Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
poerno...
 
Location: saren wedomartani ngemplak sleman
Posts: 761
 
Jgn takut salah dan disalahkan Bunda Erin.
Jgn kalah akal sama anak kecil
Aku yakin Bunds bisa kok
Bunda kan pernah kecil
Anak itu kan belum pernah besar
Hehehhe.......
Pasti lah Bunda lebih bisa bersikap ke anak itu.
Selamat berjuang
 
  #32  
Old
errin2...   TS 
 
Posts: 1,976
 
Replying to: View Post
aku jg punya ponakan yg hampir sama bandelny,,.klo dibilngin ngg pernah ngedengrin.klo ngeliat dia bawaany kesel mulu ma tingkah lakuny.sma siapapun ngg da yg ditakutin,termsuk ibuny sendiri ya kecuali aku cihhhh.....mungkin karna aku jrang ngmg,skali ngmgny bikin dia kaget heheeeeee.klo pas lg di titipin ponakan,klo di minta yg aneh2 akucuekin aja.biarin mau dia nangis ngg aku tanggepin ujung2 dia diem sndri tuch karna kcapean.klo ibuny sndri cih dh tau kelakuan ankny sndri kya ap,jd ngg kan heran dech.dia percyain bgt sma aku alhmdulilah.....
Hmmm sama bun,
Pdhal sama mamahnya mnta apapun juga gk prnah d turutin krna kebiasaan kalo mnta apa" gk d turutin smua barang" d ancurin sama dy..
Salahnya disini kalo sama mertua saya slalu d turutin makanya kalo mnta apa" mlah mkin menjadi"..

---------- Post added at 08:58 ---------- Previous post was at 08:54 ----------

Replying to: View Post
Jgn takut salah dan disalahkan Bunda Erin.
Jgn kalah akal sama anak kecil
Aku yakin Bunds bisa kok
Bunda kan pernah kecil
Anak itu kan belum pernah besar
Hehehhe.......
Pasti lah Bunda lebih bisa bersikap ke anak itu.
Selamat berjuang
Saya rasa agak susah pak,
Soalnya anak ini pinter boong..
Saya tkt saya kena tuduh juga lg kaya bapaknya n neneknya yg dsana..
Nanti kalo saya ngurus dy trs ngajarin dy d displin saya tkt dy ngomong k mrtua saya kalo saya gk ngsh uang jajan n gk ngsh dy makan juga mlah jd bkin saya sama mrtua ribut soalnya mrtua lbh prcaya sama cucunya itu d banding sama pnjelasan orang lain, bapaknya aja udah jelasin kalo bapaknya slalu ngsh uang jajan k dy neneknya yg dsana juga gk ngsh makan 1x dlm sehari mlah dy makan mulu gk d batesin sama neneknya yg dsana tp ko sesampainya plg ksni dy mlah ngomong kya gtu, saya tkt nanti saya d tuduh kya gtu juga lama" bsa bkin saya ribut juga sama suami makanya pusing pgn nya sih menghindar aja biar hubungan saya suami n mrtua tetep baik" aja..
 
  #33  
Old
Indah ...
 
Location: denpasar
Posts: 476
 
Bunda erin. Sama kasus nya kyk saya. Beda nya neh ponakan cowk SD kelas 1. Ufht. Nakal nya amit.sambil elus2 perut ku. Amit jabang bayi. Suka bantah. Males sekolah. Dll. Sama deh kyk ponakan bunda. Jajan nya jg selangit. Pdhal bpk nya yg duda. Ga berpenghasilan . Alhasil mertua ama suami yg direcokin . Apalg suami ku . Mana kl minta suka merampok. Alias curi uang sndri. Byk lg. Smp uang sekolah 200 rb hbs buat jajan dia. Dan lg. Suka bohong. Pinter muter2 omongan!
Pas dl pertama2 disini. Uhft. Saya ngenes . Makan ati. Lama2 sy cuek in. Minta apa sama saya. Sy cuek aja. Tp kdng2 kl sy lg mood ya sy belikan . Tp smp skrng ponakan tetep aja gitu. Suami ama ibu nya ( mertua ) sering cekcok gara2 ponakan rempong ini
 
  #34  
Old
poerno...
 
Location: saren wedomartani ngemplak sleman
Posts: 761
 
Maaf Bunda Erin....
Jgn marah ya......
Berarti judul thread nya kurang pas deh Thread Bunda mencari jawaban cara mengatasi anak yg menurut Bunda superbandel.
Tapi kayaknya Bukan itu deh yg Bunda tekankan. Toh Bunda ga mau ngurus anak ini kan.
Jadi yah g usah cari cara untuk mengatasinya. Terus terang aja ga sanggup n g mau ngurus tuh anak. Sampaikan saja sama mertua Bunda. Kan Bunda kawatir belakang hari tuh anak bikin ulah (entah itu berbohong or yg lain) yg mana bisa menjadikan hubungan Bunda n mertua g harmonis.
Tapi Bunda sendiri lah yang punya keputusan.
Baca thread = Bunda mau cari cara mengatasi
Baca posting = Bunda g mau tau tentang anak ini. Kwatir kalau2 runyam belakang hari.
Maaf ya Bunda........!!!!!!!
Jgn marah......!!!!!
Hehehehhehehehehe
 
  #35  
Old
debbie...
 
Posts: 443
 
Replying to: View Post
Saya pling blgn nya k suami bun..
Soalnya suami bsa blgn lgsung k anak itu sdangkan mrtua saya orangnya trsinggungan gk bsa slah ngomong dkit suka sakit hati an..
Makasih ya bun sarannya
klo gt suruh suami aja yg smpaikan ke mertua, kali' aja sm suami, mertua bs ngerti...
di omongn baik2 pst ngerti kok bun..
 
  #36  
Old
astiq...
 
Posts: 299
 
Replying to: View Post
Siaaanngg bunda smua..
Aduuuhh siang" gini enaknya makan es buah ya bun buat ngademin pikiran


Gini loh bun,
Hati dan pikiran saya lg panas bgt bun,
Jd suami saya punya 1 keponakan perempuan umur nya 7thn..


