Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
mammam...
 
Location: Madiun
Posts: 615
 
Saya bersyukur punya bapak-ibu mertua yang baik, menganggap saya sebagai anaknya sendiri. Maklum, mereka haya punya 2 anak cowok. Malah sekarang saya dan suami punya anak cewek, jadi kasih sayang mereka bertambah-tambah ke kami bertiga.
Padahal kami berbeda bangsa, negara, suku, adat.

Balik lagi ke cerita bunda,
kalau boleh saya menyarankan, lebih baik tak usah sering bertemu jika hanya membuat hati terluka. Yang penting bunda dan suami solid. Sampaikan secara baik kepada suami mengenai keberatan bunda. Sekali-sekali saja bunda berkunjung atau bunda bisa mengunjunginya dengan suami, dan tak perlu berlama-lama. Seperlunya dan secukupnya. Bunda punya kehidupan sendiri, dengan suami.

Dan jangan sampai juga bunda balas mengolok-memaki mertua. Dibawa ke dalam doa saja, bunda.

Semoga berkenan.
 
http://miajoehalsen.blogspot.com
  #17  
Old
bunda ...
 
Posts: 423
 
Mmmmm...srem2 bgt ya bund ibu mertua nya,,,klo aku Allhamdulillah ibu,bapa,ade dan kaka ipar baik semua,,aku tinggal di rumah mertua 4 tahun dan ga pernah ada konflik,,tetangga aj ampe heran kok aku bisa deket dan kompak sama ipar,,aku uda anggep mereka seperti keluarga kandung aku aj karna aku anak tunggal dan ibu kandung ku jauh di luar kota,,klo aku sampe di intimidasi sama keluarga suami seperti bund2 yang lain,,pasti aku stress buanget berasa hidup di neraka mungkin yaa,,yg ada suami jdi pelampiasan padahal kan itu ga sepenuhnya salah dia ,,berarti aku harus banyak2 bersyukur ya bund,,aku cuma bisa berdoa smg bunda2 dikasi ekstra kesabran smg dari sabr nya kita Allah memberikan hadiah terindah dalam pernikahan bund2,,,amiiin,,
 
  #18  
Old
Vini H...
 
Posts: 392
 
Kalo aku dari awal menikah sampe skrg udah setahun tinggal dengan mertua dan kakak ade ipar. Tapi Alhamdulillah Bun nggak pernah ada masalah yang gede banget gituu.. Kalo ada salah paham dikit mah yaa wajar, sama keluarga kandung aja sering ada masalah apalagi dengan keluarga suami yang baru adaptasi.

Aku sekarang baru hamil 8w. Alhamdulillah banget mertuaku (kebetulan hanya ibu krn ayah mertua sudah meninggal lama) nggak pernah rewel ini itu. Malah aku sering sharing dengan mertua tentang kehamilan.

Kuncinya sih Jangan terlalu sering diambil hati. Tapi kalo emang mertuanya sudah agak keterlaluan lebih baik setelah introspeksi diri kita justru harus bisa lebih mengambil hati mertua bukan malah menjauhinya. Percaya Bun.. setiap kesabaran akan berbuah hasil yang indah. kesampingkan dulu rasa ego dan sakit hati. Sekeras-keras hati manusia pasti ada titik lemahnya bun. Belajar menganggap mertua itu adalah orangtua kita sendiri.

