Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
astiq...
 
Posts: 299
 
Bun, boleh tahu 20 ml itu sekali pompa atau seharian, yang saya tahu kalau sering dipompa maka semakin lama akan semakin banyak.

Dulu saya juga sempet mengalami bingung puting dan sedikit asi. Waktu lahiran, saya sc dan anak saya kemasukan air ketuban ke paru-paru sehingga ada di NICU selama 3 hari, 2 hari pertama dipasang infus dan minum lewat selang. Karena bayi punya cadangan makanan 3 hari, kalau dalam kondisi normal belum disusui ga masalah jika air susunya belum keluar, tetapi tetap harus dirangsang. Kondisi anak saya saat itu, menurut DSA, harus diminumin asi-nya untuk mengurangi infeksi diparu-paru karena kemasukan ketuban.
Jadi pas, saya sadar dari operasi, paksain diri buat merah asi, mau dapat 5 ml, 10 ml, 15 ml atau berapapun pokoknya tiap 2/3 jam asi perah, kemudian dibawa oleh suami ke NICU dan diencerin disana diminumin lewat selang ke anak saya.

Alhamdulillah cepat sembuh dan dedenya ga kena kuning hari ke-3 dah boleh pulang. Waktu di NICU sempet kena dot, karena pas selang dibuka, oleh perawatnya asip ditaruh di dot, akibatnya penyesuaian dia untuk nenen jadi susah, butuh kesabaran, tapi lama-lama bisa.

Kebetulan jatah cuti 2,5 bulan dari kantor, gara-gara perah asi waktu di rs, puting lecet karena pakai breastpump elektrik, jadi istirahat selama 3 minggu ga merah. Padahal sebelumnya kalau sekali perah bisa dapat min. 100 ml, setelah istirahat selama 3 minggu, sekali perah pernah cuma 10 ml, sempet stress juga, soalnya dah mau masuk kantor, belum ada stok dan saya bertekad untuk bisa ASIX.

Akhirnya, ada temen yang cerita gabung di fb aimi & pejuang asi, belajar dari dokumen mereka tentang manajemen ASIP. Yang terpenting tetap merah, berapa pun hasilnya. Misal, kalau sekali perah saya dapat 20 ml, berarti untuk bisa dapat 1 botol 100 ml harus 5x perah, dan jangan stress, coba banyak minum dan makan makanan booster asi, seperti kacang-kacang, sayuran, buah, dll...

Masalah bingung puting, tetap sabar diusahakan, memang ga mudah, anakku penyesuaian lama untuk bisa membedakan mana dot mana nenennya. Pas lagi libur cuti bersama kemarin karena selalu bersama saya, ya dia nenen terus, pas masuk kantor ketemu dot lupa lagi, jadi ketika neneknya minumin asip di dot, dianya nangis terus dan nolak, karena ga mau minum akhir nya disuapin sama sendok. Solusinya pas dia bener 2 lapar baru diminumin pake dot, repot memang, dan butuh kesabaran ekstra, tapi lama-lama bisa kok...

Yah, kira-kira begitu bun, pengalaman saya...
 
  #32  
Old
rayya2...
 
Posts: 38
 
mau tau bagus gak nya sufor,,,,
bunda harus cicip sendiri dulu sufor2 itu. ada yg manis, ada yg enggak. nah trus bunda bandingin rasa nya ama asi bunda sendiri.

saya udah pernah kaya gtu. dan rasa yg sama kaya asi saya, manisnya manis jambu itu gak ada bun......heheheheheh
 
  #33  
Old
sintas...
 
Location: bandung
Posts: 71
 
Bun astiq.. Sekali perah bun cm dpt 20ml.. Kmrn pas lahiran sesar..hari ke2 udah keluar asinya..dedenya mau nenen..tp 3hari pulang dari rs,saya masuk rs lg gara2 hipertensi selama 3hari..jd dikasih sufor..pulang2 dr rs dedenya jd gamau nenen lg pgnnya pk dot. Iya sih bun saya jdnya stres kepikiran terus pgn bgt ngasi asi,,segala macam cara udah dipompa,diperah pk tangan,pk penyambung nipple,tetep gamau.,hiksss asinya jd sedikit bgt,,pdhl udah makan makanan buat menambah asi..
 
  #34  
Old
nailin...
 
Posts: 283
 
Aku Ĵǜƍª galau ni bund..
Asi ga terlalu deras,, si dedek sultan ♏ªǚ'a nenen terus,,
Θȋ̝̊ kasi sufor lactogen ga cocok malah mencret,ganti SGM mencret lagii
Sampe frekuensi BAB'a sehari ga ke itung bund..
BAB terus
Sebaik'a aku coba sufor apa Ÿåå bund?? Kasiian si dedek kaya ga puas minum asi'a,,pdahal rencana pengen asi ªĴåa̅,tp tdk deras kluar'a,,
Jd aku kasiian sm si dedek bund
mhn bantuan'a bunda ya...
 
