Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
rayya ...   TS 
 
Posts: 7
Default rahim retrofleksi

assalamu'alaikum bunda2
bunda2 disini ada yg bentuk rahimnya retrofleksi tdk?
senin kmrin habis hsg, hsilnya alhamdulillah tuba paten, tp uterus hiper retrofleksi.
kmgkinan hamil dg rahim hiper retrofleksi bgmn ya?
share ya bunda2.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
trie a...
 
Location: bogor
Posts: 578
 
aku ga tau bun,tp aku searching di mba geogle,smoga bermanfaat.


Rahim Retroflexi


Ada begitu banyak faktor penyebab sulitnya suatu kehamilan terjadi, namun pada beberapa wanita ada yang dapat mengalami kelainan pada salah satu organ tubuhnya, yang bisa dikatakan sangat vital, yaitu rahim. Meski kasusnya tidak banyak, rahim “terbalik” adalah salah satu penyebab seorang wanita sulit untuk mengandung. Benarkah demikian?
Posisi rahim pada dasarnya terletak pada rongga panggul, kira-kira dibelakang tulang kemaluan dan berukuran kira-kira sebesar telur ayam negeri namun agak pipih. 70 persen arah rahim melengkung ke depan, ke arah kandung kemih (antefleksi) dan 30 persen posisi rahim arahnya ke belakang, ke arah saluran pelepasan (retrofleksi). Mungkin inilah yang dimaksud dengan Istilah rahim terbalik tersebut. Sebenarnya hal tersebut merupakan varian dari arah rahim, jadi sesuatu hal yang normal.

Ada dua kategori dapat dinyatakan sebagai kelainan pada rahim yakni kelainan yang dibawa sejak lahir, seperti rahim dengan dua badan rahim (uterus bidelphis) dan rahim dengan dua tanduk (uterus bikornis) dan kelainan yang diakibatkan oleh perkembangan adanya suatu tumor jinak, misalnya mioma uteri. Kelainan pada rahim yang diakibatkan suatu tumor ini merupakan kelainan yang didapat setelah seorang wanita memasuki masa reproduksinya atau dimulai sejak masa remaja dan mengalami pubertas.

Oleh karena letaknya berada didalam tubuh dan tidak kasat mata, seorang wanita yang mengalami kelainan pada rahimnya tidak dapat langsung diketahui tanpa dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Untuk memastikannya dapat dilakukan pemeriksaan fisik ginekologi seperti inspekkulo atau perabaan. Pemeriksaan penunjang lainnya adalah ultrasonografi (USG), baik abdominal maupun transvaginal serta pemeriksaan histerosalpingograpi (rontgen) dengan bantuan cairan khusus yang bisa tampak pada rontgen.

Pada umumnya kelainan bawaan pada rahim tidak menimbulkan gejala, lain dengan tumor jinak, baru menimbulkan kelainan bila sudah berukuran besar. Dan jika tumor tumbuh ke arah rongga rahim akan menyebabkan perdarahan haid yang tidak normal. Akan tetapi meskipun seorang wanita memiliki kelainan dengan posisi rahim retrofleksi, siklus haidnya tidak akan terganggu sebab posisi rahim tidak berdampak pada siklus haid.

Sebenarnya secara medis belum ada bukti-bukti jika seorang wanita mengalami kelainan dengan posisi rahim retrofleksi akan sulit mengandung. Namun pada wanita dengan rahim yang mengarah ke belakang (retrofleksi) mungkin akan didapatkan kesulitan masuknya sel sperma ke dalam rahimnya.

Sebab ketika berhubungan seksual dengan posisi pasangan pria diatas, pada saat ejakulasi, spermanya akan menggenang pada rongga vagina bagian belakang. Bila rahim mengarah ke belakang, leher rahim akan relatif menjauh dari tempat terkumpulnya sperma pada bagian belakang vagina. Terlebih lagi jika pergerakan spermanya kurang baik, mungkin akan mempersulit masuknya sperma ke dalam rahim.

Kelainan arah rahim atau rahim retrofleksi ini tidak perlu sampai harus dilakukan operasi untuk membuat rahim berada di posisi yang seharusnya layaknya wanita dengan posisi rahim normal. Jadi jika wanita yang mengalami kelainan ahim retrofleksi terjadi kehamilan, tidak akan berbahaya dan menimbulkan masalah bagi kandungannya.



---------- Post added at 12:06 ---------- Previous post was at 11:59 ----------

tambahan lg nih bunda ,untuk masalah posisi ML biar hamil

untuk mereka yang memiliki bentuk rahim retrofleksi (rahim menekuk ke belakang) dianjurkan untuk melakukan penetrasi dari belakang.
Bagi pemilik rahim antrofleksi, bantal yang diganjal di bokong dalam periode kurang lebih 20 menit, sangat efektif untuk proses pembuahan.
Sedangkan pemilik rahim retrofleksi, bantal juga masih diperlukan. Dengan catatan, bantal diganjal di bawah perut dan posisi kepala perempuan menekuk ke bawah.
 