#sorry panjang bun, bukan menggurui tapi saya pun merasakan hidup tinggal dengan mertua
 
  #19  
Old
kaylak...   TS 
 
Posts: 9
Default Mertua sensitif dan curigaan ditambah pembantu tukang fitnah

yaaa gimana ya Bund, teorinya memang kita harus toleransi dan tenggang rasa tapi gimana ya bund mertuaku itu orangnya susah bangeet bund. Aku uda berusaha toleransi dan tenggang rasa tapi sulit, apalagi aku dapet jackpot papa mertuaku juga punya sifat yang aneh + keluarga suamiku juga aneeh sampai pembantunya juga aneh. Jacpottt bangeeeeeet deh pokoknya. Puncaknya kemarin sekitar 2 minggu lalu :

1. Kebetulan awal oktober suamiku ulang tahun dan tepat pada tanggal ulang tahunnya aku tidak tahu apakah kebetulan atau tidak, aku dan suami dapat klien besar mau tidak mau pulangnya sore banget, mau tidak mau kalau mau ke rumah ibu mertua di atas jam lima sore, tapi suami menolak kerumah ibu mertua dan lebih memilih membenarkan hp-nya yang rusak. (jadi bukan salahku yaah, aku sudah menawarkan suami untuk pulang ke rumah ibunya)
2. Besoknya (kebetulan bertepatan dengan hari ulang tahun pernikahan kami), kami berdua ke rumah ibu mertua dan di sana ibu mertua (sambil menahan nangis) memberi kado selamat ulang tahun (lucu deh saat dibuka hanya tertulis selamat ulang tahun pernikahan (suamiku) tanpa namaku), dan selama di rumahku itu pembantu ibu mertuaku yang tua sok2 mengguruiku. Maaf yaaa mbok kalau klien itu kan kita ga tau kapan bakal datangnya, aku juga ga tau kok bisa bertepatan dengan ulang tahun suamiku, kan jarang2 dapat klien besar setahun paling sekali masa ditolak. yaaa tapi dengan alasan sopan santun aku tidak melawan, cuma diam saja dan langsung masuk kamar. Kebetulan habis memberikan kado, mertuaku juga punya urusan lain, jadi tidak lama2 ketemu mertuaku.
3. Yang paling lucu adalah besoknya mertuaku menelp suamiku menanyakan "kenapa kemarin aku menangis dan menceritakan keburukan mertuaku di depan pembantu tuaku" Maaf yaa bu bicara saja saya tidak dengan pembantu tua itu. Dalam hatiku ini fitnaaaaah dan fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan Aku jadi bingung sebenarnya yang salah pembantu tua itu atau mertua perempuanku yang terlalu perasa dan mendengarkan Nah, yang paling konyol suamiku kan membelaku di depan ibu mertua, sedangkan aku diam saja (karena diam saja sudah difitnah dan dicurigai apalagi aku bicara). Ibu mertua malah membela pembantu yang tua itu, aneh ya katanya pembantu itu perhatian yaaa ampuuun, andaikata aku bener2 nangis aja, ga sopan banget pembantu itu cerita ke ibu mertua, apalagi ini dia fitnah aku astaaaaaga, anak sendiri (suamiku) aja ga didengarkan

Bund, beruntung sekali cerita2 bunda di atas, aku apes banget dapet mertua perasa, tukang curigaan, dan jackpot pembantu tuanya yang tukang fitnah. Di rumah pembantuku itu uda seperti keluargaku, lain banget sama pembantu tua suamiku yang mengaku sudah sangat berjasa dari suamiku kecil (meskipun dia pernah kabur dari rumah mertuaku selama 10 tahun, itu sebabnya saat pacaran sama suamiku aku ga pernah ketemu sama babu tukang fitnah ini). Bukan aku hitung-hitungan tapi setiap aku ke rumah mertuaku selalu bawa makanan, pembantu itu ikut menikmati juga dan kadang2 ikut berkomentar kok tega-teganya fitnah orang yaa, aku sih ga usah dipuji, tapi sakiit hati juga kalau difitnah dan aku yakin bukan hanya satu kali itu saja pembantu ini fitnah aku, karena sering pada saat aku ke rumah suami, bapak dan ibu suami lagi di luar. Maaf bund jadi curhat disini, di luar aku kepaksa diam karena ga mau menyinggung siapa-siapa. Salah ga bund aku ga pernah main lagi ke rumah ibu mertua sejak saat itu, aku sudah cape menjelaskan duduk permasalahannya, terahkir2nya aku jadi korban fitnah. Toh percuma setiap main ke rumah ibu mertua yang diomongin sama ibu mertua itu ruko 2 m dan anak2 tetangganya yang sudah sukses S2, tapi kalau aku dapet klien selalu diganggu dan iri dengan keberhasilanku, seolah aku dianggap saingan sama ibu mertua Lain banget sama orangtuaku, mereka ga pernah banding2kan suami dengan orang lain, padahal tetangga dan mantan2ku jauh lebih berhasil daripada suami, tapi aku percaya suamilah yang terbaik, makanya hingga kini aku bertahan karena sangat mencintai suamiku tapiiii gimana ibu mertuaku aku yakin ini akan berlanjut sampai 10 tahun ke depan. aku uda tobat banget ngadepinnya
 
