Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #2701  
Old
Vebby...
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Bunda donita
Wah kena gejala typus ya bund...tp dah dpt obat dokter kan bun?
Istirahat dl aja bun...Semoga cpt sembuh ya bund... cpt bs aktivitas lg..
Gpp PR nya terlewat, semoga aja ada mujizat.. kl Tuhan berkehendak pasti semua jadi koq...

Bunda donita... bunda holden
Amiin...mksh doanya, BBT ku naik turun 36,5 - 36,6... tp aku jg msh mengharap mujizat.. soale barengan sm kondisi capek mungkin pengaruh ke BBT yg naik..
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #2702  
Old
donita...
 
Posts: 2,138
 
Replying to: View Post
Bunda donita
Wah kena gejala typus ya bund...tp dah dpt obat dokter kan bun?
Istirahat dl aja bun...Semoga cpt sembuh ya bund... cpt bs aktivitas lg..
Gpp PR nya terlewat, semoga aja ada mujizat.. kl Tuhan berkehendak pasti semua jadi koq...

Bunda donita... bunda holden
Amiin...mksh doanya, BBT ku naik turun 36,5 - 36,6... tp aku jg msh mengharap mujizat.. soale barengan sm kondisi capek mungkin pengaruh ke BBT yg naik..
Bunda vebby...
Pasti bund...kita harus percaya mukjijat itu nyata..
Kemaren udh di kasi obat sama dokternya semoga lgs sembuh deh..amin

Bunda laina...
makasi bund..utk doanya
Bunda juga jaga asupannya,jgn sampe terganggu debay nya
 
Miracle Would Be Impossible When We Stop Believing
  #2703  
Old
Holden...   TS 
 
Posts: 2,026
 
- Berbagai Jenis Keputihan Dan Penyebabnya

Pengeluaran cairan berlebihan seperti keputihan sebenarnya bukan salah satu penyakit hanya gejala dari cairan rahim, dalam keadaan sehat dan bisa juga normal
Lendir ini diproduksi secara alami dari leher rahim, saluran indung telur atau kelenjar lainnya
Adanya kotoran pada vagina bervariasi selama dalam siklus menstruasi (warna coklat biasanya akhir dari mens) dan sebagian besar wanita hamil juga berlebihan cairan keputihan.
Keputihan bukan gejala penyakit bila dalam keadaan sehat, tidak berbau dan warna bisa bening dan putih. Keadaan menjadi basah yang membuat tidak nyaman, bila tidak ada rasa gatal atau nyeri, maka bisa , dikatakan sehat.

-Bagaimana membedakan keputihan yang normal dengan abnormal?
Setiap perubahan mendadak dengan pengelauran cairan, maka harus hati-hati bila terjadi infeksi pada vagina Perhatikan secara seksama sepanjang siklus bulanan, apa ada kelainan yang tidak normal dari biasanya..
•Cairan mengandung nanah,kental putih sampai kehijauan.
•Bau tidak enak seperti bau busuk
•Pengeluaran cairan terlalu banyak
•Bengkak dan gatal , nyeri panggul atau perut
•Pengeluaran darah diluar menstruasi
Bila ada tanda seperti yang disebutkan , alangkah baiknya bila segera memeriksakan diri. Agar bisa diadakan pengobatan.

- Penyebab keluar cairan abnormal
Ada banyak penyebab dari keputihan yang abnormal, tetapi biasanya sebagai tanda infeksi. Infeksi ini sering disebabkan oleh sesuatu yang mengganggu keseimbangan alami dari bakteri atau jamur pada vagina, seperti mencuci bagian dalam vagina, atau tertular dari hubungan seksual.
Penyebab yang sering dialami dari:
•Penyakit kotor, infeksi jamur yang menyebabkan cairan
•Bakteri vaginosis – infeksi bakteri pada vagina
•Trikomoniasis – infeksi menular seksual (IMS) ada sejeni s parasit yang menyebabkan gatal dan panas.
•Gonore atau klamidia – IMS disebabkan oleh bakteri
•Herpes genital – IMS yang disebabkan oleh virus herpes simpleks

