Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Wolika...   TS 
 
Posts: 161
Default Artikel bagus loh bun......

Tips Agar Anda Cepat Hamil 9 Mar 2011Kategori: Kehamilan, Reproduksi 23 Komentar
Banyak wanita yang langsung mendapatkan kehamilan dalam beberapa bulan pernikahan. Banyak pula yang harus menunggu lebih lama. Sebuah studi di Inggris menyebutkan bahwa wanita perlu berhubungan seks 104 kali dalam 6 bulan untuk mendapatkan kehamilan pertamanya.photo © 2008 Saiful Rizan | more info (via: Wylio)
Dengan menerapkan solusi berikut, Anda mungkin dapat lebih cepat untuk menjadi hamil.
Ketahui masa ovulasi Anda

Setiap bulan, hanya ada kesempatan terbatas bagi sperma untuk membuahi telur. Setelah telur dilepaskan oleh ovarium dan memulai perjalanannya melewati tuba falopi menuju rahim (dalam proses yang disebut ovulasi), ia akan hidup hanya sekitar 24 jam. Jika tidak dibuahi oleh sperma pada saat itu, kesempatan untuk kehamilan hilang sampai bulan depan, ketika prosesnya diulangi lagi. Itulah mengapa mengetahui saat ovulasi Anda sangat penting jika Anda ingin hamil.
Karena telur hanya hidup selama 24 jam, Anda mungkin mengira bahwa Anda harus melakukan hubungan intim tepat pada hari pelepasan telur itu agar menjadi hamil. Untungnya, Anda memiliki kesempatan lebih lama dari itu. Sperma dapat hidup dalam saluran reproduksi wanita selama sekitar 72 jam. Berarti bila Anda melakukan hubungan seks pada hari ke-11 dari siklus Anda dan ovulasi terjadi pada hari ke-14, sperma masih memiliki kesempatan untuk membuahi telur itu. (Namun, peluang Anda akan mendapatkan bayi perempuan jauh lebih besar dalam hal ini).
Anda dapat melacak periode menstruasi Anda setiap bulan untuk mengetahui kapan Anda berovulasi. Cara pelacakan terbaik adalah membidik hari-hari yang paling subur. Anda akan membutuhkan sebuah termometer dan kalender. Tempatkan termometer dan kalender di samping tempat tidur Anda. Sejak hari pertama periode bersih Anda, ukurlah suhu Anda setiap hari sebelum turun dari tempat tidur di pagi hari. Suhu tubuh saat bangun tidur ini disebut suhu basal tubuh (basal body temperature/ BBT). Catat hasilnya di kalender. Tuliskan juga hari-hari haid Anda. Lakukan hal itu setiap hari sepanjang bulan. Sekitar 14 hari setelah hari pertama menstruasi Anda, Anda mungkin berovulasi (Ini hanya patokan umum. Pada beberapa wanita ovulasi terjadi sebelum atau setelah tanggal itu). Tak lama setelahnya, BBT Anda naik setengah sampai satu derajat dan terus meningkat sampai akhir siklus tersebut.
(Tips: sebagai alat bantu, gunakan kalkulator prediksi ovulasi di samping untuk memperkirakan periode ovulasi Anda)
Selama bulan pertama pelacakan, Anda tidak akan dapat mengidentifikasi hari-hari tersubur Anda karena kenaikan suhu terjadi setelah ovulasi, saat sudah terlambat bagi sperma untuk membuahi telur. Hal itu karena setelah ovulasi lendir mengental dan pintu masuk ke leher rahim menyempit sehingga mencegah sperma masuk. Namun, setelah Anda memetakan informasi selama satu bulan, Anda dapat melihat pola suhu tubuh Anda. Bersenggama untuk mendapatkan anak harus dilakukan satu atau dua hari sebelum kenaikan suhu.
Suhu basal tubuh Anda seringkali dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk obat-obatan, tingkat aktivitas fisik, dan penyakit. Cobalah untuk melacak hal-hal ini pada grafik BBT Anda. Setelah sekitar tiga bulan, Anda akan dapat mengidentifikasi pola umum. Jika Anda tidak melihat adanya kenaikan suhu berkelanjutan selama siklus bulanan Anda, Anda mungkin tidak berovulasi (meskipun Anda mendapatkan haid). Anda perlu mengkonsultasikannya ke dokter Anda. Ada obat yang dapat meningkatkan kesuksesan ovulasi.
Sebulan dalam Siklus
Menstruasi Anda:
  • HARI 1-5. Anda memulai siklus menstruasi di hari pertama menstruasi. Sangat penting untuk mencatat tanggal tersebut untuk menghitung tanggal perkiraan ovulasi Anda.
  • HARI 6-11. “Hari-hari kering”. Anda tidak menstruasi, tetapi Anda juga tidak subur. Tubuh Anda pada tahap ini sedang mempersiapkan untuk melepaskan telur.
  • HARI 12-18. Inilah hari-hari paling subur Anda. Tubuh Anda akan melepaskan telur pada salah satu dari ketujuh hari tersebut. Ini adalah waktu terbaik untuk berhubungan seks. Karena masa hidup maksimal sperma adalah 5 hari dan sel telur 1 hari, masa subur adalah 5 hari sebelum dan 1 hari sesudah ovulasi.
  • HARI 19-32. Jika Anda baru melakukan hubungan seks selama periode ini, Anda sudah “ketinggalan kereta”. Peluang kehamilan Anda nyaris nol.
Lakukan hubungan seks di masa subur

