Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
boenda...   TS 
 
Posts: 6
Default gimana cara membuat anak disiplin dan tidak konsumtif

bundaa help me .Ada yg tau cara mendidik anak agar disiplin dan tidak konsumtif.Putraku berumur 4,6 thn,dia susah sekali makan,mandi.apalagi kalau mau berangkat sekolah susaaahhh banget.Telat mulu..belum lg senang beli2 jajan,mainan kadang kerepotan.Dan sedihnya bun hari ini guru TK mengeluh kalau anakku tidak mau belajar
kalau lagi belajar malah main2,kalau saatnya main2 malah belajar..Saat bulan ramadhan ini dia minta petasan mulu,hadeehhh pusinggg
gmn bunda cantik cara ngatasinya..pliisss share donk
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
aku up....up....up....semoga bunda zano dan bunda pip dan bunda lain berkenan memberikan komentar

trit bagus ...jangan sampe sepi......

anakku baru 14 bulan sih...sejauh ini aku masih puas dengan pola hidup yg teratur yang ta usahakan terapkan ke dia

Karena aku percaya disiplin itu kebiasaan dan teladan atau contoh kita bundanya

kebiasaan konsumtif....aku gak bisa comment....ikut nyimak trit ini aja

paling lagi lagi kita harus memberikan teladan jangan suka jajan

nah perkara beliin mainan....aku sama bapaknya aja doyan beliin mainan....huhuhuhu....jadi sudahlah....kutunggu komentar yang lebih bermutu supaya ikutan pbelajat
 
  #3  
Old
Mama S...
 
Posts: 440
 
up jg bun
anak ku br umur 6 bln
minta tlng share buat bunda yg lainnya lho
 
  #4  
Old
pip201...
 
Location: NLD
Posts: 1,312
 
Karena dicolek sama bundahappy, saya jadi absen deh
Btw, uanak saya masih piyik, msh 8bln.. blm punya pengalaman langsung.

Tapi mgkn bisa saya share pandangan saya dikit ya, bu. Sambil nginget2 materi kuliah tugas perkembangan anak
Anak usia 4-5thn itu tugas perkembangannya masih bereksplorasi dan bersosialisasi (terutama sosial di luar rumah), untuk memahami identitas dia sbg murid, teman, sahabat, dll. Yg paling sering terjadi anak di usia ini main "power game", karena murni ingin tau sejauh mana dia bisa memiliki "kekuatan di lingkungannya". Makanya kdg doyan membantah atau melanggar aturan krn ya ingin mengeksplorasi itu. Jadi tugas kita ya sabar2 membantu memberi pemahaman. Ada anak yg mmg super duper aktif dlm bereksplorasi yg kdg org melabeli nakal, ada yg mudah dikontrol dan manut2, agak tergantung sama personality dan bgmn kita mendidiknya selama 2-3thn (awal2 paham sebab akibat dan reward punishment).

Jadi kalau putra ibu males2an buat sekolah, apakah dia males2an juga kalau tau mau pergi maen ke tempat yg dia suka? Kalau tidak, mgkn dia ga suka sama aktifitas di sekolah. Coba ditanya apa yg dia rasakan ttg sekolah.
Masih 4.6thn, kalau saya tau anak saya blm bisa ngikutin aturan sekolah saya kok blm merasa cemas ya siapa tau mmg psikologisnya blm siap dgn tuntutan sekolah (saya start TK kecil umur 5thn, itupun banyak maennya)
Apalagi menuntut dia disiplin bangun pagi, ke sekolah dll, spt anak 7/8thn.. duh kasihan bu..

Kalau masalah konsumtif, itu ponakan saya banyak yg begitu.. dan kebetulan mama2nya ya juga konsumtif. Nah pertanyaannya, bagaimanakah consumerism behavior boenda patih? Hehe maaf malah nanya..
 
I speak my mind. But when I choose to shut, then you're simply not worth my time.
  #5  
Old
Nurhaz...
 
Posts: 1
 
Assalamu'alaikum bunda semua
sy Nur member baru.
sy mau bertanya ni bun: sy sudh telat haid 1minggu, sy pikir hamil krn sblumny gak pernah tlat. trus nyoba TP hasilx cuma 1gris. brarti sy msih negatif ya bund??
 