- Keputihan dengan rasa gatal
Bila cairan sedikit dan encer atau kental dan putih dan adanya kotoran seperti keju berwarna putih,ini sejenis infeksi parasit . Infeksi jamur menyebabkan gatal dan panas disertai nyeri di sekitar vagina Carilah penyebab pengeluaran cairan itu.
Hampir semua wanita pernah mengalami masalah jamur , tapi ini bukan penularan dari hubungan seksual. Hal ini mudah diobati dengan obat antijamur , yang dapat dibeli tanpa resep diapotik
Kelebihan cairan Putih dan berbau amis
Jika keputihan berwarna abu-abu atau mengeluarkan bau amis yang kuat, terutama setelah hubungan seksual, maka bisa ada jenis vaginosis bakteri (BV). BV adalah ketidak seimbangan dalam bakteri normal yang ditemukan di vagina. Tidak menyebabkan gatal atau luka .Seperti jamur, BV bukan penularan dari seksual. Hal ini mudah diobati dengan antibiotik .
Kelebihan cairan Hijau , kuning atau berbusa.

-Trikomoniasis adalah PMS yang disebabkan oleh parasit kecil. Akibatnya pengeluarancairan putih dan perandangan kronis , dengan rasa gatal dan panas terjadi busa, kuning atau hijau. Infeksi bertahan karena peradangan membuat bau amis . Infeksi ini mempergaruhi leher rahim dan selaput liang vagina. Trikomoniasis mudah diobati dengan antibiotik disebut metronidazol ,
Cairan Abnormal rasa nyeri dan perdarahan
Cairan keputihan adalah abnormal dan terjadi rasa sakit di panggul atau ketika buang air kecil, atau berdarah antara waktu atau setelah berhubungan seks, kemungkinan jenis klamidia atau gonore (baik IMS). Gonore penyakit kotor yang mempunyai cairan berwarna hijau, terasa sakit dan panas sewaktu buang air kecil dan pengeluaran nanah yang banyak. Pendarahan terjadi bila berhubungan seksual
Bila ada gejala maka perlu cepat mengadakan pengobatan. Agar tidak menyebar sampai ke panggul.Infeksi ini bisa menyebar kedalam rahim dan saluran indung telur dan terus kerongga perut sampai timbul radang diselaput rongga perut..
Cairan Abnormal adanya lecet di sekitar alat kelamin
Herpes genital penyakit ini menimbulkan rasa sakit menyebabkan nyeri, lecet atau luka merah disekitar alat kelamin , serta keputihan abnormal. Luka-luka dapat disembuhkan dalam 3 sampai 6 minggu. Dan akan timbul kembali. Tidak ada obat mujarab ,karena pengobatan hanya menghilangkan gejala.
Keputihan Pada wanita muda dan wanita pasca-menopause
Keputihan pada wanita muda , abnormal sebelum masa pubertas. Bila terjadi keputihan, maka terjadi masalah pada bagian kemaluan. Karena kurang kebersihan atau memakai pembalut yang jadi penyebabnya
Keluar cairan yang abnormal juga tidak biasa pada wanita yang lebih tua. Jika masa menopause dan tiba-tiba timbul keputihan yang abnormal, dokter akan memeriksa karena bisa menyebabkan adanya penyakit kanker serviks atau kanker endometrium .

- Cara mengobati keputihan dengan bahan alami adalah seperti dibawah ini :
Bahan : Tiga batang tanaman sambiloto
Cara membuat : tanaman sambiloto dicuci bersih allau dipotong-potong. Masukkan potongan tadi ke dalam empat gelas air dan direbus hingga tersisa dua gelas. Saring setelah airnya dingin.

- Cara memakai : Diminum tiga kali sehari dengan dosis tiga perempat gelas setiap kali minum. Jika perlu ditambahkan madu secukupnya.
Agar Keputihan Tidak Berulang

- Keputihan tak boleh dianggap remeh: Bisa mengakibatkan kemandulan dan kanker. Hampir setiap wanita pernah mengalaminya. Data penelitian tentang kesehatan reproduksi wanita menunjukkan 75% wanita di dunia pasti menderita keputihan paling tidak sekali seumur hidup dan 45% diantaranya bisa mengalaminya sebanyak dua kali atau lebih.
Pada dasarnya dalam keadaan normal, organ vagina memproduksi cairan yang berwarna bening, tidak berbau, tidak berwarna dan jumlah tidak berlebihan. Cairan ini berfungsi sebagai sistem perlindungan alami, mengurangi gesekan di dinding vagina saat berjalan dan saat melakukan hubungan seksual.