  #3  
Old
deena...
 
Posts: 381
 
Replying to: View Post
assalamu'alaikum bunda2
bunda2 disini ada yg bentuk rahimnya retrofleksi tdk?
senin kmrin habis hsg, hsilnya alhamdulillah tuba paten, tp uterus hiper retrofleksi.
kmgkinan hamil dg rahim hiper retrofleksi bgmn ya?
share ya bunda2.
waalaikumsalam bunda rayya....
kebetulan rahimku jg retro bun...
alhamdulillah setelah 2bln menikah lgsg dikasih titipan istimewa sm Allah...
sekarang UK sdh 22w...

katanya sih memang agak sulit sih bun kalo yg rahimnya retro....
tp qt kan manusiaa... tugasnya usahaaa.. selebihnya biar Allah yg nentuin kapan mau dikasihnya

tetepp smangattt bundaaa
 
  #4  
Old
Dewati...
 
Posts: 1,928
 
Aku juga retro bunda. Dokternya bilang itu cuma salah satu variasi bentuk rahim aja. Gak apa kok bunda. Dokter menyarankan setelah berhubungan langsung sujud sekurang-kurangnya lima sampai sepuluh menit. Aku juga baru tahu retro pas bulan Oktober promik ke dokter.
 
  #5  
Old
rayya ...   TS 
 
Posts: 7
 
maksih bunda2
sempet khawatir juga, untungnya dokter yg nangani hsg menguatkanku. beliau blg rahim beliau juga retro, hamil stlh 2 tahun usia pernikahan.
manusia mmg hny bs ikhtiar dan brdoa bund,Allah yg menentukan.

---------- Post added at 13:11 ---------- Previous post was at 13:10 ----------

bunda deena selamat ya
semoga kehamilannya sehat
 
  #6  
Old
eprili...
 
Location: Malang
Posts: 2
Default Rahim bikornis(rahim bentuk hati)

assalamu'alaikum bunda2.....
bunda2 disini ada yg bentuk rahimnya BIKORNIS(RAHIM BENTUK HATI) tdk?
kmrin saya habis periksa kehamilan yang pertama kali, hsilnya alhamdulillah ada kantung kehamilan, tp bentuk uterusq BIKORNIS.
bentuk uterusq BIKORNIS bahaya apa g ya?
bagaimana cara menjaga kehamilan agar bisa sehat sampai lahir?
share ya bunda2....
ditunggu.... trims
 
  #7  
Old
ayuzan...
 
Posts: 3
 
Assalamu'alaikum bunda2 semua.. aq jg termasuk pemilik rahim retro.. cek dr. kandungan hrus operasi n reposisi, sempet syock jg.. Akhirx coba Alternatik ke dr. lain.. Alhamdulillah ada jawaban yg menenangkan hati.. menurut dr. kandungan normal, hanya posisix di belakang, dr. menganjurkan utk berhubungan posisi belakang.. skrng aq mulai Promil & siap berusaha melakukan apa yg di anjurkan dr.. Semoga Allah memberikan kemudahan utk memberikan keturunan tanpa ada halangan lg.. Amiiiin Ya Allah..
 
  #8  
Old
viecha...
 
Posts: 2
 
aku jg pnya rahim retro bun,taunya kmren setelah ikutan promil.dokter nyaranin buat posisi ds habis selesai nungging kurang lebih 20 mnit,,,,sempat heran jg bun krna setelah menikah aku dan suami ga pernah ML posisi ds,maknya dikit kaget bu,tp mdh2n bln ne mnjadi bln terahhir mens saya,,,bis dh 2th nunggu kehadiran si buah hati
 
  #9  
Old
sandel...
 
Location: Palembang
Posts: 9
 
aku juga rahim retro bunda...taunya baru td malam pas kontrol kedokter lagi pasca kuret yg ke 2..kata dokternya "ga begitu pengaruh posisi retro rahim ini..buktinya ibu sudah pernah hamil 2 kali"..jawaban ini cukup melegakanku
Tapi sekarang aku harus nunggu minimal 2 kali mens dulu baru boleh hamil karena tgl 6 oktober kmrn aku dikuret karena BO..sekarang dokternya nyaranin test TORCH dulu baru boleh promil...
semoga nanti hasil Test TORCHku negatif semua ya bunda..mohon doanya karena aku dan suami dah pengen banget punya anak..kami dah 1, 5 tahun menikah dan aku udah 2 kali hamil dan 2 kali keguguran karena BO dan harus dikuret..
 
  #10  
Old
Ullyru...
 
