Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
Layla ...
 
Posts: 33
 
Mohon maaf bunda sebelumnya kalau pendapat saya ini nanti menyinggung bunda.

Kalau sepemahaman saya dilihat dari cerita bunda akar masalah adalah ‘menerima bantuan ibu bahkan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga bunda’. Keputusan untuk berumah tangga berarti keputusan untuk mandiri bersama suami dan anak nanti, kita sudah punya kapal sendiri. Sudah tidak sekapal lagi dengan orangtua sendiri maupun orangtua suami. Bukankah lebih baik jika mencukupkan saja apa yg ada?

Tidak salah orang berpendapat ttg bunda, karena mereka berpendapat dari apa yg mereka lihat. Sekalipun bunda menyangkal, tetaplah yg terlihat oleh mereka bukan seperti yg bunda rasakan (mereka ngga akan pernah merasakan sama seperti yg bunda rasakan).

Be wise untuk menerima bantuan terkait kebutuhan rumah tangga bunda.

Ya walaupun naluri seorang ibu tidak akan mampu melihat anaknya ‘susah’, tapi apa bunda ngga kasihan dari kecil sudah dipenuhi kebutuhan oleh orangtua bunda, pun setelah menikah masih juga bergantung lebih besar ke orangtua bunda ketimbang suami? Padahal dg menerima bantuan dr ibu justru orang2 salah kaprah seperti yg bunda ceritakan.
 
  #17  
Old
Nana M...
 
Posts: 69
 
Bu, kalau sudah berumah tangga, lebih baik 'berdiri di kaki sendiri.'

Memang, ortu pasti tidak tega kalau anaknya kekurangan. Tapi gimana ya, sekali dibantu nanti (mohon maaf) bisa jadi kita akan menggampangkan. Apalagi tinggal di PMI dan hampir semua kebutuhan ditanggung ortu. Ada fasilitas mobil pula. Dilihat dari luar ya pasti mentereng lah bisa ada mobil, orang - orang pasti menduganya duit kita banyak. Makanya bisa diminta-mintain.

Hidup sesuai takaran kemampuan saja.

Atau, bilang pelan-pelan ke suami, bicarakan berdua. "Dimana harga diri seorang laki-laki, ketika menikahi anak perempuan tetapi kehidupannya masih bergantung kepada ortu si perempuan."
 
  #18  
Old
BundaA...
 
Posts: 13
 
Hai bun.. saran dari saya bersikap tegaslah dgn keluarga suami untuk berkata tidak dan infokan ke mertua apa adanya kondisi RT bunda. Jadi mertua paham bahwa anaknya masih bergantung sm istri n ibu bunda.

Keluarga suami saya (terutama adik2 mertua)juga dahulu minta ini itu seperti baju tas jln2 dll, awalnya saya kasih eehh malah keterusan.

Finally saya tegas menolak saat ada yg minta ini itu, saya TDK perduli mereka bicara apa dibelakang. Dengan mertua saya bicara blak2an dan apa adanya kelakuan adik2nya yg suka minta ini itu sama saya. Alhamdulillah mertua memahami dan mendukung saya(mertua ud tau sifat adik2nya).
 
  #19  
Old
Mrs Ab...
 