- Keputihan normal: ditemukan pada bayi baru lahir sampai umur kira-kira 10 hari yaitu akibat pengaruh hormon estrogen ibu terhadap rahim dan vagina janin, saat janin masih didalam kandungan, perempuan dewasa apabila ia dirangsang waktu senggama dan saat mengalami haid yang pertama kali.

- Keputihan yang berbahaya: adalah keputihan yang tidak normal. Ini karena terjadi infeksi yang disebabkan kuman, bakteri, jamur atau infeksi campuran. Keputihan bisa juga disebabkan adanya rangsangan mekanis oleh alat-alat kontrasepsi sehingga menimbulkan cairan yang berlebihan. Pada tipe keputihan ini, cairan yang keluar berwarna kuning kehijauan. Biasanya diiringi rasa gatal dan bau tak sedap.

- Untuk mencegah terjadinya keputihan berulang maka kaum hawa harus selalu menjaga kebersihan alat kelamin luar. Upaya ini sangat penting dalam upaya mencegah timbulnya keputihan dan juga mencegah Penyakit Menular Seksual (PMS).

Seperti diketahui kulit daerah alat kelamin dan sekitarnya harus diusahakan agar tetap bersih dan kering, karena kulit yang lembab /basah dapat menimbulkan iritasi dan memudahkan tumbuhnya jamur dan kuman penyakit. Keadaan ini dapat dicapai dengan mengeringkan kulit dengan handuk atau tisu bila berkeringat atau setelah buang air, selain menggunakan pakaian dalam yang bersih dan kering, menghindari menggunakan pakaian ketat dan sering mengganti pembalut saat datang bulan. Agar tidak terjadi infeksi dari mikroorganisme yang berasal dari anus/dubur dianjurkan untuk membasuh vagina dari arah depan ke arah belakang.

- Sebaiknya jangan terlalu sering melakukan douche: (mencuci/membilas) vagina dengan larutan antiseptik dapat merugikan, karena akan menghilangkan cairan vagina yang normal dan dapat mematikan bakteri alamiah didalam vagina. Keadaan ini pula akan lebih merangsang pengeluaran cairan vagina. Demikian juga dengan pemakaian deodoran, bahan spermisidal atau bahan lain yang dimasukkan kedalam vagina akan dapat mengakibatkan alergi dan iritasi pada vagina sehingga dapat juga timbul keputihan. Untuk itu dianjurkan hanya mencuci alat kelamin bagian luar cukup dengan air bersih dan sabun mandi biasa saja.

- Yang terpenting juga: jagalah pola hidup,makanan yang sehat, dan hindari stress.
Bebas dari Keputihan
Jika keseimbangan alami daerah sekitar vagina terganggu, organisme asing masuk, keputihan bisa terjadi. Beragam faktor dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya keputihan, antara lain panas dan basah akibat penggunaan pakaian dalam dari nilon, stres, diet tinggi karbohidrat, perubahan hormonal dan kehamilan atau penggunaan pil kontrasepsi, iritasi kimia, dan lainnya.

- Pada umumnya wanita bersangkutan dapat merasakan tanda-tanda: antara lain gatal-gatal dan iritasi di daerah vagina dan vulva, bau yang tidak biasa, dan nanah.
Berikut ini beberapa saran yang dapat dilakukan:
1.Makan menggunakan metode gizi seimbang, rendah gula.
2.Menjaga kesehatan secara umum dengan cukup tidur, berolahraga, melepaskan tekanan emosi.
3.Menjaga kebersihan secara teratur dengan: bersihkan vagina dari arah depan ke belakang (dari arah vulva ke anus); memakai pakaian dalam yang bersih dan dari bahan katun (bahan nilon terlalu menyimpan panas dan menimbulkan kelembaban berlebihan yang mendorong tumbuhnya bakteri); menghindari penggunaan cairan atau semprotan pembersih vagina, kertas toilet berwarna, dan handuk milik orang lain; sering mengganti pembalut saat haid.
4.Yang utama dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan pribadi (personal hygiene), terutama organ reproduksi.
5.Melakukan pemeriksaan sendiri daerah sekitar vagina sangat disarankan, supaya Anda segera tahu apakah ada infeksi atau tidak. Biasanya terjadi perubahan pada warna daerah sekitar vagina menjadi lebih merah, kadang disertai bau yang kurang sedap maupun rasa gatal.

