Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
oktaku...   TS 
 
Posts: 8
Default Ibu rumah tangga atau wanita karir?

Hai bunda, aku mau sedikit curhat, boleh kasih saranČnya ya bun..

Umurku 23th, aku punya anak berumur 1th. Suamiku lebih tua 6th dariku. Aku menikah hampir 2th. Kami masih tinggal bersama dirumah orang tuaku. Menemani bapak karena ibuku sudah meninggal tahun 2015 sebelum aku menikah. Kakakku ikut suami dan adikku kerja merantau.

Aku sebagai ibu rumah tangga sekaligus wanita karir. Aku bekerja di rumah sakit di daerahku. Rasa lelah menjalani keduanya sering aku rasakan bun. Waktu terasa begitu cepat setiap hari. Bahkan aku merasa kurang bisa menikmati hidup.

Aku mengurus rumah tanpa ada rewang yg membantu pekerjaan rumah atau momong anak. Semua aku lakukan sendiri. Aku bekerja shifČan dengan suamiku. Jika aku bekerja masuk pagi, suamiku masuk sore, atau sebaliknya.

Pernah aku bilang ke suami untuk mencari orang buat bantu momong anak. Tapi suamiku tidak membolehkan. Suamiku bilang daripada anak dimomong orang lain lebih baik aku berhenti bekerja.

Aku jadi bingung bun, kalau aku berhenti bekeja aku bisa bosan di rumah setiap hari. Karena bertemu dengan teman di kantor saja bagiku sudah refreshing. Dan kalau aku berhenti bekerja aku sudah tidak ada pemasukan gaji. Padahal dengan gajiku itu kami bisa menabung. Kami menabung citaČ buat bangun rumah dan masa depan.

Sebaiknya aku tetap bekerja atau berhenti dan mengurus rumah ya bun?
Jika aku berhenti bekerja aku ingin buka usaha di rumah sebaiknya usaha apa yg bisa disambi ngurus rumah.

Terima kasih bunda atas komen dan sarannya..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
mommy2...
 
Posts: 214
 
Maa y ak hanya bs jwb singkat dnmaaf jk kurg mmbantu klo ak diposisi bubda ak lbh pilih resign dan fokus urus ank suami dan rmh.
Berkahnya lbh berasa..dan sebaik baikbya wanita adl yg berada ddlm rmh.gk kluyuran .
Soal usaha byk pilihannya bs bk warung olshop usaha kuliner atau j member2 gt..browsing2 aj biar lbh jelas
Shrusny si dr ank byi bunda bs full time buat anak bunda krn masa anak dr usia 0-24 th it masa2 golden age dan g akan bs terulang kmbli...masa2dmn otak anak berkmbang dgn pesatnya.
 
  #3  
Old
ismi93...
 
Posts: 8
 
ibu rumah tangga saja biar bisa fokus nemenin anak
 
genset yanmar murah
genset honda mini
  #4  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Kalau bunda punya hobi...ketika jd irt. Bisa fokus ke hobi...sapa tau bisa jd penghasilan tambahan. Misal hobi masak, bikin kue, merajut, bordir, menggambar dkk
 
  #5  
Old
meijin...
 
Posts: 1,394
 
sebenernya jawabannya kembali ke pada bunda aja.. BUNDA ENJOY NGA KERJA? BUNDA BAKAL ENJOY NGA JADI IBU RT 100%?

saya aga bingung karena di satu sisi bunda bilang "lelah menjalani hidup" di satu sisi bunda bilang "kerja ini refreshing" jadi sebenernya bunda enjoy yang mana di rumah atau kerja sih?

kalau saya bekerja itu buat aktualisasi bagi wanita. Catatannya bekerja nga harus di kantor ya.. di mana aja... kalau pekerjaan sudah tidak membuat bunda enjoy maka pilihlah hal yang membuat bunda enjoy..

tampaknya dari yang saya baca malah bunda seneng kerja tapi pengen punya pembantu di rumah..

kalau itu intinya, bunda berhenti kerja juga masalahnya nga selesai.. karena tampaknya panggilan hati bunda bukan jadi full RT wkwkwkw
 
  #6  
Old
Rose30...
 
Posts: 7
 
Replying to: View Post
Kalau bunda punya hobi...ketika jd irt. Bisa fokus ke hobi...sapa tau bisa jd penghasilan tambahan. Misal hobi masak, bikin kue, merajut, bordir, menggambar dkk
iya bener... Atau buka usaha dirumah
 
  #7  
Old
lisa31...
 
Posts: 403
 
Tetap bekerja, bun. Kalau belum ada penghasilan di rumah... Apalagi kalau gaji suaminy ga gitu cukup, cari aj orang buat bantu momong anak. Awal2nya mungkin suami ngambek tapi lama2 enak deh punya pembantu. Suami pasti bisa ngerti
 
  #8  
Old
athaya...
 
Posts: 15
 
Kalau menurutku bun mending resign aja dari pekerjaannya, karena anak bunda masih kecil banget kasian kalau banyak ditinggal bundanya. Aku juga sama kaya kamu bun cuman nunggu anakku umur dua tahun lebih baru aku terusin lagi kerjanya, sekarang fokus ngurus anak walaupun dirumah ada yang bantuin jaga tapi tetep diusahakan waktunya banyak sama ibunya bun
 
  #9  
Old
siscad...
 