  • Frekuensi. Lakukan hubungan seks setiap dua hari sekali dalam masa subur. Hubungan seksual setiap dua hari sekali lebih dianjurkan daripada hubungan setiap hari karena ejakulasi terlalu sering dapat menurunkan jumlah sperma. Satu kali ejakulasi dari seorang pria subur melepaskan lebih dari 20 juta sperma. Jumlah tersebut lebih dari cukup untuk melakukan pekerjaannya sampai kelompok berikutnya tiba 48 jam kemudian.
  • Posisi. Tidak semua posisi berhubungan seks memberikan peluang yang sama untuk kehamilan. Posisi yang memudahkan sperma untuk berjalan ke leher rahim disarankan untuk memaksimalkan peluang Anda. Hal ini termasuk posisi berhadapan dengan pria di atas (posisi misionaris) dan posisi dari belakang. Posisi duduk, berdiri dan wanita di atas tidak disarankan. Kosongkan kandung kemih Anda sebelum melakukan hubungan seks, sehingga Anda tidak perlu ke kamar mandi setelah selesai melakukannya. Berbaringlah dengan santai dan diam. Sperma membutuhkan sekitar 15 menit untuk melalui lendir serviks dan sampai ke saluran tuba. Berbaring selama itu akan mengurangi risiko luapan sperma dari vagina.
  • Ejakulasi. Untuk mendapatkan kehamilan, calon ayah harus mencapai orgasme sehingga berejakulasi dalam jumlah dan kualitas yang cukup ke dalam vagina. Namun, tidak ada penelitian ilmiah apakah orgasme wanita berpengaruh positif terhadap peluang kehamilan.
Peluang Anda

Bila Anda dan pasangan Anda subur dan Anda memiliki siklus haid teratur, kemungkinan menjadi hamil dengan berhubungan seks di masa ovulasi adalah 15-25%. Setelah tiga bulan mempraktikkannya, 50% wanita mendapatkan kehamilan. Dalam satu tahun, 90% wanita mendapatkan kehamilan.
Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak hamil? Jawabannya tergantung pada usia Anda. Konsultasikan dengan dokter jika Anda:
  • lebih muda dari 25 tahun dan sudah lebih dari satu tahun mencoba tidak berhasil untuk hamil.
  • berusia 25-30 tahun dan sudah lebih dari 9 bulan mencoba tidak berhasil untuk hamil.
  • berusia 30-35 tahun dan sudah lebih dari 6 bulan mencoba tidak berhasil untuk hamil.
  • lebih tua dari 35 tahun dan sudah lebih dari 3 bulan mencoba tidak berhasil untuk hamil.

sumber : Tips Agar Anda Cepat Hamil | MajalahKesehatan.com

kalau sempat buka webnya bun, karena ada kalkulator dalam menghitung masa subur....
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
rahma ...
 