  #6  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
thanks bunda pip....
.up lagiiiiii....biar diliat bunda zano ama bunfa mamidaama kusapoch...
.dan bunda yg lain.......
 
  #7  
Old
fakhir...
 
Posts: 1,006
 
Ikutan nyimak bt pembelajaran, lg butuh2nya, anak sy 5 dan 2 thn.
Sekedar share yg sedang sy alamin, kedua anak sy alhamdulillah mash dlm koridor masih bisa diatur.
Disiplin, berawal dari kebiasaan, pernah denger dan sy terapin, sesuatu yg dilakukan selama 14 hari berturut-turut dan konsisten maka akan mnjadi kebiasaan permanen (dlm artian tdk berat melakukannya krn sdh mnjadi rutinitas) wlpun dlm 14 hari itu agak terpaksa atau dipaksa. Dan tubuh pun jd ikutan refleks, misal kebiasaan makan teratur di sekitran jam/wktu yg sama, klo blm makan sekitran jam itu tubuh jd kelaperan.
Untuk belajar, bner kt bunda pip sesuai usia dan keinginan anak. Anak pertama ke paud umur 3 tahun, tp bukan sengaja didaftarin, awlnya krn anak sy suka bgt main di luar rumah, manjat2 pager lah apa lah, sy ajak ke sekolah paud/tk (dalam 1 tempat cm beda kelas) yg dihalamannya banyak mainan perosotan, ayunan, jungkitan dsb, anak sy seneng main disitu (blm masuk kelas) cm seneng main di luar aja. Dia ketagihan pengen main di situ lg (pdhl itu sekolahan ) lama2 dia denger org2 nyanyi dlm kelas, dia pengen ikutan tp ditemenin kita, ikutan (sy byar per pertemuan he he, blm dftar resmi dpt no induk) lama2 dia seneng belajar di paud, umur 4 thn didaftarin resmi he he.
Dlm hal belajar, ank sy sk dipuji, dihargai pencapaiannya, makanya klo belajar didorong terus dihargai, target kita ngajarin 1 halaman buku/mjalah anak, klo dia lg terpacu bisa bljar 5 halaman, klo sedang masa 'terpacu' itu sy ikutin, pernah ngobrol sama guru tk nya, anak itu jangan dipaksa, apalagi utk bidang akademik, krn usianya blm cukup, namun ada saatnya dia terpacu/semangat belajar, kita hrs manfaatin itu.
Utk konsumtif, emang agak sulit ya krn dgn dalih sayang anak kita pengennya beliin apa2 bt anak, namun klo sy u/ c k k mulai dijelasin pelan2 dg bahasa yg dimengerti dia klo utk beli sesuatu itu pake uang yg untuk memperolehnya kita butuh perjuangan, makanya kita hrs bisa mengaturnya membelikannya sebaik mungkin, uang jajannya diatur sekian sehari, terapkan jg belajar menabung. Klo ke dd, klo pengen mainan yg udh punya misalnya hny sedikit beda warna atau model dikit, suka dialihkan perhatiannya, wlpun klo udh tantrum agak sulit ngendaliinnya tp alhmdulillahnya ga lama nangis tantrumnya dan teralihkan jg.
Oya denger dan liat winda viska di acara gossip wkwkwk, klo 'mengharuskan' dan 'melarang' anak itu hrs dijelaskan dgn alasan yg dpt dimengerti anak jd anak melakukan dan menjauhi sesuatu itu bkn 'harus krn kt mamah' dan 'tidak boleh kata mamah' tp anak melakukannya krn tau alsannya, misal, ga jajan sembarangan krn klo jajan sembarangan nanti bisa sakit. Jd wlpun lg ga ada mamah dia ga akn jajan sembarangan.
Sy jg suka membiarkan anak sedikit merasakan akibatnya klo ada hal yg susah dinasehatin/dia lg membandel, misal dd keukeuh pengen deket dispenser air panas, sk dibiarin biar trkena sedikiiiiiit air panasnya jd oh iya klo maksa akibatnya gt. Kk krn kesenengan main melewatkan mandi sorenya, malemmya dia jd kegerahan sendiri ga bisa tidur biang keringat, tapii kita ngasih tau saat dia terima akibatnya jangan menghakimi, menyalahkan, atau bahkan nyukurin misal, tuh kan makanya apa mamah bilang bla bla, tp..nak, kenapa kita hrus mandi tetatur krn klo kita ga mandi jdnya sprti yg kk rasakan skrg ga nyaman ga enak, tidur terganggu, besok2nya dia mandi tanpa hrs disuruh2 (yg bilang jangn menghakimi/menyalahkan anak, sy baca dr postingan komunitas ayah edi klo ga salah).
Sy pernah posting jg di forum ini krn kk pernah tertutup ke sy, nyembunyiin dia jatuh dr sepeda krn takut dilarang main speda lg. Ada bunda yg berbagi klo kita hrs bisa bersikap sprti sahabatnya, ga mendikte hrs gini hrs gitu, shingga dia bisa ngobrol nyaman sama kita, jdnya kita bisa mudah ngontrol dia. Alhamdulillah setelah sy coba, skrg kk terbuka, blm ditanya pun dia sudah cerita panjang lebar ttg kesehariannya, kita jd mudah mengarahkannya, kita bisa kontrol apa yg dia lakukakan dgn siapa dja berteman sprti apa temen2nya dsb dsb.
Panjang bgt ya he he maaf, dan maaf jg klo ceritanya belibet, bukan org yg mudah merangkai kata he he. Nyimak lg ilmu dan share pengalaman bundas lainnya.
 