Buuuaaannndeeellllnnyyaa ini loh bun yg bkin saya makan hati..


saya jengkel bgt sama ini anak bun saya udah sabariiiinn bgt hati saya tp ko mkin hari makin jengkel yaa


Nih anak gk bsa banget d atur bun, gk bsa banget d bilangin yg bener..
Dah habis pikiran saya menghadapi anak ini..


Umur baru 7tahun setiap hari nonton sinetron trs bun mana sinetronnya cinta" an terus lg ,
Volume tv pun slalu besar bkin kepala mau pecah dengernya


Suami saya dan mertua dh sering blgn ini anak kalo nonton jangan gede" volumenya krna berisik bgt kamar kami sampingan dgn kamar si keponakan yg bandel ini..


Kalo bandel tp rajin skolah sih gapapa bun
Nah ini males bgt skolah bun kalo d suruh skolah slalu ngelawan neneknya trs (mertua saya) bahkan suka kurang ajar bun mertua saya suka d tendang bahkan d pukul..

Masaa stiap hari skolah ada aja bun yg ketinggalan, entah itu tas ataupun buku..

Belom lama ini tuh anak ngumpetin sepatu skolahnya alhasil gk msuk sekolah deh


Stiap malam gk prnah belajar sprti layaknya anak" yg lain, yg d liat hanya tv dan tv, bahkan PR nya pun yg ngerjain mertua saya bun dan mertua saya gk prnah protes akan hal itu malah cucunya ini d diemin gtu aja gk ngerjain PR nya mlah nonton sinetron


Kalo minta apa" harus d turutin kalo gk barang" d rmh smua nya ancur d bantingin sama dy


Saya kadang amit" cabang bayi sambil elus" peyutttt kalo liat kelakuan anak yg 1 ini..


Mana sebentar lg mertua bakalan pergi ke gorontalo bun buat ngurusin urusan papah mrtua dsana daaaaann mertua maunya saya yg ngurusin anak ini slama mreka d luar kota..
Eng ing eeennngg,


Jujur bun saya gk sanggup kalo ngurus anak ini,
Saya juga dh blg k suami saya kalo saya gk sanggup kalo hrs mngurus keponakannya sekalipun ibu mertua mau membayar saya atas jasa saya mngurus anak ini slama mreka d luar kota, bukan uang yg saya mau bun yg saya mau adalah ketenangan, saya sdang hamil bun mau masuk 29weeks kalo saya hrs brhadapan dgn anak ini stiap hri, mngurus dy skolah mngantar jemput skolah, ngurus makannya dll saya gk sanggup bun anak ini slalu mlawan orang tua dan bahkan kasar

Suami saya tau kalo saya gk mau ngurus keponakannya tp krna penolakkan saya jd saya dan suami berantem bun


Tp bumer blm tau kalo saya gk mau ngurus cucunya ini bun..
Bapak dan ibu dr anak ini ada bun tp sudah pisah, kaka ipar saya sudah pnya 2 orang anak 1 perempuan dan 1 laki" msh kecil", bapaknya dr anak ini msh sndiri bun blm pnya istri lg tp bumer gk mau menitipkan cucunya ini k bapaknya dgn alasan bapaknya gk mau ngurusin gk mau ksh uang jajan dll alasan mertua saya, tp yg saya liat gk sprti itu bahkan bapaknya dan neneknya yg disana minta anaknya trs untk tnggal dsana, sdangkan ibu dr anak ini udah gk mau ngurusin bun entah knapa mgkn suaminya yg skrang kurang suka dy ngurus anak ini atau emg udah kerepotan ya pnya 2 anak..
Tp jujur bun anak ini jd gk ke urus, gk dpt prhatian dr kdua orangtua,


Jd yaahh skrang yg ngurus dy cuma mertua saya aja, gk tau bun sampe kapan kdang ksian liat mrtua saya sering kecapean ngurus cucunya yg 1 ini,
Saya pun sampai skrang blm ngomong k mertua saya kalo saya gk sanggup ngurus anak sebandel ini dlm keadaan perut saya yg smakin hari smakin membuncit, gk ngurusin dy aja saya udah strees bun ngliat tingkah lakunya apalagi saya ngurusin yaa mau nangis aja rasanya bun, pgn menolak scara halus k mrtua tp gmana cara ngomongnya yaa tkt trjadi kesalahfahaman bun


Dan kalopun saya hrs ngurus anak ini untk sementara wktu bagaimana cara menghadapi kenakalan nya ya bun

Aduuuuhh saya bener" d buat bingung sama masalah ini bun bantuin ksh saya solusinya ya bun
Bun, ini ada artikel bagus dari renald kasali mungkin bisa jadi referensi, walaupun kurang relevan, mengenai anak yang agak aktif atau susah diatur. Menurut saya keponakan bunda butuh perhatian, anak saya saja yang usianya 1 tahun 3 bulan, lumayan aktif dan sedang masuk periode tattum, memang perlu ekstra sabar menghadapi anak seperti ini, apalagi usia 7 tahun.

Mengapa Anak yang Pintar di Sekolah Bisa Alami Kesulitan Ekonomi?

Rhenald Kasali
(@Rhenald Kasali)

Seorang mahasiswi mengeluh. Dari SD hingga lulus S-1, ia selalu juara. Namun kini, di program S-2, ia begitu kesulitan menghadapi dosennya yang menyepelekannya. Judul tesisnya selalu ditolak tanpa alasan yang jelas. Kalau jadwal bertemu dibatalkan sepihak oleh dosen, ia sulit menerimanya.

Sementara itu, teman-temannya, yang cepat selesai, jago mencari celah. Ia menduga, teman-temannya yang tak sepintar dirinya itu "ada main" dengan dosen-dosennya. "Karena mereka tak sepintar aku," ujarnya.

Banyak orangtua yang belum menyadari, di balik nilai-nilai tinggi yang dicapai anak-anaknya semasa sekolah, mereka menyandang persoalan besar: kesombongan dan ketidakmampuan menghadapi kesulitan. Bila hal ini saja tak bisa diatasi, maka masa depan ekonominya pun akan sulit.

