Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
iqbalf...   TS 
 
Posts: 12
Default Yang akan Terjadi, Jika Ibu Menyusui Sering Kurang Tidur

Banyak dampak negatif jika ibu menyusui kurang tidur dan istirahat. Masalah kesehatanpun muncul. Dari masalah pada fisik hingga mental. Belum lagi kualitas ASI yang diberikan pada si kecil.

Memang setelah melahirkan akan ada tantangan hidup baru. Menjalani peran sebagai seorang ibu pastinya bukan perkara yang mudah. Sangat wajar jika merasa capek, kelelahan, bahkan menjadi stres karena rutinitas tersebut. Hal inilah yang kemudian membuat jam tidur berkurang karena selalu merasa waspada dan harus siap sedia.

Menurut koordinator laktasi di Northwell Health New York City, Maureen McCormick IBCLC mengatakan bahwa agar kebutuhan tidur terpenuhi, seorang ibu menyusui harus memperoleh berbagai dukungan di malam hari dari pasangan mereka. Juga bantuan dari anggota keluarga lainnya.

Dampak Negatif Ibu Menyusui Kurang Tidur
Tidak hanya dapat menyebabkan kelelahan, ibu menyusui yang mengalami kurang tidur juga dapat menimbulkan berbagai dampak bagi tubuh yakni:

Produktivitas ASI Menurun
Kurangnya waktu tidur bagi ibu menyusui dapat mempengaruhi produksi ASI. Pasalnya, saat Mama kurang tidur, kondisi psikologis akan terganggu sehingga mampu akan menurunkan produktivitas ASI.

Kualitas ASI Menurun
Masalah kurang tidur juga dapat mempengaruhi kualitas ASI. Mulai dari rasa asi dapat berubah, warna dan baunya dapat berubah, hingga kandungan gizi dalam ASI juga bisa berubah, Hal-hal tersebut dapat membuat si kecil merasa asing pada rasa ASI sehingga si kecil akan menolak untuk menyusu. Hal ini tentunya tidak baik bagi tumbuh kembang si kecil.

Lebih Mudah Tersinggung
Dampak negatif ibu menyusui kurang tidur selanjutnya adalah dapat membuat ibu menyusui cenderung menjadi lebih sensitif dan tertekan. Selain karena faktor kelelahan, juga karena merasa gagal sebagai ibu akibat produksi dan kualitas ASI nya menurun.

Mudah Stres hingga Depresi
Air Susu Ibu (ASI) memiliki kandungan hormon prolaktin dan oksitosin yang sangat bermanfaat dalam mengurangi depresi, obesitas hingga risiko kanker pada ibu yang berada dalam masa menyusui. Jika ibu menyusui memiliki waktu beristirahat yang cukup, kedua hormon ini akan bekerja secara aktif di dalam tubuh.

Sebaliknya, jika kurang beristirahat maka seorang ibu menyusui akan rentan menjadi sensitif, stres, dan mudah sakit. Kondisi inilah yang akhirnya beresiko menyebabkan gangguan sindrom baby blues yang kerap dialami ibu yang baru melahirkan.

Memicu Pertengkaran Rumah Tangga
Kurang tidur juga dapat mempengaruhi suasana hati ibu menyusui. Akibatnya rentan terjadi pertengkaran di dalam rumah tangga. Hal ini bukan hanya buruk bagi kesehatan, tetapi juga dapat berdampak pada hubungan rumah tangga Anda dan pasangan.

Kondisi ini dapat menjadi lebih buruk saat suami benar-benar tidak peduli dengan kondisi psikis atau bahkan justru terus memojokkan. Tentunya kondisi ini dapat mempengaruhi psikologis Mama selama masa menyusui, yang dapat turut berdampak pada kondisi Si Kecil.

Kenaikan Berat Badan yang Tidak Terkontrol
Setelah melahirkan, banyak ibu yang berkeinginan untuk segera menurunkan berat badan. Namun masalah kurang tidur berisiko meningkatkan berat badan karena timbulnya rasa merasa lapar dan gemar mencari cemilan di malam hari. Harapan untuk diet dan memperoleh kembali bentuk tubuh ideal akan semakin terasa sia-sia, apalagi jika tidak disertai dengan berolahraga. Sayangnya, seringkali ibu menyusui yang kurang tidur tidak memiliki energi untuk berolahraga.

Sulit Berkonsentrasi dan Mudah Mengantuk
Tidak hanya menurunkan produktivitas ASI, dampak negatif ibu menyusui kurang tidur selanjutnya adalah dapat menurunkan daya konsentrasi. Kurangnya istirahat dapat mengakibatkan aliran darah menuju otak menjadi terhambat sehingga membuat Mama sulit berkonsentrasi dan mudah mengantuk.

sumber : ibu menyusui kurang tidur
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
ibu menyusui, kurang tidur


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
gak paham maksud dinding rahim tebal ,ada sesuatu yang akan terjadi kah? -- Diskusi Umum 1
Apakah akan terjadi haid setelah keguguran di bulan yang sama ? -- Diskusi Umum 8
6.Resiko Vital yang Bisa Anda Temui Jika Kurang Tidur -- Diskusi Umum 1
mimpiin suami menikah lagi , apa yang akan terjadi !! -- Ngobrol Apa Saja 3
apa yang akan bunda lakukan jika ada teman wanita suami nginap di rumah? -- Ngobrol Apa Saja 52


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 10:10.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com