Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
firasy...   TS 
 
Posts: 17
Default Punya anak mepet, baru lahiran sebulan abis tu ngisi lagi

Asslamaualikum wr wb

Terimakasih buat semua bunda2 yg menyempatkan untuk membaca cerita saya. Singkat cerita saya menikah pada tahun 2018 kmaren, dan sebulan setelah itu Alhamdulillah Allah mempercayai kami mempunyai anak.. dan setelah 9 bulan lamanya saya melahirkan dengan cara operasi secar dikarenakan ada kista.. saya benar2 merasakan sakit luar biasa karna luka secar tersebut tapi Alhamdulillah seiring berjalan waktu sakit luka secar mulai berkurang..

50 hari setelah selesai halangan dan masa nifas suami meminta untuk HB, dan posisi saya waktu itu belum memasang KB , dikarnakan saya berenana paskan 2 bulan setelah melahirkan baru psang KB. Tapi Allah berkata lain, tiba2 saya ga halangan , dan mama saya juga bertanya, saya jadi was was. Akibatnya saya membeli tes pack dan saya coba ke 3 garis dan lgsg 2 garis :”) saya kaget dan saya blg ke suami saya, dia menanggapi dengan santai . Katanya gak mungkin hamil abg tidak mengeluarkan di dalam. Dan dia bersumpah tidak mengeluarkan di dalam. Lalu mama saya menyuruh kami mengecek ke dokter kandungan pada awal maret.. ternyata saya sedang mengandung... sudah masuk 3 minggu . YaAllah aku bukan tak mensyukuri pemberian mu, tapi aku nangis membayangkan sakitnya melahirkan dan membayangkan anak yg masih kecil. Kami bertengkar karna hal ini, saya ngotot minta di gugurkan karna saya ga sanggup tapi akhirnya semua keluarga menguatkan saya untuk bersabar dan yakin Allah memberi jalan terbaik . Inilah yg terbaik. Akhirnya saya ikhlas jlani ini dan anak ke 2 saya lahir pada akhir 2019 kmaren..

Yg mau saya tanyakan , skrg anak saya yg kecil saya titip dirumah mertua, sudah 3 bulan anak ke 2 tinggal sama mama mertua saya, karna anak yg baru lahir itu suka bangun malam, kasihan anak pertama kdg suka kebangun juga kalau adiknya bangun.. trus juga anak pertama saya udah setahun lebih lagi lasak2nya suka teriak2 pas adeknya tidur jadi tebangun dan lgsg nangis, gakuat saya makanya saya titipkan yg bayi dirumah mertua, karna suami jg ga ada uang cukup buat bayar pengasuh.. yg saya mau tanya apa sikap saya salah tidak menjaga anak pertama saya bersama kakanya dirumah saya? Apa kah saya jahat? Kalau meletak anak pertama , anak pertama sudah dekat ke saya tak mau dititip.. sedangkan kalau saya paksa ke2 nya tidur dirumah saya , kasihan anak , yg satu pengen main yg satu nya mau digendong terus.. tolong bunda arahan dan sarannya.. apakah saya salah meletakkan anak pertama sama mertua? Tapi saya setiap hari selalu berkunjung kok kerumah mertua sekedar melihat anak walaupun cuman sejam.. mohon ya bunda sarannya..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Mama A...
 
Posts: 185
 
Coba tebus kesalahannya dgn memberi ASI Bun.. kasihan kalau udah ditipu juga tidak diberi hak nya yaitu ASI..

Sebenernya anak ke 2 saya jg gt, klo tidur keberisikan kakaknya.. kasian jg.. tp saya berdoa mudah2an anak saya sehat2 aja, dimudahkan tuhan urus 22nya, dan semoga mereka berdua nanti ikatannya kuat..
 
  #3  
Old
bunda ...
 