Mungkin inilah yang perlu dilakukan orangtua dan kaum muda: belajar menghadapi realitas dunia orang dewasa, yaitu kesulitan dan rintangan.

Hadiah orangtua

Psikolog Stanford University, Carol Dweck, yang menulis temuan dari eksperimennya dalam buku The New Psychology of Success, menulis, "Hadiah terpenting dan terindah dari orangtua pada anak-anaknya adalah tantangan".

Ya, tantangan. Apakah itu kesulitan-kesulitan hidup, rasa frustrasi dalam memecahkan masalah, sampai kegagalan "membuka pintu", jatuh bangun di usia muda. Ini berbeda dengan pandangan banyak orangtua yang cepat-cepat ingin mengambil masalah yang dihadapi anak-anaknya.

Kesulitan belajar mereka biasanya kita atasi dengan mendatangkan guru-guru les, atau bahkan menyuap sekolah dan guru-gurunya. Bahkan, tak sedikit pejabat mengambil alih tanggung jawab anak-anaknya ketika menghadapi proses hukum karena kelalaian mereka di jalan raya.

Kesalahan mereka membuat kita resah. Masalah mereka adalah masalah kita, bukan milik mereka.

Termasuk di dalamnya adalah rasa bangga orangtua yang berlebihan ketika anak-anaknya mengalami kemudahan dalam belajar dibandingkan rekan-rekannya di sekolah.

Berkebalikan dengan pujian yang dibangga-banggakan, Dweck malah menganjurkan orangtua untuk mengucapkan kalimat seperti ini: "Maafkan Ibu telah membuat segala sesuatu terlalu gampang untukmu, Nak. Soal ini kurang menarik. Bagaimana kalau kita coba yang lebih menantang?"

Jadi, dari kecil, saran Dweck, anak-anak harus dibiasakan dibesarkan dalam alam yang menantang, bukan asal gampang atau digampangkan. Pujian boleh untuk menyemangati, bukan membuatnya selalu mudah.

Saya teringat masa-masa muda dan kanak-kanak saya yang hampir setiap saat menghadapi kesulitan dan tantangan. Kata reporter sebuah majalah, saya ini termasuk "bengal". Namun ibu saya bilang, saya kreatif. Kakak-kakak saya bilang saya bandel. Namun, otak saya bilang "selalu ada jalan keluar dari setiap kesulitan".




Begitu memasuki dunia dewasa, seorang anak akan melihat dunia yang jauh berbeda dengan masa kanak-kanak. Dunia orang dewasa, sejatinya, banyak keanehannya, tipu-tipunya. Hal gampang bisa dibuat menjadi sulit. Namun, otak saya selalu ingin membalikkannya. Demikianlah, hal-hal sepele sering dibuat orang menjadi masalah besar.

Banyak ilmuwan pintar, tetapi reaktif dan cepat tersinggung. Demikian pula kalau orang sudah senang, apa pun yang kita inginkan selalu bisa diberikan.

Panggung orang dewasa

Dunia orang dewasa itu adalah sebuah panggung besar dengan unfair treatment yang menyakitkan bagi mereka yang dibesarkan dalam kemudahan dan alam yang protektif. Kemudahan-kemudahan yang didapat pada usia muda akan hilang begitu seseorang tamat SMU.

Di dunia kerja, keadaan yang lebih menyakitkan akan mungkin lebih banyak lagi ditemui. Fakta-fakta akan sangat mudah Anda temui bahwa tak semua orang, yang secara akademis hebat, mampu menjadi pejabat atau CEO. Jawabannya hanya satu: hidup seperti ini sungguh menantang.

Tantangan-tantangan itu tak boleh membuat seseorang cepat menyerah atau secara defensif menyatakan para pemenang itu "bodoh", tidak logis, tidak mengerti, dan lain sebagainya. Berkata bahwa hanya kitalah orang yang pintar, yang paling mengerti, hanya akan menunjukkan ketidakberdayaan belaka. Dan pernyataan ini hanya keluar dari orang pintar yang miskin perspektif, dan kurang menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Dalam banyak kesempatan, kita menyaksikan banyak orang-orang pintar menjadi tampak bodoh karena ia memang bodoh mengelola kesulitan. Ia hanya pandai berkelit atau ngoceh-ngoceh di belakang panggung, bersungut-sungut karena kini tak ada lagi orang dewasa yang mengambil alih kesulitan yang ia hadapi.

Di Universitas Indonesia, saya membentuk mahasiswa-mahasiswa saya agar berani menghadapi tantangan dengan cara satu orang pergi ke satu negara tanpa ditemani satu orang pun agar berani menghadapi kesulitan, kesasar, ketinggalan pesawat, atau kehabisan uang.

Namun lagi-lagi orangtua sering mengintervensi mereka dengan mencarikan travel agent, memberikan paket tur, uang jajan dalam jumlah besar, menitipkan perjalanan pada teman di luar negeri, menyediakan penginapan yang aman, dan lain sebagainya. Padahal, anak-anak itu hanya butuh satu kesempatan: bagaimana menghadapi kesulitan dengan caranya sendiri.

Hidup yang indah adalah hidup dalam alam sebenarnya, yaitu alam yang penuh tantangan. Dan inilah esensi perekonomian abad ke-21: bergejolak, ketidakpastian, dan membuat manusia menghadapi ambiguitas. Namun dalam kondisi seperti itulah sesungguhnya manusia berpikir. Dan ketika kita berpikir, tampaklah pintu-pintu baru terbuka, saat pintu-pintu hafalan kita tertutup.

Jadi inilah yang mengakibatkan banyak sekali orang pintar sulit dalam menghadapi kesulitan. Maka dari itu, pesan Carol Dweck, dari apa yang saya renungi, sebenarnya sederhana saja: orangtua, jangan cepat-cepat merampas kesulitan yang dihadapi anak-anakmu. Sebaliknya, berilah mereka kesempatan untuk menghadapi tantangan dan kesulitan.



http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/04/03/0652365/Mengapa.Anak.yang.Pintar.di.Sekolah.Bisa.Alami.Kes ulitan.Ekonomi
 
  #37  
Old
babybo...
 