Posts: 603
 
Semangaaaat buat para calon bumil....
 
Follow me on twitter @rahmaAja87
  #3  
Old
zalis...
 
Posts: 983
 
waduh ak dah 25th nih, b'arti klo 9 bulan blm hamil ad masalah gitu?? sedih...
tp ak kmarin ngomong sama suami bun, klo dlm 6 bulan blm hamil mau promil ke dokter,
tp ngarepny sih bulan dpan dah hamil y bun, hehehehehe..
nice inpo bunda,
 
being a mother...is the best thing that I could ever ask for
  #4  
Old
mettak...
 
Posts: 11
 
bunda kalo ngitung siklus haid nyagimana? terus kalo suhu badan kita pagi2 naik itu artinya udah telat ovulasinya atau gimana masih ga ngerti. hehehe
share ya bunda2 cantix
 
  #5  
Old
Wolika...   TS 
 
Posts: 161
 
Replying to: View Post
Semangaaaat buat para calon bumil....
pastina donk bunda rahma.....

---------- Post added at 13:16 ---------- Previous post was at 13:11 ----------

Replying to: View Post
waduh ak dah 25th nih, b'arti klo 9 bulan blm hamil ad masalah gitu?? sedih...
tp ak kmarin ngomong sama suami bun, klo dlm 6 bulan blm hamil mau promil ke dokter,
tp ngarepny sih bulan dpan dah hamil y bun, hehehehehe..
nice inpo bunda,
jngan sedih2 gitu bund...te2p posthing ajah, jika memang hrus ke dokter itu mungkin lbih baik, jdi supya tau prmaslahanna dimana.....
te2p semangat bundaaa....

---------- Post added at 13:19 ---------- Previous post was at 13:16 ----------

Replying to: View Post
bunda kalo ngitung siklus haid nyagimana? terus kalo suhu badan kita pagi2 naik itu artinya udah telat ovulasinya atau gimana masih ga ngerti. hehehe
share ya bunda2 cantix
bunda metta...coba buka link di sumber artikel itu, disitu nanti bunda bisa itung msa pda saat bunda ovulasi, dan saran kapan bunda bsa mlakukan hbngn dg suami...lbh jelasna sih sya jg blm bsa jlasin scr dtail, saya jg lgi proses blajar......te2p semangat mencri informasi bundaaa......
 
  #6  
Old
tifuky...
 
Posts: 174
 
Like This bunda Wolika
 
  #7  
Old
mettak...
 
Posts: 11
 
iya bunda ada cuman kalo ngitung silkus mens yang kaya 28 hari itu gimana itungnya? hehehe..
maaf ya bundabanyak nanya..
 
  #8  
Old
Wolika...   TS 
 
Posts: 161
 
Replying to: View Post
Like This bunda Wolika
semoga bermanfaat bunda yuli...
 
  #9  
Old
Wolika...   TS 
 
Posts: 161
 
Replying to: View Post
iya bunda ada cuman kalo ngitung silkus mens yang kaya 28 hari itu gimana itungnya? hehehe..
maaf ya bundabanyak nanya..