  #20  
Old
astrif...
 
Posts: 1
Default mertua

sama bund..q jg pny mertua nyebeliin bgt. kalo telp suami suka nangis2..n ngeluh terus. q jg sering dibilangin kalo semenjak sama q,suami jadi beda bgt dlu suami baik bla blabla... tpi karena q ngrasa smua udah q lakukan sewajarnya menantu..n q jg sering baikin dy ngasih dy kue buah2an.. uang jg dri suami kadang jymlahnya jg g sdikit. suami jg ngrasa kalo mertua ku emang bgitu orgnya n q disuruh sabar. untung suami jg org nya ga yg nyalahin q. jadi q bawa santai aja bund kalo dibilangin begini begitu..toh suami jg kebal kupingnya kyaknya jg uda tau bgt bpk ibunya suka ngmong panjang lebar nangis dll..ktanya suami klo uda di kasih uang bakal diem. ya uda semenjak itu q tau kalo mertua bukan org yg bisa dijadikan contoh(cz anaknya jg mengakui) jadi q nya skarang cuekk banget,dibilang bgini begitu rasanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan. hehe.. intinya cuuekk aja bund selama qt uda ngebantu mreka dg ikhlas dan qt ga ada niat jelek apa2. lama2 mertua bakal tau kalo sbnrnua qt ini baik.
 
  #21  
Old
adha19...
 
Posts: 390
 
Bunda harus bersabar yak...
Coba positive thinking bun, kali aja ada salah paham, atau bunda baikin aja bumer klo bunda uda brsikap baik baikin aja lbih baikin lg, klo bunda cuek jangan cuek baikin aja .. InsyAllah beliau bakal luluh bunda,,, klo uda d coba baikin aja trus bun harus sabar dan betah , entr dpt pahala dr Tuhan... dan seiring brjalannya waktu pasti bumer akan berubah
Cari sisi kebaikan bumer bun pasti ada...
Gak ada manusia yg sempurna bunda, bunda sensiri juga uda memaklumi kalo bumer sensitifan, dll
Ini adalah ujian bunda harus kuat

Yg penting bunda dan suami baik2 aja dan saling mengerti kan, fokus d keluarga kecil bunda aja

Cuman saran aja bunda
 
  #22  
Old
hawwa...
 
Location: Garut
Posts: 208
 
ǰαϑΐ ikut sedih, kesel, gonddok, maraah...baca kisah2 bunda2 smua dsini..
Alhamdulillah mertuaqu baik-baik smua,, bersyukuurr sekalii aq bund..

Bunda2 smua yng sabar yαª, semoga Ά̲̣̣ϑɑ jalan keluar terbaik untuk keadaaan bunda2 dan para mertua ƞŷά̲̣ masiing2...aamiiin
 
. الحمدلله الذ ي بنعمته تتم الصالحات. 
  #23  
Old
BuDose...
 
Posts: 3
 
Bunda2 semua, saya sedang iseng cari postingan tentang hubungan dengan mertua. Kok bisa ya hari ini nemu postingan dari bunda KaylaKanza yang dtulis setahun lalu.