Posts: 293
 
Kalau bunda menengok anak bunda hanya satu jam sehari, bagaimana cara bunda menyusui anak bunda? Menurut saya anak lebih baik dalam pengasuhan orang tuanya aendiri.
Teman saya juga seperti bunda, dia isi lagi selepas masa nifas, tetapi ia tetap merawat kedua anaknya walau tanpa pengasuh. Dulu jg wakty saya berusia 4 bulan ibu saya audah mengandung lagi, tapi beliau tidak pernah bercerita betapa repotnya waktu itu, padahal katanya waktu kecil saya ini rewel sekali.
Saya rasa bunda masih kaget dan bingung dengan kondisi bunda yg sekarang dan hunda blm siap untuk itu. Saya rasa lama lama bunda juga akan terbisa dan menemukan celah dan cara untuk mengatasi kerepitan bunda ini.
Ini sih menurut pandangan saya ya bun, sebab kalau saya sendiri sih rasanya tidak mungkin bisa tinggal terpisah dari anak. Apalagi anak bunda masih baby. Semoga bunda bisa menemukan jalan keluar dari permasalaha bunda.
 
  #4  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Wanita jaman dulu memang kuat2 ya....saya jg ngerasain...punya anak 1 aja ya ampuuun...dunia serasa terkekang...mama saya kalaublihat saya ngeluh selalu bilang...duh punya anak 1 aja kok ngeluh...mama dulu 4! Bayangin! Nggandeng satu...nggendong satu...eh perut gede!!! Dan saya jadi maluuuu hehe
Kayanya jaman berubah...pola pikir wanita jg beda. Mama saya selalu bilang...anak itu harta yang paling berharga. Tidak tergantikan. Lhaaa saya malah mikir...anak itu mah tanggungaan hidup

Jd sebenarnya bunda jg tdk.bisa disalahkan. Itu pilihan hidup bunda utk menyerahkan anak kedua ke mertua. Daripada dipaksakan malah terjadi hal2 yg tdk diinginkan (depresi seorang ibu itu gawat...udah begitu banyak kasus yg jadi korban malah anak2 sendiri). Bunda yg tahu kemampuan bunda....kalau sanggup ya rawatlah anak bunda....krn toh...semua kerepotan itu hanya sementara....ga selamanya...nanti anak juga ga kerasa tiba2 aja udah mandiri...sekolah...nikah...itu kata kakak saya kalau anak lagi rewel minta gendong...dia selalu bilang...udah gendong aja...bentar lagibdia udah gamau digendong lagi....
Kalau bunda sanggupnya merawat 1 anak ya sudah...mungkin memang jalannya kan...yg penting ketika besar...usahakan tinggal sama bunda...kasihan soalnya...krn dia bisa iri melihat kakaknya tinggal dng orang tua kandung.
 
  #5  
Old
Dewant...
 
Posts: 118
 
Aku jg ngalamin ini, cape bgd ngurus anak pertama dan kedua pas baru lahir, rasanya kaya ga ada abis2nya.
Tapi untungnya saya tinggal berdektan dengan ibu, jadi kalo anak pertama lagi mau makan atau minta dibuatkan susu bisa minta bantuan ibu, jadi sayanya fokus untuk menjaga dan mengasihi anak kedua, karna minimal anak2 harus mendapatkan haknya selama 6bulan sissnya bisa sampe 2tahun alhamdullilah. Semangat bun, apapun itu keputusan bunda mungkin itu yg sudah dipikirkan baik2.
 
  #6  
Old
Queen ...
 
Posts: 161
 
Mungkin kuncinya memang harus sabar bun, seperti kata bunda sheldon, beda pola pikir.
Sy lahir anak kedua saat anak pertama 1˝ thn, usia˛ lg mulai tantrum, apalagi saya Asi dua˛nya, dari abis lahiran ga dibantuin siapa2, karena anak sy yg pertama maunya sm sy aja. Capek pasti bun, apalagi kalau keduanya nangis rebutan nyusu.. harus ngelonin gantian, sy suka nangis kalo lg ga kuat, sekedar buat numpahin rasa lelah aja, setelah itu mikir kalau bukan sy yang harus kuat, mau bertumpu kesiapa lagi anak˛ saya.
Insyaa Allah ini adalah cara Allah menghapus dosa˛ dan memberikan pahala yg berlimpah dibalik semua lelah yg ada. Harus banyak˛ ngasih sugesti positif sm diri sendiri bun. Semangat
 
  #7  
Old
annisa...
 
