Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
shifa9...   TS 
 
Posts: 443
Default 3 buln kaya 5 bulnn subhannaallah

Hai bun slm kenal saya hmil 12 minggu tapi perut saya udah besar kya 5 bulm ap krns kmbar ya bunn ....kata dokter si kmbar bunn .....tlong info ya bunn yg pernah kaya says trimakasihh
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
ummi k...
 
Location: di persingahan
Posts: 4,357
 
wah slamat ya bun untuk kehamilannya, coba di usg aja bun, klo mang kata dokter kembar brarti kemungkinan mang besar harapannya gitu bun....

---------- Post added at 18:32 ---------- Previous post was at 18:26 ----------

Tanda-tanda Wanita Hamil Bayi Kembar

  • Intuisi wanita seringkali begitu kuat.
    Anda hanya merasakan begitu saja bahwa Anda mungkin membawa dua janin dalam tubuh Anda. Beberapa ibu dari bayi kembar (dua atau lebih) mengatakan bahwa mereka tahu sejak awal bahwa mereka sedang menantikan kehadiran dua orang bayi.
  • Anda mengalami mual-muntah atau morning sickness yang lebih parah.
    Jika memang sedang hamil bayi kembar, kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) pada air kemih Anda mungkin juga meningkat. Hormon hCG diperlukan untuk menjaga kehamilan sampai plasenta berkembang. Hormon ini bisa dideteksi melalui darah atau melalui urine (saat Anda ingin mengetahui kehamilan lewat test pack) bahkan sebelum menstruasi Anda berhenti. Dalam kehamilan tunggal, biasanya konsentrasi hCG meningkat cepat selama minggu pertama, dan menjadi ganda setiap dua atau tiga hari.
    Nah, kadar hCG ini bisa meningkat bila terjadi kehamilan kembar, dan membuat Anda mengalami morning sickness (atau all day sickness) lebih parah.
  • Gejala-gejala kehamilan normal lainnya kemungkinan juga lebih besar.
    Kebanyakan wanita (tidak semua) yang hamil bayi kembar memiliki gejala kehamilan yang lebih intens, disebabkan oleh hormon ekstra yang bersirkulasi melalui sistem mereka. Mungkin payudara Anda terasa lebih bengkak, lebih sering buang air kecil, lapar sepanjang waktu, dan cepat lelah. Dalam kehamilan trimester kedua, Anda mungkin juga kesulitan menangkap nafas, kaki dan tangan membengkak (edema), penambahan berat badan dan pembesaran rahim yang tidak normal, serta gerakan janin yang kuat. Masalah anemia atau kekurangan zat besi (yang menurunkan hemoglobin) juga biasa terjadi pada kehamilan kembar.
    Pertambahan berat badan meningkat cepat pada trimester pertama, dan ini bisa menjadi petunjuk pertama bahwa Anda membawa lebih dari satu janin.
    Jika Anda menerapkan pola makan dengan baik, Anda tak perlu khawatir. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menekankan pentingnya penambahan berat badan di masa awal kehamilan kembar, karena penambahan di dua trimester pertama terbukti memiliki pengaruh yang lebih besar pada berat bayi lahir.
  • Ukuran Anda cukup besar untuk usia kehamilan.
    Pada pemeriksaan pertama mungkin Anda akan diberitahu bahwa rahim Anda akan terus membesar. Jika siklus menstruasi Anda yang terakhir mengindikasikan kehamilan 8 minggu, rahim Anda mungkin terasa seperti sudah 10-12 minggu. Hal ini tentu harus dibuktikan dengan pemeriksaan USG. Begitu kehamilan berlanjut, jika Anda memang mengandung dua janin, ukuran rahim akan membesar mengikuti usia kehamilan secara konsisten. Rahim yang menyimpan satu janin mungkin akan mencapai 38 x 40 cm tingginya, diukur dari tulang pubik. Sedangkan kehamilan kembar mungkin akan mencapai 48 cm.
  • Anda akan mendapat informasi bahwa kadar AFP (alpha fetoprotein) Anda meningkat.
    Kadar AFP, protein yang dilepaskan oleh bayi ketika ia tumbuh dan ditemukan dalam darah ibu, dapat meningkat ketika ada lebih dari satu bayi. Normalnya tes darah secara sederhana akan diberikan 16-18 minggu sejak menstruasi Anda yang terakhir. Pemeriksaan alpha fetoprotein mendeteksi lebih dari separuh kehamilan kembar.
  • Dokter Anda dapat mendengarkan dua detak jantung.
    Dua detak jantung yang terpisah dapat dibuktikan sampai usia kehamilan 12 minggu. Pada sekitar usia 28 minggu, sangat mungkin untuk membedakan dua kepala janin dan beberapa bagian kecil ketika melakukan pemeriksaan USG.
  • Hasil pemeriksaan USG Anda positif.
    Jika Anda percaya bahwa Anda memang sedang hamil bayi kembar, USG dapat dilakukan sejak awal kehamilan. Dengan dokter yang ahli USG, dua embryo dan dua detak jantung janin yang kuat bahkan dapat dilihat 6 minggu sejak hari pertama menstruasi terakhir Anda. Banyak pula janin kembar yang sudah dapat didiagnosa sejak usia 5 minggu, ketika Anda baru terlambat mens satu minggu saja.
 