Saya ini masih penganten baru bun, blm 4 bulan menikah. Saya dan suami pacaran 2 thn, selama kami pacaran keluarga suami nampak baik2 saja walaupun tidak seperti keluarga saya yang ramai tapi saya pikir itu hanya karakter keluarga saja. Memang jika saya ke rumah cami, jrg diajak ngobrol seperti jika cami ke rumah saya. Tp secara keseluruhan nampak normal. Saat lamaran pun, keluarganya nampak baik. Hampir seluruh keluarga besarnya datang demikian juga saat menjelang pernikahan (seserahan).

Keanehan sebenarnya sudah dilihat oleh Ibu saya, karena camer seperti tidak bersikap seperti calon keluarga. Misalnya membicarakan biaya dan konsep pernikahan mereka meminta utk bicara 4 mata dgn ortu. Saat perkenalan keluarga pun terasa tidak kekeluargaan, hanya formalitas. Bahkan saya memiliki eyang putri yang satu suku dengan mereka namun mereka tidak menyapa beliau sama sekali.

Saat menikah, kami memutuskan utk tinggal sebulan di rumah mertua sebelum menyewa tempat tinggal. Hal ini kesepakatan saya dan suami karena saya tahu ibu mertua tipe melankolis yang pasti sedih ditinggal anaknya (walaupun msh 1 kota). Karena tidak ingin ibu mertua merasa anak laki2nya "diambil" saya dengan sng hati tinggal dsna. Ternyata disini masalah muncul.

Menjelang kepindahan kami, secara tidak sengaja saya membaca sms dr kk ipar (perempuan) meminta suami mengajak jln2 mertua. Suami blg tdk bisa krn sedang mengurus kepindahan kami. Tidak disangka kk ipar marah besar, dia memaki2 suami krn tidak mau menjaga ortunya. Padahal bun, suami msh punya 1 adik (laki2) yg masih kuliah dan tgl dgn mereka. Rumah kk ipar pun tdk jauh dr rumah mertua. Setelah itu, mertua dan kk ipar pergi belanja bersama. Pulang belanja, mama mertua bicara dgn suami minta pikir masak2 utk pindah. Suami pun bingung krn dari awal dia sudah bilang mw pindah. Ternyata hal ini krn kk ipar bun, kk ipar yg manas2i mertua utk berpikir 2 kali knp mngizinkan kami pindah. Papa mertua pun ikut2 bilang bahwa tinggal sendiri akan buat suami susah. Suami sudah menikah dgn saya tp saya tidak pernah dianggap ada bun. Mertua tidak pernah sadar bahwa urusan mengurus suami sdh jd tanggung jwb saya sbg istri.

Singkat cerita, kami pindah. Hidup saya dan suami sangat bahagia dengan tgl ber2. Kami masih rutin pulang, bergantian dgn plg k rumah ortu saya. Tapi saya lebih byk diam, beda dgn sifat asli saya yg ramai. Hal ini utk menyesuaikan dgn budaya di keluarga mrk saja bun. Tak disangka2, suatu hari di bulan Puasa, kk ipar telpon menawarkan saya beli baju seragam utk lebaran. Suami sempat bingung krn mereka tidak pernah ada baju seragam dulu2, knp tahun ini ada? tapi krn kami senang bahwa saya sudah dianggap keluarga saya iyakan. Ternyata kecurigaan suami berujung, baju seragam tsb juga seragam dgn besan mertua (mertua dari kk ipar perempuan. Dengan bangganya, mulut mama mertua berkoar2 bahwa dia akan segera sowan ke rumah besannya dan foto dgn seragam itu.