---------- Post added at 12:49 ---------- Previous post was at 12:38 ----------

-Bunda Vebby...ya sudah, pasrahkan saja semua sama Tuhan...apapun yang terjadi ya di terima aja ya...tapi semoga saja bulan depat harapan kita mendapatkan hasil ++ bisa terkabur...Amin.

-Bunda Donita...o...gak bisa bikin PR ya...gak apalah bun...pasrahkan aja sama semua sama Tuhan, apapun yang terjadi ya di terima saja, tapi semoga bulan depat mukziyat Tuhan datang pada kita semua...dan kita bisa mendapatkan hasil ++ Amin, yang penting 2 hari lalu kan sudah PR ya Bun...o...iya Bun..coba beli obat di toko obat cina...ada kok obat untuk typus, kayak seperti cacing kering gitu, tapi biasanya mereka sudah di masukin ke dalam capsul gitu...aku dulu pernah kena typus juga kok bun..coba aja cari bun...semoga lekas sebuh ya...

Adik kecilku Laina...sudah absen...aduh jangan makan pedas" dulu to Dik...kan lagi hamil...di jaga dulu aja kesehatan makannya, klo mau pedas" tahan dulu, klo di paksa makan ya jdnya gitu deh...sekarang udah mendingan belum?
 
  #2704  
Old
lala z...
 
Posts: 49
 
Pagiiiiiiiiiiiiiii bunda2 semua....bunda donita semoga cepet sembuh.... tetangga ku juga ada yg kena typus.... tapi Alhamdulillah setelah itu dia hamiil.... Aduuuuh semoga aja yah bun ini pertanda dari Tuhan klo sebentar lg bunda dikasih d2 bayi..... Amiiiinbunda Holden.... Selamat pagi....
 
  #2705  
Old
donita...
 
Posts: 2,138
 
Bunda holden...
Udh bund...tadi udh di beliin suami,dulu jg ada ponakan yg kena types di kasi obat dari cacing yg udh di kapsul..
Obat dari dokternya cuma aku makan paracetamol nya aja hehe...jgn di tiru
Soalnya aku kl kebanyakan obat lgs budeg bund...dari spog aja ada 4 macam
Makanya obat dari dokter tadi mlm tak anggurin hehe
Dua hari yg lalu udh bikin PR kok...semoga bln depan kita dpt ponten 100 semua alias dung

---------- Post added at 10:01 ---------- Previous post was at 09:57 ----------

Replying to: View Post
Pagiiiiiiiiiiiiiii bunda2 semua....bunda donita semoga cepet sembuh.... tetangga ku juga ada yg kena typus.... tapi Alhamdulillah setelah itu dia hamiil.... Aduuuuh semoga aja yah bun ini pertanda dari Tuhan klo sebentar lg bunda dikasih d2 bayi..... Amiiiinbunda Holden.... Selamat pagi....
Pagi2 udh dpt doa dan testimoni yg semeriwiiing...
Semoga aja bund...semoga typus pembawa berkah seperti tetangga bunda
Bunda lala juga semoga telatnya krn ada proses pertumbuhan bayi di dlm perut
 
Miracle Would Be Impossible When We Stop Believing
  #2706  
Old
lala z...
 
Posts: 49
 
Amiiin Aamiin Aamiin..... semoga bunda2 yg ada disini yg belum hamil mudah2an kita semua bulan depan dikasih muzijat sama tuhan, langsung dung-dung-dung klo bisa kembar, n di forum ini bukan lg tempat curhat buat bunda yg pengen hamil tp buat kita2 yg lagi hamil.... semoga Aamiin
 
  #2707  
Old
Vebby...
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Bunda holden..
penyuluhannya bgs banget, bermanfaat bgt buat kita" utk bs lbh memperhatikan kesehatan kewanitaan... organ" wanita itu kan aset yg berharga buat kita semua kaum perempuan..

