Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #61  
Old
Euis A...
 
Posts: 20
 
Replying to: View Post
Amiiin Ya Robbal'alamin. . Makasih ya bunda dwi ats doa nya.

Ya Allah. .
Tiada lah kebahagiaan lain yg kami pinta selain kepercayaan Mu utk kami mjadi Orang Tua.
Ya Allah. .
Yg Maha sempurna, yg maha Agung, maha kaya yg memiliki segalanya.
Yg maha Perkasa yg menguasai apa apa yg ada di langit dan di bumi.
Yg menghidupkan serta mematikan apa saja yg di kehendaki.
Wahai Ya Allah. .
Perkenankan lah pd kami, bunda-bunda yg baik hati nya ini utk mendapatkan kepercayaan Mu utk kami menjadi seorang ibu, seorang bunda seutuh nya.
Izinkan kami utk memiliki janin di dlm rahim kami yg sehat ini, hingga kelak ia dewasa dan menjadi hamba Mu yg bertaqwa.
Ya Allah. .
Berilah kami dari sisi Engkau, seorang anak yg baik. Sesungguh nya Engkau lah Maha Pendengar doa. Amin
Amiin ya rabb, semoga doa bunda2 semua d sini terkabul, aq jg lg H2C nie bund tgl 28 bsk, semoga aja ada kabar bahagia, untuk kado ultah suami qu...

---------- Post added at 14:57 ---------- Previous post was at 14:56 ----------

[QUOTE=ny firman;309100]Hai bunda2 yg cantiiiiiiik
sama aku juga lagi promil nih, tapi belum juga garis 2
Mudah2an kita semua diberi kemudahan ya bund, amiiiiiin

Salam kenal ya bund......
[/QUOTE

Salam kenal jg bunda, kita sama2 promil, aq lg H2C nie bund
 
  #62  
Old
ny fir...
 
Location: my sweet home
Posts: 67
 
Salam kenal jg bunda, kita sama2 promil, aq lg H2C nie bund[/QUOTE]

Sama bund, lagi H2C
udah 3hari ini suka pusing, keleyengan sedikit ngapa2in, kayaknya capeeek bgtsampe ngos2an
terus td pagi bgn tidur perut bawah agak2 keram gitu bund
kdg demam kadang nggak
mudah2an pertanda baik ya bund...
moga2 H2C kita menghasilkan kabar yg baik, dan cepet2 punya debay


 
  #63  
Old
lieyha...
 
Posts: 56
 
Amiinnn Ya Rabb...subhanallah ternyata ga cm sya yg mengalami..sya jg lg usaha bgd nie
Bun..boleh share ga makanan yg bgus di konsumsi biar sperma ok
Soalnya dokter blg ktane sperma suami aglutinasi +, oligozoospermia,astenozoospermia,teratozoospermia. .ada ga suami bunda yg mengalami jg..klo blh tw apa penyebabnya ya?
 
  #64  
Old
dwi az...
 
Location: di Hati suami Q
Posts: 549
 
ini bunda Lieyha sdikit info ttg "SPERMA". moga mmbantu yaaa...
n maaf jka nggak lngkap.

Jumlah, Gerak dan Bentuk Sperma


Kualitas sperma ditentukan oleh banyak faktor. Yang paling penting adalah volume (jumlah). Normalnya, sekali keluar sebanyak 2 sampai 6 mililiter (ml). Jadi, dalam satu ejakulat, terkandung minimal 20 juta ekor sel spermatozoa per mililiter-nya. Kalau minimal 2 ml per ejakulat, berarti dibutuhkan minimal 40 juta ekor sperma agar terjadi pembuahan. Selain jumlah, yang tak kalah penting adalah gerak sperma. Gerak sperma ada empat macam, yaitu gerak lurus cepat, gerak lurus lambat, gerak di tempat, dan tidak bergerak. Yang ada gunanya untuk pembuahan adalah yang bergerak maju (gerak lurus cepat dan gerak lurus lambat). Jumlah sperma yang bergerak maju yang dibutuhkan untuk pembuahan minimal 50 persen dari keseluruhan sperma yang keluar. Sperma juga harus memiliki bentuk normal, minimal 30 persen. Jika bentuk sperma tidak normal, ia tidak bisa masuk ke rahim wanita untuk melakukan pembuahan. Sperma yang bisa masuk ke dalam rahim wanita adalah yang bentuknya normal dan memiliki gerak bagus.