Betapa sakitnya hatiku bund, terliht mama mertua manas2in saya. Mama mertua terlintas utk main ke rumah ortuku saja tidak, pdhl aku punya eyang putri yg notabene lebih tua dr mereka. Mama mertua seolah2 mw menunjukkan dia kompak dgn besan satunya (mertua kk ipar) tp tidak dgn ortu saya. Ternyata ajakan berseragam itu justru utk menunjukkan eksistensinya. Memang terasa bun, mrk jg tidak suka ortu saya. DI saat org lain sangat hormat, mrk bersikap seperti teman pun tidak. Bahkan sebelum menikah, camer sering menyindir2 ttg ortuku, minta dikirimi ucapan lebaran lah, dsb.

Puncaknya minggu ini bun, ponakan suami (anak pertama kk ipar) sangat dekat dgn saya. Entah kenapa, pdhl saya tdk pernah mengambil hati bgt2 lho bun. Tp nmnya anak kecil kan polos, dia senang bs cerita2 dan selalu saya dongengin macem2 sampe suka tidur sama saya klo saya sdg d rumh mertua. Kmrn tiba2 si ponakan, sebut saja Gita, berkali2 nanya apa saya sudah sembuh? sakit apa? apa dia boleh main dgn saya?lama2 saya bingung, setelah saya tanya benar2 dgn polosnya dia bilang Uti (ibu mertua) bilang bahwa saya sakit dan saya tdk boleh dekat2 dengannya krn nanti tertular.

Luar biasa sakitnya hati saya bun, saya marah ke suami. Suami memang jd tertimpa kesalahan yg bukan dia lakukan ya bun?setelah itu saya klarifikasi ke ibu mertua, dia salah tingkah dan bilang "oooh tak kira masih sakit". Info dr mana saya sakit? jika saya sakit, knp malah dia bukannya berempati tp seolah2 bersyukur aku sakit dgn nyebar2in berita ini ke org2? Bun, di kluarga suamiku ada yg TBC. Tp krn saya sangat meghargai suami, saya tdk pernah ungkit bahkan tdk pernah jijik dgn ex penderita TBC di rumah itu bun. Knp balasannya begini ya Bun? koq tega fitnah aku ke anak kecil yg tidak tahu apa2?

Setelah diskusi dengan keluarga, keluargaku sdh lama kecewa dgn perlkuan mereka ke aku. Tp mereka menasihati jgn ke rumah mertua lg krn toh aku sdh tidak dharapkan tp saya tdk pernah melarang suami dan anak2 saya (nanti jika mereka lahir) bertemu dgn klwrg papa mereka.

Sekian curhat dri saya, mhn maaf saya newbie tapi lgsg curhat panjang. Saya kira tdk ada yg bernasib seperti saya tp ternyata banyak. Saling menguatkan ya Bun! Semoga Allah menguatkan kita semua utk selalu berbakti dgn suami.
 
  #24  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
Bunda kayla....masalah mertua sabar aja ya bun........aku sih sejujurnya ngga terlalu bermasalah dg mertua , pertama dia jauh , yg kedua dia orang india, jadi kalo gosipin aku, aku juga ngga ngerti, terkendala bahasa ....hihihi......jadi bun, seperti yg mamaku selalu bilang , yg mau menjalani hidup kan bunda dan suami bukan mertua, ya ngga usah terlalu dipikirin bun semua omongannya.yg penting bunda bersikap hormat dan sewajarnya sama mertua, bahkan bunda membatasi diri demi kelanggengan rumah tangga bunda punnwajar kalo itu jalan yg bijaksana
Nah masalah promil nih bunda suami ku umur 45 aku 39 kita married telat. Suamiku juga didiagnosa kaya suami bunda dan aku karena usia stok sel telur dah mau habis. Tapi kita nikah februari , juni aku positip hamil bun, itu sih keajaiban buat kami, tapi waktu iseng ke dokter masalah haid dikasih vitamin untuk promil sbb
Polavit 400, vitamin e 250, vitamin c, kalo pagi suruh jalan 2 jam 7 sampe jam 8 pagi buat vitamin d ,nsuamiku ngga jelas minum vitamin apa ngga karena kita ldm, dia datang 2 minggu sekali.
Terus suruh olah raga, kebetulan kami tidak merokok, dang hindari gaya hidup stress, aku sih ngga stress soalnya aku bahagia bgt jadi ibu rumah tangga sekarang abis kerja 20 th dan setelah nikah ama suami suruh istirahat jadi irt, tapi suami ya tetep aja stress wong dia kerja
Terus diet makan teratur bun, jangan overweight atau underweight, aku ngehindari daging kambing, durian, pokoknya yg hot2, kalo suamiku dia ngga makan daging merah tapi sukaannya sayur ama jamur
Tapi satu yg kuteladani bun suamiku tuh religius doanya kuat......
Dan muzizat itu datang sekarang aku hamil hampir 4 bulanbun....
Jadi biar promil ngga gagal bunda jangan stress ama omongan mertua yg penting bunda ama suami.........
Semangat ya bun.....
 