Location: Bandung
Posts: 2,397
 
Sekedar sharing ya bun..
Saya pas hamil anak ke 2 usia anak pertama saya masih 13 bulan. Ketika anak ke 2 saya lahir, usia anak pertama saya itu 21 bulan..

Pas anak ke 2 saya lahir, si kakak tidurnya terpisah sama saya dan adiknya. Karena si kakak ga bisa kalo ada suara atau yg gerak sedikit pasti langsung kebangun. Karena kan yg namanya bayi baru lahir pasti adalah kebangun" dan nangis pas malam, apalagi saya malam juga suka pumping otomatis mesin pumping jg sedikit berisik. Jadinya si kakak tidur sama suami saya di kamar 1 lagi, begitu juga pas tidur siang si kakak tidur sendiri dikamar 1 nya lagi.

Itu terjadi selama 1 bulan. Setelah dipikir" ko kasian ya si kakak, takutnya dia ngerasa jd tersingkirkan karena biasanya dia 24 jam sama saya dan kalo tdr selalu sama saya..

Akhirnya saya ngomong sama suami kalo coba si kakak tdr barengan lagi sama saya biar lah kebangun" jg yg penting dkt lagi sama saya biar si kakak ngerasa ga tersingkirkan..
Nah malamnya dicoba lah tidur ber 4 dikamar utama. Pas malam emg sih si kakak tidurnya ga nyenyak dikit" kebangun tiap denger suara tangis adenya. Tapi seiring berjalannya waktu si kakak mulai terbiasa dan lama" kalau malam ga pernah terbangun lagi.

Saya juga sama ko ga ada ART. Nah disini lah peran penting suami dalam membantu mengasuh anak ketika kita emg no ART dan 2 punya anak kicik..

Suami saya sebelum berangkat kerja dia mandiin dan nyuapin anak pertama saya dulu terus sama bersih" rumah. Setelah suami saya pergi kerja ya ke 2 anak saya, saya asuh sendiri tapi Pas suami saya pulang kerja dia ngasuh anak pertama saya sampe tidur malam. Bahkan kalau ada keperluan apa gitu anak pertama saya suka dibawa sama suami saya. Kalau weekend anak pertama saya full seharian diurus sama suami dan saya ngurus anak ke 2 saya..
Yaaa walaupun anak pertama saya skrg deketnya jadi sama suami saya bukan sama saya tp gpp lah deketnya sama ayahnya sendiri bukan sama orang lain. Yang penting si kakak masih saya urus juga dan ga dipisahkan sama saya juga. Intinya masih dalam 1 rumah ga dititipn ato gmn..

Malah kalau lagi ber3 dirumah trs si kakak ngajak main pengen main kejar"an yaudh saya sambil gendong adenya pake gendongan terus sambil kejar"an. Pokonya kalau si kakak ngajak main si ade pasti sambil sya gendong. Gmn pun caranya lah yg penting si kakak tetep diajak main.. belum lagi si kakak lg dlm fase masa"nya suka tantrum. Mana anak ke 2 full asi trs klo saya lg nyusuin dan si kaka tantrum duhhhh luar biasa.. blm klo dua"nya nangis berasa lg paduan suara dirumah hahaha

Jadi saran sih kalo dr saya anak ke 2 bunda jgn dititipin sama mertua bunda kasian bun.. coba bunda minta bantuan sama suami untuk mengasuh anak kalo suami lagi dirumah.. sesekali boleh lah titipin ke mertua atau ortu tapi jangan bener" dititip terus..
Emg pasti kalo lg ber 3 sama anak dirumah apalagi yg namanya IRT tingkat stress bakalan lebih tinggi ditambah jarak usia anak sangat" dekat sekali blm rutinitasnya itu" aja bolak balik tiap harinya . Saya juga tidak munafik kalo kadang saya juga ada kalanya marah ketika lagi bener" ditingkat stress dan cape karena rutinitas sehari" yg dibolak balik seperti itu karena saya juga hanya manusia biasa.. capenya itu kalo anak pertama udh tantrum sampe pusing (Tapi maeahnya juga masih tingkat wajar ya ga membentak dan ga main fisik cuma nadanya aja yang agak tinggi.). kalau udh marah saya langsung minta maaf sama anak pertama saya..

