Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
pelang...   TS 
 
Location: sleman
Posts: 23
Default Mendidik anak dalam kandungan

Nikmat yg ALLAH berikan kpd seorang perempuan sungguh luar biasa, ALLAH memberikan talenta majemuk kpd seorng wanita/ perperan ganda dalam hidup.
nikmat ketika perempuan menjadi hamba ALLAH, mendirikan sholat, puasa, bersedekah dan menjaga iffah(kehormatan) dan izzah(harga diri), kemudian nikmat saat ALLAH mempertemukania dgn jodohnya (suami) menikah kemudian berperan sbgai istri, melayani suami sepenuh hati karena ALLAH agar semua bernilai ibadah, dan nikmat yg tak kalah luar biasa adalah ketika ALLAH memberi kepercayaan kepadanya mengandung(hamil).
salah satu peran berat yg harus dilalui perempuan adalah saat ia hamil, dimana ia harus mengandung selama 9 bln, membawa janin mulai dari ons smpai kilo dlm perut, ketika tidur kadang ia serba salah, kadang mengalami mual muntah dan lemas, kemudian saat melahirkan dgn rasa sakit dan taruhan nyawa maka layak nya surga itu dibawah telapak kaki ibu,subhanallah...

Lahirnya anak yg sholih, tdk terlepas dari peran ibu ketika ia mengandung. apa saja yg harus dilakukan ibu ketika mengandung?
berikut adalah amalan yg sebaiknya dilakukan ibu ketika mengandung agar anak yg dilahirkan menjadi anak yg sholih, Aamiin, insyaALLAH.
1. perbanyak bersyukur
bersyukur bukan hanya dangan ucapan tp jg perilaku
2.perbanyaklah berdoa
berdoalah untuk sang janin, walau ia blm lahir ia dapat merasakan doa-doa yg dipanjatkan oleh ayah ibunya, salah satunya doa nabi zakariya yg tercantum dlm QS.Ali imron:38 , QS.As shaafaat:100 , QS.An nahl:78
3.Didik anak walau ia masih dalam kandungan
mendidik anak dlm islam dimulai ketika ia masih dlm kandungan.
Ajak janin berbicara krna indra pendengaran mulai berkembang pada minggu ke8 sampai 24, indra pendengaran yg dibantu oleh air ketuban yg merupakan penghantar suara yg paling baik, janin akan mulai mendengar suaraaliran darah melalui plasenta, suara denyut jantungdan suara udara dlm usus, selain itu janin akan bereaksi thd suara2 keras bahkan bisa membuat janin terkejut melompat, untuk itu disarankan mengajak berbicara dgn menusap lembut perut terutama saat organ janin sudah berfungsi baik, ketika akan berwudhu atau sholah ajak lah janin berbicara. "nak, ibu mau wudhu dan sholat dulu ya karena ini adalah kewajiban muslim beribadah pada ALLAH, ALLAH adalah tuhan kita" dan biasanya janin akan merespon dgn tendangan ke arah perut ibu, subhanallah...
disarankan ibu perbanyak Membaca ALQur'an, diharapkan janin dgn janin yg dibiasakan oleh ibunya memperdengarkan tilawah akan merangsang fungsi pendengaran baik dan dan menjadi anak yg mudah menghafal Al Qur'an sehingga bisa mengamalkan Al Qur'an.
ibu jg disarankan sering mengikuti kajian keislaman dan kebaikan lainnya. selain itu perilaku orangtua ketika ibu mengandung akan berpengaruh besar pada janin, memperbanyak ibadah akan memberikan pengaruh positif pada janin.
4.jaga emosi dan perilaku
emosi ibu saat hamil akan berpengaruh jg pada janin maka hendaklah ibu menjaga emosinya, berusaha untuk selalu sabar, tidak mudah marah dan menjaga lisan, tidak mengeluarkan kata2 kotor krn janin pun dapat merasakan emosi ibu yg sedang marah, mengumpat dan perbuatan buruk lainnya. jika orang tua berperilaku baik maka diharapkan anak jg meniru perilaku baik orang tuanya
5. memperbanyak asupan makanan
berikanlah makanan yg halal dan jg dari rezeki yg didapat dari usaha yg halal dan jg makanan yg menyehatkan lagi bergizi untuk dimakan ibu agar janin yg dikandungnya berkembang dgn baik dan sehat.
6. periksakan kandungan
usahakan periksa kesehatan kandungan pada dokter atau bidan

(diambil dari berbagai sumber)
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Sharre...
 
Location: Malang
Posts: 715
 
bunda... nice info bun... ak simpen page ini yah bun? sblumx ak ijin dlu mw copas....
 
UK 45 1L 3n
  #3  
Old
Lilih ...
 
Location: Bantul, Yogyakarta
Posts: 1,001
 
up up up
 
  #4  
Old
MamaJa...
 
Posts: 130
 
Izin copas ke hp buat baca2 ya bun :*
 
Those who happily leave everything in Allah's hand will eventualy see Allah's hand in everything.
Because worry ends where, faith begins.
  #5  
Old
adinda...
Non-aktif
 
Posts: 245
 
  1. Ramai dan hiruk-pikuk. Bagi janin, rahim ibu bukanlah tempat yang sepi. Selain "dihibur" oleh suara aliran darah, ia terbiasa mendengarkan "orkestra" detak jantung dan proses pencernaan ibu. Juga suara ibu saat bercakap-cakap. Para pakar menyarankan ibu hamil bercakap-cakap dengan janin sesering mungkin sambil memberi rangsang sentuhan. Selain hubungan dengan janin, terjalin lebih erat ini juga merangsang otak janin. Kegiatan mendidik sekaligus menghibur untuk janin yang juga bisa Anda lakukan?! Membacakan buku cerita pada malam hari sebelum Anda tidur.
  2. Sensasi sentuhan. Di usia 8 minggu, sensitivitas janin terhadap sentuhan mulai terbentuk. Bagian tubuh pertama yang mulai merasakan sentuhan adalah area yang terbilang sensitif pada orang dewasa, seperti pipi, area genital, telapak tangan dan telapak kaki.
  3. Tidak berlebihan. Meskipun memberi rangsang adalah salah satu teknin mendidik janin dalam rangka memberi "makanan" pada otak, Anda sebaiknya juga bersikap bijak: tidak berlebihan. Anda perlu mengasah kepekaan juga, saat mengajarkan sesuatu kepada anak dalam kandungan Anda. Perhatikan waktu kegiatan dilakukan, durasi dan intensitas. Sebaiknya tidak berlebihan, lakukan ketika Anda sedang rileks, lakukan ketika janin dalam keadaan aktif. Lakukan paling lama 10 - 15 menit.
begitulah kira2 cara mendidik anak sejak dalam kandungan bun..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
ebook Rahasia mencerdaskan otak anak sejak dalam kandungan -- Area Promosi 0
Optmalkan Kecerdasan otak anak selagi dalam kandungan -- Area Promosi 0
Doa untuk anak masih dalam kandungan -- Ngobrol Apa Saja 40
cara mendidik anak dalam kandungan -- Diskusi Umum 4
mendidik anak -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:46.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com