Posts: 14
 
Replying to: View Post
Hai bunda semua.. Saya member baru yg butuh pencerahan jadi saya dan suami hampir 1 thn pernikahan, kami tinggal dirumah ibu saya yg single parent. Ibu ikut bantu kami dlm sandang pangan. Gaji suami saya yg swasta lebih kecil dr gaji ibu saya yg seorang PNS dan ibu saya memaklumi itu.
Singkat cerita.. saya, suami dan ibu saya sepakat cicil mobil dengan DP dr ibu, cicilan 65% ibu 35% suami. Jadi pernah waktu itu kerumah mertua saya pakai mobil, nah yg si suami bilang sama ibunya kalau nyicil mobil separo sama ibu saya, jadi mertua mikirnya kan ya itu mobil suami, padahal dia gak tau kalau makan dll kami ditanggung sama ibu saya.
Semenjak itu kalau ada sodara2 keluarga suami dateng dr luar kota mintanya di anter jemput sama suami, trus jalan2. Tiap bulan ada aja yg dateng dan minta jalan2. Ibu saya pun udah mulai protes sama saya, soalnya ibu tau kemampuan finansial suami dan saya tapi suami gitu. Tiap ngumpul di keluarga suami pun sodara2 dr mertua anggap saya agak "rendah" dr mereka, seolah2 saya nerima duit segepok dr suami padahal ya ampuuun bun susah juga kalau mau dijelasin.
Suami saya dianggap "banyak uang" oleh sodara2nya. Sampai sepupu2 nya pun chat minta uang, padahal gaji segitu kalau dipikir mah gak cukup. Jadi sekarang saya bingung bun, gimana cara kasih tau kalau semua yg kami punya itu karna ibu saya.
Ini promil gak jadi jadi karna stres mikirin itu, dan gak mau curhat sama ibu, kasian ibu juga..
Saya musti gimana ya bun? Maaf ceritanya kepanjangan bun
Saya juga numpang rumah pada ibu saya yg janda,
Saya dan suami sama2 bekerja sbg honorer dgn gaji yg disatukan gak nyampe UMR daerah 😅😅
Hidup juga numpang, bahkan sebagian pekerjaan suami dibantu dgn dana bantuan dari ibu saya,,
Tapi saya selalu membicarakan mengenai hal tersebut setiap kali dgn suami, bagaimana kondisi keuangan kita dan kondisi bantuan finansial yg diberikan,
Shg suami tau dan tidak merendahkan salah satu,

Mungkin itu saran saya,
Bisa dibicarakan dgn suami mengenai kondisi yg bunda alami, intinya tanpa memojokkan pihak keluarga sana,
Krn keliatannya suami bunda juga sungkan untuk menyebutkan kondisi aslinya ke pihak keluarga
Mungkin...
Harga diri sbg laki2 dan suami, dia tidak ingin dianggap tidak mampu,
Dari pernyataan bunda, dimana suami tidak membantah, menolak, ataupun menjelaskan kondisi yg sebenarnya bahkan setelah keluarganya dgn terang2an meminta bantuan dana, mengantar jemput, dsb
Bunda sebaiknya mengutarakan kepada suami mengenai keresahan yg dialami, Krn ini juga demi kepentingan keluarga bunda
Skrg sebelum memiliki anak, mungkin kebutuhan tidak sebanyak yg ada sekarang
Tapi lambat lain setelah kebutuhan lebih besar maka bunda akan membutuh kan lebih banyak bantuan, dibanding memberi pertolongan
Semangat bunda
 
  #20  
Old
titipa...
 
Posts: 24
 
kalo bahas ibu mertua memang tidak ada habisnya bun
 
  #21  
Old
miss c...
 
Posts: 2
 
assalamualaikum bunda2 semuanya, salam kenal ya..

ikutan nimbrung ya..
hidup misah dr mertua & ortu sendiri itu yg terbaik..

walo pas2an, rumah ngontrak, tp belajar prihatin sendiri..
kalo saya dr awal menikah, udh bahas sm suami soal keuangan, brp jatah saya dll

jd kalo ada sodara suami ato mertua yg minta bantuan & minjem, saya ga mau pusing, biar itu jd urusan suami
yg penting hak saya ga dikurangin

jd kita hampir ga pernah berantem soal keuangan, soal besar ato kecil gaji ya disyukuri aja berapa pun itu..
 
  #22  
Old
Prames...
 