  #8  
Old
tiqha...
 
Posts: 425
 
anak saya masih 14 bulan bun, saya juga masih cari referensi2 tentang mendidik anak. harus banyak belajar dan baca2.

pernah baca artikel kalo ga salah judulnya "jangan beri hadiah atas perilaku buruk anak", menurut saya secara ga langsung ini berhubungan dg perilaku konsumtif anak.

kalo anak minta sesuatu, jgn selalu diberikan, apalagi kalo mainan mobil2annya sudah menumpuk dirumah.

kita jgn memberikannya hanya karena anak nangis2, teriak2, merengek2 minta mainan.

di artikel itu bilang, kalo kita menuruti anak hanya karena anak nangis2, teriak2, merengek2, justru disitu, anak belajar kalau permintaannya akan dituruti jika anak berperilaku demikian. jd anak cenderung mengulangi berbuat seperti itu utk minta sesuatu.

kalau masalah belajar, harus dilihat dulu belajar apa ini bun? saya pernah baca juga kalau dibawah usia 6 tahun sebaiknya tidak diajarkan calistung.

saya sendiri sih beranggapan, kalau anak memang sudah suka dan tertarik dan sudah mudah menangkap pelajaran calistung sebelum usia 6 thn, ya tdk apa diajarkan, seperti sepupu saya sdh mulai belajar calistung sebelum TK. karena anaknya tertarik.

tapi kalo anaknya belum mau, sebaiknya jgn dipaksa bun.

saya cuma share ttg apa yg saya baca sih bun, prakteknya masih 0. hehehe..
 
  #9  
Old
dendro...
 
Posts: 171
 
Ikut nyimak bunda2 walau anak saya masih dalam rahim

Duluuu, saya pernah ikut seminar parenting tapi temanya ttg bagaimana bersikap adil kepada di si kk dan adik Agar si kk tidak merasa harus selalu mengalah dan si adik tidak merasa selalu dibela, serta mengajarkan anak-anak untuk tidak konsumtif.

Jadi saya bahas yang konsumtif aja ya bund, di seminar itu trainernya (punya anak 5) bilang kalau anaknya dia diberi pemahaman ttg tgl pembelian mainan misal setiap tanggal 25 (hari gajian), jadi dia tiap hari nyoret kalender di depan anaknya biar anaknya tahu tinggal berapa hari lagi dia bisa membeli mainan . sebelum tanggal itu mau anaknya nangis atau ngeguling gak akan dituruti. Biasanya dia nunggu sampai anaknya selesai nangis (walau mungkin akan malu banget kalau anaknya nangis di depan umum), setelah tenang dia akan ngajak lihat kalender akan diterangkan berapa hari lagi menuju hari mainan. Butuh waktu kata beliau tapi lama kelamaan anaknya paham, tapi konsekuensinya di hari itu walau beliau lelah habis pulang isi seminar atau ada kegiatan lain dia akan ajak anaknya ke toko mainan. Hal ini juga mengajarkan bahwa janji harus ditepati.

sekian sharenya bunda. Ijin nyimak lagi.
 
