Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
MamaKi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 627
Thumbs up Persiapan Sebelum Mengajak Bayi Mudik

Sebentar lagi liburan nih bunda. Adakah di antara bunda yang sedang merencanakan mudik sekeluarga. Bagaimana jika bunda ingin membawa bayi? Aduh repot gak yah? Mungkin itu yang sekarang jadi pertanyaan bunda.

Tenang bunda, bunda masih bisa kok mudik bersama bayi. Asal dede bayi nya udah usia sekitar 3 bulan ke atas, 5 bulan lah minimal nya bun. Nah supaya bunda tenang, aku kasih beberapa hal yang perlu bunda persiapkan supaya mudik bersama bayi menyenangkan.

• Prioritas barang bawaan
Biasakan untuk mempersiapkan barang bawaan 1 minggu sebelumnya. Kalau sibuk, paling maksimal 3 hari sebelumnya bunda. Sebelumnya bunda bikin checklist barang bawaan yang penting untuk dibawa. Bunda harus cermat memilah barang yang harus dibawa dan yang tidak. Untuk itu perlu checklist, jadi nanti gak ada lagi alasan lupa atau koper kepenuhanlah. Tiap barang yang sudah masuk koper/tas, langsung beri tanda centang, jadi bunda gak lupa.

Mudik bersama bayi pastinya barang bawaan nya gak bisa dibilang sedikit. Dahulukan dulu barang-barang kebutuhan bayi seperti minyak telon, bedak, pakaian bayi, selimut bayi, baru kemudian baju-baju bunda dan ayah. Untuk adek bayi dipisah yah bunda tas nya. Jangan tercampur, bisa repot nanti kalau mau ambil pas di perjalanan.

• ASI perah
Saat dalam perjalanan mudik nanti, bayi harus tetap mendapatkan asupan ASI yang cukup. Nah, jika bunda memilih mudik dengan agkutan umum yang tidak menyediakan ruang menyusui lebih baik bunda menyiapkan ASI perah dalam botol ASI yang aman. Jika bunda lupa menyiapkannya, atau bunda memilih untuk memberikan ASI secara langsung, siapkan nursing cover atau kain penutup menyusui agar bunda merasa lebih nyaman.

• Popok sekali pakai
Jangan lupa bunda siapakan popok sekali pakai di tas di tempat yang mudah dijangkau. Ini memudahkan bunda mengganti popok bayi saat bayi selesei diseka atau jika popoknya sudah penuh dan harus segera diganti.

• Mainan favorit
Supaya bayi gak rewel saat perjalanan mudik, jangan lupa bawa mainan favoritnya. Sebaiknya pilih mainan yang tidak makan tempat bunda supaya barang bawaan bunda gak berlebih.

• Air hangat dalam termos
Meski sedang dalam perjalanan, usahakan untuk tetap melakukan rutinitas buat bayi, seperti mandi pagi dan sore. Gunakan air hangat untuk menyeka tubuhnya dan beri minyak telon dan bedak supaya badannya tetap segar dan wangi sehingga tak membuatnya rewel.

MPASI
Nah jika bayi bunda sudah mulai diberi MPASI, jangan sampai lupa membawa bekal MPASI yah bun buat dede bayi. Pilih MPASI yang mudah disajikan, persiapkan sebelum berangkat bunda.

sumber : ibudanmama
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
SongHy...
 
Location: Malang
Posts: 694
 
Nice info Bunda. Up up up.
 
SOFTLENS GRATIS ONGKOS KIRIM KE SELURUH INDONESIA
IG : @ELLAFIOSHOP FB:www.fb.com/ELLAFIO
BBM : 74EF930F
  #3  
Old
Ananda...
 
Location: Surabaya
Posts: 1,127
 
Ahh bermanfaat��.. Aku juga mau mudik..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
persiapan sebelum melahirkan??? -- Diskusi Umum 38
Persiapan mencuci baju baby sebelum lahiran -- Diskusi Umum 9
persiapan apa saja sebelum ensiminasi -- Diskusi Umum 2
Mengajak bayi melakukan perjalanan jauh -- Diskusi Umum 6
Tips / share pengalaman, persiapan sebelum MP -- Ngobrol Apa Saja 25


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:51.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com