Sisanya, yang bentuknya tidak normal dan tidak punya gerak bagus, akan keluar lagi bersama semen. Biasanya, usai senggama, keluar cairan dari vagina. Nah, yang keluar ini adalah sperma yang bentuknya tidak normal dan geraknya tidak bagus, serta semen. Semen memang tidak masuk ke dalam rahim wanita. Ia hanya menghantarkan, lalu keluar lagi setelah sperma masuk rahim.



Bagaimana menilai Kualitas Sperma?

Jika terjadi kelainan pada sperma, entah karena jumlah, bentuk, maupun geraknya, haruslah dicari sebabnya lebih dulu. Jumlah sperma yang normal disebut normozoospermia, jumlah kurang oligozoospermia. Sementara sperma yang geraknya normal disebut normozoospermia, gerak kurang disebut asthenozoospermia, dan bentuk kurang disebut teratozoospermia. Gangguan kesuburan pria yang berhubungan dengan sperma dapat disebabkan oleh banyak faktor. Yang pertama adalah gangguan pada pabrik sperma, yakni buah pelir atau testis. Testis akan memproduksi sperma-sperma yang baik bila temperaturnya lebih rendah daripada suhu tubuh, kira-kira 36,7 derajat Celcsius. Makanya, testis diberi kantung yang menggelantung. Kalau kedinginan, kantung akan tertarik ke atas, kalau kepanasan tertarik ke bawah.

Gangguan pada pabrik sperma juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya karena kebiasaan. Misalnya pakai celana dobel, sehingga buah pelir jadi panas. Atau memakai celana yang sangat ketat, sehingga kantung buah pelir malah lekat ke tubuh, sehingga temperatur naik. Kalau temperatur pada testis lebih panas, maka kualitas sperma yang diproduksi pun akan menurun.

Gangguan pada pabrik sperma bisa juga disebabkan penyakit yang menyertai maupun penyakit bawaan. Penyakit yang paling banyak menyertai orang dengan gangguan sperma adalah pelebaran pembuluh darah balik di sekitar testis (plexus spermatikus) yang disebut varicocel Atau kantung pelir terlalu tebal akibat peradangan kulit. Selain gangguan pada pabriknya, kualitas sperma juga bisa menurun karena adanya gangguan pada hormon dan pada saluran sperma.

Sperma yang kurang baik ini sebenarnya dikenali secara kasat mata. Berikut ini adalah tanda atau ciri yang membedakan sperma baik dan buruk:

  • Sperma yang normal atau sehat memiliki kuantitas atau ukuran yang cukup, yakni 200 mililiter. Cara mengetahuinya dengan mengumpulkan sperma dalam tabung ukur.
  • Warna sperma yang sehat yakni kelabu pucat, atau cenderung putih.
  • Sperma yang sehat berbau tidak terlalu ekstrem, atau sama sekali tidak berbau. Namun bau sperma yang sehat, menurut Prof Wimpie berbau mirip dengan bunga akasia.
  • Kekentalan sperma juga pertanda apakah sperma itu normal. Semakin kental semakin baik, dan semakin encer semakin tidak baik. Kekentalan sperma hanya berlangsung selama 10-15 menit, dan setelah itu ia akan mencair.
  • Kita bisa mengukur keasaman sperma dengan menggunakan kertas lakmus yang bisa dibeli di apotek. Kertas ini akan memberikan petunjuk seberapa asam atau seberapa basa kondisi sperma. Sperma yang normal memiliki derajat keasaman maksimal 7 pH, atau cenderung basa. Jika terlalu asam, sel sperma lemah, bahkan kosong.
  • Melalui pemeriksaan laboratorium kualitas sperma yang sehat dan baik diantaranya mempunyai ciri ; Gerakannya gesit, Jumlah sel sperma dalam satu mililiter sekitar 20 juta ekor dan bentuk kepalanya oval serta ekornya bergerak-gerak.
Bagaimana Cara meningkatkan Kualitas Sperma?