Bunda laina..
Ya pasti aku msh inget sm bunda... makanya tak sebut namanya biar muncul..


Bunda donita..
Aku dulu jg pernah kena typus, malah smp masuk RS koq... waktu di RS kakakku dtg bawa minuman kyk teh gitu, ditaruh di plastik diksh sedotan, aku disuruh minum...gak dibilangin kl itu air rebusan cacing... soale aku kan jijik sm cacing, kl diksh tau takut aku gak mau minum..


Oya bunda" semua... pagi ini aku dapat surprise, dibilang aku salah 1 pemenang hadiah dari BB, aku baca sih meyakinkan.. smsnya lsg ke pin bb ku..gak pake no.hp... ngasih link web segala...no.ID dll...
Tp aku msh tanda tny, ini bener apa bohong... setelah aku telp ke call center, udah ketahuan tanda" org ini bohong...
Katanya hadiah akan dikirim lsg ke rumahku hari ini juga!!!... oalah...lha dipikir aku anak kcl..
Aku bilang : " lho kl ini memang bener dan resmi dr PT.R******.... ya pasti semua pemenang diharap dtg ke kantor resmi, pengurusan surat, admin, dsb lsg di kantor yg bersangkutan, dan pasti ada penyerahan hadiah yg resmi dari pihak perusahaan dan di tempat yg resmi dg disaksikan pihak" notaris, kepolisian, dsb....kl bpk bilang semudah itu mengantar hadiah, it's impossible.."

Tiwas aku lunjak" tak kira bener dapet hadiah,...ee..ternyata malah dr org yg ngajak berantem.. lha ngomonge aku entuk mobil jazz je bund...


---------- Post added at 10:31 ---------- Previous post was at 10:30 ----------

Replying to: View Post
Amiiin Aamiin Aamiin..... semoga bunda2 yg ada disini yg belum hamil mudah2an kita semua bulan depan dikasih muzijat sama tuhan, langsung dung-dung-dung klo bisa kembar, n di forum ini bukan lg tempat curhat buat bunda yg pengen hamil tp buat kita2 yg lagi hamil.... semoga Aamiin

Amiin..aminn..
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #2708  
Old
Holden...   TS 
 
Posts: 2,026
 
-Bunda Vebby...makasih Bun....
iya dong Bun...kita sebagai wanita harus selalu menjaga Organ" kewanitaan kita...kan itu ladang warisan satu"nya dari nenek moyang kita jadi ya harus di jaga dan di rawat sebaik mungkin....klo gak di rawat nanti mbelewer terus gimana nanti
-Bunda Donita...kalau sudah beli ya syukur...ya wes tak Doain aja semoga lekas sebuh ya...
-Bunda lala...selamat pagi juga...

 
  #2709  
Old
Septi ...
 
Location: Sidoarjo
Posts: 335
 
selamat siang bundsay
bunda donita:semoga lekas sembuh sakit typusnya
bunda vebby:makasih dah d kasih resep soto betawi nya nanti tak cobanya bun..

bynda holden:iya bun seperti biasa sibuk sama ardian skrng tak tinggal OL dlu mumpung papa nya krj masuk siang..

bunda lala:selamat pagi menjelang siang

bunda laina:kalo lagi hamil kurangi maem pedas bun,aku dl wkt hamil gak pernah maem pedas bun
 
  #2710  
Old
Holden...   TS 
 
Posts: 2,026
 
Replying to: View Post
Amiiin Aamiin Aamiin..... semoga bunda2 yg ada disini yg belum hamil mudah2an kita semua bulan depan dikasih muzijat sama tuhan, langsung dung-dung-dung klo bisa kembar, n di forum ini bukan lg tempat curhat buat bunda yg pengen hamil tp buat kita2 yg lagi hamil.... semoga Aamiin
Amin....amin...Amin...
 
  #2711  
Old
Septi ...
 