Posts: 30
 
waallaikumsalam bunda rayya,
bentuk rahimku juga retrofleksi bun, tapi alhamdulilah skrg lg hamil. kalo dokter kandunganku itu termasuk normal, waktu itu nyaranin kalo rahim retro, posisi hb nya doggy style, trus kalo bisa setelah hb bunda tahan sebentar di posisi nungging itu, atau kalo pegel diganjel bantal vaginanya n posisinya tengkurap. banyak berdoa aja bun, insyaallah bisa hamil, banyak kok yg rahimnya retro ttp pada bisa hamil.
 
  #11  
Old
na1011...
 
Posts: 2
 
Replying to: View Post
waallaikumsalam bunda rayya,
bentuk rahimku juga retrofleksi bun, tapi alhamdulilah skrg lg hamil. kalo dokter kandunganku itu termasuk normal, waktu itu nyaranin kalo rahim retro, posisi hb nya doggy style, trus kalo bisa setelah hb bunda tahan sebentar di posisi nungging itu, atau kalo pegel diganjel bantal vaginanya n posisinya tengkurap. banyak berdoa aja bun, insyaallah bisa hamil, banyak kok yg rahimnya retro ttp pada bisa hamil.
betul kata bunda ullyruhan, waktu berhubungan pake gaya doggy style, alhasil alhamdulillah saya dah hamil 6 minggu. Ketahuannya rahimku retro waktu ikut promil bun, aq disuruh dokter tes HSG ternyata hasilnya rahimku retro.Trs disuruh ma dokternya pake gaya doggy style, setelah 3 bulan baru deh berhasil. Tetap semangat ya bun, jangan stress, capek, dan jangan lupa berdoa bun. Pasti Tuhan kasih kita yang terbaik
 
  #12  
Old
emy ar...
 
Location: makassar
Posts: 12
 
Iyah bun rahim aku jg retro, baru tau jg pas usg pasca kelahiran anakku, betul kata bunda2 smua rahim retro tdk mempersulit hamil cmn variasi bentuk rahim sj, buktinya kmarin sy cmn nunggu 3 bln hbs nikah langsung dung trus bln 2 kmarin alhamdulillah dede sdh lahiran normal. Iyah bun klo hbs ml harus d ganjal pke bantal pinggulnya minimal 10 menitlah

---------- Post added at 20:45 ---------- Previous post was at 19:58 ----------

Iyah bun rahim aku jg retro, baru tau jg pas usg pasca kelahiran anakku, betul kata bunda2 smua rahim retro tdk mempersulit hamil cmn variasi bentuk rahim sj, buktinya kmarin sy cmn nunggu 3 bln hbs nikah langsung dung trus bln 2 kmarin alhamdulillah dede sdh lahiran normal. Iyah bun klo hbs ml harus d ganjal pke bantal pinggulnya minimal 10 menitlah
 
  #13  
Old
Monali...
 
Posts: 78
 
Replying to: View Post
assalamu'alaikum bunda2
bunda2 disini ada yg bentuk rahimnya retrofleksi tdk?
senin kmrin habis hsg, hsilnya alhamdulillah tuba paten, tp uterus hiper retrofleksi.
kmgkinan hamil dg rahim hiper retrofleksi bgmn ya?
share ya bunda2.
Salam Kenal yah bunda,,,Bentuk rahim saya juga retro bunda + PCO lagi,,Alhamdulilah di usia pernikahan 2th3bln saya dikasih positif bun,,ni mau jalan 3bulan,,,Percaya bunda kalo Allah sudah berkehendak ga ada yang ga mungkin,,,smg cepat menyusul yah bunda,,
 
  #14  
Old
risca ...
 
Posts: 2
 
Salam kenal bunda..bentuk rahimku juga retro bun..,malahan konsul ke dokter katanya untuk rahim retro malah kemungkinan hamil lebih besar karna rahimnya menghadap ke belakang jadi maaf sp***a nya langsung masuk menuju sel telur dan untuk posisi berhubungan tetap seperti biasa..,,justru jika kita liat dari bentuk rahim posisi doggy lebih bagus untuk yang rahimya anteflexy atau menghadap ke depan..,semoga kita semua segra hamil ya bunda,,,,amin
 
  #15  
Old
arina1...
 
Posts: 16
 
aku juga rahim retro bun.. baru tau td pas mau pasang spiral. alhamdulillah anakku skrg udh umur 1 bulan & sehat.
jd jgn khawatir ya bun, ttp usaha & berdoa.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
uterus retrofleksi -- Diskusi Umum 4
Rahim oh rahim..sudah sanggupkah? -- Diskusi Umum 18
Retrofleksi menjadi antafleksi.... -- Diskusi Umum 5
Retrofleksi Uterus -- Diskusi Umum 22
masa di rahim sama tidak dengan rahim menebal -- Diskusi Umum 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:40.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com