Kualitas asupan makanan dan minuman sangat berpengaruh terhadap Kualitas sperma pria namun tidak pada jumlah sperma. Buah dan sayur menjadi makanan yang disarankan, sementara alkohol harus dijauhi. Kualitas makanan sangat mendukung jumlah sperma yang lincah, progresif dan jantan untuk mendapatkan satu yang mampu membuahi sel telur. Makanan seperti buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan penting karena kaya akan antioksidan yang menghambat radikal bebas yang dapat merusak DNA sperma. Selain itu banyak vitamin dan mineral sangat membantu menentukan kualitas sperma contohnya, seperti vitamin C, Vit. E, Seng dan Selenium.


Awas! Hentikan Kebiasaan Ini Demi Kesehatan Sperma Anda .
Cocok bagi Anda pasangan yang sudah menikah dan ingin memiliki anak, pastinya butuh sperma dan sel telur yang subur dong. Nah, sayangnya banyak cowok yang nggak sadar kegiatan yang dia lakukan sehari-hari bisa saja membahayakan spermanya. Sebab kalau sperma sudah tidak sehat, bisa menyebabkan infertilitas atau kemandulan. Ilustrasi Ilustrasi Seperti dikutip laman Indiatimes, sperma dianggap subur kalau sehat dan gesit gerakannya. Untuk kesehatan sperma, dinilai dari jumlah sperma, motilitas atau gerakannya, morfologi atau bentuk dan struktur sperma, dan volume total ejakulasi. Cowok sehat akan memproduksi 70-150 juta sperma per hari. Sperma ini terdapat dalam air mani dengan rata-rata volume air mani normal yang dihasilkan pada ejakulasi adalah 2-5 ml (setengah sampai 1 sendok makan ukuran Inggris). Hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup si cowok. “Gaya hidup Anda adalah kunci. Jika lingkungan kerja Anda sangat panas atau jika Anda terkena racun, seperti di sebuah pabrik kimia, dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma Anda,” kata Ginekolog dan Spesialis Infertilitas dari Lilavati Hospital Dr Hrishikesh Pai. Dia juga memberi contoh kegiatan lain yang menurutnya bisa menurunkan atau merusak kualitas sperma di antaranya mandi uap, sauna, hingga menghabiskan waktu lebih dari 30 menit dalam baik air bersuhu 40 derajat celsius atau lebih. Berarti dari contoh tadi, bisa ditarik kesimpulan kalau sperma tidak tahan terhadap suhu yang hangat hingga panas. Hal ini didukung oleh seorang pakar seks Dr Mahinder Watsa. Dia menyarankan para cowok agar tidak bersepeda terlalu lama karena bisa menaikkan suhu skrotum (kantung pembungkus testis) dan mempengaruhi produksi sperma. “Sering berhenti untuk istirahat saat bersepeda, agar skrotum beberapa derajat lebih rendah dari suhu tubuh, itu lebih baik,” kata Mahinder. Selain itu, dia juga melarang penggunaan celana ketat pada pria. “Ganti pakaian ketat dengan celana boxer, sebab boxer membuat lebih banyak udara mengalir ke skrotum,” katanya. Nah, ada satu lagi nih yang penting dan mungkin nggak pernah disangka yakni memangku laptop di paha kamu. Untuk cowok-cowok, mulai sekarang dan seterusnya, jangan memangku laptop kamu di paha ya? tujuannya supaya suhu panas dari laptop tidak merusak kualitas sperma kamu. Tapi yang sudah terlanjur dan menjadi kebiasaan, baiknya melakukan uji analisis air mani di laboratorium Tujuannya, agar gaya hidup tertentu yang memperburuk kualitas sperma bisa diubah sehingga sperma kamu bisa sehat dan subur. Untuk itu, biasakan pola hidup sehat dari sekarang. Sebab, ada faktor lain yang mempengaruhi kesuburan sperma salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat yang bisa membuat sperma kamu perkasa. Salah satu unsur yang bagus untuk kesehatan sperma adalah zat seng alias Zinc. Zat ini terkandung dalam buah pisang, tiram, dan kacang almond. Banyak mengonsumsi ketiga makanan tadi bisa membantu sintesis testosteron dan meningkatkan jumlah sperma, motilitas, dan volume. Selain itu, ahli gizi juga menambahkan makanan dengan kadar vitamin A tinggi (wortel, susu, keju, telur), vitamin C (jeruk, stroberi, brokoli) dan vitamin E (kacang tanah, bayam, kacang almond, hazelnut) juga dapat mengoptimalkan kesehatan sperma. Selain itu, ada pula unsur Selenium yang banyak terdapat pada makanan seperti bawang putih, kemudian Lycopene pada makanan seperti tomat dan semangka. Makanan tadi membantu mencegah kerusakan oksidatif pada sperma. So, hidup sehat dari sekarang ya!