Posts: 889
 
Padahal yah mobil sudah jadi kebutuhan di jaman kaya begini,kebutuhan bukan lg barang mewaah yg d anggap org pnya mobil ya banyak duit,org2 yg menilai bgitu gak mikir apa yah?justru dgn pnya mobil pengeluaran makin bnyk otomatis uang makin kurang 1. bayar cicilan (gak jajan deh krn uang jajan buat byr cicilan), 2. Bensin (ngurangin lg uang jajan kaaann), 3. Service (lagii..uang jajan d kurangin), 4. Pajak nya yg bisa 2,8jt untuk mobil sekelas mobilio aja segituuu cyiinn (habis deh uang jajan)


kok gk mikir bgitu loohh org2 yg menilai itu?
kudu nya kan gini ya org tua suami nya bun TS itu "moso yoo bs stgh2 wong gaji mu kan gak gede?"
klo k mertua saya buka2an aja brapa gaji suami saya sebener nya dan apa kebutuhan kami sebener nya..


iya kami masih menumpang d rmh org tua saya, di bantu donk sama org tua? iya tp tdk seluruh nya hdp kami d bantu,klo kami beli mobil ya beli sendiri (banyak uang dong) yaa gak byr cicilan juga pangkas sana sini dr pengeluaran lain. knp beli mobil klo gak pnya uanh? yaaa malu pinjem mobil mama papa terus udah mah rumah numpang masa mobil juga minjem?

ini prinsip saya...
klo soal makan d rmh saya setiap bulan kasih mama uang,beliin beras,uang token listrik...
dan ini saya ngmng k mertua tp alhamdulillah nya mertua saya supeeerrr pengertiannya beliau slalu blg "utamakan dl rmh yg d sana,klo mama gampang ada adek2"
dan saya memang sangat bersyukur sekali adek ipar dan kakak ipar saya bukan pengangguran yg bisa nya cm minta duit doank...duh bnyk bgt nikmat Allah yg kasih ke kami..


memang sesekali mama mertua ada mnt uang (tp gak setiap bln dy minta) masa sekali nya minta gak d kasih ya kasih lah sesekali (Mangkas uang jajan lagi)


tp kl k org lain selain kluarga inti memang kami tdk mau memberi,males bun nanti kebiasaan...


maap ya panjanng bner saya numpang curhat nya...


saya bukan menentang untuk org2 yg blg hdp hrs mandiri setelah nikan,bner kok gak salah buat ngontrak dll tp kami kami yg tinggal dgn orgtua atau PMI pasti punya alasan tepat..
bukan sekedar mau hdp bergantung dgn org tua saja...
saya alasan tinggal dgn orgtua saya karena mama papa saya tinggal berdua saja (lah kan berdua) iyaaa...tp kondisi mereka sdh sama2 tua...
klo ada apa2 siapa yg bs bantu?
papa saya sdh gk bs naik2 tinggi lg seperti pasang lampu dll,papa saya mana kuat angkat berat lg seperrti ganti galon...
dan buat bunda2 yg sudah mandiri pisah dgn ortu Alhamdulillah karena itu pun impian kami tp kami blm bs meninggalkan orgtua kami dgn kondisinya masing2...






 
  #23  
Old
WID AZ...
 
Posts: 122
 
Replying to: View Post
Padahal yah mobil sudah jadi kebutuhan di jaman kaya begini,kebutuhan bukan lg barang mewaah yg d anggap org pnya mobil ya banyak duit,org2 yg menilai bgitu gak mikir apa yah?justru dgn pnya mobil pengeluaran makin bnyk otomatis uang makin kurang 1. bayar cicilan (gak jajan deh krn uang jajan buat byr cicilan), 2. Bensin (ngurangin lg uang jajan kaaann), 3. Service (lagii..uang jajan d kurangin), 4. Pajak nya yg bisa 2,8jt untuk mobil sekelas mobilio aja segituuu cyiinn (habis deh uang jajan)


kok gk mikir bgitu loohh org2 yg menilai itu?
kudu nya kan gini ya org tua suami nya bun TS itu "moso yoo bs stgh2 wong gaji mu kan gak gede?"
klo k mertua saya buka2an aja brapa gaji suami saya sebener nya dan apa kebutuhan kami sebener nya..