Posts: 221
 
Hola bun, org pinter skg sdh ngga laku bunda, yang laku org kreatif...org pinter kalah sm org beruntung. Org beruntung kalah sm org kreatif. Bunda tahu ngga filosofi knp klo kita sarjana tali topi toga di pindah dari kiri ke kanan? Mksdnya adalah swktu kuliah belahan otak kiri kita yg bnyk digunakan, tp ktk terjun ke dunia kerja, yg lbh bnyak digunakan belahan otak sblah kanan. Alias kreativitas bunda.
 
  #38  
Old
errin2...   TS 
 
Posts: 1,976
 
Replying to: View Post
Bunda erin. Sama kasus nya kyk saya. Beda nya neh ponakan cowk SD kelas 1. Ufht. Nakal nya amit.sambil elus2 perut ku. Amit jabang bayi. Suka bantah. Males sekolah. Dll. Sama deh kyk ponakan bunda. Jajan nya jg selangit. Pdhal bpk nya yg duda. Ga berpenghasilan . Alhasil mertua ama suami yg direcokin . Apalg suami ku . Mana kl minta suka merampok. Alias curi uang sndri. Byk lg. Smp uang sekolah 200 rb hbs buat jajan dia. Dan lg. Suka bohong. Pinter muter2 omongan!
Pas dl pertama2 disini. Uhft. Saya ngenes . Makan ati. Lama2 sy cuek in. Minta apa sama saya. Sy cuek aja. Tp kdng2 kl sy lg mood ya sy belikan . Tp smp skrng ponakan tetep aja gitu. Suami ama ibu nya ( mertua ) sering cekcok gara2 ponakan rempong ini
Waduuuhh hampir sama bun..
Keponakannya suami saya juga suka boong suka balik" in fakta, kdang saya mkir ko kcil" udah bgitu sih gmana gedenya nih nanti..

Bapaknya anak ini juga gk krja bun, itu yg bkin kaka ipar sama sama mantan suaminya ini cerai tp orangtuanya orang kaya, neneknya yg d sana aja kaya msh d tuduh gk ngsh makan n gk ngsh jajan apalagi nanti kalo saya yg ngurusin bsa" saya d tuduh kya gtu juga x ya..

---------- Post added at 16:05 ---------- Previous post was at 15:57 ----------

Replying to: View Post
Maaf Bunda Erin....
Jgn marah ya......
Berarti judul thread nya kurang pas deh Thread Bunda mencari jawaban cara mengatasi anak yg menurut Bunda superbandel.
Tapi kayaknya Bukan itu deh yg Bunda tekankan. Toh Bunda ga mau ngurus anak ini kan.
Jadi yah g usah cari cara untuk mengatasinya. Terus terang aja ga sanggup n g mau ngurus tuh anak. Sampaikan saja sama mertua Bunda. Kan Bunda kawatir belakang hari tuh anak bikin ulah (entah itu berbohong or yg lain) yg mana bisa menjadikan hubungan Bunda n mertua g harmonis.
Tapi Bunda sendiri lah yang punya keputusan.
Baca thread = Bunda mau cari cara mengatasi
Baca posting = Bunda g mau tau tentang anak ini. Kwatir kalau2 runyam belakang hari.
Maaf ya Bunda........!!!!!!!
Jgn marah......!!!!!
Hehehehhehehehehe
Saya nanya cara mnghadapi anak ini emg bukan untk saya sndiri pribadi, kalo saya sndiri sih emg gk mau di titipin ank ini tkt" dy ngomong yg mcm" k mrtua saya, saya cari solusi untk mnghadapi anak ini untk mrtua n suami saya biar bsa tegas ngjarin anak ini disiplin gk apa" slalu d turutin jd nya mlah ngelawan orang yg lbh tua trs,
Yaa seengganya kalo saya gk bsa ngsh solusi k mertua saya krna tkt mrtua saya trsinggung saya bsa ksh tau solusinya k suami saya soalnya emg ini anak brani nya cuma sama kdua mertua saya n suami saya aja kalo sama saya sih gk brani sama mamahnya sndiri aja gk brani krna mamahnya galak kalo sama dy, skali saya tegor aja diem dy krna tkt mgkn saya kan gk bnyak omong sama dy..

---------- Post added at 16:11 ---------- Previous post was at 16:05 ----------

Replying to: View Post
klo gt suruh suami aja yg smpaikan ke mertua, kali' aja sm suami, mertua bs ngerti...
di omongn baik2 pst ngerti kok bun..
Iya bun nanti saya blgn suami biar dy ngomong k mrtua..

Mudah"an aja gk jd ribut soalnya mrtua kalo d blgn suka slah faham sndiri suka skit hati mls nya disitu bun..
Pdhal kdang anaknya dan saya blgn untk kebaikan tp pemikiran dy mlah sebaliknya..

---------- Post added at 16:13 ---------- Previous post was at 16:11 ----------

Replying to: View Post
Bun, ini ada artikel bagus dari renald kasali mungkin bisa jadi referensi, walaupun kurang relevan, mengenai anak yang agak aktif atau susah diatur. Menurut saya keponakan bunda butuh perhatian, anak saya saja yang usianya 1 tahun 3 bulan, lumayan aktif dan sedang masuk periode tattum, memang perlu ekstra sabar menghadapi anak seperti ini, apalagi usia 7 tahun.

Mengapa Anak yang Pintar di Sekolah Bisa Alami Kesulitan Ekonomi?

Rhenald Kasali
(@Rhenald Kasali)

Seorang mahasiswi mengeluh. Dari SD hingga lulus S-1, ia selalu juara. Namun kini, di program S-2, ia begitu kesulitan menghadapi dosennya yang menyepelekannya. Judul tesisnya selalu ditolak tanpa alasan yang jelas. Kalau jadwal bertemu dibatalkan sepihak oleh dosen, ia sulit menerimanya.

