Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Ariest...   TS 
 
Posts: 7
Default Gimana ya cara menaikan berat badan saat hamil bagi untuk yg brbadan kurus?

Haloo Bunda2 semua, pendatang baru nih aku lg hamil 16 weeks anak pertama! senengnya. Tapi ada yg bikin aku sedih bun, BB ku sebelum hamil itu 43 TB 165 (kurus yaa ) trus sampe sekarang cuma naek 2.5 kilo. padahal makan uda banyak, mual juga ga sering, vitamin lancar. Duhh gimana ya para bunda yg cantik, makan apa ya biar cepet gemuk? berikanlah masukan kepadaku aku kasian sama baby ku.. Thanks!
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
ryane...
 
Location: Bandung
Posts: 361
 
Sebelumnya aq mohon maaf ya bund, sly ragu mau jawab treadnya bunda Ariestasia, karena aq sendiri belum merasakan HAMIL...
Tapi aq jg sedih klo tread'ku gak ada yg jawab, jadi aq coba bantu tanyain sama mbah google aja ya...
Berikut beberapa jawaban dr mbah google, semoga bs membantu :

Artikel 1 "JIKA IBU HAMIL KURANG BERAT BADAN" :

Penelitian dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, 72% ibuhamil yang kurang berat badannya, mengalami keguguran di tiga bulan pertama.

Ini bahayanya berat badan (BB) kurang bagi ibu dan janin:
• Persalinan sulit dan lama
• Persalinan sebelum waktunya atau prematur
• Pendarahan setelah persalinan
• Meningkatkan kemungkinan persalinan melalui operasi

Kesehatan dan keadaan janin:
• Kurang BB pada trimester I, bisa lahir prematur dan kelainan sistem saraf pusat bayi.
• Kurang energi pada trimester II dan III, dapat menghambat pertumbuhan janin.
Bayi lahir mati, kematian neonatal atau bayi mati dalam kandungan
• Cacat bawaan dan anemia pada bayi
Bayi lahir dengan berat badan lahir rendah

Apa yang harus dilakukan:

  • Atur pola makan, dengan konsumsi makanan yang beraneka ragam, pola makan sedikit tapi sering, tambahkan suplemen (seperti asam folat, zat besi dan vitamin lain), dan perhatikan jumlah cairan yang terkandung dalam makanan. Sebab minum air putih, jus atau makanan yang mengandung kadar air tinggi selain mudah mengenyangkan juga dapat memancing rasa mual.
  • Pantau kenaikan berat badan
Rumus kenaikan BB ibu hamil. Asupan makanan selama trimester I biasanya belum dapat menaikkan berat badan, karena adanya penyesuaian fungsional tubuh ibu hamil. Rumus kenaikan berat badan setiap bulan adalah, berat badan harus naik 1 kg sampai kehamilan berusia 20 minggu. Kemudian, naik 2 kg per bulan sesudah kehamilan 20 minggu. Jika berat badan saat mulai hamil di bawah 45 kg, pertambahan berat badan yang dianjurkan adalah antara 12,5 sampai 18 kg.

Pengaruh gigi rusak. Jika kualitas dan porsi makanan yang dikonsumsi sudah baik, namun ibu tetap kurus, maka periksakan gigi dan organ pencernaan lainnya. Gigi yang rusak membuat makanan tak dapat dikunyah dengan baik. Akibatnya tidak dapat dicerna dan diserap sempurna oleh tubuh. Jika itu terjadi dokter biasanya akan mendalami lebih lanjut. Sebab siapa tahu ibu mengidap penyakit jantung, diabetes, atau radang paru, yang mengakibatkan tubuhnya kurus.
Sumber : http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/g...001/001/2094/2

Artikel 2 : "HAMIL TAPI KURUS"

Tubuh kurus disebabkan konsumsi energi yang lebih rendah dari kebutuhan, sehingga sebagian cadangan energi tubuh -dalam bentuk lemak- digunakan untuk beraktivitas. Anjuran pertambahan BB ibuhamil yang kurus adalah 12-15 kg.

Risiko Hamil Kurus: Cepat lelah dan lemas, penampilan kurang segar karena terlihat capek.