Posts: 8
 
Kalo bunda ngerasa ketemu temen kerja itu refreshing, kayanya bunda emg lebih nyaman buat jd wanita karir. Kalo suami ga bolehin buat ada yg bantu2, ya suaminya aja yg harus bantu2 biar meringankan kerjaan bunda, ehehe. Atau sesekali bunda panggil orang aja buat bantu2 di rumah. jadi bukan ART yg stay gitu bun. Aku jg gitu, ga ada ART di rumah, tp kalo lg males ya panggil goclea* buat bersih2 rumah, nyuci ke laundry, setrikain tumpukan baju yg udah tinggi bgt jg manggil tetangga yg suka bantu2 gitu. Yg penting momong anak sama momong suami gak dialihtugaskan sm yg lain, eheheh
 
  #10  
Old
meijin...
 
Posts: 1,394
 
sepakat ama bunda siscadewii..

disaat anak masih kecil atau istri sedang hamil dan suami istri bekerja berarti kan keduanya setara mencari nafkah semua...

RT kan dibangun bersama, anak juga dibikin bersama. Kerjaan RT dan momong anak kalo saya sih bukan 100% Tanggung jawab istri.. suami juga wajib bantu2

kalau saya dan suami sama2 kerja... pembagian kerjaan RT juga suami mau bantuin karena kami ga punya pembantu...

suami ga bs masak, saya yg masak
suami mau nyapu, ngepel, kalo pas kerjaan selo nyuci baju juga dia mau..
kalo pas sibuk semua... oper loundry..
jaga anak juga kudunya barengan.. gantian siapa aja yg selo..
 
  #11  
Old
fdHiLa...
 
Location: Depok
Posts: 2,904
 
Saya pernah sedikit ngalami hal yang mirip.
Pilih kerja atau resign.
Dulu 2013 saya nikah, diajak merantau suami, tapi tetap kerja jadi guru, gajinya dipakai untuk tabungan dan ongkos pulang ke rumah ortu/mertua sebulan sekali. Kehidupan alhamdulillah "nyaman" walau ngepres sekali, tabungan pun kadang ada kadang ludes dipakai.
Sampai akhirnya 2014 kakak saya yg tinggal dirumah mama meninggal, ninggalin 3 anak masih piyik umur 10, 3 dan 1,5 tahun, mereja juga tanpa ayah yang entah kabur kemana, kk saya single parent. Saya dan suami pikir gak mungkin mama ngurus anak2 sendiri. Akhirnya suami ngizinin saya kembali ke rumah mama, dia rela ditinggal merantau sendiri tanpa sanak saudara, tiap 2 minggu sekali pulang lampung-depok di weekend.
Setelah pulang, saya jadi gak kerja, karna kalo saya kerja, siapa yang ngurus anak2? Mau nyari yang momong, boro2 buat ngegaji, profesi guru les cuma seberapa sih gajinya, suami memang di bumn, tapi uang untuk ongkos, biaya hidup dia disana, makan kami di depok, biaya anak2 sekolag, mana cukup? Minus 2x lipat gaji yang ada.
Karena keadaan bikin saya berpikir gimana caranya menghasilkan uang, tanpa kerja keluar, bisa ngurus rumah dan anak2, apalagi kondisi lagi hamil 6 bulan waktu itu.
Akhirnya terbersit buat jualan online dari sisa THR suami modal 500rb aja buat stok, tanpa bakat, tanpa pengalaman, yang saya yakin Allah udah ngatur rezeki buat kami semua tanpa harus saya kerja malah repoti mama ngurus anak2. Alhamdulillah sejak 2015 sampai sekarang Allah memudahkan jalan kami, olshop lancar sampai ada admin untuk bantu, si sulung udah SMK swasta islam sesuai keingunannya, ponakan ke2 sudah di SDIT sesuai amanah almh ibunya, ponakan ke3 nyusul ibunya di usia 3 tahun.
Semua dari hasil jualan, tanpa ada ngambil uang suami.

Sekarang bunda tinggal pegang prinsip, mau pilih jalan yang mana. Buat apa jalani semua kalo justru jadi lelah? Gak baik buat bunda, suami, anak bahkan ayahnya juga.
Tanpa disadari bakal ada emosi yang muncul kalo lelah itu udah mulai ada. Yang jadi korban siapa, yang nyesel bunda sendiri nantinya.
Gak usah takut sama rezeki, itu yang saya syukuri sampai sekarang. Keponakan butuh apa, alhamdulillah ada aja jalannya.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Mertuaku bilang : Pilih Karier atau Rumah Tangga...?? -- Diskusi Umum 1
wanita karir VS ibu rumah tangga -- Diskusi Umum 32
Wanita pengganggu rumah tangga, harus bgmn ngadepinnya y..... -- Ngobrol Apa Saja 35
Inilah Alasanku Berhenti Menjadi Wanita Karir -- Ngobrol Apa Saja 18
Ini Lho Cara Menyusui Bayi Bagi Wanita Karir -- Ngobrol Apa Saja 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:49.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com