Sementara itu, teman-temannya, yang cepat selesai, jago mencari celah. Ia menduga, teman-temannya yang tak sepintar dirinya itu "ada main" dengan dosen-dosennya. "Karena mereka tak sepintar aku," ujarnya.

Banyak orangtua yang belum menyadari, di balik nilai-nilai tinggi yang dicapai anak-anaknya semasa sekolah, mereka menyandang persoalan besar: kesombongan dan ketidakmampuan menghadapi kesulitan. Bila hal ini saja tak bisa diatasi, maka masa depan ekonominya pun akan sulit.

Mungkin inilah yang perlu dilakukan orangtua dan kaum muda: belajar menghadapi realitas dunia orang dewasa, yaitu kesulitan dan rintangan.

Hadiah orangtua

Psikolog Stanford University, Carol Dweck, yang menulis temuan dari eksperimennya dalam buku The New Psychology of Success, menulis, "Hadiah terpenting dan terindah dari orangtua pada anak-anaknya adalah tantangan".

Ya, tantangan. Apakah itu kesulitan-kesulitan hidup, rasa frustrasi dalam memecahkan masalah, sampai kegagalan "membuka pintu", jatuh bangun di usia muda. Ini berbeda dengan pandangan banyak orangtua yang cepat-cepat ingin mengambil masalah yang dihadapi anak-anaknya.

Kesulitan belajar mereka biasanya kita atasi dengan mendatangkan guru-guru les, atau bahkan menyuap sekolah dan guru-gurunya. Bahkan, tak sedikit pejabat mengambil alih tanggung jawab anak-anaknya ketika menghadapi proses hukum karena kelalaian mereka di jalan raya.

Kesalahan mereka membuat kita resah. Masalah mereka adalah masalah kita, bukan milik mereka.

Termasuk di dalamnya adalah rasa bangga orangtua yang berlebihan ketika anak-anaknya mengalami kemudahan dalam belajar dibandingkan rekan-rekannya di sekolah.

Berkebalikan dengan pujian yang dibangga-banggakan, Dweck malah menganjurkan orangtua untuk mengucapkan kalimat seperti ini: "Maafkan Ibu telah membuat segala sesuatu terlalu gampang untukmu, Nak. Soal ini kurang menarik. Bagaimana kalau kita coba yang lebih menantang?"

Jadi, dari kecil, saran Dweck, anak-anak harus dibiasakan dibesarkan dalam alam yang menantang, bukan asal gampang atau digampangkan. Pujian boleh untuk menyemangati, bukan membuatnya selalu mudah.

Saya teringat masa-masa muda dan kanak-kanak saya yang hampir setiap saat menghadapi kesulitan dan tantangan. Kata reporter sebuah majalah, saya ini termasuk "bengal". Namun ibu saya bilang, saya kreatif. Kakak-kakak saya bilang saya bandel. Namun, otak saya bilang "selalu ada jalan keluar dari setiap kesulitan".




Begitu memasuki dunia dewasa, seorang anak akan melihat dunia yang jauh berbeda dengan masa kanak-kanak. Dunia orang dewasa, sejatinya, banyak keanehannya, tipu-tipunya. Hal gampang bisa dibuat menjadi sulit. Namun, otak saya selalu ingin membalikkannya. Demikianlah, hal-hal sepele sering dibuat orang menjadi masalah besar.

Banyak ilmuwan pintar, tetapi reaktif dan cepat tersinggung. Demikian pula kalau orang sudah senang, apa pun yang kita inginkan selalu bisa diberikan.

Panggung orang dewasa

Dunia orang dewasa itu adalah sebuah panggung besar dengan unfair treatment yang menyakitkan bagi mereka yang dibesarkan dalam kemudahan dan alam yang protektif. Kemudahan-kemudahan yang didapat pada usia muda akan hilang begitu seseorang tamat SMU.

Di dunia kerja, keadaan yang lebih menyakitkan akan mungkin lebih banyak lagi ditemui. Fakta-fakta akan sangat mudah Anda temui bahwa tak semua orang, yang secara akademis hebat, mampu menjadi pejabat atau CEO. Jawabannya hanya satu: hidup seperti ini sungguh menantang.

Tantangan-tantangan itu tak boleh membuat seseorang cepat menyerah atau secara defensif menyatakan para pemenang itu "bodoh", tidak logis, tidak mengerti, dan lain sebagainya. Berkata bahwa hanya kitalah orang yang pintar, yang paling mengerti, hanya akan menunjukkan ketidakberdayaan belaka. Dan pernyataan ini hanya keluar dari orang pintar yang miskin perspektif, dan kurang menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Dalam banyak kesempatan, kita menyaksikan banyak orang-orang pintar menjadi tampak bodoh karena ia memang bodoh mengelola kesulitan. Ia hanya pandai berkelit atau ngoceh-ngoceh di belakang panggung, bersungut-sungut karena kini tak ada lagi orang dewasa yang mengambil alih kesulitan yang ia hadapi.

Di Universitas Indonesia, saya membentuk mahasiswa-mahasiswa saya agar berani menghadapi tantangan dengan cara satu orang pergi ke satu negara tanpa ditemani satu orang pun agar berani menghadapi kesulitan, kesasar, ketinggalan pesawat, atau kehabisan uang.

Namun lagi-lagi orangtua sering mengintervensi mereka dengan mencarikan travel agent, memberikan paket tur, uang jajan dalam jumlah besar, menitipkan perjalanan pada teman di luar negeri, menyediakan penginapan yang aman, dan lain sebagainya. Padahal, anak-anak itu hanya butuh satu kesempatan: bagaimana menghadapi kesulitan dengan caranya sendiri.

Hidup yang indah adalah hidup dalam alam sebenarnya, yaitu alam yang penuh tantangan. Dan inilah esensi perekonomian abad ke-21: bergejolak, ketidakpastian, dan membuat manusia menghadapi ambiguitas. Namun dalam kondisi seperti itulah sesungguhnya manusia berpikir. Dan ketika kita berpikir, tampaklah pintu-pintu baru terbuka, saat pintu-pintu hafalan kita tertutup.