Tapi semua itu saya nikmati dan berusaha agar bisa lebih sabar lagi dalam mengurus anak yg masih kecil" . Sebenrnya kembali lagi kediri masing", jika bunda memang tdk merasa mampu mintalah bantuan suami atau mertua atau ortu tp jika misalkan bunda ingin belajar dan merasa yakin kalo bunda bisa ngurus 2 anak, InsyaaAllah Allah pasti permudah bunda dalam mengurus 2 anak..

Semangattttt yaaaa
 
  #8  
Old
susi l...
 
Posts: 805
 
Saya jg pny ank jarak dekat... blm 1thn udh hamil adenya... jd si kk umur 1,5thn adeknya lahir... kebayang rempongnya... satu minta susu satu minta nenen... blm lagi kk nya kdg iseng bget sm adenya.... haduh luar biasa pusing...
awal2 lahiran pasti terasa berat krn si kk lg rewel2nya... mgkn krn msh kaget ada anggota kluarga baru,,, saya jg ngasuh sendiri ga ada ART... rempong sih tpi di jalani aja bunda,,,, lama2 si kk syg bget sm adeknya... jd sneng liatnya... skg kk nya umur 3thn adeknya 1,5thn... udh ga bgtu rempong kyak awal2 lahiran dl..
 
  #9  
Old
Mama A...
 
Posts: 185
 
MasyaAllah baca ceritanya bunda2 yg punya 2 bayi (dibawah 6 tahun jg bayi kan yah hihi), semoga diberikan pahala berlimpah, menjadi jalan mudah masuk surga bunda2 :')
Dan semoga suami kita selalu sehat, rezeki lancar, semoga anak2 kita menjadi anak Sholih/Sholihah penyejuk hati orangtuanya.. semoga besar nanti anak2 kita ikhlas menjaga dan menyayangi kita di masa kita tua renta..
Semoga anak2 kita mendoakan kita selalu setelah kita meninggal :')
Aamiin
 
  #10  
Old
Gitaa1...
 
Posts: 7
 
Halo mom, wah kaya punya anak kembar ya..
Alhamdulillah anak sy kembar, usia 2,5 tahun. Saya jg spt mom, hamil tanpa direncanakan (kehamilan ke2) insyaAllah hpl bulan Juli 2020. Tadinya sy berencana punya anak lagi pas anak kembar sy usia 7 tahunan lah, eh malah dikasihnya skrg hahaah. Sempet stres, ibu sy juga kasian sama cucu2nya ya seiring waktu kami semua nerima. Suami ga protes apa2, malah menyemangati.. Alhamdulillah.

Saya tipenya ngedrop kalo hamil mom krn kena Hyperemesis, sdh 2x d rawat di RS. Kebayang kan mom, sy mesti jaga anak kembar sy pas lg muntah parah. Sy masi beruntung krn hidup masi serumah dgn ibu kandung, ibu sy selama ini ngerawat anak kembar sy.

Mom, gada salahnya minta tolong. Toh sy jg pernah merasakan luar biasa stres dan kelelahan pas jaga anak kembar, tp jgn lama2 pisah sama anak2 ya.. kasian. Memang berat mom, kalo anak 1 bangun trus yg lain jg ikut bangun.. suami sy jg sering bgt begadang dlu, sdh resiko ��. Malah suami sy nidurin 2 bayi sekaligus krn sy mesti pumping.

Percaya deh mom, lama2 waktu berjalan.. anak2 bisa tdr sendiri, makan sendiri. Time will heal ❤️
 
  #11  
Old
mikaja...
 
