Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Mamaal...   TS 
 
Posts: 202
Default Balita 14 bulan belum berani jalan sendiri

Bunda semua.. saya ingin bertanya.. saya ibu dari 1 orang anak yg sekarang berusia 14 bulan 3 hari.. anak saya hingga saat ini belum berani berjalan sendiri bunda.. harus ada pegangannya baru dia mau jalan.. setiap saya coba lepas pegangan dia langsung duduk.. padahal kmrn dia sudah pernah melangkah sampai 11 langkah.. setelah itu sama sekali tidak mau berjalan jika tidak di pegang.. padahal kakinya kuat.. adakah bunda2 disini yg mengalami hal yg sama seperti saya? Saya khawatir bunda krn anak saya belum mau berjalan sendiri.. mohon pencerahannya bunda..
 
  #2  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Gpp bund...dilatih saja...bunda coba lepas tanpa dipegangin..biarkan dia eksplore...kasih mainan2 baru atau gmn. Biar tertarik bergerak ambil....mainannya taruh atas meja...yg bunyi dan gerak.
Mungkin dng bunda selalu menatah...dia terbiasa dan mikir klo ga dipegang ga boleh jalan.

Tapi audah sering berdiri2 sendirikan? Pegangan di meja, kasur dkk? Atau bunda yg ngeberdiriin?
 
  #3  
Old
Mamaal...   TS 
 
Posts: 202
 
Sudah berdiri sendiri bund.. pegangan sama kursi atau apapun mau yg penting harus ada pegangan.. klo gak ada pegangan langsung duduk lagi dia.. kayak gak berani gitu.. padahal dia dari 9 bulan sudah di tatah.. sampe sekarang belum berani lepas tangan kita.. di pegang kuat2 sama dia sambil jalan..
 
  #4  
Old
itoel...
 
Location: Slamet, Tumpang, Malang
Posts: 1,331
 
Sering2 diajak jalan tapi pegang tangannya satu saja. kalau sudah terbiasa coba dilepaskan pegangannya. Atau coba ibu berdiri didepan anaknya, awalnya sambil dipegang, kemudian lepaskan sambil berjalan mundur supaya anaknya mengikuti krn berusaha memegang anda. Kalau anaknya ngambek ya berhenti dulu, besoknya dilatih lagi seperti itu. Anak pertama saya dulu saya ajari pakai cara pertama. Yg kedua diajari pakai cara yg kedua sama kakak ipar. Dalam 3 hari sudah berani jalan sendiri.
 
  #5  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Iya gpp bund. Diajarin aja...klo udah pinter berdiri ya pasti lama2 berani...
Klo anakku dulu...dr awal bisa merambat ga pernah aku pegangin, ga pernah aku tatah...jd dia eksplor2 sendiri...berdiri terus main2 yg ada di box mainan dia...klo capek duduk. Drsitu ga pernah aku pegangin...dr box mainan, dia jalan ke pintu...pokoknya bertahap itu usaha dia, kayanya krn aku biarin saja dia jadi pede belajar jalannya...jd bunda yg sabar dan tetap awasi saja biar ga keantuk meja dkk, anakku tanpa ditatah mulai berdiri usia 9 bulan...10 bulan udah jalan sendiri...
 
  #6  
Old
Mamaal...   TS 
 
Posts: 202
 
Iya bund.. bakal lebih sering di stimulasi.. khawatir juga kan krn dia belum berani lepas tangan kita.. padahal anak seusianya udah mulai jalan.. semoga anakku bisa segera jalan sendiri ya bund.. mohon do'anya..

---------- Post added at 21:09 ---------- Previous post was at 21:06 ----------

Aku udah coba tanya sepupu sih katanya krn anakku gemuk bund.. apa iya berat badan berpengaruh dgn itu bund? Anakku gak gemuk2 banget sih.. BB nya selalu masuk kategori ideal atas.. waktu setahun beratnya 11,5 kg.. sekarang belum ada timbang lagi tapi kayaknya udah nambah..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Sudah hamil jalan 7w, tapi belum berani kasih kabar Ibu Mertua, bagaimana? -- Diskusi Umum 3
20 bulan belum bisa jalan -- Diskusi Umum 13
Udah 13 bulan tapi belum bisa jalan -- Diskusi Umum 17
anak 18 bulan belum bisa jalan sendiri -- Diskusi Umum 14
Balita 8 bulan belum tumbuh gigi -- Diskusi Umum 9


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com