Read more at:
http://www.ruanghati.com/2012/04/28/awas-hentikan-kebiasaan-ini-demi-kesehatan-sperma-anda/

---------- Post added at 18:47 ---------- Previous post was at 18:28 ----------

Maaf Bunda Ferial,,pinjam lapaknya untuk bagi info...
 
  #65  
Old
lieyha...
 
Posts: 56
 
Makasih infonya bunda dwi azmi..nie skg jg lg dikasih obat trs..udh cek sperma 2x dan yg kemarin
Alhamdulilah udh ada yg bergerak..ada peningkatan kta dokter
Disaranin c bs insem tp aq pengin alami..
Mohon doanya buat semua bunda2..moga kami bs segera memiliki keturunan...
Amiiinnn..
 
  #66  
Old
dwi az...
 
Location: di Hati suami Q
Posts: 549
 
iya bunda,,smoga urusan bunda smuanya dilancarkan YANG MAHA KUASA,,amin allahumma amin.
jgn brputus asa yaa bund,, tetep smngat n trus brdoa tntunya.. ya nggak bund?!
oya kalo boleh tau,,bunda sdh brapa lama nikahnya???
 
  #67  
Old
lieyha...
 
Posts: 56
 
Makasih doanya semoga Allah mengijabah..aamiinn
Sya udh nikah 18bln..mkanya nie lg ikut program hamil..biar ga duga2 sendiri..
Semoga Allah memberikan kemudahan..
Bunda dwi udh punya anak brp?
 
  #68  
Old
liamel...
 
Location: Tangerang / Jakarta Barat
Posts: 43
 
Hai bunda firman

Aku punya maca united, product nya herbal alami 100% tidak ada effect samping selama pemakain sesuai kadar yang dianjurkan.
Product yang asli hanya keluar dr PT. HEALTH WEALTH INTERNATIONAL

Pada umumnya penundaan kehamilan bisa terjadi karna, bakteri jahat Ms.V yang mungkin gak pernah kita sadari..karna bisa membuat jadwal si M menjadi kacau balau dan mengagalkan sperma yang hendak masuk ke rahim.
Kelebihan berat badan juga menjadi salah 1 faktor penyebabnya, mengapa? karena lemak yang berlebihan akan menyumbat saluran sperma menuju rahim.

Makanya perlu diselesaikan dulu apa penyebab2-nya baru dibentuk untuk kesuburan2 dan pembentukan hormon untuk si Rahim.

Walaupun memang overall kembali pada YME, namun gak ada salahnya kita untuk berusaha..

Kalau minat bisa add pin aku atau hubungi aku 2A767711 / 087875895331

Untuk bunda2 yang berminta,. CU there ya...
semoga ada jalannya untuk para Bunda
 
  #69  
Old
dwi az...
 
Location: di Hati suami Q
Posts: 549
 
Replying to: View Post
Makasih doanya semoga Allah mengijabah..aamiinn
Sya udh nikah 18bln..mkanya nie lg ikut program hamil..biar ga duga2 sendiri..
Semoga Allah memberikan kemudahan..
Bunda dwi udh punya anak brp?
sama bund,,aQ jg lg dalam masa penantian Si Buah Hati..
yaaaaaaaaaahh pokoknya mah sabar tingkat mmbahana!!!!
 