Jadi inilah yang mengakibatkan banyak sekali orang pintar sulit dalam menghadapi kesulitan. Maka dari itu, pesan Carol Dweck, dari apa yang saya renungi, sebenarnya sederhana saja: orangtua, jangan cepat-cepat merampas kesulitan yang dihadapi anak-anakmu. Sebaliknya, berilah mereka kesempatan untuk menghadapi tantangan dan kesulitan.



http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/04/03/0652365/Mengapa.Anak.yang.Pintar.di.Sekolah.Bisa.Alami.Kes ulitan.Ekonomi
Makasih ya bun artikelnya
Nanti saya ksh liat suami biar dy ngerti dan bsa blgn juga k mrtua ..
 
  #39  
Old
Sunflo...
 
Posts: 298
 
Bund, sy kasih saran. bgaman klo keponakannya, dititip di bunda 2 minggu, trus di bpk kandung nya 2 minggu. ya itu klo terpaksa bgt, ktika qt gk bisa nolak lg apa mau mertua and suami. jd usahakn kompromi supaya klo 'stress' gk lama2.
trus bunda, bilang ama mertua and suami, jika anak itu nanti dititip di bunda, bgamana bunda akan bersikap pd anak itu, misal kyk mslh belajar, bicarakn bgmna bunda akan menyikapi anak itu nantinya, yakni bunda hanya akan bantu, bukan mengerjakan utk dia. trus mslh uang jajan, bunda bilang, bhwa bunda mw membimbing dy utk hidup prihatin dan sederhana, jd kalau menurut bunda jajannya sudh agk brlebihan, terpaksa tdk akan dituruti. trus mslh dy khwtir nanti bohong ke mertua, lbih baik bunda duluan yg lapor tiap hari ke mertua, lwt sms/tlpn. Hari ni ada kjadian apa dan dy apa aja 'kumat' nya, trus hari berikutnya jg sama, trus2an bunda laporkn perkembangannya ke mertua, skalian buang uneg2 tp sambil merangkai kata yg cukup enak didenger. hehehe.. jd klo mertua pulang, trus ponakan mgatakan kebohongan ke mertua, ya mertua gkan lgsg percaya karna dapet live report trus dr kita. hehehe.

klo dy bohong dan mertua percaya ama dy. sbaiknya bunda-suami-mertua-keponakan dikumpulkan dlm 1 ruang utk dialog, utk cek kebenarannya. ktika kbohongan dy terbongkar lgsg didepan smua aktor, dy akan belajar ttg rasa malu.

umur sgitu memg harusnya udh transisi ke pendidikan dg sft tegas. tp ktika qt tegas, bukan brarti qt mengabaikn prasaanya, ada baiknya bunda jg belajar dekat dgn dy, sesuai kapasitas bunda aja. misal, tanya apa sj aktivitas dy di sekolah, cita2 dy apa, dll hingga sampai titik dy mw jujur bgmna prasaannya dgn penyikapan kedua ortunya ke dy, coz jujur, sy jg broken home,tp cenderung ke arah pendiem bukan 'pemberontak'. bgmana pun tipe anak broken home, mw pendiem, periang atw pemberontak, dlm hatinya sesungguhnya dy mendambakan khidupan normal sbgmna yg dy lihat dr teman2nya (pengakuan adik laki sy.hehehe). pokoknya, bunda sebenarnya dikasih ujian oleh Tuhan, apkh mw menolong anak ni atw mencampakkan nya sprt ortunya yg menelantarknnya scra emosional dan material.


dlm ilmu psikologi jg dikatakan ktika qt punya anak, satu hal yg harus qt ingat, JANGAN BERHARAP ANAK MENJADI PENURUT. karna ktika kecil, mreka berada pd masa observasi. makanya yg bisa qt lakukan adlh mengajak dy kerja sama, gk bisa dgn gaya diktator atw pun gaya tuan putri.

gt bund, moga membantu ya..
 
  #40  
Old
debbie...
 
Posts: 443
 
Replying to: View Post
klo gt suruh suami aja yg smpaikan ke mertua, kali' aja sm suami, mertua bs ngerti...
di omongn baik2 pst ngerti kok bun..
iya bun, mdh2an mrtua ngerti ya...
kan demi kbaikan brsama.
mngkn mrtua manjaain dia krn ksihan krn org tuax sndiri g mmperhatikan. sharusx masalah kyk gni hrs di rembuk brsama, ma2x ank itu gak boleh sprt itu, asl lps tngan. gmnpun itu darah dagingx, hrsx kluarga mnasehati ma2 dr ank itu.
 
  #41  
Old
Vini H...
 
Posts: 392
 
Bundaaa senasib sama saya, tenang bunda gak sendirian kok gkgkgkggk awalnya saya juga udah lah cuekin aja mikirnya, tapi makin lama makin bikin MAKAN ATI sumpah deh. kasus nya sama persis kayak kasus bunda gitu.
Tapi bener kata Bunda Ika, tuh anak pasi gak nakal kalo gak ada mertua bunda dan ortunya. yakin deh saya. karena emang anak kyk gini sebenrnya caari perhatian aja krn kebiasaan dimanjain, sedangkan kalo sama kita kan di gak pernah dapat perhatian lebih ...
 
  #42  
Old
errin2...   TS 
 
Posts: 1,976
 
Replying to: View Post
Bund, sy kasih saran. bgaman klo keponakannya, dititip di bunda 2 minggu, trus di bpk kandung nya 2 minggu. ya itu klo terpaksa bgt, ktika qt gk bisa nolak lg apa mau mertua and suami. jd usahakn kompromi supaya klo 'stress' gk lama2.
trus bunda, bilang ama mertua and suami, jika anak itu nanti dititip di bunda, bgamana bunda akan bersikap pd anak itu, misal kyk mslh belajar, bicarakn bgmna bunda akan menyikapi anak itu nantinya, yakni bunda hanya akan bantu, bukan mengerjakan utk dia. trus mslh uang jajan, bunda bilang, bhwa bunda mw membimbing dy utk hidup prihatin dan sederhana, jd kalau menurut bunda jajannya sudh agk brlebihan, terpaksa tdk akan dituruti. trus mslh dy khwtir nanti bohong ke mertua, lbih baik bunda duluan yg lapor tiap hari ke mertua, lwt sms/tlpn. Hari ni ada kjadian apa dan dy apa aja 'kumat' nya, trus hari berikutnya jg sama, trus2an bunda laporkn perkembangannya ke mertua, skalian buang uneg2 tp sambil merangkai kata yg cukup enak didenger. hehehe.. jd klo mertua pulang, trus ponakan mgatakan kebohongan ke mertua, ya mertua gkan lgsg percaya karna dapet live report trus dr kita. hehehe.