  #10  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
up......up....up..... komentarnya bagus bagus
 
  #11  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Walau blm punya anak saya memberi input soal konsumtif. Semoga bisa berhasil.

Menurut saya pada dasarnya setiap anak itu akan menyesuaikan dengan kondisi keuangan orang tuanya. Kalau orang tuanya tidak punya uang yah anaknya tidak akan bisa boros.

Menurut saya soal jajan, coba diakali dengan mengajarkan anak keterbatasan uang yg ibu miliki. Bawa uang yg sedikit/pas2an kalo ke mana2. Dari awal bilang sama anak uang mama cuma segini, kamu mau jajan a apa b (libatkan dia utk memilih). Tekankan kalo uang hanya cukup utk 1 item. Kalau dia menangis/merengek, ibu tegas bilang: maaf uang mama hanya segini mama ga bisa beli lagi. Ibu harus tega supaya anak belajar ttg keterbatasan, tdk bisa selalu beli semuanya.

Selain itu mgkn ibu bisa mencoba ajak dia membuat jajanan rumah sendiri misnya buat agar2/puding,roti sosis dsbnya. Jadi dia terbiasa dengan rasa makanan rumah yg lbh sehat dan seringkali lbh enak juga. Pelan2 kurangin jajan di luar. Terus terang saya skg suka khawatir dgn "kesehatan" makanan jajanan di luar, takut pakai pengawet, pemanks buatan dsbnya.

Soal mainan sebenar anak butuh waktu buat eksplorasi, kreatif. Utk menghemat uang mainan, ibu bisa coba berbagai cara menciptakan cara kreatif utk membuat mainan. Misnya dengan membuay playdough (ada di youtube), mengcopy gambar2 dari internet buat anak mewarnai, dsbnya... Kalau anak cewek bisa belajar masak2an pakai peralatan ibu yg plastik, pakai baju ibu tapi harus diajarin merapikan kembali dan minta izin.

Kalau soal disiplin saya juga belajar ah dari komen ibu2.
 
  #12  
Old
Bunda ...
 
Posts: 2,215
 
Aih di baru liat nih trit..tenggelam dgn sendirinya terus gegara bnyk trit ttg selingkuh dan mertua yaaah.

Umur anak sy br 2 thn 4 bln tgl28 nti.Selama ini sy liat anak sy disiplin tidurny,makannya, mandi dan wktu mainnya.Semua berawal dr pembiasaan sih bu.Gmn ibunya jg yg mnjd role model anaknya.Klo sdh umur 4 thn baru dimulai pembiasaan yah rada hrs berjuang yah bu,krn si anak sdh bercampur sm lingkungan mainnya. otomatis agak lebih "liar"...

Kalo sy, Stp anak sy main sy sll blg 5 menit lg wktu main kamu, 30 menit km hrs selesain makanmu dll.Klo direstoran wkt anak kecil sy sll mendudukan anak di baby chair biar dia tau klo makan hrs duduk, ktk dia sdh ga suka duduk di baby chair sy selalu mengedong dia.Ini memberikan arti jk makan mmg tdk boleh hilir mudik. Smpai skg pun anak klo makan ga prnh hilir mudik..no excuse.
*salah satu contoh disiplin dari kecil.

Klo mslh konsumtif kyk kt bu pip, bu tigha jg. Kayak mana ortunya dlu, kmsutif jg ga? Klo anak TK sya klo diperhatikan malah yg ibu RT yg srg kasih jajanan ke bekal anaknya, kalo ibu yg bekerja malah sll kasih bekal buatan mereka sendiri.

---------- Post added at 07:54 ---------- Previous post was at 07:46 ----------

oiya satu lagi kenapa anak susah disiplin, karena tipe ibu 2 di Indonesia suka skali ngmg "maklum anak2..." ktk liat anaknya bandel atau ganggu lingkungannya.
Ini suka memberikan arti ke anak klo mereka bs melakukan apapun karena "keanak-anakan" mereka. Tipe begini nti klo sdh gede yg dibilang "masa kecil kurang bahagia"

Klo sy pribadi liat anak sdh ganggu atau acak2 brg org ga pake omongan lagi blg anak sy, tp lgsung sy tarik dan gendong anak sy..Tp ga memarahi anak sy depan org juga.Saya anti marahin anak depan org.
 