  #70  
Old
lieyha...
 
Posts: 56
 
Sama ya bun...sabar emg kudu ga ada batasnya..
Semoga penantian qt berbuah manis..
Allah pasti memberikan qt yg terbaik termasuk anak...amiiinnn
Bunda udah nikah brp thn?
 
  #71  
Old
ny fir...
 
Location: my sweet home
Posts: 67
 
Replying to: View Post
Hai bunda firman

Aku punya maca united, product nya herbal alami 100% tidak ada effect samping selama pemakain sesuai kadar yang dianjurkan.
Product yang asli hanya keluar dr PT. HEALTH WEALTH INTERNATIONAL

Pada umumnya penundaan kehamilan bisa terjadi karna, bakteri jahat Ms.V yang mungkin gak pernah kita sadari..karna bisa membuat jadwal si M menjadi kacau balau dan mengagalkan sperma yang hendak masuk ke rahim.
Kelebihan berat badan juga menjadi salah 1 faktor penyebabnya, mengapa? karena lemak yang berlebihan akan menyumbat saluran sperma menuju rahim.

Makanya perlu diselesaikan dulu apa penyebab2-nya baru dibentuk untuk kesuburan2 dan pembentukan hormon untuk si Rahim.

Walaupun memang overall kembali pada YME, namun gak ada salahnya kita untuk berusaha..

Kalau minat bisa add pin aku atau hubungi aku 2A767711 / 087875895331

Untuk bunda2 yang berminta,. CU there ya...
semoga ada jalannya untuk para Bunda
hii juga
siiiip... gampang deeeeh
pagiiiiii bunda2 yg cantiiiq oia, semalem akhirnya aku minta di kerikin sama suami , abisnya gk tahan... merah siii
tapi skrg kok malah makin terasa ya kram di perut??? trus perasaan'a kaya mau BAB, tp pas ke WC gk
hmmmm bingung????
 
  #72  
Old
tatipa...
 
Posts: 86
 
Amin.. Amin ... Amin ya Allah ya Rahman ya Rahim... Mudah2an qt semua di kasi kado berkah di bln ramadhan nanti... Semangat!
 
  #73  
Old
ilas l...
 
Posts: 425
 
amin ya Allah..
 
  #74  
Old
Yani H...
 
Posts: 43
 
@bund ferial;aku jiga lagi promil bund..,,,
smoga doa di kabulkan,ikhtiar kita di ijabahi,usaha d berkahi.amiin..,,,
 
  #75  
Old
dwi az...
 
Location: di Hati suami Q
Posts: 549
 
Replying to: View Post
Sama ya bun...sabar emg kudu ga ada batasnya..
Semoga penantian qt berbuah manis..
Allah pasti memberikan qt yg terbaik termasuk anak...amiiinnn
Bunda udah nikah brp thn?

maaf baru gabung bunda,, aQ sdh nikah slama 2 tahun lbih,,sbenarnya aQ sdh prnah hamil 3 kali bunda Lieyha,,tp 3 kali jg kguguran..
yaaaaaaaaaaaa diikhlasin aja,,kami pengennya nggak knapa2,,tp ALLAH Lah punya KUASA dan kehendak,,tinggal aQ ambil hikmahnya aja dr kjadian2 tsb. smoga ALLAH masih mmprcayakan aQ dan suami Q mnjadi orang tua dr titipan_NYA,amin yaa Rabbal'alamin.
kita yg smangat aja promilnya yaa bund......
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
mudah2n berkah di bln haji ini amin -- Diskusi Umum 10
ya allah, smga bunda2 yg mndkati HPL &lwat HPL scepatny ada kontraksi. amin -- Diskusi Umum 14
salam kenal dan mohon doanya y para bundaaa smga sy hamil ^^ -- Kenalan Yuk! 4
masuk yuk bund, kita saling share ^^ -- Diskusi Umum 49
bunda,,ada info ne bt yg haidnya tdk teratur,smga bermanfaat :) -- Diskusi Umum 24


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:25.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com