  #25  
Old
Hanny ...
 
Posts: 1,166
 
ya allah banyak bgt yaa ngedapetin mertua yg jahat bgtu dg brbagai mcm kelakuan.. kalo aku malah sebaliknya hehe smga cpt sdr deh tu mertua2nya makin tua hrsnya bnyk ibadah insyaf ini malah menambah dosa dg menyakiti klwrga sndri aneh yaa
 
  #26  
Old
BuDose...
 
Posts: 3
 
Tapi adakah mertua sekejam mertua saya yang tega memfitnah menantu yang baru 3 bulan dinikahi anaknya bahwa saya sakit menular? Tanpa tanya2 penyakit saya langsung menyebarkan pada ponakan suami yg notabene anak kecil. Ya Allah kejamnya dunia ini...
 
  #27  
Old
Hanny ...
 
Posts: 1,166
 
Replying to: View Post
Tapi adakah mertua sekejam mertua saya yang tega memfitnah menantu yang baru 3 bulan dinikahi anaknya bahwa saya sakit menular? Tanpa tanya2 penyakit saya langsung menyebarkan pada ponakan suami yg notabene anak kecil. Ya Allah kejamnya dunia ini...
yang pentingkan suami bunda tau keadaan bunda..udh bun jgn trlalu difikirin..,kan nnt ad karma sndri bun..allah kan gak tidur
yg pntg bnda ttp brbuat baik aj sma mertua ..
 
  #28  
Old
BuDose...
 
Posts: 3
 
Suamiku ngerti banget bu, malah aku suka kasihan dia tertekan bgt. Suami ga pernah didengar sama keluarganya. Tapi aku kayknya ga kuat ke rumah mertua lagi, takut konflik lebih parah terjadi aja bun. Daripada saya emosi lebih baik suami aja yg kesana, ketemu mertua pun aku ga sanggup
 
  #29  
Old
Hanny ...
 
Posts: 1,166
 
iya bun asal bnda diizinin suami gak ush ksna gpp..biar nyadar tu mertua koq tega bnr yaa..
 
  #30  
Old
kaylak...   TS 
 
Posts: 9
 
Selamat malam bunda-bunda semuanya,

Ga terasa sudah satu tahun sejak saya mencurahkan segala keluh kesah saya di posting ini, kondisi saya saat ini tetap belum mempunyai keturunan, tapi kondisi saya sudah jauh lebih tenang dan jauh lebih bijak dibandingkan dahulu. Rasa syukur saya panjatkan karena pada bulan Desember 2013 pembantu tukang fitnah dan tukang ngatur di rumah mertua saya itu berhenti bekerja. Sejak pembantu itu berhenti bekerja, kondisi mertua berangsur angsur membaik meskipun kadang kadang masih secara tidak sengaja mengintimidasi. Mertua saya itu hal hal kecil dan sepele saja suka dipikirin banget, jadi sebenarnya saya kasihan sama ibu mertua, tapi kondisi saya dan suami belum mapan, kalau mikirin ibu mertua terus bisa ga tenang hidup kami. Saya punya tips-tips buat bunda di sini yang mengalami masalah yang sama dengan saya :