.....mungkin artikel ini bisa membantu...
KLIK DISINI! Menghitung Masa Subur Wanita


by Masa Subur Wanita in Masa Subur Wanita


Pengetian Masa Subur
Masa Subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan.
pengertian lainnya, Masa Subur wanita adalah suatu masa yang berada disekitar waktu keluarnya sel telur tersebut (umumnya bagi yang mempunyai siklus haid 28-30 hari berada antara hari ke 12 hingga hari ke 18 dihitung dari hari pertama haid ).
Cara Menghitung dan Menentukan Masa Subur
Untuk menghitung masa subur sebenarnya tidak telalu sulit hanya saja memerlukan ketelitian dan kesabaran agar memperoleh hasil maksimal.
Bagi anada wanita yang ingin hamil untuk mengetahui, menentukan dan menghitung masa subur anda supaya hamil. Anda harus mengetahui apakah ada sel telur yang siap di buahi. Menurut salah satu dokter di sebuah sakit ternama di Jakarta mengatakan,” Masa subur bisa diketahui dengan menghitung dari periode menstruasi, perubahan pada lendir dan perubahan suhu tubuh”.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghitung masa subur untuk wanita yang ingin hamil, yaitu :
1. Siklus Haid
Masa subur akan mudah diketahui jika siklus haid anda setiap bulannya lancar dan normal. Ada ahli yang berpendapat sikulus haid normal 28 hari, pertengahan siklusnya hari ke – 14 ( 28 : 2 ), masa suburnya 3 haari sebelum hari ke -14, yaitu ( 14 – 3 ) dan 3 hari setelah hari ke -14 yaitu hari ke -17 ( 14 + 3 ) adi masa subur terjadi pada hari ke -11 dan hari ke -17
Ada pula cara / rumus lainnya dalam menghitung masa subur dengan sistem kalender, seperti berikut ini :
Masa Subur = Hari Terakhir Haid Menstruasi + 13
Masa Prasubur = Masa Subur -3 & Masa Subur + 3
sebelum menggunakan metode ini disarankan pasangan suami – istri harus mengetahui masa subur masing-masing, siklus masa subur pada wanita tidak sama dengan wanita lainnya, dpat dilakukan pengamatan secara minimal 6 kali siklus haid / menstruasi.
jika siklus haid teratur ( 28 hari ) :
* Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
* Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid
Jika siklus haid tidak teratur :
* Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
* Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
* Rumus
Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11
2. Perubahan sekresi lendir leher rahim ( Serviks )
Masa subur juga bisa diketahui lewat pemeriksaan getah lendir (mukus) mulut rahim (serviks). Ini pun dapat kita lakukan sendiri. Caranya, lendir dari mulut rahim diperiksa setiap hari. Hormon Estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi biasanya lendir rahim jadi agak encer dan bila diraba dengan jari telunjuk atau ibu jari, lalu rekatkan lendir tersebut seperti membentuk benang dengan jarak 2 – 3 cm, jika lendir tersebut terputus tandanya tidak subur, dan apabila lendir tersebut tidak terputus maka ada dalam masa subur, tingkat keberhasilan dengan cara ini hanya sekitar 60% – 70%.
Lendir rahim berwarna bening, mungkin elastis, mudah pecah, lembut, licin seperti putih telur yang mentah. Elastisitas ini dikenal sebagai efek Spin yng menunjukkan lendir subur. Untuk lebih yakin lendir yang keluar dari mulut rahim dapat diperiksa oleh ahli pada objek gelas dibawah mikroskop, apabila lendir yng terjadi pada masa subur akan terlihat seperti daun pakis.
Ada yang perlu diingat selama pemeriksaan lendir serviks, yaitu :
- Jumlah dan kualitas lendir bervariasi pada perempuan satu dengan lainnya, termasuk dengan siklus itu sendiri.
- Setiap perubahan sensasi, jumlah lendir juga harus diperhatikan
- jika sulit untuk mendeteksi lendir dari luar, bisa diketahui setelah berolahraga atau setelah buang air besar
- Kegel ( gerakan mengerutkan otot pinggul bagian bawah seperti sedang menahan kencing ) terkadang dapat membantu pengeluaran lendir
3. Ukur suhu tubuh