  #35  
Old
Albert...
 
Posts: 224
 
Klo saya Asi hanya 1bulan aja bun, ksian anakku.p asi saya gak keluar2 jdi saya ksih sufor.dr sejak lahir prnah di ksih nuribaby.jdi smpe skrg dia cocok sm nuri babyi.klo coba yg lain bab'nya jdi kerasss bunnnn..ksian.gak cocok
 
  #36  
Old
Fhanit...   TS 
 
Posts: 301
 
@bunda nailin aditya: bun kalau ganti sufor baru emang begitu bisa bikin mencret, sehari bisa berkali-kali dan bisa terjadi sampai 4-5 hari pencernaan bayi untuk menyesuaikan dengan sufor tsb. anak saya juga gitu dulu...kasihan kalau harus gonta ganti sufor, mending berikan satu sufor dan perhatikan reaksinya setelah 5hari kedepan apakah mencretnya berkurang atau tidak. gitu aja bunda masukan dari saya semoga bermanfaat.
 
  #37  
Old
fitriy...
 
Posts: 30
 
aamiin....
sudah gede ya bun...
 
  #38  
Old
cynthi...
 
Posts: 2
 
halo moms, salam kenal ya.. Kemarin sempet asinya seret2.. Secara bayiku 4 bln minum sehari 1300 cc an. sedangkan asi yang bisa aku keluarin Cuma 900 cc perhari. Jadi dengan sangat terpaksa, akhirnya aku beli susu formula. Berhubung aku numayan detail kalo beli apa2 mau HP baru, mau elektronic baru, apalagi urusan susu buat orok.. sibuk deh browsing2 & tanya2 teman akhirnya cobainlah Nestle Nan H.A Gold 1 di australia. nutrisi nya komplit bgt.. eh ternyata baby nya cucokk.. cari2 di indo kok ga ada yang type ini adanya cuma NAN H.A yang pake gold ini.. ternyata ga dijual di indo.. hiks.. terpaksa titip ke temen2 yang di aussie tiap balik ke indo. bertambahnya bulan, eh produksi asiku kok nambah.. senangnya.. jadinya sufor makin lama makin dikurangi aja.. malah sekarang masih ada sisa 4 kaleng.. kalau ada yang berminat monggo yah sayang kalo ampe kebuang.. kemarin aku beli nya 22.50 AUD. kalo di convert Rp 248 ribuan lah.. kalo ada yang berminat borong lgs 4, aku jual 200 rb juga ga papa deh, sayang klo ampe ga kepake.. expirednya 11 may 2014 ya mom.. kalau mau tau lbh detail ttg productnya bisa ke web nestle aussie lgs deh : https://www.nestlebaby.com.au/produc...a-gold-1-800g/ . tp sebaik2nya sufor, ga ada yang ngalahin asi ya mom... so klo masih bisa diperes barang setetes, peres aja yah mom..!! enjoy your motherhood.. !!kiss from baby lorenzo..
 
  #39  
Old
Adhita...
 
Posts: 1
 
kalo aku sih pake morinaga bmt platinum bun, kalo platinum katanya kandungan laktoferin nya lebih banyak jadi mendorong pertumbuhan bakteri baik lebih banyak juga jadi bagus buat pencernaan baby. tapi aku punya sodara dari jepang katanya morinaga di jepang itu produk payah bun, sampe di kasih jempol kebalik huhu jadi aku skrng lagi diskusi sama suami pengen ganti S26 katanya bagus ^ ^ walaupun perbedaan harga ga jauh jauh amat sih, morinaga bmt platinum 242rb.
 
  #40  
Old
nopeli...
 
Posts: 1
 
kalo SGM 1 gmn? apa kandungannya kurang?? lagi bingung milih nya neh... katanya banyak kandungan gulanya yah.. d share dunk..
 
  #41  
Old
astiq...
 
Posts: 299
 
Replying to: View Post
Bun astiq.. Sekali perah bun cm dpt 20ml.. Kmrn pas lahiran sesar..hari ke2 udah keluar asinya..dedenya mau nenen..tp 3hari pulang dari rs,saya masuk rs lg gara2 hipertensi selama 3hari..jd dikasih sufor..pulang2 dr rs dedenya jd gamau nenen lg pgnnya pk dot. Iya sih bun saya jdnya stres kepikiran terus pgn bgt ngasi asi,,segala macam cara udah dipompa,diperah pk tangan,pk penyambung nipple,tetep gamau.,hiksss asinya jd sedikit bgt,,pdhl udah makan makanan buat menambah asi..
Iya, bun, saya sekarang juga sdh berkurang, dan juga tambah sufor S-26 gold, tapi kalau malam dan pas ada saya dedenya tetap minum ASI...
 
