Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Gitaa1...   TS 
 
Posts: 7
Default Pengalaman mual muntah parah (Hyperemesis Gravidarum)

Halo bunda

Ini thread pertama sy, sekedar ingin berbagi pengalaman sy berjuang menghadapi Hyperemesis dikehamilan kedua. Maaf jika kalimatnya masih berantakan ya
Sebenernya sy mengalami Hyperemesis dikehamilan pertama juga (sampai lahiran) dan dirawat 4x. Tetapi kehamilan kedua ini dirasa paling berat dan paling parah.......


Di usia kehamilan 5 minggu sy mulai merasa mual dan pening tp sy masih maklumi krn waktu hamil anak pertama pun gejalanya hampir sama. Memasuki 8 minggu mulailah mual muntah makin parah, sehari sy bisa muntah sampai 8x. Waktu itu sy anggap wajar krn kehamilan pertama pun ga jauh beda. Tapi lama kelamaan intensitas muntah bertambah, yg Saya rasakan waktu itu adalah :
1. Muntah berlebihan (muntah kuning2) dan mual 24jam
2. Sakit kepala
3. BAK berkurang (kadang hanya sekali/Hari)
4. Sembelit parah (2-3 minggu sekali)
5. Kelelahan parah
6. Ga Ada energi sama sekali
7. Bau mulut Saya seperti bau bahan Kimia

Saya dilarikan ke IGD RS hermina ketika kondisi kehamilan menginjak 3bln, krn kondisi Saya benar2 memprihatinkan. Dirawat selama 5 hr tdk menghasilkan perubahan yg berarti untuk sy, padahal infus dan obat2 rutin diberikan oleh dokter. Akhirnya sy meminta untuk dipulangkan sj..
Baru pulang 2 minggu sy dilarikan ke RS kembali, suami Dan ayah sy menggendong sy ke Mobil krn sy sdh tak memiliki tenaga untuk sekedar berdiri. Saya tdk kuat.. Saya muntah hampir 40x sehari. Betapa hancurnya tubuh sy waktu itu, saya hampir menyerah, Saya depresi, kelaparan dan kehausan.. sy hopeless.. sampai minta izin untuk "pamit" kpd ibu sy dan minta tolong untuk jaga anak2 Saya. Ibu sy menangis.

Sampai di RS sy diperiksa dahulu oleh seorang dokter wanita, Dr. Indri. Beliau kaget dgn kondisi sy dan segera mengambil tindakan, akhirnya sy harus di rawat kembali. Allah SWT menjawab doa2 sy selama ini, dalam kesakitan yg teramat sangat dan kekhawatiran dgn kondisi janin sy, sy berangsur membaik selama masa perawatan.

Dr Indri bertekad tdk akan memulangkan sy jika saya masih muntah, beliau membuat meal plan untuk sy dan sy harus taat menjalaninya sampai lahiran. Meal plan sy sederhana : pukul 6 pagi, 9 pagi, 12 siang, 3 sore, 6 sore sy WAJIB makan protein dan karbo dgn porsi senyamannya, beliau tdk memaksa untuk menghabiskan makanan, jika sesendok dirasa cukup yasudah. Pukul 8 malam Saya harus makan kembali tanpa karbo (bisa protein sj, susu, kue). Sementara cemilan/snack diberikan saat pukul 8 pagi, 11, 2 siang dst.

Saya terbantu dgn meal plan tsb+obat mual muntah yg sy konsumsi skrg. Oia, Alhamdulillah bayi sy sehat. Doakan sy selamat, sehat sampai lahiran nanti.. semoga keadaan semakin membaik.
 
  #2  
Old
Pratiw...
 
Posts: 63
 
semoga hamilnya sehat terus ya bun, ga kurang nutrisi dan makin berkurang hyperemesisnya,, amiin..
 
  #3  
Old
bunda ...
 
Posts: 293
 
Hyper emesis itu karena apa bun. Sepupu saya juga seperti itu. Semoga bunda dan debaynya sehat sehat ya sampai lahiran nanti. Semangat y bun.
 
  #4  
Old
Gitaa1...   TS 
 
Posts: 7
 
@bunda jadin faktor genetik bun �� karena genetik jd langka.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
mual muntah parah -- Diskusi Umum 4
mual muntah parah -- Ngobrol Apa Saja 33
Mual muntah parah (Help) -- Diskusi Umum 24
Mual muntah parah -- Diskusi Umum 3
Mual muntah parah .. help me ... -- Ngobrol Apa Saja 11


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:35.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com