Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
iqbalf...   TS 
 
Posts: 12
Default Bayi Diare atau Mencret? Yuk, Perhatikan Makanan Bun

Kandungan makanan ibu menyusui akan ikut terkandung dalam ASI. Salah memilih jenis makanan dapat berisiko menyebabkan si kecil diare. Oleh sebab itu, ibu menyusui harus menjaga pola makan dan mengatur makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Apalagi saat bayi diare, jangan sampai memberikan ASI yang berkualitas kurang baik yang dapat menyebabkan masalah diare semakin serius.

Penyebab dari diare tentu sangat beragam. Diare dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus ataupun reaksi alergi dan intoleransi terhadap suatu zat. Nah, ternyata ketika si kecil diare, pola makanan ibu menyusui dapat mempengaruhi kondisi diare si kecil. Mengkonsumsi makanan yang tepat dapat membantu si kecil untuk lekas pulih. Namun jika ibu menyusui mengkonsumsi sembarang makanan, diare bisa semakin parah.

Makanan untuk Ibu Menyusui saat Bayi Diare
Pada Saat Si Kecil diare, ibu menyusui dianjurkan mengkonsumsi makanan yang dapat membuat kandungan ASI lebih sehat dan baik bagi si kecil. Beberapa rekomendasi makanan untuk ibu menyusui agar kualitas ASI nya baik bagi si kecil yang sedang mencret karena diare antara lain:

Ikan
Ikan-ikanan, khususnya salmon merupakan sumber Omega-3 yang penting bagi tumbuh- kembang Si Kecil. Konsumsi ikan dapat membantu ibu menyusui untuk menghasilkan ASI yang baik untuk si kecil dan dapat membantu agar si kecil cepat sembuh dari diare. Namun hindari ikan-ikanan laut karena berpotensi mengandung merkuri.

Buah dan Sayur
Konsumsi buah dan sayur mengandung banyak mikronutrien penting, seperti zat besi, magnesium, serta multivitamin yang diperlukan Si Kecil. Saat diare, penyerapan nutrisi Si Kecil terganggu. Untuk mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil, ibu menyusui dianjurkan memberikan ASI yang cukup. Beberapa jenis buah dan sayur yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu menyusui misalnya pisang dan buah delima.

Air Putih
Selain Si Kecil, Mama pun perlu memperhatikan asupan cairan sehari-harinya. Pastikan untuk mencukupi asupan cairan Mama agar tidak dehidrasi. Berikan air putih yang cukup, dan menghindari minuman yang manis yang mengandung banyak gula tanpa nutrisi lainnya.

Nasi
Ibu menyusui juga dianjurkan mengkonsumsi nasi ketika bayi mencret atau diare. Kandungan karbohidrat pada nasi dapat membantu membuat ASI mengandung karbohidrat yang baik untuk bayi. Karbohidrat dapat membuat bayi kuat dan tidak lemas. Selain itu, ASI dari ibu yang mengkonsumsi nasi akan membantu mengeraskan tinja bayi dan lebih menyerap air sehingga diare si kecil bisa lebih cepat sembuh.


Agar kualitas ASI semakin terjaga, pastikan juga untuk cukup beristirahat dan mengkonsumsi vitamin agar produksi ASI meningkat. Jika ada keluhan terhadap kualitas ASI, segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pantangan untuk Ibu Menyusui saat Bayi Diare
Jika sembarangan mengkonsumsi makanan, kandungan makanan tersebut akan masuk ke ASI. Jika ASI dikonsumsi si kecil, maka diare atau mencret si kecil bisa semakin parah. Oleh sebab itu, ibu menyusui wajib tahu makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi di masa-masa menyusui. Adapun makanan yang pantang dikonsumsi ibu menyusui saat bayi diare adalah:

Makanan Pedas
Apakah Mama menyukai makanan-makanan yang pedas? Bagi Mama yang pecinta makanan pedas harus menghindari dahulu makanan tersebut sementara bila Si Kecil sedang diare. Kandungan makanan pedas yaitu capsaicin dapat memicu diare dan dapat terkandung dalam ASI Mama.

Produk Susu
Susu merupakan sumber nutrisi yang baik bagi Mama dan juga Si Kecil. Namun pada saat diare, susu dapat menyebabkan diare menjadi semakin parah. Kandungan susu yaitu laktosa dapat menjadi penyebab diare pada Si Kecil yang menderita intoleransi laktosa. Selain itu, alergi terhadap susu juga dapat menyebabkan diare berlebih.

Makanan Mentah
Selama Si Kecil sedang diare, makanan mentah perlu Mama hindari karena rentan mengandung bakteri dan mikroorganisme yang dapat menimbulkan infeksi pencernaan. Oleh sebab itu, makanan seperti sushi maupun stik yang tidak diolah dengan matang harus dihindari untuk memastika kualitas ASI tetap terjaga.

Kopi
Kandungan kafein dalam kopi diketahui dapat terserap ke dalam ASI. Bagi Mama yang sering minum kopi perlu dihindari terlebih dahulu saat Si Kecil yang menyusui sedang diare. Kandunga kafein pada kopi dapat menstimulasi usus untuk bergerak lebih cepat sehingga dapat menyebabkan diare.

Tips Agar Bayi Tidak Rentan Terkena Diare
Salah satu penyebab diare pada Si Kecil adalah infeksi Rotavirus, yang merupakan salah satu jenis virus penyebab diare maupun radang saluran cerna pada anak. Seringkali Rotavirus menginfeksi anak usia dibawah 5 tahun dan diperkirakan setiap anak berusia 3-5 tahun di dunia pernah terinfeksi Rotavirus.

Untuk mencegah diare dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi, dan bersihkan payudara secara berkala, terutama sebelum menyusui si kecil. Jika Si Kecil sudah diberikan makanan pendamping ASI, maka jaga kebersihan makanan dan minuman yang diberikan untuk Si Kecil.

Pencegahan juga dapat bisa dengan memberikan imunisasi Rotavirus. Diperkirakan 9 dari 10 orang anak yang telah mendapatkan vaksin, terlindungi dari penyakit Rotavirus yang menyebabkan diare.

sumber : makanan untuk ibu menyusui saat bayi mencret
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bayi umur 5 hari mencret -- Diskusi Umum 3
sering mual dgn bau bau yg kusuka n obat diare (mencret) Uk 8w- -- Diskusi Umum 4
Help me bund dede bayi mencret :'( -- Diskusi Umum 19
Makanan untuk anak diare -- Kenalan Yuk! 8
Bayi 11 bulan demam tinggi dan mencret -- Ngobrol Apa Saja 7


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 10:28.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com