Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
MamaKi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 627
Exclamation Pertolongan pertama jika bayi bunda jatuh

Pernah gak bunda melihat tiba-tiba bayi bunda jatuh? Sebaiknya jangan langsung digendong, tapi pastikan dulu bagaimana kondisinya. Yang pasti, saat si kecil terjatuh, jangan hanya mengkhawatirkan bagian kepala saja, karena semua anggota tubuhnya memiliki risiko yang sama untuk mengalami benturan yang dapat membahayakannya. Ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan jika bunda melihat bayi bunda terjatuh :

1. Perhatikan bagian mana dari tubuh bayi bunda yang mengalami benturan
2. Ingat proses jatuhnya, apa langsung menghujam ke lantai atau terbentur sesuatu terlebih dahulu baru ke lantai
3. Pastikan dari ketinggian berapa meter bayi bunda terjatuh dan media apa yang menjadi tempat pendaratannya.
4. Lihat dan perhatikan baik-baik kondisi bayi bunda. Apa setelah hatuh langsung menangis dan menggerak-gerakkan semua anggota badannya? Jika ya, bunda bisa langsung menggendong untuk menenangkannya. Nah setelah bayi bunda tenang, baru lakukan observasi
Observasi yang perlu dilakukan :
1. Cari dan ingat bagian mana saja yang lebam/benjol/memar di seluruh anggota badan bayi bunda. Jika menemukan benjolan di kepala atau memar di badan, boleh diobati dengan obat antitrauma oles. Kalau tidak ada, tapi bayi menangis saat dipegang, larikan segera ke RS terdekat.
2. Coba bunda gerakkan kedua tangan bayi, ke samping, atas, bawah, depan lalu rentangkan dan angkat-angkat. Jika ada keluhan pastiin di tangan yang mana dan saat dalam posisi seperti apa. Ini sebagai bahan untuk dilaporkan ke dokternya.
3. Lakukan juga hal yang sama pada kakinya yah bunda
4. Tengokkan kepala dan badan bayi ke kanan dan kiri. Coba dekatkan dagu bayi ke dada perlahan. Jika ada keluhan catat dan laporkan ke dokter.
5. Observasi ini perlu dilakukan selama 2x24 jam. Jika dalam kurun waktu itu ada keluhan, apalagi sampai muntah dengan menyembur, cepat larikan ke RS terdekat yah bunda.
6. Sebaliknya bila setelah jatuh dalam keadaan sadar tapi pasif (apalagi tidak menggerak-gerakkan anggota badannya) jangan mengangkatnya. Hubungi UGD RS terdekat atau 118 untuk minta pertolongan paramedis. Ingat, salah mengangkat dalam kondisi seperti ini dapat beresiko fatal.

Nah bunda, sekian info pertolongan pertama bayi jatuh yang bisa aku bagi. Kalau ada pertanyaan lain boleh ditanya disini, atau bunda juga boleh loh bagi pengalaman waktu bayi bunda jatuh dan cara bunda menanganinya seperti apa. Pertanyaan nya insya Allah kujawab sebisa aku yah bunda. Salam sehat dariku bunda.

sumber
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Ini nih pertolongan pertama yg harus dilakuin saat terkena demam berdarah -- Area Promosi 0
Hemat 25 Juta Jika Bayi diberikan ASI Eksklusif 2 Tahun -- Diskusi Umum 6
Stress Bayi Meningkat Jika 6 Jam Baru Lahir dipisahkan dari Ibu -- Diskusi Umum 3
Persiapan Kehamilan Jika Ingin Memiliki Bayi Perempuan -- Ngobrol Apa Saja 1
Persiapan Kehamilan Jika Ingin Memiliki Bayi Perempuan -- Ngobrol Apa Saja 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 15:24.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com