klo dy bohong dan mertua percaya ama dy. sbaiknya bunda-suami-mertua-keponakan dikumpulkan dlm 1 ruang utk dialog, utk cek kebenarannya. ktika kbohongan dy terbongkar lgsg didepan smua aktor, dy akan belajar ttg rasa malu.

umur sgitu memg harusnya udh transisi ke pendidikan dg sft tegas. tp ktika qt tegas, bukan brarti qt mengabaikn prasaanya, ada baiknya bunda jg belajar dekat dgn dy, sesuai kapasitas bunda aja. misal, tanya apa sj aktivitas dy di sekolah, cita2 dy apa, dll hingga sampai titik dy mw jujur bgmna prasaannya dgn penyikapan kedua ortunya ke dy, coz jujur, sy jg broken home,tp cenderung ke arah pendiem bukan 'pemberontak'. bgmana pun tipe anak broken home, mw pendiem, periang atw pemberontak, dlm hatinya sesungguhnya dy mendambakan khidupan normal sbgmna yg dy lihat dr teman2nya (pengakuan adik laki sy.hehehe). pokoknya, bunda sebenarnya dikasih ujian oleh Tuhan, apkh mw menolong anak ni atw mencampakkan nya sprt ortunya yg menelantarknnya scra emosional dan material.


dlm ilmu psikologi jg dikatakan ktika qt punya anak, satu hal yg harus qt ingat, JANGAN BERHARAP ANAK MENJADI PENURUT. karna ktika kecil, mreka berada pd masa observasi. makanya yg bisa qt lakukan adlh mengajak dy kerja sama, gk bisa dgn gaya diktator atw pun gaya tuan putri.

gt bund, moga membantu ya..
Iya bun,
Masalahnya mrtua saya ini agak sdkit keras bun pikirannya..

Prnah wktu itu bapaknya si anak ksni ngjelasin smua nya kalo bapaknya itu ngsh uang jajan gk cuma 5rb tp lbh, dan makan juga gk d batesin ko dy bebas makan d rmh bahkan wktu itu keadaan si anak lg d bawa k KFC untk makan fried chicken kesukaannya ko bsa" nya ngomong gtu k neneknya bahkan bapaknya smpe sumpah" tp bumer gk prcaya , pikiran bumer tuh dy msh kcil anak kecil gk mungkin boong, naahh itu buktinya aja bsa boong kan jangan kolot lah pkirannya, itu yg bkin saya mls kalo d titipin anak itu psti kga bakalan prcaya sama saya bun,


Saya dh blg k suami n mrtua kalo anak itu d titipin k bapaknya aja tp bumer bnyak bgt alesannya yg intinya dh gk prcaya lg sama bapaknya tuh anak tkt tuh anak gk d ksh jajan n makan lg, kalo gk d ksh makan n jajan masa plg" dr sana gemuk sih badan nya lucu bgt deh,
Maunya d titipin k saya tp kalo gk prcayaan mndgn gk usah dh ntar saya d tuduh" kya bapaknya lg duuuhh ngeri bgt..

---------- Post added at 21:09 ---------- Previous post was at 21:01 ----------

Replying to: View Post
iya bun, mdh2an mrtua ngerti ya...
kan demi kbaikan brsama.
mngkn mrtua manjaain dia krn ksihan krn org tuax sndiri g mmperhatikan. sharusx masalah kyk gni hrs di rembuk brsama, ma2x ank itu gak boleh sprt itu, asl lps tngan. gmnpun itu darah dagingx, hrsx kluarga mnasehati ma2 dr ank itu.
Iya bun makanya wktu itu saya smpet kesel juga bun sampe ngomong gini k suami "kan dy ada ibu bapaknya ya ksh aja k ibu nya kalo gk titipin k bapaknya gk sanggup ah kalo hrs ngurusin anak bandelnya kya gtu kalo bsa d atur sih gapapa aku mau ini d suruh skolah aja susah bgt nglawan mulu" saya blg gtu k suami tp suami diem aja abis mau gmana lg dy gk blh paksain saya kalo saya gk mau..
Lgian mrtua juga slah bun apa aja d turutin jajan apa aja d beliin wlwpun lg gk pnya uang sama skali kdang sampe minjem duit k saya ya saya sih gk mslah ya tp kan kdang suka ksian sama mrtua..

---------- Post added at 21:14 ---------- Previous post was at 21:09 ----------

Replying to: View Post
Bundaaa senasib sama saya, tenang bunda gak sendirian kok gkgkgkggk awalnya saya juga udah lah cuekin aja mikirnya, tapi makin lama makin bikin MAKAN ATI sumpah deh. kasus nya sama persis kayak kasus bunda gitu.
Tapi bener kata Bunda Ika, tuh anak pasi gak nakal kalo gak ada mertua bunda dan ortunya. yakin deh saya. karena emang anak kyk gini sebenrnya caari perhatian aja krn kebiasaan dimanjain, sedangkan kalo sama kita kan di gak pernah dapat perhatian lebih ...
Iya bun..
Sama saya sih gk brani dy bgitu soalnya saya kalo sama dy gk bnyak ngomong tp skalinya ngomong bsa bkin dy diem..
Kya kmrn aja dy gadoin lauk untk makan dan gadoinnya tuh jorok d obok" pke tangan gk cuci tangan dlu saya giniin aja "pisah dong makannya pake piring lain kan itu buat makan yg laen juga" eehh trs dy lgsung diem , mgkn agak tkt sama saya x ya..
 
  #43  
Old
debbie...
 