Catatan Dokter:
  1. Biasanya, wanita bertubuh underweight cenderung mengalami gangguan kesuburan sebagai akibat haid yang tidak teratur. Itu terjadi karena di dalam tubuh ibu yang kurus, hanya ada sedikit lemak. Padahal, lemak memproduksi hormon leptin yang penting dalam fungsi reproduksi. Tubuh perempuan kurus –baik karena keturunan maupun kurang makan– sulit memproduksi leptin sehingga organ-organ reproduksinya mengalami kemunduran seperti ketika masa sebelum puber. Studi menunjukkan, untuk menjalani kehamilan sehat, ibu harus memiliki kadar lemak tubuh 22%, sehingga siklus ovulasi berjalan normal dan peluang hamil jadi optimal.
  2. Ukur LILA atau lingkar lengan atas. Jika kurang dari 23,5 cm, kemungkinan Anda menderita kekurangan energi kronis atau kekurangan gizi yang lama. Janin berisiko mengalami berat badan lahir rendah (BBLR), pertumbuhan dan perkembangannya terhambat sehingga memengaruhi kecerdasannya. Untuk mengatasinya, ibu perlu perbaikan status gizi lewat konsultasi dengan ahli gizi. Pantau kenaikkan BB janin dengan pemeriksaan kandungan yang teratur.
  3. Pastikan kenaikan berat badan cukup. Calon ibu kurus perlu tambahan kalori. Walau menurut pedoman gizi seimbang, kebutuhan gizi ibuhamil adalah 1900 Kalori ditambah 300 Kalori sehingga menjadi 2200 Kalori, namun untuk ibu kurus sebaiknya ditingkatkan menjadi 2500 kalori. Tujuannya, agar BB naik. Konsumsi makanan berkalori tinggi, namun dalam bentuk segar, seperti makaroni skotel isi daging, susu, keju dan wortel, atau French fries dengan ayam goreng tepung dan selada sayur. Usahakan menambahkan susu, keju dan gula ke dalam menu.
  4. Waspadai anemia. Anemia adalah masalah kesehatan dengan prevalensi tertinggi pada wanita hamil –angka di Indonesia mencapai 70%– dan wanita bertubuh kurus lebih rentan terkena, karena umumnya mereka mengalami defisiensi zat besi akibat asupan makanan yang kurang. Anemia saat hamil bisa dicegah dengan mengonsumsi suplemen zat besi –sesuai resep dokter– dan mengonsumsi makan sumber zat besi, seperti telur, daging-dagingan dan ikan-ikanan.
  5. Keletihan dan sakit. Ibu hamil kurus biasanya mudah letih dan terkena penyakit infeksi. Untuk mencegahnya, bangun daya tahan tubuh dengan cukup istirahat, menjaga pola makan, mengonsumsi suplemen dari dokter, dan teratur periksa kandungan, agar semua gangguan dapat dideteksi.
Sumber ::: Hamil Tapi Kurus :: Gizi & Kesehatan :: Artikel :: Ayahbunda ::




Artikel 3 : "HINDARI BERAT BADAN BERLEBIH SAAT HAMIL"
Dikutip :

"Bagazi menuturkan, asupan makanan yang paling baik saat hamil adalah buah dan sayur, disusul setelahnya adalah protein, kemudian karbohidrat, baru lemak. Untuk menghindari bakteri dan virus yang dapat membahayakan kesehatan janin, maka penyajian makanan juga tidak boleh sembarangan.
Buah-buahan, lanjut Bagazi, boleh saja dimakan dengan bebas, tapi sebaiknya dikupas kulitnya. Sedangkan sayur-sayuran perlu dimasak untuk membunuh organisme berbahaya seperti toksoplasma.
Dilansir situs Food Safety, penyajian produk susu yang aman bagi ibu hamil yaitu dengan melakukan proses pasteurisasi dulu. Untuk makanan yang dimasak, sebaiknya langsung dimakan tanpa mendiamkannya berjam-jam, begitu pula buah dan sayur yang dijus.
Ibu hamil juga sebaiknya menghindari makanan-makanan yang mentah atau dimasak setengah matang. Hal itu demi memperkecil kemungkinan masih tersisanya organisme yang membahayakan kesehatan."
Sumber : Hindari Kenaikan Berat Badan Berlebih Saat Hamil - Kompas.com
 
  #3  
Old
donita...
 
Posts: 2,138
 
Bunda ryane....
Ini mah double thread...di diskusi umum dgn judul yg sama banyak yg jawab kok..
tp jawaban bunda ini nice infoh..
 
Miracle Would Be Impossible When We Stop Believing
  #4  
Old
ryane...
 
Location: Bandung
Posts: 361
 
makasih banyak bunda donita, iya di diskusi umum udah banyak yg jawab..
Mungkin bunda Ariestasia nya belum sempat mampir ke tempat "DISKUSI UMUM : Diskusi Tentang Kehamilan"
 
  #5  
Old
fathin...
 
Posts: 849
 
kalau udah berusaha.
tapi belum berhasil.
ya tinggal sabar dan berdo'a.
semoga berhasil.
sukses.
 
  #6  
Old
Eti ar...
 
Posts: 47
 
bund saya juga udh 20 week tp brat badan masih 44kg tinggi badan 164...
tp keep calm aja deh positif thinking mdah"n dede nya sehat..
kt orng sih klo udh 5bln k atasa bru cpet gendut nie badan karna nafsu makan nya jga tinggi
 
  #7  
Old
purwas...
 
Posts: 1
 
Bunda eti ... Ga pp bun...ga ush terllu khawatir...
Aq uk 33 week...BB cm nmbah 5 kilo....
Aslinya aq emng kurus bgt....sblm hamil 40 kg tinggi 158
Nah stlh hamil tyta ga ngefekk bgt... Bb nmbh 5 kilo doang...pdhl bln depan udah lahiran insy Allh..
Alhmdllh tiap usg aq tya dokter...bb baby qu normal...
Yg pnting pnuhi gizi , n konsumsi asam folat bun..
Semangatt yahhh
 
  #8  
Old
rose b...
 
Posts: 102
 
Up y

Bdnku mlh kcl bb awl hml 37 tb 153,,,,mnjlng prslinan bb 48,,,lmyn lah posthink aj en jga pola mkn srg mkn syur jus dll ...mlhirkn udh kodrat wnita srahkan sma allh intiny ...dan pntau trs debay d dlm krna biasany wlau mkn bnyk bb gk naik kmngknan bb debay yg naikny bnyk ...smoga prslnan ny lncr
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Berat badan kurus -- Ngobrol Apa Saja 16
Berat badan ideal untuk ibu hamil -- Diskusi Umum 0
yuk berbagi cerita gimana cara menurunkan berat badan setelah melahirkan -- Ngobrol Apa Saja 2
Berat Badan terlalu kurus Sulit Hamil kah?? -- Ngobrol Apa Saja 58
Cara menaikkan berat badan saat hamil -- Diskusi Umum 33


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 15:17.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com