Suhu tubuh normal basanya 35,5 – 36 derajat celsius. Pada waktu ovulasi turun dulu dan naik kembali mencapai 37 – 38 derajat celcius dan tidak akan kembali ke suhu normal 35 derajat. Kenaikan suhu tubuh terjadi apabila sudah terbentuknya Progesteron yang bertugas menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah di buahi. Caranya lakukan pengukuran suhu tubuh pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum melakukan aktivitas apapun, kemudian masukkan termometer ke dalam dubur atau mulut vagina selama 5 – 6 menit. Tutup kembali mulut vagina selama pengukuran berlangsung, lakuakn hal ini setip hari pada jam yang selama 3 bulan. Jangan lupa untuk mencatat setiap hasil pengukuran sampai membentuk kurva
dengan syarat selama menentukan masa subur dengan mengukur suhu selama 3 bulan : suhu tubuh tidak boleh dalam kondisi demam, jangan tidur dibawah lampu yang panas, dan jangan tidur dengan menggunakan AC dalam suhu yang sangat tinggi.
4. Lewat USG
cara ini biasa dan sering dilakukan oleh banyak wanita hamil, untuk mengetahui perkembangan sel telur yang telah dibuahi atau calon janin yang sudah jadi.
Adapula penyebab / masalah masa subur wanita yang tidak bisa hamil, seperti :
1. Infeksi
Infeksi atau peradangan yang sudah lalu atau kronis dapat merusak indung telur dan menghambat kelangsungan pertemuan antara sel telur dengan sel sperma
2. Terganggunya sel Telur
Adanya kelainan atau gangguan pada sel telur yang menghambat pembuahan seperti: Kista, Endometriosis atau Tumor.
3. Ketidak seimbangannya Hormon
Ketidakseimbangan hormon dapat mengakibatkan teadinya pelepasan sel telur dari indung telur dan berpengaruh pada produksi hormon Progesteron. Salah satunya hormon Hipopysa ( terletak di kelenjar bawah otak ) yang dapat membantu perangsangan pada sel telur, tetapi jika terdapat tumor atau penykit lainnya yang meradang pada kelenjar Hipopysa, stimulasi pertumbuhan pad sel telur tidak dapat terjadi dan produksi sel telur terganggu.
4. Getah Serviks
Kehamilan sulit dicapai apabila getah serviks yang mengandung antibodi atau anti-imun, zat penolak sperma. Keadaan ini dapat diketahui setelah melakukan aktivitas seksual, getah lendir diambil usai hubungan seksual. Lendir yang mengandung antibodi mengakibatkan banyak sel sperma mati dan tidak bergerak.
5. Kerusakan Struktural
Kerusakan Struktural biasanya terjadi pada rahim ( tempat dimana tumbuhnya janin ). Janin dapat karena teridentifikasinya infeksi, permukaan yang abnormal, fibroid ( tumor jinak ), kanker dsb.
Masa Subur Wanita Dewasa
pada dasarnya sama saja dengan masa subur yang dialami wanita yang ingn hamil. Siklus menstruaasi dapat mempengaruhi hormon pada wanita seperti hormon esterogen dan progesteron. Hormon – hormon ini juga dapat mempengaruhi perubahan fisik pada tubuh wanita yang dapat dilihat melalui beberapa indikator klinis, seperti :
1. Perubahan suhu basal tubuh
2. Perubahan Lendir Serviks
Perubahan lendir serviks dapat diamati melalui vulva ( alat kelamin luar ). Lendir Serviks ini dapat diketahui dengan rasas / sensasi, penampakan, dan tes dengan jari tangan.
3. Perubahan pada Serviks
Pengamatan pada serviks akan memberikan tambahan informasi dan sangat bernmanfaat bagi yang mempunyai siklus panjang, bagi yang wanita yang menyusui atau sebelum datang masa menopause. Perubahan lendir serviks belum bisa dikatakan terjadinya masa subur. Masa subur pada perubahan lendir serviks biasanya dapat dikenali dengan perubahan panjang, posisi, konsistens dan terbukanya serviks. Pada umumnya memerlukan waktu 1 – 3 hari.
4. Minor kesuburan atau perubahan pada payudara
Perubahan dapat dirasakan dengan rasa sakit karena ovulasi ( Mittelschmerz Pain ) rasa sakit pada perut bagian bawah selama beberapa jam dan rass kencang dan menggelayar pada payudara.


sumber : Cara Menghitung Masa Subur Wanita Untuk KB Alami / Ingin Cepat Hamil
 
  #10  
Old
kinkin...
 
