selain menjadi sumber bonding antara ibu dan bayi
  2. IMD juga memancing keluarnya kolostrum yang sangat berguna untuk imunitas bayi dan membantu proses transisi lancarnya ASI matang yang akan keluar pada sekitar hari ketiga.
  3. IMD juga memancing keluarnya hormon oksitosin yang membantu kontraksi rahim untuk mengembalikan rahim ke kondisi sebelum kehamilan.
  4. Bayi yang lahir dengan C-section biasanya cenderung lebih mengantuk. Apalagi jika si ibu terkena anastesi dalam waktu yang panjang sejak periode kontraksi.
  5. Ibu yang melahirkan dengan C-section umumnya memang mengalami sedikit kelambatan dalam hal keluarnya ASI dibanding mereka yang melahirkan dengan cara yang normal. Untuk itu, bayi membutuhkan lebih banyak stimulasi untuk lebih sering menyusu meskipun mereka cenderung mengantuk. Untuk itu, IMD sangat diperlukan untuk mengejar keterlambatan keluarnya ASI pada ibu yang melahirkan dengan C-section.
  6. Ibu yang menjalani kelahiran dengan C-section biasanya akan berada di rumah sakit/klinik lebih lama dari ibu yang melahirkan normal. Kesempatan ini dapat untuk memulihkan kondisi sekaligus mendapatkan bantuan mengenai menyusui dari tenaga medis atau dari konselor laktasi yang ada di RS. Sehingga saat kembali ke rumah, proses menyusui sudah lebih berjalan mantap.
ASI yang “Lambat Keluar”

Ibu yang menjalani C-section sering mengeluhkan ASI yang lambat keluar. Pada dasarnya, proses keluarnya ASI pada ibu yang menjalani kelahiran normal dengan kelahiran dengan C-section sama saja. Ketika bayi dan palsentanya keluar, tubuh akan member sinyal pada hormon untuk segera mengeluarkan ASI yang sudah diproduksi sejak trimester kedua kehamilan. Sehingga,tubuh ibu yang melahirkan dengan cara normal maupun dengan cara C-section sama-sama mendapatkan sinyal yang sama untuk mengeluarkan ASI. Kelambatan keluarnya ASI sebetulnya bsia terjadi pada ibu yang melahirkan dengan cara normal atau C-section. Hal ini bisa terjadi jika ibu menjalani proses melahirkan yang sulit, terlepas dari apapun metodenya. Tingkat stress dan rasa sakit yang tinggi membuat ASI sering lambat keluar pada beberapa ibu. Jika ASI lambat keluar, tidak perlu cemas. Lakukan hal-hal berikut:
  1. Menyusui sesering mungkin. Rawat gabung bisa membantu proses ini. Namun jika bayi tidak bisa bersama ibu setiap saat, tetap memerah sesering mungkin untuk memastikan payudara tetap distimulasi.
  2. Hindari pemberian susu formula sebagai suplementasi kecuali jika ada indikasi medis. Suplementasi yang tidak perlu justru akan menghambat bayi menyusu langsung pada ibunya.
  3. Pastikan bahwa pelakatan selalu benar. Jika bayi tidak melekat dengan benar dalam proses menyusui, maka ASI yang didapatkan juga tidak akan optimal
 
  #6  
Old
fdHiLa...
 
Location: Depok
Posts: 2,904
 
Replying to: View Post
dilaaa fadhlan lucuk banget nyengirnya..

aku loh masih suka nyeri smp skrg.. normal ga yah
Liat dong ibunya, lucu juga
 
  #7  
Old
pinkch...
 
Location: DKI Jakarta
Posts: 1,515
 
Replying to: View Post
Liat dong ibunya, lucu juga
omaygat puyeng emik
 
Life is better at the beach
  #8  
Old
Muhamm...
 
Posts: 636
 
Hai bund ...