Location: Sidoarjo
Posts: 335
 
Replying to: View Post
Yuhuuuu.....aku datang
Hari ini aku ijin gak ngantor,tadi mlm demam ku makin tinggi akhirnya suami maksa ke dokter.Kata dokter gejala types...nah loch
Kl tar mlm masih demam lg di suruh cek lab...di kasi obat se abrek2 plus SKD sehari...
Alhasil misi ngerjain PR gagal...

Bunda vebby...
BBT nya bagus itu bund...semoga pertanda baik...amin...amin...
Aku jg bbt nya tinggi hehe alias
Aku jg kemaren ke gramed bund...tp berhubung kepala cekot2 gak konsen akhirnya lgs ke toko buku rohani buat beli buku renungan harian sama buku bacaan biasa.Ada buku yg lumayan bagus judulnya "Let me be a women" dan "hadapilah dengan senyum" lumayan buat ngisi waktu..
Berarti bagus kan ya daun sirsak nya...semoga semua penyakit sembuh...amin
Bunda udh nyoba teh daun sirsak nya??

Bunda2 yg lain selamat beraktivitas...
Bunda holden,bunda vivi,bunda nana,bunda sherlie,bunda lala,bunda englin,bunda septi,bunda isyah,bunda ryanti,bunda betty,bunda rara,bunda chendy,bunda yenni,bunda hindi,bunda fathinah dan bunda2 yg gak ke sebut..maaf.Maklum penurunan daya ingat hehe

Oya sampe lupa...bunda vebby..
Pantangannya apa aja? kl aku gol darah O dan suami AB..
kl pantangannya sebanyak itu yo wes aku pinjem istilah bunda holden aja "kill my self"
kalo aku kebalikan dari bunda donita ,,aku golongan darah AB suami golongan darah O..
 
  #2712  
Old
donita...
 
Posts: 2,138
 
Bunda vebby....
Aku jg sering dpt sms gitu bund...tapi gak aku ladenin,krn pasti ujung2nya minta duit...
Tp kurang lebih dua bln yang lalu ada temen grejanya adik ipar dapat sujuki Zuke dari pop mie bund...ngiler aku.Se umur2 baru itu lihat org dpt undian beneran..
Aku sih gak jijik pegang cacing bund...tp kl di mkn tetep aja geleh
Ini untung udh di kapsul..
 
Miracle Would Be Impossible When We Stop Believing
  #2713  
Old
lala z...
 
Posts: 49
 
tak ganti poto mudah2an dapet dedek bayi kembar seperti harapan bunda2 yg lain, ikut2 poto bunda holden yg pasang poto kembar, bunda donita & bunda vebby... mudah2an berkah aamiin
 
  #2714  
Old
donita...
 
Posts: 2,138
 
Bunda holden...
Matursuon mbak yu....
Pasti aku cepet sembuh...banyak yg mendoakan....nuhun.nuhun

Bunda septi...
Makasi bund...tiduran di rumah sendirian gak enak juga...
Berati bunda septi lg leyeh leyeh iki...kakanda prabunya lg main sama dek ardian

All bunda...
Tadi pagi baca di fb dr suryo...katanya ada pasiennya yg abis menjalani oprasi sambung saluran tuba berhasil hamil after oprasi....
Amazing bacanya...mukjizat itu memang nyata
 
Miracle Would Be Impossible When We Stop Believing
  #2715  
Old
Vebby...
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Replying to: View Post
tak ganti poto mudah2an dapet dedek bayi kembar seperti harapan bunda2 yg lain, ikut2 poto bunda holden yg pasang poto kembar, bunda donita & bunda vebby... mudah2an berkah aamiin

Amiin..amiin...
Wah bunda lala, jg ikut masang avatar baby kembar... mudah"an bunda jg dpt bonus kembar bun.. amiin.
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Thread tentang diluar kehamilan dsb. Di "ngobrol apa saja" -- Diskusi Umum 51
Cm bisanya bertanya "udh isi blm..????"..."kpn isinya"...."program donk.." -- Diskusi Umum 88
Thread PERTAMA di AKHIR tahun..."Singkat Cerita"... -- Kenalan Yuk! 12
Post di forum "Ngobrol Apa Saja" -- Diskusi Umum 4
Salam kenal,. Ngobrol d FB yuk bunda semua! "Esih S c'sabil" -- Kenalan Yuk! 12


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:42.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com