  #3  
Old
shifa9...   TS 
 
Posts: 443
 
Bunda ummi iya bun waktu 10 minggu d usg kata dokter kmbar bun soal nya ad 2 dan detak jntung nya juga 2 bunn ...oia bunda gimana dah ad baby atau msih promil bunm
 
  #4  
Old
ummi k...
 
Location: di persingahan
Posts: 4,357
 
bunda shifa99, saya belum seberuntung bunda, saya maseh harus bersabar menunggu mukjizat itu bun, tapi saya bisa membayangkan betapa bahagianya bunda saat ini... jaga kesehatan ya bun
 
  #5  
Old
shifa9...   TS 
 
Posts: 443
 
Bunda ummii sabarr ya bunn semua akan indah pada waktu nya saya juga lm menunggu ini bun hmpir 3 thun.....bunda sabarr ya bunn jngan stress biar cepet berhasill ...
 
  #6  
Old
alinfa...
 
Location: cianjur kota
Posts: 479
 
Wah bunda shifa selamat ya,kembar pula. Y mungkin perut nya dah besar krn ada 2 debay, aku jg 3bln bun tp perutku blm trlalu menonjol, makanya orang" bnyak yg ga tau aku hamil.. Kec.pas berbaring br deh krasa perutnya beda..
 
Robbi Habli Minassoolihiin..
  #7  
Old
shifa9...   TS 
 
Posts: 443
 
Bunda alin hehe iya bun tmn saya aj 3 buln blum klihatan beda am saya bun kaya 5 buln bumm semoga dbay kita sehat ya bunn amiennnn...
 
  #8  
Old
alinfa...
 
Location: cianjur kota
Posts: 479
 
Amin bun smg sehat" yach.. Ya gt bun kdang orang" trs nanyain knp ko blm keliatan hm... pdhl kan mang ky gt dr sononya...
 
Robbi Habli Minassoolihiin..
  #9  
Old
FiidaR...
 
Posts: 354
 
Subhanallah bund..
Jadi kepikiran gmn ntar aku ya kalo udah 3 bulan lebih.. Hihi
Soalnya aku hamil kembar bund, udah kedeteksi dr usia 4w klo ada 2 kantung janin
Skrg usia kandunganku 10w. Ini aja kata suami saya klo perut dah keliatan agak besar
Tp saya bingung perut ini besar karena prtumbuhan debay-nya atau kebanyakan makan ya..
Soalnya saya trmasuk jarang morning sickness, nafsu makan naik turun.
Kalo bunda gmn? Morning sickness hebat jg kah spt ciri2 kehamilan kembar umumnya?
Dan apa yg bunda rasain skrg saat usia 3 bulan bund?
Semoga sehat debay-nya ya bund..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Kaya nya PMs dech!! -- Diskusi Umum 10
mitoni 4 buln/7 bulanan -- Diskusi Umum 7
sudah 8 buln gax dtg bulan, -- Ngobrol Apa Saja 4
si kecil batuk hampir 2 buln gak sembuh bun,,,, -- Diskusi Umum 3
Bund, kaya aq gak?? :D -- Diskusi Umum 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:23.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com