Posts: 34
 
Bun mohon maaf, apa tidak bisa? Jika mreka ber2 sama2 diasuh bunda?
Kalo bunda kerepotan bunda bisa minta tlg dg pengasuh. Atau mertua ikut bunda sj sementara.

Dg pertimbangan ya bun. Saat hamil anak ke2 bunda ingin menggugurkannya. Lalu setelah lahir bunda menitipkan ke mertua krn anak pertama bunda ndak bisa lepas dg bunda.

Yg sy takutkan. Kelak jika besar dan tau. Dia jadi dendam sm bunda. Krn merasa tdk diperhatikan. Apalagi sampai digugurkan. Dia akan merasa dibuang. Terlebih bunda saat ini malah memilih menjaga kakaknya.

Maaf ya bun apalagi kalo dia ada pikiran sepertinya juga bunda lebih sayang ke kakaknya

Itu juga bukan kesalahan dia kan bun hadir di dunia. Semua sudah ditakdirkan.

Bunda hrus yakin bisa menjaga ke2nya dg baik. Krn adik sy yg plg kecil.padahal ibu sy menjaga semua anaknya 1 rumah dg sy pula. Tapi krn dia lebih sering dibawa tetangga saat jam 9-dzuhur. Krn lucu. Dipinjam gitu loh bun.

Sekarang adik sy sudah SMA kalo lagi marah selalu membahas " kenapa aku dulu ndak dibuang saja"
Selalu begitu.
Mungkin dia ada dendam pd ortu sy
 
  #12  
Old
Warita...
 
Posts: 2
 
Maaf bun agak melenceng dr topik. Klu blh tau ceasar kedua kali. Apa jauh lbh sakit ya ?
 
  #13  
Old
ErnaSa...
 
Posts: 1
 
Sehat sehat ya bunda
 
  #14  
Old
bunda ...
 
Posts: 293
 
Replying to: View Post
Maaf bun agak melenceng dr topik. Klu blh tau ceasar kedua kali. Apa jauh lbh sakit ya ?
Kalau saya sih iya bun, cesar yg kedua lbh sakit dr yg pertama tapi yg kedua sembuh nya lebih cepet dari yang pertama.
 
  #15  
Old
Warita...
 
Posts: 2
 
Replying to: View Post
Kalau saya sih iya bun, cesar yg kedua lbh sakit dr yg pertama tapi yg kedua sembuh nya lebih cepet dari yang pertama.
Trs klu ceasar gt bunda ada pantangan makannya gk bun pasca ceasar?
Pinggang bunda sring kerasa pegal gk bun akibat ceasar? Sy kok sring skit pinggang ya bun pasca ceasar ntah krn cpk ngurus anak atau pengaruh ceasar. Kdg klu udh terasa sakit gt suka sedih. Knp dl gk normal aja dll. Kyknya ceasar tu dampaknya brkepanjangan. Gk seperti org normal yg kata mrk sakitny cuma pas kontraksi dan pemulihan pasca melahirkan yg cpt, gk ada keluhan sakit ini lh itu lh. Gk kyk kita yg ceasar kdg mao angkat berat aja gk berani. Maaf bun curhat kepanjangan. Sedih bun kyk masih trauma pasca melahirkan. Makanya nanya2 csar kedua gt apa bakal lbh skt. Krn hrs bnr2 siapin mental, fisik dan materi ektra.
Oya trima ksih bun atas jwbnnya.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
abis sebulan kuret kok gak kunjung datang bulan ya bun :'( -- Diskusi Umum 14
Abis keguguran susah ngisi lagi kah?? -- Ngobrol Apa Saja 3
lahiran anak pertama tp harus induksi ada yg punya pengalaman -- Diskusi Umum 12
Baru keguguran kurang sebulan tp garis 2 lagi? -- Diskusi Umum 45
Yang lahiran anak pertama thn 2015, udah program anak lagi di thn 2018? -- Ngobrol Apa Saja 26


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:02.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com