1. Perbanyak ibadah dan berdoa sesuai agama dan keyakinan masing masing, meskipun hingga kini saya belum ditunjukkan jalan oleh yang di atas, tapi setiap habis beribadah, hati saya tenang
2. Belajar untuk cuek, disini saya sudah tidak peduli ibu mertua mau bicara apa, kalau ke rumah ibu mertua, sehabis bertegur sapa, biasanya sama mertua ditawarin makan, saya langsung duduk makan trus cuci piring sendiri habis itu langsung ke kamar, kalau sudah mulai ada sikap-sikap dan pernyataan pernyataan yang secara tidak sengaja bisa memicu dan membuat tersinggung ga usah ditanggapi, diam saja dan ga usah dijawab pertanyaannya, perbanyak senyum saja. Saya sudah jarang bicara dengan ibu mertua, tetapi sejak 3-4 bulan yang lalu, sekitar 4-5 kali dalam sebulan saya pasti berkunjung ke rumahnya.
3. Perbanyak waktu berdua dengan suami, jangan tunjukkan kita membenci suami karena ibunya, karena kasihan suami berada di dua pihak yang serba salah. Buat suasana seromantis mungkin dengan suami.

Sebenarnya jika dibandingkan tahun lalu, tahun ini saya dan suami lebih banyak memiliki masalah terutama dalam karir, tetapi hal tersebut tidak saya ceritakan pada ibu mertua sehingga ibu mertua menganggap kami baik baik saja. Ibu mertua saya tidak pernah bisa mengerti dan memahami saya dan malah membuat masalah jadi tambah parah dengan persepsinya sendiri jika saya menceritakannya, sebetulnya saya kecewa karena sifat ibu mertua yang awalnya saya pikir baik dan lembut berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada, tetapi hidup terus berjalan. Sisi positifnya saya sekarang sangat dekat dengan ibu kandung saya, ternyata ibu kandung saya meskipun kelihatan galak dan keras di luar, tetapi mempunyai hati yang lembut di dalam, ibu kandung saya wanita karir yang sibuk sehingga dulu saya tidak dekat dengan beliau, dulu saya malah mengganggap ibu mertua saya adalah wanita ibu rumah tangga yang hebat dan penyayang (sebelum menikah saya berpacaran dengan suami saya 10 tahun lamanya dan yang terlihat hanya sifat manis di depan sehingga saya mengganggap saya adalah orang paling beruntung mendapat ibu mertua sebaik beliau), tetapi ahkirnya di belakang hari terlihat mana yang tulus dan mana yang tidak. Saya berusaha untuk tidak dendam dengan mertua saya, tetapi saya tidak munafik bahwa saya sulit melupakan apa yang sudah terjadi dalam 4 tahun pernikahan kami.Saat ini saya mau menjalankan hidup harmonis dengan suami dan dekat dengan keluarga saya. Semoga bunda bunda sekalian disini yang ternyata mempunyai masalah yang sama atau bahkan lebih berat dari saya, mendapatkan petunjuk juga seperti saya dan mari kita lihat ke depan, jangan lihat ke belakang Semoga Tuhan yang Maha Kuasa selalu melindungi dan memberkati bunda bunda sekalian.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
pernah ga cemburu sama mertua ataw mertua merasa cemburu sama kita??? -- Ngobrol Apa Saja 39
Dapat oleh-oleh -- Ngobrol Apa Saja 2
H2C terjawab oleh BBT -- Diskusi Umum 34
divonis PCO oleh dokter -- Ngobrol Apa Saja 2
batasan mertua dan keluarga (ayah mertua, adik ipar perempuan) sampai mana? -- Ngobrol Apa Saja 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 01:46.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com