Posts: 443
 
Replying to: View Post
Iya bun,
Masalahnya mrtua saya ini agak sdkit keras bun pikirannya..

Prnah wktu itu bapaknya si anak ksni ngjelasin smua nya kalo bapaknya itu ngsh uang jajan gk cuma 5rb tp lbh, dan makan juga gk d batesin ko dy bebas makan d rmh bahkan wktu itu keadaan si anak lg d bawa k KFC untk makan fried chicken kesukaannya ko bsa" nya ngomong gtu k neneknya bahkan bapaknya smpe sumpah" tp bumer gk prcaya , pikiran bumer tuh dy msh kcil anak kecil gk mungkin boong, naahh itu buktinya aja bsa boong kan jangan kolot lah pkirannya, itu yg bkin saya mls kalo d titipin anak itu psti kga bakalan prcaya sama saya bun,


Saya dh blg k suami n mrtua kalo anak itu d titipin k bapaknya aja tp bumer bnyak bgt alesannya yg intinya dh gk prcaya lg sama bapaknya tuh anak tkt tuh anak gk d ksh jajan n makan lg, kalo gk d ksh makan n jajan masa plg" dr sana gemuk sih badan nya lucu bgt deh,
Maunya d titipin k saya tp kalo gk prcayaan mndgn gk usah dh ntar saya d tuduh" kya bapaknya lg duuuhh ngeri bgt..

---------- Post added at 21:09 ---------- Previous post was at 21:01 ----------



Iya bun makanya wktu itu saya smpet kesel juga bun sampe ngomong gini k suami "kan dy ada ibu bapaknya ya ksh aja k ibu nya kalo gk titipin k bapaknya gk sanggup ah kalo hrs ngurusin anak bandelnya kya gtu kalo bsa d atur sih gapapa aku mau ini d suruh skolah aja susah bgt nglawan mulu" saya blg gtu k suami tp suami diem aja abis mau gmana lg dy gk blh paksain saya kalo saya gk mau..
Lgian mrtua juga slah bun apa aja d turutin jajan apa aja d beliin wlwpun lg gk pnya uang sama skali kdang sampe minjem duit k saya ya saya sih gk mslah ya tp kan kdang suka ksian sama mrtua..

---------- Post added at 21:14 ---------- Previous post was at 21:09 ----------



Iya bun..
Sama saya sih gk brani dy bgitu soalnya saya kalo sama dy gk bnyak ngomong tp skalinya ngomong bsa bkin dy diem..
Kya kmrn aja dy gadoin lauk untk makan dan gadoinnya tuh jorok d obok" pke tangan gk cuci tangan dlu saya giniin aja "pisah dong makannya pake piring lain kan itu buat makan yg laen juga" eehh trs dy lgsung diem , mgkn agak tkt sama saya x ya..
smp segitux mertuax bunda, kasihan jg...
suami memang hrs srg2 di ksh tau bun, aplg dg kondisi bunda yg sedang hamil. semoga lama2 suami mengerti ya bun...
gmnpun ank adlh tnggung jwb org tuax.
bikinx enk, tp ngurusx gak mau, malah lepas tngan kyk gt.
 
  #44  
Old
errin2...   TS 
 
Posts: 1,976
 
Replying to: View Post
smp segitux mertuax bunda, kasihan jg...
suami memang hrs srg2 di ksh tau bun, aplg dg kondisi bunda yg sedang hamil. semoga lama2 suami mengerti ya bun...
gmnpun ank adlh tnggung jwb org tuax.
bikinx enk, tp ngurusx gak mau, malah lepas tngan kyk gt.
Iya bun saya bingung hrs gmana lg..
Td sore suami nanyain lg bun katanya gini "mamah dh nanyain lg tuh katanya kamu mau gk ngurusin nisa"..
Trs saya jwb "gk tau deh bingung, aku bukannya gk mau ngurusin dy tp aku tkt gk bsa ngatur dy dlm urusan skolah soalnya anaknya gk bsa d atur lagian aku kan hamilnya dh gede bgt tiap hri hrs anter jmput dy skolah pake motor kan cape skolahnya lumayan jauh"..
Trs kata suami "yailah gapapa orang untk sementara aja"..
Trs sya blg "nisa titipin aja k bapaknya atau k ibunya aku gk sanggup ngurusin dy kamu tau sndiri kan aku ngurusin kamu sama ngurus diri sndiri aja cape apalagi hrs ngurus kponakan kamu yg gk bsa d atur"..
Trs kata suami "gk bsa kalo d titipin k bapaknya nanti dy jd sakit dsana gk ada yg ngurusin yg ngurusin cuma pembantu gk keurus jajan sama makannya, d titipin d mamahnya juga gk bsa kan mamahnya dh pnya anak 2 masa hrs ngurusin dy lg"
Trs saya blg gini "kan itu anaknya sndiri resiko dy sndiri pnya anak bnyak msh kcil" trs hrs aku yg pusing tanggung jwb gtu ?" Saya gtuin suami diem aja bun..
Bingung saya di desek suami n mrtua trs buat ngurusin anak itu hrs nolak gmana lg saya bun ya allah
 
  #45  
Old
debbie...
 
Posts: 443
 
iya bun, kudu di tegasin. lah kan jg utk sementara di kasihkan ibu ato bpkx, smp ibu mertua balik lg. sy jg hml bsr bun, ngurus suami sm ngurus rmh aja sdh ngos2an, aplg ngurusn ank yg bandel. klo gak bndel sih gpp, bs di atur.
ibux jg gak lg hml kan...
apx yg susah ngurusn ank, itu sdh jd kwajibanx. kok jd mikirin ibux, bkn mikirin keadaan bunda.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
gimana ya bunda cara sabar menghadapi anak",,,ngerapat disini yuk bunda all -- Ngobrol Apa Saja 2
mitos:anak pertama jadi nda bandel lg jka punya dede baru -- Diskusi Umum 2
Menghadapi Anak Manja -- Ngobrol Apa Saja 4
cara menghadapi tetangga aneh -- Ngobrol Apa Saja 49


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:10.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com