Saya juga sc 8 bulan yang lalu. 2 hari pasca lahiran alhamdulilah udah bisa jalan waaupun pelan2 ya, bisa imd athaya walau gak lama. Intinya abis sc jangan takut gerak ya, coz kalo gak kita gerakin malah luka operasinya gak elastis jadinya. Gitu kata suster di rs tempat saya lahiran. Saya gak ada bedrest alhamdulilah langsung ngurus athaya, sempet ada baby blues saya tapi gak lama alhamdulilah.

Seperti kata bunda veronica di atas, jangan dipaksain beraktifitas berat dulu. sekiranya memang gak kuat ya minta bantuan. Untuk menjaga luka dalam pasca sc cepat sembuh. Minum extrac ikan gabus bun, insya allah cepet sembuh.
 
  #9  
Old
Hanny ...   TS 
 
Posts: 1,166
 
thanks bunda2 atas sharenya...iy yg ditakutkn jahitan di dlmnya it ya,tkt knp2 mdh2an bsk smua lncr dn cpt proses pemulihannya...skrg sih msh uk32w6d bun

---------- Post added at 10:15 ---------- Previous post was at 10:14 ----------

Replying to: View Post
Hai bund ...

Saya juga sc 8 bulan yang lalu. 2 hari pasca lahiran alhamdulilah udah bisa jalan waaupun pelan2 ya, bisa imd athaya walau gak lama. Intinya abis sc jangan takut gerak ya, coz kalo gak kita gerakin malah luka operasinya gak elastis jadinya. Gitu kata suster di rs tempat saya lahiran. Saya gak ada bedrest alhamdulilah langsung ngurus athaya, sempet ada baby blues saya tapi gak lama alhamdulilah.

Seperti kata bunda veronica di atas, jangan dipaksain beraktifitas berat dulu. sekiranya memang gak kuat ya minta bantuan. Untuk menjaga luka dalam pasca sc cepat sembuh. Minum extrac ikan gabus bun, insya allah cepet sembuh.
extrac ikan gabus it bentuknya gmn ya bunda kalo blh tau?
 
  #10  
Old
Muhamm...
 
Posts: 636
 
Replying to: View Post
thanks bunda2 atas sharenya...iy yg ditakutkn jahitan di dlmnya it ya,tkt knp2 mdh2an bsk smua lncr dn cpt proses pemulihannya...skrg sih msh uk32w6d bun

---------- Post added at 10:15 ---------- Previous post was at 10:14 ----------



extrac ikan gabus it bentuknya gmn ya bunda kalo blh tau?
Udah berbentuk pil juga udah ada bun, cari aja di apotik. Kalo gak ada obat cina tuh apa ya namanya saya lupa. Tapi kalo saya sih prefer jaga makanan aja dulu. Jadi minum exract gabus aja walau amis gpp lah biar cepet pemulihan sc-nya
 
  #11  
Old
apin...
 
Location: pare
Posts: 442
 
Replying to: View Post
Pagi bun...share donk yg udh pernah lahiran scra SC,brp lama pemulihannya?Soale aku kemungkinan bsr lhrn scra SC krna ada wasir mana smkin hari kayake uk nya bertambah aplgi kalo lg pup pst bengkak keliling l***ng a**s .
Bener ga sih kalo operasi SC it kta hrs bedrest slma sblnan.. ga blh ngpa2in?soale aku lhrn di rmh suami ,ortu juga ga bisa bantu2.Mertua ada sihh kbtln rmhnya dkt tapi aku ga enak aja hrus ngerepotin dan ga berharap jga dr ortu atau mertua mau bantuin krna ga mau repotin krna mrka jga pnya aktifitas dn kesibukan masing2.Apalgi bumer banyak banget kegiatannya,jd besok apa2 sendiri.Bagi2 tips donk bun gmn caranya supaya luka bekas SC nya cepat sembuh.tq
hai bunda hanny lama gak jumpa...uk brp nich bund...???aku sekarang uk 36w5d bundaku juga mau SC bund...bunda sc kpn..??aku insyallah kamis tgl 29 ini...semoga semuanya diberi kelancaran amien
 