  #42  
Old
frensi...
 
Posts: 116
 
bunda klu baby minum sufor diare cari aja yg merek LF (LASCTOSE FREE) ngk mengandung lactose yg buat baby diare
soalnya dulu ank q .mcm sufor q coba dr yg trmahal pediasure,enfamil,mamil gold,smpai lactogen ,enmum, smua diare..q pakai merek smilac LF baru ngk diare..
maaf bund klu ngk bias bntu bnyk info q
 
  #43  
Old
mama a...
 
Posts: 2
 
salam kenal bunda" semua,kl menurut aku sufor u/bayi cocok"n bun

kl anak ku pake sufor enfamil A+,tp skrg"n ini susah bgt d'pasaran...
tp baru bbrpa hari ne d'ganti BMT platinum alhamdulillahhh cocok jg bun
 
  #44  
Old
Ciput1...
 
Posts: 2
 
Bunda sintasintasinta, nasib saya sama dengan bunda.. Padahal sy sudah resign, dari hamil ingin bnget bisa kasih asix.. Sampe stress sy mikir asi pompa yg cuma dpt segitu.. Rasa hati sedih, ingin kasih yg terbaik yg sy punya, tp apa daya keadaan harus bgini.. Ya Allah, saya selalu berdoa agar asi sy dpt dilancarkan.. Semoga Allah mengetahui semua usaha, dan niat saya.. Dari anak pertama sampai yg kedua ini ga ada yg asix, knp malah jadi kemunduran dan kebodohan bagi saya , maap jadi curhat..
 
  #45  
Old
Mother...
 
Posts: 12
 
Mom, kok bisa bilang asinya dikit ya? Jangan pesimis donk mom, mgkn sy telat ya bilangnya, ini udah taun kapan, tp ng-info aja deh buat mom yg lain yg membutuhkan

Udah tau blom mom yg namanya power pumping? Ini mujarab bgt loh, bahkan buat mom yg dlm masa relaktasi, asi nya bisa bnyk lagi. Saya melahirkan bayi prematur kmrn, beratnya cuma 1800gr. Tapi dr si kesayangan lahir, saya kekeuh gamau dicekokin sufor, pdhl waktu itu asi sy baru keluar setetes 3 tetes dan si kecayangan keciil bgt, selang dimana2 di inkubator. Tapi dia pny hak untuk dapet kolostrum. Jdinya sy coba deh metode power pumping, dg pompa elektrik keaayangan yg sampe skrg jadi temen seperjuangan saya. Dr yg cuma setetes tiga tetes, akhirnya sy bs menghasilkan 30ml setiap pompanya, dlm waktu 3hari terapi power pumping. Begitu bebi dibawa pulang, sy pikir udah ga perlu pumping lagi krn bs lgsg susu badan, eh ternyata bayi prematur mmg kemampuan hisapnya lbh lemah, asi sy jd ga sempurna kosongnya, jadinya dikit lg deh, berat bebi pun stagnan, sedihnyaa waktu itu tapi sy ga nyerah, sy coba lg metode power pumping, alhamdulillah bnyk lagii, sampe numpuk asipnya di freezer, pdhl sy Bkn working mom loh, sering nyusuin langsung. Skrg ghazy udah 7.3 usia 6.5bln, panjangnya 69, alhamdulillaah.. Thanks to asi

Nah power pumping itu mom, tiap sejam sekali mom pompa, selama 10-15 mnt tiap payudara. Emg bkl cape sih sterilin pompa dan sambung pompa lagi, tapi buat anak masa ga mau repot, ya ga

Tapii, bukan berarti sufor haram 100% ya mom, sufor memang ditujukan untuk kondisi medis tertentu. INGET loh, sufor itu diberikan hanya untuk kepentingan dan kenyamanan bayi, BUKAN demi kepentingan dan kenyamanan ibunya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
ASI vs SUFOR -- Diskusi Umum 56
FOR SALE BRAND NEW...PEGPEREGO PLIKO P3 Blackstep -- Area Promosi 0
Arti Mimpi Dikasih bayi ? -- Diskusi Umum 21
tentang bayi ... sebulan dikasih makan ... -- Ngobrol Apa Saja 48
Paris Hilton Brand -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:52.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com