Location: jakarta
Posts: 210
 
@bunda metta: menghitung siklus itu seperti ini:

hari haid pertama bunda di bln september jatuh tgl 15 juli. dan jika haid pertama di bulan agustus jatuh pada tgl 11 agustus berarti siklus bunda 28 hari. makanya hari pertama haid setiap bulan wajib di catet, jadi gampang ngitung siklusnya. siklus itu rentang waktu dari haid bulan kemarin sampai haid lagi di bulan ini.
begitu bunda, semoga membantu.
 
  #11  
Old
Wolika...   TS 
 
Posts: 161
 
Replying to: View Post
@bunda metta: menghitung siklus itu seperti ini:

hari haid pertama bunda di bln september jatuh tgl 15 juli. dan jika haid pertama di bulan agustus jatuh pada tgl 11 agustus berarti siklus bunda 28 hari. makanya hari pertama haid setiap bulan wajib di catet, jadi gampang ngitung siklusnya. siklus itu rentang waktu dari haid bulan kemarin sampai haid lagi di bulan ini.
begitu bunda, semoga membantu.
like this bunda kinara....
 
  #12  
Old
Aku ba...
 
Posts: 9
 
dicoba juga dengan cara minum godokan air kacang ijo tiap pagi ibu dan ayah meminumnya...sebelum tidur jgn lupa berdoa hehehe..ini yang utama..selamat berusaha dan berdoa...
 
  #13  
Old
fazzah...
 
Posts: 7
 
alhamdulillah dpt info yg brmanfaat,mksh bnyk bunda wolika, ak jg lg usaha lho brdua sm suami ku,mnum susu,mkan toge,buah tomat buat suami ku,pkoknya smuanya,skrng mau coba cek msa subur lwt suhu tubuh,bismillah ya bun demi sang buah hati apa pun akan dlakukan,semangat ^^
 
  #14  
Old
Yenni ...
 
Location: Bandar lampung
Posts: 436
 
Aq wkt sblm hamil bnyk bgt bca artikel tntang kehamilan bunda..ini salah 1nya..
Jd sblum hamil bnyk2 bca bwt bekal..
 
  #15  
Old
Wolika...   TS 
 
Posts: 161
 
Replying to: View Post
alhamdulillah dpt info yg brmanfaat,mksh bnyk bunda wolika, ak jg lg usaha lho brdua sm suami ku,mnum susu,mkan toge,buah tomat buat suami ku,pkoknya smuanya,skrng mau coba cek msa subur lwt suhu tubuh,bismillah ya bun demi sang buah hati apa pun akan dlakukan,semangat ^^
iya bunda....te2p semangat yah,,,,,i

---------- Post added at 09:00 ---------- Previous post was at 08:59 ----------

Replying to: View Post
Aq wkt sblm hamil bnyk bgt bca artikel tntang kehamilan bunda..ini salah 1nya..
Jd sblum hamil bnyk2 bca bwt bekal..
setuju bunda.....utk mengisi wktu luang, alangkah baikna qta sering membaca...yar bnyak pengethuanna....apalagi sputar khamilan, artikelna kan bnyak jga....
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Mencari narasumber untuk artikel kesehatan "stress pada saat hamil" -- Ngobrol Apa Saja 1
Kapan Sebaiknya Mulai Memastikan Kehamilan? -Artikel- -- Diskusi Umum 1
dokter yg bagus -- Diskusi Umum 1
TP yang bagus -- Diskusi Umum 19
Share artikel Kesehatan -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:16.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com