Adzkia Khansa Afiifah
  #12  
Old
Hanny ...   TS 
 
Posts: 1,166
 
Replying to: View Post
hai bunda hanny lama gak jumpa...uk brp nich bund...???aku sekarang uk 36w5d bundaku juga mau SC bund...bunda sc kpn..??aku insyallah kamis tgl 29 ini...semoga semuanya diberi kelancaran amien
Belum tau bun skrg msh 32w6d ..
mdh2an operasinya brjalan lancar yaa... sht ibu dan babynya

---------- Post added at 12:17 ---------- Previous post was at 12:15 ----------

Replying to: View Post
Udah berbentuk pil juga udah ada bun, cari aja di apotik. Kalo gak ada obat cina tuh apa ya namanya saya lupa. Tapi kalo saya sih prefer jaga makanan aja dulu. Jadi minum exract gabus aja walau amis gpp lah biar cepet pemulihan sc-nya
tq bun infonya..mending extract ikan gabus aja deh yaa..kalo bntuk pil aku sih mau bun hehe
 
  #13  
Old
apin...
 
Location: pare
Posts: 442
 
Replying to: View Post
Belum tau bun skrg msh 32w6d ..
mdh2an operasinya brjalan lancar yaa... sht ibu dan babynya

---------- Post added at 12:17 ---------- Previous post was at 12:15 ----------



tq bun infonya..mending extract ikan gabus aja deh yaa..kalo bntuk pil aku sih mau bun hehe
amien amien amien bund
 
Adzkia Khansa Afiifah
  #14  
Old
Shinta...
 
Posts: 1,055
 
hai bun,tgl 7 kmaren kan aku SC nih.
pemulihanku cepetbgt bun,24 jam setelah operasi langsung buka keteter n belajar jalan,3 hari di RS uda lancar jalan,hari ke-4 uda pulang.
sekarang aku uda bisa ngapa2in bunda,gak pake nunggu sebulanan..
gak ada sakit jg bekasnya.
baby ku jg aku urus sendiri.
so,jangan takut buat SC ya
 
  #15  
Old
BundaN...
 
Posts: 977
 
yg paling penting jgn mau kalah sama rasa sakitnya bun
aku bbrp jam pasca SC udh hrs belajar tdr miring krn hrs nyusuin anakku yg lgsg room-in sm aku...
klo aku alhamdulillah pas anakku room-in ASI ku langsung kluar deres.... RS ku gak ksh aku imd mgkn krn aku gak minta kali sebelumnya....
alhamdulillah walau aku gak langsung dikasih obat penghilang nyeri pasca obat biusnya hilang (yg aku tau cuma aku yg gak dikasih entah kesalahan perawat atau gimana) disaat yg lain udh gak sakit aku kesakitan tp ttp semangat nahan sakit demi nyusuin anakku....SUBHANALLAH sakitnya luar biasa tapiiiii kata dokter pemulihanku termasuk yg paling cepat
so hrs berpikir positif kita bisa tapi jgn memaksakan krn daya tahan tiap org buat nahan rasa sakit itu beda2......
 
Atha Risqi Marendra
Kesayangan Bunda & Yanda
Sehat selalu ya jagoan bunda
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Pasca Caesar Nifasnya Berapa Lama??? -- Diskusi Umum 1
berapa lama pendarahan pasca keguguran tanpa kuret -- Diskusi Umum 2
berapa lama boleh mengikuti fitness setelah operasi caesar -- Diskusi Umum 0
berapa lama jarak terdekat untuk hamil pasca sc? -- Diskusi Umum 6
Cek up pasca operasi caesar berapa kali ya seharusnya ... ?? -- Diskusi Umum 14


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:43.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com