"Be grateful for whoever comes"
  #13  
Old
rnamin...
 
Location: SL
Posts: 314
 
Wah topik menarik ini, tambah banyak wawasan.
Ikut ndeprok ya....
 
  #14  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
bantu up.....up....up....lagi......

---------- Post added at 05:32 ---------- Previous post was at 05:14 ----------

oh ya ....aku juga tertarik dg kalimat....putraku 4.5 tahun dan guru tk mengeluh tidak mau belajar......waduuuuh........

tk itu bukannya belajarnya dikemas sambil bermain ya biasanya? kalo yg ta perhatikan ternyata begitu........apakah mungkin juga guru tknya menuntut anak terlalu serius jadi anak belum siap belajar serius....maksudnya kemasan pembelajarannya tidak tepat....kayanya ini harus diperhatikan juga oleh kita ortunya

share sedikit.....dulu aku pernah bodoh dipelajaran matematika......rata rata nila 4 gak lebih dari 5.......kasian ya.....nah ternyata oleh gurunya aku ditekankan menghafal rumus......jadi diaitu aku gak suka. waktu diajar oleh papaku sendiri......diberikan contoh urutan logika dari setiap rumus.....alias dibuat mengerti bukan menghafal.....sejak itu rata rata nilai matematikaku minimal 7 atau 8......nah mungkin juga metode belajarnya gak cocok.

yang kedua......ada pertanyaan nih berhubung aku orang yg suka merencanakan jangka panjang....termasuk pendidikan anakku

diusia 4 tahun aku rrncana mau ngelesin inggris.....piano sama berenang........wah dia bakal stress gak ya......maksudnya bukan menjadukan dia anak sempurna.....aku kepingin sejak dini dia kuberikan kesempatan eksplorasi minat dan bakatnya......nanti kalo ternyata gak suka piano.....ya udah.....

umur berapa ya baiknya les les ini mulai diberikan?
 
  #15  
Old
pip201...
 
Location: NLD
Posts: 1,312
 
@bundahappy, sekedar tukar pikiran aja ya..
Kalau renang itu menurut saya wajib. Disini malah kemampuan berenang masuk dlm program diploma (buat anak, starting usia 4thn, not less, krn alasan kematangan motorik atau apa gitu). Apalagi anak Indonesia yg negaranya kepulauan. Menurut saya renang masuk checklist yg anak harus bisa.

Kalau bhs inggris dan piano, sepertinya tergantung minat anak deh, bu. Apalagi kalau anaknya jenis left-brained person, les2 spt itu bisa jadi malah akan menyiksa jiwa
Kalau saya akan nanya anak saya dulu, umur2 4-5thn sdh bisa diajak memilih menurut saya. Dulu saya juga ditawarin sama mama saya, mau les apa diluar program sekolah (jaman dulu sekolah masih lempeng, ga pake les kan ya.. hihihi secara kita tumbuh di satu era). Keluarga saya jago musik, kakak saya ada yg ambil gitar lah, olah vokal lah, dll. Saya malah mau les tari modern, maklum karena saya orgnya tomboy plus petakilan. Ya udah diturutin deh sama mama. Jadi kalau jam2 les, saya semangat, ngga pake drama dipaksa2 hihi. So everyone was happy deh.
Btw, saya right-brained person, tp ya ttp ga terlalu minat kalau right-brainy related skills dipelajari lewat les. Entah kenapa.. musik, tarik vokal, sketsa, writing sampe bahasa inggris semua autodidak. Lumayan sih bisa make money juga lewat skill2 autodidak tsb

Nah kan malah ngedongeng lagi.. gara2 anak rada riwil kecapekan krn super duper excited ngumpul ama keluarga besar nih jd begadangan deh..
 
I speak my mind. But when I choose to shut, then you're simply not worth my time.
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
planing ngadopsi anak ,gimana cara ASI keluar walau dlm keadaan gak hamil -- Diskusi Umum 0
gimana cara agar asi tidak keluar? -- Ngobrol Apa Saja 25
haid tidak teratur gimana cara menghitung masa subur -- Diskusi Umum 1
Cara Terbaik Untuk Membuat Anak Nafsu Makan dengan vitamin -- Area Promosi 0
cara membuat susu ibu hamil yang benar gimana sih????? -- Diskusi Umum 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:04.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com