iya kami masih menumpang d rmh org tua saya, di bantu donk sama org tua? iya tp tdk seluruh nya hdp kami d bantu,klo kami beli mobil ya beli sendiri (banyak uang dong) yaa gak byr cicilan juga pangkas sana sini dr pengeluaran lain. knp beli mobil klo gak pnya uanh? yaaa malu pinjem mobil mama papa terus udah mah rumah numpang masa mobil juga minjem?

ini prinsip saya...
klo soal makan d rmh saya setiap bulan kasih mama uang,beliin beras,uang token listrik...
dan ini saya ngmng k mertua tp alhamdulillah nya mertua saya supeeerrr pengertiannya beliau slalu blg "utamakan dl rmh yg d sana,klo mama gampang ada adek2"
dan saya memang sangat bersyukur sekali adek ipar dan kakak ipar saya bukan pengangguran yg bisa nya cm minta duit doank...duh bnyk bgt nikmat Allah yg kasih ke kami..


memang sesekali mama mertua ada mnt uang (tp gak setiap bln dy minta) masa sekali nya minta gak d kasih ya kasih lah sesekali (Mangkas uang jajan lagi)


tp kl k org lain selain kluarga inti memang kami tdk mau memberi,males bun nanti kebiasaan...


maap ya panjanng bner saya numpang curhat nya...


saya bukan menentang untuk org2 yg blg hdp hrs mandiri setelah nikan,bner kok gak salah buat ngontrak dll tp kami kami yg tinggal dgn orgtua atau PMI pasti punya alasan tepat..
bukan sekedar mau hdp bergantung dgn org tua saja...
saya alasan tinggal dgn orgtua saya karena mama papa saya tinggal berdua saja (lah kan berdua) iyaaa...tp kondisi mereka sdh sama2 tua...
klo ada apa2 siapa yg bs bantu?
papa saya sdh gk bs naik2 tinggi lg seperti pasang lampu dll,papa saya mana kuat angkat berat lg seperrti ganti galon...
dan buat bunda2 yg sudah mandiri pisah dgn ortu Alhamdulillah karena itu pun impian kami tp kami blm bs meninggalkan orgtua kami dgn kondisinya masing2...








iyayaaa bunn tinggal mandiri impian semua org yg menikah krn sama sama adil gaada yg terikat ke keluarga sendiri maupun mertua tp setiap org punya jalan masing2 mungkin kalo saya di posisi bunda org tua saya sudah sepuh pasti dalam hati pengen bgt merawat org tua saya jg bun kalo nanti org tua saya sdh sepuh mau merawatnya mungkin bergantian dengan kaka saya kalo skrg org tua saya msh kuat2 alhamdulillah.

saya jg skrg tgl dgn mertua hehe dan saya dan suami pgn bgt punya rumah tp blm mampu targetnya 1-2thn lg mau punya rumah walaupun kredit insya Allah krn mau mandiri
skrg sih rasanya nyaman gak nyaman pulang kerumah mertua berasa plg kerumah org lain *krn memang bukan rumah sendiri gak kaya dulu bs merasakan rumah sendiri *milik org tua hehe pulang kerumah nyamannn ngapa2in gaperlu jaim atau jaga sikap org tua saya jg berharap saya bs punya rumah jd bs nengokin anaknya atau nginep sesekali hal ini gamungkin terjadi kalo saya tgl dirumah mertua org tua saya nengokin cm bs 1jam-2jam.



semoga kita semua bs mandiri ya dan bs bahagian org tua juga
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Butuh saran nih bunda tentang menyapih si kecil.. -- Diskusi Umum 2
Mantan Istri Suami Masih Suka Eksis Di Keluarga Suami -- Ngobrol Apa Saja 14
Part II Mantan Istri Suami Masih Suka Eksis Di Keluarga Suami -- Ngobrol Apa Saja 24
ada aja masalah keluarga suami aku butuh solusi dan saran dari bunda -- Ngobrol Apa Saja 49
Butuh saran, gimana enaknya ngomong sama suami ya?? -- Ngobrol Apa Saja 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:24.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com